Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Sensory Park: Outdoor Playground Asah Sensorik-Motorik Anak

Sensory Park

Halo Teman online! Bentar lagi weekend, nih. Beberapa hari yang lalu aku, suami, dan si kecil main ke Sensory Park sebagai outdoor playground di Surabaya yang menurutku sejalan dengan konsep metode Montessori. Terutama dalam area sensorik, motorik, dan sedikit practical life skill.

So, seperti apa Sensory Park Surabaya yang mengusung konsep The Natural Outdoor Play Space? Yuk, mari kita kumpul!


Review Sensory Park Surabaya, Outdoor Playground yang Bakal Asah Sensorik-Motorik Anak

Sensory Park Surabaya merupakan outdoor playground dengan konsep Natural Outdoor Play Space. Tempat bermain anak Sensory Park ini masih bagian dari Rumah Kumbang, sebuah platform layanan pendidikan keluarga dan pengasuhan anak usia dini di Surabaya. Sensory Park sendiri baru beroperasi tahun 2023, jadi masih baru banget, ya, teman online.

Lokasi Sensory Park

Outdoor playground Surabaya

Lokasi dari Sensory Park by Rumah Kumbang ini berada di area Apartemen Grand Dharmahusada Lagoon Jl. Raya Mulyosari No. 366 A, Surabaya. Teman online yang datang dari arah jalan Raya Mulyosari, cari putar balik yang dekat dengan pom bensin Pertamina.

Setelah itu bakal ada tulisan Grand Dharmahusada Lagoon sebelum pom bensin, lalu belok ke kiri. Perhatikan petunjuk jalan, nanti di sebelah kiri bakal ada belokan untuk parkir motor atau mobil ke Apartemen Grand Dharmahusada Lagoon.

Kalau datang dari arah ITS, langsung aja belok ke arah jalan Raya Mulyosari, lalu lurus sedikit. Perhatikan kiri jalan bakal ada tulisan Grand Dharmahusada Lagoon sebelum pom bensin. Belok kiri, lurus, lalu belok kiri lagi untuk menuju area parkir Apartemen Grand Dharmahusada Lagoon.

Sensory Park ini lokasinya di luar gedung apartemen, dekat area parkir. Jadi semacam berada halaman luar dekat area taman Grand Dharmahusada Lagoon. Mudah ditemukan, kok, jadi jangan khawatir bakal nyasar.

Jam Buka

Jam buka atau operasional Sensory Park adalah setiap hari Senin sampai Jumat dari jam 08.00-20.00. Lalu setiap hari Sabtu dan Minggu dari jam 06.00-20.00. Aku ke sana waktu hari Minggu sekitar jam setengah tujuh pagi.

Kalau ke sini better datang pagi sekalian atau sore sekalian. Aku memilih jam pagi karena kalau siang kepanasan, kalau sore resiko hujan.

Namun, Sensory Play ini tetap buka walaupun hujan karena memang sebenarnya manfaat hujan-hujanan juga baik untuk anak. Sesuaikan saja dengan kondisi dan ketahanan tubuh anak.

HTM

Harga tiket masuk ke Sensory Park ini juga bervariasi saat weekdays dan weekend sebagai berikut:

Senin-Jumat

  • Rp100.000/2 jam (1 dewasa dan 1 anak) + Rp25.000 kalau tambah 1 pendamping
  • Rp150.000 all day (1 dewasa dan 1 anak) + Rp25.000 kalau tambah 1 pendamping

Sabtu, Minggu, dan tanggal merah

  • Rp125.000/2 jam (1 dewasa dan 1 anak) + Rp25.000 kalau tambah 1 pendamping
  • Rp175.000 all day (1 dewasa dan 1 anak) + Rp25.000 kalau tambah 1 pendamping

Area Bermain

Tempat bermain anak di Sensory Park lumayan luas, dibagi menjadi dua sisi outdoor playground. Sisi kiri lebih lengkap mulai dari aneka brakiasi, area berpasir, permainan hingga kebun. Semuanya memiliki fungsi untuk mengasah kemampuan sensorik, motorik, hingga practical life skill, sesuai dengan area dalam metode Montessori.

Di sisi lain sebelah kanan, sepertinya khusus bayi. Sebab, saat hendak pulang ada berbagai mainan stimulasi sensorik dan motorik bayi. Ada juga brakiasi, tapi tidak banyak.

Tempat Parkir

Tempat parkir di Grand Dharmahusada Lagoon lumayan luas, baik untuk motor atau mobil. Harga untuk parkir motor adalah Rp4.000, sedangkan mobil Rp7.000. Kalau menurutku udah standar banget, sih, harga segitu.

Kamar Bilas

Tempat bermain anak

Saat main di Sensory Park si kecil pasti bakal auto kotor. Nggak usah bingung, ya, karena di sini sudah disediakan kamar bilas yang super bersih. Jadi, biarin aja anak main kotor-kotoran sampe puas.

Mini Food Court

Anak lapar saat main di Sensory Park? Tenang, di sini juga ada semacam mini food court yang menyediakan makanan dan minuman. Kalau mau bawa makanan atau minuman dari luar tetap boleh berdasarkan admin WA.


Area Bermain di Sensory Park Surabaya

Nah, dari tadi sudah bahas review secara keseluruhan Sensory Park. Sekarang aku bakal bahas detail outdoor Playground yang ada di Sensory Park. Di sini, tuh, ada banyak sekali spot bermain yang memiliki manfaat untuk asah area sensorik, motorik, bahkan practical life skill.

1. Area Berumput

Outdoor playground

Pertama, semua area bermain dalam Sensory Park berada di atas rumput hijau. Jarang-jarang ada outdoor playground Surabaya dengan area rerumputan yang boleh diinjak seperti ini, loh. Kalaupun ada itu di taman, tapi nggak boleh diinjak sembarangan.

Bagi yang belum tahu, berdasarkan penjelasan Vijiclinic di Instagram, rerumputan bagus untuk stimulasi saraf sensorik anak yang banyak terdapat di kaki. Apalagi kalau si kecil nyeker alias barefoot di atas rerumputan, pastinya bakal memberikan manfaat positif untuk tumbuh kembang.

2. Aneka Brakiasi Kayu

Nah, ini, nih yang jadi ikon di Sensory Park sebagai tempat bermain anak Surabaya adalah adanya aneka brakiasi kayu. Manfaatnya untuk mengasah kemampuan sensorik-motorik anak. Mulai brakiasi kayu kecil, balance beam, hingga brakiasi besar dengan bentuk seperti kapal raksasa.

Anak bebas memilih mau main dengan brakiasi yang mana. Jangan lupa tetap awasi anak, ya, karena di sini nggak ada semacam matras untuk keamanan ekstra anak di sekitar brakiasi.

3. Mini Flying Fox

Outdoor playground Surabaya

Mau latih keberanian anak? Di sini ada mini flying fox yang bentuknya seperti ayunan kayu. Akan tetapi, tetap perlu satu orang dewasa untuk membantu memegangi anak menyeberangi tali.

Kadang ada kakak petugas dari Sensory Park yang membantu untuk menjalankan mini flying fox. Jadi teman online tidak usah ragu untuk meminta bantuan kakak petugas yang sedang keliling.

3. Pasir Pantai

Tempat bermain anak Surabaya

Selain rerumputan hijau, di sini ada juga area kolam pasir pantai yang lumayan luas. Anak bebas main pasir-pasiran tanpa takut bakal tergulung ombak di playground Surabaya ini.

Dalam area kolam pasir pantai juga disediakan berbagai mainan agar anak bebas eksplorasi. Kalau si kecil sedang belajar huruf, bisa lakukan juga di sini dengan cara tracing alfabet di pasir. Lumayan, kan, bisa main sambil belajar?

4. Kolam Air

Playground Surabaya

Salah satu spot favorit anak tentu saja kolam air dengan berbagai mainan ini. Bentuknya seperti kolam biasa, lalu ada semacam aliran air seperti sungai.

Anak bebas menyalakan kran air yang ada di ujung untuk mengairi kolam tersebut. Jadi, outdoor playground di Sensory Park ini memang konsepnya bebas, deh, sesuai keinginan anak.

5. Kebun dan Hewan Peliharaan

Selain area bermain yang kental untuk stimulasi kemampuan sensorik-motorik anak, ada juga area yang bisa stimulasi sensorik, motorik, dan practical life skill. Yap! Di Sensory Park Surabaya juga ada area berkebun dan hewan peliharaan seperti kelinci dan kura-kura sulcata.

Menariknya, kebun dalam outdoor playground Sensory Park ini tak hanya untuk dilihat-lihat saja. Di sini juga tersedia alat berkebun yang lumayan lengkap. Anak bebas memilih mau menyiram kebun atau coba menggemburkan tanah.

Kalau si kecil hendak masuk kandang kelinci atau kura-kura boleh. Mau kasih makan mereka juga boleh. Sensory Park sudah menyediakan keranjang makanan untuk hewan-hewan tersebut.

6. Sensory Play

Sesuai namanya, di sini juga ada kegiatan sensory play seperti sensory bin atau bermain warna. Semua pengunjung boleh coba dan bermain sensory play yang telah disediakan. Bebas, deh, sesuai keinginan anak.


Kesan Pertama dan Tips untuk Orang Tua yang Main ke Sensory Park

Saat pertama kali datang ke Sensory Park sangat puas sekali karena memang sesuai dengan gambar atau video yang aku lihat di akun resmi @sensorypark.id. Tempatnya juga luas sekali dan punya berbagai macam fasilitas all in one.

Aku punya beberapa tips untuk teman online yang akan datang ke Sensory Park Surabaya, nih. Biar aman, lancar, jaya, dan sejahtera.

  1. Pertama, datang pagi-pagi atau sore sekalian. Tahu sendiri cuaca Surabaya cenderung panas. Kalau datang pagi menurutku jam 6 atau 7. Kalau sore bisa mulai jam 3 atau 4.
  2. Pilih yang paket all day saja karena menurutku 2 jam itu kurang. Harganya juga nggak jauh berbeda kalau ambil yang all day.
  3. Pilih pakaian anak yang longgar, tipis, dan memungkinkan untuk leluasa bergerak. Kalau si kecil pakai kaos dan celana kain katun biar saat set geraknya, serta mudah untuk dicuci.
  4. Bawa perlengkapan mandi, baju ganti, obat-obatan pribadi, dan kantong baju basah.
  5. Bawa minum air putih sendiri dari rumah dan makanan (opsional).


Gimana, nih, teman online? Seru sekali, bukan main di Sensory Park Surabaya sebagai outdoor playground yang super lengkap fasilitasnya. Jika teman online tertarik, langsung saja datang ke lokasi tanpa reservasi. Kapan lagi main-main bonus stimulasi sensorik dan motorik anak, ya, kan?


Referensi

Instagram @sensorypark.id

10 komentar

10 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • M. Rizki Riswandi, S.Kom
    M. Rizki Riswandi, S.Kom
    8 Februari 2024 pukul 23.22
    Wah, Sensory Park di Surabaya kelihatannya seru banget ya! Banyak spot bermain yang bikin anak-anak bisa eksplorasi dan belajar sambil bermain. Plus, ada kolam pasir, kolam air, dan area kebun dengan hewan peliharaan pula, pasti pengalaman yang seru banget buat anak-anak. Tipsnya juga bermanfaat banget buat persiapan sebelum main ke sana. Semoga bisa segera kesana dan merasakan serunya Sensory Park! 🌳🌟
    Reply
  • Goresan hati
    Goresan hati
    8 Februari 2024 pukul 21.10
    HTMnya lumayan ya. Tapi sebanding sih sama fasilitas yang disediakan. Cocok buat kasih pendidikan ke anak nih sambil bermain
    Reply
  • Han
    Han
    8 Februari 2024 pukul 20.41
    MasyaAllaah itu Sensory Parknyaa kalo ada di Malang udah otw aja nih besok mbaa. Jujur nemu yg kayak gini di Malang tapi ga lengkap dan pelayanannya burukkk sekali huhu.. jadi pengeeeeen ajakin anak ke sana
    Reply
  • Triani Retno A
    Triani Retno A
    8 Februari 2024 pukul 18.50
    Senangnyaaa bisa main di atas rumput. Bagus buat menstimulasi si kecil. Long wiken begini pasti jadi pilihan seru nih ke Sensory Park.
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    8 Februari 2024 pukul 17.44
    Oh.. lokasinya Mulyosari lebih ke deket ITS daripada Uner kampus C yaa..
    Bagus banget nih, rekomendasi tempat bermain sensory di Surabaya, Sensory Park by Rumah Kumbang.
    Harganya juga oke banget yaa.. Kalau rame-rame pastinya lebih seruu~
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    8 Februari 2024 pukul 13.09
    Tempat yang menyenangkan untuk si kecil belajar mengenal sesuatu yang di sini. Tinggal sesuaikan waktu kedatangan biar gak kepanasan
    Reply
  • Luluk Sobari
    Luluk Sobari
    8 Februari 2024 pukul 09.13
    Wah di Surabaya, bagus nih, kapan-kapan bisa ajak ponakan main ke sini. Kalau lihat harganya, kayaknya lebih baik ambil yang paket all day ya, jatuhnya lebih murah. Soalnya kalau lihat tempatnya, kayak 2 jam bakalan kurang.
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    8 Februari 2024 pukul 07.58
    Keren Sensory Park Surabaya ini ya, Mbak. Konsepnya yang outtdoor membuat semakin menarik. Karena anak-anak bisa sambil bermain dan kena sinar matahari. Jadi semakin sehat. Terus beragam permainan juga. Anak-anak jadi semakin semangat. 2 jam pastinya tidak akan terasa.
    Reply
  • Yonal Regen
    Yonal Regen
    8 Februari 2024 pukul 06.03
    arena permainannya lumayan lengkap juga, ya. Tidak rugi dengan harga seratus ribuan untuk bisa mAsuk ke sini, sepertinya anak-anak akan happy sekali menfhabiskan waktunya sepanjang hari di sini
    Reply
  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin
    8 Februari 2024 pukul 05.51
    Wahh jam 6 pagi udah buka Kak? Kalau ke Sby lagi wsjib dijadwalkan ke sana. Cocok tuh sensory park Ama Saladin yg geraak terus..jadi dia bisa menyalurkan energi ke sana. Hargs tiket juga cukup terjangkau.
    Reply