Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Berbagai Tips untuk menjadi Pengusaha Indonesia yang Berhasil

Berbicara tentang bagaimana cara menjadi pengusaha yang sukses, pastinya jadi impian hampir semua orang, khususnya pebisnis. Apalagi jika dapat dilakukan pada usia muda, tentunya hal tersebut adalah sebuah kebanggan tersendiri. Meskipun terlihat mustahil, namun cukup banyak profil pengusaha sukses di Indonesia.

Pengusaha muda Indonesia
Sumber gambar: https://unsplash.com/photos/TamMbr4okv4

Ambil contoh saja nama Anderson Sumarli yang merupakan Co-Founder dan CEO dari Ajaib Group. Dia salah satu profil pengusaha sukses di Indonesia yang mengembangkan investasi bernama Ajaib. Dalan kiprahnya sebagai investor dan pengusaha muda, dia sendiri sempat masuk dalam Forbes 30 under 30 pada tahun 2020 lalu. Sebab, ada kontribusi perusahaannya dalam meningkatkan jumlah investor ritel di Indonesia.

Nah, bagaimana sih cara untuk menjadi pengusaha Indonesia yang berhasil? Simak beberapa tips yang aku rangkum dari beberapa sumber.


Tips menjadi Pengusaha Indonesia yang Berhasil

Bagi anak muda Indonesia yang ingin menjadi pengusaha sukses, tulisan ini wajib kamu baca. Apalagi jika ingin seperti Anderson Sumarli dengan segala prestasinya.

1. Selalu Fokus Menjadi Sukses di Usia Muda

Orang sukses biasanya mempunyai tujuan dan keinginan yang sangat kuat. Jika kamu ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, maka perlu menentukan tujuan hidup sejak awal. Dengan begitu, kamu akan termotivasi untuk menentukan cara menjadi pengusaha yang berhasil di usia muda.

Fokuslah menjalani kehidupan dan pekerjaan dengan lebih totalitas. Latih diri untuk terus menerus agar dapat fokus dan tidak mudah menyerah demi mencapai tujuan. Jangan lupa juga untuk selalu membangun pemikiran positif dan tetap teguh pada pendirianmu.

2. Hilangkan Rasa Takut Karena Kegagalan

Selain tidak mudah menyerah, cara menjadi pengusaha sukses di usia muda yaitu tidak takut gagal. Cobalah untuk hilangkan pikiran negatif yang membuatmu takut untuk memulai dan juga gagal. Malah sebaliknya, teruslah memotivasi diri untuk mewujudkan ide-ide bisnis dan impian yang kamu punya.

Selama apa yang kamu wujudkan tidak merugikan orang lain, apalagi melanggar hukum agama dan negara, maka teruslah berusaha. Pastikan selalu mewujudkan cita-citamu menjadi pengusaha sukses tanpa takut pada kegagalan. Walaupun mengalami kegagalan, jangan takut untuk kembali mencoba hingga kamu mencapai tujuan yang diharapkan.

3. Sering Membaca Berbagai kisah Inspiratif untuk Dapat Memotivasi

Sepenggal kisah dari Anderson tadi bisa kamu jadikan kisah inspiratif untuk menjadi pengusaha sukses di usia muda. Melalui kisah tersebut, kamu bisa belajar bagaimana cara mereka memulai hingga sampai di posisi sebagai pengusaha yang sukses.

Kamu pun bisa mempelajari bagaimana cara mereka menghadapi kegagalan, risiko, dan tantangan lain pada dunia bisnis. Jadikanlah informasi yang kamu dapatkan sebagai motivasi diri agar bisa sesukses mereka.

4. Pantang Menyerah

Mungkin ini terdengar klise, tapi bersungguh-sungguh dan tidak mudah menyerah merupakan salah satu cara untuk menjadi pengusaha sukses. Terlepas dari kegagalan yang dihadapi, janganlah untuk mudah menyerah.

Tetaplah jalani bisnis yang kamu rencanakan dengan tekun hingga berhasil. Tidak sedikit pengusaha sukses yang selalu mengalami kegagalan sebelum akhirnya mereka berhasil mewujudkan impiannya. Kesuksesan tersebut justru dibangun dari sikap pantang menyerah.

5. Selalu Kerja Cerdas

Selalu bekerja keras belum tentu akan menjamin kesuksesanmu. Daripada mengandalkan kerja keras , kerja cerdas juga merupakan cara menjadi pengusaha sukses. Giat bekerja memang perlu, akan tapi kamu harus bisa memanfaatkan kesempatan yang datang dengan cara yang cerdas pula.

Pilihlah cara efisien untuk dapat menjalankan bisnismu. Selain itu, kamu juga perlu membuat batasan. Bekerja terlalu keras akan membuatmu mudah kelelahan dan stres sehingga menghambat tujuan yang ingin dicapai.

Pengusaha muda Indonesia
Sumber gambar: Canva Pro

6. Aturlah Keuangan dengan Baik

Salah satu cara menjadi pengusaha sukses adalah mampu mengatur keuangan dengan baik. Rencana keuangan yang rapi menjadi kunci sukses di setiap usaha yang dilakukan. Kamu perlu memiliki catatan keuangan yang rapi dan juga mudah dicek.

Catatlah setiap transaksi keuangan yang dilakukan dari mulai kas masuk dan keluar. Kamu juga perlu menyisihkan uang sebagai tabungan. Cara ini tentunya akan menjadikan kamu lebih disiplin dalam mengatur keuangan.

7. Mulai Lakukan Investasi

Memulai investasi sejak dini merupakan salah satu cara menjadi pengusaha sukses di usia muda. Saat ini banyak pilihan investasi yang bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan di masa nanti, termasuk kebutuhan bisnis. Selain metode investasi offline, sekarang juga sudah tersedia media investasi online untuk membantu dalam pengelolaan keuangan yang tepat.

Melalui investasi pun, kamu bisa mendapatkan penghasilan pasif untuk dapat meningkatkan bisnis. Namun, sebelum memulai investasi, pastikan dulu kamu membekali diri dengan berbagai informasi tentang investasi. Contohnya mulai dari jenis produk investasi hingga risiko dari tiap-tiap produk investasi tersebut.

8. Dedikasikan Waktu Untuk Selalu Belajar

Orang sukses tidak pernah berhenti belajar. Mereka tidak akan pernah puas dengan pengetahuan yang dimiliki dan akan terus mencari ilmu. Kamu pun perlu memiliki kemauan untuk terus belajar. Tentunya ini sebagai cara menjadi pengusaha sukses. Asah terus keterampilan dan pengetahuan terbaru.

Selalu dedikasikan waktu untuk mempelajari hal-hal baru. Bisa dengan membaca buku, mengikuti kelas online, menonton video pembelajaran, atau membaca jurnal dan artikel yang bisa menambah pengetahuanmu.

9. Punya Target yang jelas

Memiliki target juga merupakan salah satu cara menjadi pengusaha sukses di usia muda. Jika kamu membangun bisnis tanpa punya target, tentunya bisnis tersebut tidak akan berkembang dengan baik.

Malah sebaliknya, bisnis yang baru kamu bangun akan mengalami kemunduran dan sulit untuk berkembang. Jadi, tentukanlah target, baik jangka pendek atau panjang sebagai parameter bisnis kamu ke depannya.

10. Lihatnya sesuatu dari berbagai sudut pandang

Hal berikutnya yang harus kamu perhatikan adalah berpikirlah kritis dan lihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang. Dengan begitu kamu bisa menganalisis berbagai opini dan fakta di sekitarmu. Selain itu, kamu juga pun bisa menemukan solusi dari berbagai masalah yang timbul ketika membangun usaha.


Penutup

Demikian berbagai tips untuk menjadi pengusaha Indonesia yang berhasil. Semoga informasi ini memberikan manfaat bagi kamu yang ingin menjadi pengusaha sukses dan bangkit membangun perekonomian bangsa.


Referensi

  • https://www.alphajwc.com/id/pengusaha-muda-indonesia-yang-sukses/
  • https://www.voffice.co.id/jakarta-virtual-office/business-tips/tips-pengusaha-muda/

Posting Komentar

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi