Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

7 Furniture Dekorasi Ruang Keluarga Minimalis dan Cozy

Dekoruma

Halo teman online! Menurut kalian, bagian rumah mana yang punya banyak kenangan? Kalau aku, sih, ruang keluarga. Apalagi kalau dekorasi ruang keluarga itu terasa nyaman, cozy, dan homey. Rasanya bakal betah seharian di rumah.

Nah, biar teman online juga betah nimbrung di ruangan keluarga, aku punya beberapa rekomendasi produk furniture untuk dekorasi ruang keluarga minimalis modern. Apa saja itu? Yuk, mari kita kumpul!


Tips Menata Dekorasi Ruang Keluarga yang Nyaman

Sebelum menentukan akan menggunakan produk furniture dekorasi ruang keluarga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar ruangan bisa terasa nyaman. Beberapa tips ini aku dapatkan dari teman yang kuliah di jurusan desain interior.

1. Pencahayaan yang Cukup

Pertama adalah pencahayaan yang cukup. Pastikan ruangan mendapatkan cahaya yang cukup agar terang, sehingga menimbulkan kesan yang menenangkan.

Gunakan lampu yang terang, minimal bisa menerangi seluruh bagian ruangan keluarga. Bisa juga dari awal membangun rumah sudah membuat jendela yang cukup untuk ruangan keluarga.

2. Perpaduan Warna yang Sesuai

Jika teman online ingin menimbulkan kesan hangat dan menenangkan pada ruang keluarga, bisa gunakan warna-warna netral atau pastel. Kamu bisa menerapkan warna-warna tersebut pada sofa, karpet, gorden, dan atau komponen dekorasi ruang keluarga lainnya.

Dekorasi ruang keluarga
Sumber gambar: Pinterest

3. Pemilihan Furniture 

Ruang keluarga agar tampak nyaman membutuhkan furniture yang sesuai. Mulai dari posisi furniture yang mempengaruhi kenyamanan ruang tempat kumpul keluarga.

Selanjutnya tema warna furniture juga sebaiknya sesuai dengan desain interior. Misalnya ingin ruangan keluarga yang minimalis, maka pilih warna furniture putih, pastel, abu-abu, atau earth tone.

4. Menciptakan Kesan Luas

Bagi pemilik rumah minimalis atau ukuran tidak terlalu besar, ternyata bisa, loh, tetap menciptakan kesan luas untuk ruang keluarga. Caranya dengan menggunakan furniture dekorasi ruang keluarga secukupnya.

Selain itu, teman online bisa memilih warna putih untuk dinding dan lantai karena secara psikologis memberikan kesan luas. Memasang cermin di tengah ruangan juga bisa jadi pilihan untuk menciptakan kesan luas.

5. Sirkulasi Udara yang Cukup

Sirkulasi udara juga memiliki peranan penting dalam ruangan keluarga. Jika sirkulasi udara kurang, bisa menciptakan suasana pengap yang pastinya membuat tidak nyaman. Oleh karena itu, teman online bisa cek apakah ventilasi udara di ruang keluarga sudah ada, serta cukup untuk memberikan aliran udara segar.


Produk Dekorasi Ruang Keluarga, Beri Kesan Minimalis Nan Cozy

Nah, teman online sudah paham, kan? Bagaimana menciptakan ruang keluarga yang nyaman? Selanjutnya, aku ada beberapa rekomendasi produk furniture untuk mendukung kenyamanan ruang kumpul keluarga.

1. Sofa Gaya Skandinavian

Dekorasi ruang keluarga
Sumber gambar: pinterest/ArtFacade

Produk furniture yang menurutku nggak boleh ketinggalan untuk dekorasi ruang keluarga adalah sofa. Teman online bisa coba sofa gaya Skandinavian untuk menimbulkan kesan minimalis, homey, dan cozy.

Sofa gaya Skandinavian memiliki ciri khas warna netral, soft, dan memiliki garis sederhana. Konsep skandinavian juga menekankan pada fungsi optimal furniture itu sendiri sebagai bagian dari dekorasi.

Dekoruma Official

Contohnya adalah produk sofa Skandinavian minimalis berwarna beige dari Dekoruma berikut ini. Warna sofa ini menimbulkan kesan natural.

Bagian sofa bisa diatur sedemikian rupa, sehingga bisa untuk duduk santai atau selonjor. Sesuai dengan konsep Skandinavian yang mengoptimalkan fungsi furniture itu sendiri.

2. Karpet

Ruang Keluarga
Sumber gambar: pinterest

Produk selanjutnya yang cocok untuk ruangan keluarga adalah karpet. Tidak perlu karpet ukuran besar, tapi karpet mini yang bisa dipasang di dekat sofa.

Selain untuk mempercantik ruangan, karpet ini juga memiliki fungsi sebagai alas duduk. Terutama dalam ruang keluarga lesehan.

Ruang keluarga minimalis modern
Sumber gambar: shopee Dekoruma.com Official Shop

Rekomendasi karpet yang menurutku cocok untuk konsep ruang keluarga minimalis modern adalah karpet putih. Ukurannya tidak terlalu besar, jadi cocok untuk diletakkan di depan sofa. 

3. Meja TV

Dekorasi ruang keluarga
Sumber gambar: pinterest

Ruang keluarga kurang lengkap rasanya jika tidak ada televisi. Kadang, aktivitas menonton bersama keluarga bisa sangat seru dan mengasyikkan.

Biasanya, teman online butuh suatu meja untuk meletakkan televisi. Supaya dekorasi ruangan bisa lebih cantik, pilih meja khusus TV yang juga memiliki fungsi lain sebagai laci atau rak barang.

Ruang keluarga minimalis modern
Sumber gambar: shopee Dekoruma.com Official Shop

Meja TV seperti itu membuat ruangan jadi lebih tertata, rapi, minimalis, tapi tetap terlihat modern. Kalau teman online memiliki televisi layar datar yang instalasi di dinding, bisa skip produk ini.

4. Meja Kecil

Ruang keluarga
Sumber gambar: pinterest

Rekomendasi furniture selanjutnya adalah meja kecil untuk diletakkan di depan sofa. Namun, teman online bisa skip produk ini jika ruang keluarga cukup sempit.

Furniture meja kecil memiliki fungsi untuk meletakkan camilan, minuman, atau hiasan yang bisa mempercantik ruangan. Selain itu juga bisa membuat nyaman anggota keluarga yang lesehan di bawah.

Dekorasi ruang keluarga
Sumber gambar: Dekoruma.com

Meja kayu kecil dari Dekoruma ini bisa jadi pilihan untuk dekorasi ruang keluarga. Kesan natural dari kayu cocok dengan sofa gaya Skandinavian sebelumnya.

Apalagi furniture kayu biasanya lebih awet, kokoh, dan mudah dipadu padankan dengan warna lain. Jadi, teman online lebih muda berkreasi.

5. Rak Buku

Dekorasi ruang keluarga
Sumber gambar: pinterest

Bagi teman online yang memiliki bocil di rumah, bisa mempertimbangkan untuk menambah furniture rak buku dalam ruang keluarga. Biar fungsinya lebih optimal, bisa pilih rak serbaguna untuk meletakkan buku atau mainan anak.

Rak buku ruangan keluarga
Sumber gambar: Dekoruma.com

Rak kayu serbaguna ini menurutku cocok untuk diletakkan di ruangan keluarga. Anak bisa mainan atau membaca buku di ruang keluarga.

Hal ini tentu juga bisa merekatkan bonding antar anggota keluarga. Bayangkan, deh, ruangan keluarga yang bisa jadi tempat santai seluruh keluarga. Pasti nyaman banget!

6. Bantal Sofa

Dekorasi untuk ruangan keluarga
Sumber gambar: pinterest

Bantal sofa juga jadi aksesoris dalam dekorasi ruang keluarga yang tidak boleh ketinggalan. Kebayang, kan, bagaimana nikmat dan nyamannya ruang keluarga dengan beberapa bantal di sofa?

Ruangan keluarga
Sumber gambar: shopee Dekoruma Aksesoris

Teman online bisa cek berbagai pilihan bantal sofa di Dekoruma Aksesoris. Tuh, lihat, bantalnya banyak pilihan, kan?

Pastinya bakal bikin sofa makin nyaman. Ditambah lagi juga bakal bikin “pewe” model ruang keluarga lesehan.

7. Hiasan

Dekorasi ruang keluarga
Sumber gambar: pinterest

Salah satu item dalam dekorasi ruangan yang juga nggak boleh ketinggalan adalah hiasan atau komponen tambahan. Misalnya lukisan dinding, rak dinding, tanaman, atau bunga hias.

Adanya komponen tambahan bisa menambah kesan cantik, nyaman, dan cozy. Terlebih lagi jika dipadukan dengan gaya Skandinavian yang minimalis, aduh, pasti cantik sekali!

Ruang keluarga
Sumber: shopee Dekoruma Aksesoris

Teman online bisa coba aksesoris bunga-bunga artificial beserta vas di Dekoruma Aksesoris. Pilihannya banyak, warnanya juga cocok sebagai pemanis ruangan minimalis nan cozy.


Pilih Furniture Ruang Keluarga di Dekoruma

Gimana, teman online? Sudah memiliki inspirasi produk furniture mana untuk menata ruang keluarga agar nyaman, homey, dan cozy?

Kalau aku suka belanja furniture di Dekoruma. Teman online bisa cek berbagai produk furniture minimalis untuk ruang keluarga di Shopee Dekoruma.com Official Shop atau Blibli Dekoruma.

Nah, kalau belanja printilan  atau komponen tambahan untuk dekorasi ruang keluarga secara online bisa cek juga di Shopee Dekoruma Aksesoris.


Referensi

https://dekoruma.com/

https://interiordesign.id/mengenal-sofa-scandinavian-kelebihan-kekurangan-hingga-inspirasi-desain/

https://eticon.co.id/tips-menata-ruang-keluarga/


15 komentar

15 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Nurul Fitri Fatkhani
    Nurul Fitri Fatkhani
    24 Maret 2024 pukul 22.15
    Lihat penataan furniture dan dekorasi ruangannya kelihatan nyaman, cozy, dan homey. Rasanya bakal betah seharian di rumah, deh!
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    24 Maret 2024 pukul 21.52
    Aih keren banget itu rak buku yg kedua. Kebetulan saya juga punya warna putih hanya yg agak kecil. Jadi buat naruh helm di ruang depan. Hehehe, bukan buat simpan buku
    Reply
  • Triani Retno A
    Triani Retno A
    24 Maret 2024 pukul 19.48
    Nah, iya. Kalau punya bocil harus ada pertimbangan ekstra dalam memilih furnitur demi kenyamanan dan keamanan.
    Reply
  • rejekingalir.com
    rejekingalir.com
    24 Maret 2024 pukul 14.49
    Kalau tampak luas gitu memang bikin nyaman hunian, karena tetkesannya gak engap
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    24 Maret 2024 pukul 14.48
    Gaya skandinavian ini emg simple bgt tp elegan ya kak. Semua furniture yang kita taruh di sana pas bgt dgn fungsinya. Jd ga mubazir dan ga penuh2in ruangan. Ntar aku cari furniture di Dekoruma ahh. Cakep2 bgt furniturenya.
    Reply
  • hani
    hani
    22 Maret 2024 pukul 14.45
    Kalau lihat penataan interior dan furnitur yang rapi plus cantik gini, auto pengen bebenah rumah deh. Cantik banget yg model Skandinavian tuh...
    Reply
  • Lita Lestianti
    Lita Lestianti
    12 Maret 2024 pukul 23.09
    Nyenengin deh lihatnya. Pengen juga punya pojok ruangan yang asyik dilihat kayak gitu.. warnanya kalem terus minimalis untuk beberapa desain
    Reply
  • Han
    Han
    12 Maret 2024 pukul 22.10
    Aku juga cocok banget sama desain dan harganya Dekoruma hehehe cuman inii sihh misalnya ada barang yg ready dan langsung bisa diantar selambatnya h+1 gitu bakal lebih jatuh cinta akuh hihi
    Reply
  • Lintang
    Lintang
    12 Maret 2024 pukul 15.58
    Iya sih sama, kalau aku juga ruang keluarga yang berkesan dan menjadi saksi semua kejadian di keluarga. Jelas aja menyimpan banyak banget kenangan. Meskipun ruang keluargaku juga minimalis bingits wkwk.
    Jelas aja aku ngga banyak menggunakan furniture karena terbatas ruangnya, warnanya juga earth tone. Aku juga memadukan dengan sofa Skandinavian warna abu. Ada rak buku juga hehe.
    Reply
  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro
    12 Maret 2024 pukul 14.09
    Pencahayaan yang cukup memang hal yang paling diperlukan untuk ruang keluarga. Biar tetap terasa hangat dan menyenangkan saat kumpul keluarga. Dan nggak mudah lembab
    Reply
  • Luluk Sobari
    Luluk Sobari
    12 Maret 2024 pukul 13.54
    Lengkap banget pembahasannya. Semua aspek untuk pengaturan ruang kekuarga dibahas. Sebagai orang yang mengaku minimalis, saya jadi mupeng sama foto-fototnya.
    Reply
  • Nurul Mutiara R.A
    Nurul Mutiara R.A
    12 Maret 2024 pukul 13.19
    Kalau di ruang tamu, furnitur dengan warna ceria bisa bikin suasana jadi lebih baik. Suka kalau banyak furnitur kayak gitu mbak. Cuma memang perlu nyiapin budget biar tinggal Sat-set kalau beli hehe
    Reply
  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin
    12 Maret 2024 pukul 11.19
    Wahh dekornya cakep-cakep nih. Bisa jadi inspirasi untuk re-decorate ruang keluarga di rumahku. Setujuu Mbak kalau ruang keluarga harus terang dan sirkulasi udaranya juga wajib diperhatikan biar gak pengap.
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    12 Maret 2024 pukul 10.19
    Impian banget bisa mendekorasi ulang rumah dengan gaya minimalis
    Skandinavian sih pengennya
    Semoga ada rezeki jadi bisa deh mewujudkan impian
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    12 Maret 2024 pukul 09.26
    Ruang keluarga memang paling banyak kenangannya. Kumpul bersama keluarga, juga nonton bareng. Termasuk kalau ada acara arisan keluarga atau idul fitri. Makanya terkadang ruang keluarga justru lebih luas dari ruang tamu. Jaid tinggal disesuaikan saja ya, bagaimana dekorasinya. Dan saya setuju, pencahayaan dan udara harus nomor satu. Jadi biasanya ruang keluarga ada jendela yang besar, bahkan berhadapan dengan raman.
    Reply