Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Cara Menghindari Pembayaran Berlebih Konektivitas Cloud Perusahaan

Di era digital saat ini,  banyak perusahaan yang beralih dengan menggunakan cloud untuk mengakses data dan aplikasi mereka. Memanfaatkan fungsi breed yang baik, kemudahan akses, penggunaan skalabilitas dan fleksibilitas, merupakan beberapa alasan kuat dari menerapkan layanan cloud. Namun, perusahaan juga dapat jatuh ke dalam perangkap yang menyebabkan kehilangan kendali atas investasi cloud mereka.

My carrier telkom

Adapun strategi multi-cloud yang memungkinkan perusahaan menghindari penguncian vendor, tetapi strategi ini juga dapat menciptakan lingkungan yang semakin sulit untuk dikelola. Oleh karena itu ada sejumlah besar elemen biaya yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan multi-cloud, salah satunya dengan menjaga konektivitas.

Bagi perusahaan yang mempertimbangkan untuk mengadopsi cloud dalam beberapa bentuk, penting untuk menyadari beberapa aspek yang dapat mengakibatkan biaya langsung dan tidak langsung.

Cara menghindari pembayaran lebih untuk konektivitas jaringan cloud dan antar cloud dalam lingkungan multi-cloud, perusahaan harus mempertimbangkan strategi mereka dengan cermat. Mengatasi masalah seperti keamanan, kompleksitas, dan tata kelola peraturan saat menggunakan banyak cloud memerlukan pendekatan berbeda untuk menyebar dan mengelola jaringan mereka.

Perusahaan membutuhkan jaringan cerdas dengan kemampuan multi-cloud dengan visibilitas penuh, keamanan, skalabilitas, dan manajemen yang disederhanakan. Maka, perusahaan harus mencari penyedia yang memberikan konektivitas cloud-first end-to-end yang hadir dengan visibilitas dan kontrol, mencakup lima komponen utama:


1. Konektivitas Langsung

Penyedia yang tepat akan menyediakan koneksi sesuai dengan permintaan dan disalurkan langsung ke penyedia cloud secara global, dengan perincian dan akses last mile. Solusi koneksi cloud langsung memungkinkan perusahaan untuk mentransfer data mission-critical dengan aman. Selain itu juga terhubung ke cloud utama dari satu platform dan skala bandwidth untuk memenuhi beban jaringan yang berubah serta meningkatkan kinerja dan pengalaman pengguna aplikasi. Hal Ini juga menghemat biaya jalan keluar dan port yang membantu perusahaan mempertahankan efisiensi biaya dalam strategi cloud mereka.


2. Overlay With Application-Aware Connectivity

Menggunakan solusi komprehensif seperti mencakup hamparan jaringan area luas (SD-WAN) yang diatur oleh perangkat lunak dan konektivitas cloud langsung, dapat menyederhanakan serta mengoptimalkan jaringan kompleks dari banyak situs dan cloud. Saat menggunakan platform yang dikelola secara terpusat, menyatukan SD-WAN, keamanan, routing, dan pengoptimalan WAN, maka pengguna dapat  mengarahkan lalu lintas aplikasi di seluruh WAN dengan visibilitas yang ditingkatkan secara aman sekaligus cerdas. Dengan demikian, memberikan jaringan area luas mandiri yang terus beradaptasi dengan perubahan kebutuhan bisnis.


3. Konektivitas Global

Perusahaan membutuhkan penyedia yang dapat memperluas jangkauan mereka dalam skala global, bahkan ke tujuan yang sulit dijangkau. Dengan jangkauan global dari satu penyedia, perusahaan dapat menurunkan biaya dengan meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan serta menghilangkan kebutuhan untuk bekerja dengan banyak penyedia.


4. Kemampuan Penyediaan Platform Sesuai Dengan Permintaan

Perusahaan harus mencari penyedia layanan yang dapat menyediakan platform untuk menskalakan permintaan serta kemampuan untuk memantau dan memberikan wawasan tentang aplikasi. Ini dapat membantu menghemat biaya dengan menyediakan skalabilitas sederhana tanpa peningkatan infrastruktur yang mahal dan menggunakan kecerdasan jaringan untuk meminimalkan waktu henti dengan memanfaatkan rute terbaik.


5. Penerapan dan Kebijakan Jaringan Umum

Perusahaan harus memastikan bahwa mereka dapat menerapkan solusi jaringan dengan kebijakan umum dan kemampuan manajemen yang sesuai dan terintegrasi ke semua cloud serta situs dan komunitas pengguna mereka sendiri. Hal tersebut dapat mengurangi risiko, sekaligus menghilangkan kebutuhan untuk mempertahankan beberapa konfigurasi jaringan cloud yang semuanya sangat berbeda dan memberikan efek pada biaya yang harus dikeluarkan.


Pilih Penyedia Cloud Terpercaya untuk Perusahaan

Begitulah 5 komponen utama dalam mencari penyedia layanan cloud untuk perusahaan yang harus diperhatikan. Mulai darikeamanan, kompleksitas, dan tata kelola peraturan saat menggunakan banyak cloud. Jangan sampai salah perhitungan yang mengakibatkan biaya langsung dan tak langsung malah membengkak. Salah satu cara untuk menekan biaya dan membuat jalur trafik tetap aman, bisa digunakan SD-WAN.


Referensi

  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan
  • https://mycarrier.telkom.co.id/

1 komentar

1 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Haikalys
    Haikalys
    3 November 2022 pukul 11.34
    Thanks sir,
    this is so very excited for me.
    Reply