Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Sekolah Homeschooling PAUD Secara Online, Seperti Apa Ya?

Homeschooling PAUD

Halo teman online! Sudah baca postingan sebelumnya tentang sekolah PAUD, baik secara homeschooling atau sekolah tatap muka? Nah, kali ini aku akan membahas sekolah homeschooling PAUD secara online.

Jadi, sekolah ini merupakan solusi bagi orang tua yang ingin si kecil sekolah PAUD secara homeschooling, tapi bingung harus mulai dari mana. Seperti apa konsep sekolah online interaktif dengan metode homeschooling? Yuk, mari kita kumpul!


Metode Homeschooling PAUD untuk Anak dan Manfaatnya

Aku termasuk orang tua yang menerapkan pendidikan keluarga sebagai pendidikan utama anak. Maka, aku lebih nyaman untuk menggunakan metode homeschooling untuk anak usia dini.

Bagiku, orang tua merupakan role model sekaligus guru terbaik bagi anak. Lantas, bagaimana konsep homeschooling untuk PAUD?

Apa itu Homeschooling untuk jenjang PAUD?

Konsep homeschooling atau home education untuk anak usia dini berbeda dengan homeschooling pada usia SD-SMA. Homeschooling untuk PAUD lebih fokus kepada:

  • Pola pengasuhan
  • Fitrah bermain anak
  • Pembentukan karakter
  • Pembelajaran sesuai minat dan ketertarikan anak

Lalu, home school untuk usia berapa?

Homeschooling sebenarnya sudah bisa dilakukan sejak anak lahir. Tentunya orang tua akan memberikan anak stimulasi atau kegiatan untuk tumbuh kembang anak sejak bayi hingga balita. Hal ini sudah termasuk homeschooling, loh!

Kalau aku pribadi tetap menggunakan patokan resmi tumbuh kembang anak usia dini dari PERMENDIKBUD No.137 tahun 2014. Nantinya, poin-poin di situ aku break down lagi untuk menyusun kurikulum homeschooling untuk kegiatan bermain anak.

Manfaat Homeschooling untuk Anak

Apakah homeschooling Baik untuk anak?

Secara singkat, ya, tentu saja. Beberapa manfaat homeschooling untuk anak seperti berikut ini:

  • Waktu belajar lebih fleksibel
  • Kurikulum atau kegiatan bisa menyesuaikan kemampuan, minat, dan ketertarikan anak
  • Anak lebih fokus karena orang tua sebagai guru hanya memiliki perhatian khusus ke anak
  • Anak belajar di lingkungan aman dan pengawasan orang tua secara penuh
  • Anak bisa eksplorasi lebih dalam terhadap hal baru

Akan tetapi, orang tua memang harus antisipasi kekurangan homeschooling seperti menyediakan waktu sendiri untuk menstimulasi kemampuan sosialisasi anak. Selain itu, orang tua juga harus rela menyediakan waktu untuk merancang media bermain sambil belajar.


Mengenal Sekolah Online Interaktif dengan Konsep Homeschooling

Homeschooling PAUD Alta School
Sumber: website Alta School

Saat melakukan proses homeschooling, aku pernah kewalahan juga dalam menyusun materi dan media pembelajaran. Untungnya saat ini sudah ada beberapa lembaga yang menyediakan sekolah online dengan konsep homeschooling.

Jadi, orang tua tidak perlu lagi pusing memikirkan kurikulum atau menyusun media pembelajaran. Tinggal siapkan saja keperluan bermain atau belajar anak sesuai instruksi guru di sekolah. Menarik, bukan?

Konsep Homeschooling Online

Konsep utama homeschooling online menggunakan metode pembelajaran blended learning. Metode ini mengintegrasikan pembelajaran tatap muka secara daring dan aktivitas mandiri di rumah.

Sekolah ini sangat cocok untuk orang tua sepertiku yang ingin memberikan pendidikan kepada anak usia dini secara homeschooling, tapi bingung dengan penyusunan kurikulum atau media pembelajaran. Penilaian dan hasil belajar nantinya juga akan disampaikan oleh guru yang sudah berpengalaman.

Peran Guru dan Orang Tua

Peran guru di sini adalah sebagai pengajar yang menyampaikan materi secara interaktif secara daring. Sementara itu, orang tua merupakan fasilitator dan observator di rumah untuk mempersiapkan media dalam aktivitas mandiri.

Metode ini melibatkan peran orang tua di rumah untuk membersamai si kecil dalam bermain sambil belajar. Terlebih anak usia dini masih sangat membutuhkan orang tua dalam pembentukan karakter dan menerapkan pola pengasuhan yang tepat.


Alta School, Rekomendasi Homeschooling Online Jenjang PAUD - SMA

Homeschooling PAUD
Live teaching (sumber: website Alta School)

Salah satu sekolah online dengan konsep homeschooling di Indonesia yang tersedia mulai jenjang PAUD hingga SMA adalah Alta School. Secara hukum, Alta School sudah memiliki legalitas secara hukum dan diakui oleh pemerintah. Kantor offline ada di jalan RS. Fatmawati Raya No.24, Jakarta Selatan.

Teman online nggak perlu khawatir karena saat sekolah di sini tetap akan mendapatkan rapor pembelajaran dan ijazah kesetaraan yang diakui. Ijazah tersebut bisa digunakan untuk melanjutkan sekolah ke sekolah formal, bahkan sekolah internasional atau perguruan tinggi.

Setelah membaca metode, kurikulum, serta testimoni beberapa orang tua siswa, Alta School bisa jadi rekomendasi pilihan sekolah homeschooling PAUD yang terbaik. Kenapa Alta School patut jadi pilihan sekolah homeschooling anak PAUD?

Yuk, simak pembahasan tentang Alta School sebagai sekolah online dengan konsep homeschooling. Informasi ini aku rangkum dari situs resmi Alta School, serta bertanya langsung lewat kontak informasi.

Metode dan Program Pembelajaran

Metode pembelajaran Alta School adalah blended learning dengan live teaching dan kegiatan mandiri. Alta School juga berkolaborasi dengan Ruang Guru untuk menyediakan layanan teknologi terkini, kualitas pengajaran online, metode, dan materi belajar terbaik.

Program pembelajaran dalam Alta School meliputi:

  • Live teaching pembelajaran secara interaktif dua arah
  • 5-7 kali pertemuan per minggu dengan variasi pilihan jam
  • Guru yang berpengalaman mengajar dengan cara menarik dan interaktif
  • Metode belajar berupa self assessment dan home based projects yang melibatkan orang tua sebagai pendamping
  • Adanya LMS Ruangkelas, serta akses video Ruangbelajar khusus jenjang SD
  • Sertifikat dan ijazah kesetaraan

Jenis Kelas dan Biaya

Ada 3 macam kelas dalam Alta School, yaitu:

  1. Reguler: kelas standar dengan bahasa Indonesia menggunakan kurikulum standar nasional. Bisa digunakan sebagai sekolah utama atau pendamping. 
  2. Reguler+Bilingual: kelas bilingual yang menggabungkan kelas reguler berbahasa Indonesia dan kelas berbahasa inggris dengan standar Cambridge Singapura. Bisa digunakan sebagai sekolah utama atau pendamping.
  3. Cambridge Program Standar Singapura: kelas pendamping untuk mengasah kemampuan berbahasa inggris dengan buku dan materi standar Cambridge Singapura. Hanya bisa digunakan sebagai sekolah pendamping saja untuk asah bahasa inggris. 

Biaya atau harga saat sekolah di Alta School untuk tahun ajaran 2024/2025 yang akan berlangsung adalah sebagai berikut:

Kelas Reguler:
  • Rp12.500.000 untuk PAUD, ada diskon 20% jadi cukup membayar Rp10.000.000
  • Rp13.750.000 untuk SD, ada diskon 20% dan hanya membayar Rp11.000.000
Kelas Reguler+Bilingual:
  • Rp20.000.000 untuk PAUD, ada diskon 20% jadi cukup membayar Rp16.000.000 saja
  • Rp21.250.000 untuk SD, ada potongan diskon 20% jadi hanya membayar Rp17.000.000 saja

Fasilitas Kelas

Fasilitas pembelajaran yang didapatkan ketika sekolah di Alta School tergantung dari kelas yang dipilih. Secara rinci fasilitas masing-masing program kelas Alta School adalah sebagai berikut:

  1. Kelas Reguler: modul reguler, learning kit, live teaching 7x seminggu, LMS Ruangkelas, rapor belajar, video Ruangbelajar khusus SD, live quiz, leaderboard, dan asesmen.
  2. Kelas Reguler+Bilingual: modul reguler, modul Cambridge, learning kit, live teaching 7x + 4x seminggu, LMS Ruangkelas, rapor belajar, video Ruangbelajar khusus SD, live quiz, leaderboard, dan asesmen.
  3. Kelas Cambridge Program Standar Singapura: modul Cambridge (Math, English, Science), learning kit, live teaching 4x seminggu, LMS Ruangkelas, rapor belajar, live quiz, leaderboard, dan asesmen.

Testimoni Orang Tua Siswa

Homeschooling Alta School
Testimoni Alta School

Salah satu indikator yang aku gunakan untuk cek kualitas sekolah adalah testimoni orang tua siswa atau review singkat dari mereka. Meskipun masih berjalan selama satu tahun, Alta School yang telah mendapatkan akreditasi B secara langsung ini memiliki banyak testimoni positif.

Rata-rata memberikan testimoni positif mengenai cara belajar yang menyenangkan, mengembangkan potensi anak, praktis karena sudah ada modul serta learning kit, dan perkembangan anak yang lebih maju. Hal ini yang menjadikan Alta School pilihan yang bagus untuk sekolah online dengan konsep Homeschooling di Indonesia.


Metode homeschooling memiliki manfaat yang banyak untuk anak, terutama dalam memberikan pendidikan secara nyaman dan penerapan pola asuh untuk membentuk karakter anak. Alta School bisa jadi pilihan homeschooling PAUD atau jenjang SD hingga SMA yang bagus untuk anak.

Jika teman online tertarik, bisa langsung datang ke kantor Alta School di Jakarta Selatan atau menghubungi kontak informasi 0821-4693-6885. Ada free trial juga, loh, bagi teman online yang ingin mencoba dulu bagaimana program homeschooling PAUD sepertiku. Yuk, buruan coba program kelas di Alta School!

Posting Komentar

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi