Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Review Susu etawarich untuk Jaga Kesehatan Tulang Keluarga

Susu kambing etawarich

Halo teman online! Ada yang satu angkatan denganku sebagai generasi 90 an? Gimana kabarnya, nih? Tulang aman? Asam urat aman? Kolesterol aman? Kalau aku sekarang mulai berteman dengan minyak angin dan koyo, nih, ahaha!

Selain itu, aku juga mulai waspada dengan risiko pengapuran tulang atau tulang keropos. Termasuk ibuku yang sekarang memasuki usia 50 tahun. Untungnya, aku mendapatkan rekomendasi dari teman blogger untuk konsumsi susu etawarich yang merupakan susu kambing etawa.

Eh? Susu kambing? Nggak bau prengus, tuh?

Tenang, susu kambing etawa dari etawarich ini nggak bau prengus, loh. Selain itu juga banyak manfaatnya untuk kesehatan. Yuk! Simak dulu review susu etawarich yang sudah aku coba. 


Apa itu Susu etawarich?

Sesuai namanya, susu etawarich merupakan susu kambing etawa yang rendah gula dan lemak, serta tanpa bahan pengawet. Selain itu, susu kambing etawarich juga mengandung tambahan bahan alami seperti kayu manis, bee polen, gamat, dan daun sirsak.

Susu untuk pengeroposan tulang

Susu kambing etawa sendiri sudah memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang cukup lengkap mulai dari fosfor, kalsium, sodium, flourin, dan mengandung asam lemak esensial 35% lebih tinggi dari susu sapi. Susu kambing etawa juga lebih mudah dicerna karena memiliki globula protein dan lemak lebih kecil dari susu sapi.

Oleh karena itu, kandungan susu etawa dari etawarich lebih lengkap jika dibandingkan dengan susu sapi. Khasiat susu kambing etawarich juga sangat baik untuk kesehatan.


Manfaat dan Kandungan Susu etawarich dari Kambing Etawa

Seperti yang sudah aku spill sedikit di awal, susu kambing etawa dari etawarich ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan alami dari susu kambing etawa, serta tambahan bahan alami lainnya membuat susu etawarich ini sangat baik sebagai susu untuk kesehatan.

Manfaat Susu Etawa etawarich

Susu kambing etawa dari etawarich memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat susu etawa etawarich saat dikonsumsi secara rutin dan sesuai anjuran:

1. Mencegah Pengeroposan Tulang dan Anemia

Susu kambing etawarich bisa menjadi alternatif susu untuk pengeroposan tulang. Pasalnya, susu untuk kesehatan ini mengandung kalsium cukup tinggi yang bisa mempercepat regenerasi hemoglobin. Regenerasi hemoglobin sendiri memiliki fungsi untuk mengatasi pengeroposan tulang dan anemia. 

2. Mencegah Nyeri Sendi dan Pengapuran Tulang

Susu kambing memiliki senyawa protein CSN1S2 yang fungsinya menjaga kepadatan tulang. Artinya, susu etawarich merupakan susu untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Kalau cari susu nyeri sendi yang oke, ya, susu kambing etawarich.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Mengonsumsi susu kambing etawarich secara rutin bisa membantu meningkatkan produksi imunoglobulin di dalam tubuh. Hal ini karena susu kambing mengandung Selenium cukup tinggi untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

4. Mengandung Prebiotik untuk Pencernaan

Kandungan susu etawa juga kaya akan prebiotik. Bakteri baik tersebut tentunya baik untuk kesehatan pencernaan.

5. Mengatasi Masalah Sistem Pernapasan

Kandungan fluorin dan betakasein dalam susu etawarich bisa mengatasi masalah dalam sistem pernapasan. Misalnya asma, batuk alergi, dan lain-lain.

6. Baik untuk Kesehatan Jantung

Susu kambing etawa yang merupakan susu untuk pengeroposan tulang juga kaya akan magnesium yang baik untuk jantung. Magnesium bisa menjaga detak jantung, mencegah risiko penggumpalan darah, dan membantu menurunkan konsentrasi trigliserida (lemak) dalam darah.

Susu tulang keropos

Kandungan Susu Etawa dari etawarich

Selain susu kambing etawa, kandungan susu etawa dari etawarich juga kaya akan berbagai nutrisi untuk kesehatan tulang. Hal ini menjadikan susu etawarich cocok sebagai minuman kesehatan untuk tulang dan sendi. Apa saja kandungan susu kambing etawarich?

1. Susu Kambing Etawa

Dalam susu etawarich mengandung 98% susu kambing etawa. Susu kambing sendiri sudah mengandung berbagai nutrisi seperti kalsium, fosfor, fluorin, selenium, sodium, dan lemak esensial yang tinggi dibandingkan susu sapi. Kandungan kalsium yang tinggi menjadikan etawarich susu tulang keropos, serta susu nyeri sendi. 

2. Gula Stevia

Rasa manis dalam susu Etawarich berasal dari gula Stevia yang lebih rendah kalori. Gula Stevia berasal dari ekstrak daun Stevia (Stevia rebaudiana) yang mengandung zat steviol glycosides. Tingkat kemanisan bisa 100–400 kali lebih manis dari gula biasa.

3. Kayu Manis

Sebagai rempah yang sudah lama digunakan di Indonesia, kayu manis. Rempah tersebut ternyata memiliki banyak manfaat untuk tulang seperti meredakan rasa sakit saat rematik, mencegah peradangan pada sendi, dan mengurangi risiko osteoporosis. Kandungan kayu manis pada etawarich menjadikannya susu untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi.

4. Bee Polen

Kandungan bee polen dalam etawarich bisa membuat kolesterol jahat menurun, serta memelihara kesehatan jantung dan hati.

5. Gamat

Ekstrak gamat sangat tinggi protein dan kolagen yang memiliki fungsi untuk mengatasi nyeri sendi dan membantu pembentukan tulang rawan. Tak heran jika susu kambing etawa sangat cocok jadi minuman kesehatan untuk tulang dan sendi.

6. Daun Sirsak

Bagi yang sedang berjuang untuk mengatasi asam urat, kandungan daun sirsak dalam susu etawa bisa menurunkan asam urat, lo. Jadi kalau konsumsi susu etawa dari etawarich bisa menurunkan asam urat, dan meningkatkan kesehatan tulang, jantung, sistem pencernaan, dan pernapasan.


Review Susu etawarich untuk Jaga Kesehatan Keluarga

Ternyata banyak sekali manfaat susu etawarich dari segi kesehatan. Terutama sebagai susu tulang keropos untuk wanita di usia 30 tahun ke atas sepertiku. Berikut pengalamanku mengonsumsi susu etawarich bersama keluarga.

Kemasan Susu etawarich

Susu kambing etawarich

Kemasan susu etawarich berupa karton dengan desain dominan putih. Di dalamnya terdapat 14 kemasan sachet yang masing-masing berukuran 15 gram. Jadi, kalau mau bikin praktis sekali dan nggak khawatir takaran tiap kali saji bakal kurang atau lebih.

Tekstur, Rasa, dan Aroma

Tekstur susu kambing etawa yang sudah difortifikasi berupa serbuk berwarna putih tulang. Aromanya tidak goaty alias prengus, tercium aroma khas kayu manis, dan tidak amis.

Susu kesehatan etawarich

Saat sudah diseduh menjadi larutan susu, aromanya tidak prengus, tapi ada sedikit aroma seperti susu sapi menurutku. Selain itu juga tercium aroma khas kayu manis.

Rasanya tidak bikin enek, sudah cukup manis, dan enak. Mirip seperti susu kambing etawa asli yang dulu pernah aku beli bersama suami di daerah Ampel.

Cara Membuat

Cara membuat susu kambing etawa etawarich cukup mudah. Tuang 120 mL air hangat ke dalam gelas. Masukkan 1 sachet susu etawarich ke dalamnya. Aduk rata dan sajikan.

Susu nyeri sendi

Khasiat Susu etawarich yang Keluarga Rasakan

Khasiat susu kambing etawarich yang aku rasakan setelah rutin konsumsi selama kurang lebih 1 minggu adalah meningkatkan sistem imun tubuh, mengurangi nyeri punggung bawah, dan tubuh lebih luwes digerakkan. Tentunya semua itu juga aku imbangi dengan olahraga dan banyak minum air putih.

Kalau khasiat susu kambing etawarich pada ibuku yang kadang nyeri sendi serta mulai pengapuran tulang adalah tubuhnya mulai merasa mudah bergerak dibandingkan sebelumnya. Kalau suami lebih ke meningkatkan imunitas tubuh, serta mengurangi pegal linu.


Susu etawarich Cocok untuk Kesehatan Keluargaku

Susu etawarich

Selama mengonsumsi susu kambing etawarich, keluargaku rata-rata cocok tanpa ada efek samping seperti diare atau mual. Manfaat susu etawa etawarich paling terasa bagi keluargaku adalah meningkatkan sistem imun tubuh, mengurangi risiko pengeroposan tulang yang ditandai dengan tubuh yang luwes digerakkan, dan meredakan nyeri sendi.

Teman online tertarik untuk mencoba setelah baca review susu etawarich dariku? Bisa banget membeli Susu etawarich lewat e-commerce seperti Shopee etawarich Official Store atau Tokopedia etawarich Official Store. Ingat, ya, distributor resmi susu etawarich adalah etawarich Official Store. Selain itu, bisa saja produknya palsu.


Referensi

Park YW, Ju M, Ramos M, Haenlein GFW. 2007. Physico-Chemical Characteristics of Goat and Sheep Milk;68:88-113.

https://etawarich.id/cara-menyembuhkan-tulang-keropos/

https://www.gooddoctor.co.id/hidup-sehat/info-sehat/7-manfaat-susu-kambing-untuk-tubuh-jaga-pencernaan-hingga-cegah-osteoporosis/

21 komentar

21 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Manda Dea
    Manda Dea
    17 Januari 2024 pukul 10.06
    aku butuh susu kambing etawa deh, semenjak melahirkan 3 anak punggu dan sendi2 sudah tidak aman hhihi, anak-anak boleh minum juga ya kak?
    Reply
  • sylvianayy
    sylvianayy
    3 Januari 2024 pukul 22.07
    aku mau banget nih susu kambing etawa biar makin kuat kepadatan tulangnya soalnya diusia mendekati 30 rasanya pinggang udah mulai banyak keluhan dikit-dikit capek
    Reply
  • Hanie Fidelity
    Hanie Fidelity
    1 Januari 2024 pukul 08.59
    Dari kemaren searching susu kambing mana yang bisa aku beli, ngeliat review ini jadi semakin yakin mau beli yang ini
    Reply
  • Analisa Muya
    Analisa Muya
    1 Januari 2024 pukul 08.30
    Belum pernah mencoba susu kambing...kalaj dilihat dari kanduangan etawarich yg komplet sprti ad bee polen, gamat dll plus yg paling penting nggk bau prengus jdi pgen nyoba apalagi khasiatny sangat bgus sekali
    Reply
  • Müzeyyen Salik
    Müzeyyen Salik
    31 Desember 2023 pukul 01.09
    Penasaran sama rasa susu etawarich, sepertinya lebih segar dari susu biasa
    Reply
  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti
    30 Desember 2023 pukul 12.01
    Secara keseluruhan banyak sekali ya fungsi dari kandungan Etawarich ini. Bagi yang sudah usia 40 lebih kayak diriku, kesehatan tulang nih yang harus dijaga.
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    30 Desember 2023 pukul 11.11
    Suka banget dengan manfaat Susu etawarich.
    Selain itu juga konsumsinya mudah yaa.. Uda ada takarannya dalam bentuk sachet, sehingga tinggal tuang dan siap dinikmati dalam keadaan dingin atau hangat.
    Reply
  • monicarasmona
    monicarasmona
    30 Desember 2023 pukul 09.23
    Generasi 90-an ngacung, nih. Memang benar di usia sekarang badan mulai kerasa nggak enak di sana-sini. Kalau saya terkadang merasa badan pegal saat bangun tidur. Tanda-tanda tulangnya harus lebih diperhatikan, ya.
    Reply
  • Karunia Sylviany Sambas
    Karunia Sylviany Sambas
    30 Desember 2023 pukul 09.21
    Pas banget buat saya yang sempat khawatir kalau minum susu kambing bisa bikin mual. Ternyata Etawarich nggak begitu, ya, Mba. Cuss, deh langsung ceki-ceki info detail produknya.
    Reply
  • KenniApril
    KenniApril
    30 Desember 2023 pukul 08.42
    Susunya banyak dicampur bahan jamu-jamuan gitu ya. Tapi malah nggak enek rasanya
    Reply
  • Ning!
    Ning!
    30 Desember 2023 pukul 08.34
    Aku juga udah minum susu kambing ini mba, rasanya enak, lebih creamy dari susu biasa. Anakku juga suka tak kasih.
    Reply
  • Juwita
    Juwita
    30 Desember 2023 pukul 06.22
    Sekeluarga suka banget minum susu kambing daripada susu sapi . Katanya lebih enak dan lebih terasa manfaatnya
    Reply
  • Sendy Yunika
    Sendy Yunika
    30 Desember 2023 pukul 05.08
    Pemanisnya alami banget, jadi penasaran lho sama rasa etawarich inim
    Reply
  • Dyah Kusumastuti Utari
    Dyah Kusumastuti Utari
    29 Desember 2023 pukul 16.42
    susu etawa etawarich ini ga prengus ya, ingin coba juga nih setelah baca banyak manfaatnya, lagi pula gulanya juga gula stevia ya yang dipakai aman untuk penderita diabetes
    Reply
  • Rhoshandhayani KT
    Rhoshandhayani KT
    29 Desember 2023 pukul 12.58
    wuaaaaaaah udah beli susunyaaaa
    aku belooom
    ya udah deh, gak meluncur ke shopi aja buat belanja hehe
    tapi nunggu tanggal kembar aja wkwk
    Reply
  • Sulis Nashwa
    Sulis Nashwa
    28 Desember 2023 pukul 22.25
    Iya nih mbak semakin bertambah umur memang harus makin peduli buat jaga kesehatan utama kesehatan tulang. Dan susu etawarich ini kandungannya bagus banget buat menjaga kesehatan tulang dan sendi jadi wajib coba
    Reply
  • SHalikah
    SHalikah
    27 Desember 2023 pukul 08.06
    Susu kambing etawa ini memang makin populer ya Mbak. Banyak banget manfaatnya untuk kesehatan. Saya baru kenalan dengan brand etawarich ini, ternyata kandungan lainnya selain susunya sendiri juga banyak ya. Mulai dari Bee polen sampai daun sirsak. Semua bahan yang penuh manfaat nih.
    Reply
  • Karunia Sylviany Sambas
    Karunia Sylviany Sambas
    27 Desember 2023 pukul 01.10
    Jadi mupeng pengen nyobain susu ini, Mba. Apalagi udah banyak testimoni positif juga sepertinya. Bagi saya yang domisilinya agak jauh dari kota, pas banget produk ini bisa dibeli secara online.
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    25 Desember 2023 pukul 21.28
    Praktis ternyata ya sudah dikemas dalam. Sachet an gitu. Makin mudah lagi bisa beli secara online ya. Saya yg di pelosok akhirnya bisa dengan mudah mendapatkan nya susu kambing kemasan ini
    Reply
  • Shanty febrianti
    Shanty febrianti
    25 Desember 2023 pukul 19.01
    Wah.. Kaya wajib nih minum susu etawarich apalagi usia sdh mulai menua.. Jadi kesehatan tulang tetap terjaga nih
    Reply
  • dessy achieriny
    dessy achieriny
    25 Desember 2023 pukul 10.37
    Kalau aku keluhan asam urat dll gak ada..cuma dengkul aja ini, kalau buat daki gunung udh gak bisa. Sakit.. kemarin naik bukit tinggi 800m aja aku gak sanggup. Wah mau nyobain Susu Etawarich nih
    Reply