Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Pantau Kesehatan Saat Puasa Secara Digital dengan Internet Cepat

Internet cepat IndiHome

Puasa di bulan Ramadan seharusnya menjadi momen untuk melakukan ibadah dengan khusyuk. Namun, euforia Ramadan yang identik dengan munculnya berbagai kuliner takjil, membuat sebagian orang lupa untuk pantau kesehatan saat puasa. Akibatnya, hal tersebut mengakibatkan masalah kesehatan yang bisa menggangu khusyuknya ibadah puasa.

Seperti saya yang pernah mengalami masalah pencernaan akibat kurang memperhatikan asupan cairan dan porsi makanan. Kalau sudah begitu, bisa berpotensi menggagalkan puasa, serta harus menggantinya di hari lain. Rugi banget, kan?

Nah, kalau sudah begitu wajib sekali menjaga dan memantau kesehatan selama puasa. Terlebih lagi di era digital saat ini sudah banyak aplikasi kesehatan digital dan konsultasi digital dengan bantuan internet.

Hadirnya internet yang cepat dan stabil memungkinkan kita untuk pantau kesehatan saat puasa secara digital. Dimulai dari menjaga kesehatan, pantau kesehatan dengan aplikasi kesehatan digital, dan konsultasi secara daring dengan bantuan internet.


Pentingnya Menjaga Kesehatan Ketika Berpuasa

Selama berpuasa, seluruh anggota tubuh tentunya tidak mendapatkan sari-sari makanan selama kurang lebih 14 jam. Mulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Namun, hal ini tidak menjadi masalah kalau kita menjaga kesehatan selama sahur dan berbuka.

Beberapa manfaat bagi tubuh bisa didapatkan saat bisa menjaga kesehatan saat puasa. Mulai dari tubuh memiliki gizi dan nutrisi yang cukup, menghindari dehidrasi, menghindari masalah kesehatan, dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Memenuhi Nutrisi dan Gizi

Manfaat pertama dari menjaga kesehatan saat puasa adalah tercukupinya kebutuhan nutrisi dan gizi. Caranya dengan mengontrol makanan yang masuk ke tubuh ketika sahur dan berbuka. Seimbangkan konsumsi karbohidrat, protein, lemak, buah, dan sayur sesuai anjuran Kemkes.

Menjaga Tubuh tetap Terhidrasi

Kebutuhan asupan cairan adalah minimal 8 gelas atau 1,5 Liter per hari. Saya sendiri mengambil patokan 2 Liter per hari agar lebih terhidrasi.

Jangan sampai asupan cairan kurang. Bisa disiasati dengan membagi jadwal minum sebanyak 4-6 gelas saat berbuka hingga tidur, dan 2-4 gelas ketika sahur.

Menghindari Masalah Kesehatan di Pencernaan

Jadwal makan dan porsi makan yang diatur sedemikian rupa untuk sahur dan berbuka bisa hindari masalah pencernaan. Pengalaman saya yang pernah mengalami masalah pencernaan diakibatkan porsi makan yang tidak teratur saat sahur dan berbuka. Selain itu juga karena terlalu banyak konsumsi menu makanan pedas.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Puasa yang berkualitas bisa mencegah timbulnya atau kambuhnya penyakit kardiovaskular seperti kolesterol tinggi, darah tinggi, dan lain-lain. Tentu saja hal ini harus diimbangi dengan mengatur pola makanan dan menjaga kesehatan lewat olahraga ringan yang dilakukan secara rutin.


Memantau Kesehatan Saat Puasa dengan Aplikasi Kesehatan Digital

Pantau kesehatan saat puasa secara digital

Selain menjaga kesehatan, satu hal lagi yang harus dilakukan adalah memantau kesehatan dengan aplikasi digital. Tentunya dengan dukungan internet cepat yang tepat seperti IndiHome bisa mendukung fitur konsultasi online dalam aplikasi kesehatan digital secara maksimal. Oleh karena itu, keberadaan internet juga penting dalam memantau kesehatan selama puasa secara digital.

Apa saja aplikasi kesehatan digital yang bisa digunakan untuk pantau kesehatan saat puasa? Menurut situs teknologi Pricebook, hadirnya aplikasi kesehatan digital dapat membantu kita untuk memantau kondisi tubuh selama berpuasa secara mandiri.

1. Fita

Aplikasi kesehatan digital bernama Fita merupakan aplikasi mobile yang memberikan pengguna berbagai macam program gaya hidup sehat. Fita memungkinkan pengguna memantau kesehatan lewat kontrol asupan kalori, rekomendasi resep sehat, hingga olahraga harian yang ringan.

2. Mediku

Aplikasi Mediku adalah aplikasi buatan anak bangsa dengan fitur utama menampilkan beberapa hasil diagnosa sementara berdasarkan gejala yang dirasakan oleh pengguna. Mediku juga memiliki fitur reminder untuk mengingatkan waktu minum obat saat sahur dan waktu buka puasa tiba.

3. Halodoc

Halodoc merupakan aplikasi penyedia layanan pembelian obat, vitamin, dan konsultasi daring dengan tenaga kesehatan. Melalui aplikasi Halodoc, kita juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter terkait saran untuk menjaga kesehatan saat berpuasa.

4. MyFitnessPall

Selain fokus dengan fitur personalisasi olahraga mandiri, MyFitnessPall juga dapat membantu untuk pantau asupan kalori, nutrisi, dan cairan yang dikonsumsi selama berpuasa. Melalui aplikasi ini bisa menyeimbangkan antara olahraga dan asupan makanan untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. Medcare

Sama seperti Mediku, Medcare juga aplikasi kesehatan digital lokal. Sayangnya, Medcare tidak menyediakan fitur konsultasi langsung dengan dokter. Namun, melalui fitur daily activity dapat merencanakan pola makan sehat selama puasa. Fitur ini bekerja dengan mengatur frekuensi makan dan menentukan menu makan sehat saat puasa.


Konsultasi dengan Ahli Saat Muncul Masalah Kesehatan

Pantau Kesehatan Selama Puasa Bersama IndiHome

Ketika sudah menjaga dan memantau kesehatan secara digital, ada kalanya tetap perlu konsultasi baik secara langsung atau lewat fasilitas telemedicine. Sebab ada beberapa masalah kesehatan yang memerlukan penanganan dari medis.

Konsultasi Secara Langsung

Meskipun dilakukan secara langsung, biasanya ada beberapa klinik, rumah sakit, atau fasilitas kesehatan yang memberlakukan sistem antri lewat online. Seperti klinik dokter langganan yang biasanya harus mengisi form secara online untuk pengambilan nomor antrian. Kalau internet lemot, sudah bisa dipastikan bakal dapat nomor belakangan.

Nah, kalau sudah begini butuh internet yang kencang seperti provider internet IndiHome dari Telkom Indonesia yang saya pakai di rumah. Layanan internet cepat tersebut sangat membantu dalam "war" antrian dokter hits tersebut. Saya selalu dapat nomor antrian pertama karena koneksi internet sat set wat wet.

Telemedicine

Di era digital ini, teknologi komunikasi di bidang kesehatan semakin canggih dengan adanya telemedicine. Biasanya telemedicine dilakukan antara pasien dan dokter yang beda kota atau negara.

Telemedicine hampir mirip dengan teleconference yang menggunakan internet. Jika koneksi lambat, obrolan bisa terganggu, bahkan bisa terputus. Lagi-lagi memang kebutuhan internet untuk pantau kesehatan saat puasa sangat krusial.

Untungnya ada Telkom Indonesia yang menyediakan provider internet cepat IndiHome. Tak perlu khawatir bakal terputus-putus saat melakukan konsultasi via telemedicine.


Penutup

Menjaga kesehatan selama puasa sangatlah penting karena bisa mendukung khusyuknya ibadah di bulan Ramadan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk pantau kesehatan saat puasa adalah menggunakan aplikasi kesehatan digital.

Penggunaan aplikasi kesehatan digital maupun layanan konsultasi online tidak lepas dari penggunaan internet cepat. IndiHome bisa jadi salah satu provider internet cepat dari Telkom Indonesia yang mendukung kegiatan pantau kesehatan saat puasa secara digital.


Referensi

https://www.pricebook.co.id/

https://tekno.kompas.com/read/2016/06/13/19020007/catat.5.aplikasi.lokal.yang.bisa.bikin.sehat.selama.puasa.?page=all#page2

40 komentar

40 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Fendy Hananta
    Fendy Hananta
    8 April 2023 pukul 09.49
    Dulu pernah sakit malam-malam, mau keluar gak kuat. Akhirnya minta bantuan dokter di aplikasi Halodoc. Biaya bisa disesuaikan karena tarifnya kelihatan semua.

    Dokter periksa penyakitnya dari gejala dan apa yang dirasakan sekarang. Terus dokter kasih obat dan obatnya bisa dikirim atau diambil sendiri. Alhamdulillah aplikasi kesehatan seperti ini sangat membantu.
    Reply
  • Happy
    Happy
    3 April 2023 pukul 22.55
    mantep banget sekarang ngecek kesehatan bisa dilakukan secara online. jadi bikin kita jauh lebih mudah ya
    Reply
  • Zeneth Thobarony
    Zeneth Thobarony
    3 April 2023 pukul 09.03
    Udah banyak banget ya sekarang Telemedicine,insya Allah bisa segera konsultasi
    Reply
  • Ranggi's Travel Story
    Ranggi's Travel Story
    3 April 2023 pukul 06.01
    Puasa membuat tubuh kita sehat karena proses detox, nah jangan ketika berbuka makan sembarangan apa aja masuk. Pastikan yang bergizi supaya tubuh sehat kuat (gusti yeni)
    Reply
  • Fatimah Aqila
    Fatimah Aqila
    2 April 2023 pukul 23.58
    Bener banget, meski puasa tetap harus memperhatikan kesehatan ya kak. Apalagi kalau tubuh sehat jadinya lebih semangat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan ini.
    Reply
  • Bundamami Devi
    Bundamami Devi
    2 April 2023 pukul 23.42
    Memantau kesehatan memang penting banget ya Kak. Apalagi di bulan Ramadhan gini, waktu terasa begitu singkat. Jadi, aplikasi konsultasi dokter secara daring adalah solusi tepat.
    Reply
  • Monica Anggen
    Monica Anggen
    2 April 2023 pukul 23.41
    Sekarang mah asal terhubung sama internet, ada banyak aplikasi yang memudahkan hidup kita banget, termasuk berbagai aplikasi yang membantu kita memantau kesehatan.
    Reply
  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani
    2 April 2023 pukul 23.23
    Untung ada internet dan berbagai jenis aplikasi kesehatan ya, memantau kesehatan meskipun di bulan puasa jadi lebih mudah..
    Reply
  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    2 April 2023 pukul 23.03
    Sudahkah mengeceknya kembali hari ini?
    Bagus deh ya bisa terpantau
    Bisa tahu mana yang baik dilakukan
    Jadi makin butuh internet nih
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    2 April 2023 pukul 22.57
    Pingin banget meski shaum kondisi kesehatan tetap terus terpantau. Salah satunya instal MyFitnessPall ya.. Biar olahraga jalan, nutrisi terpenuhi dan puasa bisa tetap bugar dan sehat.
    Reply
  • Ririn Wandes
    Ririn Wandes
    2 April 2023 pukul 22.16
    Kalo internetnya cepat pasti mau cek kesehatan bisa lebih mudah ya. Sekarang bulan ramadan ini pasti butuh banget aplikasi buat pantau kesehatan. BIsa banget nih mulai cobain juga cek di apps.
    Reply
  • Yonal Regen
    Yonal Regen
    2 April 2023 pukul 22.10
    Konsultasi kesehatan di era digital saat ini sangat bisa mengkondisikan dengan kondisi kita. Kita bisa berkonsultasi dengan dokter baik secara offline maupun online, apalagi di bulan ramadan seperti sekarang, konsultasi online via aplikasi kesehatan bisa dimaksimalkan untuk meantau kesehatan tubuh kita
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    2 April 2023 pukul 21.11
    Waktu pandemi saya mulai menggunakan konsultasi online dengan tim dokter eh sampai sekarang jadi terbiasa. Karena itu juga praktis, hemat biasa dan hemat waktu. Alhamdulillah bersyukur internet sudah masuk ke desa kami. Jadi gak susah lagi...
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    2 April 2023 pukul 21.11
    Senang banget ada jaringan internet cepat dan stabil dari IndiHome ini
    Bisa membantu kita memantau kesehatan tubuh saat puasa
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    2 April 2023 pukul 19.14
    kehadiran internet saat ini memang sangat dibutuhkan oleh setiap orang, termasuk untuk memantau kesehatan selama bulan puasa, dengan adanya internet kita tidka perlu keluar rumah
    Reply
  • Alley Hardhiani
    Alley Hardhiani
    2 April 2023 pukul 17.21
    Untuk kesehatan selama di bulan puasa harus lebih perhatian, apalagi buat yg jadi busui kyk diriku. Untungnya skrng ada internet, jd lebih gampang untuk mantau. Kalau terpaksa harus konsul ke dokter, pilih konsul lewat aplikasi telemedicine dulu. hemat waktu dan tenaga.
    Reply
  • Ayah Ugi
    Ayah Ugi
    2 April 2023 pukul 14.13
    Saya dulu pernah menggunakan HaloDoc, biayanya juga murah untuk konsultasi.
    Reply
  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati
    2 April 2023 pukul 13.41
    Kita bersyukur banget ya, karena banyak aplikasi kesehata yang memudahkan kita. Bisa berkonsultasi secara online dengan dokter tanpa harus mendatanginya.
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    2 April 2023 pukul 11.14
    Urusan konsultasi di platform kesehatan jadi lebih mudah, karena terhubung internet cepat. Ini nih asiknya punya akun kesehatan dan jaringan internet memadai
    Reply
  • Han
    Han
    2 April 2023 pukul 10.58
    Aku baru tahu yang Fita ini kak, kayaknya seru yaah buat tracker kesehatan di bulan Ramadhan soalnya kadang kan asam lambungku naik lohh jam 3an gitu beuh perih dan pahit banget di mulut
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    2 April 2023 pukul 08.48
    Selama berpuasa, saya memang sangat memperhatikan kondisi agar tetap fit. Salah satunya tidak mengkonsumsi banyak minuman dingin dan makanan pedas. Makanya saya memilih browsing tips-tips sehat dan makanan yang pas. Dan sesuai anjuran, katanya perbanyak makanan berserat.
    Reply
  • deamerina
    deamerina
    2 April 2023 pukul 08.24
    Dari list di atas aku cuma pernah coba Halodoc. Dan emg bener sekarang jadi praktis bgt mau konsultasi online. Nggak perlu ke rs lagi.
    Reply
  • Lintang
    Lintang
    2 April 2023 pukul 06.35
    Penting banget lho memantau kesehatan selama bulan suci. Apalagi saat puasa, asupan makanan bergizi harus seimbang. Enak ya sekarang ada internet cepat, jadi bisa konsultasi ke dokter lewat aplikasi. Aku biasanya juga mantau lewat Halodoc, atau SehatQ juga terpercaya.
    Reply
  • sarrahgita
    sarrahgita
    2 April 2023 pukul 05.05
    Ternyata banyak juga ya pilihan aplikasi kesehatan yang bisa kita manfaatkan untuk memantau kesehatan selama puasa. Mau coba kepoin ah aplikasinya, terutama aplikasi yang bisa memantau asupan air putih, soalnya saya termasuk jarang banget minum air putih huhu
    Reply
  • ungayossy.com
    ungayossy.com
    1 April 2023 pukul 22.39
    Berasa punya dokter pribadi yang bisa ditanyain kapan aja dan dimana aja ya kak. Terbantu banget dengan adanya aplikasi apalagi didukung dengan jaringan internet yang aman terkendali sinyalnya
    Reply
  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin
    1 April 2023 pukul 22.36
    Moga sehat terus ya kak pencernaannya.
    Daku blm pernah pakai aplikasi kesehatan nih, kapan2 boleh deh dicoba.
    enak ya sekarang bisa teleconference ama dokter jadi hemat waktu juga.
    Reply
  • April Hatni
    April Hatni
    1 April 2023 pukul 14.38
    Hadirnya internet cepat ini sangat menguntungkan banyak pihak ya, mau konsultasi ke dokter bisa dengan online, tak perlu datang ke tempat. Praktis banget emang.
    Reply
  • Juwita
    Juwita
    1 April 2023 pukul 11.38
    Keren banget ya ada aplikasi yang memudahkan kita untuk berpuasa dengan sehat dan bugar.. keren deh mau coba
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    1 April 2023 pukul 11.32
    Alhamdulillah,
    Aku juga kemarin dalam kondisi yang kurang baik dan terasa sekali manfaat internet untuk akses website atau apps mengenai kesehatan, seperti halodoc.
    Jadi tau penyebabnya dan bikin gak salah konsumsi obat.

    Reply
  • Dyah Kusumastuti Utari
    Dyah Kusumastuti Utari
    1 April 2023 pukul 10.15
    semakin memudahkan ya saat ini, kondisi kesehatan juga bisa dipantau menggunakan teknologi, ada banyak pilihan aplikasi kesehatan, saya hanya tahu 1 aja ternyaat ada banyak ya
    Reply
  • Susi Yanti Nuraini
    Susi Yanti Nuraini
    1 April 2023 pukul 09.49
    Wah, setuju banget mba, penting sekali memantau kesehatan saat puasa. Agar puasa tetap lancar dalam kondisi prima. Pantau kesehatan secara digital pun sekarang mudah ya mba dengan Internet cepat Telkom Indonesia.
    Reply
  • YSalma
    YSalma
    1 April 2023 pukul 09.08
    Kalau anggota keluargaku seringnya keluhan masalah pencernaan setelah berbuka yang kebablasan, terbantu banget dengan konsultasi online via aplikasi kesehatan yang ada.
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    1 April 2023 pukul 01.04
    saya biasa pakai MyFitnessPall tapi pengen nyoba yang lain karena yang ini khusus buat diet. secara gitu diet adalah impian tapi gagal terus, hehehe. aplikasi bantu banget sih untuk kembali konsisten
    Reply
  • nurul rahma
    nurul rahma
    31 Maret 2023 pukul 22.32
    makin k sini, aku jg berasa terbantu bgttt

    lantaran akses internet cepat membuatku bs mendptkan info kesehatan yg kredibel
    Reply
  • Imawati A. Wardhani
    Imawati A. Wardhani
    31 Maret 2023 pukul 20.17
    Bermanfaat banget nih aplikasi kesehatan untuk memantau dan gercep mengambil tindakan ketika ada masalah sama kesehatan tanpa harus keluar rumah. Saya beberapa kali menggunakan aplikasi tersebut dan kerasa banget kemudahan dan keringanan biayanya. Hehe. Tapi semoga pas puasa gini aman-aman dan sehat semua, deh.
    Reply
  • Farida Pane
    Farida Pane
    31 Maret 2023 pukul 10.10
    Memantau kesehatan sekarang bisa secara digital, ya. Yang penting punya jaringan internet yang memadai.
    • Farida Pane
      R Palupi
      2 April 2023 pukul 06.52
      Modal hape dan internet mah sekarang semua-mua bisa dilakukan dengan mudah dan cepat ya mbak, termasuk dalam hal memantau kesehatan.
    Reply
  • SHalikah
    SHalikah
    31 Maret 2023 pukul 08.00
    Sebagai salah satu pengguna halodoc, memang aplikasi kesehatan semacam ini bermanfaat ya Mbak. Untuk konsultasi yang ringan-ringan bisa lebih cepat dan hemat waktu. Kuncinya asalkan ada internet cepat untuk mengakses semua apps ini.
    Reply
  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina
    31 Maret 2023 pukul 07.57
    Pantau kesehatan saat puasa kini mudah sekali...Termasuk melakukan konsultasi dokter lewat telemedicine. Saya beberapa kali melakukan saat pandemi dulu. Dan hasilnya memuaskan. Apalagi jika pakai koneksi internet dari Telkom Indonesia yang menyediakan provider internet cepat IndiHome. Tak perlu khawatir bakal terputus-putus saat melakukan konsultasi via telemedicine.
    Reply
  • Auliya Nurrahman
    Auliya Nurrahman
    31 Maret 2023 pukul 06.10
    Baruuu aja kejadian dua hari lalu, saya diare hebat sampai dehidrasi dan demam. Alhamdulillah puasanya sampai selesai tetapi kemarin memutuskan untuk cuti puasa dulu karena harus minum obat dan ngembaliin cairan tubuh yang hilang. Belajar dari pengalaman kemarin, sepertinya saya benar-benar butuh aplikasi kesehatan digital ini ya buat cek kondisi tubuh.
    Reply