Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Sekolah Homeschooling PAUD Secara Online, Seperti Apa Ya?

Homeschooling PAUD

Halo teman online! Sudah baca postingan sebelumnya tentang sekolah PAUD, baik secara homeschooling atau sekolah tatap muka? Nah, kali ini aku akan membahas sekolah homeschooling PAUD secara online.

Jadi, sekolah ini merupakan solusi bagi orang tua yang ingin si kecil sekolah PAUD secara homeschooling, tapi bingung harus mulai dari mana. Seperti apa konsep sekolah online interaktif dengan metode homeschooling? Yuk, mari kita kumpul!


Metode Homeschooling PAUD untuk Anak dan Manfaatnya

Aku termasuk orang tua yang menerapkan pendidikan keluarga sebagai pendidikan utama anak. Maka, aku lebih nyaman untuk menggunakan metode homeschooling untuk anak usia dini.

Bagiku, orang tua merupakan role model sekaligus guru terbaik bagi anak. Lantas, bagaimana konsep homeschooling untuk PAUD?

Apa itu Homeschooling untuk jenjang PAUD?

Konsep homeschooling atau home education untuk anak usia dini berbeda dengan homeschooling pada usia SD-SMA. Homeschooling untuk PAUD lebih fokus kepada:

  • Pola pengasuhan
  • Fitrah bermain anak
  • Pembentukan karakter
  • Pembelajaran sesuai minat dan ketertarikan anak

Lalu, home school untuk usia berapa?

Homeschooling sebenarnya sudah bisa dilakukan sejak anak lahir. Tentunya orang tua akan memberikan anak stimulasi atau kegiatan untuk tumbuh kembang anak sejak bayi hingga balita. Hal ini sudah termasuk homeschooling, loh!

Kalau aku pribadi tetap menggunakan patokan resmi tumbuh kembang anak usia dini dari PERMENDIKBUD No.137 tahun 2014. Nantinya, poin-poin di situ aku break down lagi untuk menyusun kurikulum homeschooling untuk kegiatan bermain anak.

Manfaat Homeschooling untuk Anak

Apakah homeschooling Baik untuk anak?

Secara singkat, ya, tentu saja. Beberapa manfaat homeschooling untuk anak seperti berikut ini:

  • Waktu belajar lebih fleksibel
  • Kurikulum atau kegiatan bisa menyesuaikan kemampuan, minat, dan ketertarikan anak
  • Anak lebih fokus karena orang tua sebagai guru hanya memiliki perhatian khusus ke anak
  • Anak belajar di lingkungan aman dan pengawasan orang tua secara penuh
  • Anak bisa eksplorasi lebih dalam terhadap hal baru

Akan tetapi, orang tua memang harus antisipasi kekurangan homeschooling seperti menyediakan waktu sendiri untuk menstimulasi kemampuan sosialisasi anak. Selain itu, orang tua juga harus rela menyediakan waktu untuk merancang media bermain sambil belajar.


Mengenal Sekolah Online Interaktif dengan Konsep Homeschooling

Homeschooling PAUD Alta School
Sumber: website Alta School

Saat melakukan proses homeschooling, aku pernah kewalahan juga dalam menyusun materi dan media pembelajaran. Untungnya saat ini sudah ada beberapa lembaga yang menyediakan sekolah online dengan konsep homeschooling.

Jadi, orang tua tidak perlu lagi pusing memikirkan kurikulum atau menyusun media pembelajaran. Tinggal siapkan saja keperluan bermain atau belajar anak sesuai instruksi guru di sekolah. Menarik, bukan?

Konsep Homeschooling Online

Konsep utama homeschooling online menggunakan metode pembelajaran blended learning. Metode ini mengintegrasikan pembelajaran tatap muka secara daring dan aktivitas mandiri di rumah.

Sekolah ini sangat cocok untuk orang tua sepertiku yang ingin memberikan pendidikan kepada anak usia dini secara homeschooling, tapi bingung dengan penyusunan kurikulum atau media pembelajaran. Penilaian dan hasil belajar nantinya juga akan disampaikan oleh guru yang sudah berpengalaman.

Peran Guru dan Orang Tua

Peran guru di sini adalah sebagai pengajar yang menyampaikan materi secara interaktif secara daring. Sementara itu, orang tua merupakan fasilitator dan observator di rumah untuk mempersiapkan media dalam aktivitas mandiri.

Metode ini melibatkan peran orang tua di rumah untuk membersamai si kecil dalam bermain sambil belajar. Terlebih anak usia dini masih sangat membutuhkan orang tua dalam pembentukan karakter dan menerapkan pola pengasuhan yang tepat.


Alta School, Rekomendasi Homeschooling Online Jenjang PAUD - SMA

Homeschooling PAUD
Live teaching (sumber: website Alta School)

Salah satu sekolah online dengan konsep homeschooling di Indonesia yang tersedia mulai jenjang PAUD hingga SMA adalah Alta School. Secara hukum, Alta School sudah memiliki legalitas secara hukum dan diakui oleh pemerintah. Kantor offline ada di jalan RS. Fatmawati Raya No.24, Jakarta Selatan.

Teman online nggak perlu khawatir karena saat sekolah di sini tetap akan mendapatkan rapor pembelajaran dan ijazah kesetaraan yang diakui. Ijazah tersebut bisa digunakan untuk melanjutkan sekolah ke sekolah formal, bahkan sekolah internasional atau perguruan tinggi.

Setelah membaca metode, kurikulum, serta testimoni beberapa orang tua siswa, Alta School bisa jadi rekomendasi pilihan sekolah homeschooling PAUD yang terbaik. Kenapa Alta School patut jadi pilihan sekolah homeschooling anak PAUD?

Yuk, simak pembahasan tentang Alta School sebagai sekolah online dengan konsep homeschooling. Informasi ini aku rangkum dari situs resmi Alta School, serta bertanya langsung lewat kontak informasi.

Metode dan Program Pembelajaran

Metode pembelajaran Alta School adalah blended learning dengan live teaching dan kegiatan mandiri. Alta School juga berkolaborasi dengan Ruang Guru untuk menyediakan layanan teknologi terkini, kualitas pengajaran online, metode, dan materi belajar terbaik.

Program pembelajaran dalam Alta School meliputi:

  • Live teaching pembelajaran secara interaktif dua arah
  • 5-7 kali pertemuan per minggu dengan variasi pilihan jam
  • Guru yang berpengalaman mengajar dengan cara menarik dan interaktif
  • Metode belajar berupa self assessment dan home based projects yang melibatkan orang tua sebagai pendamping
  • Adanya LMS Ruangkelas, serta akses video Ruangbelajar khusus jenjang SD
  • Sertifikat dan ijazah kesetaraan

Jenis Kelas dan Biaya

Ada 3 macam kelas dalam Alta School, yaitu:

  1. Reguler: kelas standar dengan bahasa Indonesia menggunakan kurikulum standar nasional. Bisa digunakan sebagai sekolah utama atau pendamping. 
  2. Reguler+Bilingual: kelas bilingual yang menggabungkan kelas reguler berbahasa Indonesia dan kelas berbahasa inggris dengan standar Cambridge Singapura. Bisa digunakan sebagai sekolah utama atau pendamping.
  3. Cambridge Program Standar Singapura: kelas pendamping untuk mengasah kemampuan berbahasa inggris dengan buku dan materi standar Cambridge Singapura. Hanya bisa digunakan sebagai sekolah pendamping saja untuk asah bahasa inggris. 

Biaya atau harga saat sekolah di Alta School untuk tahun ajaran 2024/2025 yang akan berlangsung adalah sebagai berikut:

Kelas Reguler:
  • Rp12.500.000 untuk PAUD, ada diskon 20% jadi cukup membayar Rp10.000.000
  • Rp13.750.000 untuk SD, ada diskon 20% dan hanya membayar Rp11.000.000
Kelas Reguler+Bilingual:
  • Rp20.000.000 untuk PAUD, ada diskon 20% jadi cukup membayar Rp16.000.000 saja
  • Rp21.250.000 untuk SD, ada potongan diskon 20% jadi hanya membayar Rp17.000.000 saja

Fasilitas Kelas

Fasilitas pembelajaran yang didapatkan ketika sekolah di Alta School tergantung dari kelas yang dipilih. Secara rinci fasilitas masing-masing program kelas Alta School adalah sebagai berikut:

  1. Kelas Reguler: modul reguler, learning kit, live teaching 7x seminggu, LMS Ruangkelas, rapor belajar, video Ruangbelajar khusus SD, live quiz, leaderboard, dan asesmen.
  2. Kelas Reguler+Bilingual: modul reguler, modul Cambridge, learning kit, live teaching 7x + 4x seminggu, LMS Ruangkelas, rapor belajar, video Ruangbelajar khusus SD, live quiz, leaderboard, dan asesmen.
  3. Kelas Cambridge Program Standar Singapura: modul Cambridge (Math, English, Science), learning kit, live teaching 4x seminggu, LMS Ruangkelas, rapor belajar, live quiz, leaderboard, dan asesmen.

Testimoni Orang Tua Siswa

Homeschooling Alta School
Testimoni Alta School

Salah satu indikator yang aku gunakan untuk cek kualitas sekolah adalah testimoni orang tua siswa atau review singkat dari mereka. Meskipun masih berjalan selama satu tahun, Alta School yang telah mendapatkan akreditasi B secara langsung ini memiliki banyak testimoni positif.

Rata-rata memberikan testimoni positif mengenai cara belajar yang menyenangkan, mengembangkan potensi anak, praktis karena sudah ada modul serta learning kit, dan perkembangan anak yang lebih maju. Hal ini yang menjadikan Alta School pilihan yang bagus untuk sekolah online dengan konsep Homeschooling di Indonesia.


Metode homeschooling memiliki manfaat yang banyak untuk anak, terutama dalam memberikan pendidikan secara nyaman dan penerapan pola asuh untuk membentuk karakter anak. Alta School bisa jadi pilihan homeschooling PAUD atau jenjang SD hingga SMA yang bagus untuk anak.

Jika teman online tertarik, bisa langsung datang ke kantor Alta School di Jakarta Selatan atau menghubungi kontak informasi 0821-4693-6885. Ada free trial juga, loh, bagi teman online yang ingin mencoba dulu bagaimana program homeschooling PAUD sepertiku. Yuk, buruan coba program kelas di Alta School!

30 komentar

30 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani
    13 Mei 2024 pukul 12.00
    Iya nih penting banget untuk mendengar testimoni langsung dari orang tua siswa yang lebih dulu mengikuti program yang sama dengan demikian jadi lebih yakin untuk memilih yang terbaik b uat anak-anak..
    Reply
  • vita
    vita
    13 Mei 2024 pukul 05.14
    Menarik juga ya homeschooling untuk PAUD dengan kurikulum yang terstruktur. Wih ini ada bilingual dan program Cambridge juga ya. Padahal dulu homeschooling nggak sesophisticated ini. Terobosan banget sih ini..
    Reply
  • Yusriah Ismail
    Yusriah Ismail
    13 Mei 2024 pukul 00.10
    jadi terbantu sekali ya mba dengan kehadiran lembaga pendidikan online yang mendukung homeschooling begini..kebetulan saya juga sedang mempertimbangkan hs..alta bisa nih jadi pertimbangan
    Reply
  • Kanianingsih
    Kanianingsih
    6 Mei 2024 pukul 13.16
    Wah ini orangtua berperan penuh ya mba dlm pembelajaran anak kalau homeschooling
    Reply
  • Dyah Kusuma
    Dyah Kusuma
    6 Mei 2024 pukul 03.10
    Menarik nih konsep yang ditawarkan Alta school, kurikulum yang digunakan Cambridge, metode pengajaranbya blended, pantas saja banyak ortu yang puas
    Reply
  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti
    6 Mei 2024 pukul 01.40
    Jadi lebih terarah ya homeschoolingnya karena sudah ada kurikulum pembelajaran dari Alta School. Model pembelajarannya banyak yang based on project ya mom?
    Reply
  • Yustrini
    Yustrini
    4 Mei 2024 pukul 19.41
    Baru tahu kalo ada homeschooling PAUD online. Pastinya orang tua nggak bingung cari materi belajar untuk anaknya lagi ya.
    Reply
  • Wiwin Pratiwanggini
    Wiwin Pratiwanggini
    4 Mei 2024 pukul 08.25
    Homeschooling sebenarnya bagus, saya setuju. Untuk ibu-ibu yang punya waktu mendampingi anak-anak belajar secara full, ini recommended.
    Reply
  • Müzeyyen Salik
    Müzeyyen Salik
    4 Mei 2024 pukul 03.50
    Sangat tertarik sekali masukin anak ke sekolah homeschooling, dari minat anak ini orang tua bisa menggali potensi anak, bakat dan cita-citanya nanti
    Reply
  • GE MAULANI
    GE MAULANI
    23 April 2024 pukul 23.26
    Unik banget ada homeschooling online dari Alta School. Terus metode belajarny berupa self assessment dan home based projects gitu ya. 5-7 kali pertemuan dalam seminggu. Menarik nih jadi pengen rekomendasiin ke kakak ipar
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    23 April 2024 pukul 22.41
    salah satu hal yang agak sulit menerapkan homeschooling dirumah itu ya bikin kurikulum sih buatku. dan ini yang bikin pengen give up dan akhirnya beneran give up. padahal udah banyak ya komunitas dan lembaga yang bisa bantu. tapi kalau ada sekolah homeschooling seperti Alta School saya pasti mau coba. sayangnya telat dapet informasi ini dan anak udah masuk TK.
    Reply
  • Han
    Han
    23 April 2024 pukul 21.32
    Wah asikkk banget ya Allaah bisa homeschooling PAUD, kenapa pas zaman covid aku belum baca artikel ini yaa buat kasih kegiatan yg bermanfaat buat anakku wkwkekeke
    Reply
  • Triani Retno A
    Triani Retno A
    23 April 2024 pukul 19.58
    Beberapa temanku juga memilih homeschooling buat anak mereka, Mbak. Yang pasti sih, salut dengan ortunya yang pasti mesti siap lahir batin, mesti siap ikut belajar juga :)
    Reply
  • Alley Hardhiani
    Alley Hardhiani
    23 April 2024 pukul 19.37
    Wah, menarik jg nih Homeschooling dr Alta school. Biayanya jh masih terbilang wajar. Krn homeschooling berarti ini muridnya bs dr berbagai daerah kan? Ga hrs ada di Jkt?
    Reply
  • Akarui Cha
    Akarui Cha
    23 April 2024 pukul 17.55
    Ternyata ada juga homeschooling untuk PAUD. Biaya pertahun untuk kelas regulernya juga termasuk terjangkau sih ya. Jadi sebagai orangtua pun bisa banyak terlibat nih dalam membersamai si kecil menempuh pendidikan usia dini.
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    23 April 2024 pukul 17.30
    Aku masih belum kebayang sih nyekolahin anak kecil ke PAUD secara online. Secara anak kecil kan fitrahnya main2 yak. Kalo diajar secara online, emg bisa ya? Biasanya kan si kecil suka lari2 atau main sana sini. Bjsa sih dgn tetap ortu di samping anak. Tapi apakah hrs setiap hari spt ini? Jujur masih penasaran dgn metode yg diajarkan sih.
    Reply
  • Lita Lestianti
    Lita Lestianti
    23 April 2024 pukul 16.59
    Ini bisa nggak ya kalo luar kota ikut ini untuk anak SD soalnya onlen ya. Ternyata lebih murah yang opsi cambridge ya tapi memang untuk pendamping aja. Dan kayaknya cocok untuk anak yg mau masuk SMP internasional
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    23 April 2024 pukul 16.35
    Daku pikir homeschooling itu dari tingkat SD ke atas. Ternyata di tingkat PAUD pun ada ya? Wah memudahkan sikecil belajar pastinya
    Reply
  • Farida Pane
    Farida Pane
    23 April 2024 pukul 13.51
    Kalau online, berarti bisa diikuti dari mana aja, ya. Sangat membantu buat para orang tua yang ingin menyelenggarakan pendidikan di rumah
    Reply
  • Yonal Regen
    Yonal Regen
    23 April 2024 pukul 13.51
    Baru tahu lho kalau ada PAUD yang menggunakan sistem homeschooling.
    Ini bisa jadi pilihan alternatif untuk para orang tua yang menginginkan sistem homescholling untuk sang buah hati sedari dini mungkin
    Reply
  • Putu Felisia
    Putu Felisia
    23 April 2024 pukul 10.54
    Bagus nih zaman sekarang homeschooling sudah bisa online. Dulu kalau mau homeschooling ribet banget soalnya ngurus kurikulum sendiri.
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    23 April 2024 pukul 08.13
    Keren nih
    Awalnya saya membayangkan paud online, yang sibuk pasti wali muridnya di rumah. Peralatan untuk paud kalau online udah sama aja kaya yg wfh kan ya?
    Reply
  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro
    22 April 2024 pukul 17.33
    Homeschooling juga ada untuk anak PAUD. Kirain aku untuk sekolah tingkat lanjut kayak SMP atau SMA gitu. Baru jalan setahun sudah mendapat akreditasi B. Keren banget berarti ya.
    Reply
  • Deeva Collection
    Deeva Collection
    22 April 2024 pukul 14.50
    Untuk cek parameter sekolah itu bagus atau gifak memang lebih baik review dari orang tua. Sebagai pelengkao sih. Kita juga perlu observasi langsung juga ke sekolah biar tahu lingkungan sekolah.
    Reply
  • Indra DP
    Indra DP
    22 April 2024 pukul 14.01
    metode homeschooling ini bagus sebenernya, belajar lebih fleksibel dan orang tua juga bisa memantau langsung kegiatan belajar anaknya. tapi di sisi lain, si anak jadi tidak bisa belajar interaksi langsung dengan teman sebayanya. itu yg jadi dilema. CMIIW
    Reply
  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin
    22 April 2024 pukul 13.37
    Alhamdulillah yaa mbak kalau homeschooling dan udah tersedia kurikulum plus materi dari sekolah Alta. Jdi tinggal dijalankan saja.Oh ya ini khusus PAUD, TK,dan SD saja kah atau ada untuk jenjang lebih tinggi?
    Reply
  • De Eka
    De Eka
    22 April 2024 pukul 13.11
    aku baru tahu loh mba ternyata PAUD juga ada homeschoolingnya. Kerennya Alta School bisa pilih kelas sesuai budget pastinya plus bisa untuk lanjut ke sekolah formal ya.
    Reply
  • Catcilku
    Catcilku
    22 April 2024 pukul 12.42
    Keren, buat orang tua yang sanggup menjalankan homeschooling. Karena waktunya harus fokus untuk mengajar anak di rumah
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    22 April 2024 pukul 08.23
    Homeschooling Paud Online ini sebenarnya sangat membantu, terutama bagi yang tinggal jauh. Dengan begitu, anak-anak tetap dapat paud, dan ditemani plus diawasi oleh orang tua. Terus kurikulumnya juga disesuaikan. Jadi anak-anak tetap akan siap saat akan masuk Sekolah Dasar.
    Reply
  • Luluk Sobari
    Luluk Sobari
    22 April 2024 pukul 08.13
    Homeschooling online PAUD, benar-benar bisa jadi alternatif bagi orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya tapi sekaligus ingin agar anak dekat sepanjang waktu dengannya. Jadi lingkungan terjamin lebih aman.
    Reply