Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

8 Pop Up Class Surabaya, Pendamping Homeschooling Mandiri

Homeschooling mandiri

Halo teman online! Masih ingat, nggak? Di postingan sebelumnya tentang persiapan homeschooling anak usia dini, aku sudah menjelaskan bahwa salah satu kekurangan homeschooling mandiri adalah aspek sosialisasi anak.

Nah, salah satu solusi untuk meningkatkan aspek sosialisasi pada anak usia dini yang homeschooling adalah ikut pop up class. Apa itu pop up class? Apa saja rekomendasi pop up class di Surabaya untuk anak usia dini? Yuk, mari kita kumpul!


Pop Up Class, Solusi Meningkatkan Aspek Sosialisasi Homeschooling Mandiri

Teman online pernah mendengar sekilas tentang pop up class yang biasanya untuk anak usia dini? Mungkin pernah, tapi belum tahu kalau kelas yang ditawarkan adalah jenis pop up class. Contohnya kelas stimulasi bayi atau anak yang hanya memiliki durasi 1-2 jam.

Jadi, pop up class adalah kelas singkat atau dasar untuk anak usia dini yang usianya belum bisa mendaftar untuk sekolah formal. Durasi kelas tergolong singkat biasanya antara 1-2 jam, tidak dilakukan setiap hari seperti jam sekolah, lebih fleksibel, dan lebih fun.

Pop up class ini merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kekurangan homeschooling anak usia dini, yaitu meningkatkan aspek sosialisasi anak terhadap anak sebaya lainnya. Anak-anak homeschooling mandiri bisa meningkatkan skill komunikasi atau sosialisasi lewat kelas pop up.


Rekomendasi Pop Up Class Anak Usia Dini di Surabaya

Saat ini sudah banyak kelas pop up yang hadir di Surabaya dari berbagai penyelenggara. Apa saja itu? Yuk, simak 8 rekomendasi pop up class Surabaya dariku sebagai kegiatan pendamping homeschooling mandiri teman online!

1. Kelas Stimulasi Reguler by Rumah Kumbang

Pop up class Surabaya
Sensory Park lokasi Kelas Stimulasi Reguler by Rumah Kumbang

Pertama ada kelas stimulasi dari Rumah Kumbang, bisa cek di instagram @rumah.kumbang. Lokasinya ada di dua tempat, yaitu:

  • Surabaya Barat: Roca Clubhouse, Jalan Bintang Graha Family X no. 2 Surabaya
  • Surabaya Timur: Apartment Grand Dharmahusada Lagoon, Jalan Raya Mulyosari no. 366A Surabaya

Pop up class dari Rumah Kumbang ini lebih fokus untuk stimulasi tumbuh kembang anak usia dini. Cocok sebagai kegiatan pendamping homeschooling anak usia dini. Terdapat beberapa jenis kelompok kelas sesuai usia anak:

  • Kelas Cilukba (6-12 bulan)
  • Kelas Pompom (1-2 tahun)
  • Kelas Fantasi (2-3 tahun)
  • Kelas Hompimpa (3-4 tahun)

Kelas Stimulasi Reguler Rumah Kumbang ada setiap weekend dalam satu bulan dengan tema tertentu. Contohnya tema Summer Time di bulan Juni 2024. Ada beberapa pilihan biaya untuk sesi kelas:

  • 1 sesi kelas dengan durasi 60 menit Rp265.000
  • 1 sesi kelas 60 menit + 2 jam Sensory Park Rp280.000
  • 4 sesi kelas dalam 1 bulan Rp1.000.000

2. Enrichment Program by Wonderhands Montessori School

Kegiatan outdoor Homeschooling mandiri
Enrichment Program Kelas Rosemary Tema Water Transportation (sumber ig @wonderhandsmontessori)

Selanjutnya pop up class yang masih satu manajemen dengan Rumah Kumbang, yaitu Wonderhands Montessori School (@montessoriwonderhands). Lokasinya juga ada di Apartment Grand Dharmahusada Lagoon, Jalan Raya Mulyosari no. 366A Surabaya.

Jika Kelas Stimulasi Reguler fokus di stimulasi, Enrichment Program dari Wonderhands Montessori School fokus mengenalkan kegiatan sekolah tersebut dengan metode Montessori. Jadi ada kegiatan outdoor di Sensory Park dan Indoor di dalam kelas.

Tema kelas pop up di sini pun macam-macam. Misalnya saja di bulan Juni 2024 ini terdapat tema Transportasi Air, Transportasi Udara, Transportasi Darat, Orange Day, Pink Day, dan Purple Day.

Biaya satu sesi adalah Rp285.000 dengan durasi kelas selama 2 jam dari 08.00-10.00 dan free 2 jam bermain di Sensory Park. Jika ingin langsung bundling 3 sesi atau 6 sesi akan mendapatkan potongan harga khusus.

3. Dulin-Dulin Play Space

Pop up class Homeschooling mandiri
Dulin-dulin (sumber: instagram @dulindulin_)

Salah satu penyelenggara pop up class untuk anak usia dini populer di Surabaya adalah Dulin-Dulin Play Space dengan instagram @dulindulin_. Lokasinya ada di Jalan Opak no. 44 Surabaya, dekat Jalan Darmo.

Dulin-Dulin rutin mengadakan kelas setiap hari Sabtu-Minggu dalam satu bulan dengan tema variatif. Mulai dari hewan, buah-buahan, luar angkasa, dan lain-lain.

Fokus kegiatan pop up class Dulin-Dulin adalah aspek motorik halus dan kasar, sensorik, seni, serta kognitif. Usia anak yang bisa ikut Dulin-Dulin biasanya antara 1-4 tahun.

Biaya 1 kali pertemuan sebesar Rp.150.000 saja. Namun, teman online yang ingin ikut kelas pop up sebagai kegiatan tambahan homeschooling mandiri harus cepat-cepat booking agar tidak kehabisan slot karena kelas-kelas di Dulin-Dulin cepat sekali sold out.

4. Pop Up Class Albata

Homeschooling anak usia dini
Sumber: Albata

Sebagai sekolah yang menerapkan metode islamic montessori, Albata juga menghadirkan pop up Class untuk toddler. Lokasi Albata di Surabaya ada 4, yaitu:

  • Jalan Babatan Indah 89 no.1, Surabaya Barat
  • Jalan Gayungsari Barat XI GD/13, Surabaya Selatan
  • Jalan Prapanca no. 36, Surabaya Pusat (Mom n Jo)
  • Jalan Royal Babatan VII no. 25, Babatan, kec. Wiyung, Surabaya (Royal Club House)

Program pop up class Albata untuk toddler mengikuti prinsip islamic montessori, quran dan sunnah. Pertemuan sebanyak 4x dalam 1 bulan dengan durasi 60 menit, sudah termasuk field trip.

Menurutku kelas ini cocok untuk pengganti atau pendamping kegiatan homeschooling mandiri yang teman online lakukan selama 1 bulan. Jadi, biar anak lebih memahami bagaimana situasi saat harus melakukan sosialisasi dengan teman sebaya.

Biaya program pop up class Albata sebesar Rp250.000 untuk pendaftaran dan Rp499.000 per bulan untuk kegiatan dalam 1 bulan. Kelas ini untuk anak usia mulai 1 tahun hingga sebelum masuk TK.

5. Kids Book Club

Kelas pop up Surabaya
Kids Book Club tema Jungle Walk (sumber: dokpri)

Kelas pop up selanjutnya dari klub buku Kids Book Club Surabaya (instagram @kidsbookclub.sby) yang memiliki basecamp di kafe The Localist Coffee and Brew. Lokasinya ada di Jalan Arif Rahman Hakim no. 40 (di atas Klinik Mata dr. Sjamsu).

Kegiatan pop up class Kids Book Club tentu saja fokus di read aloud buku anak. Selain itu ada kegiatan lain seperti menyanyi, menari, percobaan sederhana, art, dan craft.

Biaya dalam satu sesi kegiatan Rp165.000 sudah termasuk 1 buku untuk dibawa pulang dan kegiatan. Kegiatan ini untuk anak mulai usia 1-6 tahun.

6. Kelas Bayi dan Anak by Bumi Anak Indonesia

Kelas pop up Surabaya
Sumber: instagram @bumianak.indonesia

Metode Montessori memang menurutku pribadi paling cocok diterapkan untuk anak. Contoh lain penyelenggara pop up class yang menerapkan metode Montessori selain Rumah Kumbang dan Albata adalah Kelas Bayi dan Anak dari Bumi Anak Indonesia.

Kelas stimulasi untuk anak mulai usia 6 bulan hingga 30 bulan ini menyediakan berbagai kegiatan menarik dengan tema yang menyenangkan untuk anak. Lokasinya ada di Ruko Hamilton Blok DD10-R2 Pantai Mentari, Surabaya. Teman online yang tertarik bisa mencoba kelas pop up dari Bumi Anak Indonesia dengan instagram @bumianak.indonesia.

7. Kiddy Lab by Rumah Kumbang

Pop up class Surabaya
Kegiatan kelas Kiddy Lab (sumber: instagram @kiddylab_)

Berbeda dengan Kelas Stimulasi Reguler dan Enrichment Program dari Wonderhands Montessori School, kelas dari Kiddy Lab (@kiddylab_) hadir untuk memberikan kegiatan dengan tema STEM. Kelas Kiddy Lab terinspirasi dari metode Reggio Emilia.

Lokasinya ada di jalan Kayoon no. 60-62, Surabaya. Teman online yang mempunyai anak usia 1-6 tahun bisa mengikuti kelas ini dengan biaya sebagai berikut:

  • Anak usia 1-3 tahun Rp250.000 per sesi selama 60 menit
  • Anak usia 4-6 tahun Rp275.000 per sesi selama 90 menit

Kegiatan dalam pop up class Kiddy Lab ini cocok untuk mengembangkan aspek STEM dalam kurikulum homeschooling mandiri. Mungkin saja tema online bingung mencari kegiatan sains, maka bisa ikut kelas dari Kiddy Lab ini.

8. Cikal Pop Up Class

Terakhir ada pop up class dari sekolah anak yang terkenal di Surabaya, yaitu Cikal. Kelas pop up dari Cikal cocok untuk kegiatan sampingan dalam program homeschooling mandiri untuk anak usia dini.

Program Cikal Pop Up Class ini tersedia di Rumah Main Cikal Surabaya, Jl. Raya Lontar No.103, Lontar, Surabaya. Kelas pop up ini merupakan Holiday Program dari Rumah Main Cikal untuk usia 2-4 tahun. Biaya satu sesi kelas sebesar Rp300.000 saja. Durasi kegiatan selama 2 jam penuh.


Wah! Ternyata banyak juga pop up class di Surabaya untuk anak usia dini. Teman online bisa memanfaatkan kelas-kelas tersebut sebagai sarana sosialisasi untuk anak-anak yang menjalani homeschooling.

Disamping itu, anak homeschooling mandiri juga bisa mendapatkan pengalaman kelas di luar rumah. Tentunya hal ini bisa memiliki dampak positif bagi perkembangan sosial, emosional, dan kegiatan outdoor.

Kalau teman online tertarik ikut pop up class untuk kegiatan pendamping homeschooling mandiri yang mana? Selanjutnya aku akan membahas rekomendasi homeschooling online untuk anak usia dini.


Referensi

Instagram @rumah.kumbang

Instagram @montessoriwonderhands

Instagram @kidsbookclub.sby

https://www.cikal.co.id/event?id=holiday-program-rumah-main-cikal-surabaya-juni-2024

29 komentar

29 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Adriana Dian
    Adriana Dian
    28 Juni 2024 pukul 16.41
    Kegiatannya seru seru banget yaaa mak, cocok banget nih buat home schooler. mama mama homeschooler emang mesti lebih aktif untuk pendidikan anak-anaknya yaaa
    Reply
  • Anis Khoir
    Anis Khoir
    27 Juni 2024 pukul 00.25
    Jadi homeschooling tidak akan membuat anak bosen ya karena belajar sendirian di rumah. Dengan adanya pop up ini bisa juga berkegiatan di luar
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    26 Juni 2024 pukul 21.51
    Eah, menarik nih
    Kelas pop up seperti ini pas banget buat mengisi liburan sekolah
    Reply
  • Adinda Tami
    Adinda Tami
    26 Juni 2024 pukul 21.12
    Dengan mengikuti pop up class anak2 siswa homeschooling bisa tetap mendapatkan sosialisasi ya mom.
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    26 Juni 2024 pukul 20.45
    Wah bisa jadi rekomendasi bagi para masyarakat yang tinggal di Surabaya ya Mba, sekarang homeschooling enjadi salahs atu alternatif untuk proses belajar anak-anak yang saya rasa banyak positifnya juga
    Reply
  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti
    26 Juni 2024 pukul 19.48
    Banyak juga ya pop up class yang tersedia di Surabaya. Semoga bisa membantu orangtua yang berkonsentrasi memilih homeschooling untuk buah hatinya. Pop up class bisa membantu anak2 untuk tetap bersosialisasi dengan lingkungan dan orang2 di sekitarnya
    Reply
  • Nurul Fitri Fatkhani
    Nurul Fitri Fatkhani
    26 Juni 2024 pukul 06.46
    Pop Up Class Homeschooling ini bisa jadi solusi untuk mengasah kemampuan sosialisasi bagi anak yang menerapkan sistem belajar homeschooling yaa ... Anak-anak bisa bertemu dengan teman-temannya yang lain.
    Reply
  • Atiqoh
    Atiqoh
    26 Juni 2024 pukul 06.24
    Sekaranh banyak ortu yg pilih homescholling ya, apalagi kalk ada pendampingan yg memudahkan gini.. wah kayanya anak2emamg lebih aman sekolah dirumah saja hihi
    Reply
  • Luluk Sobari
    Luluk Sobari
    26 Juni 2024 pukul 06.09
    Surabaya masuk dekat dari Madura, dan saya juga sering ke Surabaya. Tapi baru tahu kalau ada kelas pop up di Surabaya. Seru nih kalau bisa ikutan.
    Reply
  • Triani Retno A
    Triani Retno A
    26 Juni 2024 pukul 04.41
    Wah, ada pop up class yang fokus ke read aloud. Pastinya dilakukan secara fun ya untuk menarik perhatian anak-anak. Bagus, nih. Read aloud kan banyak manfaatnya.
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    26 Juni 2024 pukul 04.34
    Wah, banyak sekali pop up class di Surabaya.
    Kalau seandainya ikutan lengkap, semisal seminggu ada beberapa kali, apakah gak ada biaya paket?
    Lutu luttuu yaa.. anak kicik-kicik begini uda nenteng tas dan berangkat cekulaa.. Serasa lebih mandiri dan semoga menjadi pembelajaran dari segi aktivitas fisik dan sosial.
    Reply
  • Müzeyyen Salik
    Müzeyyen Salik
    26 Juni 2024 pukul 03.08
    Albata lebih murah ya dari pada yang lainnya ya. Bagus juga sich masukin anak ke Homeschooling.
    Reply
  • Monica Anggen
    Monica Anggen
    26 Juni 2024 pukul 00.56
    Ternyata banyak ya sekarang pop up class untuk homeschooling mandiri. Yang Rumah Kumbang dekat tuh sama rumah adikku yang di Surabaya. Eh apa ntar ponakanku yang lagi liburan sekolah kuajak aja jalan-jalan ke Rumah Kumbang kali ya
    Reply
  • Diaz Bela
    Diaz Bela
    26 Juni 2024 pukul 00.45
    Makin kesini makin banyak ya yang membuat tentang pop up class. Jujur aku suka deh karena ini sangat membantu memberikan alternatif untuk anak aku berkegiatan :)
    Reply
  • Indra DP
    Indra DP
    25 Juni 2024 pukul 23.19
    pop up class ini konsepnya seperti playgroup ya mba, jadi sama2 melatih kemampuan sosialisasi pada anak
    Reply
  • Priyo Harjiyono
    Priyo Harjiyono
    25 Juni 2024 pukul 22.33
    Wah baru tau kalo sebutannya Pop up class tapi ngebantu banget buat orang tua memperkenalkan dunia belajar ke anak pra sekolah ya
    Reply
  • Deeva Collection
    Deeva Collection
    25 Juni 2024 pukul 22.18
    Pop up class ini aktivitasnya asik-asik ya, dengan adanya pop up class anak anak bisa merasakan bagaimana kelak ketika sudah besar mereka harus sekolah
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    25 Juni 2024 pukul 22.01
    Kelasnya seru bgt. Si kecil pasti betah bgt dong kalo ikut homeschooling ini. Mereka kyk bermain aja padahal mereka sedang belajar. Mantap tuh kurikulumnya.
    Reply
  • Kyndaerim
    Kyndaerim
    25 Juni 2024 pukul 21.10
    Bahkan ku baru tau kalo ada Pop Up Class pendamping homeschooling mandiri ini. Fasilitasnya okeoke ya, kak, tinggal dipilih aja yg sesuai.
    Reply
  • Han
    Han
    25 Juni 2024 pukul 19.03
    Waaa seru bangett, andai ini ada holiday class buat anak sekolah hihi dan di Malang jugaa >.< wajib ikut sih, aku skrg lagi hunting holiday class nih mbaa
    Reply
  • Putu Felisia
    Putu Felisia
    25 Juni 2024 pukul 18.45
    Senang deh lihat perkembangan home schooling sekarang, anak-anak jadi semakin berkembang dengan kurikulum yang dipersonalisasikan ya kak
    Reply
  • Irrya Lucita
    Irrya Lucita
    25 Juni 2024 pukul 12.45
    Pop up class ternyata namanya. Sekarang udah banyak kelas kelas seperti ini buat membantu sosialisasi dan tumbang anak
    Reply
  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin
    25 Juni 2024 pukul 05.40
    Albata yg paling populer yaa. Bagus pula. Untuk anak usia 6 bulan ternyata udah bisa diikutkan pop up class ya buat stimulasi dan yg pasti nanti dia akan tambah cerdas+belajar sosialisasi.
    Reply
  • Wiwin Pratiwanggini
    Wiwin Pratiwanggini
    25 Juni 2024 pukul 04.55
    Anak usia dini itu butuh bersosialisasi untuk mengenal dunia di luar rumahnya, termasuk bertemu dengan orang lain, mendapatkan teman baru, dan lain-lain. Jadi, meskipun homeschooling, memang perlu secara berkala diikutkan kelas tatap muka.
    Reply
  • Tukang jalan jajan
    Tukang jalan jajan
    24 Juni 2024 pukul 21.39
    Pop Up Class Surabaya adalah program kelas singkat yang dirancang khusus untuk anak-anak usia dini dan prasekolah. Kelas ini bukan hanya sebagai sarana untuk mempersiapkan anak sebelum memasuki sekolah formal, tetapi juga menjadi pendamping homeschooling mandiri yang tepat untuk membantu anak belajar dan berkembang secara optimal.
    Reply
  • Catcilku
    Catcilku
    24 Juni 2024 pukul 20.55
    Kirain kelas pop up berarti buat prakarya. Dari kertas atau karton yang menyembul. Ternyata salah hehe.

    Dengan kelas pop up anak bisa bersosialisasi dengan teman sebaya.
    Reply
  • hani
    hani
    24 Juni 2024 pukul 20.15
    Rasanya "Cikal" ada juga deh di Bandung. Sekarang perhatian pada tumbuh kembang anak-anak makin banyak ya. Jadi anak-anak sejak dini udah bersosialisasi, walaupun homeschooling. Terutama kalau di kota besar, seringnya masing-masing.
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    24 Juni 2024 pukul 18.47
    Untuk yang domisili di Surabaya bakal asik nih untuk anaknya ke pendidikan usia dini menggunakan metode Albata, karena dasar yang digunakan Al Quran dan Sunnah ya.
    Reply
  • Yusriah Ismail
    Yusriah Ismail
    24 Juni 2024 pukul 11.30
    menarik banget yaa mbaa..enaknya surabaya banyak pilihan pop up class..cocok banget untuk keluarga homeschooler
    Reply