Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Menciptakan Gaya Hidup Hemat dengan Teknologi

Menciptakan gaya hidup Hemat

WHO baru saja mengumumkan bahwa pandemi COVID-19 telah berakhir. Hampir semua orang menyambut dengan suka cita pengumuman ini. Jadi, sudah nggak perlu khawatir lagi kalau keuangan bakal drop seperti saat pandemi, dong?

Eits, tunggu dulu. Meskipun pandemi berakhir, gaya hidup hemat tetap sangat penting. Masih ada ancaman resesi global yang mendorong perilaku hemat kelola keuangan di masa paska pandemi.

Bijak dalam mengelola keuangan tetap diperlukan. Mulai dari pengaturan keuangan, hingga gaya hidup sehari-hari. Salah satu cara untuk menciptakan gaya hidup hemat adalah dengan memanfaatkan teknologi di era digital.


Tips Menciptakan Gaya Hidup Hemat dengan Teknologi

Teknologi ada untuk memudahkan kehidupan manusia, bukan? Nah, gaya hidup hemat pun bisa diciptakan dengan memanfaatkan teknologi. Berikut beberapa tips dalam memanfaatkan teknologi untuk gaya hidup hemat.

1. Memahami Konsumsi Energi

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk hidup hemat adalah memahami konsumsi energi. Tagihan listrik yang kadang suka membengkak harus bisa dikendalikan. 

Ada beberapa cara mudah untuk memantau konsumsi energi di rumah menggunakan teknologi. Salah satunya menggunakan aplikasi simulasi penggunaan listrik karya anak bangsa, Leastric. Bisa juga menggunakan aplikasi Energy Cost Calculator.

Melalui aplikasi yang dapat diunduh ke smartphone tersebut, kita bisa mengetahui rincian simulasi biaya konsumsi energi dalam satu hari. Setelah itu, barulah atur strategi untuk mengurangi konsumsi energi listrik.

2. Pemanfaatan Aplikasi Keuangan

Kedua adalah menggunakan aplikasi keuangan dalam pengelolaan anggaran rumah tangga. Saat ini ada banyak aplikasi keuangan yang dapat digunakan untuk mengatur pengeluaran sehari-hari.

Aplikasi keuangan semakin populer di masa sekarang karena sangat membantu dalam pengelolaan keuangan. Seperti dilansir dari situs review gadget, ada banyak jenis aplikasi keuangan yang beredar di pasaran dengan fungsi dan manfaat yang berbeda-beda.

  • Aplikasi Pencatatan Pengeluaran: merupakan jenis aplikasi keuangan yang bertujuan untuk membantu dalam mencatat pengeluaran sehari-hari. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita dapat memantau sekaligus mengontrol pengeluaran agar sesuai dengan anggaran. Beberapa contoh aplikasi pencatatan pengeluaran yang populer diantaranya iReap POS dan Moka POS.
  • Aplikasi Perencanaan Keuangan: bertujuan untuk membantu pengguna merencanakan keuangan jangka panjang. Aplikasi ini biasanya menyediakan fitur seperti pembuatan anggaran, pencatatan investasi, dan pengaturan tabungan.
  • Aplikasi Investasi: memungkinkan pengguna untuk berinvestasi dalam bentuk saham, reksa dana, atau produk investasi lainnya secara online. Aplikasi ini menyediakan informasi dan fitur yang dibutuhkan untuk melakukan investasi, seperti data pasar saham, analisis risiko investasi, dan pengaturan portofolio.
  • Aplikasi Keuangan Bisnis: biasanya dirancang khusus untuk membantu pemilik usaha mengelola keuangan bisnis mereka. Aplikasi ini menyediakan fitur seperti pencatatan transaksi, pengelolaan stok, pembuatan laporan keuangan, dan integrasi dengan sistem akuntansi.
  • Aplikasi Layanan Keuangan: jenis aplikasi keuangan yang menyediakan layanan seperti transfer uang, pembayaran tagihan, dan pembelian produk keuangan. Aplikasi ini memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi keuangan tanpa harus datang ke tempat pembayaran atau bank. Beberapa contoh aplikasi layanan keuangan yang populer diantaranya OVO, GoPay, dan LinkAja.
  • Aplikasi Perbankan Digital: aplikasi ini memungkinkan pengguna bisa mengakses layanan perbankan secara online seperti cek saldo, transfer uang, dan pembelian produk keuangan. Aplikasi ini juga biasanya menyediakan fitur pengaturan anggaran, pencatatan pengeluaran, dan notifikasi transaksi. Beberapa contoh aplikasi perbankan digital yang populer diantaranya Jenius by BTPN, Digibank by DBS, dan BCA Mobile.
  • Aplikasi Penghemat Uang: membantu pengguna dalam menghemat uang. Caranya dengan memberikan saran atau informasi tentang cara berhemat dalam kehidupan sehari-hari. Dalam memilih aplikasi keuangan, penting untuk mempertimbangkan fitur, manfaat yang dibutuhkan, serta kemudahan penggunaan. Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan kredibilitas dan keamanan aplikasi sebelum menggunakannya.
Menciptakan gaya hidup hemat

3. Menabung dengan Teknologi

Menabung adalah langkah penting dalam menciptakan gaya hidup hemat. Teknologi seperti aplikasi atau platform investasi dapat membantu para pelanggan menabung dengan lebih mudah dan efisien.

4. Berbelanja Hemat secara Online

Berbelanja secara online dapat menjadi alternatif yang lebih hemat daripada berbelanja secara konvensional. Ada banyak keuntungan yang didapat dari berbelanja online, seperti diskon, cashback yang lebih besar, serta kemudahan dalam membandingkan harga produk.

Namun, kita juga harus bijak dalam berbelanja online agar tidak terjebak dalam pola konsumsi yang boros. Beberapa tips yang bisa dilakukan adalah memprioritaskan pembelian pada barang-barang yang benar-benar dibutuhkan, memilih waktu diskon besar-besaran, dan membandingkan harga antara beberapa marketplace.

5. Mengendalikan Kebiasaan Boros

Kebiasaan boros menjadi salah satu penyebab utama kenapa keuangan menjadi tidak stabil. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memanfaatkan teknologi.

Ada banyak aplikasi pengingat pengeluaran yang dapat digunakan untuk mengontrol pengeluaran sehari-hari. Salah satunya adalah aplikasi Spendee yang dapat membantu untuk mencatat setiap pengeluaran dan memberikan laporan keuangan yang jelas.


Manfaat Internet IndiHome

Menciptakan Gaya hidup hemat dengan teknologi

Satu hal yang juga tak kalah penting dalam memanfaatkan teknologi untuk menciptakan gaya hidup hemat adalah penggunaan internet sehari-hari. Saya sendiri menggunakan Internet IndiHome yang tidak hanya bermanfaat dalam memantau konsumsi energi, tetapi juga memiliki banyak manfaat lainnya. IndiHome menawarkan koneksi internet yang cepat dan stabil dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, para pelanggan seperti saya juga dapat menikmati layanan seperti Live TV Streaming, layanan telepon rumah, dan WiFi Corner di beberapa tempat umum. Manfaat dari menggunakan internet IndiHome yang stabil dan berkualitas adalah kemudahan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, baik itu pekerjaan atau hiburan.

Internet IndiHome dari Telkom Indonesia juga menjadi salah satu sarana saya dan keluarga untuk tetap produktif, bisa berkumpul secara virtual dengan teman atau keluarga, serta memanfaatkan produk layanan internet untuk gaya hidup hemat. Teknologi internet cepat yang stabil ternyata juga bisa memudahkan saya untuk mengontrol keuangan dan mengatur gaya hidup lebih baik lagi.


Penutup

Menciptakan gaya hidup hemat dengan teknologi menjadi penting di masa sekarang. Memahami konsumsi energi, memanfaatkan aplikasi keuangan, menabung dengan teknologi, berbelanja hemat secara online, dan mengendalikan kebiasaan boros adalah beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan untuk mencapai gaya hidup hemat.

Namun, selain memanfaatkan teknologi, kita juga harus mengubah pola pikir dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Mengurangi konsumsi barang-barang yang tidak perlu, berhemat dalam pengeluaran, dan meningkatkan kesadaran lingkungan juga merupakan bagian dari menciptakan gaya hidup hemat yang lebih baik.

63 komentar

63 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    14 Mei 2023 pukul 23.55
    Dari kemarin masih maju mundur banget menggunakan aplikasi keuangan terkait dengan investasi. Padahal pingin banget memulai investasi sehingga ada hasil yang bisa dinikmati. Eh, tujuan awal ingin belajar siih.. Kalau menghasilkan tentu adalah sebuah hasil belajar yang diharapkan.
    Reply
  • Happy
    Happy
    14 Mei 2023 pukul 23.49
    wah kebayang banget nih aplikasi pasti bermanfaat buat aku. karena aku ngerasa akhir-akhir ini konsumtif dan boros banget T_T
    Reply
  • Naqiibatin Nadliriyah
    Naqiibatin Nadliriyah
    14 Mei 2023 pukul 23.24
    banyak juga jenis aplikasi keuangan ini ya, Mbak. Lebih mudah sih daripada mencatat manual. Adanya internet membuat hidup makin sat-set ya, Mbak :D
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    14 Mei 2023 pukul 23.15
    aplikasi keuangan bisa bantu mengontrol pengeluaran sekaligus melihat kondisi keuangan kita ya, jadi kita bisa pilih mana yang harus dibelanjakan, tabung, invest dan lain sebagainya. bantu banget sih biar bisa hemat soal keuangan
    Reply
  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    14 Mei 2023 pukul 21.16
    Belanja online salah satu caraku hemat
    Setidaknya hemat tenaga dan waktu dan juga ongkos kirim
    Reply
  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh
    14 Mei 2023 pukul 20.14
    senangnya, makin canggih teknologi harus dimanfaatkan semaksimal mungkin ya buat kemudahan hidup kita hehe
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    14 Mei 2023 pukul 19.02
    Sebenarnya aku malah makin boros loh kalo pake aplikasi keuangan digital. Soalnya mau belanja2 makin gampang sih. Tinggal klik2 atau scan2, kita bs dgn mudah utk transaksi/bayar.
    Reply
  • M. Rizki Riswandi, S.Kom
    M. Rizki Riswandi, S.Kom
    14 Mei 2023 pukul 17.09
    Di era digital seperti sekarang ini, koneksi internet yang cepat dan stabil menjadi kebutuhan yang sangat penting. Dengan IndiHome, kita bisa memastikan bahwa kita memiliki akses internet yang cepat dan stabil sehingga dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lebih mudah dan efisien. Saya pribadi sangat merekomendasikan IndiHome untuk siapa saja yang ingin menciptakan gaya hidup hemat dan produktif.
    Reply
  • KenniApril
    KenniApril
    14 Mei 2023 pukul 14.17
    Teknologi membuat pekerjaan jadi lebih mudah, efisien dan hemat waktu. Plus bisa lihat dunia dnegan lebih dekat
    Reply
  • April Hatni
    April Hatni
    14 Mei 2023 pukul 12.23
    Setuju banget, harus memulai dari sekarang untuk hidup hemat. Agar pengeluaran tidak membengkak.
    Reply
  • Diah Alsa
    Diah Alsa
    14 Mei 2023 pukul 04.31
    Banyak cara ya yang bisa kita tempuh untuk menciptakan gaya hidup, walau sebenarnya di anatarnya kita sudah melakukannya sih ya, tinggal konsistensi aja nih untuk bisa terus menerapkan gaya hidup hemat :)
    Reply
  • Nuri Rie
    Nuri Rie
    13 Mei 2023 pukul 21.34
    Enaknya kemudahan di zaman sekarang emang canggih, sampai menata keuangan pun bisa.
    Reply
  • Nurul Fitri Fatkhani
    Nurul Fitri Fatkhani
    13 Mei 2023 pukul 19.02
    Sekarang era teknologi, menabung pun dengan teknologi, ya...
    Pengelolaan keuangan jadi lebih mudah dan praktis memanfaatkan aplikasi keuangan yang tersedia.
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    13 Mei 2023 pukul 17.45
    Aplikasi keuangan yang canggih, gak hanya membantu kita mengaturnya tapi juge memberikan peluang pembelajaran ya. Bahwasanya disiplin dan teknologi jika dikolaborasikan bisa bikin hidup kita makin mudah
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    13 Mei 2023 pukul 16.20
    internet IndiHome ini memang membantu sekali dalam pembuatan konten termasuk untuk saya dan pastinya banyak orang ya, termasuk berpengaruh besar juga dalam merubah gaya hidup saya soal kesehatan, keuanganm, dan lainnya
    Reply
  • hani
    hani
    13 Mei 2023 pukul 12.00
    Aku baru belajar nih aplikasi investasi. Ya nyoba-nyoba investasi receh-receh lah. Seneng aja kalau lihat grafiknya naik. Haha...Semua berkat ada internet nih, jadi segalanya bisa diakses di ponsel.
    Reply
  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti
    13 Mei 2023 pukul 11.16
    Tertarik nih untuk nyobain beberapa aplikasi pengatur keuangan agar pencatatan arus keluar masuk lebih rapi. Selama ini waahh udah deh, catetannya di sana sini, kurang tertata.
    Reply
  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina
    13 Mei 2023 pukul 10.32
    Benar Mbak, menciptakan gaya hidup hemat dengan teknologi menjadi penting di masa sekarang. Dan dukungan internet cepat IndiHome bisa mewujudkannya
    Reply
  • YSalma
    YSalma
    13 Mei 2023 pukul 10.09
    Teknologi hadir untuk memudahkan hidup manusia, jadi kudu dimaksimalkan untuk kesejahteraan dan kenyamanan, jangan sampai punya ponsel canggih tapi gak tau kemampuan fitur-fiturnya.
    Reply
  • Maftuha
    Maftuha
    13 Mei 2023 pukul 09.58
    Dengan adanya teknologi yang semakin canggih. memang seharusnya manusia juga lebih cerdas. Jangan sampai menjadi manusia yang boros dan serakah. Tips mencoptakan gaya hidup hemat di atas, patut dicoba.
    Reply
  • Allamandawi
    Allamandawi
    13 Mei 2023 pukul 09.55
    Di era teknologi yang semakin canggih, semua jadi serba mudah, mudah bikin boros tapi juga mudah buat nabungnya, tinggal pilih yang mana bijaknya heheh
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    13 Mei 2023 pukul 09.20
    Dengan kemajuan teknologi IndiHome semuaya sekarang makin mudah ya Mba termasuk dalam hal urusan menjaga gaya hidup yang sehat dan juga hemat
    Reply
  • Dyah Kusumastuti Utari
    Dyah Kusumastuti Utari
    13 Mei 2023 pukul 08.54
    teknologi ibarat pisau bermata dua, jika digunakan dengan bijak tentu saja akan sangat membantu kehidupan kita, menarik aplikasinya mbak, saya belum coba
    Reply
  • Rizka Amita Ridwan
    Rizka Amita Ridwan
    13 Mei 2023 pukul 08.04
    Memang penghematan itu perlu ya. Karena sumber daya alam tak selamanya tersedia. Dan anak cucu kita di masa depan juga butuh keberlangsungan sumber energi.
    Reply
  • SHalikah
    SHalikah
    13 Mei 2023 pukul 07.49
    Semakin ke sini, saya juga rasanya lebih nyaman dan efektif berbelanja secara online. Mulai dari mencari barang, membandingkan harga barang, sampai berburu promo atau diskon pun jadi lebih mudah. Cukup dengan akses internet yang mumpuni, semua bisa dilakukan sekarang.
    Reply
  • Juwita
    Juwita
    13 Mei 2023 pukul 07.31
    Setuju sekali dengan gaya hidup hemat yang harus tetap diterapkan bagiku dalam semua lini kehidupan..sangat banyak sekali dampaknya
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    13 Mei 2023 pukul 07.22
    Setuju sekali, Mbak. Dalam sikon apapun, hidup hemat harus terus dilaksanakan. Karena nantinya ada simpanan atau tabungan juga.Apalagi dengan kemajuan teknologi, banyak aplikasi keuangan yang membantu mengelolah keuangan.
    Reply
  • nunu
    nunu
    13 Mei 2023 pukul 07.01
    yes betul, memanfaatkan internet untuk hal-hal yang positif termasuk menciptakan gaya hidup hemat ya mba
    Reply
  • Wiwin Pratiwanggini
    Wiwin Pratiwanggini
    13 Mei 2023 pukul 06.33
    Benar sekali. Kalau mau hidup lebih mudah ya harus bisa mengikuti perubahan jaman, khususnya dalam hal penggunaan teknologi.
    Reply
  • Tria TR
    Tria TR
    13 Mei 2023 pukul 06.27
    Begitulah, seperti semua hal lainnya di dunia, teknologi juga punya dua sisi. Sering prihatin deh kalo lihat yang memanfaatkan teknologi untuk hal-hal negatif.
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    13 Mei 2023 pukul 05.42
    Itulah manfaat dari kecanggihan teknologi ya. Kalau kita bisa bijak menggunakannya justru dapat membantu aktivitas. Sebaliknya jika tidak bijak, bisa malah mencelakakan diri. Masuk penjara misalnya
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    13 Mei 2023 pukul 02.53
    Informasi baru ada aplikasi yang bisa bikin simulasi konsumsi energi listrik dengan aplikasi Energy Cost Calculator. Rasanya zaman sekarang bisa banget menikmati teknologi berbagai terobosan baru menggunakan internet cepat indiHome.
    Reply
  • Tukang jalan jajan
    Tukang jalan jajan
    12 Mei 2023 pukul 19.00
    Teknologi, aplikasi dan internet merupaknhal yang tak bisa lepas dari kehidupan modern saat ini ya kak. Semoga bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. BTWbaku sekarang juga pake aplikasi keuangan suoaya finansial tercatat dan tetap sehat
    Reply
  • Nabilla DP
    Nabilla DP
    12 Mei 2023 pukul 16.31
    paling gampang nih mba untuk hemat energi.. cuma kalau saya di rumah kudu agak bawel aja hehe kadang ada aja anggota keluarga yang lupa matikan saklar atau colokan padahal udah nggak dipakai lagi
    Reply
  • Antin Aprianti
    Antin Aprianti
    12 Mei 2023 pukul 16.27
    Bener banget mbak, kadang belanja online itu lebih hemat karena ada diskon dan gratis ongkir. Terus harganya juga kadang malah lebih murah, tapi kalau nggak pinter-pinter atur keuangan malahan kadang sering khilaf kalau lihat diskonan tuh
    Reply
  • Witri Prasetyo Aji
    Witri Prasetyo Aji
    12 Mei 2023 pukul 04.41
    Teknologi semakin maju, dan tentunya memudahkan kita semua. Aku pengen nyobain teknologi simulasi listriknya.
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    11 Mei 2023 pukul 23.56
    Kini masalah keuangan bisa dibantu dengan adanya aplikasi keuangan yang canggih.
    Mencoba dan memahami masing-masing karakter aplikasi keuangan agar bisa mencapai goals keuangan yang ingin dicapai.
    • lendyagasshi
      Diaz Bela
      13 Mei 2023 pukul 05.58
      wah. betul sekali mba, harus bisa tau juga ya kelebihan dan kekurangan dari aplikasi tersebut
    Reply
  • Goresan hati
    Goresan hati
    11 Mei 2023 pukul 22.54
    Banyak juga ya aplikasi buat mencatat keuangan. Baru tahu saya. Semuanya bermanfaat
    Reply
  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani
    11 Mei 2023 pukul 22.45
    Aku dari dulu cuma kepikiran kalau aplikasi keuangan itu cuma untuk mencatat oemasukan dan pengeluaran saja. Ternyata banyak juga ya macamnya..
    Reply
  • Diaz Bela
    Diaz Bela
    11 Mei 2023 pukul 19.20
    Wah aku jadi ingat salah satu konsep hidup hemat alias frugal living. Setuju sih kita jadi bisa saving untuk hal hal lain yang lebih bermanfaat dan berguna
    • Diaz Bela
      Fenni Bungsu
      13 Mei 2023 pukul 19.45
      Jadinya punya aplikasi yang bisa kita manfaatkan biar tabungan terus bertambah ya kak
    Reply
  • Imawati A. Wardhani
    Imawati A. Wardhani
    11 Mei 2023 pukul 19.01
    Teknologi, termasuk internet kalau dimanfaatkan dengan tepat memang bisa membawa dampak positif banget bagi penggunanya. Apalagi menggunakan IndiHome yang memang terpercaya dan mendukung aktivitas online.
    Reply
  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati
    11 Mei 2023 pukul 18.20
    Saya sedang belajar menabung dengan teknologi nih. Semoga konsisten dan bisa terkumpul banyak. Aamiin.

    Kemajuan teknologi harus diimbangi kecerdasan kita juga ya. Bukan hanya sebagai pemakai teknologi, tapi juga memanfaatkannya dengan baik.
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    11 Mei 2023 pukul 18.16
    Manfaatkan teknologi untuk membantu kita kelola keuangan sehingga bukan jadi boncos tapi tambah cerdas ya kak
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    11 Mei 2023 pukul 17.24
    Jujur skrg udh jarang bgt ke bank, kecuali kl mau ganti kartu aja. Haha. Soalnya smua kemudahan transaksi bs dilakukan online. Apalagi via gawai. Semua memudahkan. Bahkan transaksi ke ATM aja udh ga pake ATM lg. Smua tnp kartu2 an. Bener2 memudahkan sih teknologi ini.
    • Didik Purwanto
      Yonal Regen
      13 Mei 2023 pukul 17.30
      Koq samaan Mas Didik, saya juga udah jarang banget ke Bank sekarang. Tinggal klik-klik gawai di rumah saja, semuanya selesai. Lebih hemat jadinya, karena kita tidak mengeluarkan emisi gas karbon dari kendaraan dari perjalanan kita
    Reply
  • Irra Octaviany
    Irra Octaviany
    11 Mei 2023 pukul 16.13
    Setuju banget mbak, semenjak ada kemajuan teknologi ini aku merasa lebih mudah mengatur keuangan sehari-hari. Tentu saja internet IndiHome membantu mewujudkan itu semua.
    Reply
  • Tria TR
    Tria TR
    11 Mei 2023 pukul 14.58
    Enaknya belanja online itu, bisa leluasa ngebandingin harga dengan toko sebelah tapi ditatap sinis oleh pegawai tokonya :)) Tapi ya tetap sih, nggak bisa asal belanja karena ada skala prioritas. Bagusnya pakai aplikasi keuangan, jadi diingetin juga mana yang prioritas mana yang bukan.
    Reply
  • Aldhi Fajar
    Aldhi Fajar
    11 Mei 2023 pukul 12.21
    Jaman teknologi berkembang memang erat kaitannya dengan pengaplikasiannya dalam keseharian. Internet yg lancar juga salah satu faktor utama seperti IndiHome
    Reply
  • Kanianingsih
    Kanianingsih
    11 Mei 2023 pukul 09.13
    makasih tipsnya mba. Buat kami tantangan banget untuk berhemat karena harus menyamakan persepsi dengan semua anggota keluarga. tapi kita mulai dengan yg kita bisa, seperti belanja online buat aku menghemat tenaga dan biaya karena keluar rumah harus ngeluarin transport dan jajan
    • Kanianingsih
      Kanianingsih
      14 Mei 2023 pukul 20.43
      BTW belum coba kalah menggunakan teknologi aplikasi keuangan utk belajar berhemat, harus dicoba nih..
    Reply
  • Farida Pane
    Farida Pane
    11 Mei 2023 pukul 06.18
    penting banget punya aplikasi keuangan biar finansial terkelola baik. dengan IndiHome, pencatatan jadi lancar, mengurangi human error ya
    • Farida Pane
      Deeva Collection
      14 Mei 2023 pukul 10.28
      Iya, Kak. Apalagi buat ibu rumah tangga yang menjalankan usaha, semakin butuh aplikasi keuangan untuk memudahkan proses pencatatan
    Reply
  • Nurul Fitri Fatkhani
    Nurul Fitri Fatkhani
    10 Mei 2023 pukul 22.46
    Semua sektor kehidupan kini bisa terbantu dengan kemajuan teknologi yaa...
    Salah satunya sektor keuangan. Tersedianya beragam aplikasi keuangan, bisa membantu kita mengelola keuangan. Misalnya kita bisa menggunakan aplikasi keuangan ini untuk mengatur pengeluaran sehari-hari.
    Reply
  • Tukang Jalan Jajan
    Tukang Jalan Jajan
    10 Mei 2023 pukul 16.43
    Teknologi memang sangat membantu, selain memudahkan juga membuat waktu lebih ringkas. Semua dapat dikerjakan cepat sehingga bisa menyelesaikan banyak pekerjaan sekaligus ya
    Reply
  • Bundamami Devi
    Bundamami Devi
    10 Mei 2023 pukul 15.46
    Setuju banget nih, Mbak. Hal yang terpenting adalah mengubah pola pikir dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Karena kalau pola pikir belum berubah, maka gaya hidup hemat tidak akan konsisten terlaksana dalam keseharian kita.
    • Bundamami Devi
      deamerina
      13 Mei 2023 pukul 17.47
      beneer. semuanya memang balik ke diri masing2 ya mbak
    Reply
  • Yonal Regen
    Yonal Regen
    10 Mei 2023 pukul 10.51
    Sepakat sekali dengan Kak Anggi. Waktunya menerapkan ekonomi keuangan hijau dengan berhemat dan membeli yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan saja
    • Yonal Regen
      deamerina
      11 Mei 2023 pukul 18.47
      bener pak. karena selain untuk kebaikan kita yang lebih mindful dan nggak boros, lingkungan juga bisa terjaga
    Reply
  • Deeva Collection
    Deeva Collection
    10 Mei 2023 pukul 08.41
    Memanfaatkan teknologi dengan tepat bisa memberikan dampak yang sangat luar biasa bagi kehidupan. Salah satunya dalam hal gaya hidup. Internet cepat akan memudahkan kita dalam mendapatkan informasi mengenai gaya hidup seharusnya. Selain itu dengan internet cepat juga bisa membuat kita mengontrol dan keuangan dengan aplikasi Keuangan.
    Reply
  • deamerina
    deamerina
    10 Mei 2023 pukul 08.23
    Setujuuuu. Karna percuma ya teknologinya sudah mendukung tp pola pikir kita nggak berubah. Semuanya emg balik lagi ke diri sendiri 😁
    • deamerina
      Bundamami Devi
      14 Mei 2023 pukul 21.27
      Bener juga ya Mbak. Peting adanya pengendalian diri, mau boros atau hemat kembali pada pribadi masing-masing ya Mbak.
    Reply