Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Jika Mata Kering Tidak Diatasi: Keratitis yang Menjegal Duniaku

Insto Dry Eyes solusi mata kering

Hanya sekitar 60 persen pasien dry eye di JEC yang memiliki gejala. Sisanya merupakan pasien tidak bergejala dan tidak mengetahui bahwa dirinya mengalami dry eye.”
data dari JEC Eye Hospital and Clinics

Aku adalah orang yang termasuk ke dalam kategori tidak bergejala dan tidak tahu kalau sedang mengalami sindrom mata kering. Parahnya lagi, dulu aku suka menggunakan lensa kontak karena lebih praktis tanpa mengetahui kalau kondisi mataku cenderung kering.

Akhirnya, aku menderita iritasi mata yang membuat duniaku terasa kering. Kerja nggak fokus karena mata terasa perih, cepat pegal kalau pakai kacamata karena minusku cukup tinggi, dan kehilangan kesempatan beasiswa.

Memangnya serius banget, ya, resiko mata kering jika tidak diatasi?

Yap! Contohnya adalah aku. Bahkan, aku bisa bilang bahaya sekali. Apalagi kalau sindrom mata kering yang teman-teman alami tidak bergejala atau gejalanya muncul belakangan seperti diriku.

Nah, biar teman-teman nggak salah jalan sepert, aku bakal membagikan awareness tentang mata kering dan caraku merawat mata kering. Let's go, bestie onlineku!


Mata Kering yang Membuat Duniaku Kering

Ini adalah ceritaku tentang hari kemarin, saat duniaku ikut kering karena mengabaikan mata kering.”

Insto Dry Eyes
Sumber: dokpri

Bisa dibilang aku dulu adalah orang yang abai terhadap kesehatan mata saat bekerja. Buktinya, mataku punya minus tinggi, hingga mencapai angka 7.

Sudah mataku punya minus tinggi, nggak mengontrol waktu paparan gawai sampai bablas bisa 7 jam di depan laptop, dan nggak aware pula dengan gejala mata kering. Aku pikir saat itu mataku hanya lelah saja, cuma butuh istirahat. Namun, ternyata aku membutuhkan lebih dari itu…

Kebiasaan Memakai Lensa Kontak dan Paparan Gawai

Aktivitas yang menyebabkan mata kering
Sumber: olah grafis dengan Canva Pro

Pekerjaan sebagai dosen muda saat itu, membuat aku banyak berhadapan dengan gawai. Maklum, prodi Kimia di salah satu universitas islam di Jawa timur itu baru saja berdiri.

Jadinya banyak sekali pekerjaan mulai dari membuat dokumen borang, kurikulum, mempersiapkan materi, dan masih banyak lagi. Alhasil aku banyak begadang di depan laptop.

Aku yang punya minus mata tinggi juga terbiasa menggunakan lensa kontak saat mengajar. Alasanku karena lebih praktis dan anti ribet.

Namun, aku hanya memakai lensa kontak maksimal 6-8 jam saja. Sisanya aku pakai kacamata minus biasa.

Awalnya aku enjoy saja, sih, dengan kebiasaan menggunakan lensa kontak, serta berada di depan gawai untuk waktu rata-rata sekitar 6-8 jam sehari. Tidak ada yang aku rasakan aneh dengan mataku. Hanya saja, kadang mata terasa lelah, sepet, dan berair.

Gejala yang Muncul Belakangan Saat Sudah Parah

Gejala mata kering
Sumber: olah grafis dengan Canva Pro

Semuanya masih baik-baik saja sampai suatu ketika aku mulai merasakan sensasi berpasir, mata terasa panas, dan gatal. Saat itu sedang ada deadline pengumpulan dokumen borang.

Lama-kelamaan, mataku semakin terasa sakit, perih, dan panas. Karena tidak tahan lagi, aku izin untuk pulang sebentar ke kos.

Setibanya di sana aku langsung meneteskan obat tetes mata, tapi aku agak terkejut karena mataku malah terasa perih. Biasanya kalau aku menggunakan obat tetes mata, tidak pernah ada reaksi begini.

Fix! Ada yang tidak beres dengan mataku. Detik itu juga aku langsung tancap gas ke dokter mata.

Gagalnya Wawancara Beasiswa dan Dunia yang Terasa Kering

Ternyata benar dugaanku. Mataku sangat tidak baik-baik saja.

Mata kering
Sumber: olah grafis dengan Canva Pro

Setelah melalui serangkaian pemeriksaan, dokter mengatakan aku mengalami keratitis alias iritasi pada kornea mata. Semua itu berawal dari mata kering yang tidak diatasi. Aku termasuk orang yang tidak mengalami gejala awal, jadi gejala muncul belakangan saat sudah parah.

Dokter pun meresepkan obat tetes mata khusus dan antibiotik. Aku juga disarankan untuk istirahat total karena kondisi mataku. Setidaknya istirahat selama 1 minggu dari paparan gawai.

Padahal besok aku akan ada wawancara beasiswa, deadline dokumen borang, dan masih banyak lagi. Duniaku pun berubah jadi berantakan. Pekerjaan juga tertunda.

Rasanya saat itu kehidupanku terasa nggak asyik aja, kering, dan garing. Menyesal sekali rasanya nggak perhatian sama mata sendiri. Hiks


Mata Kering itu Seperti Apa?

Mata kering
Sumber: Canva Pro

Secara singkat, mata kering adalah kondisi saat mata tidak mendapatkan pelumasan yang cukup dari air mata. Hal tersebut bisa mengakibatkan rasa tidak nyaman di mata.

Gejala mata kering bervariasi mulai dari mata sepet, terasa kering, berair, mata pegal, perih, sensasi berpasir, terasa panas, dan lain sebagainya. Namun, ada beberapa orang yang tidak mengalami gejala tersebut, tahu-tahu gejala sudah parah seperti yang aku alami.

Apabila mata kering tidak diatasi, bisa mengakibatkan keratitis seperti kasusku. Bahkan, pada kasus yang parah bisa menyebabkan kerusakan kornea mata hingga timbulnya jaringan parut di mata.


Gejala Mata Kering yang Jarang Disadari

Dilansir dari website Insto Dry Eyes, setidaknya ada 3 gejala inti mata kering yang jarang disadari. Mulai dari mata pegal, mata sepet, dan mata perih. Kalau hanya 3 gejala ini yang muncul, bisa menggunakan obat tetes mata khusus mata kering seperti Insto Dry Eyes.

Insto Dry Eyes solusi mata kering

1. Mata Sepet

Kondisi mata sepet merupakan sensasi mengganjal, berpasir, atau lengket pada kelopak mata saat berkedip. Mata akan kehilangan kelembaban, sehingga sulit memproduksi air mata.

Hal ini bisa terjadi saat suhu udara terlalu kering atau terlalu lama berada di ruangan ber-AC. Akibatnya mata akan cenderung menjadi kering.

2. Mata Pegal

Saat mata dipaksa untuk melihat objek dekat dalam kurun waktu lama, maka otot mata akan cenderung menegang. Akibatnya, mata terasa pegal, nyeri, bahkan pusing sampai mual.

Contohnya saat aku terpaksa menatap laptop selama berjam-jam untuk menyelesaikan pekerjaan. Radiasi blue light dari laptop bisa memperparah kondisi mata pegal.

3. Mata Perih 

Saat mata berhadapan dengan benda-benda asing seperti debu, lensa kontak, polusi, atau asap, bisa menggores kornea mata. Hal tersebut membuat mata terasa perih, panas, dan gatal. Kadang juga keluar air mata berlebihan.


Bahaya Mata Kering Jika Tidak Diatasi, Ini Akibatnya!

Beruntung saat itu, mataku masih bisa diselamatkan dari komplikasi mata kering berupa keratitis ringan. Kalau tidak, mungkin mataku sudah rusak. Tak apa duniaku sempat kering sampai kehilangan banyak kesempatan dalam meraih mimpi, asal mataku masih bisa sembuh.

Lantas, apa akibatnya apabila mata kering tidak diatasi dengan segera?

Mengatasi mata kering dengan Insto Dry Eyes
Sumber: olah grafis dengan Canva Pro

1. Iritasi dan Infeksi

Pada kondisi yang masih ringan, jika mata kering tidak diatasi bisa menyebabkan iritasi atau infeksi pada mata. Hal ini berkaitan dengan fungsi air mata untuk melindungi permukaan mata dari infeksi.

Saat mata kering, air mata tidak cukup untuk melumasi mata. Akibatnya mata akan lebih mudah mengalami iritasi atau infeksi.

2. Kerusakan Permukaan Mata

Bahaya mata kering jika tidak diatasi selanjutnya adalah menyebabkan peradangan pada mata. Bisa terjadi abrasi permukaan kornea, keratitis, ulkus kornea, dan masalah penglihatan lainnya.

3. Timbulnya Jaringan Parut di Kornea

Nah, ini dia yang membuatku sedikit ngeri adalah saat permukaan mata telah rusak, lalu tidak segera diatasi, bisa mengakibatkan timbulnya jaringan parut di kornea.

Kalau sudah begini, tindakan yang harus dilakukan biasanya operasi mata. Aduh, ngilu banget saat membayangkan.


Penyebab Mata Kering

Selama beberapa kali kontrol ke dokter mata, aku sempat ngobrol banyak dengan beliau tentang sindrom mata kering. Ada beberapa faktor risiko dan aktivitas harian yang bisa menyebabkan kondisi mata kering, gaiss.

Jadi, nggak hanya pemakaian lensa kontak saja yang bisa menyebabkan mata kering. Lalu, aktivitas apa saja yang bisa menyebabkan mata kering? Faktor risiko apa yang bisa memicu mata kering?

Aktivitas Penyebab Mata Kering

Insto Dry Eyes untuk mata kering
Sumber: olah grafis dengan Canva Pro

Teman-teman, tahu, nggak, kalau aktivitas sehari-hari juga bisa menyebabkan mata kering. Kira-kira aktivitas apa saja yang menyebabkan mata kering?

  • Pemakaian lensa kontak: lensa kontak dapat mengganggu lapisan air mata yang berfungsi untuk melindungi permukaan mata. Kalau misal sudah tahu memiliki kondisi mata kering, bisa melumasi mata dengan tetes mata khusus mata kering lebih dulu sebelum menggunakan lensa kontak.
  • Aktivitas di depan gawai: penelitian dari National Library of Medicine menunjukkan bahwa gejala mata kering parah sering terjadi pada kalangan yang terpapar gawai lebih dari 4 jam per hari.
  • Bepergian ke tempat umum: tempat umum bisa jadi sarang berbagai polutan yang bisa menyebabkan mata kering seperti debu, polusi, asap, dan lain-lain.
  • Berada terlalu lama di ruangan ber-AC: berada di ruangan ber-AC terlalu lama bisa mengurangi kelembaban mata, sehingga mata cenderung kering.

Faktor Risiko Pemicu Mata Kering

Solusi mata kering
Sumber: olah grafis dengan Canva Pro

Selain aktivitas harian, juga ada faktor risiko yang bisa menjadi pemicu mata kering. Kalau teman-teman berada di salah satu faktor risiko berikut ini, harus waspada dengan kemungkinan mata kering yang bisa kamu alami.

  • Usia: produksi air mata akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Terutama pada wanita pasca menopause.
  • Lingkungan: debu, cuaca kering, kondisi berangin, dan asap rokok bisa menyebabkan mata kering.
  • Riwayat operasi mata: orang yang pernah melakukan operasi mata seperti katarak, dan lainnya juga berisiko memiliki mata kering.
  • Penyakit metabolisme: penyakit seperti diabetes, auto imun, juga bisa meningkatkan risiko mata kering.
  • Penggunaan obat tertentu: penggunaan obat-obatan seperti antidepresan, obat flu, antihistamin, obat tidur, dan kontrasepsi juga bisa memicu mata kering.


Insto Dry Eyes, #SolusiMataKering yang Menjaga Duniaku

Insto Dry Eyes
Sumber: dokpri

Saat mengalami gejala mata kering, Insto Dry Eyes bisa digunakan sebagai obat mata kering atau perawatan mata kering. Solusi banget untuk aku yang sudah kapok dengan derita keratitis. Jadi, aku menggunakannya sebagai perawatan mata kering.

Apa itu Insto Dry Eyes?

Insto Dry Eyes merupakan obat tetes mata golongan obat bebas yang digunakan untuk mengatasi gejala mata kering. Bentuknya berupa cairan tetes mata. Kemasannya berukuran 7,5 mL dengan tutup ulir berwarna biru muda.

Ingat, ya, tutup kemasan Insto Dry Eyes berwarna biru muda. Sebab, Insto juga memiliki produk tetes mata lain seperti Insto Reguler dengan tutup berwarna hijau dan Insto Cool dengan tutup berwarna biru tua.

Insto Dry Eyes untuk mata apa?

Insto Dry Eyes sebagai solusi mata kering memiliki kegunaan untuk mata sebagai berikut:

  • Meringankan rasa tidak nyaman akibat kurangnya air mata.
  • Mengandung bahan aktif untuk mengatasi gejala mata kering
  • Sebagai pelumas mata
  • Mengandung senyawa untuk membunuh bakteri

Cara Pakai Insto Dry Eyes

Cara pakai Insto Dry Eyes saat mata kering cukup mudah. Tinggal teteskan 1-2 tetes Insto Dry Eyes saja ke kedua bola mata. Setelah itu, pejamkan mata sejenak sambil memutar-mutar bola mata. Sesekali juga kedipkan mata agar cairan tetes mata bisa rata ke seluruh bagian bola mata.

Hentikan pemakaian jika gejala mata kering sudah mereda. Sebab, Insto Dry Eyes bukan untuk pemakaian rutin atau berkepanjangan.
Sedia Insto Dry Eyes untuk mata kering
Sumber: dokpri

Keunggulan Insto Dry Eyes

Setelah mataku sembuh dari keratitis beberapa tahun lalu sampai detik ini, aku selalu sedia Insto Dry Eyes di rumah untuk merawat, serta mengatasi mata kering. Insto Dry Eyes menurutku memiliki beberapa keunggulan sebagai solusi mata kering:

  • Mengandung senyawa pelumas mata - Hydroxypropyl methylcellulose: menurut penelitian Koroloff (2004), fungsi senyawa Hydroxypropyl methylcellulose (HPMC) sebagai pelumas mata untuk meredakan iritasi mata pada gejala mata kering. Saat seseorang memiliki gejala mata kering, seringkali membutuhkan pelumas buatan.
  • Mengandung senyawa antiseptik - Benzalkonium chloride: mata kering cenderung membuat mengakibatkan bakteri, jamur, atau virus mudah masuk ke dalam mata. Apalagi kalau sudah terlanjur iritasi seperti aku dulu. Nah, adanya senyawa antiseptik ini, menyebabkan Insto Dry Eyes juga bisa membunuh bakteri, jamur, atau virus yang mungkin masuk ke dalam mata.
  • Terdaftar di BPOM dan Halal: Insto Dry Eyes tentu saja sudah terdaftar di BPOM dengan nomor DTL1438202146A1. Selain itu, Insto Dry Eyes juga sudah memiliki sertifikasi halal MUI. Hal ini membuat Insto Dry Eyes terjamin dari segi keamanan, kehalalan, dan kredibilitas sebagai obat tetes mata.
  • Harga terjangkau: satu botol kecil Insto Dry Eyes berukuran 7,5 mL dibandrol dengan HET (Harga Eceran Tertinggi) sebesar Rp16.197 saja di daerahku. Percayalah, harga ini sudah sangat terjangkau untuk pencegahan serta perlindungan mata kering. Kalau ke dokter mata saat mata kering sudah parah sepertiku, bisa sampai ratusan ribu hingga jutaan biayanya.
  • Praktis dan mudah didapat: kemasan Insto Dry Eyes yang mungil cukup praktis, ringan, bisa dibawa kemana-mana, serta tak memakan banyak tempat. Selain itu Insto Dry Eyes juga mudah didapat di apotek atau minimarket terdekat. 


Caraku Merawat Mata Kering dengan Insto Dry Eyes

Menurutku mata adalah cara kita bisa melihat dunia. Oleh karena itu kita harus merawat mata kering agar dunia yang kita lihat tidak kering dan berantakan. Berikut tips mata kering agar tidak makin parah yang sudah aku lakukan dengan #InstoDryEyes.

Obat mata kering
Sumber: dokpri

1. Membatasi Paparan Gawai

Langkah pertama yang aku lakukan untuk merawat mata kering pasca sembuh dari keratitis adalah membatasi paparan gawai. Maksimal dalam satu hari aku hanya menggunakan laptop 4-6 jam. Aku juga membatasi penggunaan smartphone untuk sekadar balas pesan dan cek notifikasi.

2. Siap Sedia Insto Dry Eyes

Selanjutnya, aku selalu sedia #InstoDryEyes sebagai solusi mata kering. Kalau sedang tidak ada pekerjaan dari kampus, aku meneteskan Insto Dry Eyes 2 kali sehari. Kalau sedang banyak pekerjaan atau aktivitas di depan gawai, aku meneteskan Insto Dry Eyes 3-4 kali sehari.

3. Menggunakan Kacamata Anti Radiasi

Aku juga mengganti lensa kacamata minus milikku dengan lensa minus sekaligus anti radiasi. Memang harganya lumayan “wow”, sih, cuma aku sudah trauma dengan keratitis yang pernah aku derita.

Jadi, lebih baik aku keluar uang lebih untuk merawat mata kering daripada harus mengobati. Biayanya bakalan lebih “wow” lagi untuk pengobatan mata yang terluka akibat mata kering.

4. Memastikan Ruangan Cukup Cahaya

Disamping itu, aku juga memastikan ruangan tempat aku bekerja atau melakukan aktivitas cukup cahaya. Jangan sampai aku bekerja dalam ruangan yang kurang cahaya. Hal itu bisa membuat otot mata bekerja ekstra, sehingga mata pegal.

5. Olahraga dan Minum Air yang Banyak

Terakhir, nggak kalah penting untuk merawat mata adalah olahraga rutin dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Olahraga bisa melancarkan peredaran darah di seluruh tubuh, termasuk area mata. Sementara itu, saat kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, kebutuhan air mata sebagai pelumas juga terpenuhi.


Jangan Abaikan Mata Kering, Rawat Duniamu Agar Tidak Kering

Pengalaman menghadapi keratitis akibat mata kering tidak diatasi, membuatku cukup trauma. Ternyata ada banyak bahaya mengincar mata saat tidak aware dengan gejala mata kering. Telat sedikit, mataku bisa saja berakhir di meja operasi.

Oleh karena itu, teman-teman harus sadari sejak dini gejala mata kering. Bisa juga cek faktor risiko yang bisa memicu mata kering. Jika teman-teman termasuk ke dalam salah satu faktor risiko, waspada ancaman mata kering.

Saranku ada baiknya siap sedia Insto Dry Eyes di rumah untuk mengatasi gejala mata kering. Aku pun selalu siap sedia di rumah karena kegiatanku saat ini sebagai blogger cukup membuatku sering terpapar radiasi gawai.

Last but not least, jangan abaikan gejala awal mata kering seperti mata sepet, mata pegal, dan mata perih. Cukup pengalamanku saja sebagai contoh akibat apabila mata kering tidak diatasi. Rawatlah mata sebagai duniamu agar tidak kering.


Referensi

Koroloff, N., Boots, R., Lipman, J. et al. 2004. A randomised controlled study of the efficacy of hypromellose and Lacri-Lube combination versus polyethylene/Cling wrap to prevent corneal epithelial breakdown in the semiconscious intensive care patient. Intensive Care Med 30, 1122–1126. https://doi.org/10.1007/s00134-004-2203-y

Nichols KK, Nichols JJ, Mitchell GL. 2004. The lack of association between signs and symptoms in patients with dry eye disease. Cornea.23:762-770.

Methodologies to diagnose and monitor dry eye disease: report of the Diagnostic Methodology Subcommitte of the International Dry Eye WorkShop. 2007. Ocul Surf. 5:108-152.

US National Library of Medicine. 2021. “The Relationship Between Dry Eye Disease and Digital Screen Use”; https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8439964/

https://insto.co.id/eyeducation/

https://jec.co.id/id/article/mata-kering-yang-tak-tertangani-dapat-akibatkan-kerusakan-permukaan-mata

https://www.halodoc.com/kesehatan/mata-kering

70 komentar

70 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Rahman Kamal
    Rahman Kamal
    22 Februari 2024 pukul 09.50
    Insto adalah pilhan utama untuk masalah kesehatan mata. Bentuknya praktis, mudah dibawa kemana-mana. Harganya juga cukup terjangkau dan tentu, manfaatnya luar biasa.
    Reply
  • Nengsi Hariyanti
    Nengsi Hariyanti
    26 Januari 2024 pukul 09.53
    Jadi kalau mata kering jangan diabaikan ya kak. Harus segera dikasih obat tetes. Insto dry eyes bisa menjadi solusi nih. Biar semangat dan produktif lagi menghadapi hari-hari
    Reply
  • Monica Anggen
    Monica Anggen
    25 Januari 2024 pukul 23.48
    Waduh, jangan sampai ah kena kena radang, timbul jaringan parut di kornea, atau gangguan mata lainnya yang bikin kita terganggu penglihatannya. Mending merawat dan menjaga kesehatan mata + mencegah jangan sampai mata kering ya
    Reply
  • Nita
    Nita
    25 Januari 2024 pukul 21.48
    Setuju sekali nih, pencahayaan harus pas ya, kak, jngn terlalu terang apalagi gelap. Bisa merusak mata. Untungnya saya juga selalu sedia insto dry eyes, jdi ketika terserang mata kering langsung teratasi, deh.
    Reply
  • Witri Prasetyo Aji
    Witri Prasetyo Aji
    25 Januari 2024 pukul 19.46
    Mbak, minusku juga tinggi, dulu aku operator sekolah, tata usaha, terus kalau unbk jadi proktor, hari2ku selalu menatap layar laptop, belum lagi kalau ada job ngeblog, terus aku juga sering pakai softlens, duh rasanya??? Dan harus selalu sedia tetes mata. Urusan sama mata memang tidak boleh dipandang remeh...
    Reply
  • Ayah Ugi
    Ayah Ugi
    25 Januari 2024 pukul 19.02
    Mata kering ga bisa dianggap remeh ya, Kak. Gegara mata kering ga diatasi jadi harus istirhata gawai selama 1 minggu. Better memang sedia payung sebelum hujan, sedia insto dry eyes setiap saat. Apalagi sekarang gawai sudah jadi bagian hidup kita
    Reply
  • HendraDigital
    HendraDigital
    25 Januari 2024 pukul 16.29
    Tempo hari pernah ngalamin gejala mata kering. Rasanya emang nggak enak banget. Pandangan nggak nyaman banget. Sekarang prepare Insto Dry Eyes biar nggak terulang lagi ngalamin mata kering
    Reply
  • Luluk Sobari
    Luluk Sobari
    25 Januari 2024 pukul 14.42
    Oalah, jadi mata saya ini ada indikasi butuh pelumas mata seperti Insto Dry Eyes ini ya. Soalnya kalau panas udah keseringan nih. Kadang khawatir juga sih pas ngaca, terus lihat mata kayak kurang sehat. Agak kuning lagi.
    Reply
  • Indra DP
    Indra DP
    25 Januari 2024 pukul 12.08
    nah ini aku juga sering mata perih kalo terlalu lama menatap layar laptop, sepertinya aku juga perlu pakai Insto ini buat terhindar dari mata kering
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    25 Januari 2024 pukul 10.28
    COcok banget buat para pekerja konten kreator atau orang-orang yang banyak bekerja di depan gawai seperti saya membuat mata kita jadi merah, perih, dan kering. Dengan pakai Insto Dry Eye pastinya bakal bantu banget menyembuhkan dan menjaga mata agar tidak kering
    Reply
  • sari widiarti
    sari widiarti
    25 Januari 2024 pukul 09.50
    ternyata pakai lensa kontak malah nggak jamin mata tetap lembap ya, kalau jadi kering malah jadi nggak nyaman ya di mata, selalu sedia insto nih kalau mata jadi kering
    • sari widiarti
      Fenni Bungsu
      25 Januari 2024 pukul 16.28
      Kirain bisa menjaga biar gak kering matanya, eh ternyata ada risikonya juga ya
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    25 Januari 2024 pukul 09.21
    Keratitis ini bahaya sekali kalau diabaikan yaa..
    sehingga butuh penanganan yang tepat dan jangan sampai menunggu semakin memburuk dan berakibat komplikasi serius.
    Cara mencegahnya dengan meneteskan Insto Dry Eyes apabila telah terasa gejala mata kering.

    Haturnuhun.
    • lendyagasshi
      Hamimeha
      25 Januari 2024 pukul 21.51
      hiks, aku pun jadi khawatir nih mbak. kyake emang perlu memsukkan insto sebagai penghuni kotak p3k di rumah
    Reply
  • Triani Retno A
    Triani Retno A
    25 Januari 2024 pukul 05.29
    Waduh, berbahaya banget ya kalau mengabaikan gejala mata kering. Mesti lebih aware dengan kondisi diri sendiri dan sedia Insto Dry Eyes juga.
    Reply
  • Happy
    Happy
    20 Januari 2024 pukul 04.52
    mata aku kering banget dan emang selalu bawa insto ke mana-mana. karena kalau gak pakai gak kuat banget mata 😭
    Reply
  • Goresan hati
    Goresan hati
    18 Januari 2024 pukul 07.59
    Wua. Lengkap banget mbak penjelasannya. Mantap. Jadi nambah ilmu baru nih. Baru tahu kalau mata kering ada yang gak bergejala. Aku juga dong. Hiks
    Reply
  • deamerina
    deamerina
    16 Januari 2024 pukul 11.37
    eh iya lho. selain boyok tuh aku baru ngeh kalo mata sih juga perlu dijaga. kadang entah kerja atau drakoran kalo udah lupa waktu bikin mata pedih banget. meski udah pake kacamata antiradiasi tapi tetep aja takut mata kenapa-napa. untung ya ada Insto penyelamat mata kering
    • deamerina
      Yuni Bint Saniro
      25 Januari 2024 pukul 10.56
      kalau sudah di depan laptop, buat urusan kerjaan apalagi dra koran, kita suka lupa ngedipin mata kalau nggak saking mata udah terasa panas.
    Reply
  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin
    16 Januari 2024 pukul 09.49
    Mata kering itu sakit bangeeet apalagi kalo habis liat layar selama berjam2. Untung ada Insto Dry Eyes ya. Tinggal ditetesin dan legaa.
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    16 Januari 2024 pukul 09.33
    Mata kering ini memang jangan sampai dibiarkan ya,Mbak. Karena dari yang saya baca, bisa sampai mneyebabkan kebutaan. jangan sampai terjadi, apalagi pekerjaan kita memang berhubungan dengan gadget. Jadi harus pencegahan sejak awal.
    Reply
  • cookeatta
    cookeatta
    16 Januari 2024 pukul 08.59
    beneran nih kak, mata kalau sudah terganggu kesehatannya jadi mati gaya, dan menderita yaa, mata saya juga kalau sudah lama-lama di layar gadget suka terasa perih, gatal dan terasa kering. Makanya sedia juga insto dry eyes di rumah. Kalau sdh ditetesi ini, jadi lumayan kembali nyaman alhamdulillah.
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    16 Januari 2024 pukul 08.29
    daku baru engeh melihat gambar jaringan parut pada mata ternyata seperti itu
    harus diwaspadai nih efek dari mata kering ini, biar mata kita tetap sehat
    Reply
  • Farida Pane
    Farida Pane
    15 Januari 2024 pukul 16.36
    Serem banget kalau sampai keratitis. Harus rajin dirawat ya biar ga gampang kering
    Reply
  • Happy
    Happy
    13 Januari 2024 pukul 06.05
    mata aku kering parah Kak. makanya tiap hari selalu bawa Insto ke mana-mana. karena kalau gak pake juga rasanya berat banget mata
    Reply
  • M. Rizki Riswandi, S.Kom
    M. Rizki Riswandi, S.Kom
    12 Januari 2024 pukul 23.33
    Wah, makasih udah sharing pengalamannya! Aku juga sering banget pakai Insto Dry Eyes, beneran praktis banget ya, apalagi harganya terjangkau. Buat yang sering kerja di depan komputer, kayak aku nih, Insto bener-bener jadi penyelamat mata dari rasa kering dan perih. Semoga mata kita selalu sehat ya! 👀💦✨
    Reply
  • Fera Marentika
    Fera Marentika
    12 Januari 2024 pukul 22.10
    wah lengkap banget ini penjelasannya. kadang aku tuh ga nyadar kalo mataku kering, kelamaan kejar deadline tulisan dan maraton drakor xD
    Reply
  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro
    12 Januari 2024 pukul 14.43
    Sayang banget rasanya gagal wawancara beasiswa karena mata kering yang nggak diatasi, Kak. Harus lebih aware lagi sama mata. Apalagi memang pekerjaan kita berkaitan erat sama layar gadget, Kak
    • Yuni Bint Saniro
      hani
      15 Januari 2024 pukul 21.30
      Iya...hampir semua kita sekarang tiap hari terpapar gadget. Padahal mata adalah modal kita banget. Harus dijaga dan dirawat deh biar engga menurun fungsinya.
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    12 Januari 2024 pukul 13.38
    Memang harus diatasi segera mata kering ini, biar gak tambah parah ya. Lalu cegah deh bair gak kejadian lagi
    • Fenni Bungsu
      Bambang Irwanto
      25 Januari 2024 pukul 10.52
      Iya, Mbak. karena bisa menyebabkan kebutaan juga. Malah lebih akan menyusahkan kita. Jadi ahrus menghindari hal-hal yang menyebabkan mata kering dan melakukan pencegahannya.
    Reply
  • Ria Nugros
    Ria Nugros
    12 Januari 2024 pukul 12.58
    Kalau sudah kena mata kering memang gak enak ya, jadi mengganggu aktivitas. Wajib nih ya sedia insto dry eyes, biar pas mata kering bisa langsung diatasi
    Reply
  • Adinda Tami
    Adinda Tami
    12 Januari 2024 pukul 09.06
    Perkara mata kering memang perlu diwaspadai ya ka karena menggunakan gadget sudah menjadi aktivitas sehari-hari banyak orang. Kalau aku sering banget ngerasa pegal ka karena setiap hari nggak lepas dari gadget huhu. Siap dibatasi deh karena kalau sudah terlanjur sakit pasti semua bakal repot.
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    12 Januari 2024 pukul 08.05
    mba, aku juga pernah ngalamin mata kering sampai parah banget kan, gak hanya kaya berpasir, tapi juga gatal banget terus keringnya tuh perih banget pake banget banget deh. pake insto dry eyes pun gak cukup bikin mataku gak kering lagi. karena? udah separah mba. aku akhirnya ke dokter dan yaaa di obati sampai sembuh. ini akibat di biarin sih dan emang udah menuju infeksi juga. makanya insto dry eyes sedia selalu deh, kalau mata udah gak enak sepet sepet gitu, udah langsung pake insto deh.
    • Eka FL
      M. Rizki Riswandi, S.Kom
      28 Januari 2024 pukul 02.10
      aku juga pernah kemasukan debu gitu kak, gegara dikucek kucek terus jadi makin parah, mendingan langsung pakai insto ya daripada cuma dikucek kucek pake tangan.
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    12 Januari 2024 pukul 08.05
    mba, aku juga pernah ngalamin mata kering sampai parah banget kan, gak hanya kaya berpasir, tapi juga gatal banget terus keringnya tuh perih banget pake banget banget deh. pake insto dry eyes pun gak cukup bikin mataku gak kering lagi. karena? udah separah mba. aku akhirnya ke dokter dan yaaa di obati sampai sembuh. ini akibat di biarin sih dan emang udah menuju infeksi juga. makanya insto dry eyes sedia selalu deh, kalau mata udah gak enak sepet sepet gitu, udah langsung pake insto deh.
    Reply
  • Kanianingsih
    Kanianingsih
    12 Januari 2024 pukul 07.17
    thanks mba sharingnya. mata minus syaa lebih tinggi yang kanan mencapai belasan tapi hanya boleh dipakaikan minus 10 utk kacamatnaya biar balance sama yg kanan. dan aku puntermasuk yg lupa waktu kalau sdh di depan laptop ga sadar mungkin mataku juga mengalami dry eye
    Reply
  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin
    11 Januari 2024 pukul 16.11
    Mata kering gak boleh disepelekan ya Kak karena bahayanya banhak banget. Aku juga pakai Insto dry eyes biar mata makin sehat.
    Reply
  • Bundamami Devi
    Bundamami Devi
    11 Januari 2024 pukul 09.51
    Sebegitu parahnya efek mata kering ya, Kak. Tahun lalu saya pun berkutat dengan gangguan mata ini, salah satu gejala yang saya rasakan adalah mata pegal dan berair. Awal pengobatan saya ke dokter spesialis mata. Kemudian setelah sembuh, untuk perawatan harian memang harus rajin meneteskan Insto ini.
    Reply
  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    8 Januari 2024 pukul 02.30
    Hmm sebegitu pentingnya ya jaga mata agar tidak kering
    Apalagi kalau selalu di depan leppy
    Jadi harus sedia INSTO nih ya agar memastikan mata tetap sesuai dengan fungsinya
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    6 Januari 2024 pukul 12.23
    Kemarin anakku mengeluh karena dia mulai kabur melihat jauh.
    Jadi kami semua memeriksakan kakak ke optik saat kepulangan dari pesantren. Ternyata semuanya normal, alhamdulillah. Dan kami memutuskan untuk memberikan kacamata anti radiasi sebagai salah satu langkah agar matanya yang terpapar sinar radiasi laptop saat belajar di mahad.

    Kayanya, besok perlu aku tambahin stok Insto Dry Eyes di tas kakak.
    Supaya gak main kucek aja kalau matanya terasa panas dan lelah.
    Reply
  • Wiwid Nurwidayati
    Wiwid Nurwidayati
    6 Januari 2024 pukul 11.25
    ini yang sering kualami,mata perih kalau sudah kelamaanmenatap laptop atau gawai. Sehari-hari kerjaannya di depan laptop saja. habis itu masih scrolling social media.
    Reply
  • Anis Khoir
    Anis Khoir
    6 Januari 2024 pukul 10.57
    Mata kering jika dibiarkan ternyata bahaya ya, namun selama ini banyak yang abai. Beruntung aku menemukan artikel ini dan juga memilih insto untuk mengatasi mata kering yang aku alami
    Reply
  • lailyfitrianimenulis
    lailyfitrianimenulis
    6 Januari 2024 pukul 08.53
    Mata sepet ini kayaknya yang saya alami karena kebanyakan depan laptop dan lelah banget. Alhamdulillah, kini ada solusi dari insto ya Mbak?
    Reply
  • hani
    hani
    6 Januari 2024 pukul 07.33
    Wah...banyak penyakit penyerta yah akibat mata kering. Memang bener sih, mata kering suka kita abaikan. Kayak aku kalau mata kering terasa gatal, tapi engga sadar kalau itu mata kering. Karena gatal, aku kucek-kucek, jadi aja malah merah. Sekarang kalau terasa gatal, langsung tetes Insto Dry Eyes aja deh.
    Reply
  • Juwita
    Juwita
    6 Januari 2024 pukul 05.01
    Sering banget merasakan mata kering dan Insto memang solusinya
    Reply
  • Shanty febrianti
    Shanty febrianti
    5 Januari 2024 pukul 20.14
    Wah.. Gawat juga bila kena mata kering jadi kita pun harus tau betul langkah-langkah pencegahan salah satunya insto dry eyes yang tentu aman di mata
    Reply
  • Esy Kanastari
    Esy Kanastari
    5 Januari 2024 pukul 15.36
    Duh, ikut prihatin dengar agenda penting Kakak jadi terkendala gara-gara sindrom mata kering ini. Di era digital ini rasanya kita memang harus lebih aware menjaga kesehatan mata ya. Sehat aelalu, Kak.
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    3 Januari 2024 pukul 11.37
    Oh, serem juga yaa.. kalau gak segera tanggap sama keluhan mata yang gak sehat atau mata kering ini.
    Aku biasanya juga mengabaikan keluhan mata sepet atau pegal. Apakah selama dibuat istirahat baik-baik aja itu masih pertanda ringan gejala mata kering?
    Kudu banget sedia Insto Dry Eyes di tas yaa..
    • lendyagasshi
      Ning!
      6 Januari 2024 pukul 08.24
      sama mba, aku juga sering mengabaikan yang ternyata merupakan gejala mata kering. Ngeri juga ya kalau nggak segera di atasi.
    • lendyagasshi
      lendyagasshi
      17 Januari 2024 pukul 05.39
      Baru tau banget efek lanjutannya ya...
      Dan beneran suka ga kerasa kalo uda lelah, tapi kalau sakit, mata ini bagian yang paling tinggi urgensinya. Otomatis, berbaai aktivitas jadi terhenti. Sebelum sakit yang lebih lanjut, kudu diantisipasi sejak awal menggunakan Insto Dry Eyes.
    • lendyagasshi
      Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
      25 Januari 2024 pukul 23.44
      Iya ya Mbak
      Saya pun jadi was was karena sering mengabaikan mata kering ini
      Kemudian diskusi dengan pasangan dan akhirnya sepakat harus jaga kesehatan mata masing-masing dan sedia INSTO selalu di rumah
    Reply
  • Antung apriana
    Antung apriana
    3 Januari 2024 pukul 11.10
    aku juga nih mbak punya minus mata yang lumayan gede dan kadang kalau kelamaan di depan layar itu mataku jadi nggak enak. kayaknya kena gejala mata kering ya diriku. harus beli insto nih buat jaga-jaga
    Reply
  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti
    3 Januari 2024 pukul 10.32
    Bisa sampe mengganggu kornea yaaa ternyata mata kering gini. Sebagai sesama pengguna kacamata dengan minus tinggi, diriku juga merasakan apa yang kaurasakan mbak, manalah lagi ditambah sekarang udah ada plusnya. Jadi ya gitu, minus+plus+silinder, kompliiit hehehee... Harus ingat untuk sesegera mungkin mengistirahatkan mata begitu berasa sepet, pegal dan perih. Insto Dry Eyes bagaikan penyejuk untuk mengatasi problem mata ini.
    Reply
  • KenniApril
    KenniApril
    3 Januari 2024 pukul 09.48
    Iya ya kadang nggak ada gejala atau nggak dirasa gejalanya. Tahu-tahu dah sakit gitu saja. Harus lebih aware dengan kesehatan mata nih
    Reply
  • Ning!
    Ning!
    3 Januari 2024 pukul 09.46
    Jaman sekarang yang apa-apa online, bikin tugas, menulis, bikin laporan juga di depan laptop. Agak susah ya mba ketika mata bermasalah. Apalagi pas ada hal penting dan deadline yang menunggu kayak mbanya itu. Jadi memang harus menyayangi dan menjaga mata dari sekarang dengan menggunakan insto dry eyes.
    Reply
  • Monica Rasmona
    Monica Rasmona
    3 Januari 2024 pukul 08.38
    Huaa serem banget, Mbak. Dikirinya nggak apa-apa, ternyata sakit matanya tidak bergejala. Tidak mengapa gagal wawancara beasiswanya, ya, asal mata sehat kembali. Mudah-mudahan ada kesempatan lain di masa mendatang. Aamiin.
    Reply
  • Era Wijaya Sapamama
    Era Wijaya Sapamama
    3 Januari 2024 pukul 08.34
    Belakangan ini mataku sering gatel mba, tp semoga bukan masalah serius ya. Mungkin harus beli insto agar mata ngga kering ya mba
    Reply
  • cookeatta
    cookeatta
    3 Januari 2024 pukul 05.51
    Bener banget nih kak, kalau sudah lama-lama di depan gawai mata jadi terasa perih, gatel, pegel, aku juga sama nih, kalau sudah berasa hal tersebut, langsung tetesin insto dry eye. Alhamdulillah langsung bereaksi. Mata jadi agak nyaman kembali. TFS kak.
    Reply
  • Juwita
    Juwita
    3 Januari 2024 pukul 00.10
    Sebagai penderita mata minus Umma sering sekali merasakan mata kering bahkan mata menjadi merah. Saya juga selalu simpan insto
    • Juwita
      Dee_Arif
      16 Januari 2024 pukul 19.04
      Toss mbak
      Apalagi minusku tinggi
      Mana sering menatap gawai
      Makanya perlu sedia insto dry eyes
    Reply
  • April Fatmasari
    April Fatmasari
    2 Januari 2024 pukul 16.13
    Paparan gawai berlebih bisa semakin memperparah mata kering ternyata. Saya pikir sebagian sebabnya karena usia aja. Saya setuju juga harus sedia Insto dry eyes di rumah, karena sewaktu-waktu ada yang tidak nyaman di mata dan butuh obat tetes mata
    Reply
  • SHalikah
    SHalikah
    2 Januari 2024 pukul 11.26
    Pernah mengalami mata kering ini dan duh, rasanya gak enak banget ya Mbak. Cara paling ampuh dan sat set memang langsung ambil obat tetes mata seperti insto ini sambil kemudian mengistirahatkan mata. Karena kalau ditahan-tahan atau dibiarkan berkepanjangan, akibatnya gak main-main ya.
    Reply
  • Dyah Kusumastuti Utari
    Dyah Kusumastuti Utari
    2 Januari 2024 pukul 11.20
    hmm ngeri juga ya kalau sampai menderita mata kering, ngilu membayangkan mata yang dioperasi, harus aware dengan kesehatan diri sendiri termasuk kesehatan mata ya mbak
    • Dyah Kusumastuti Utari
      Monica Rasmona
      6 Januari 2024 pukul 11.01
      Iya ngilu banget, Mbak. Mata adik saya pernah dikenakan tindakan gitu, dengarnya saja ngilu karena selama tindakan mata harus terbuka. Memang mencegah itu selalu lebih baik dari mengobati.
    Reply
  • Hamimeha
    Hamimeha
    31 Desember 2023 pukul 17.06
    urusan mata ini tampaknya sepele tapi kalo tidak segera diselesaikan atau atasi bisa berbahaya lho ya. aku suka deh insto nih kecil kecil cabe rawit eh maksudnya mantul manfaatnya. mana mudah lagi mnedapatkannya sudah tersedia di banyak tempat
    • Hamimeha
      KenniApril
      6 Januari 2024 pukul 11.29
      Harganya ringan juga, saya beli kemarin cuma 15.000
    • Hamimeha
      Dee_Arif
      12 Januari 2024 pukul 20.07
      Iya ya murah, dan bentuknya travelable. Pas buat dibawa kemana-mana. Mungil gitu
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    28 Desember 2023 pukul 08.55
    Mata kering emang harus diatasi ya mbak
    Agar tidak semakin menimbulkan dampak yang serius
    Salah satunya ya dengan menggunakan insto dry eyes ini
    • Dee_Arif
      Bunda Saladin
      25 Januari 2024 pukul 09.55
      Iyaa Kak. Gak nyangka dampak mata kering bisa mengerikan gini. Kudu cepat diatasi dan nyetok Insto Dry Eyes di rumah, di tas, dan di kantor.
    Reply