Catatan Arek Kimia 2010 : Episode Kegiatan Maba Sehari-hari

Assalamu'alaikum, Surabaya


Hidup bukanlah tentang 'Aku Bisa Saja' tapi tentang 'Aku Mencoba'. Jangan pikirkan tentang kegagalan, itu adalah pelajaran -Soekarno-


Istilah “Pengkaderan” di kampus perjuangan ITS seringkali menjadi momok bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di sini. Karena menurut gosip yang sering beredar, pengkaderan di ITS sangatlah keras, seperti julukan kampus ini “kampus perjuangan”. Gosip tersebut tidak sepenuhnya benar namun juga tidak sepenuhnya salah. Di jaman 2010, terutama di jurusan kimia pengkaderan oleh senior dilakukan selama 1 tahun. Pasti banyak yang bertanya, “diapain aja itu setahun???”. Tenang, yang jelas sama sekali nggak ada kekerasan fisik di sini. Memang terhitung keras, tetapi menurut saya sangat bagus untuk membentuk karakter tahan banting. Percayalah, saat terjun di dalam masyarakat, anda akan mengalami pengkaderan yang jauh lebih keras dibandingkan pengkaderan kampus. Anda akan mengalami masa dimana kehidupan ideal hanya terjadi di kampus, lepas dari kampus, kehidupan non-ideal akan menyambut anda. Welcome to the REAL Jungle, Honey!

Oke, nggak usah terlalu serius bacanya ya hahaha! Meskipun keras tapi buktinya wanita lemah lembut seperti saya yang sering keluar masuk rumah sakit di awal pengkaderan, buktinya bisa melewati ganasnya alur pengkaderan sampe akhir dan diangkat menjadi warga ^.^v.

Kira-kira, para arek kimia angkatan 2010 itu ngapain aja sih sehari-hari selama masa pengkaderan?
Yuk, mari saya tunjukan agenda harian kami, angkatan 2010 yang selalu unyu, ceria, koplak dan bersemangat ^o^

RAPAT ANGKATAN
Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang wajib dilakukan dalam periode waktu tertentu, misalnya seminggu sekali. Ngapain aja sih?
Biasanya digunakan untuk koordinasi dan konsolidasi masalah tugas kuliah, tugas pengkaderan sampai strategi untuk menghadapi senior (xp).
Ada 3 tempat paling PW bagi 2010 untuk melancarkan aksi rapat angkatan : CP (Chemistry Plaza), Cepitan Kimia-Fisika dan Lapangan Fasor (Fasilitas Olahraga).

Kalo rapat angkatan biasanya pasti ada yang : ngelamun meratapi nasib, hilang fokus, sadar kamera, merenung mencari jawaban kuis sisa kuliah tadi atau macam-macam lah kelakuan angkatan 2010.



"The famous Chemistry Plaza (CP) : Plaza Kimia yang terkenal seantero jurusan kimia." Yah, beginilah nasib maba, rapat malam-malam udah kayak mau jaga lilin buat ngepet hahaha. Kalo ga salah ini pas ngebacain surat dari hati tentang teman satu angkatanmu. Di forum ini kamu bebas nulis unek - unek tentang angkatanmu, mulai yang sopan sampe yang bahasanya kasar. Ngomong aja sepuasnya di sini, daripada ngomong di belakang, ya kan? *emot monyet lagi nutup mata*



 Inilah "Cepitan Kimia-Fisika" yang terkenal di jaman Maba kami. Sebuah ttempat kosong perbatasan antara jurusan kimia dan fisika. Bahkan di sela - sela kuliah pun, kami masih sibuk rapat wkwkwk.



 Tempat di depan lapangan Fasor juga jadi tempat PW kami untuk rapat saat weekend. Tuh, kan weekend pun masih sibuk rapat, kapan dolane iki hahaha. Kalau jadi maba di sini emang harus siap weekend cantik bersama teman satu angkatan atau senior :3



PENDAMPINGAN
 Pendampingan adalah....*ada efek pause nya sebentar* sebuah pertemuan atau jumpa fans antara maba angkatan 2010 dengan kakak2 senior. Eitssss, nggak boleh negthink dulu yaaa. Di sini merupakan proses pendekatan kami, para maba dengan para senior untuk lebih mengenal kehidupan fana di kampus perjuangan.
Lhaaaa, seperti inilah kira-kira situasi dan kondisi kami saat melakukan pendampingan. Pake batik dan pin sebagai identitas maba. Para senior yang pake jaket ijo tosca sedang membriefing kita - kita. Ini lokasinya di samping ruang TU jurusan yang saat itu sedang tutup di hari sabtu.



Ya gini ini kelakukan salah satu makhluk yang paling sering dibully satu angkatan. Liat aja gayanya. Dalam kondisi terjepit pun masih sadar kamera, pake senyum pula, Yasalam...wkwkwkwk (mbak-mbak yang dilingkari merah)



PRAKTIKUM
Salah satu kegiatan rutin bagi mahasiswa jurusan kimia yes. Masa dimana kita mengenakan jas putih dan mereaksikan bahan kimia mulai dari yang nggak bahaya sampai yang berbahaya hehehe.
Kondisi sakral di dalam laboratorium : Jas lab, sepatu kets dan masker. Inilah fashion ala anak lab yang lagi ngerjain praktikum. Nggak usah mikir kamu cantik atau enggak, mukamu bakalan ketutup masker kok hahaha



Kalau ini adegan menunggu reaksi kimia di luar laboratorium. Beda banget kan kondisi di dalam dan di luar hahaha. Kalau udah masuk lab kayak sok serius gitu, pas udah di luar langsung keluar jiwa - jiwa aslinya ho ho ho (ketawa jahat)



Kalau anak gunung kan biasanya jargonnya "Tidur beralas tanah dan beratapkan bintang", kalo anak kimia jargonnya "Tidur beralas kursi lab dan beratapkan meja reaksi". Maklum sih, kita sering nggak tidur nih gaes karena ngerjain laporan praktikum, tugas kuliah dan pengkaderan T.T.




KEGIATAN SABTU-MINGGU
Jadi Maba harus rela hari sabtu-minggu terpakai untuk jumpa fans dengan senior hahaha.
Taraaaa! Kegiatan sabtu-minggu perdana maba kimia angkatan 2010 adalah Briefing untuk pengkaderan fakultas FMIPA. Disini hadir para jajaran mas - mas ganteng kampus perjuangan para ketua himpunan jurusan, presiden BEM fakultas sampai presiden BEM institut. Ganteng - ganteng kan mas - mas nya hihihi. Auranya pada keluar semua. Yang cewek - cewek biasanya langsung leleh kena aura menyilaukan dari mas - mas ini, terutama kena aura berkharisma-nya mas Presiden BEM Institut tuh hehehe :p. Kahima (Ketua Himpunan) nya arek kimia yang pake jaket ijo tosca itu loh, yuhuuu, Mas Jojo.



Jargon FMIPA :Hidup FMIPA Hidup ITS, Jaya FMIPA Jaya ITS, Bubar FMIPA Bubar ITS!!!
Kami nggak takut meskipun diremehkan, nggak gentar meskipun bukan anak teknik. Cieeee...



Ini pas acara ulang tahun ITS yang ke 50 atau Dies Natalis ITS 50. Ya Allah, hina banget mukanya. Maafkan kami yang masih polos, cupu, imut dan menggemaskan pengen ngelempar ke kawah ijen ini.



Kalau yang ini pas acara KPP Maba : Chem Fun. sebuah acara olahraga persahabatan antara maba dan senior. 



Masih dalam acara Chem Fun. Itu barisan ijo-ijo di belakang bukan Greenforce Surabaya a.k.a Bonek ya hahaha

Sampai disini dulu ya ceritanya, lanjut lagi di next episode...
Jangan lupa tinggalkan jejak komentar ya

Love,
Anggi
Share:

2 comments:

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Silakan tinggalkan komentar atau saran untuk membangun tulisan yang ala kadarnya ini.

Love,
Anggi

About Me

read more

Posts

Recent Posts


My Community


ID Corners
indonesian hijab bloggerKumpulan Emak2 Blogger