Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

9 Manfaat Menggendong Bayi, Patahkan Mitos Bau Tangan

Mitos bau tangan

Bayinya jangan sering digendong, nanti bau tangan, nggak mau ditaruh kasur.”

Hmm, siapa yang masih mendengar kalimat seperti itu? Padahal manfaat menggendong bayi sangat baik sekali. Terutama dalam hal bonding atau ikatan antara anak dan orang tua.

Bayi memang cenderung lebih suka digendong daripada digeletakkan di kasur. Namun, hal itu tidak ada hubungannya dengan bau tangan. Lantas apa yang menyebabkan bayi lebih suka digendong?


Mitos Bau Tangan Vs Fakta Manfaat Menggendong Bayi

Bayi tumbuh serta berkembang di perut ibu selama kurang lebih 9 bulan. Selama itu pula ibu mendekap bayi dalam perut, membawanya kemana-mana. Tentunya itu bukan waktu yang singkat bagi bayi.

Saat bayi lahir, tidak ada lagi yang mendekapnya secara erat seperti saat dalam perut ibu. Tentunya ia kaget, serta berusaha mencari sesuatu yang mirip.

Coba tebak, sesuatu apa yang mirip dengan posisi atau kondisi bayi saat berada dalam dekapan perut ibunya?

Yap! Menggendong bayi. Terutama jika digendong secara M-Shape karena paling mirip dengan posisi bayi dalam kandungan. Di dalam gendongan ibu atau ayah itulah bayi menemukan suasana yang selama ini ia dapatkan dalam perut ibunya.

Soal bau tangan? Itu mah cuma ilmu cocoklogi saja. Saya pribadi pernah mencoba buktikan mitos tidak menggendong bayi atau saat menggendong tangan saya tidak boleh bersentuhan langsung dengan badan bayi. Hasilnya? Ya, tetap saja kalau ditaruh di kasur auto mewek.

Sebab, bayi tidak mau ditaruh di kasur itu bukan perkara bau tangan. Bayi memang masih mencari kenyamanan yang ia dapatkan selama 9 bulan berada di perut ibu. Jawaban dari apa yang bayi cari dengan menangis saat ditaruh di kasur adalah gendongan ibu yang mirip dengan ingatannya saat masih di perut. So cute, isn’t it?


Manfaat Menggendong Bayi di Masa Sekarang dan Masa Depan

Capek, dong, kalau gendong bayi terus? Iya, pasti, tapi masih manusiawi, kok. Rasa capek itu pasti hilang kalau tahu berbagai manfaat menggendong bayi yang luar biasa.di masa sekarang dan masa depan. Apa saja, sih, manfaat menggendong bagi bayi dan ibu?

Manfaat menggendong bayi

1. Menguatkan Bonding Lewat Resonansi Detak Jantung

Saat menggendong bayi sesuai kaidah TICKS (Tight, In view all times, Close enough to kiss, Keep chin off the chest, dan Supported backs), area dada bayi akan menempel pada area dada ibu. Di saat inilah detak jantung ibu akan beresonansi dengan bayi dalam frekuensi yang sama.

Artinya, bayi bisa merasakan apa yang ibu rasakan. Kalau ibu tenang, anak akan cepat tenang saat digendong. Sebaliknya, kalau ibu gelisah atau marah, anak akan makin rewel saat digendong. Hal ini bisa menguatkan bonding antara ibu dan anak. 

2. Menghadirkan Oksitosin atau Hormon Kebahagiaan Ibu

Menggendong bayi ternyata bisa menghadirkan hormon oksitosin bagi ibu sebagai penggendong. Oksitosin sering disebut sebagai hormon penghasil rasa bahagia.

Saya sering merasakan ketenangan itu sendiri saat menggendong anak. Apalagi saat mencium wangi khas bayi yang digendong, hmmm makin rileks rasanya.

3. Melatih Sistem Vestibular bayi

Mengayun bayi saat dalam gendongan bisa menstimulasi sistem vestibular bayi. Fungsi sistem vestibular untuk menjaga keseimbangan tubuh, mengatur postur tubuh, koordinasi tubuh, dan penglihatan bayi.

4. Pengganti Tummy Time Anak

Saya baru berani menggendong si kecil secara M-shape saat usianya 5 bulan. Sejak saat itu saya selalu menggunakan gendongan SSC ketika menggendong si kecil sampai berusia 2 tahun.

Menggendong bayi ternyata bisa menggantikan tummy time. Sudah pada tahu, kan, kalau tummy time juga jadi fase tumbuh kembang penting dalam pondasi dasar area pra membaca.

5. Bayi Lebih Rileks dan Tenang

Bayi yang digendong biasanya akan lebih rileks dan tenang. Hal ini karena kontak antara tubuh ibu dan bayi bisa merangsang hormon oksitosin keluar. Hormon tersebut yang membuat bayi lebih rileks.

6. Meningkatkan Kesuksesan Menyusui

Penelitian Pisacane (2012) menyatakan bahwa ibu yang menggendong bayinya rata-rata 1 jam sehari pada bulan pertama, akan menstimulasi produksi ASI. Terutama pada bulan ketiga hingga kelima.

Dulu saat saya sempat ke konselor menyusui, beliau juga mengatakan untuk sering menggendong bayi atau memperbanyak kontak skin to skin agar ASI lancar. Sebab produksi ASI juga berhubungan dengan hormon oksitosin yang biasanya muncul saat ibu menggendong bayi.

7. Mengurangi Risiko Refluks Lambung Bayi dan Kolik

Saat menggendong bayi dalam posisi M-shape, Jung (2012) dalam penelitiannya menyebutkan bahwa posisi tersebut bisa mengurangi risiko refluks lambung bayi atau kolik. Posisi tersebut juga mengurangi risiko anak tersedak, batuk atau muntah.

8. Menstimulasi Perkembangan Sosial, Kognitif, dan Bahasa Anak

Sebelumnya sudah dibahas bahwa menggendong bayi bisa menggantikan tummy time. Nah, tummy time ini merupakan fase penting dalam tumbuh kembang anak.

Terutama sebagai pondasi dasar dalam kemampuan bahasa dan kognitif. Menggendong bayi juga bisa menstimulasi perkembangan sosial anak. Sebab, anak yang sering digendong saat kecil cenderung memiliki karakter tenang.

9. Memperbaiki Postur Tubuh Ibu

Menggendong bayi secara benar ternyata juga bisa memperbaiki postur tubuh ibu. Sebelum mengenal M-shape, saya biasanya menggendong dengan cara tradisional.

Nah, biasanya punggung dan pundak suka nyeri setiap hari. Setelah menggendong dengan teknik M-shape, punggung dan pundak sudah tidak nyeri lagi. Postur tubuh pun bisa jauh lebih tegak, tidak bungkuk.


Penutup

Ternyata manfaat menggendong bayi sangat luar biasa. Hal tersebut bisa mematahkan mitos bau tangan yang banyak beredar di masyarakat luas. Bayi lebih suka digendong karena mereka memang mencari kenyamanan seperti apa yang mereka dapat saat di dalam perut ibu.


Referensi

Jung WJ et al, (2012) “The efficacy of the upright position on gastro-esophageal reflux and reflux- related respiratory symptoms in infants with Chronic respiratory symptoms.” Allergy Asthma & Immunology Research,4,1:17-23

Pisacane A et al (2012). “Use of baby carriers to increase breastfeeding duration among term infants: the effects of an educational intervention in Italy.” Acta Paediatrica, 101 (10):3434-8

12 komentar

12 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Eka FL
    Eka FL
    11 Juli 2023 pukul 22.10
    mitos bau tangan lahir karena budaya sih ya, biar ibunya jongjon ngurusin yang lain. tapi, kalau sedari bayi anak jarang di gendong emang ngaruh banget ke bonding dan perkembangan pskilogis anak
    Reply
  • Retroline Corner
    Retroline Corner
    30 Juni 2023 pukul 12.22
    Saya suka gendong sih kalau masih bayi.. tapi kalo bisa ditaruh ya ditaruh aja.. tapi pas usia 10 bulan udha nggak kuat gendong meski pake gendongan mungkin karena sudah berat ya..
    Reply
  • Nabilla DP
    Nabilla DP
    29 Juni 2023 pukul 22.05
    duh zamanku dulu banget nih pas masih puya bayi.. dibilang bau tangan lah. kesel kalau inget soalnya itu bener2 aneh menurutku haha padahal gendong anak juga banyak manfaatnya kan
    Reply
  • Shinta Shyntako
    Shinta Shyntako
    28 Juni 2023 pukul 02.55
    saya sih termasuk tim yang hobi gendong bayi, krn kan bonding antara ibu dan bayi juga ya, tutup telinga aja deh banyak yg bilang bau tangan, ya gpp kan sm ibunya sendiri wkkwwkwk
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    27 Juni 2023 pukul 22.55
    MashaAllaa~
    Ternyata manfaat menggendong bayi ini gak hanya dirasakan untuk pertumbuhan emosional dan karakter sang anak tetapi juga bermanfaat untuk sang Ibu. Jadi inget banget, dulu koleksi macem-macem bentuk gendongan. Karena sesuai dengan kebutuhan dan keriweuhan.
    Hihihi...

    Pokoknya peluk teruuss anak selagi masi di golden age.
    Semoga semua umma, Ibu, Mama di seluruh dunia ini diberi kemudahan dan kekuatan selalu.
    Reply
  • Han
    Han
    27 Juni 2023 pukul 20.32
    masyaAllaah kak Anggii makasih banget udah nulis artikel ini, aku termasuk yang akhirnya "kemakan" mitos itu duluuu, padahal itu bentuk kasih sayang ke anak dan perhatianku ke diaa huhu tpi sering dikatain nanti bau tangan, nanti manja, blablabla
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    27 Juni 2023 pukul 20.30
    Setuju banget kak. Bonding orgtua thd anak jd lbh bsr dibanding menaruhnya di kereta dorong / dalam ayunan. Kdg ortu zaman now tuh ga mau repot/capek2 sih. Pdhl manfaatnya lbh banyak loh kl mau menggendong anak. Mgkn gendongannya aja yg skrg variannya kbh bnyk dan lbh nyaman dibanding pake jarik kayak zaman dulu.
    Reply
  • Goresan hati
    Goresan hati
    27 Juni 2023 pukul 20.06
    Beruntungnya ibu yang bisa gendong anaknya. Sejak bayi, anakku digendong terus sama mertuaku. Aku gak pernah diijinkan gendong anakku sendiri. Rasanya sakit dan pengen mengulang punya anak lagi biar aku bisa ngerasain gendong anak kandungku sendiri
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    27 Juni 2023 pukul 17.52
    Waktu ponakan daku bayi, daku sering dapat wejangan begitu mbak, "Fen ponakannya jangan sering digendong".
    Daku manggut² aja hehe.
    Pas baca artikel ini dapat masukan nih, pas besok berkeluarga jadinya hehe
    Reply
  • Triani Retno A
    Triani Retno A
    27 Juni 2023 pukul 16.35
    Duh masih ada aja ya mitos seperti itu. Padahal sering menggendong bayi justru memperkuat bonding antara ibu dan anak. Sering gemes deh sama yang ngotot memegang mitos begitu.
    Reply
  • Yonal Regen
    Yonal Regen
    27 Juni 2023 pukul 11.56
    Sebagai seorang ayah, saya pun merasakan benar manfaat manfaat menggendong si bayi ini, kerasa banget bonding antara kita sebagai orang tua dengan anak kita
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    27 Juni 2023 pukul 06.38
    Mitos-mitos seperti ini memang harus diluruskan ya, Mbak. Alih-alih tidak menggendong bayi karena takut bau tangan, malah bisa mengurangi kedekatan ibu dan anak. Bahkan sesuai pengalaman saya, bayi bahkan balita saat sakit itu, ingin sekali digendong ibunya. Karena akan merasakan nyaman dan hangat. jadi proses sembuh juga cepat.
    Reply