Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

7 Camilan Khas Padang yang Bikin Lidah Bergoyang

Tiket Pelita Air Traveloka

Apa yang terlintas di kepala saat mendengar Kota Padang? Kalau aku sih rendang dan masakan Padang. Pengen, deh, rasanya mencicipi makanan itu langsung ke Padang. Selain kuliner khas, ternyata kota ini juga memiliki berbagai camilan khas Padang yang tak kalah enaknya lho.

Bagi kamu yang sedang merencanakan traveling ke Padang, ada baiknya memasukkan agenda hunting camilan khas Padang. Untungnya, kota Padang termasuk kota yang memiliki kemudahan akses melalui udara, laut, maupun darat.

Bagi kamu yang mulai perjalanan dari Jakarta, bisa menggunakan maskapai Pelita Air. Tiket Pelita Air bisa dibeli secara online lewat situs layanan pembelian tiket penerbangan, Traveloka. 


Rekomendasi 7 Camilan Khas Padang, Cocok Banget Buat Oleh-oleh!

Nah, sudah siap untuk merencanakan kulineran di Padang sampai puas? Segera intip daftar camilan khas yang bikin lidahmu bergoyang berikut ini.

1. Randang Talua

Camilan khas yang pertama ini memiliki cita rasa seperti rendang, namun berbahan baku telur. Rasanya yang gurih pedas tidak kalah lezat dengan rendang berbahan daging.

Umumnya rendang daging Padang memiliki tekstur yang basah. Namun, Randang Talua ini teksturnya kering dan crispy sehingga bikin ketagihan. 

Biasanya Rendang Talua diolah dari telur itik atau ayam ras. Telur ini kemudian dicampur dengan rempah-rempah, tepung, dan bumbu. Setelah proses produksi Randang Talua ini bisa awet bertahan hingga enam bulan. 

2. Dendeng Daun Singkong

Camilan khas Padang
Sumber: Cookpad

Orang Padang tidak bisa jauh dari daun singkong. Perhatikan saja setiap rumah makan Padang. Sayur yang disajikan pasti ada unsur daun singkongnya. Oleh karena itu, tidak heran apabila daun singkong pun disulap menjadi dendeng oleh orang Padang.

Seperti namanya, bahan dasar dendeng unik ini adalah daun singkong yang dibumbui dengan aneka rempah sehingga terasa gurih dan renyah. Sebelum digoreng, daun singkong ditambah dengan adonan tepung beras dan tepung kanji untuk memberikan tekstur yang kering.

Daun singkong sendiri ternyata banyak mengandung vitamin C dan folat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Bisa makan enak, sambil menyehatkan tubuh, nih.

3. Lamang Tapai

Makanan ringan khas Padang ini memiliki rasa manis, terasa ada sedikit fermentasi di dalamnya. Hidangan Lamang terbuat dari beras ketan putih yang dimasak dengan santan dalam bilah bambu. Cara makannya dicampur dengan kuah asam manis atau akrab disebut Tapai.

Lamang Tapai ini banyak dijual di pasar - pasar tradisional, hingga warung kopi. Uniknya, proses pembuatan Lamang kebanyakan menggunakan bara api layaknya sate.

Berbeda dengan Lamang, Tapai juga berasal dari beras ketan namun berwarna hitam yang diperoleh dengan cara fermentasi ragi dengan beras ketan. Lamang Tapai sendiri adalah hidangan favorit saat ada acara adat, maupun saat hari raya. 

4. Bareh Randang

Camilan khas Padang
Sumber: The Asian Parents

Dalam bahasa Minang, bareh berarti beras. Jadi secara harfiah dapat kita ketahui bahwa Bareh Randang ini diolah dengan bahan baku beras, tapi memiliki cita rasa manis. Tekstur dari Bareh Randang ini agak kasar namun sangat legit dan terasa lumer di lidah saat digigit.

Bareh Randang diperoleh dari campuran tepung beras yang disangrai hingga kering, kemudian dicampur dengan gula dan santan. Supaya adonan tercampur dengan rata biasanya diperlukan proses mengaduk tiga hingga empat jam. Adonan Bareh Randang kemudian dibentuk secara pipih dan dipotong-potong sesuai selera. 

5. Keripik Balado

Keripik balado minangkabau biasanya terdiri dari keripik singkong yang dibumbui dengan bumbu balado. Keripik ini menjadi salah satu camilan dan oleh-oleh favorit dari kota Padang. Rasanya yang pedas namun gurih cukup membuat lidah bergoyang, sehingga membuat kamu tidak mau berhenti mengunyah. 

6. Pinyaram

Kue Pinyaram adalah camilan khas Minangkabau yang terbuat dari gula pasir atau gula aren. Setelah itu ditambahi dengan santan dan tepung beras putih atau bahkan tepung beras hitam.

Adonan ini kemudian digoreng dalam minyak panas. Bentuk Pinyaram sendiri bulat namun memiliki tekstur pinggiran yang cukup kering. Ukuran dari Pinyaram juga beragam, ada yang sebesar piring ada juga yang kecil, tergantung selera dari pembuat kue.

Camilan kesukaan anak-anak, remaja, hingga orangtua ini bisa ditemukan dengan mudah di pasar tradisional. Harganya yang terjangkau dan rasanya yang manis gurih membuat jajanan ini tak lekang oleh waktu. 

7. Galamai

Camilan sejenis dodol ini berbahan baku tepung beras ketan, gula aren, dan santan. Warnanya coklat mengkilap dan memiliki rasa yang manis.Pembuatan Galamai memerlukan waktu yang cukup lama, yakni kurang lebih tujuh jam di atas tungku dengan bara api sedang. 

Setelah matang, galamai harus dituangkan ke dalam piring, kemudian tunggu hingga dingin baru dipotong-potong sesuai dengan keinginan. Biasanya galamai dihidangkan saat ada hajatan seperti pernikahan.

Camilan ini sendiri kabarnya diilhami oleh filosofi Minangkabau “tagang bajelo-jelo, kandua badantiang-dantiang”, yang artinya "keras, tapi penuh dengan dengan kearifan. Lunak, tapi berprinsip tegas." 


Penutup

Itu dia tujuh camilan khas Padang yang harus dicoba selama perjalanan wisata . Tentunya camilan khas tersebut juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman.

Tunggu apalagi, jangan sampai tidak menikmati kelezatan aneka kuliner Padang. Catat baik-baik daftar rekomendasi camilan khas Padang ini, ya!

22 komentar

22 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    30 Mei 2023 pukul 23.28
    Dendeng daun singkong sih ya.. yang belum pernah aku cobain.
    Biasanya dendeng daging biasa. Dan rendang talua, yummii~
    Semua makanan khas Padang ini sungguh mengundang selera dan semangat makan.
    Reply
  • Shyntako
    Shyntako
    30 Mei 2023 pukul 21.38
    duh malam-malam kok jadi lapar yaa liat list makanan Padang gini, kayanya besok makan siang jadi pengen makan nasi Padang ah
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    30 Mei 2023 pukul 19.58
    Dari semua itu, baru cobain keripik balado doank. Hiks. Kangen banget ke Padang krn dulu cuman transit bentar waktu ke Aceh. Jd blm puas banget makan kudapan lgsg di Padang. Smg ada wkt lagi buat ke sana ya kak.
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    30 Mei 2023 pukul 19.10
    Wah, enak enak nih
    Aku baru nyoba yang kripik balado saja nih
    Dapat oleh oleh dari teman kos yang asli minang
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    30 Mei 2023 pukul 16.22
    Dari tujuh makanan khas itu, mungkin hanya keripik balado yang sering saya cicip. Hehe, sisanya belum pernah malah ada yang baru denger namanya saja dari artikel ini saat ini.
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    30 Mei 2023 pukul 14.48
    Bareh Randang dan Pinyaram daku belum coba, seperti apa rasanya hehe. Galamai dkk udah karena itu sering dijadikan oleh² oleh paman daku hehe
    Reply
  • Siti Mustiani
    Siti Mustiani
    30 Mei 2023 pukul 13.09
    Banyaaak yaaa kuliner Padang ini, wah bisa-bisa saya kalap kalau kulineran di Padang. Apalagi sejauh lidah saya cukup cocok sih dengan masakan padang.
    Reply
  • Nabilla DP
    Nabilla DP
    30 Mei 2023 pukul 11.26
    dari semua itu yang paling aku suka keripik balado kak. rasanya enak banget gitu apalagi kalau singkongnya juga renyah dan ngga terlalu keras.. suka pol
    Reply
  • Yustrini
    Yustrini
    30 Mei 2023 pukul 11.19
    Banyak juga ya, cemilan khas Padang. Selama ini saya cuma tahu masakan Padang, dan favoritku itu Rendang. Semoga bisa berkesempatan ngicipin cemilannya juga
    Reply
  • Akarui Cha
    Akarui Cha
    30 Mei 2023 pukul 09.15
    Kebayang disuguhi Pinyaram sebesar piring langsung bingung bakalan seberapa kali nih digigitnya. Hihihi ... banyak yang kuliner khas Padang yang belum pernah kutahu. Eh rupanya ada juga kue yang dinamai "randang" juga tapi cenderung manis dan dari beras.
    Reply
  • Kanianingsih
    Kanianingsih
    30 Mei 2023 pukul 07.06
    Waduh, semuanya bikin ngiler deh. Cuma keripik balado yg pernah coba, lainnya belummmm
    Reply
  • Putu Felisia
    Putu Felisia
    30 Mei 2023 pukul 06.23
    Pernah dikirimin rendang talua dan itu memang rasanya uenak pol. Jadi pengin lagi. Cuma ongkire mahal. Hiks.
    Reply
  • Yonal Regen
    Yonal Regen
    30 Mei 2023 pukul 00.06
    Dari sekian camilan Padang, baru Keripik balado taunya. Ternyata ememang mainnya kurang jauh nih, masih banyak ya makanan-makanan khas Padang. Mudah-mudahan bisa huntung dan icip-icip rasa camilannya
    Reply
  • Tukang Jalan Jajan
    Tukang Jalan Jajan
    29 Mei 2023 pukul 22.25
    Bahaya emang kalau udah ketemu camilan Padang ini, semuanya enak dan bikin ngga berhenti ngunyah pastinya. jadi pengen nyemil keripik balado deh hehehehe
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    29 Mei 2023 pukul 21.30
    Keripik Balado adalah pavorit saya dari zamand ahulu, beberapa kali ke padang pasti beli oleh-olehnya adalah keripik Balado entah kenapa rasanya itu khas banget
    Reply
  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin
    29 Mei 2023 pukul 21.17
    Wah ternyata ada banyak camilan khas Padang ya, baru familiar ama keripik baladonya aja.
    Penasaran ama rendang talua, kayaknya enak.

    Terus lemang itu kalo di Jatim apa sama kayak tetel yg warna putih itu ya? Tapi beda bentuk aja.
    Reply
  • Auliya Nurrahman
    Auliya Nurrahman
    29 Mei 2023 pukul 15.58
    Setujuuu!!! Recommended banget kuliner2 di atas, asalkan sesuai dengan lidah yaa karena nggak semua orang tahan makan pedas dan berminyak :-D

    Lamang tapai sedep bener itu ya Allah jadi ingiiin.
    Reply
  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro
    29 Mei 2023 pukul 12.10
    Keripik balado tuh favorit banget. Tapi, kayaknya aku suka sama hampir semua masakan Padang sih. Pedas tapi nikmat banget.
    Reply
  • Deeva Collection
    Deeva Collection
    29 Mei 2023 pukul 11.33
    Kalau ke Padang asik banget nih, kulinernya banyak ya..Jadi ga perlu bingung. Selama ini tahunya Rendnag Padang aja, lainnya ga tahu, how pity I am.😅
    Reply
  • Aldhi Fajar
    Aldhi Fajar
    29 Mei 2023 pukul 11.19
    Masalah makanan pedas aku suka banget, liat reokmendasi cemilan padang ini jadi ngiler aku hehe.
    Reply
  • Ainun
    Ainun
    27 Mei 2023 pukul 14.43
    kalau rendang udah pasti aku ga asing, dan ternyata masih banyak juga list makanan Padang yang aku ga tau.
    Kalau denger nama Kota Padang, pasti terlintas rumah gadang. Pengen banget bisa main-main ke Padang, biar bisa cobain langsung makanan atau camilan khas Padang langsung di daerahnya
    Reply
  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen
    20 Mei 2023 pukul 20.34
    Waaah ternyata banyak yg aku ga tau nih cemilannya mba 😄. Padahal suka banget makanan Padang. Sampe pernah kesana, cuma utk wiskul.

    Tapi memang yg aku coba kebanyakan makanan berat. Kalo cemilan paling keripik pedesnya itu.

    Penasaran Ama cemilan2 di atas 😁. Jadi pengen ke Padang lagi sih
    Reply