Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Aplikasi Jagat yang Mendekatkan Pasangan, Jadi Makin Sayang!

Aplikasi Jagat yang mendekatkan

"Eh, Nggi, gimana ya caranya menghilangkan rasa curiga ke suami yang lagi kerja di kota lain? Kadang suka was-was kalau WA nggak dibalas." Tanya temanku yang sedang menjalani LDM alias Long Distance Marriage dengan suaminya.

"Ya, mungkin, lagi banyak kerjaan, atuhlah," jawabku saat itu untuk menenangkannya.

"Coba ada aplikasi yang bisa berbagi lokasi, live tracking, sekaligus kirim pesan, ya? Pasti aku auto install, deh." Balas temanku sambil sibuk mengetik pesan untuk suaminya.

Rasa khawatir saat suami bekerja, apalagi di luar kota bagi seorang istri itu wajar. Aku sendiri pun sering was-was kalau suami belum pulang lewat dari waktu yang biasanya. Kalau sudah begitu pasti aku auto panik sambil terus komat-kamit baca doa.

Untungnya sekarang ada aplikasi Jagat yang bisa lihat live location keberadaan suami, sekaligus ngobrol asyik tanpa takut baterai cepat habis. Temanku pun juga pakai aplikasi Jagat biar nggak was-was saat suami bekerja di luar kota.

Seperti apa keseruan ngobrol asyik sambil cek posisi suami di aplikasi Jagat? Apa saja fitur aplikasi Jagat yang bisa merekatkan kebersamaan dengan pasangan meskipun sedang berjauhan? Simak ulasannya di sini, ya, bestie onlineku!


Kendala Komunikasi Saat Pasangan Bekerja

Saat pasangan bekerja, ada berbagai kendala yang menyebabkan komunikasi tidak lancar. Tak jarang hal ini jadi pemicu pertengkaran kecil dengan pasangan.

Padahal, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan komunikasi dengan pasangan tidak lancar. Apa saja itu?

Review aplikasi Jagat

Pekerjaan Menumpuk

Ada kalanya dalam suatu bidang pekerjaan terdapat tugas yang urgent harus diselesaikan semua di hari itu juga. Contohnya, pekerjaan suami sebagai HRD yang selalu ada masa-masa lembur saat mendekati gajian atau ada kunjungan dari tim pusat.

Jadi, tunggu dulu sampai pasangan membalas pesan kita. Bisa juga lakukan konfirmasi dengan pasangan setelah pulang ke rumah.

Sinyal Terbatas

Sebagai negara dengan pengguna internet yang terus meroket, keberadaan sinyal internet jadi kebutuhan penting saat ini. Sayangnya, tidak semua wilayah di Indonesia bisa merasakan internet cepat.

Seperti suami temanku yang bekerja di wilayah sinyal internet terbatas. Saking susahnya, kadang pesan dari temanku ke suaminya baru masuk sehari setelahnya.

Love Language Berbeda

Teman online ada yang lebih suka diberi perhatian lewat pesan singkat, sedangkan suami lebih suka physical touch? Jadi kalau suami lama tidak membalas pesan bisa auto ngambek, padahal suami santuy aja.

Nah, itu artinya love language kalian berbeda. Perlu segera menggelar konferensi meja bundar untuk menjelaskan, serta mengambil jalan tengah.

Fitur Aplikasi Komunikasi Terbatas

Di zaman digital saat ini banyak aplikasi yang menawarkan fasilitas untuk komunikasi berbasis internet. Sayangnya, beberapa aplikasi memiliki fitur yang terbatas.

Misalnya saja, ada aplikasi untuk berbagi lokasi saja tanpa bisa chat atau live location. Ada juga aplikasi yang hanya untuk chat, tapi masih memiliki keterbatasan dalam fitur berbagi lokasi secara akurat dan live.

Nah, bagaimana kalau ada aplikasi yang memiliki fitur gabungan antara berbagi lokasi, live location, dan chat asyik? Kabar gembiranya sekarang ada aplikasi Jagat yang memiliki semua fitur tersebut. Tentunya bakal bikin seru pengalaman ngobrol dan berbagi lokasi dengan pasangan. Apa, sih, aplikasi Jagat itu?


Aplikasi Jagat, Solusi Perekat Komunikasi Pasangan

Review aplikasi Jagat

Aplikasi Jagat merupakan aplikasi untuk komunikasi berbasis internet yang memiliki fitur utama berbagi lokasi. Seperti yang sudah aku sebutkan sebelumnya, beda aplikasi Jagat adalah gabungan aplikasi sosial yang bisa berbagi lokasi, live location, chat, berbagi rekam jejak, dll.

Bisa dibilang aplikasi Jagat merupakan aplikasi semi augmented reality. Sebab bisa melihat kegiatan orang lain secara live jika orang tersebut sudah menyalakan lokasi di aplikasi Jagat, serta sudah menjadi teman.

Setelah menggunakan aplikasi Jagat selama kurang lebih 2 mingguan, aplikasi ini cocok sekali untuk merekatkan komunikasi antar pasangan. Sebab, fitur yang ditawarkan unik, serta bisa menjawab kekhawatiran pasangan suami-isteri yang terpaksa menjalani LDM seperti temanku.

Memangnya seperti apa, sih, fitur aplikasi Jagat yang bisa merekatkan komunikasi pasangan? Let's go, bestie! Aku bahas pengalamanku bersama aplikasi Jagat.


Fitur Aplikasi Jagat, Terasa Dekat dengan Pasangan

Di dalam aplikasi Jagat ada beberapa fitur yang unik sekaligus asyik untuk dicoba bareng pasangan. Berikut berbagai fitur aplikasi Jagat untuk ngobrol anti garing dengan pasangan.

1. Berbagi Lokasi Secara Live

Beberapa aplikasi chatting mungkin sudah menyediakan fitur untuk membagikan lokasi, tetapi bukan lokasi secara live. Nah, di aplikasi Jagat, kita bisa auto melihat lokasi pasangan secara live yang sudah menjadi teman dalam aplikasi. Kalau belum menjadi teman, ya, tidak bisa berbagi lokasi secara live.

Misalkan teman online lokasi di kota A, lalu pasangan bekerja di kota B, maka dalam aplikasi akan terlihat titik lokasi kamu dan pasangan. Selain itu, kita juga bisa melihat pergerakan pasangan. Apakah dia diam di tempat atau beberapa kali mengunjungi lokasi tertentu.

Review aplikasi Jagat

2. Chat dengan Fasilitas Foto, Video, Emoji, What's up, dll.

Tak hanya berbagi lokasi secara live, kita juga bisa langsung mengirim pesan alias chat kepada pasangan. Bisa foto, video, atau emoji kalau memang sedang sibuk sekali.

Caranya cukup mudah, lo. Langsung buka aplikasi Jagat, lalu cari titik lokasi pasangan atau teman. Setelah itu klik di titik lokasi, nanti akan muncul opsi untuk chat.

Itu saja? Tenang, ada fitur lain selain emoji yang bisa membuat obrolan makin asyik seperti What's up, dan masih banyak lagi. Kalau aku coba fitur What's up yang membuat pasangan bisa tahu kondisi terkini lewat foto atau video.

3. Bisa Mengatur Privasi Lokasi

"Kalau bisa berbagi lokasi secara live, trus teman yang lain selain keluarga bisa mantengin posisi kita, dong?"

Yap! Betul sekali, tapi kita bisa mengatur privasi lewat pengaturan. Caranya dengan klik tombol pengaturan di sisi kanan, lalu pilih mode hantu. Di sini kita bisa memilih teman mana saja yang bisa melihat lokasi secara live atau disamarkan. Ada 2 pilihan privasi dalam mode hantu sebagai berikut:

  • Lokasi blur: teman yang dipilih untuk mendapatkan lokasi blur hanya bisa melihat lokasi secara umum, tidak akurat. Misalnya kamu sedang berada di Surabaya Barat, maka temanmu hanya bisa melihat lokasimu di Surabaya saja.
  • Lokasi beku: teman yang dipilih untuk mendapatkan lokasi beku hanya bisa melihat lokasi terakhir sebelum masuk ke mode lokasi beku. Misalnya kamu ada di Jakarta Utara hendak pergi ke Semarang, lalu mengaktifkan lokasi beku untuk temanmu. Nah, temanmu hanya akan bisa melihat lokasimu yang ada di Jakarta Utara.

4. Bisa Membuat Circle Pertemanan ataupun Keluarga

Selain pasangan, kita juga bisa membentuk circle pertemanan asyik dengan keluarga, Lo! Biar silaturahmi antar keluarga tetap terjaga, bisa ngobrol seru, serta saling berkabar dengan cara yang asyik.

Jadi, sudah tidak ada lagi alasan hilang kontak karena ganti nomor. Sebab, aplikasi Jagat hanya memerlukan email untuk mendaftar. Kalau mau privasi lokasi karena alasan tertentu bisa aktifkan mode hantu.

Oh, iya, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menambah teman dalam circle pertemanan ataupun keluarga di aplikasi Jagat. Caranya klik menu "menambah teman" di sebelah kanan, lalu pilih tab "menambah teman". Maka akan muncul beberapa pilihan seperti dari kontak, lewat ID, lewat kode QR, dan menggunakan cheers.

Review aplikasi Jagat

  • Dari kontak: kita bisa sekaligus mengundang teman atau keluarga dari kontak kita untuk install aplikasi jagat atau langsung berteman dari kontak yang sudah install aplikasi Jagat.
  • Scan QR code: fitur ini menggunakan kamera yang siap memindai barcode milik teman ataupun keluarga. Setelah barcode terbaca, maka akan otomatis menjadi teman.
  • Fitur cheers: saat memilih menambah teman dengan fitur cheers, sangat asyik karena bisa menambah teman cukup dengan saling menggoyangkan gadget ke atas dan bawah. Tara! Nanti akan ada pilih add untuk menambahkan pertemanan!
  • ID dalam aplikasi: cara ini adalah cara paling manual yang bisa dilakukan kalau bingung. Cukup ketik ID teman ataupun keluarga, lalu klik tanda centang di bawah.

5. Unggah Foto atau Video di NOW

Di aplikasi Jagat kita juga bisa unggah foto atau video lewat NOW. Jadi tinggal buka aplikasi Jagat, lalu tekan tombol NOW. Foto atau video yang kita unggah bisa juga diatur privasinya. Caranya dengan mengaktifkan atau mematikan tombol radar NOW yang ada di bagian kanan.

Review aplikasi Jagat

Kalau mengaktifkan tombol radar NOW, kita bisa melihat foto atau video dari semua pengguna Jagat yang lain dengan radius 50 km. Kalau mematikan tombol radar NOW, maka foto atau video yang terlihat hanya yang sudah berteman dengan kita di aplikasi Jagat saja.

6. Rekam Jejak atau Lifetime Footprints

Satu lagi fitur yang aku suka dari Jagat adalah bisa membuat rekam jejak selama menggunakan aplikasi Jagat. Cocok banget buat yang hobi traveling untuk kenang-kenangan pernah pergi kemana saja.

Kita juga bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat rekam jejak kita. Mulai dari teman, keluarga, bahkan hanya kita sendiri. Caranya tergolong gampang, cukup klik tanda lokasi di bagian bawah. Setelah itu klik lagi tombol seperti bola dunia, klik buat lokasi baru. 

7. Planet

Fitur lain aplikasi Jagat yang nggak kalah seru adalah Jagat Planet. Fitur ini mengumpulkan, serta menghubungkan momen-momen yang terkait dengan hastag tertentu.

Fitur ini ada di bagian kanan dengan lambang bola planet. Tinggal klik saja, maka akan muncul berbagai planet yang tersedia di Jagat.

Misalnya hastag #Foodies yang sedang aku ikuti. Aku bakal bisa melihat berbagai macam foto makanan yang diunggah oleh pengguna lain di seluruh dunia. Bisa buat referensi kalau kepo dengan kuliner negara lain, nih!


Yuk Install Aplikasi Jagat, Biar Makin Dekat dengan Pasangan!

Gimana, nih? Aplikasi Jagat asli bisa bikin obrolan dengan pasangan makin seru, kan? Selain itu juga rasanya jadi dekat terus dengan pasangan. Teman online juga nggak perlu lagi curiga dengan pasangan yang sedang bekerja.

Kalau teman online tertarik untuk mencoba Aplikasi Jagat, langsung aja meluncur ke App Store untuk pengguna iOS dan Play Store untuk pengguna Android. Kamu juga bisa kepoin aplikasi Jagat lebih jauh lagi lewat sosial media resmi Jagat di Instagram: @jagatapp_id dan di Tiktok: @Jagatapp_id.


13 komentar

13 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh
    20 November 2023 pukul 21.52
    jaman sekarang ya makin canggih aja nih.. kayanya bisa nih dipakai buat yang LDR-an hehe
    Reply
  • Dyah Kusumastuti Utari
    Dyah Kusumastuti Utari
    18 November 2023 pukul 09.59
    Seru banget nih aplikasi Jagat, banyak ya fiturnya, bermanfaat banget bagi pasangan yang LDM, eh untuk memantau anak juga bisa juga ya, apalagi pergaulan anak sekarang yang kadang agak serem
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    16 November 2023 pukul 23.09
    wah saya baru tahu aplikasi Jagat ini, penasaran dong sama aplikasi dalamnya seperti apa, circle nya bisa diatur gitu ya mba Anggit, makin penasaran dengan sistem kerjanya aplikasi ini, bisa niy dicoba ya bareng paangan biar tahu lokasinya ada dimana
    Reply
  • Hastin Pratiwi
    Hastin Pratiwi
    16 November 2023 pukul 23.02
    Waaahh menarik nih. Selain memantau pasangan, bisa banget untuk memantau lokasi anak remaja yang belum pulang sekolah misalnya, ya, Mbak. Jadi tertarik pengen instal.
    Reply
  • Alley Hardhiani
    Alley Hardhiani
    16 November 2023 pukul 22.55
    Waaahh..... Menarik sekali nih aplikasinya. Langsung instal aplikasinya aj. Eh tapi, apakah ini hrs terhubung internet terus untuk update lokasi livenya?
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    16 November 2023 pukul 21.57
    Wah seru nih ada aplikasi baru yg bikin pasangan mkn terjaga komunikasinya. Fitur live locationnya keren utk mengetahui keberaan pasangan kita.

    Namun kekurangannya, kita ga th persis lokasi pasangan kita tsb. Jd bs aja tuh dibiat berbohong. Dibilang krj rh mampir hotrl di dkt tempat krj. Kan berabe. Hehe.

    Bgm pun aplimasi ttp alat. Yg pntg komitmen kedua pasangan utk menajag ketulusan dan kejujuran dlm berumah tangga ya.
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    16 November 2023 pukul 20.11
    aku sih ngeliatnya aplikasi jagat nih lebih ke aplikasi privat yaaa. khusus inner circle atau keluarga gitu. aku suka sih, biar platform lain buat urusan kerjaan atau sekolah anak gitu. yang paling aku sih bisa share lokasi, karena aku sering worry aja anak ada dimana, suami keujanan gak....gitu gitu. bukan ke curigaan sih, hehehe
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    16 November 2023 pukul 20.11
    aku sih ngeliatnya aplikasi jagat nih lebih ke aplikasi privat yaaa. khusus inner circle atau keluarga gitu. aku suka sih, biar platform lain buat urusan kerjaan atau sekolah anak gitu. yang paling aku sih bisa share lokasi, karena aku sering worry aja anak ada dimana, suami keujanan gak....gitu gitu. bukan ke curigaan sih, hehehe
    Reply
  • Han
    Han
    16 November 2023 pukul 20.02
    Wah seruuu wkwkwk sumpah mbaa aku baru tahu lho aplikasi ini. seru banget lhoo wkwkwjadi pengen cobain sama suami pake Jagat nih hahaha..
    coba yah ahaha
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    16 November 2023 pukul 17.50
    Kalau baca fitur²nya asik semua ya kak Anggi.
    Dengan kemudahan dari Jagat ini bisa membantu hubungan pasutri makin mesra lagi, karena tahu keadaan masing² sedang apa dan dimana
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    16 November 2023 pukul 16.14
    Curhatan temennya ka Anggi persis kaya curhatan temenku juga nih..
    Jangan-jangan kita lagi ngobrolin orang yang sama. Hehehe~

    Memang kalau pasangan lagi jauh tuh rasa rindu sekaligus khawatir. Tapi kini bisa diatasi dengan kecanggihan teknologi, menggunakan Aplikasi Jagat. Beneran bisa live segala-gala yaa.. plus memanfaatkan fiturnya. Jadi lebih tenang,
    Reply
  • Kyndaerim
    Kyndaerim
    16 November 2023 pukul 15.34
    Ini keknya cocok buat pasangan yg protektif ya, haha.. tapi oke sih, supaya nggak saling curiga.
    Reply
  • Kanianingsih
    Kanianingsih
    16 November 2023 pukul 13.16
    boleh juga nih kak aplikasi Jagat biar ga curigaan terus saa pasanagna ya dan makin dekat karena bisa berbagi
    Reply