Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV

Mengolah Limbah Kulit Kentang Jadi Keripik Lezat Nan Sehat

Daftar isi [Tampil]
Keripik kulit kentang

Mengolah limbah kulit kentang untuk dimakan? Why not! Aku dan ibu punya cerita menarik tentang perjalanan kami menerapkan zero waste mulai dari mengolah kulit kentang untuk dimakan.

Sejak Bapak pergi untuk pulang ke pangkuan Allah SWT, ibu jadi tulang punggung keluarga dengan menjual kue basah. Salah satu kue basah yang paling aku sukai dari buatan ibu adalah kue lumpur, kroket, dan donat kentang

Alhamdulillah banyak pula orang lain yang suka dengan ketiga kue tersebut sehingga banyak pesanan datang. Tiap hari ibu bisa menghabiskan 5-10 kg kentang untuk membuat kue-kue tersebut.

Sayangnya, timbul masalah baru bagi lingkungan seperti kulit kentang yang tidak bisa ikut diolah menjadi kue basah. Saat itu, aku masih belum memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara mengolah limbah kulit kentang.

Akhirnya sebagian sampah kulit kentang dibuang, sebagian lagi aku jadikan kompos. Kadang-kadang kecolongan juga, ibu lupa dan membuang semua kulit kentang ke tempat sampah.

Suatu ketika muncul semacam inspirasi resep lewat media sosialku untuk mengolah limbah kulit kentang jadi keripik lezat nan sehat. Ternyata kandungan dan manfaat kulit kentang banyak sekali, terutama untuk kesehatan.

Penasaran bagaimana caraku dan ibu mengolah limbah kulit kentang jadi kudapan keripik yang tak kalah enak dengan kentang goreng? Yuk, sini kumpul, kita belajar bareng di sini!


Limbah Kulit Kentang

Produksi kentang di Indonesia mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, menjadikan Indonesia sebagai negara penghasil kentang terbesar di Asia Tenggara. Pada tahun 2014 saja oroduksi kentang meningkat hingga 136.514 ton menurut survei dari Tim penelitian dan Pengembangan Pengkreditan UKMKM (2011).

Olahan kentang yang sering dipakai dalam usaha industri rumahan atau skala besar adalah keripik kentang, kentang goreng, tepung kentang, dan kue basah seperti ibuku. Terbayang, kan, bagaimana banyaknya limbah kulit kentang?

Bisa Dimakan

Kulit kentang yang masih dianggap sampah semata oleh sebagian orang ini ternyata bisa dimakan. Bahkan, punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Selain digoreng atau dipanggang beserta kulitnya, ternyata kulit kentang sendiri juga bisa jadi olahan keripik yang lezat. Rasanya pun mirip-mirip keripik kentang yang dipotong dengan sangat tipis.

Keripik kulit kentang

Kandungan

Kulit kentang mengandung berbagai nutrisi dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam 38 g kulit kentang mentah terdapat kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, asam folat, serta berbagai mineral seperti Kalium, Kalsium, Magnesium, Besi, dan Seng (Beals, 2019). Selain itu, kulit kentang juga mengandung 40-50% serat, ribovlafin, dan antioksidan.

Manfaat

Berbagai manfaat kulit kentang untuk kesehatan adalah bisa melancarkan pencernaan, memelihara tekanan darah, menurunkan risiko penyakit kanker, baik untuk kesehatan tulang, mengurangi risiko osteoporosis, dan meningkatkan daya tahan tubuh


Aplikasi Zero Waste dengan Mengolah Limbah Kulit Kentang

Selain bermanfaat untuk kesehatan, mengolah limbah kulit kentang juga merupakan bentuk aplikasi zero waste tingkat rumah tangga. Sudah tahu belum? Aplikasi zero waste disinyalir bisa menurunkan efek gas rumah kaca hingga 80% berdasarkan laporan dari Global Alliance for Incinerator Alternative (GAIA).

Jadi, kita bisa makan olahan limbah kulit kentang dengan enak sekaligus jadi agen yang berkontribusi dalam penurunan efek gas rumah kaca. Sebuah solusi yang mudah dan menyenangkan, bukan!


Mengolah Limbah Kulit Kentang Jadi Keripik

Setelah memahami “kenapa, sih, harus ribet mengolah limbah kulit kentang yang notabene tinggal buang aja?” Sekarang saatnya belajar mengolah kulit kentang jadi keripik yang nggak kalah enak dari kentang goreng.

Cara Mencuci Kentang

Kentang yang akan dikupas untuk keperluan lain harus dicuci sampai benar-benar bersih. Intinya jangan sampai ada sisa tanah yang menempel di kulit kentang. Jadi, limbah kulit kentang nantinya sudah bersih sebelum diolah jadi keripik.

Marinasi Bumbu

Biar rasa keripik tidak hambar bisa melakukan marinasi dengan cara memanaskan butter atau margarin, lalu tuang ke dalam kulit kentang yang sudah bersih. Bagi penggemar pedas sepertiku, bisa tambahkan bubuk cabe atau bumbu lainnya seperti bawang putih.

Jika sedang diet atau ingin rasa original bisa mengganti butter atau margarin dengan minyak zaitun. Tuang minyak zaitun dan aduk rata ke permukaan kulit kentang.

Oven atau Goreng dengan Air Fryer

Setelah dimarinasi, kulit kentang bisa dipanggang dalam oven atau digoreng dengan air fryer. Keripik kulit kentang pun siap disajikan.

Mengolah Limbah Kulit Kentang

Kebetulan si kecil minta dibuatkan kentang goreng. Aku pun coba menjadikan kulit kentangnya jadi keripik rasa original yang enak juga.


Keripik Kulit Kentang, Camilan Lezat Nan Sehat untuk Keluarga

Limbah kulit kentang yang biasanya dibuang begitu saja atau dijadikan kompos ternyata bisa disulap jadi keripik kulit kentang yang  lezat dan sehat. Manfaatnya juga banyak sekali untuk kesehatan.

Mengolah limbah kulit kentang jadi keripik pun jadi lebih menyenangkan karena lezat, sehat, dan jadi solusi pengurangan gas rumah kaca. Yuk, coba sendiri di rumah untuk mengolah limbah kulit kentang jadi keripik enak!


Referensi

  • Tim Penelitian dan Pengembangan Pengkreditan UMKM. Budidaya Kentang Industri. Bank Indonesia: Jakarta Pusat, 2011.
  • Beals, K.A. Potatoes, Nutrition and Health. Am. J. Potato Res. 96, 102–110 (2019). https://doi.org/10.1007/s12230-018-09705-4


Related Posts
ANGGITA RAMANI
Assalamu'alaikum, perkenalkan saya Anggita, seorang Ibu Rumah Tangga lulusan Kimia yang punya passion menulis. Saat ini saya bekerja sebagai content creator, co-founder sociopreneur Arek Suroboyo, dan penulis. Jika ingin kerjasama bisa hubungi email anggita.ramani@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar