Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Nature Walk ke Taman Buah Undaan Surabaya

Taman buah di Surabaya

Salah satu kegiatan bermain favorit si kecil adalah nature walk. Kegiatan bermain di alam ini selalu bisa membuat si kecil happy, memenuhi kebutuhan gerak, dan rasa ingin tahunya. Nature Walk juga bisa mengajarkan anak untuk lebih peduli terhadap alam sebagai salah satu bagian dari green parenting.

Beberapa waktu yang lalu, si kecil saya ajak ke Taman Buah Undaan Surabaya. Taman yang letaknya berada di tengah jalanan kota Surabaya ini bisa dibilang unik karena mengusung tema patung buah-buahan. Tentunya bisa memberikan pengalaman unik bagi si kecil.


Taman Buah Undaan, Sejuk di Tengah Jalanan Surabaya

Meskipun diberi nama Taman Buah Undaan, tidak ada tanaman buah asli di sini. Seperti taman-taman yang umum di Surabaya, hanya ada tanaman seperti bunga atau pohon berkayu.  Bedanya, di Taman Buah Undaan terdapat beberapa patung buah di beberapa sudut taman.

Lokasinya berada di jalan Undaan Kulon no. 2. Taman ini tidak terlalu besar, tapi juga tidak terlalu kecil. Komposisinya pas untuk posisi yang berada di tengah jalan kota Surabaya. Apalagi pepohonan di Taman Buah sudah sangat rindang, jadinya terasa sejuk di tengah hawa kota Surabaya yang panas.

Taman Buah Undaan

Taman ini diresmikan tahun 2009. Ternyata, setelah saya telusuri beberapa foto taman di tahun 2009, ada perbedaan yang mencolok di tingkat kerindangan pohon. Pada tahun 2009, pohon di sini masih kecil-kecil, sehingga taman ini masih tampak luas dan “gundul”. Di tahun 2023 saat saya berkunjung, pohon di sini sudah tinggi menjulang, dan rindang sekali.


Nature Walk, Mengenal Buah-Buahan

Di dalam Taman Buah Undaan yang tidak terlalu luas, kegiatan nature walk bersama si kecil masih bisa dilakukan dengan fun. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan mulai mengenal buah lewat patung buah, mengamati hewan dan tanaman di sekitar, hingga bermain di area bermain.

Patung Buah

Di sini ada beberapa patung buah yang bisa dikenal oleh si kecil seperti belimbing, pepaya, pir, dan pisang. Selain bisa jadi objek pengamatan si kecil, patung buah raksasa tersebut juga bisa berfungsi sebagai bangku taman.

Taman buah Undaan Surabaya

Di taman ini, kita bisa mengenalkan jenis buah ke anak secara asyik karena ukurannya yang besar. Kalau ingin memberikan pengalaman sensorik kepada anak, orang tua bisa membawa beberapa buah asli sesuai yang ada di taman. Jadi, anak akan mengenal buah dari bentuk, warna, dan rasa. 

Hewan di Sekitar

Karena pohon rindang di dalam taman, banyak hewan kecil seperti ulat, burung, kupu-kupu, atau cacing di sini. Nah, ini kesempatan kita sebagai orang tua untuk memperkenalkan hewan secara konkrit.

Takut serangga atau mudah jijik? Jujur saya juga seperti itu, tapi demi memberikan pengalaman nyata ke anak, saya usahakan untuk mengurangi rasa takut itu. Maksudnya untuk memberi contoh agar anak tidak mudah takut atau jijik.

Tanaman di Sekitar

Di Taman Buah Undaan juga banyak tanaman yang cukup asyik juga untuk diamati bersama si kecil. Saya biasanya pakai google lens untuk mencari tahu nama tanaman tersebut. Maklum, saya lebih banyak tumbuh di kota daripada di desa.

Nature walk

Di sini ada tanaman bunga, daun mint, palem, dan lain sebagainya. Kita bisa ajak anak mengenal bentuk daun, warna daun, warna bunga, dan nama tanaman. Bisa juga ajak anak membuang sampah daun kering yang ada di sekitar situ ke tempat sampah.

Healing dengan Suara Air Mancur

Dilansir dari laman resmi Pemerintah Kota Surabaya, salah satu sorotan dari Taman Buah ini adalah kolam air mancur. Suara gemericik air yang ditimbulkan oleh kolam air mancur tersebut bisa jadi sarana healing setelah lelah dengan gemerisik kota Surabaya.

Taman Bermain

Selain patung buah dan berbagai tumbuhan, di sini juga ada area bermain anak. Sayangnya, saat saya ke situ, ada beberapa permainan yang rusak. Untung pengurus taman sigap memberi tanda rusak serta garis batas agar tidak ada anak yang bermain.

Komposter Daun Kering

Satu hal yang membuat saya bangga dengan Taman Buah Undaan adalah adanya komposter daun kering di dalam taman. Kalau tidak salah hitung ada sekitar 3-4 komposter yang tersebar di area taman. Ulala! Keren banget pengelolaan taman di sini.

Nature walk di taman buah


Kekurangan Taman Buah Undaan

Sebenarnya saya sangat enjoy main ke sini bersama keluarga. Taman cenderung sepi, ada suara gemericik air dari kolam air mancur, dan pohon yang rindang membuat suasana di sini begitu tenang. Petugas taman juga rajin bersih-bersih taman karena saat saya ke situ, mereka sedang membersihkan dedaunan kering, dan menyiram tanaman.

Namun, sebagai warga kota Surabaya yang tentunya ingin alam hijau di kotanya terawat dengan baik, saya izin menyampaikan kekurangan Taman Buah Undaan. Jujur, saya ingin agar taman ini bisa diberi fasilitas lebih agar bisa digunakan untuk media belajar anak.

Fasilitas Bermain Ada yang Rusak

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, ada beberapa fasilitas bermain yang rusak seperti permainan memanjat dan seluncur. Permainan ini sangat bagus untuk menstimulasi motorik kasar anak.

Taman buah Undaan

Namun, pihak pengurus taman sudah gercep memberikan tanda dan batas agar permainan tersebut tidak dinaiki oleh anak-anak yang lain. Semoga segera ada alokasi perbaikan taman.

Patung Buah Kurang Terawat

Hasil karya patung buah raksasa di sini sangat bagus menurut saya. Hanya saja kurang terawat. Jadinya cenderung berdebu dan ada beberapa bagian yang perlu dicat ulang.

Taman di Surabaya

Kurang Pernak Pernik Buah

Kalau boleh meminta, saya sih sebagai orang tua bakal happy banget kalau pernak-pernik buah ditambah. Mungkin dari sisi variasi jenis buah. Nggak harus dalam bentuk patung, sih. Bisa juga dalam bentuk mainan buah yang digantung di atas seperti pernak-pernik di sungai kalimas.


Penutup

Sebagai orang tua serta warga kota Surabaya saya sangat senang dengan kehadiran Taman Buah Undaan di tengah kota Surabaya yang panas. Bisa jadi solusi juga untuk mitigasi perubahan iklim di Surabaya. Apalagi ada bentuk buah-buahan yang membuat si kecil bersemangat untuk belajar buah-buahan. Semoga segera ada perbaikan atau agenda untuk mempercantik Taman Buah Undaan dari Pemerintah Kota Surabaya, ya.


Disclaimer: tulisan bagian kekurangan Taman Buah Undaan akan saya update jika sudah ada perbaikan.


Referensi

https://tourism.surabaya.go.id/travel/detail/taman-buah-undaan


23 komentar

23 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    11 Juli 2023 pukul 07.58
    Kehadiran taman Undaan di kota surabaya yang terbilang panas ini, bisa jadi solusi untuk ngadem. Selain itu edukasi juga bagi anak-anak ya, Mbak. Adanya patung-patung buah, penambah pengetahuan anak. Hanya sayangnya, ada fasilitas yang rusak ya, Mbak. Jadi harus segera diperbaiki, agar bisa digunakan anak-anak lagi.
    Reply
  • Allamandawi
    Allamandawi
    7 Juli 2023 pukul 07.11
    Oke nih tempatnya, ada miniatur buah.y juga. Sayang banget belum pernah ke sana
    Reply
  • Linda Puspita
    Linda Puspita
    30 Juni 2023 pukul 23.54
    Sayang banget ya kak ada yang rusak padahal bagus banget taman buah undaan Surabaya untuk jadi tempat bermain dan belajar yang ramah anak
    Reply
  • Aisyah Dian
    Aisyah Dian
    29 Juni 2023 pukul 22.58
    wah Taman Buah Undaan Surabaya lumayan luas dan rindang ya kak, bermain kesini bareng anak pasti happy karena ada patung buah-buahan yang besar gitu
    Reply
  • Han
    Han
    29 Juni 2023 pukul 16.40
    Pas banget yaak minggu depan aku ke surabaya ikut suami kerja, kalau di hotel aja kek nganggur dan kentaaaang bangett. alhamdulillaah ada referensi ini hihi, bisaa kesana nihhh
    Reply
  • Rella Sha
    Rella Sha
    28 Juni 2023 pukul 14.00
    Aku seneng nih nemu tempat hiburan murah meriah seru gini... Baru tau juga ada Taman Buah Undaan yang isinya patung-patung buah, hehe. Semoga abis ini dibagusin lagi yaa konsepnya udah baik padahal.
    Reply
  • Dyah Kusumastuti Utari
    Dyah Kusumastuti Utari
    28 Juni 2023 pukul 09.57
    Saya mainnya kurang jauh nih, enggak tahu kalau ada taman buah di Undaan, lumayan sih sekarang Surabaya sudah mempunyai banyak taman, tetapi sayangnya kurang dirawat, jadi ada ebberapa bagian yang rusak, semoga segera diperbaiki dan fasilitasnya ditambah
    Reply
  • KenniApril
    KenniApril
    28 Juni 2023 pukul 09.39
    Saya kira tadi banyak pohon buah begitu, ternyata patung buah saja ya. Hehe, tapi seru juga ya bermain di taman seperti ini brsama anak.
    Reply
  • Antung apriana
    Antung apriana
    28 Juni 2023 pukul 09.28
    kirain patung buahnya sama pohonnya, mbak ternyata versi raksasa yaa. setuju nih bagusnya taman-taman begini dikasih fasilitas tambahan biar banyak yang datang untuk rekreasi di sana
    Reply
  • Shalikah
    Shalikah
    28 Juni 2023 pukul 06.34
    Serunya bisa nature walk bareng anak Mbak. Tempat-tempat seperti ini memang sebenarnya sarana hiburan yang pas ya untuk keluarga. Jika sarana dan prasarananya diperhatikan maksimal, sudah tentu akan jadi tempat wisata favorit banyak orang ya.
    Reply
  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina
    28 Juni 2023 pukul 06.16
    Pernah lewat depan Taman Undaan saat ke Surabaya tapi belum sempat singgah. Ide yang menarik nih, buat memberikan pengalaman sensorik kepada anak, bawa buah asli sesuai yang ada di taman untuk mengenalkan buah dari bentuk, warna, dan rasa.
    Reply
  • Hanie Fidelity
    Hanie Fidelity
    28 Juni 2023 pukul 06.13
    Wahh padahal udah bagus nih konsep tamannya, bandung aja belum ada kayak gini, kalau tamannya lebih dirawat lagi pasti makin seru tuh anak-anak mainnya
    Reply
  • Juwita
    Juwita
    28 Juni 2023 pukul 05.32
    Asri sekali tempatnya..jadi betah berlama-lama disana deh. Apalagi anak-anak suka sekali bermain di luar. Seru nih
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    28 Juni 2023 pukul 04.21
    Taman Buah Undaan Surabaya lumayan luas dan rindang ya..
    Ada patung buah-buahan, bikin anak happy dan kenal dengan buha-buahan yang mampu menyehatkan badan. Butuh maintenance lagi dari pemkot Surabaya nih..
    Reply
  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti
    28 Juni 2023 pukul 00.38
    Semoga saja pihak terkait membaca masukan ini. Sayang juga ya, konsep mengenalkan buah-buahannya udah bagus, tapi untuk fasilitas di taman kurang terawat. Kalau makin banyak variasi buahnya, anak-anak bakalan lebih senang, makin banyak soalnya yang bisa dipelajari dari beragam jenis buah, khususnya buah tropis yang tumbuh di Indonesia.
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    27 Juni 2023 pukul 21.41
    Hemm... sejauh ini fasilitasnya sudah bagus ya. Saya setuju dengan permintaannya Mbak semoga pengelola nanti bisa lebih baik mengawasi arena bermain hingga gak mudah rusak, begitu juga perawatan untuk properti yang sudah ada
    Reply
  • Auliya Nurrahman
    Auliya Nurrahman
    27 Juni 2023 pukul 15.26
    Patung buahnya lucu-lucu Mba. Seru ya, opsi ajak anak hang out jadi semakin bertambah dan nggak melulu ke mal.
    Reply
  • Lintang
    Lintang
    27 Juni 2023 pukul 11.25
    Nature Walk ini cocok banget buat mengisi kegoatan liburan anak-anak yaa. Selain anak2 happy, bisa explore dan menyalurkan energi mereka juga. Bisa lebih peduli sama alam yang jadi bagian dari green parenting. Ada komposter juga, bisa ngajarin anak sayang lingkungan. Bisa belajar lewat patung buah, mengamatai hewan dan ada playground juga ya. Seru deh main di Taman Buah Undaan ini.
    Reply
  • Marita Ningtyas
    Marita Ningtyas
    27 Juni 2023 pukul 06.51
    Seneng ya kalau ada banyak taman kota begini. Selain bisa untuk menghijaukan, juga bisa jadi sarana bermain bersama anak-anak. Sayang, perawatannya sering kurang maksimal. Jadi sedih lihatnya kalau fasilitas bermainnya banyak yang rusak.
    Reply
  • Sakif
    Sakif
    26 Juni 2023 pukul 07.32
    Namanya taman buah, isinya patung buah. Unik! Besok kalau udah diperbaiki semoga lebih banyak pengunjung dan bertambah manfaat buat anak² yang ikut belajar di situ
    Reply
  • nurul rahma
    nurul rahma
    26 Juni 2023 pukul 05.03
    Surabaya makin banyak taman ya.
    hiburan murah meriah utk kluarga
    aku blum k sini nihhh
    kapan2 mau jg ahhh
    Reply
  • Era Wijaya Sapamama
    Era Wijaya Sapamama
    25 Juni 2023 pukul 21.46
    Seru banget mba... Duh, udah lama ngga nature walk nih... Btw, mainan di playgroun rusak ya mba, semoga segera diperbaikin pengelola.
    • Era Wijaya Sapamama
      nurul rahma
      28 Juni 2023 pukul 11.25
      aku yg arek SBY jg lum ke siniii
      mau bangetttt ajak anakku k sini
      seruuuu
    Reply