Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Atasi Gatal Akibat Dermatitis Atopik Pada Anak dengan ATOPICLAIR

Atasi gatal akibat dermatitis atopik

Teman online setuju, nggak, sih, kalau salah satu hal yang membuat hati seorang ibu begitu potek adalah ketika si kecil sakit? Apalagi kalau sakitnya itu berulang seperti dermatitis atopik pada anak.

Aduh, nano-nano sekali rasanya. Selain membuat si kecil bisa rewel seharian, susah sekali untuk mengontrol agar si kecil tidak menggaruk kulit. Alhasil, selalu ada luka lecet saat dermatitis atopik si kecil kambuh.

Untungnya, aku menemukan rekomendasi produk ATOPICLAIR untuk mengatasi gatal akibat dermatitis atopik pada anak tanpa kandungan steroid. Seperti apa produknya? Begini pengalamanku mengatasi dermatitis atopik si kecil yang sedang kambuh dengan ATOPICLAIR.


Ruam yang Aku Kira Biang Keringat, Ternyata Dermatitis Atopik

Semuanya berawal dari munculnya ruam merah dengan sedikit bentol-bentol kecil berair di pipi si kecil. Saat itu aku baru saja melahirkan si kecil di rumah sakit, lalu pulang 2 hari setelahnya.

Pada mulanya aku kira semacam biang keringat karena memang di rumah kami tidak memakai AC seperti di rumah sakit. Dokter anak pun menyarankan untuk memberi si kecil lotion atau krim pelembab kulit bayi.

Awalnya bisa sembuh, meskipun agak lama, dan sedikit drama rewel ala newborn. Namun, setiap kurun waktu tertentu, tiba-tiba ruam merah dengan sedikit bintik-bintik bening berair itu muncul kembali.

Setelah dokter observasi, ternyata si kecil mengalami apa yang secara medis disebut sebagai dermatitis atopik ringan. Sebagai ibu baru saat itu, aku pun bertanya-tanya, penyakit kulit seperti apa, sih, dermatitis atopik itu?

Apa itu Dermatitis Atopik?

Dulu, aku hanya mengerti kalau ruam dan berbintik itu namanya biang keringat. Ternyata, biang keringat dan dermatitis atopik itu berbeda.

Dokumentasi dermatitis atopik si kecil pada pipi
Dokumentasi dermatitis atopik si kecil pada pipi

Mengutip dari Klikdokter, dermatitis atopik atau dikenal sebagai eksim merupakan suatu kondisi kulit mengalami peradangan. Cirinya muncul ruam kemerahan, gatal, dan bintik merah berisi cairan. Kondisi peradangan ini dapat kambuh dalam jangka waktu berulang, bahkan bertahun-tahun.

Sementara itu, biang keringat muncul akibat proses penyerapan keringat pada yang belum sempurna. Biang keringat hanya muncul di saat tertentu saja, tidak berulang, dan tidak menahun.

Dermatitis atopik sering muncul pada area kulit yang memiliki seperti dahi, pipi, sisi leher, dalam siku, belakang lutut, dan area selangkangan. Biang keringat muncul di area kulit dengan produksi keringat berlebih saja.

Penyebab Si Kecil Terkena Dermatitis Atopik

Berbeda dengan biang keringat yang disebabkan oleh produksi keringat berlebih, dermatitis atopik disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari makanan, allergen non makanan (debu, parfum, sabun, dll.), dan cuaca ekstrem.

Kata dokter anak saat itu, penyebab si kecil terkena dermatitis atopik kemungkinan besar adalah debu dan cuaca panas yang ekstrem. Hal ini baru bisa disimpulkan setelah observasi saat beberapa kali dermatitis atopik si kecil kambuh.

Dokter juga menjelaskan biasanya dermatitis atopik ringan akan hilang seiring si kecil tumbuh besar. Namun, harus diimbangi dengan perawatan kulit, menggunakan produk tepat untuk mencegah dermatitis atopik kambuh, serta menjaga kebersihan sekitar.


Cuaca Ekstrem Sebabkan Dermatitis Atopik Si Kecil Kambuh Lagi

Dermatitis atopik pada anak

Dermatitis atopik pada anak memang belum bisa dihentikan secara mutlak. Pasti ada masa-masa kambuh berulang ketika pemicu dermatitis atopik muncul.

Contohnya seperti cuaca panas yang saat ini sangat ekstrem. Dermatitis atopik pada si kecil pun kambuh lagi.

Diawali dengan si kecil yang tiba-tiba mulai menggaruk-garuk bagian pipi, serta leher. Lalu, muncul ruam merah dan bintik-bintik kecil kemerahan yang berisi cairan.

Kalau dibiarkan, nanti bisa semakin parah, bahkan lecet sampai berdarah. Hal ini karena anak kecil belum punya kontrol sebab-akibat. Kalau terasa gatal ya digaruk aja terus.

Setelah itu, si kecil bakal auto rewel seharian. Nah, sebelum itu terjadi, aku langsung oleskan ATOPICLAIR ke bagian tubuh si kecil yang tampak kemerahan.

Selain itu, aku melakukan beberapa tindakan seperti mengganti handuk sesering mungkin, mengoleskan lotion ATOPICLAIR untuk menjaga kelembapan, memberi air minum sebanyak mungkin, dan menghindari kegiatan outdoor untuk sementara waktu.


Mengatasi Dermatitis Atopik Anak dengan ATOPICLAIR Cream dan Lotion

Kenapa, memilih ATOPICLAIR untuk mengatasi dermatitis atopik pada anak?"

Dermatitis atopik pada anak

Seperti yang sudah dijelaskan dokter anak yang dulu merawat si kecil, produk pelembab anak tanpa steroid adalah kunci untuk membantu atasi dermatitis atopik. 

ATOPICLAIR aku pilih karena bebas steroid berdasarkan penelitian Zhai dkk. (2003), serta bekerja dengan memperbaiki, melindungi, dan meredakan gejala dermatitis atopik atau saat kambuh.

Kandungan bahan ATOPICLAIR juga aman untuk anak sejak usia 1 bulan sebagai berikut:

  • Shea Butter dan Hyaluronic Acid yang bekerja untuk memperbaiki fungsi skin barrier kulit anak, serta menghidrasi kulit anak secara kuat.
  • Vitis Vinivera (grapefine), Telmesteine, serta Vitamin C dan E untuk melindungi fungsi skin barrier melalui kerja antioksidan yang kuat.
  • Glycyrhetinic Acid bermanfaat meredakan rasa gatal, serta sensasi terbakar melalui kerja antipruritus dan anti inflamasi yang efektif.

Nah, kandungan bahan utamanya sangat ramah di kulit anak, kan? Makanya aku memilih ATOPICLAIR untuk melawan monster gatal di kulit si kecil. Begini Langkah yang aku lakukan bersama ATOPICLAIR sebagai terapi tunggal pada kekambuhan dermatitis atopik ringan si kecil.

1. Saat Dermatitis Atopik Kambuh, oleskan ATOPICLAIR Cream

Saat dermatitis atopik si kecil kambuh, pertama aku bersihkan dulu bagian tubuh yang mulai ruam dari keringat dan kotoran. Setelah itu aku keringkan dengan handuk bersih khusus.

Baru setelah itu aku oleskan ATOPICLAIR Cream 3 kali sehari. Oh, iya, produk ini harus disimpan pada suhu di bawah 25⁰ C. Kalau aku menyimpan di kulkas khusus skincare dan obat karena rumahku tidak menggunakan AC.

Dermatitis atopik pada anak

Setelah diberi krim dari ATOPICLAIR, frekuensi si kecil untuk menggaruk mulai reda. Si kecil pun tampak lebih nyaman beraktivitas. 

Kemasan ATOPICLAIR Cream berupa tube berukuran 40 mL. Teksturnya kental seperti krim, berwarna krem agak pink, tidak lengket, terasa dingin di kulit, dan mudah meresap saat dioleskan ke kulit anak.

2. Jaga Agar Tidak Kambuh dengan ATOPICLAIR Lotion

Selain menggunakan ATOPICLAIR Cream, aku juga mengoleskan ATOPICLAIR Lotion setiap selesai mandi. Fungsinya untuk mencegah kambuh, serta menjaga kelembaban kulit anak di tengah cuaca ekstrem sebagai penyebab kekambuhan.

Dermatitis atopik pada anak

Kemasan ATOPICLAIR Lotion berbentuk botol berwarna putih dengan tutup ulir dan lubang di atasnya. Jadi saat ingin mengeluarkan lotion, cukup putar tutup botol sampai lubang di atas terlihat, lalu pencet bagian badan botol.

Tekstur ATOPICLAIR lotion sedikit lebih cair dibandingkan cream. Warnanya putih, tidak berbau, lembut di kulit, dan cepat meresap.

3. Kelebihan ATOPICLAIR

Selain kandungan bahan utama yang sangat bagus untuk kulit anak, ATOPICLAIR juga memiliki kelebihan seperti:

  • Meredakan rasa gatal saat dermatitis atopik dengan cepat kurang dari 3 menit
  • Mengembalikan kesehatan skin barrier, serta menghidrasi kulit anak hingga 72 jam
  • Mengandung hypoallergenic formula, bebas paraben, dan pewangi
Berikut hasil pemakaian rutin ATOPICLAIR Cream dan Lotion di kulit si kecil saat kambuh. Tampak bahwa ruam, serta bintik-bintik merah di pipi si kecil mereda.

Dermatitis atopik pada anak

Selain memberikan pengobatan tunggal dengan ATOPICLAIR Cream dan Lotion untuk mengatasi dermatitis atopik ringan pada si kecil, teman online juga bisa menggunakannya dengan preparat tropikal yang diresepkan dokter. Jadi, teman online bisa konsultasi dulu dengan dokter, ya.


Tips Menjaga Kulit Anak Agar Dermatitis Atopik Tidak Semakin Parah atau Kambuh 

Tips atasi dermatitis atopik pada anak

Satu hal penting yang harus diperhatikan oleh orang tua dengan anak yang memiliki dermatitis atopik adalah menjaga kulit anak. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit anak agar dermatitis atopik tidak semakin parah atau kambuh.

1. Jaga Kelembaban Kulit Anak

  • Pilih sabun mandi khusus anak tanpa pewangi dan SLS
  • Jangan lupa oleskan ATOPICLAIR Lotion untuk memberikan kelembaban ekstra.
  • Jika si kecil masih mandi air hangat, usahakan jangan terlalu lama

2. Jaga Kebersihan di Sekitar Anak

  • Ganti handuk 3-4 hari sekali
  • Potong kuku anak secara rutin
  • Bersihkan rumah sesering mungkin
  • Gunakam vacuum cleaner agar lebih tuntas membersihkan debu

3. Jaga Hidrasi Tubuh

  • Penuhi kebutuhan cairan anak
  • Beri air mineralnya sesering mungkin sesuai kebutuhan anak

4. Hindari Menggaruk, Ganti dengan Mengusap

Saat dermatitis anak kambuh, biasanya anak susah tidur nyenyak karena saat malam lebih terasa gatal. Kita bisa mengusap bagian tubuh yang gatal saat anak tidur.


Penutup

Saat dermatitis atopik pada anak kambuh, biasanya akan membuat anak rewel dan kurang tidur. Rasa gatal pada dermatitis atopik cenderung semakin parah saat digaruk, serta menimbulkan sensasi panas.

Oleh karena itu, butuh penanganan tepat untuk menjinakkan monster gatal dermatitis atopik. Kalau aku pilih ATOPICLAIR yang bisa mengatasi dermatitis atopik pada anak secara nyaman.

Bagi teman online yang ingin mencoba ATOPICLAIR untuk mengatasi dermatitis atopik pada anak bisa membeli di apotek terdekat atau membeli secara online di Menarini Official Store. Semoga cerita tentang pengalamanku bisa membantu teman online yang sedang kebingungan untuk mencegah dermatitis atopik anak.


Referensi

Zhai H., Villarama CD, Hasan Hafeez Z., Maibach HI Efficacy of a topical agent, MAS063D (`Atopiclair'), in the treatment of sodium lauryl sulphate-induced irritant contact dermatitis . Exog Dermatol. 2003;2: 301-305.

https://www.ibupedia.com/artikel/kesehatan/cegah-kekambuhan-perawatan-dermatitis-atopik-harus-tepat

https://amp.kompas.com/lifestyle/read/2021/09/20/060500520/sering-dikira-sama-ini-perbedaan-biang-keringat-dan-eksim

20 komentar

20 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Ning!
    Ning!
    12 Desember 2023 pukul 14.50
    Atopiclair bisa jadi solusi untuk si kecil yang memiliki kulit sensitif ya bun. Apalagi kalau gatal tuh kasian banget, belum lagi kalau garuk-garuk semua lecet-lecet, huhu
    Reply
  • Anis Khoir
    Anis Khoir
    11 Desember 2023 pukul 15.15
    Anakku pernah mengalaminya jug mbak, awalnya aku kira ya biang keringat tapi makin kesini jadi tahu bukan biang keringat dan penanganannya pun harus ekstra ya karena gatal takut digaruk anak sehingga bisa tambah parah
    Reply
  • Hamimeha
    Hamimeha
    10 Desember 2023 pukul 10.00
    Kalo denger dermatitis atopik yg aku ingat wajah2 anak dr ibi retnohening. Kulitnya itu ya allah pasti gatal banget.

    Wah bunda anggit sudah menemukan solusi atasi masalah kulit si kecil ya. Mantap.

    Aku juga atasi kulit sensitif anak2 dg lotion dr ATOPICLAIR
    Reply
  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani
    6 Desember 2023 pukul 12.03
    Rasanya nano nano ya kalau si kecil lagi sakit, apalagi kakau masih bayi dan belum bisa mengeluh mana yang sakit. Emang sebaiknya stok obat seperti Atopiclair ini harus ada, agar terap tenang jika sewaktu waktu si kecil terkena dermatitis atopik
    Reply
  • Dyah (Author roemahaura.com)
    Dyah (Author roemahaura.com)
    6 Desember 2023 pukul 10.50
    ATOPICLAIR Cream dan Lotion emang bagus banget. Aku kemarin ada gatal-gatal di bagian pelipis, udah beberapa minggu gak sembuh eh baru sekali oles atopliclair cream langsung kering dan sembuh.
    Reply
  • Kata Nieke
    Kata Nieke
    6 Desember 2023 pukul 09.57
    Ternyata cuaca ekstrem bisa menimbulkan dermatitis atopik ya. Pengetahuan baru buat saya. Saya juga pikir ruam semacam itu diakibatkan biang keringat.
    Reply
  • SHalikah
    SHalikah
    6 Desember 2023 pukul 08.37
    Wah, Atopiclair ini bisa juga untuk ruam popok berarti ya Mbak? Bayi dan anak-anak memang biasanya mudah terpapar dengan dermatitis atopik sepertinya ya? Mungkin karena tubuh mereka juga sedang belajar menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
    Reply
  • Mutia Erlisa Karamoy
    Mutia Erlisa Karamoy
    6 Desember 2023 pukul 06.59
    Duh jadi ingat anakku yang sejak bayi mengalami masalah ini, selain kulitnya yang sensitif juga alergi susu sapi, sayangnya 20 tahun yang lalu belum ada produk ATOPICLAIR yang bantu meredakan dan menenangkan si bayi saat mengalami dermatitis atopik, kebayang gimana rewelnya saat gatal-gatalnya kambuh.
    Reply
  • Juwita
    Juwita
    6 Desember 2023 pukul 05.20
    Rekomendasi nya bagus banget nih buat saya yang memiliki masalah yang sama
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    6 Desember 2023 pukul 05.01
    Aku ngerasa bentukan dermatitis atopik seperti di foto tersebut sedang aku alami.
    Huhu, dan adanya di bagian kaki, bruntusan kecil-kecil dan kalau sedang kambuh, gatelnya luar biasa. Gak nyaman banget. Apakah ATOPICLAIR Cream dan Lotion bisa digunakan untuk orang dewasa juga?

    Sempet pengen ke dokter, karena beberapa tahun yang lalu, suami yang pernah kena dan diresepin semacam krim racikan dokter. Tapi kalau menggunakan ATOPICLAIR Cream dan Lotion, kan lumayan yaa.. aku gak perlu antri ke dokter, hehehe..

    Haturnuhun, ka Anggita.
    Reply
  • Imawati A. Wardhani
    Imawati A. Wardhani
    5 Desember 2023 pukul 17.48
    Jadi ingat pengalaman adik saya yang bungsu waktu kecil kena dermatitis atopik. Kasian banget, sampai sama dokternya dilarang buat olahraga di sekolah kayak main bola atau aktivitas yang bikin kakinya keringetan karena bisa memperparah kondisinya. Inget banget juga kalo lagi kambuh bener-bener bisa sampai ngelupas dan berdarah kulitnya. Kasian banget deh. Alhamdulillah ada produk Atopiclair buat mengurangi gejala dan membantu mengatasi dermatitis atopik ini, soalnya dari pengalaman adik saya itu rasanya pasti nggak nyaman banget.
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    5 Desember 2023 pukul 17.33
    ATOPICLAIR ini emang recommended untuk untuk mengatasi dermatitis atopik ya mbak
    Apalagi mudah didapatkan secara online y
    Reply
  • Andina
    Andina
    5 Desember 2023 pukul 14.27
    Sedih memang ketika anak kena sakit ya. Apapun itu rasanya ingin anak bebas dari segala sesuatu yang buat dia ga nyaman. Aku baru tahu ada lotion ini. Selama ini aku tahunya obat pakai salep aja dari dokter dan menghindari makanan tertentu kalau alergi
    Reply
  • hani
    hani
    5 Desember 2023 pukul 11.25
    Sedih banget memang kalau si Kecil uring-uringan karena gatal-gatal di kulit. Kalau anakku dulu biang keringet, bruntusan gitu. Ada lagi anaknya temen karena alergi deterjen. Duh...macem-macem ya penyebab gatal-gatal. Baru tahu loh biang keringet dan dermatitis atopik tuh berbeda.
    Trims infonya Mbak...
    Reply
  • Karunia Sylviany Sambas
    Karunia Sylviany Sambas
    5 Desember 2023 pukul 11.20
    Produk lotion ATOPICLAIR ini bisa buat dewasa, nggak, ya, Mba? Saya juga baru terpapar info dermatitis atopik ringan ini, Mba. Kirain selama ini ya biang keringat saja.
    Reply
  • Karunia Sylviany Sambas
    Karunia Sylviany Sambas
    5 Desember 2023 pukul 11.20
    Produk lotion ATOPICLAIR ini bisa buat dewasa, nggak, ya, Mba? Saya juga baru terpapar info dermatitis atopik ringan ini, Mba. Kirain selama ini ya biang keringat saja.
    Reply
  • Dyah Kusumastuti Utari
    Dyah Kusumastuti Utari
    5 Desember 2023 pukul 09.53
    Gejalanya mirip ya antara biang keringat dan dermatitis atopik sehingga saya pun kadang kurang perhatian akan hal ini, untung ya sudah ada ATipiclair untuk mengatasi deramtitis atopik
    Reply
  • nurul rahma
    nurul rahma
    5 Desember 2023 pukul 05.58
    baguusss bgt ini yaaa
    banyak yg rekomen juga
    apalagi di sby cuaca lagi hangat ya
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    4 Desember 2023 pukul 11.53
    Saya harus sedia Atopiclair di rumah nih. Secara saya dan anak memiliki jenis kulit yang mudah gatal. Melihat hasilnya sangat terlihat jelas, semoga lotion ini cocok juga untuk kami
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    4 Desember 2023 pukul 11.21
    Baca ini jaid nambah banyak ilmu parenting saya, kulit kemerahan bayi ga selalu biang keringat ya, ada juga yang dermatitis atopik ini, setelah mengetahui bedanya jadi lebih paham dan bisa bedain pastinya. Ada anak tetangga saya selalu kemerahan begini mba Anggit, bisa jadi dia bukan biang keringat kalau saya baca dari ciri-cirinya, bisa saya bantu rekomendasikan produk ini, siapa tahu cocok di anaknya
    Reply