√5 Cara Membuat Kerajinan dari Limbah Plastik yang Unik - ANGGITA RAMANI | Personal Lifestyle Blog

5 Cara Membuat Kerajinan dari Limbah Plastik yang Unik

8 komentar
Konten [Tampil]

Limbah plastik merupakan salah satu limbah yang tidak mudah terurai, bersifat karsinogenik, dan proses penghancurannya menimbulkan racun. Salah satu cara untuk mengolah limbah plastik secara aman adalah mendaur ulang jadi barang kerajinan. Cara membuat kerajinan dari limbah plastik cukup mudah. Bahan yang diperlukan pun juga mudah didapat.

Daur ulang sampah plastik

Indonesia Darurat Limbah Plastik

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil sampah plastik terbesar di dunia. Sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton/tahun berdasarkan data yang diperoleh dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS). Sebanyak 3,2 juta ton dari total 64 juta ton sampah, merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut. Bahkan, Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik dunia terbesar kedua tahun 2019 dengan 3,21 Juta metrik ton/tahun (Dikutip dari Kementrian Kelautan dan Perikanan, 2019).


Daur Ulang Jadi Kerajinan Tangan, Ubah Sampah Plastik Jadi Barang Cantik

Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya dalam manajemen pengolahan limbah plastik. Salah satu contohnya adalah kebijakan pemerintah Surabaya untuk melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai di minimarket. Jadi, kalau belanja di minimarket seluruh Surabaya, siap-siap membawa kantong belanja kain sendiri, ya.

Tak hanya bergantung pada kebijakan pemerintah, sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita juga bisa turut serta dalam aksi pengolahan sampah plastik. Salah satu cara paling sederhana adalah mendaur ulang sampah plastik jadi barang cantik yang bisa digunakan kembali. Saat ini sudah tersedia banyak cara membuat kerajinan dari limbah plastik baik dari hasil jelajah internet, maupun pelatihan dari lembaga pecinta lingkungan seperti Kertabumi Recycling Center, dan lain sebagainya.


5 Ide dan Cara Membuat Kerajinan Dari Limbah Plastik

Beberapa jenis limbah plastik yang bisa didaur ulang jadi kerajinan cantik dan berguna dalam kehidupan sehari-hari adalah kantong plastik, plastik kemasan produk, dan botol plastik. Berikut 5 cara membuat kerajinan dari limbah plastik yang unik dan berdaya guna.

1. Pot Bunga

Cara membuat kerajinan dari limbah plastik
Pot bunga dari limbah plastik (sumber: Pinterest)

Bagiku yang sedang suka berkebun atau sekadar mengoleksi tanaman berbunga, kadang aku suka mencari pot bunga yang lucu atau unik. Ternyata, botol plastik bisa juga dimanfaatkan jadi pot bunga yang lucu, unik, bahkan aestetik. Berkebun pun jadi asyik dan menyenangkan berkat pot bunga unik hasil daur ulang limbah botol plastik.

Alat dan Bahan

  • Botol plastik kemasan air mineral
  • Botol plastik kemasan bedak bayi
  • Cutter
  • Gunting
  • Tali rami

Cara Membuat Pot Bunga dari Limbah Plastik

Pot bunga aestetik:

  • Potong botol plastik kemasan air mineral jadi dua. Lubangi bagian bawah untuk sirkulasi udara dan air.
  • Gunakan tali rami untuk melilit bagian botol bunga. Beri hiasan tanaman atau bunga kering untuk menambah kesan aestetik.

Pot bunga unik:

  • Potong botol plastik bekas menjadi dua bagian. Bentuk bagian pinggir membentuk pola tertentu.
  • Lubangi bagian bawah botol untuk sirkulasi udara dan air.

2. Pouch atau Tootebag Serbaguna

Cara membuat kerajinan dari limbah plastik
Tootebag dari limbah plastik (sumber: Kertabumi Recycling Center)

Sampah kantong plastik atau akrab disebut dengan "kresek" ternyata juga bisa jadi pouch cantik serbaguna dengan tekstur unik seperti kulit jeruk. Mulai dari wadah skincare, wadah handphone, dan lain-lain. Teknik yang digunakan untuk membuat permukaan pouch seperti kulit jeruk adalah menyetrika permukaan plastik yang dilapisi kertas baking.

Alat dan Bahan

  • Kantong plastik warna-warni
  • Kertas baking putih
  • Setrika
  • Gunting
  • Pensil
  • Kardus
  • Kain furing

Cara Membuat Pouch atau tootebag dari Limbah Plastik

Cara membuat kerajinan dari limbah plastik
Pouch dari limbah plastik dengan teknik lem setrika (sumber: dokpri)

Cara 1 (teknik lem dengan panas setrika):

  • Gunting bagian atas dan bawah kantong plastik, lalu gunting bagian pinggir, sehingga kantong plastik terbuka lebar.
  • Lapisi bagian atas dan bawah kantong plastik dengan kertas baking.
  • Setrika dengan suhu yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Sampai sini, lembaran kantong plastik dengan tekstur unik mirip kulit jeruk sudah didapat.
  • Buat pola pouch atau tootebag dengan kardus. Jiplak pada lembaran plastik tadi, lalu gunting. Beri jarak pada bagian pinggir pouch yang akan direkatkan.
  • Setrika kembali bagian pinggir pouch hingga melekat sempurna dan pouch atau tootebag serbaguna siap dipakai.

Cara 2 (teknik jahit):

  • Caranya hampir sama dengan teknik lem dengan panas setrika, hanya saja pada bagiam dalam pouch atau tootebag dilapisi dengan kain furing, dan digunting sesuai pola.
  • Setelah itu semua bagian dijahit dengan mesin jahit agar lebih rapi. Bisa juga dengan jahit tangan, cuma harus telaten kalau ingin hasilnya rapi.

3. Tas Belanja Mozaik Unik

Dulu, waktu ibuku masih muda, setiap haru beliau belanja ke pasar dengan membawa tas anyaman. Menurut beliau, orang zaman dulu nggak ada yang bawa kantong plastik kalau belanja. Tas anyaman legendaris itu yang setia menemani ibu-ibu zaman dulu untuk belanja.

Di zaman sekarang, rasanya seperti kembali lagi ke zaman dulu. Tas-tas berbentuk anyaman kembali booming untuk menggantikan peran kantong plastik yang mulai dilarang penggunaannya. Bahkan, ada kreasi unik dari limbah plastik untuk jadi tas belanja mozaik cantik. Bisa dicoba di rumah juga, nih idenya. Siapa tahu bisa jadi cuan, kan …

Alat dan Bahan

  • Limbah plastik kemasan
  • Gunting
  • Jarum jahit dan benang bahan jeans

Cara Membuat Tas Belanja Mozaik dari Limbah Plastik

  • Buat pola atau tentukan ukuran tas yang ingin dibuat
  • Lipat bungkus makanan sesuai tutorial dari YouTube Kak Khofzah berikut ini.
  • Jahit seluruh bagian untuk membentuk tas belanja dengan tutorial YouTube sebelumnya.

4. Lampu Bunga dari Botol Plastik

Cara membuat kerajinan dari limbah plastik
Lampu bunga dari limbah botol plastik (sumber: instagram @doesartwork)

Botol plastik bekas kemasan air mineral selain disulap jadi pot, ternyata juga bisa disulap jadi lampu bunga yang unik. Alat dan bahannya juga cenderung mudah didapat di toko sekitar.

Alat dan Bahan

  • Botol plastik besar
  • Cutter
  • Gunting
  • Korek mekanik
  • Lem tembak
  • Lampu tumblr 
  • Tangkai kawat bunga
  • Daun palsu

Cara Membuat Lampu Bunga dari Botol Plastik

  • Potong bagian ujung botol yang berbentuk seperti corong. Gunting bagian sisi jadi lima bagian. Bakar tipis-tipis kelima bagian tersebut dengan korek mekanik hingga berbentuk seperti lekuk kelopak bunga.
  • Gunting bagian botol yang atas sesuai pola kelopak bunga. Bakar bagian ujung kelopak bunga hingga membentuk lekuk kelopak bunga.
  • Tempelkan satu persatu kelopak bunga ke bagian leher botol dengan lem tembak agar lebih kuat. Buat sekitar 2 atau 3 putaran kelopak bunga.
  • Masukkan lampu tumblr ke bagian tengah kelopak bunga. Pasang tangkai bunga dan daun. Lampu bunga sudah jadi.

5. Tempat Pensil

Cara membuat kerajinan dari limbah plastik
Tempat pensil dari limbah plastik (sumber: Pinterest)

Anak suka meletakkan pensil atau alat tulis sembarangan? Coba buatkan tempat pensil lucu dari botol plastik agar anak semangat untuk menyimpan kembali alat tulisnya.

Alat dan Bahan

  • Botol plastik
  • Kain flanel
  • Lem tembak
  • Cutter

Cara Membuat Tempat Pensil dari Botol Plastik

  • Potong botol plastik menjadi dua bagian. Ambil bagian yang bawah.
  • Hias dengan kain flanel, membentuk hewan kesukaan si kecil atau lainnya sesuai kreatifitas.


Yuk! Bikin Kerajinan Cantik dari Limbah Plastik

Cukup menarik bukan, beberapa ide cara membuat kerajinan dari limbah plastik. Selain mengurangi limbah plastik, bisa jadi peluang bisnis kreatif juga. Caranya juga lumayan mudah. Yuk, ajak teman-teman lainnya untuk mendaur ulang limbah plastik jadi kerajinan cantik.


Referensi

Instagram @kertabumirecyclingcenter

Instagram @doesartwork

YouTube Khofzah 91




Related Posts

8 komentar

  1. Naaah aku tuh jadi inget, pas kecil mama kalo ke pasar pasti bawanya tas anyaman yg gede buat tempat belanja. Bukan kantong plastik kayak skr.

    Ntah kenapa makin kesini, malah jadi plastik ya mba. Tapi bersyukur kampanye untuk menguranginya udah makin gencar. Aku sendiri selaku sediain satu tas kain di tiap tas dan di mobil. Jadi kalo mendadak belanja, ada kantong belanja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak hihi. Kalo di Surabaya malah tiap minimarket udah wajib gaboleh pake kantong plastik sama sekali mba.

      Hapus
  2. Waw. Cantik-cantik ya mbak. Mila pernah coba yang tempelan pencil. Udah pake Botol plastik, Kain flanel, Lem temba, Cutter. Jadinya kurang bagus Karena memotongnya kurang presisi kali ya. Nuhun ya mbak ini disave untuk milihat lagi referensinya

    BalasHapus
  3. Kreatif banget, ya, bisa kepikiran bikin sesuatu yang menarik dan bernilai jual, dari barang2 bekas berbahan plastik.

    BalasHapus
  4. keren banget sih itu pot bunga bisa kayak gitu ditangan yang punya keterampilan

    BalasHapus
  5. Wah makasih artikelnya aku bookmark ya.. Anak sy sekolah beberapa kali dikasih tugas buat kerajinan dari plastik bekas. Jd bisa tuk ide nih 👍

    BalasHapus
  6. Jadi ingat dulu waktu pelajaran kesenian suruh bawa botol plastik bekas
    terus dipermak jadi bunga untuk hiasan kelas..
    keren parah, cuma untuk bikinnya memang gak mudah..wwkwk

    BalasHapus
  7. sudah lama mau buat vas bunga dari sisa botol plastik bekas tapi belum juga dieksekusi udah keburu malesnya duluan.

    BalasHapus

Posting Komentar