Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Jualan Online Ala Ibu Rumah Tangga, Cuan dari Rumah!

Jualan online

Halo teman online! Absen dulu siapa yang sedang menjalankan usaha jualan online, nih? Maklum, di era digital ini perilaku belanja telah mengalami pergeseran dari offline ke online. Usaha jualan online pun jadi bisnis yang menjamur di masyarakat.

Sebagai ibu rumah tangga, aku juga memiliki usaha sampingan lewat jualan online. Lumayan, kan, dapat cuan dari rumah? Apalagi saat ini sangat mudah untuk mulai berjualan secara online.

Teman online juga mau coba? Sini aku spill tips, ide, serta cara jualan online dari rumah apa yang mudah untuk pemula. Biar kamu juga kecipratan rezeki!


Ide Jualan Online dari Rumah, Mudah untuk Pemula

Ada berbagai pilihan ide untuk mulai berjualan online. Menurutku tidak semua ide jualan bisa cocok atau klik dengan preferensi teman online. Tergantung rezeki juga.

Namun, ide jualan online yang aku share ini cenderung banyak dicari orang saat ini. Apa sajakah itu?

Cara jualan online

1. Buku Anak

Animo masyarakat terhadap buku anak saat ini jadi tinggi sejak Kemdikbud menggaungkan kampanye budaya literasi dalam keluarga. Tahu sendiri, kan, kalau Indonesia negara yang memiliki tingkat literasi rendah.

Tingkat literasi Indonesia menempati peringkat ke 62 dari 70 negara (survey PISA, 2019). Oleh karena itu, keberadaan buku anak sangat penting untuk meningkatkan literasi sejak dini.

Teman online bisa menjadi reseller buku anak. Beberapa jenis buku anak yang banyak dicari misalnya Halo Balita, buku terbitan Sakeena, Mizan, Rayya Creativa, dan lain sebagainya.

2. Camilan

Bisnis kuliner di masa kini menjadi salah satu prospek bisnis yang paling menjanjikan. Salah satunya makanan ringan atau sering disebut camilan.

Saat ini banyak jenis camilan kekinian yang laris manis di lapak jualan online. Mulai dari snack pedas, frozen food, hingga repack aneka jenis snack.

3. Skincare

Berjualan skincare adalah salah satu ide jualan online yang mulai booming tahun 2022. Menurutku skincare juga bisa jadi ide bisnis berkelanjutan. Sebab, kebutuhan untuk merawat kulit akan terus ada bagi kaum hawa.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjual skincare adalah adanya sertifikasi BPOM, kandungan bahan, serta sertifikasi halal jika memungkinkan. Selain itu, pastikan juga skincare berasal dari mitra resmi.

4. Daster Kekinian

Ibu rumah tangga pakai daster aja di rumah? Siapa takut! Kan, sekarang banyak model daster kekinian yang cocok dipakai ibu muda.

Nah, teman online bisa memanfaatkan kesempatan itu sebagai ide jualan daster kekinian. Caranya cari perusahaan konveksi yang membuat daster kekinian. Kamu pun tinggal menjual produk mereka secara online sebagai reseller.

5. Jasa Content Writer

Era digital saat ini membuka banyak peluang kerja yang berhubungan dengan pemasaran digital. Salah satunya adalah jasa penulisan konten atau content writer untuk memasarkan produk.

Teman online yang punya keahlian di bidang tulis-menulis, bisa, nih coba buka jasa content writer secara online. Misalnya jasa pembuatan artikel SEO atau jasa copywriting untuk produk online.


Tips Jualan Online dengan Mudah Lewat E-commerce

Yuk Jualan online

Selain tidak memerlukan modal besar untuk sewa tempat, berjualan online makin mudah dengan hadirnya platform e-commerce untuk jualan online. Jauh lebih mudah dibandingkan berjualan lewat media sosial.

Aku punya tips, nih, buat teman online yang akan mulai berjualan secara online. Tips ini aku rangkum dari pengalaman pribadi selama berjualan di e-commerce. Yuk, simak tips cara jualan online lewat e-commerce berikut!

1. Riset Produk

Pertama, tentu saja lakukan riset produk yang akan dijual. Mulai dari jenis produk, kompetitor, harga pasaran rata-rata, sampai ketersediaan vendor toko bahan baku atau distributor.

2. Tentukan Unique Selling Product

Bayangkan saat kamu akan mencari daster kekinian. Kira-kira apa yang bakal dilihat pertama? Pasti model daster, kan? Kalau bisa yang modelnya beda dari yang umum, biar kelihatan eksklusif.

Nah, inilah yang disebut Unique Selling Product (USP). Penjual daster kekinian secara online sudah banyak. Teman online harus jual produk yang punya USP, sehingga lebih banyak dicari pembeli.

3. Tentukan Target Konsumen Potensial

Saat awal menjalankan bisnis online, aku sering gagal karena jarang ada pembeli. Hingga akhirnya aku mendapat tips dari adik sepupu yang selalu sukses kalau jualan online.

Katanya, “mbak itu harus punya target pasar.”

Sederhana, tapi memang selama ini aku asal jualan online aja. Tidak memerhatikan target pasar atau konsumen potensial. Sebenarnya salah di awal juga karena tidak riset produk.

4. Branding Nama Toko

Pemilihan nama toko yang tepat juga bisa jadi branding nama yang bakal diingat konsumen. Satu contoh kasus menarik saat ibu saya minta dicarikan gamis kain katun jepang.

Lah, aku nggak hafal, kan, toko mana yang menjual gamis kain katun jepang. Akhirnya aku coba aja ketik di kolom pencarian aplikasi e-commerce “Gamis Katun Jepang”. Eh, ternyata muncul satu nama toko “Konveksi Gamis Katun Jepang” yang memang menjual berbagai gamis dengan kain katun jepang.

Dari kasus tersebut, toko konveksi itu berhasil dalam branding nama toko. Selain mudah diingat, orang yang punya preferensi khusus terhadap kain katun jepang bisa langsung cuss ke toko tersebut.

5. Pilih E-commerce yang Dukung Seller Baru

Terakhir, tentu saja pilih e-commerce yang mendukung seller baru untuk berkembang. Banyak e-commerce yang bisa jadi tempat untuk gelar lapak jualan online, tapi tak banyak yang mendukung kinerja seller baru.

Teman online bisa cek benefit atau keuntungan apa saja yang ditawarkan dari aplikasi e-commerce untuk mulai berjualan online. Apakah ada program untuk seller baru, bagaimana skema biaya admin, komisi, dan lain-lain.


Lazada Sebagai Bestie Jualan Online-ku

aplikasi jualan online

Gimana, nih? Sudah paham kan apa saja ide jualan yang berpotensi laku, serta cara jualan online di e-commerce. Kalau aku lebih prefer jualan produk secara online lewat aplikasi jualan online seperti Lazada.

Lazada ini merupakan platform e-commerce untuk jualan online nomor 1 di Indonesia. Saat menjadi seller baru di Lazada, aku banyak mendapatkan keuntungan. Baik dari segi untung secara material dan untung dalam upgrade skill jualan.

Rasanya sudah seperti bestie dengan Lazada. Selain itu Lazada juga menyediakan website Yuk Jualan Online yang menyediakan segala macam tips atau strategi menjalankan bisnis online. Mantul, kan!

Cara daftar sebagai seller baru pun juga mudah. Seperti apa caranya? Simak langkah berikut ini.

Langkah Daftar Jadi Seller Lazada

Pertama, siapkan tab atau laptop karena pendaftaran seller Lazada bisa dilakukan lewat browser. Siapkan pula file foto KTP, produk, dan catatan deskripsi produk.

  • Buka browser, masuk ke laman sellercenter.lazada.co.id, lalu pilih Daftar Sekarang (pojok kanan bawah).
  • Masukkan nomor HP, lalu pilih Kirim OTP melalui WhatsApp atau SMS.
  • Cek WhatsApp atau SMS, lalu masukkan kode OTP ke dalam laman pendaftaran seller Lazada.ide jualan
  • Masukkan email yang akan didaftarkan, lalu buat password.
  • Setelah berhasil login, masuk ke menu Akun Saya, lakukan pengaturan yang meliputi profil penjual, informasi bisnis, merk dagang, dan lain-lain.
  • Unggah KTP dan unggah minimal 1 produk untuk dijual.
  • Kamu pun bisa mulai desain toko pertama di aplikasi jualan online Lazada. Toko online milikmu pun sudah jadi. Yuk mulai jualan online!

Keuntungan Jualan Online di Lazada

Apa saja keuntungan jualan online di Lazada? Tadi kan, aku sudah bilang kalau gabung jadi seller Lazada bakal dapat berbagai keuntungan. Ini dia beberapa keuntungan yang didapat sebagai seller baru Lazada.

  • Bebas biaya komisi selama 90 hari pertama.
  • Bebas biaya keikutsertaan program gratis ongkir.
  • Pendampingan penuh kepada seller baru selama 90 hari oleh tim Lazada.
  • Akses terhadap pelanggan yang tersebar luas, serta ada data lengkap di Seller Center. 
  • Akses gratis ke platform belajar bisnis online di Lazada University dan komunitas Lazada Club.

Manfaat Artikel dan Tips di Blog Yuk Jualan Online

Lazada juga menyediakan blog Yuk Jualan Online yang berisi seputar artikel atau tips tentang bisnis online. Aku pun banyak mendapatkan manfaat dari blog tersebut, seperti:

  • Mengetahui pengetahuan dasar dalam berjualan online di e-commerce seperti biaya admin, program gratis ongkir, target konsumen dan lain-lain.
  • Lebih pede jualan online lewat tips yang tersedia seperti ide jualan online, strategi menarik pelanggan, branding toko, dan lain sebagainya.
  • Berhasil menarik pelanggan atau minimal ada pelanggan yang bertanya tentang produk setelah mengikuti berbagai tips dari blog Yuk Jualan Online.


Yuk Jualan Online lewat Lazada! Mudah dan Untung

Begitulah pengalamanku dalam jualan online, serta gabung sebagai seller di Lazada. Berjualan secara online memang lebih untung dalam mendatangkan cuan dari rumah bagi ibu rumah tangga. Selain itu juga memudahkan pemula yang baru memulai bisnis online.

Teman online tertarik untuk coba jualan online? Atau masih maju mundur untuk memulai usaha online? Coba baca dulu cara jualan online di blog Yuk Jualan Online dan Lazada. Aku banyak mendapatkan insight menarik tentang tips jualan online dari sana, lo!

Kalau sudah yakin mau jualan online, baru, deh, coba daftar jadi seller baru di Lazada. Lakukan langkah pendaftaran seperti yang sudah aku sebutkan di atas, ya! Selamat berjualan online!


Referensi

https://katadata.co.id/amp/agung/berita/6312083f0f885/7-strategi-dan-cara-jualan-online-yang-menguntungkan-bagi-pemula

https://www.yukjualanonline.com/tips-promosi-produk-agar-laris/

42 komentar

42 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Goresan hati
    Goresan hati
    11 Desember 2023 pukul 22.27
    Jualan apapun meskipun di rumah aja tetap membutuhkan yang namanya riset produk ya biar jualannya bisa laris jadi kita pun harus tahu selera pasar. Lazada mendukung sih ide ini.
    Reply
  • M. Rizki Riswandi, S.Kom
    M. Rizki Riswandi, S.Kom
    10 Desember 2023 pukul 23.31
    Wah, jualan online di Lazada emang oke banget ya, apalagi dengan segudang keuntungan buat para seller baru. Bebas komisi selama 90 hari pertama dan program gratis ongkir pastinya jadi daya tarik buat yang lagi mau mulai bisnis online. Pendampingan dari tim Lazada juga memberikan jaminan untuk memahami seluk-beluk platformnya. Dengan akses pelanggan yang luas dan berbagai fasilitas pendukung, kayaknya jadi lebih mudah meraih sukses jualan online di Lazada. 👍🛍️
    Reply
  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani
    10 Desember 2023 pukul 22.57
    Aku kemarin juga baca- baca Yuk jualan online dan emang bener, banyak banget owngetahuan yg aku dapat. Cocok buat yang mengawali bisnis
    Reply
  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh
    10 Desember 2023 pukul 22.47
    wah seneng sih jaman makin maju jadi makin memudahkan kita buat terus usaha ya, jadi gak ada alasan lagi walau di rumah aja tetap bisa cari cuan hihi
    Reply
  • Yustrini
    Yustrini
    10 Desember 2023 pukul 19.33
    Bisnis skincare kayaknya lagi rame-ramenya ya..banyak wanita yang pengen tampil cantik..anak muda juga. Wah, jadi ide bisnis online yang cukup menjanjikan.
    Reply
  • April Hatni
    April Hatni
    10 Desember 2023 pukul 19.04
    Jualan melalui e commerce itu nggak perlu mikir lagi buat website nya ya. Apalagi jangkauannya luas. Aku pun termasuk suka beli barang di e-commerce
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    10 Desember 2023 pukul 15.44
    Sekarang ini jualan online menjadi pilihan para ibu rumah tangga untuk tetap bisa dapat cuan meski di rumah ya mbak
    Reply
  • hani
    hani
    10 Desember 2023 pukul 10.13
    Masih harus belajar nih tentang Unique Selling Product (USP). Kalau ga ya produk kita sama aja dengan toko-toko online lainnya. Pengen juga nyoba jual camilan, keripik-keripik. Kayaknya yg pedas kalik yah...
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    10 Desember 2023 pukul 07.28
    Saat ini memang peluang jualan online memang sangat terbuka ya Mbak. Termasuk bagi Ibu Rumah Tangga. Makanya harus dimanfaatkan peluang bagus ini. Apalagi dibantu oleh sosmed dan e-commerce
    • Bambang Irwanto
      Didik Purwanto
      10 Desember 2023 pukul 20.15
      Mayan banget ya bisa sambil rebahan jaga anak, urus suami, eh bs ngasilin duit dr bisnis online. Emg zaman skrg dimudahkan bgt. Apalagi ada Lazada. Kita jadi tahu cara jualan online ala rumah tangga di sana. Bisa nambah cuan nih.
    Reply
  • Tukang jalan jajan
    Tukang jalan jajan
    9 Desember 2023 pukul 21.35
    senang banget sih dengan Lazada yang beneran memberikan kesempatan bagi pejuang cuan online dari rumah. selain memberikan aplikasi dan kemudahannya juga memberikan pembelajaran untuk memudahkan memulai dari mana
    Reply
  • Adinda Tami
    Adinda Tami
    9 Desember 2023 pukul 20.09
    Ka, mau tanya kalau riset produk menggunakan tools atau bagaimana ya?
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    9 Desember 2023 pukul 16.09
    sebagai seller aku sangat terbantu dengan adanya blog Yuk Jualan Online. Artikelnya update banget dan relevan dengan atmosfir bisnis dan usaha saat ini
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    9 Desember 2023 pukul 16.09
    sebagai seller aku sangat terbantu dengan adanya blog Yuk Jualan Online. Artikelnya update banget dan relevan dengan atmosfir bisnis dan usaha saat ini
    Reply
  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro
    9 Desember 2023 pukul 09.40
    Aku setuju soal berjualan online produk tuh mungkin hasilnya akan berbeda antara satu dengan yang lain. Tapi, kalau jualan onlinenya di Lazada, kayaknya sedikit atau banyak pasti akan dapat konsumen.
    Reply
  • Ivonie
    Ivonie
    29 November 2023 pukul 10.43
    Proses mendaftar sebagai seller baru termasuk mudah ya, orang yang punya produk untuk jualan jadi dapat wadah yang tepat dan tinggal mengembangkan. Sekarang belanja online terbilang lebih praktis seperti di Lazada
    Reply
  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti
    29 November 2023 pukul 07.40
    Iya loh, ternyata riset produk itu penting untuk memastikan nantinya segmen yang hendak kita bidik itu siapa.
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    29 November 2023 pukul 07.34
    Keidean pingin jualan isi ulang apapun untuk peralatan di rumah gitu yaa..
    Biar gak nyampah.
    Soalnya di Jakarta, bisnis begini uda jadi gaya hidup tuh.. Misalnya refill sabun cuci, obat pel dan sampai ke olahan bahan makanan seperti bumbu dan kopi.

    Lumayan banget tapi kudu jualan online agar semakin luas jangkauan pemasarannya.
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    29 November 2023 pukul 06.21
    Sekarang ini jualan online menjadi pilihan banyak ibu rumah tangga ya mbak
    Biar tetap cuan meski di rumah saja
    Reply
  • JELAJAH MIA
    JELAJAH MIA
    29 November 2023 pukul 02.46
    Mudah sekali ya untuk transaksi di lazada dan kalau mau coba sebagai seller pun sangatlah mudah
    • JELAJAH MIA
      Fenni Bungsu
      10 Desember 2023 pukul 13.03
      Iya kak, bisa jadi pilihan buat pelaku usaha khususnya yang ingin mencoba sebagai seller ya. Apalagi ini bareng Lazada yang memudahkannya
    Reply
  • Müzeyyen Salik
    Müzeyyen Salik
    29 November 2023 pukul 02.32
    Banyak pilihan untuk menjadi produktif apalagi ibu-ibu seperti aku ini ya, tertarik banget jualan daster. Dan bisa cari produknya dari lazada
    Reply
  • Happy
    Happy
    28 November 2023 pukul 22.40
    wah banyak banget ya keuntungan jadi seller di Lazada. apa lagi di situs Yuk Jualan Online juga banyak artikel dan bahkan webinar yang bisa nambah softskill jualan. ini mah pemula juga bisa lebih mudah belajar
    Reply
  • Irraoctavia
    Irraoctavia
    28 November 2023 pukul 22.05
    Jualan buku anak itu lumayan banget cuannya. Soalnya itu barang jualan paling laris manis dan cocok untuk ibu rumah tangga..
    Reply
  • Han
    Han
    28 November 2023 pukul 21.06
    Udah ngga ada alasan buat ngga bisa cuan yaa mba meskipun di rumah aja, soalnya bisnis online bisa dikerjain darimana aja dan kapan aja, hihi. Keren emang Lazada nih banyak banget bonusnyaa, apalagi buat seller nih
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    28 November 2023 pukul 20.18
    Mantap bgt nih kak ide jualan di rumah utk ibu rumah tangga. Cocok nih buat istri yang lagi sibuk mau menambah penghasilan tanpa keluar rumah.

    Emg bener tuh kak Lazada cocok bgt jd bestie jualan online kita. Bnyk keuntungan tuh kalo jualan di situ. Bakalan cuan deh usaha kita kalo jualan di sana.
    Reply
  • Triani Retno A
    Triani Retno A
    28 November 2023 pukul 20.13
    Soal nama toko/nama brand itu ... sering kutemukan, nama-nama yang bagus dan menjual (mengandung kata kunci) udah ada pemiliknya tapi nggak ada postingan apa-apa di akun/tokonya. Hiks, kan gemes!
    • Triani Retno A
      lendyagasshi
      10 Desember 2023 pukul 12.43
      Kudu lebih detail yaa, teh..
      Supaya dapet brandingnya, mudah diingat dan yang paling penting menjangkau lebih luas konsumen karena memang itu tujuan dari jualan online di Lazada.
    Reply
  • Kyndaerim
    Kyndaerim
    28 November 2023 pukul 19.54
    Dulu pernah dong jualan onlen, etapi ga bertahan lama karang kurang tau strateginya, wkwk.. Now sih gampang ya, ada Lazada dan situs Yuk Jualan Online nya buat panduan para pemula.
    Reply
  • Kyndaerim
    Kyndaerim
    28 November 2023 pukul 19.53
    Dulu pernah dong jualan onlen, etapi ga bertahan lama karang kurang tau strateginya, wkwk.. Now sih gampang ya, ada Lazada dan situs Yuk Jualan Online nya buat panduan para pemula.
    Reply
  • Goresan hati
    Goresan hati
    28 November 2023 pukul 19.25
    Jualan di lazada ternyata untung juga ya. Bisa nih buat pemula atau yang pengen buka usaha lewat rumah. Caranya juga mudah. Bisa dicoba
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    28 November 2023 pukul 18.31
    Peluang bisnis skincare ini memang wokeh banget ya kak, karena udah banyak yang makin peduli merawat kulit. Apalagi jualannya di Lazada yg memudahkan juga buat meluaskan pangsa pasar
    Reply
  • Lintang
    Lintang
    28 November 2023 pukul 17.39
    IRT nihhh cocok banget jualan online, apalagi bisa sambil mantau tumbang buah hat ikan. Aku sendiri pernah jualan buku anak dan mainan edukasi lho. Alhamdulillah juga ramee. Pokoknya pilih Lazada sebagai platform marketplace andalan.
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    28 November 2023 pukul 09.58
    Era digital ini memang banyak membuka peluang ya, Mbak. Termasuk bagi ibu rumah tangga. Beragam ide jualan pun bisa dipilih, dan disesuaikan dengan keinginan. apalagi sudah terbantu kehadiran media sosial dan e-comerce. tetap bisa jualan online sambil mengerjakan pekerjaan lain di rumah.
    Reply
  • Putu Felisia
    Putu Felisia
    28 November 2023 pukul 06.22
    Zaman sekarang jualan online memang prospektif, sayang peraturannya semakin banyak baik dari pemerintah maupun platformnya.
    Reply
  • Farida Pane
    Farida Pane
    28 November 2023 pukul 06.08
    Asyik banget ya, sekarang bisa jualan online dari rumah. Dibantu ilmu dari Lazada lagi
    • Farida Pane
      Kyndaerim
      10 Desember 2023 pukul 18.29
      Bener, Mbak. Jualan bisa jadi lebih maksimal yah, karena ada panduan lengkapnya.
    Reply
  • hani
    hani
    27 November 2023 pukul 17.23
    Artikelnya lengkap banget. Ada contoh-contoh produk yg bisa kita jual online. Selama ini aku masih bingung deh apa ya produk yg cocok. Nama toko malah udah ada...hehe...
    Pelajari lagi ah artikelnya, sekalian bikin akun Lazada juga...Makasiii
    Reply
  • Antung apriana
    Antung apriana
    27 November 2023 pukul 15.50
    ada banyak ya ide jualan online yang bisa dilakoni ibu rumah tangga dari rumah. jadi tinggal ibu nih yang menentukan mau jualan apa. saya sendiri juga pengen eh jualan online buat nambah pemasukan bulanan
    Reply
  • Juwita
    Juwita
    27 November 2023 pukul 13.24
    Thanks informasinya mau nih di informasikan ke saudara dan teman-teman yang minat
    Reply
  • Rhoshandhayani KT
    Rhoshandhayani KT
    27 November 2023 pukul 12.31
    kan jadi pengen buka olshop juga...
    bekal nanti kalo aku jadi IRT
    tapi bingung, mau jualan apa ya yang murah dan laku terus???
    Reply
  • sastradana
    sastradana
    27 November 2023 pukul 07.07
    Sekarang makin mudah ya kalau mau membuka bisnis. Terlebih lagi kalau kita gabung dengan Lazada soalnya ada bimbingan buat seller baru. Beneran mantap nih Lazada sangat ngebantu banget bagi pemula yang baru memulai bisnis
    Reply