Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Viral Doa 1000 Dinar, Lakukan Ini Juga Agar Rezeki dan Usaha Makin Lancar!

Doa 1000 dinar magnet rezeki

Akhir-akhir ini beranda akun TikTok milik saya penuh dengan postingan viral tentang manfaat doa 1000 dinar. Inti dari postingan-postingan tersebut adalah keutamaan membaca doa 1000 dinar agar rezeki mengalir deras. Kolom komentar pun auto banjir dari netizen Indonesia yang ingin menjajal keampuhan doa tersebut.

Sebagai manusia biasa yang pastinya juga ingin rezeki bisa lancar, wajar jika banyak netizen yang tertarik dengan manfaat doa ‘magnet rezeki’ tersebut. Namun, apakah benar jika doa 1000 dinar adalah doa ajaib yang saat dibaca langsung mengalirkan rezeki dengan deras? Yuk, simak pembahasan saya tentang doa 1000 dinar serta tips agar rezeki maupun usaha makin lancar.


Doa 1000 Dinar yang Viral di TikTok untuk Magnet Rezeki, Benarkah?

Meskipun viral di platform media sosial seperti TikTok, ada baiknya tetap mencari informasi terlebih dahulu tentang doa 1000 dinar. Jangan sampai apa yang kita lakukan justru bertentangan dengan syariat agama. Sebenarnya apa, sih, doa 1000 dinar itu? Kenapa sebuah doa dinamakan 1000 dinar?

Ayat Al-Qur’an untuk Doa 1000 Dinar 

Sebenarnya doa 1000 dinar merupakan salah satu ayat dalam Al-Qur’an, yaitu surah At – Talaq bagian akhir ayat 2 dan ayat 3. Penggalan surah At - Talaq yang dimaksud sebagai doa 1000 dinar adalah:

Wa mayyattaqillaa ha yaj-‘al lahuu makhraja – wa yarzuqhu min haitsu laa yahtasib – wa mayyatawakkal ‘a- lallaahi fahuwa hasbuh – innallaaha baalighu amrihi – qad ja ‘a lallaahu li kulli syai in-qadra.”

Arti dari penggalan surah At - Talaq ayat 2-3 tersebut adaalah, “Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya diberi-Nya kelapangan dan diberi-Nya rezeki yang tidak diduga-duga. Siapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya dijamin-Nya, sesungguhnya Allah sangat tegas dalam perintah-Nya dan Dialah yang mentakdirkan segala sesuatu.”

Jika dibaca dari artinya, ayat tersebut sebenarnya menjelaskan bahwa Allah akan melapangkan rezeki seseorang ketika orang tersebut bertaqwa dan bertawakkal kepada Allah. Artinya, selain berdoa untuk memohon rezeki, kita juga harus menempa diri agar lebih bertaqwa serta bertawakkal kepada Allah.

Sementara itu, penamaan 1000 dinar karena ayat Al-Qur'an tersebut dipercaya akan melancarkan rezeki orang yang membacanya. Seakan-akan seperti mendapat rezeki setara 1000 dinar.

Berfungsi Sebagai Amalan Ibadah

Menurut saya pribadi, doa 1000 dinar hanya sebuah amalan ibadah yang sebaiknya diniatkan untuk menjadikan kita jadi hamba Allah yang bertaqwa dan bertawakkal. Membaca ayat ini berulang-ulang ternyata bisa membuat hati lebih tenang karena yakin bahwa Allah pasti memberikan rezeki maupun pertolongan.

Allah Maha Kaya, pemilik alam semesta. Soal rezeki, Allah selalu adil terhadap semua makhluk hidup ciptaan-Nya. Oleh karena itu selalu ada istilah, "rezeki tidak akan tertukar".

Bukan Doa Ajaib untuk Menarik Rezeki Instan

Layaknya ayat di dalam Al-Qur'an lainnya, surah At - Talaq ayat 2-3 yang disebut sebagai doa 1000 dinar bukanlah doa ajaib yang akan dikabulkan secara instan. Selain itu, bentuk rezekinya juga tak melulu dalam bentuk uang atau harta benda.

Bisa jadi rezeki yang diberikan Allah dalam bentuk anak yang sholeh atau sholehah, makanan, tetangga yang baik, suami yang baik, dan lain-lain. Namun, tak ada salahnya tetap mengamalkan doa 1000 dinar selepas salat wajib atau sunnah agar hati menjadi tenang, serta sebagai bentuk tadabbur terhadap ayat suci Al-Quran.

Doa 1000 Dinar

Tips Agar Rezeki dan Usaha Lancar Seperti Air Mengalir

Jadi, apa benar membaca doa 1000 dinar bisa melancarkan rezeki atau usaha?"

Tentu saja bisa kalau Allah izinkan. Selain berdoa untuk meminta kepada Sang Pemilik Kehidupan, jangan lupa juga melakukan bentuk ikhtiar lain untuk melancarkan rezeki atau usaha. Berikut ini ada 5 tips dari saya agar rezeki atau usaha lancar seperti air mengalir.

1. Dimulai dengan Memaafkan dan Mendoakan Kebaikan untuk Orang Lain

Hati yang kotor biasanya mudah membuat pikiran memiliki afirmasi negatif. Nah, hal seperti ini biasanya bisa menghalangi rezeki sampai ke kita.

Cara yang bisa dilakukan untuk membuat hati bersih adalah maafkan kesalahan orang lain baik sengaja maupun tidak sengaja kepadamu. Setelah itu, doakan kebaikan untuk mereka.

2. Niat Meminta Rezeki Hanya Kepada Allah

Setelah membersihkan hati, fokus niatkan memohon kelancaran rezeki hanya kepada Allah semata. Bacaan doa 1000 dinar atau amalan apa pun hanyalah media ikhtiar untuk meminta kepada Allah.

Jangan sampai fokus meminta rezeki lewat doa 1000 dinar saja. Kesannya doa tersebut adalah doa ajaib yang jika dirapalkan akan memberikan rezeki secara instan. Padahal tidak seperti itu konsepnya.

3. Salat Tepat Waktu

Salah satu sahabat saya pernah berpesan kepada saya jika ingin segala doa dikabulkan oleh Allah, maka perbaiki ketepatan waktu salatmu dulu. Ibaratnya dahulukan kewajiban sebelum meminta hak.

Biasakan langsung salat setelah adzan berkumandang. Memperbanyak salat berjamaah di masjid lebih baik.

4. Perbanyak Amalan: Salat Sunnah, Sedekah, Salawat, dan Doa 1000 Dinar

Selain salat wajib, perbanyak juga salat sunnah seperti salat duha, salat tahajud, salat hajat, dan lain-lain. Nah, setelah selesai melakukan salat sunnah, barulah perbanyak amalan seperti salawat dan doa 1000 dinar.

5. Update Skill Self-Development

Terakhir kuatkan ikhtiar dalam mencari jalan rezeki atau melancarkan usaha lewat update skill self-development atau pengembangan diri. Di era digital saat ini, penting untuk selalu update soft skill.

Salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah mencari informasi tentang tips mengenai self-development. Biasanya saya suka membaca berbagai tips self-development di Beranda.co.id.

Selain itu, Beranda juga banyak membahas beberapa isu global sebagai pengetahuan seperti isu lingkungan, teknologi terkini, tren bisnis atau start up, dll. Informasi ini bisa dijadikan referensi untuk strategi marketing bisnis atau ide bisnis kekinian untuk menambah pundi-pundi rezeki.


Penutup

Doa 1000 dinar memang memiliki arti yang baik mengenai Allah akan melapangkan rezeki orang-orang yang bertaqwa dan bertawakkal. Selain mengamalkan doa 1000 dinar, ada baiknya juga meluruskan niat untuk meminta rezeki hanya kepada Allah.

Setelah itu, iringi juga dengan ikhtiar lain seperti memperbaiki ibadah dan update self-development atau pengembangan diri. Jadi, bisa banget coba amalan doa 1000 dinar serta ikhtiar lainnya untuk melancarkan rezeki maupun usaha.


Referensi

  • https://beranda.co.id/
  • https://medan.tribunnews.com/2021/10/09/mengapa-disebut-ayat-seribu-dinar-selama-ini-disebut-amalan-pembuka-pintu-rezeki-melimpah

27 komentar

27 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta
    14 Juni 2023 pukul 23.07
    Setuju nih. Rejeki itu bukan cuma berupa materi ya, dianugerahi anak yang shalih, teman-teman yang senantiasa mengingatkan kita pada kebaikan itu juga merupakan rezeki yang luar biasa. Btw di beranda tiktok aku kok gak muncul ya post tentang 1000 dinar ini atau apa aku kelewat ya,
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    13 Juni 2023 pukul 04.13
    MashaAllaa~
    Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menarik rejeki dari pintu keerkahan yang telah Allaah sediakan. Semoga dengan konsisten melakukannya, hidup menjadi mudah dan ringan untuk hadapi masalah terutama yang ada kaitannya dengan rejeki.
    Reply
  • Shinta Shyntako
    Shinta Shyntako
    12 Juni 2023 pukul 04.22
    wah mba jujur aku baru tau nih, kayanya boleh untuk diamalin ya biar rejeki makin lancar jaya, makasih ya mba, udah kasih info ini, semoga berkah selalu buat kita semua deh
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    11 Juni 2023 pukul 23.22
    dibalik doa yang mujarab, ada amalan tertentu yang juga harus dilaksanakan ya mba. tidak hanya sebatas membaca doa dengan hati yang khusyu dan rendah hati. terutama terkait bertaqwa dan bertawakkal kepada Allah diikuti dengan amalan habluminannas lainnya. setuju banget dengan pembahasan yang mendalam dalam artikel ini, doa yang dikabulkan bukan karena doanya, tapi karena keridahaan Allah mengabulkan doa tersebut ya
    Reply
  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh
    11 Juni 2023 pukul 22.40
    malah baru tahu namanya ayat 100 dinar :) Masya Allah, semoga amalan kita di jalan-Nya bisa mendatangkan rejeki yang berkah ya buat kita :)
    Reply
  • Happy
    Happy
    11 Juni 2023 pukul 22.31
    wah unik juga ya doa 1000 dinar, aku sampe keingetan 1001 malam. tapi kalau doa untuk kebaikan apa pun itu semoga dimudahkan ya kak
    Reply
  • R Palupi
    R Palupi
    11 Juni 2023 pukul 21.02
    Wah aku malah baru tau kalau ini fyp. Di tiktokku yang fyp seringnya paper asmr.
    Reply
  • Alley Hardhiani
    Alley Hardhiani
    11 Juni 2023 pukul 19.47
    Aku malah belum tahu nih tentang doa 1000 dinar. Ya ampun, aku kudet banget nih rasanya.
    Reply
  • Akarui Cha
    Akarui Cha
    11 Juni 2023 pukul 19.15
    Iya lho Kak, sering banget video yang membahas tentang doa 1000 dinar ini juga wara wiri di akun TikTok ku belakangan ini. Aku sepakat bahwa rejeki juga nggak harus selalu berupa harta, melainkan kesehatan dan punya keluarga yang menenangkan hati pun termasuk rejeki.
    Reply
  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati
    11 Juni 2023 pukul 18.33
    Intinya ketika kita ingin sukses dunia dan akhirat, jangan pernah lupakan Allah dalam kondisi apapun.

    Senantiasa terus berdoa, juga usaha terus agar mimpi terwujud.
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    11 Juni 2023 pukul 18.21
    Dengan usaha yang keras, serta atas izin Allah, semoga upaya yang kita lakukan dpt ganjaran rezeki. Tentu rezeki ini ga hanya berupa harta sih tp jg kesehatan hingga ketenangan hidup.
    Reply
  • Deeva Collection
    Deeva Collection
    11 Juni 2023 pukul 15.08
    Doa 1000 dinar, salah satu dari bentuk ikhtiar ya, namun tetap ada kunci lain yaitu ketaatan kepada Allah dengan shalat dan ibadah lainya.
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    11 Juni 2023 pukul 14.40
    Balik lagi ya ke nawaitu nya apa.
    Insyaa Allah dengan niat baik akan banyak rejeki yang mengalir karena disertai juga dengan ikhtiar
    Reply
  • deamerina
    deamerina
    11 Juni 2023 pukul 13.04
    sering nih lewat tiap aku scroll TikTok. biasa ada yang sambungin juga sama surat Al Waqiah dan Ar Rahman. sedang berusaha merutinkan sih kalo aku hehe
    Reply
  • Triani Retno A
    Triani Retno A
    11 Juni 2023 pukul 11.16
    Sepakat, Mbak, rezeki nggak melulu berupa uang. Contoh nyata bertebaran di sekitar kita. Kaya raya, harta nggak bakal habis 7 turunan 8 tanjakan 9 belokan, tapi anak-anaknya bermasalah semua, sakit-sakitan, dsb.
    Reply
  • Ranggi's Travel Story
    Ranggi's Travel Story
    11 Juni 2023 pukul 11.00
    Sebetulnya bisa diumpamakan spt anak minta mainan ke ibunya, dia merayu bagaimana caranya supaya dibelikan, dengan cara dia jadi anak baik, perhatian suka membantu biar ibunya luluh...nah sama dg kita berdoa kepada Allah kalau kita minta zikir banyak2 melakukan inadah sunah supaya Allah mengijabah doa kita ya...(gusti yeni)
    Reply
  • Hallowulandari
    Hallowulandari
    11 Juni 2023 pukul 10.20
    Memang betul yaa doa harus dibarengi Sama ikhtiar Dan tawakal, update skill Dan kerja sungguh2 juga harus Jalan barengan
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    11 Juni 2023 pukul 07.08
    Di tik tok saya juga sering lewat, Mbak. Tapi saya setuju sekali, saat membaca sebuah info, bagus sekali dicari kebenarannya. Doa 1000 Dinar ini sangat bagus juga dilakukan.
    Dan soal rezeki, betul sekali rezeki tidak selamanya berupa uang. Rezeki kesehatan juga sangat Alhamdulillah. terus kalau inginmendapatkan rezeki, harus berusaha juga, tidak sekadar berdoa.
    Reply
  • Lita Lestianti
    Lita Lestianti
    11 Juni 2023 pukul 04.55
    Salat tepat waktu itu sih yang masih agak.berat karena tiap azan zuhur aja misalnya..anak laper minta makan..jadi nyuapin dulu..kalo ga disuapin dulu rewel banget kita gak konsen sholat.. begitu juga maghrib..hiks.. ya Allah semoga kita dipermudah jalan kita utk sholat tepat waktu bukan semata2 utk rezeki lancar tapi juga menghatap ridho Allah..
    Reply
  • Diah Alsa
    Diah Alsa
    11 Juni 2023 pukul 03.05
    Iyah nih, sering banget lihat di Instagram juga tentang Doa 1000 Dinar ini, tapi belum benar-benar mengamalkan karena belum hapal nih *gak tau belakangan lemot banget hapalanku, fiiuhhh.
    MasyaAllah ya, jadi emang harus perbaiki diri dulu, apalagi salat yang harus tepat waktu sebelum kita banyak meminta ini itu sebagai hak kita, lah kewajiban aja laksanainnya masih asal.
    semoga Allah selalu memberi kita rejeki yang berkah, Aamiin.
    Reply
  • Tukang Jalan Jajan
    Tukang Jalan Jajan
    10 Juni 2023 pukul 20.20
    semoga semua doa yang dipanjatkan kepada Allah dengan tujuan baik dapat dikabulkan. Jangan lupa bersyukur kalau sudah dikabulkan ya kak
    Reply
  • Yonal Regen
    Yonal Regen
    10 Juni 2023 pukul 15.08
    Jadi inget dulu pengalaman ada anak didik yang ingin kuliah tapi masih ragu dengan kemampuan finansialnya, karena ayahnya tidak memberi nafkah. Saya beri semangat dengan memberi penggalan ayat 'wayarjuqhu min haesu laa yahtasiib', ketika kita yakin Allah akan mencukupkan rezeki, maka Allah pasti mencukupkan, bahkan dari arah-arah yang kita tidak duga sama sekali.
    Kini anaknya sudah lulus tanpa campur angan orang tuanya sama sekali. Ini bisa terjadi karena memang Allah yang maha memberi rezeki
    Reply
  • hani
    hani
    10 Juni 2023 pukul 08.27
    Tuuh kaan, ada dong syaratnya, engga instan yah. Apalagi poin 5 tuh, tetap aja kita sendiri yang harus berusaha, contohnya upgrade skill. Mosok cuma doa doang kan ya...
    Reply
  • HendraDigital
    HendraDigital
    10 Juni 2023 pukul 07.54
    Baru tau kalo doa 1000 dinar ini lagi viral di TikTok. Agar doa dikabulkan, tentu kita harus mengenal adab-adab dalam berdoa ya. Selain itu jua selalu amalkan kebaikan , insha Allah akan dipermudah doa dikabulkan. Semoga doa-doa kebaikan kita selalu diijabah oleh Allah , aaamiiin....
    Reply
  • Yustrini
    Yustrini
    10 Juni 2023 pukul 07.47
    Memaafkan itu wajib banget biar hati dan pikiran tidak kotor. Dan itu menyenangkan hati Tuhan saat berdoa, berkat pun mengalir
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    10 Juni 2023 pukul 07.08
    Sering banget mba Anggita ini masuk di FYP ku soal manfaat ayat 1000 dinar ini, semoga kita selalu diberkahi dengan rezeki yang halal dan berkah ya mba, saya juga rajin baca ayat ini dan alhamdulillah rezekinya selalu mengalir alhamdulillah
    Reply
  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    9 Juni 2023 pukul 18.03
    Aku juga sering lewat di timeline mengenai doa 1000 Dinar ini
    Apa pun itu selama melaksanakan yang wajib dan sunnah serta senantiasa berusaha jadi pribadi baik, Allah akan mudahkan rezeki dan urusan.
    Aaamiinn yaa Rabb
    Reply