Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Proses Fermentasi Eco Enzyme: Pengamatan 1 Bulan

Pengamatan Fermentasi Eco Enzyme

Mengolah sampah buah menjadi eco enzyme ternyata bisa jadi suatu kegiatan yang menyenangkan bagiku. Terutama saat mengamati proses fermentasi selama 1 bulan ini. Mungkin karena saya dulu terbiasa jadi mahasiswa jurusan Kimia, jadi sangat excited dalam mengamati prosesnya.

Proses fermentasi eco enzyme berlangsung kurang lebih 3 bulan. Nah, fase-fase yang memerlukan perhatian khusus biasanya ada di 1-2 minggu pertama. Sisanya cek saja 3-4 minggu sekali.

Kali ini saya akan berbagi hasil pengamatan eco enzyme dari sampah buah yang berbeda-beda selama 1 bulan. Tujuan saya berbagi hasil pengamatan ini agar orang lain ada gambaran saat memutuskan akan membuat eco enzyme. 


Variasi Fermentasi Eco Enzyme Buatanku

Selama lebaran kemarin banyak sekali sampah buah di rumah sisa suguhan ke tamu. Ada yang berupa kulit buah atau bagian buah yang tidak habis.

Dari semua sampah buah ada 3 wadah berisi fermentasi eco enzyme. 1 wadah saya coba beri perlakuan khusus untuk coba mendapatkan mama enzyme, sementara itu 2 wadah lainnya saya biarkan sesuai prosedur pembuatan eco enzyme.

Eco Enzyme 1 

Di wadah 1, saya beri nama EE1 merupakan fermentasi eco enzyme yang saya beri perlakuan khusus. Sampah buah yang digunakan dalam EE1 adalah pepaya, belimbing, sereh, daun pandan).

Eco Enzyme 2 

Di wadah 2, saya beri nama EE2, merupakan fermentasi eco enzyme biasa yang dirancang hasilnya lebih wangi dengan adanya kulit jeruk. Sampah buah yang digunakan dalam EE2 adalah jeruk santang, buah naga, apel, dan semangka.

Eco Enzyme 3 

Di wadah 3, saya beri nama EE3, merupakan fermentasi eco enzyme biasa yang juga dirancang hasilnya lebih wangi dengan adanya kulit jeruk dan sereh. Sampah buah yang digunakan dalam EE2 adalah jeruk santang, jeruk nipis, sereh, apel, dan semangka.


Pengamatan Fermentasi Eco Enzyme Selama 1 Minggu

Cara membuat eco enzyme
Dari kiri ke kanan: EE1, EE2, EE3 usia 1 minggu (sumber:dok.Pri)

Minggu pertama dalam proses fermentasi eco enzyme biasanya membutuhkan perhatian ekstra. Wadah mesti dibuka sehari sekali untuk mengeluarkan gas. Jika masih nekat menggunakan botol, biasanya harus sering-sering dibuka agar tidak meletup.

Bentuk

Setelah seminggu, muncul semacam lapisan jamur putih di permukaan atas EE1, EE2, dan EE3. Di bagian bawah juga terdapat endapan.

Beberapa bagian sampah buah ada yang muncul di permukaan. Sebisa mungkin diaduk untuk menghindari pembusukan bagian sampah buah yang mengambang.

Bau

Fermentasi EE1 berbau asam tapi segar, mirip bau tapai. Sementara itu, fermentasi EE2 berbau lebih ke wangi jeruk segar. Kalau larutan EE3 lebih wangi lagi karena ada campuran kulit jeruk dan sereh.

Warna

Cairan EE1 dan EE3 berwarna kecoklatan. Berbeda dari kedua cairan lainnya, cairan EE2 berwarna merah. Hal itu karena adanya kulit buah naga merah yang menyebabkan cairan EE2 berwarna kemerahan.

Gelembung gas

Gelembung gas biasanya mulai muncul sejak hari kedua. Semakin hari frekuensinya semakin intens.

Kalau pakai botol, rawan luber atau meletup saat tutup botol dibuka. Kalau pakai wadah dengan mulut lebar, paling hanya muncul gelembung gas di permukaan atas calon eco enzyme.


Pengamatan Fermentasi Eco Enzyme Selama 2 Minggu

Membuat eco enzyme
Dari kiri ke kanan: EE1, EE2, EE3 usia 2 minggu (sumber:dok.Pri)

Minggu kedua fermentasi eco enzyme agak slow daripada minggu pertama. Kalau menurut beberapa tutorial, minggu kedua adalah puncak fermentasi yang menghasilkan alkohol.

Bentuk

Setelah dua minggu, muncul lapisan putih di permukaan EE1, EE2, dan EE3 yang semakin tebal. Karena masih ada beberapa sampah buah yang muncul di permukaan, saya kembali mengaduk pelan cairan calon eco enzyme.

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, saya coba beri perlakuan khusus pada EE1 dengan menambahkan sekitar 5-10% cairan gula merah dari takaran awal setelah 2 minggu. Saya coba buktikan pengamatan dari pegiat eco enzyme untuk mendapatkan mama enzyme.

Bau

Bau cairan EE1 sangat mirip dengan fermentasi tapai yang sedang masak-masaknya. Kuat, tetapi segar. Bau cairan EE2 dan EE3 mirip fermentasi tapai, tapi lebih dominan wangi khas jeruk yang segar.

Warna

Warna cairan EE1 dan EE3 lebih ke cokelat muda. Sementara itu warna cairan EE2 cenderung lebih pudar dari warna merah di awal.

Gelembung Gas

Gelembung gas semakin banyak mulai dari hari ke 7, hingga hari ke 9 atau 10. Setelah itu mulai reda, tapi bagian wadah plastik seperti berembun.


Pengamatan Fermentasi Eco Enzyme Selama 3-4 Minggu

Fermentasi eco enzyme
Dari kiri ke kanan: EE1, EE2, EE3 usia 1 bulan (sumber:dok.Pri)

Pembuatan ketiga eco enzyme tidak bersamaan. Jadi EE1 sudah berusia 1 bulan, sedangkan EE2 dan EE3 baru berusia 3 minggu.

Bentuk

Setelah penambahan gula cair apada EE1, pada H+1 kembali muncul banyak gelembung udara sera lapisan putih. Di H+2, gelembung udara mulai mereda dan muncul semacam lapisan jamur putih di permukaan cairan. Makin lama, makin banyak dalam waktu 2 minggu atau total 4 minggu sejak awal dibuat.

Lapisan putih di permukaan EE2 dan EE3 juga makin banyak. Hanya saja, lapisan putih di permukaan EE2 cenderung lebih sedikit.

Bau

Bau EE1, EE2, dan EE3 sudah tidak sekuat saat minggu kedua. Wanginya makin segar, apalagi EE2 dan EE3 yang punya aroma khas jeruk. Mungkin karena fermentasi kerbohidrat menjadi alkohol telah selesai di bulan pertama.

Warna

Warna cairan EE1 dan EE3 masih cokelat muda. Warna cairan EE3 juga masih berwarna merah pudar.

Gelembung Gas

Gelembung gas hampir tidak ada lagi. Baik pada fermentasi EE1, EE2, dan EE3.


Penutup

Seperti itu pengamatan fermentasi eco enzyme di bulan pertama. Saat itu masih proses fermentasi karbohidrat dalam sampah buah menjadi alkohol. Di bulan kedua, nantinya alkohol ini kembali diurai menjadi asam asetat oleh mikroorganisme. Simak terus perkembangan proses fermentasi eco enzyme di sini. Siapa tahu kamu akan tertarik nantinya ^^.


Referensi

Observasi pribadi

Eco Enzyme Nusantara

18 komentar

18 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani
    7 Juli 2023 pukul 21.21
    wah sampahnya jadi bermanfaat ya? Baunya enggak mengganggu ya? Berasa jadi mahasiswa lagi kalo kayak gini, bikin laporan praktikum...
    Reply
  • M. Rizki Riswandi, S.Kom
    M. Rizki Riswandi, S.Kom
    7 Juli 2023 pukul 18.45
    Wah niat banget ya kak melakukan pengamatan proses fermentasi eco enzyme, bahkan sampe dalam waktu sebulan. Penjelasan tentang prosesnya juga bagus banget dan mudah dimengerti. Thanks ya mbak.
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    7 Juli 2023 pukul 06.55
    Salam kenal sebagai sesama anak Kimia, kak Anggita.
    Aku kemarin pas ngobrol ama Alfi, diceritain kalau kak Anggita kakak kelasnya. Hihi.. dan sekarang terbukti dengan menuliskan hasil pengamatan proses fermentasi eco enzyme, jadi membuka lembaran praktikum zaman kuliah dulu ya.. Laporan praktikum setelah dasar teori, alat dan bahan serta cara kerja praktikum. HIhihi~

    Blog yang bisa menjadi panduan bagi yang ingin mencoba proses fermentasi eco enzyme.
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    7 Juli 2023 pukul 01.47
    menarik banget ya mengamati proses fermentasi eco enzyme, saya juga lulusan kimia jadi suka juga mengatai hal-hal seperti ini. share juga cara bikin ferementasi sco enzyme ini kak, saya juga pengen nyobain dirumah. aku bookmark nih artikek kakak yang ini.
    Reply
  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh
    6 Juli 2023 pukul 22.49
    wah tertarik aku :) ternyata masih bisa bermanfaat ya, semoga bisa mengingatkan kita biar gak mubadzir sama makanan nih
    Reply
  • Han
    Han
    6 Juli 2023 pukul 21.10
    Mauuu belajar bikin ginian mba Anggi huhu, soalnya di aku tuh sampah masih jarang bangett didatengin tukang sampah, jadi numpuk dan lalat pada dataang. HUuhu nasibb rumah ngga ikutan kampung kayak dulu di rumah ibu. Jadi kalo pake eco enzyme gini kayaknya bakal lebih banyak terbantuu
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    6 Juli 2023 pukul 20.31
    Pantesan aku dulu buat enzyme kayak gini botolnya ku tutup rapat. Untung aja ga meletup. Tp bau gasnya ampe bikin aku mual kak.

    Btw, kalo enzymenya diisi sampah acak aja bokeh ga sih? Aku penasaran mau bikin kayak gini. Soalnya biasanya ya aku huang aja ke tanah di pekarangan rumah biar jd kompos.
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    6 Juli 2023 pukul 19.36
    Siap nyimak kelanjutannya
    Eco enzym ini sebenarnya bikin penasaran. Cuma masih rada takut mau coba, karena daku ada alergi sama bau menyengat.
    Reply
  • Lintang
    Lintang
    6 Juli 2023 pukul 18.41
    Baca tulisan ini kek baca laporan praktikum jaman kuliah hehehe. Berarti emang meskipun di fermentasi lama juga ngga bau yhaa. Malah kaya fermentasi tapai gitu tetep aroma jeruk ya. Aku juga pernah bikin, dulu buat pel lantai sih.
    Ditunggu nih hasil panennya. Good luck mba!
    Reply
  • Yonal Regen
    Yonal Regen
    6 Juli 2023 pukul 09.30
    Ditangan orang yang tepat, sampah organik bisa menjadi sesuatu yang berguna, seperti eco enzim ini. Salah satunya memang harus telaten dan sabar ya. Kalau ga sabar, apa kabar harus nunggu 3 bulan sampai bisa digunakan
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    6 Juli 2023 pukul 07.33
    Sebenarnya, sayang juga kalau ada yang tidak menghabiskan buahnya ya, Mbak. Dan akhirnya dibuang. Tapi syukurlag bisa kembali difermentasikan. Jadi tidak sabar menunggu perkembangan selanjutnya dari permentasi Eco Enzyme ini, Mbak. Apalagi baru sebulan saja sudah mengeluarkan aroma-aroma wangi.
    Reply
  • Deeva Collection
    Deeva Collection
    6 Juli 2023 pukul 07.00
    Eco enzym bikin hidup lebih bermakna, dan pastinya ikut menjaga lingkungan dan kesehatan. Dari eco enzym bisa berbuah kebaikan lain untuk rumah dan sekitar. Perlu dimasifkan gerakan seperti ini, Kak.
    Reply
  • Indra DP
    Indra DP
    5 Juli 2023 pukul 19.08
    Seru juga ya melakukan eksperimen sendiri. Proses hasilnya jadi penasaran hehehe. Btw itu nanti hasil fermentasi dibuat apa mba?
    Reply
  • Kyndaerim
    Kyndaerim
    5 Juli 2023 pukul 11.00
    Menarik sekali pengamatannya, Mbak. Pengen nyobain segernya wangi EE3 akutuh. Kucatet dulu coba kemudian, boleh? Xixixi..
    Reply
  • Deeva Collection
    Deeva Collection
    5 Juli 2023 pukul 09.14
    Wah, mb Anggita keren deh, sampai melakukan observasi seperti ini. Buat eco enzym memang butuh proses oanjang dan kesabaran ya, mbak. Tapi hasilnya sangat memberikan manfaat. Boleh nih dicoba nanti
    Reply
  • kaladianraharja
    kaladianraharja
    30 Mei 2023 pukul 07.55
    saya senang pakai eco enzym untuk pel lantai. Lebih segar
    • kaladianraharja
      Muhammad Zaini
      6 Juli 2023 pukul 08.19
      Kukira Eco Enzyme ini untuk pupuk tanaman. Untuk aroma-aroma ya?
    • kaladianraharja
      ANGGITA RAMANI
      6 Juli 2023 pukul 15.02
      Bisa untuk pupuk kak, cuma memang eco enzyme kan punya aroma khas. Bisa ditambah bahan aromatik agar punya wangi segar.
    Reply