√Cara Atur Keuangan Saat Ingin Beli Mobil (Kredit) - ANGGITA RAMANI | Personal Lifestyle Blog

Cara Atur Keuangan Saat Ingin Beli Mobil (Kredit)

12 komentar
Konten [Tampil]

Salah satu pilihan bagi para pecinta mobil untuk mendapatkan mobil impiannya adalah dengan mencicil atau mengangsur. Cara ini adalah pilihan yang tepat bagi orang yang tidak mampu membayar secara tunai. Namun, membeli mobil menggunakan kredit juga perlu berbagai pertimbangan agar tak mengganggu alur keuangan keluarga.

Kredit mobil terpercaya

Aku jadi ingat cerita tetangga di sekitar rumahku yang sedang mencicil mobil, tapi tak mempertimbangkan pemasukan bulanan dan kebutuhan rumah tangga. Alhasil, mereka sempat menunggak cicilan mobil hingga tiga bulan, dan mobil itu terpaksa harus dikembalikan. Jadinya sia-sia kan uang yang sudah ia bayarkan sebagai cicilan.

Dari cerita di atas, dapat disimpulkan bahwa pertimbangan utama yang harus diperhatikan saat akan mencicil mobil adalah mengatur uang tiap bulannya agar bisa cukup sampai pembayaran mobil lunas. Persiapan perlu dilakukan karena membayar mobil pakai kredit butuh jangka waktu yang lama. Jangan sampai terjadi seperti pengalaman tetanggaku. Jadi, berikut ini adalah cara atur keuangan saat akan beli mobil kredit. 


Cara Atur Keuangan Kredit Mobil 

Ada banyak tempat jual beli mobil baru yang bisa menyajikan sistem kredit. Berikut adalah cara mengatur keuangan yang tepat agar bisa membeli mobil dengan sistem kredit dan membayar tepat waktu. 

1. Hitung Gaji dan Bijak Melakukan Pengeluaran  

Cara pertama untuk mempersiapkan kredit mobil yaitu menghitung pendapatan atau gaji yang masuk per bulan. Tetapkan berapa uang yang ditabung dan berapa pengeluarannya. Catat semua pengeluaran yang ada dan untuk keperluan apa saja. 

Jadi, bisa memperkirakan akan menghapus pengeluaran mana yang tidak penting. Contohnya hangout ke cafe bersama teman seminggu sekali. Hal ini perlu dikurangi agar bisa membeli mobil dan keuangan keluarga tetap aman. 

Prioritaskan pengeluaran penting seperti kebutuhan pokok. Pengeluaran untuk bersenang-senang sebaiknya dipikirkan dua kali dan perlu menahannya sementara waktu sampai cicilan mobil selesai. Cara ini adalah pilihan yang bijak agar hutang cicilan mobil bisa segera lunas. 

2. Tentukan Jumlah Maksimal Kredit 

Cara selanjutnya untuk mendapatkan mobil impian adalah tentukan jumlah maksimal berhutang baik untuk cicilan mobil maupun cicilan lainnya. Berdasarkan pakar keuangan, maksimal jumlah kredit orang adalah sebesar 30 persen dari pemasukannya. 

Hal ini untuk menjaga kekuatan uang keluarga tetap “sehat”. Tentukan juga jenis mobil yang sesuai dengan kemampuan kredit. Jangan memaksakan diri untuk membeli mobil yang tak sesuai dengan kemampuan finansial.

SEVA kredit mobil
Sumber: seva.id

Kalau masih bingung, bisa juga menggunakan platform SEVA yang akan membantu customernya untuk memilih mobil sesuai anggaran. Fitur yang memiliki fungsi ini disebut dengan instant approval. Manfaatkan platform online ini sebaik-baiknya. 

3. Rencanakan Keuangan 

Rencanakan juga keuangan setiap bulannya agar mampu untuk membayar cicilan mobil. Jangan lupakan pula kebutuhan pokok keluarga juga perlu terpenuhi. Oleh sebab itu, perlu melakukan metode perencanaan uang yang tepat. 

Salah satu metode perencanaan uang adalah menerapkan metode 50, 30, 20. Maksud dari angka tersebut adalah persentase pembagian kebutuhan dari pendapatan yang ada. Berikut rinciannya: 

50% untuk kebutuhan pokok. 

30% untuk hutang atau cicilan. 

20% untuk kebutuhan sekunder. 

Dengan menggunakan cara ini, pengelolaan uang akan lebih terjamin. Pengelolaan uang bisa diatur sebaik-baiknya berdasarkan kebutuhan. Hal yang paling penting adalah pembayaran untuk cicilan mobil harus selalu disiapkan. 

4. Selalu Menabung 

Cara selanjutnya adalah wajib menabung. Tabungan akan membuat rencana mencicil mobil jadi lebih terstruktur. Jadi, ketika ada hal darurat bisa menggunakan uang tabungan tersebut. Tabungan ini bisa disebut sebagai dana cadangan antu panik jika sewaktu-waktu ada pengeluaran diluar perencanaan. Setidaknya, bisa menabung minimal 10% dari total penghasilan. 

5. Pakai Autodebet 

Jika ingin melakukan kredit sebaiknya pakai fitur autodebet. Fitur ini bermanfaat agar tidak telat bayar kredit. Jika sampai telat,  bisa kena denda sehingga menjadi kerugian tersendiri bagi keuangan bulanan. Namun, jika memasang autodebet, bayar cicilan bisa secara otomatis dilakukan sehingga tidak akan telat bayar. 


Penutup

Begitulah cara mengatur keuangan saat ingin membeli mobil kredit. Lakukan semua langkah-langkah di atas agar bisa melunasi cicilan mobil tepat waktu. Selain itu, lengaturan finansial juga akan aman dan terjaga. Keuangan keluarga aman, impian memiliki mobil pun tercapai.

Related Posts

12 komentar

  1. Bisa di coba nih mereka yg ingin punya mobil dengan cara kredit dan pastikan mobil itu sudah menjadi sebuah kebutuhan ya bukan hanya sebatas keinginan saja

    BalasHapus
  2. Masih belajar untuk mengelola keuangan nih, biar konsisten untuk nabung hehe

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, dapat informasi dan tips baru. Jadi kalau suatu saat akan membeli Mobil, bisa gunakan tips ini.

    Memang perlu pertimbangan matang sebelum mengambil cicilan Kak, entah itu Motor, Hp apalagi Mobil begini. Agar uangnya bisa terus aman.

    Terima Kasih Kak.

    BalasHapus
  4. Iya nih, tapi dibanding kredit kayaknya sy lebih milih nabung dulu deh, ada uang ya bru beli, lebih aman

    BalasHapus
  5. Yap, setuju banget dengan semua point-point yang Mba share disini! Terkadang terlena banget dengan kredit untuk mendapatkan barang yang diinginkan tanpa memikirkan efeknya dan kemampuan kita sendiri

    BalasHapus
  6. Iya a yak yang memaksakan Gaya hidup dari pada kesnaggupan bayar kak. Jadi ya Mobil cuma bertahan berapa bulan akhirnya ditarik lagi. Kl kayak gini sedih, harus punya perencanaan yang matang emang.

    BalasHapus
  7. Iya nih kalo mau kredit yang nominalnya kenceng harus bener2 komitmen. Kalo nggak wah bakal ambyar semua bahaya 😆

    BalasHapus
  8. Sebelum membeli mobil atau barang-barang mewah lainnya, memang didiskusikan terlebih dahulu, apalagi sistemnya kredit, belum kalau ada bunganya. Harus pandai-pandai ngatur keuangan dan jaga mobilnya agar gak makan banyak di biaya perawatan

    BalasHapus
  9. Huaaa, lagi berusaha buat nabung biar bisa kebeli apa yg aku mau ini. Baca ini jadi semangat lagi untuk atur keuangan.

    BalasHapus
  10. Kalau aku selama ini berprinsip pokoknya hutang/kredit ga boleh > 30 % penghasilan kak, sama kayak yg ditulis di atas. Karena kalau udah hutang kadang kegoda juga buat ambil yg lainnya 😅

    BalasHapus
  11. Artikelnya membuka pikiran untuk sama-sama mengecek kesehatan uang milik kita sebelum keluar untuk gaya hidup.
    Baiknya dipikirkan matang-matang ya sebelum beli mobil. Apalagi untuk orang yang masih pas-pasan keuangannya. Khawatir terjadi hal-hal yang nantinya merepotkan diri sendiri hehe. Penagalaman tetangganya mba jadi sebuah pelajaran yg berharga bangeeet sih.

    BalasHapus
  12. terima kasih informasinya, cukup bermanfaat, jadi bisa tahu bagaimana mengatur keuangan yang lebih baik untuk orang lain

    BalasHapus

Posting Komentar