Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Persiapan Kehamilan, Yuk ke Dokter Gigi Terdekat!

Persiapan kehamilan

Halo teman online! Ada yang sedang mempersiapkan kehamilan? Kalau iya, teman online wajib cek kesehatan gigi ke dokter gigi terdekat

Kenapa? Kesehatan gigi bisa mempengaruhi kesuburan hingga kesehatan ibu janin. Bahkan, bisa menyebabkan kelahiran prematur.

Wah, ngeri banget ya? Yuk, mari kita kumpul untuk membahas persiapan kehamilan dengan cek kesehatan gigi dan mulut.


Pentingnya Cek ke Dokter Gigi Terdekat untuk Persiapan Kehamilan

Saat kehamilan pertama, aku kurang aware dengan kesehatan gigi. Aku hanya promil alami dengan memperbaiki pola makan, pola hidup, dan konsumsi vitamin.

Nyatanya itu masih kurang karena calon ibu hamil harus bebas dari gangguan kesehatan gigi. Kata bidan puskesmas dan obgyn yang menanganiku, cek kesehatan gigi ke dokter terdekat penting karena dua alasan berikut ini.

Memiliki Pengaruh Terhadap Kesuburan

Dilansir dari Alodokter, kurangnya perhatian terhadap kesehatan gigi dan mulut misalnya bagi pria yang suka merokok bisa mengakibatkan penurunan kualitas sistem reproduksi. Selain itu, saat terjadi infeksi gigi maka respon imun tubuh bisa merusak sel tubuh termasuk sel sperma.

Mempengaruhi Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Jika sudah terlanjur hamil dengan memiliki masalah kesehatan gigi, bisa mengakibatkan kelahiran prematur atau keguguran. Bakteri pada gigi berlubang atau radang gusi bisa masuk ke janin melalui aliran darah plasenta.


Tips Memilih Klinik Dokter Gigi

Tips memilih klinik dokter gigi terdekat
Sumber: Arirang Dental Clinic

Ngeri juga ya, teman online, kalau tidak cek kesehatan gigi dan mulut saat mempersiapkan kehamilan? Nah, biar persiapan kehamilan hingga terjadinya kehamilan lancar, ada baiknya langsung cek ke dokter gigi terdekat.

Aku punya beberapa tips untuk memilih klinik dokter gigi agar bisa mendapatkan fasilitas, serta dokter terbaik. Apa saja itu?

1. Pilih Klinik Gigi Berkualitas dari Rekomendasi Teman

Pertama teman online coba gali rekomendasi klinik dokter gigi terdekat dari teman. Biasanya kalau lewat teman, bisa mendapatkan info detail tentang pelayanan.

Selain itu, lewat testimoni serta pengalaman teman, kamu bisa tahu apa kekurangan serta kelebihan klinik gigi. Jadi kamu bisa memilih klinik gigi yang cocok denganmu.

2. Cek Profil Dokter Gigi

Selanjutnya, teman online bisa cek profil dokter gigi yang bertugas dalam klinik tersebut. Bagaimana performa, serta hasil kerjanya.

Cek pengalaman kerja dokter gigi yang bekerja dalam klinik tersebut. Kamu juga bisa menanyakan ke teman atau keluarga yang mungkin pernah periksa gigi ke dokter tersebut.

3. Pantau Rating Klinik Gigi

Ketika memilih klinik gigi, pantau rating klinik lewat Google. Kalau sudah 4,6 ke atas termasuk bagus. Namun, jika mendapat rating 4,5 ke bawah, cek juga komentar dari orang-orang yang pernah ke sana.

Kadang ada orang yang memberi rating jelek karena tidak cocok saja. Ada juga yang memberikan rating jelek karena kurang paham dengan peraturan klinik.

4. Cek Fasilitas dan Jenis Layanan

Setiap klinik gigi biasanya memiliki fasilitas atau jenis layanan tertentu. Misalkan teman online ingin pasang behel pastikan ada layanan orthodontics dalam klinik tersebut.

Selain itu cek pula fasilitas apa saja yang ada dalam klinik tersebut. Mulai dari ruang tunggu, konsultasi, dan lain sebagainya.

5. Cek Teknologi yang Digunakan

Terakhir, teman online bisa cek teknologi seperti apa yang digunakan dalam klinik. Contohnya seperti Arirang Dental Clinic yang menggunakan teknologi Korea yang mutakhir.


Arirang Dental Clinic, Rekomendasi Klinik Dokter Gigi Terbaik dengan Teknologi Korea

Persiapan kehamilan cek ke dokter gigi
drg. Kim Seong Seon pendiri Arirang Dental Clinic (sumber: Arirang Dental Clinic)

Jadi, Arirang Dental Clinic ini termasuk salah satu rekomendasi dokter gigi terdekat yang pernah dicoba oleh temanku. Lokasinya di Lotte Shopping Avenue Lt 5. Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3 & 5, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan 12940.

Sayangnya saat ini hanya ada di Jakarta Selatan saja, belum ada di Surabaya. Semoga suatu saat ada cabang di Surabaya ya!

Namun, aku akan tetap memberikan review berdasarkan testimoni temanku yang pernah cek kesehatan gigi di sana. Siapa tahu teman online yang domisili Jakarta Selatan tertarik untuk mencoba.

Kelebihan Arirang Dental Clinic

Apa, sih, kelebihan Arirang Dental Clinic?

Pertama, drg. Kim Seong Seon dari Korea yang mendirikan Arirang Dental Clinic memiliki pengalaman selama kurang lebih 20 tahun dalam menangani masalah kesehatan gigi dan mulut.

Kedua, klinik tersebut memiliki teknologi Korea yang modern. Misalnya teman online akan mengikuti serangkaian pemeriksaan mulai dari rontgen 2D dan 3D saat pertama kali kunjungan.

Ketiga, klinik Arirang Dental Clinic memiliki In House Dental Laboratorium sehingga klinik bisa lebih cepat dalam menangani keluhan pasien.

Profil Dokter

Dokter gigi yang ada di Arirang Dental Clinic tentunya memiliki jejak karir yang bagus, serta memiliki pengalaman yang mumpuni. Beberapa dokter di Arirang Dental Clinic adalah drg. Kim Seong Seon, drg. Diana Sp, Perio, drg. Kadaryati SpBM, dan drg. Diah Indriastuti, SpRKG.

Fasilitas

Cek ke dokter gigi terdekat
Ruang praktik yang nyaman (sumber: Arirang Dental Clinic)

Fasilitas dalam Arirang Dental Clinic sangat lengkap. Mulai dari 3D X-ray, ruangan konsultasi, ruangan praktik, dan ruangan operasi.

Ruangan tersebut sangat nyaman dan ruang cukup luas. Bagi teman online yang akan melakukan pemeriksaan gigi sebagai persiapan kehamilan pasti bakal betah di sini.


Beberapa Layanan Perawatan Gigi di Arirang

Selain memiliki fasilitas yang lengkap, Arirang Dental Clinic juga memiliki jenis pelayanan yang lengkap juga. Berikut beberapa layanan perawatan gigi yang tersedia:

  • Oral Hygiene (Scaling)
  • Orthodontic
  • Aesthetic
  • Whitening
  • Implant
  • Endodontic Treatment
  • Tooth extraction

Nah, teman online yang sedang mempersiapkan kehamilan bisa cek kesehatan gigi dan mulut. Kalau ada masalah gigi, di Arirang Dental Clinic bisa langsung melakukan tindakan. 

Jika tidak ada masalah lubang gigi atau radang gusi, teman online bisa cek karang gigi. Lakukan scaling untuk membersihkan karang gigi yang mungkin masih menempel di gigi.


Ternyata cek masalah gigi ke dokter gigi terdekat untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat. Jangan sampai ada masalah serius yang mengancam keselamatan janin ketika hamil.

Teman online domisili Jakarta Selatan yang tertarik untuk melakukan cek gigi selama kehamilan, bisa datang ke dokter gigi terdekat seperti Arirang Dental Clinic. Klinik buka dari hari Senin - Minggu 10:00 - 22:00.


Referensi

https://www.alodokter.com/ini-alasan-pentingnya-pemeriksaan-dan-perawatan-gigi-sebelum-hamil

https://arirangdentalclinic.com/

28 komentar

28 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Priyani Kurniasari
    Priyani Kurniasari
    15 Mei 2024 pukul 09.16
    Wah, kalau dari fotonya sih bisa dibilang ini klinik Giginya modern banget ya mba, baik dari segi alat maupun profesional yang menanganinya
    Reply
  • Alley Hardhiani
    Alley Hardhiani
    15 Mei 2024 pukul 04.40
    Baru tahu kesehatan gigi ternyata berpengaruh terhadap kesuburan. Btw, dokter Kim Soeung Son ini pernah pernah lihat di YouTube. Keren loh beliau. Bs bikin gigi salah satu YouTuber yg berantakan jd rapi. Padahal dokter gigia lainnya dah angkat tangan.
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    15 Mei 2024 pukul 04.31
    baru tahu looh kalo kesehatan gigi mempengaruhi kehamilan, ternyata bakteri di gigi berlubang atau radang gusi bisa masuk ke janin yaaa. ngeri sih kalo kek gini. harus beneran ke dokter gigi ya
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    15 Mei 2024 pukul 03.44
    Akutu anehnya kalau hamil mestii masalah gigi muncul. Seakan jadi trigger kesehatanku.
    Dan perawatan gigi saat hamil tentu beda saat gak hamil ya.. Jadi kudu super hati-hati dengan bahan dan penanganannya. Arirang Dental Clinic bisa menjadi rekomendasi yang tepat untuk masalah gigi ketika sedang hamil.
    Reply
  • Irra Octaviany
    Irra Octaviany
    15 Mei 2024 pukul 01.24
    Aku baru tahu kalau mau hamil harus persiapan sampai ke dokter gigi. Memang ibu hamil itu harus banyak yang diperhatikan biar masa kehamilannya menyenangkan.
    Reply
  • Goresan hati
    Goresan hati
    15 Mei 2024 pukul 00.52
    Kalau aku cari dokter gigi yang ramah. Soalnya kalau nyebelin bikin sakit gigi nambah sakitnya wkwkwk. Plus fasilitas lengkap dong tentunya
    Reply
  • Lifestyle Blogger
    Lifestyle Blogger
    14 Mei 2024 pukul 23.32
    Pas banget ya untuk melahirkan anak sehat itu kita harus persiapan dari jauh-jauh hari termasuk kesehatan gigi kita wajib dijaga juga, karena akan berpengaruh terhadap kondisi anaknya nanti, bisa cobain ke Arirang ya kalau pas mau cek kesehatan gigi sebelum hamil
    Reply
  • Nurul Fitri Fatkhani
    Nurul Fitri Fatkhani
    14 Mei 2024 pukul 22.38
    Pengetahuan baru bagi saya, ternyata kesehatan gigi bisa mempengaruhi kesuburan hingga kesehatan ibu janin. Bahkan, bisa menyebabkan kelahiran prematur.
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    14 Mei 2024 pukul 22.17
    Waduh, ternyata kalau tidak memeriksakan kesehatan gigi dan membiarkan kotor itu bisa berdampak pada kesuburan sperma?
    Mahal banget ya itu dampaknya kalau beneran ada yang mengalami
    Reply
  • Akarui Cha
    Akarui Cha
    14 Mei 2024 pukul 22.12
    Memang deh, masalah kesehatan gigi dan mulut nggak bisa disepelekan. Bila sudah terjadi gangguan pada bagian ini, bisa banget masalahnya jadi merembet kemana-mana. Walhasil, nggak bijak ya kalau baru berkunjung ke Dental Clinic ketika sudah mengalami masalah. Wah, ada klinik dental yang menghadirkan teknologi perawatan gigi langsung dari Korea nih di kawasan Setiabudi.
    Reply
  • Han
    Han
    14 Mei 2024 pukul 21.47
    noted. Aku malah baru tahu lho kalau kehamilan pun juga membutuhkan pemeriksaan gigi yang seksama. jadi keinget temenku yang hamil kemarin tuh jg mau pasang behel tp memilih orto ajaa dibanding klinik gigi buat estetik
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    14 Mei 2024 pukul 21.35
    Wah ternyata ada hubungan ya persiapan kehamilan kok malah ke dokter gigi. Jd perhatian bgt nih buat calon bapak2 terutama yg gemar merokok. Hrs cek dulu spermanya. Jgn2 malah bs menurun tuh kualitasnya. Dan kl terjadi infeksi gigi bs merusak respon imun termasuk sel sperma. Ngeri jg yak. Ah bsk periksa ah ke domter gigi.
    Reply
  • Aldhi Fajar
    Aldhi Fajar
    14 Mei 2024 pukul 20.38
    Ternyata kesehatan gigi itu berpengaruh ke kehamilan ya? aku baru tau nih, ternyata bisa mengurangi kesuburan kalau gigi dan gusi gak terawat. Thanks infonya kak
    Reply
  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro
    14 Mei 2024 pukul 20.18
    Kupikir gigi tuh bukan hal yang membahayakan. Tapi ternyata kesehatan gigi yang terganggu malah bisa berbahaya buat kehamilan. Malah bisa mengakibatkan keguguran. Serem ya.
    Reply
  • Kyndaerim
    Kyndaerim
    14 Mei 2024 pukul 19.59
    Aku baru tau kalo ternyata pas cek kehamilan itu harus cek kesehatan gigi juga ya. Karena memang memengaruhi banget sama kesehatan bumil. Dan syukurnya ya sekarang ada Arirang Dental Clinic, sebagai rekomendasi klinik dokter gigi terbaik dengan teknologi Korea yg udah pasti terjamin kualitasnya.
    Reply
  • Lintang
    Lintang
    14 Mei 2024 pukul 18.53
    Ternyata kesehatan gigi juga bisa mempengaruhi kesuburan dan kesehatan ibu yah. Dan waahh bisa jadi penyebab kelahiran premature juga. Emang bakterinya nih yang bikin bahaya. Jadi pastikan cek kesehatan gigi dengan memilih klinik gigi berkualitas ya. Misalnya di Arirang Dental Clinic yhaa.
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    14 Mei 2024 pukul 17.12
    Ternyata gigi ini banyak pengaruhnya ya. Kalau sakit gigi bisa sakit kepala dan mata juga sakit. Dan berkaitan juga dengan kehamilan. terus risikonya besar lagi. Makanya harus segera cek-cek ke dokter gigi.
    Reply
  • Catcilku
    Catcilku
    14 Mei 2024 pukul 17.02
    Iya pernah dengar dari teman. Kalau sakit gigi saat hamil. Rasanya tuh sakit banget. Jadi lebih baik sebelum hamil atau rutin periksa gigi ya
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    14 Mei 2024 pukul 16.03
    Ruang praktiknya apik bangt kak. Bikin yang ingin kontrol bisa nyaman ya. Alias gak semenakutkan yang dipikirkan kalo datang ke dokter gigi😬
    Reply
  • Wiwin Pratiwanggini
    Wiwin Pratiwanggini
    14 Mei 2024 pukul 15.32
    Jadi inget 2 kali hamil tidak pernah pakai persiapan ke dokter gigi dulu: Alhamdulillah selama kehamilan tidak ada masalah dengan gigi. Buat teman-teman yang mempersiapkan kehamilan, please ya peduli dengan periksa gigi terlebih dulu..
    Reply
  • Alfida Husna
    Alfida Husna
    14 Mei 2024 pukul 10.42
    Kalau lagi hamil harus lebih aware lagi ya sama kesehatan yg lain. Apalagi kalau suka sakit gigi dan harus cabut. Sebaiknya memang periksa gigi dulu sebelum hamil demi keselamatan ibu dan janin.
    Reply
  • Irrya Lucita
    Irrya Lucita
    14 Mei 2024 pukul 09.23
    Dulu sebelum tau, suka gak perduli dengan kesehatan gigi mulut. Padahal ternyata sakit pada gigi dan mulut itu bisa berefek kemana mana. Makanga sekarang lebih aware dengan kesehatan gigi dan mulut
    Reply
  • hani
    hani
    14 Mei 2024 pukul 09.12
    Masalah kesehatan gigi engga bisa dianggap enteng ya Mbak. Jangan sampai nunggu parah dan sakit nyut-nyutan. Apalagi buat yang berencana untuk hamil, bisa bahaya tuh, kalau sakit gigi pas hamil.
    Reply
  • Diaz Bela
    Diaz Bela
    14 Mei 2024 pukul 08.40
    Pengalaman aku sendiri nih, memang penting untuk memastikan kesehatan gigi sebelum, selama, dan sesudah hamil dan melahirkan karena pasti tiba-tiba suka adaaaaa aja keluhannya.
    Reply
  • M. Rizki Riswandi, S.Kom
    M. Rizki Riswandi, S.Kom
    14 Mei 2024 pukul 01.00
    Wah, ternyata penting banget ya cek kesehatan gigi pas mau hamil. Gak nyangka banget gitu dampaknya bisa sampe ke kesuburan dan kesehatan ibu hamil serta janin.
    Reply
  • deamerina
    deamerina
    13 Mei 2024 pukul 19.38
    eh, seberpengaruh itu ternyata ya kesehatan gigi dengan tingkat kesuburan. aku baru tahuuuu. gegara punya gigi sensitif, aku tuh selalu takut ke dokter gigi kalo nggak terpaksa banget. apalagi gigiku juga langganan berulabng pula huhu
    Reply
  • HendraDigital
    HendraDigital
    13 Mei 2024 pukul 18.55
    Baru tau loh, kalo kesehatan gigi juga berpengaruh terhadap kehamilan. Ternyata dampaknya nggak main-main ya. Mesti lebih aware lagi dengan kesehatan gigi. Eit tapi nggak cuma pas lagi hamil aja ya, menjaga kesehatan gigi memang perlu dilakukan oleh siapa saja.

    Wuidih gokil sih klinik Arirang ini. Dokternya berpengalaman lebih dari 20 tahun. Pastinya jam terbangnya udah tinggi banget nih. Udah gitu didukung dengan teknologi dan fasilitas yang modern.
    Reply
  • Deeva Collection
    Deeva Collection
    13 Mei 2024 pukul 10.47
    Ternyata ada hubungan antara kesehatan gigi dengan kehamilan ya, wah baru tahu sekali ini. Karena ini benar-benar baru informasinya
    Reply