Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Peran Kurikulum Internasional di Indonesia: Hasilkan Lulusan Berdaya Saing Global dengan Akar Budaya Nasional

Sampoerna University

Bersekolah di luar negeri adalah impian setiap orang yang ingin mendapatkan pendidikan terbaik agar bisa bersaing secara global. Sayangnya, biaya selangit dan keterbatasan beasiswa sudah banyak menggugurkan mimpi mulia tersebut. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kurikulum internasional memiliki keunggulan tersendiri dalam hal membentuk pola pikir dan mental kuat untuk kompetensi global.

Menariknya, di dalam filsafat pendidikan nasional ternyata juga memiliki landasan untuk menerima kurikulum asing sebagai upaya untuk menyetarakan anak Indonesia dengan bangsa di dunia (Sukardjo dan Komarudin, 2012). Artinya, kurikulum Internasional memiliki peran penting di dalam sistem pendidikan Indonesia untuk mencetak lulusan yang berdaya saing global. 

Bagaimana “peran penting” kurikulum internasional di dalam sistem pendidikan Indonesia tanpa menghilangkan identitas sebagai bangsa Indonesia?


Pengalaman Jadi Research Student, Merasakan Sistem Pendidikan Internasional

Sekitar tahun 2017, saya pernah menjadi research student di salah satu perguruan tinggi Malaysia untuk kerja sama penelitian milik dosen dari salah satu kampus di Indonesia. Ternyata sistem pendidikan di sini sudah menggunakan kurikulum internasional, bahkan hingga ke tingkat laboratorium tempat saya melakukan penelitian.

Kurikulum internasional
Merasakan kurikulum internasional sebagai research student di Malaysia. (sumber: dokpri)

Perbedaan kurikulum Indonesia dan internasional dalam sistem laboratorium lumayan mencolok. Terutama dalam hal kemandirian, problem solving, dan aplikatif dalam industri atau kompetensi bekerja di lingkup Malaysia.

Semua mahasiswa baik asing maupun lokal, akan ditempa mentalnya untuk menyelesaikan masalah lewat critical thinking dan menekankan kemandirian. Dosen atau kepala laboratorium biasanya hanya akan menjelaskan prinsip kerja alat di laboratorium. Selanjutnya, mahasiswa dipersilahkan untuk mencoba sendiri tanpa bantuan dosen.

Jadi, penerapan teori dalam kebutuhan lapangan di sini sangat bagus. Bahkan, di laboratorium ada miniatur alat pembuat membran yang sudah siap diaplikasikan ke pabrik. Kurikulum internasional secara tidak langsung telah membuat teknologi di Malaysia lebih maju dibandingkan dengan Indonesia.


Peran Kurikulum Internasional dalam Sistem Pendidikan di Indonesia

Kurikulum internasional adalah kurikulum yang diterapkan di sekolah atau perguruan tinggi yang mengadopsi standar pendidikan internasional. Beberapa sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia sudah mulai mengadopsi kurikulum internasional untuk meningkatkan kualitas lulusan.

Sebenarnya ruang untuk kurikulum internasional dalam sistem pendidikan di Indonesia telah tersedia dalam filsafat pendidikan nasional. Tujuannya untuk membuat kualitas anak bangsa setara dengan bangsa-bangsa lainnya di dunia. Tentu saja dengan tetap menjunjung tinggi nilai akar budaya nasional dan filosofi Pancasila (Sukardjo dan Komarudin, 2012).

Ada tiga poin penting peranan kurikulum internasional dalam sistem pendidikan di Indonesia:

1. Lulusan Berdaya Saing Global dengan Akar Budaya Nasional 

Seperti pohon yang bebas tumbuh hingga tinggi menjulang ke langit, bagaimana pun juga harus tetap mengakar kuat pada bumi agar tidak roboh.”

Lulusan yang terbentuk dari kurikulum internasional memiliki kompetensi untuk bersaing secara global. Sebab pembuatan kurikulum disesuaikan dengan wawasan internasional.

Selain itu, lulusan juga akan memiliki kemampuan standar internasional tanpa menghilangkan identitas budaya nasional. Sebab kegiatan belajar dan mengajar dilakukan di lingkup Indonesia.

2. Membentuk Mental Problem Solving 

Menurut data dari BPS Indonesia (2022), jumlah pengangguran diploma atau sarjana di Indonesia mencapai 29 juta. Hal ini mengindikasikan teori di kampus dan praktek di dunia kerja yang tidak sinkron.

Kurikulum internasional lebih menekankan proses daripada hasil, kemampuan problem solving, dan pengembangan minat bakat. Kemampuan inilah yang lebih diperlukan untuk kebutuhan lapangan di Indonesia daripada hanya teori semata.

3. Pengembangan Diri Sesuai Minat dan Bakat

Di dalam pendidikan internasional, anak akan dibebaskan memilih pelajaran yang disukai, kemudian akan fokus mengambil pelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat. Berbeda dengan kurikulum Indonesia yang masih mengatur pelajaran apa saja yang diambil oleh anak.

Berkat kebebasan untuk memilih pelajaran yang disukai selain pelajaran wajib inilah, anak bisa lebih memahami kemampuan diri sendiri. Anak lebih paham potensi minat dan bakat apa yang bisa mereka kembangkan sendiri.


Universitas dengan Kurikulum Internasional Amerika: Sampoerna University

Bagaimana jika ada pendidikan tinggi di Indonesia yang menyediakan kurikulum internasional dengan biaya lokal yang terjangkau? Pastinya mimpi untuk mendapatkan pendidikan terbaik ala internasional bisa hidup kembali tanpa harus pusing mencari beasiswa ke luar negeri.”

Salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang menggunakan kurikulum internasional adalah Sampoerna University. Perguruan tinggi swasta ini menggunakan kurikulum Amerika, serta memiliki kerja sama dengan University of Arizona di Amerika.

Kurikulum internasional
Sampoerna University dan University of Arizona (sumber: sampoernauniversity.ac.id)

Kurikulum Amerika Dianggap Terbaik di Dunia

Kurikulum Amerika yang digunakan Sampoerna University dikenal sebagai kurikulum terbaik di dunia. Sebanyak 40% dari 200 daftar teratas universitas terbaik dunia berlokasi di Amerika, termasuk Universitas Arizona (CWUR, 2022).

Hal ini karena kurikulum Amerika bersifat kontekstual melalui kemampuan problem solving dan critical thinking. Fokus utama pendidikan internasional Amerika ada pada isu Science, Technology, Engineering, Art dan Math (STEAM) sebagai bagian dari kompetensi bekerja global.

Gelar Double Degree, Siap Bersaing Secara Global

Ketika kuliah di Sampoerna University, akan mendapat gelar double degree dari Indonesia dan University of Arizona di Amerika Serikat. Dengan adanya gelar double degree ini, kualifikasi lulusan Sampoerna University akan diakui secara nasional dan internasional. Otomatis bisa memiliki kesempatan kerja di dalam negeri atau luar negeri.

Pengajar Kelas Dunia

Pengajar di Sampoerna University sebagian besar memiliki gelar doktor dan beberapa merupakan lulusan universitas luar negeri. Tentunya akan sangat meningkatkan kualitas lulusan karena para pengajarnya juga memiliki wawasan internasional.

Program Kuliah di Indonesia

Menariknya, program perkuliahan di Sampoerna University dilakukan di Indonesia. Jadi tidak perlu bingung cari beasiswa ke luar negeri jika ingin merasakan pendidikan internasional setara di luar negeri. Cukup belajar di Sampoerna University, universitas berkurikulum internasional kebanggaan Indonesia.


Kesimpulan

Kurikulum internasional di dalam sistem pendidikan Indonesia memiliki peran penting untuk menyetarakan kualitas pendidikan anak bangsa agar memiliki daya saing secara global. Selain itu, adanya kurikulum internasional di beberapa sekolah atau perguruan tinggi di Indonesia mampu mempertahankan akar budaya nasional sebagai identitas bangsa.

Salah satu kampus Indonesia dengan kurikulum internasional adalah Sampoerna University. Selain memperoleh skill kompetensi bekerja untuk bersaing secara global, di sini peserta didik juga akan memperoleh double degree dari Indonesia dan Amerika. Sebuah solusi bagi anak bangsa yang ingin memperoleh pendidikan setara dengan pendidikan di luar negeri.


Referensi

  • Badan Pusat Statistik Indonesia. 2022. https://bps.go.id
  • Sampoerna University. https://www.sampoernauniversity.ac.id/the-sampoerna-difference/
  • The Center for World University Rankings (CWUR). 2023. https://cwur.org
  • Sukardjo, Muhamad dan Komarudin, Ukim. 2012. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta : Rajawali Press.

26 komentar

26 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Derisafriani.com
    Derisafriani.com
    3 Maret 2023 pukul 13.15
    Aku jadi pengen berkunjung ke Sampoerna University. Pengen melihat dan merasakan aura belajar kurikulum internasional. Kebayang ya ala-ala luar negerinya. Apa lagi ini patokannya Amerika.
    Reply
  • Yusriah Ismail
    Yusriah Ismail
    1 Maret 2023 pukul 10.23
    kesempatan untuk mengambil ilmu di luar negeri memang tidak boleh disia-siakan.. pengalaman memang kunci utama pendidikan.. saya salut dengan sampoerna akademi yang mau menghadirkan menghadirkan kurikulum internasional di Indonesia
    Reply
  • Rizka Amita Ridwan
    Rizka Amita Ridwan
    16 Februari 2023 pukul 11.57
    Wah bagus ya. Dengan kurikulum internasional maka lulusannya bisa double degree hingga mampu bersaing di dunia kerja internasional juga.
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    15 Februari 2023 pukul 11.58
    kurikulum internasional membuat anak-anak berkembang dengan pesat, tidak hanya soal pola pikir, cara pandang, leadership, tetapi juga koneksi dia dengan dunia luar
    Reply
  • Aprilely Ajeng Fitriana
    Aprilely Ajeng Fitriana
    15 Februari 2023 pukul 11.06
    Keren nih kurikulumnya. Udah international. Kuliah di dalam negeri rasa luar.
    Reply
  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti
    15 Februari 2023 pukul 10.55
    Bisa dapet double degree ya kalau di Sampoerna University. Mantap nih, kompetensinya sudah langsung diakui secara internasional. Anak2 pun makin siap bersaing di dunia kerja secara global.
    Reply
  • Hamimeha
    Hamimeha
    15 Februari 2023 pukul 10.54
    dhek dirimu kok keren sih... iya kurikulum kita memang beda dan sangat lokalitas banget. kalo di kurikulum internasionbal memang tidka banyak mapelnya
    Reply
  • Juwita
    Juwita
    15 Februari 2023 pukul 09.14
    Semoga program ini bisa dinikmati semua anak Indonesia. Berdaya saing global
    Reply
  • Mutia Erlisa Karamoy
    Mutia Erlisa Karamoy
    15 Februari 2023 pukul 07.54
    Satu hal yang tidak bisa ditunda lagi, pendidikan Indonesia harus menghasilkan SDM berkualitas global agar memiliki daya saing tinggi dan tidak kalah dengan lulusan luar negeri, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah secara perlahan mulai mengadaptasi kurikulum internasional dalam muatan kurikulum nasional agar siswa terbiasa dengan materi dan cara belajar terutama bahasa inggris. Semoga anakku bisa masuk sekolah yang menerapkan kurikulum internasional yah.
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    14 Februari 2023 pukul 21.48
    Penting banget mencetak lulusan yang bisa memiliki kompetensi global seperti ini ya mbak
    Agar bisa bersaing di era globalisasi
    Reply
  • Jejak Pena Oemy Ikbar
    Jejak Pena Oemy Ikbar
    14 Februari 2023 pukul 19.22
    Seharusnya sistem pendidikan Indonesia menganut skurikulum internasional. Jadi kualitas dan daya saing mereka tinggi.
    Reply
  • Ria Kiyandra | Beauty, Life Style Blogger kiyandra.com
    Ria Kiyandra | Beauty, Life Style Blogger kiyandra.com
    14 Februari 2023 pukul 19.16
    kebetulan ponakan saya ada yang sudah sma dan sebentar lagi kuliah, jadi ini bisa banget aku share ke ponakan dan kakak aku nih.. baru tau kalau sampoerna university ternyata double degree.. makasi infonya
    Reply
  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina
    14 Februari 2023 pukul 16.14
    Sebuah opsi untuk melanjutkan pendidikan tinggi dan memperoleh pendidikan setara dengan pendidikan di luar negeri. Sampoerna University menawarkan skill untuk bersaing secara global dan double degree dari Indonesia dan Amerika.
    Reply
  • Friska Julia
    Friska Julia
    14 Februari 2023 pukul 14.57
    Mudah-mudahan suatu saat nanti kurikulum kita bisa bersaing dengan negeri seberang. Kampus-kampus Indonesia menjadi incaran pelajar asing, bukan sebaliknya.
    Reply
  • Esy Kanastari
    Esy Kanastari
    14 Februari 2023 pukul 12.54
    Kurikulum memang penting banget untuk menentukan jenis materi dan cara belajar siswa ya, Kak. Semoga kurikulum pendidikan di Indonesia juga bisa semakin maju.
    Reply
  • Han
    Han
    14 Februari 2023 pukul 12.19
    Beberapa hari ini aku jadi ikutan googling referensi kurikulum internasional ini baiknya diterapkan di sekolah dasar, menengah pertama, menengah atas, atau pas universitas aja.. eh ternyata penting banget ya untuk siapin anak siap bersaing di pasar global.
    Reply
  • Allamandawi
    Allamandawi
    14 Februari 2023 pukul 08.27
    Belum pernah merasakan yg namanya kurikulum internasional selama sekolah dulu, tp kudengar sih oke ya, semoga di indo makin banyak yg nerapin kurikulum tersebut biar kualitas pendidikan pun makin maju
    Reply
  • lendyagassi
    lendyagassi
    14 Februari 2023 pukul 05.09
    Kak Anggita ini bestienya Alfikah?
    Sesama anak Kimia yang pernah ke Malay... ini jadi keyword saat membaca artikel ini. Hehehe.. Senang sekali.. Aku pun anak Kimia dengan angkatan tahun jebot, tapi dari Unair.

    Belajar di luar negeri memang menjadi kesempatan yang sempurna untuk merasakan banyak pengalaman terlebih di Indonesia kini sudah ada Sampoerna University dengan memiliki keunggulan kurikulum internasional-nya.
    Reply
  • April Fatmasari
    April Fatmasari
    13 Februari 2023 pukul 19.38
    Salah satu yang penting, berdaya saing global dengan akar budaya nasional biar kita tetap ingat adab dan budaya timur ya, Mbak. Keren deh, Sampoerna University bisa jadi pilihan mahasiswa yang ingin merasakan kurikulum internasional
    Reply
  • srisubekti.com
    srisubekti.com
    13 Februari 2023 pukul 15.27
    Terima kasih infonya Mbak, jadi tahu dunia perkulikulum . Semoga dunia pendidikan di Indonesia tak kalah dengan dunia pendidikan Internasional. Sehingga anak anak Indonesia menjadi generasi yang lebih baik..
    Reply
  • Dewi Rieka
    Dewi Rieka
    13 Februari 2023 pukul 14.05
    Semoga kurikulum kita lebih maju lagi ya untuk mampu menghadapi tantangan di dunia kerja masa depan yang butuh kemampuan lebih banyak dan kompleks
    Reply
  • Sukma (lantanaungu.com)
    Sukma (lantanaungu.com)
    13 Februari 2023 pukul 07.59
    Jadi tetap bisa bersama orang tua ya Mbak. Kalau ke kmapus luar negri butuh banyak biayanya. Kecuali kalau memang dapat bea siswa. Lulus dapet 2 degree?

    Ini solusi juga untuk tetap mengenyam pedidikan terbaik bertaraf internasional, dari dalam negri ya Mbak.
    Reply
  • Aisyah Dian
    Aisyah Dian
    12 Februari 2023 pukul 19.21
    saya sangat setuju sekali kak Kurikulum internasional di dalam sistem pendidikan Indonesia memang memiliki peran yang sangat penting untuk menyetarakan kualitas pendidikan anak bangsa agar memiliki daya saing secara global
    Reply
  • deamerina
    deamerina
    8 Februari 2023 pukul 15.49
    Yak, aku juga seneng banget waktu ada kampus yang mengadaptasi kurikulum internasional. Coba munculnya dari dulu kan aku jadi punya pilihan 😆 Sampoerna University ini keren sih karena labnya canggih, ada program double degree juga. Jd mahasiswa bisa memaksimalkan minat dan bakatnya ✨
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    7 Februari 2023 pukul 18.20
    Jadi inget zaman RSBI dulu (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional). Sayang, program bagus ini sudah dihapuskan
    Reply
  • Nurul Sufitri
    Nurul Sufitri
    7 Februari 2023 pukul 13.41
    Beberapa waktu lalu aku sempat gugelan Sampoerna University ini mbak. AKu mencari prodi desain komunikasi visual untuk anak sulungku kuliah nanti. Yang kutahu sehari2 belajarnya di sana menggunakan bahasa Inggris. Oh, ternyata bahasa Indonesia ya? Keren ya dapat double degree lulusannya jadi disamakan dengan lulusan universitas di luar negeri. Kesempatan bekerja juga oke nih. Memang butuh skill bagus supaya bisa bersaing dengan lulusan berbagai kampus. TFS mbak.
    Reply