Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

8 Pop Up Class Surabaya, Pendamping Homeschooling Mandiri

Homeschooling mandiri

Halo teman online! Masih ingat, nggak? Di postingan sebelumnya tentang persiapan homeschooling anak usia dini, aku sudah menjelaskan bahwa salah satu kekurangan homeschooling mandiri adalah aspek sosialisasi anak.

Nah, salah satu solusi untuk meningkatkan aspek sosialisasi pada anak usia dini yang homeschooling adalah ikut pop up class. Apa itu pop up class? Apa saja rekomendasi pop up class di Surabaya untuk anak usia dini? Yuk, mari kita kumpul!


Pop Up Class, Solusi Meningkatkan Aspek Sosialisasi Homeschooling Mandiri

Teman online pernah mendengar sekilas tentang pop up class yang biasanya untuk anak usia dini? Mungkin pernah, tapi belum tahu kalau kelas yang ditawarkan adalah jenis pop up class. Contohnya kelas stimulasi bayi atau anak yang hanya memiliki durasi 1-2 jam.

Jadi, pop up class adalah kelas singkat atau dasar untuk anak usia dini yang usianya belum bisa mendaftar untuk sekolah formal. Durasi kelas tergolong singkat biasanya antara 1-2 jam, tidak dilakukan setiap hari seperti jam sekolah, lebih fleksibel, dan lebih fun.

Pop up class ini merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kekurangan homeschooling anak usia dini, yaitu meningkatkan aspek sosialisasi anak terhadap anak sebaya lainnya. Anak-anak homeschooling mandiri bisa meningkatkan skill komunikasi atau sosialisasi lewat kelas pop up.


Rekomendasi Pop Up Class Anak Usia Dini di Surabaya

Saat ini sudah banyak kelas pop up yang hadir di Surabaya dari berbagai penyelenggara. Apa saja itu? Yuk, simak 8 rekomendasi pop up class Surabaya dariku sebagai kegiatan pendamping homeschooling mandiri teman online!

1. Kelas Stimulasi Reguler by Rumah Kumbang

Pop up class Surabaya
Sensory Park lokasi Kelas Stimulasi Reguler by Rumah Kumbang

Pertama ada kelas stimulasi dari Rumah Kumbang, bisa cek di instagram @rumah.kumbang. Lokasinya ada di dua tempat, yaitu:

  • Surabaya Barat: Roca Clubhouse, Jalan Bintang Graha Family X no. 2 Surabaya
  • Surabaya Timur: Apartment Grand Dharmahusada Lagoon, Jalan Raya Mulyosari no. 366A Surabaya

Pop up class dari Rumah Kumbang ini lebih fokus untuk stimulasi tumbuh kembang anak usia dini. Cocok sebagai kegiatan pendamping homeschooling anak usia dini. Terdapat beberapa jenis kelompok kelas sesuai usia anak:

  • Kelas Cilukba (6-12 bulan)
  • Kelas Pompom (1-2 tahun)
  • Kelas Fantasi (2-3 tahun)
  • Kelas Hompimpa (3-4 tahun)

Kelas Stimulasi Reguler Rumah Kumbang ada setiap weekend dalam satu bulan dengan tema tertentu. Contohnya tema Summer Time di bulan Juni 2024. Ada beberapa pilihan biaya untuk sesi kelas:

  • 1 sesi kelas dengan durasi 60 menit Rp265.000
  • 1 sesi kelas 60 menit + 2 jam Sensory Park Rp280.000
  • 4 sesi kelas dalam 1 bulan Rp1.000.000

2. Enrichment Program by Wonderhands Montessori School

Kegiatan outdoor Homeschooling mandiri
Enrichment Program Kelas Rosemary Tema Water Transportation (sumber ig @wonderhandsmontessori)

Selanjutnya pop up class yang masih satu manajemen dengan Rumah Kumbang, yaitu Wonderhands Montessori School (@montessoriwonderhands). Lokasinya juga ada di Apartment Grand Dharmahusada Lagoon, Jalan Raya Mulyosari no. 366A Surabaya.

Jika Kelas Stimulasi Reguler fokus di stimulasi, Enrichment Program dari Wonderhands Montessori School fokus mengenalkan kegiatan sekolah tersebut dengan metode Montessori. Jadi ada kegiatan outdoor di Sensory Park dan Indoor di dalam kelas.

Tema kelas pop up di sini pun macam-macam. Misalnya saja di bulan Juni 2024 ini terdapat tema Transportasi Air, Transportasi Udara, Transportasi Darat, Orange Day, Pink Day, dan Purple Day.

Biaya satu sesi adalah Rp285.000 dengan durasi kelas selama 2 jam dari 08.00-10.00 dan free 2 jam bermain di Sensory Park. Jika ingin langsung bundling 3 sesi atau 6 sesi akan mendapatkan potongan harga khusus.

3. Dulin-Dulin Play Space

Pop up class Homeschooling mandiri
Dulin-dulin (sumber: instagram @dulindulin_)

Salah satu penyelenggara pop up class untuk anak usia dini populer di Surabaya adalah Dulin-Dulin Play Space dengan instagram @dulindulin_. Lokasinya ada di Jalan Opak no. 44 Surabaya, dekat Jalan Darmo.

Dulin-Dulin rutin mengadakan kelas setiap hari Sabtu-Minggu dalam satu bulan dengan tema variatif. Mulai dari hewan, buah-buahan, luar angkasa, dan lain-lain.

Fokus kegiatan pop up class Dulin-Dulin adalah aspek motorik halus dan kasar, sensorik, seni, serta kognitif. Usia anak yang bisa ikut Dulin-Dulin biasanya antara 1-4 tahun.

Biaya 1 kali pertemuan sebesar Rp.150.000 saja. Namun, teman online yang ingin ikut kelas pop up sebagai kegiatan tambahan homeschooling mandiri harus cepat-cepat booking agar tidak kehabisan slot karena kelas-kelas di Dulin-Dulin cepat sekali sold out.

4. Pop Up Class Albata

Homeschooling anak usia dini
Sumber: Albata

Sebagai sekolah yang menerapkan metode islamic montessori, Albata juga menghadirkan pop up Class untuk toddler. Lokasi Albata di Surabaya ada 4, yaitu:

  • Jalan Babatan Indah 89 no.1, Surabaya Barat
  • Jalan Gayungsari Barat XI GD/13, Surabaya Selatan
  • Jalan Prapanca no. 36, Surabaya Pusat (Mom n Jo)
  • Jalan Royal Babatan VII no. 25, Babatan, kec. Wiyung, Surabaya (Royal Club House)

Program pop up class Albata untuk toddler mengikuti prinsip islamic montessori, quran dan sunnah. Pertemuan sebanyak 4x dalam 1 bulan dengan durasi 60 menit, sudah termasuk field trip.

Menurutku kelas ini cocok untuk pengganti atau pendamping kegiatan homeschooling mandiri yang teman online lakukan selama 1 bulan. Jadi, biar anak lebih memahami bagaimana situasi saat harus melakukan sosialisasi dengan teman sebaya.

Biaya program pop up class Albata sebesar Rp250.000 untuk pendaftaran dan Rp499.000 per bulan untuk kegiatan dalam 1 bulan. Kelas ini untuk anak usia mulai 1 tahun hingga sebelum masuk TK.

5. Kids Book Club

Kelas pop up Surabaya
Kids Book Club tema Jungle Walk (sumber: dokpri)

Kelas pop up selanjutnya dari klub buku Kids Book Club Surabaya (instagram @kidsbookclub.sby) yang memiliki basecamp di kafe The Localist Coffee and Brew. Lokasinya ada di Jalan Arif Rahman Hakim no. 40 (di atas Klinik Mata dr. Sjamsu).

Kegiatan pop up class Kids Book Club tentu saja fokus di read aloud buku anak. Selain itu ada kegiatan lain seperti menyanyi, menari, percobaan sederhana, art, dan craft.

Biaya dalam satu sesi kegiatan Rp165.000 sudah termasuk 1 buku untuk dibawa pulang dan kegiatan. Kegiatan ini untuk anak mulai usia 1-6 tahun.

6. Kelas Bayi dan Anak by Bumi Anak Indonesia

Kelas pop up Surabaya
Sumber: instagram @bumianak.indonesia

Metode Montessori memang menurutku pribadi paling cocok diterapkan untuk anak. Contoh lain penyelenggara pop up class yang menerapkan metode Montessori selain Rumah Kumbang dan Albata adalah Kelas Bayi dan Anak dari Bumi Anak Indonesia.

Kelas stimulasi untuk anak mulai usia 6 bulan hingga 30 bulan ini menyediakan berbagai kegiatan menarik dengan tema yang menyenangkan untuk anak. Lokasinya ada di Ruko Hamilton Blok DD10-R2 Pantai Mentari, Surabaya. Teman online yang tertarik bisa mencoba kelas pop up dari Bumi Anak Indonesia dengan instagram @bumianak.indonesia.

7. Kiddy Lab by Rumah Kumbang

Pop up class Surabaya
Kegiatan kelas Kiddy Lab (sumber: instagram @kiddylab_)

Berbeda dengan Kelas Stimulasi Reguler dan Enrichment Program dari Wonderhands Montessori School, kelas dari Kiddy Lab (@kiddylab_) hadir untuk memberikan kegiatan dengan tema STEM. Kelas Kiddy Lab terinspirasi dari metode Reggio Emilia.

Lokasinya ada di jalan Kayoon no. 60-62, Surabaya. Teman online yang mempunyai anak usia 1-6 tahun bisa mengikuti kelas ini dengan biaya sebagai berikut:

  • Anak usia 1-3 tahun Rp250.000 per sesi selama 60 menit
  • Anak usia 4-6 tahun Rp275.000 per sesi selama 90 menit

Kegiatan dalam pop up class Kiddy Lab ini cocok untuk mengembangkan aspek STEM dalam kurikulum homeschooling mandiri. Mungkin saja tema online bingung mencari kegiatan sains, maka bisa ikut kelas dari Kiddy Lab ini.

8. Cikal Pop Up Class

Terakhir ada pop up class dari sekolah anak yang terkenal di Surabaya, yaitu Cikal. Kelas pop up dari Cikal cocok untuk kegiatan sampingan dalam program homeschooling mandiri untuk anak usia dini.

Program Cikal Pop Up Class ini tersedia di Rumah Main Cikal Surabaya, Jl. Raya Lontar No.103, Lontar, Surabaya. Kelas pop up ini merupakan Holiday Program dari Rumah Main Cikal untuk usia 2-4 tahun. Biaya satu sesi kelas sebesar Rp300.000 saja. Durasi kegiatan selama 2 jam penuh.


Wah! Ternyata banyak juga pop up class di Surabaya untuk anak usia dini. Teman online bisa memanfaatkan kelas-kelas tersebut sebagai sarana sosialisasi untuk anak-anak yang menjalani homeschooling.

Disamping itu, anak homeschooling mandiri juga bisa mendapatkan pengalaman kelas di luar rumah. Tentunya hal ini bisa memiliki dampak positif bagi perkembangan sosial, emosional, dan kegiatan outdoor.

Kalau teman online tertarik ikut pop up class untuk kegiatan pendamping homeschooling mandiri yang mana? Selanjutnya aku akan membahas rekomendasi homeschooling online untuk anak usia dini.


Referensi

Instagram @rumah.kumbang

Instagram @montessoriwonderhands

Instagram @kidsbookclub.sby

https://www.cikal.co.id/event?id=holiday-program-rumah-main-cikal-surabaya-juni-2024

Posting Komentar

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi