Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Insto Dry Eyes: Solusi Mata Kering, Love Your Eyes 3000

Pernah nggak sih merasakan mata sepet, mata pegel, mata perih, dan mata lelah setelah aktivitas sehari-hari seperti jogging, mengendarai sepeda, atau terlalu lama menatap layar komputer? Hati-hati, bisa jadi Anda sedang terkena gejala sindrom mata kering.

Memang sepele pada awalnya, tetapi bisa jadi parah dan meradang jika tak paham penanganan pertama yang harus dilakukan. Salah satu penanganan pertama yang dibutuhkan oleh mata kering adalah cairan yang berfungsi sebagai "pelumas" atau "air mata buatan" seperti Insto Dry Eyes.

Nah, aku akan berbagi pengalamanku yang sedikit terlambat menyadari kondisi sindrom mata kering hingga menyebabkan peradangan ringan, dan akhirnya aku tak pernah absen membawa si mungil Insto Dry Eyes dari dalam tas.


Insto Dry Eyes solusi mata kering

Kegiatanku VS Mata Kering

Mata adalah anugrah penglihatan dari Sang Pencipta yang wajib kita jaga dan sayangi layaknya Dia menyayangi kita. Tak semua manusia mendapat anugrah yang sama untuk melihat indahnya dunia lewat mata. Jadi ketika kita memiliki mata yang sehat, tentunya harus lebih bersyukur.

Salah satu cara bersyukur yang paling sederhana adalah dengan menjaga kesehatan mata. Jangan pernah remehkan gejala-gejala kecil yang mungkin pernah mengganggu mata. Bisa jadi itu adalah sinyal dari tubuh, bahwa ada yang tidak beres dengan mata, seperti kejadian yang pernah aku alami tahun lalu.

Aku termasuk orang yang suka mencoba hal baru. Selain bekerja sebagai pengajar, aku juga hobi menulis dan sering mengikuti aktivitas sosial sebagai seorang relawan. Ketiga hal tersebut memaksaku untuk selalu bekerja di depan layar komputer selama berjam-jam atau aktif di media sosial gawai selama lebih dari 1 jam tiap harinya.

Selain itu, aku juga sering melakukan aktivitas laboratorium di dalam ruangan ber-AC atau aktivitas relawan di ruang terbuka (outdoor). Akibatnya, aku sering mengalami mata sepet, mata pegel, mata perih, dan mata lelah ketika melakukan aktivitas tersebut.

Penyebab Gejala Mata Kering
foto dokumentasi pribadi (difoto oleh Herwinda Marta dan Moh. Imron R); vektor dari instodryeyeducation.com

Awalnya aku tak seberapa menghiraukan gejala itu. Aku pikir dengan istirahat cukup dapat meredakan gejala-gejala itu. Nyatanya tidak sama sekali. Mataku malah sering tiba-tiba memerah. Puncaknya ada di suatu pagi yang cerah, ketika mataku sangat merah, perih dan panas.

Dokter pun mendiagnosa aku telah terkena sindrom mata kering (keratoconjunctivitis sicca) sampai ke tahap peradangan ringan. Untung saja, belum sampai parah. Sang dokter mata pun akhirnya menjelaskan panjang kali lebar tentang sindrom mata kering agar aku bisa lebih perhatian dan menyayangi mataku.


Apa Sih Sindrom Mata Kering itu?

Mata yang normal seharusnya mampu mengeluarkan air mata (pelumas) yang mampu menghalau debu atau benda asing yang akan masuk ke dalam mata. Namun, pada kondisi mata kering, kelenjar air mata tak menghasilkan cukup air mata sebagai pelumas. Akibatnya, debu atau benda asing mudah masuk ke dalam mata, serta menyebabkan mata terasa sepet, pegel, dan perih
Infografis insto dry eyes 1
Faktor penyebab mata kering

Penyebab mata kering bisa dikelompokkan menjadi beberapa faktor seperti faktor internal, faktor medis dan faktor lingkungan. Faktor internal yang bisa menyebabkan mata kering adalah usia, perubahan hormon saat kehamilan, dan penggunaan pil KB.

Kondisi medis tertentu juga bisa menjadi penyebab mata kering seperti diabetes, lupus, gangguan tiroid, kekurangan vitamin A, dan operasi laser mata. Selain faktor internal dan faktor medis, faktor lingkungan pun juga dapat berperan aktif sebagai pemicu sindrom mata kering.

Contohnya adalah kegiatan sehari-hari yang sering aku lakukan, yaitu bekerja di depan layar laptop, berada di dalam laboratorium ber-AC dan aktivitas luar ruangan (lari pagi, jalan-jalan, dll.). 


Kenali Gejala Sindrom Mata Kering

Pengalamanku ketika mengalami peradangan mata ringan akibat sindrom mata kering, mengajarkan bahwa semua orang perlu tahu apa saja gejala mata kering. Sebab, sindrom mata kering dapat menyerang siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu, tiap orang perlu tahu setidaknya 3 gejala inti yang mengindikasikan sindrom mata kering, yaitu mata sepet, mata pegel, dan mata perih.

Gejala mata kering

1. Mata Sepet

Apa yang akan Anda rasakan ketika mengalami yang namanya "mata sepet" adalah adanya sensasi mengganjal, berpasir, atau lengket pada kelopak mata ketika berkedip. Kondisi ini bisa menyebabkan mata berubah merah jika tak segera diobati dengan memberikan obat tetes mata yang berfungsi sebagai pelumas atau air mata buatan.

Mata sepet biasanya dialami ketika berada di suhu udara yang kering seperti di Surabaya atau terlalu lama berada di ruangan ber-AC. Kondisi tersebut membuat mata kehilangan kelembaban, sehingga mata menjadi kering akibat sulit memproduksi air mata.

2. Mata Pegel atau Lelah

Gejala kedua sindrom mata kering adalah mata pegel (lelah). Mata akan terasa pegel ketika otot mata dipaksa melihat objek dekat dalam kurun waktu yang lama. Sensasi yang dirasakan ketika mengalami mata pegel adalah penglihatan kabur, nyeri pada mata, bahkan pusing sampai mual.

Mata pegel diakibatkan oleh kebiasaan menatap layar komputer atau layar gawai terlalu lama dengan fokus yang tinggi. Menurut pakar mata Amerika (American Optometric Association), batas yang diijinkan untuk berada di depan layar komputer atau gawai yang mengandung radiasi gelombang elektromagnetik adalah 20 menit. Lebih dari itu, Anda harus segera mengalihkan pandangan ke objek lain yang berjarak 20 kaki selama 20 detik untuk meminimalisir efek samping berupa mata pegel (aturan 20-20-20).

3. Mata Perih 

Mata perih biasanya sering diakibatkan oleh faktor lingkungan eksternal seperti debu, polusi udara, asap kendaraan bermotor, penggunaan lensa kontak dan lain-lain. Benda-benda asing tersebut dapat menggores kornea mata, sehingga mata akan terasa gatal hingga seperti panas atau terbakar.

Penanganan pertama sama seperti gejala-gejala sebelumnya, yakni memberikan obat tetes mata untuk meredakan "luka" di mata tersebut. Jangan sekali-kali mengucek mata untuk sekedar menghilangkan sensasi gatal pada mata yang perih. 

 

Insto Dry Eyes, Solusi Atasi Mata Kering

Solusi yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala mata kering ringan adalah dengan menggunakan  obat pelumas mata dalam bentuk tetes mata, seperti Insto Dry Eyes. Tenang saja, Insto Dry Eyes memiliki tanda lingkaran biru, yang artinya bebas tapi terbatas. Obat tersebut boleh dijual bebas di apotek tanpa resep dokter, tetapi harus mengikuti dosis dan takaran pada kemasan. Jadi, alangkah lebih baik lagi jika sebelum memakai, baca terlebih dahulu dosis dan takaran yang tertera di kemasan. Kalau aku pribadi, dianjurkan oleh Dokter untuk menggunakan Insto Dry Eyes 1-2 tetes saja tiap kali mata terasa kering, sepet, pegel, perih atau lelah.
Mata sepet dan perih
Mata sepet dan perih akibat aktivitas outdoor
Infografis insto dry eyes 2
Infografis kegunaan Insto Dry Eyes (sumber info : instodryeyeducation)

Si mungil Insto Dry Eyes memiliki kandungan bahan aktif yang bisa membunuh bakteri. Selain itu,  bahan aktif tersebut juga berfungsi sebagai pelumas atau air mata buatan yang akan meredakan kekeringan pada mata. Cara pakainya gampang banget.

Tinggal cari posisi santai untuk menyandarkan kepala, teteskan sesuai anjuran dosis di kemasan atau anjuran Dokter mata, lalu tunggu beberapa saat sambil memejamkan mata dengan rileks. Setelah itu, buka mata perlahan dan kedip-kedipkan mata beberapa kali. Dijamin deh, mata akan kembali segar dan bening.

Insto Dry Eyes Obat Sehari-hari
Insto Dry Eyes yang selalu aku bawa kemanapun, kapanpun dan dimanapun.

Keunggulan Insto Dry Eyes

1. Mengandung Senyawa Pelumas Mata - Hydroxypropyl methylcellulose

Di dalam istilah dunia kimia, senyawa Hydroxypropyl methylcellulose (HPMC) biasa dikenal juga dengan Hypromellose. Menurut hasil penelitian Natasa Koroloff dari rumah sakit Royal Brisbane Australia, senyawa HPMC berfungsi sebagai pelumas mata untuk meredakan iritasi mata pada gejala mata kering, terutama di daerah beriklim kering, rumah atau lingkungan kerja sekitar. Fungsi pelumas ini amat sangat diperlukan oleh mata yang mengalami kekeringan.

2. Mengandung Senyawa Antiseptik - Benzalkonium chloride

Benzalkonium chloride merupakan senyawa antiseptik untuk menghentikan pertumbuhan bakteri, jamur atau virus. Seperti penjelasan sebelumnya, mata kering mengakibatkan bakteri/jamur/virus mudah masuk ke dalam mata. Adanya senyawa antiseptik ini, menyebabkan Insto Dry Eyes juga bisa sekaligus membunuh bakteri/jamur/virus yang mungkin masuk ke dalam mata.

3. Terdaftar di BPOM

Masih ragu untuk memilih Insto Dry Eyes sebagai teman untuk menyayangi mata? Wajar. Anda pastinya ingin obat yang masuk ke dalam tubuh benar-benar aman. Tenang saja, produk Insto Dry Eyes dijamin aman, karena telah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dengan nomor DTL1438202146A1. Adanya jaminan dari BPOM tersebut, membuat Insto Dry Eyes terjamin dari segi keamanan dan kredibilitas sebagai obat tetes mata. Anda tak perlu takut atau ragu untuk menggunakan Insto Dry Eyes

4. Harga Terjangkau, Praktis, dan Mudah Diperoleh

Satu botol kecil Insto Dry Eyes berukuran kecil dibandrol dengan HET (Harga Eceran Tertinggi) sebesar Rp15.277 saja. Harga ini amat sangat terjangkau untuk pencegahan serta perlindungan mata kering, dibandingkan harus ke Dokter mata yang mungkin saja bisa sampai 10 kali lipat harga Insto Dry Eyes.

Selain harga terjangkau, Insto Dry Eyes mudah didapat di apotek atau minimarket terdekat. Insto Dry Eyes tersedia juga dalam kemasan kecil 7,5 mL sehingga  lebih praktis, serta tak memakan banyak tempat. Anda bisa memasukkannya ke saku kemeja, saku celana, tas, kotak pensil, kotak ATK, tempat kacamata, atau tempat lain yang memungkinkan Anda untuk gampang meraih si mungil Insto Dry Eyes.


Love Your Eyes 3000 : Bye Mata Kering!

Nah, setelah semua penjelasan pasti tentunya sudah paham, kan? Terutama tentang begitu pentingnya kesehatan mata agar tidak kering. Seperti quote I love you 3000 dari tokoh Avengers bernama Iron Man, tentunya kedua mata kita juga berhak mendapatkan kasih sayang 3000 kali juga.

Kenapa begitu? Bayangkan saja jika kedua mata sampai rusak atau tak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.  Anda tentunya tak akan bisa melihat orang-orang yang menyayangi atau Anda sayangi 3000 kali.

Bye mata kering
Love your eyes 3000 : Insto Dry Eyes membuat mata lebih segar, segala aktivitas pun makin lancar dan Bye mata kering!.

Jangan khawatir, tetap tenang dan tarik napas dalam-dalam, karena aku punya beberapa tips agar bebas dari mata kering. Kira-kira seperti ini langkahnya :

Perlindungan darurat :

1. Teteskan Insto Dry Eyes saat mata sepet, mata pegel, mata lelah atau mata perih.

Pencegahan:

1. Gunakan kacamata di kondisi berangin, berasap, dan berdebu
2. Mengatur lama kerja di depan layar komputer
3. Konsumsi makanan mengandung omega 3 (ikan tuna, makarel, atau salmon)
Insto Dry Eyes infografis
Infografis tips bebas mata kering ala anggitaramani.com

Sekali lagi jangan ragu untuk selalu membawa Insto Dry Eyes kemana saja Anda beraktivitas.  Anda pun tak perlu lagi was-was dengan serangan mata kering saat beraktivitas dan bye mata kering!


Sumber tambahan referensi :
1. http://insto.co.id/
2. https://www.alodokter.com/mata-kering
3. https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs00134-004-2203-y 


NB : Artikel ini diikutsertakan dalam Insto Dry Eyes Blog Competition dengan tema Bye Mata Kering! Seluruh foto yang digunakan bersumber dari dokumentasi pribadi, sedangkan gambar desain berasal dari website resmi insto dan website freepik premium!



9 komentar

9 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Lucky Caesar
    Lucky Caesar
    10 Agustus 2019 pukul 23.51
    Dari baca judulnyaa uda senyum" swndiri mbaak hehehe love your eyes 3000 pake insto yaak, andalan bangeet dr sejak kecil sampe sekarang ini. Kalau ada masalah mata kering, mata lelah, atau sakit mata pake insto. Top banget, legendaris hehehe makasih sharingnya mbaak, salam kenal juga 😁🙏
    Reply
  • Via Rinzeani
    Via Rinzeani
    6 Agustus 2019 pukul 11.50
    wah aku juga pakek insto, keren tulisannya..
    • Via Rinzeani
      ANGGITA RAMANI
      7 Agustus 2019 pukul 11.36
      Iya samaan kak, produk segala umat sih hehehe, salam kenal kak :D
    Reply
  • Rani Bon Bon
    Rani Bon Bon
    3 Agustus 2019 pukul 20.29
    Wah, mbaaak... kita samaan. Aku juga pake insto. Langganan keluargaku banget nih si insto ini. Udah kecil mungil, imut-imut, murah meriah, gampang didapat di apotek2 terdekat. Ya aku dan sekeluarga juga taunya cuma insto doang sih kalo udah nyangkut masalah mata. Haha. Gak tau merk lain, hehe.
    • Rani Bon Bon
      ANGGITA RAMANI
      7 Agustus 2019 pukul 11.35
      Iya mbak, paling gampang dicari, murmer dan ya uda ampuh sih :D
    Reply
  • Rhoshandhayani KT
    Rhoshandhayani KT
    30 Juli 2019 pukul 19.11
    wuah aku auto nyanyi pas baca judulnya...
    keren kali ya kalo insto iklannya pake lagu i love you 3000 by stephanie poetri
    • Rhoshandhayani KT
      ANGGITA RAMANI
      31 Juli 2019 pukul 10.59
      Iya kak, aku terinspirasi lagu itu pas nulis :D
    Reply
  • Sheerin
    Sheerin
    30 Juli 2019 pukul 06.36
    Uda baca tulisannya kakak, keren kak. Baru tau kalo itu ternyata sindrom mata kering. Padahal selama ini ya aku biarkan
    • Sheerin
      ANGGITA RAMANI
      31 Juli 2019 pukul 10.58
      Iya bener kak, ati2 aja, jangan sampe kebablasan kayak saya, jd sampe radang matanya. Kalo kerasa sepet langsung aja tetesin insto yg dry eyes
    Reply