Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Dari Mana Adik Bayi Berasal? Bacaan Asyik Orang Tua Berbentuk Komik

Dari Mana Adik Bayi Berasal Watiek Ideo

"Bunda, ini apa?" Tanya si kecil suatu ketika saat toilet training sambil menunjuk alat kelaminnya.

Saya auto terdiam sambil bergumam, "hmmm, anu, itu, apa, ya?"

Saat itu saya bingung mau jawab "penis" seperti saran banyak psikolog atau ya, udah, lah, ikut orang tua zaman dulu aja jawab itu "burung". Entah kenapa ada rasa malu kalau mau berkata sesuai fakta bahwa alat kelamin si kecil, ya, namanya "penis". Mungkin karena terbiasa ada dalam lingkungan yang menganggap tabu pendidikan seksual untuk anak kecil.

Nah, ini baru pertanyaan tentang alat kelamin. Bagaimana jika suatu saat nanti si kecil bertanya, “Bun, dari mana adik bayi berasal?

Auto salting sampai jempalitan, nggak, tuh? Hahaha!

Untungnya ada buku bacaan bagus yang ringan banget tentang cara menjawab pertanyaan anak tentang seksualitas. Jadi, udah nggak ada alasan lagi buat orang tua yang malas membaca karena buku ini full ilustrasi seperti komik anak.

Penulisnya juga punya background pendidikan psikologi. InsyaAllah bukunya juga terpercaya sesuai pengawasan ahli. Seperti apa, sih, buku seperti komik yang akan mengajarkan orang tua cara menjawab pertanyaan “ajaib” anak? Simak ulasan lengkapnya di artikel ini.


Pertanyaan Anak Tentang Seksualitas yang Kadang Bikin Orang Tua Salting

Dulu saat saya masih kecil pun juga pernah bertanya kepada Ibu saat duduk di bangku SD tentang dari mana saya lahir. Saat itu Ibu menjawab dari perut. Saya yang memang sudah agak besar saat itu hanya diam sambil berpikir, “oh, berarti dulu Ibu dioperasi.

Kenapa saya sudah tahu tentang operasi? Sebab saat saya kecil pernah mengantar saudara untuk operasi mata. Sejak saat itu saya tahu kalau ada prosedur kesehatan yang bernama operasi.

Berarti case closed, ya? Eits, tunggu dulu, sebab semua kebenaran itu terungkap saat saya mulai belajar materi reproduksi manusia di kelas 5 atau 6 SD. Di sinilah saya tahu bahwa bayi bisa keluar lewat pervaginam atau operasi caesar.

Saya akhirnya tahu juga kalau Ibu berbohong saat itu. Sebab, menurut nenek saya lahir secara normal lewat persalinan pervaginam. Ternyata, saat itu Ibu juga bingung untuk menjawab sampai salting sendiri. Beliau pun akhirnya memilih untuk sedikit berbohong. Meskipun secara medis bayi juga bisa lahir lewat perut dengan operasi caesar, tapi alangkah baiknya juga dijelaskan secara jujur.

Saat beranjak dewasa dan memiliki anak, saya punya ketakutan sendiri saat anak mulai bertanya tentang seksualitas. Lebih ke rasa takut untuk salah menjawab, lalu menyebabkan anak salah mengambil jalan. Oleh karena itu, saya butuh suatu edukasi dari ahli untuk mempersiapkan hal tersebut.


Buku Dari Mana Adik Bayi Berasal? Solusi Cara Menjawab Pertanyaan Anak tentang Seksualitas

Sebenarnya, saya sudah ada rencana untuk pergi ke PUSPAGA Surabaya, sebuah layanan konsultasi gratis dari pemerintah di bidang parenting atau marriage. Eh, kebetulan di grup emak-emak ada yang menawarkan buku PO (Pre-Order) dengan judul Dari Mana Adik Bayi Berasal?

Saya pun tertarik dengan judulnya. Deskripsi buku berupa komik full color juga jadi bahan pertimbangan. Apalagi buku ini juga didukung beberapa ahli psikologi dan obgyn, semakin mendorong saya untuk langsung ikutan PO tanpa ba bi bu lagi.

Kenalan dengan Bu Watiek Ideo, Si Penulis Buku Anak

Penulis buku "Dari Mana Adik Bayi Berasal?" adalah Bu Watiek Ideo yang memiliki latar belakang pendidikan psikologi. Bu Watiek juga aktif menulis buku anak. Saat ini karyanya sudah ada sekitar 200+. Ideo Kids adalah brand yang beliau buat untuk semua hasil karyanya.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi pendapat konsultan psikologi dan konsultan obgyn. Jadinya sangat memberikan branding kepercayaan yang kuat bagi pembaca.

Buku Bacaan Orang Tua Berbentuk Komik

Uniknya buku yang membahas tema berat seperti pertanyaan seksualitas dari anak ini dikemas dalam bentuk komik. Khusus untuk bacaan orang tua, guru, atau calon orang tua.

Sudah tidak ada alasan lagi bagi orang yang berkata tidak suka membaca buku. Sebab, buku ini benar-benar full ilustrasi yang warna-warni. Solusi bagi orang tua yang malas baca buku.

Kesan Setelah Membaca Buku Dari Mana Adik Bayi Berasal?

Bisa dibilang buku” Dari Mana Adik Bayi Berasal?” adalah solusi sekaligus panduan bagi orang tua untuk menjawab pertanyaan anak tentang seksualitas. Ceritanya juga ringan sekali, macam baca komik aja.

Saya hanya menghabiskan waktu sekitar 10-15 menit untuk membaca seluruh isi buku. Pas untuk orang tua yang bekerja, lalu tidak punya banyak waktu untuk membaca.

Kesan pertama saat membaca buku berisi 21 pertanyaan anak tentang seksualitas ini, jujur saya syok. Ternyata pertanyaan anak tentang seksualitas harus dijelaskan secara detil sesuai fakta. Selain itu juga harus disesuaikan dengan umur, pemahaman anak, serta menyampaikan pesan moral.

Sebagai orang tua saya mendapatkan banyak wawasan baru tentang pendidikan seksual anak. Buku ini cocok dijadikan pegangan orang tua atau guru. Bahkan, bisa juga untuk calon pengantin atau calon orang tua.


Penutup

Buku Dari Mana Adik Bayi Berasal? karangan Watiek Ideo adalah jawaban dari kegelisahan orang tua dalam menjawab pertanyaan anak tentang seksualitas. Dikemas secara asyik dalam bentuk komik warna-warni, buku ini wajib dimiliki oleh semua orang tua.

Jika tertarik bisa cek instagram @watiekideo atau membeli di e-commerce Shopee Ideokids. Harganya sekitar Rp49.900.

30 komentar

30 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Happy
    Happy
    4 Juni 2023 pukul 23.06
    dapet kosa kata buat ngejelasin ke anak tuh pastinya ga gampang dan emang perlu belajar ya. karena ga bisa asal jawab, soalnya bakal tertanam terus di bawah alam sadar mereka. buku kayak gini pastinya ngebantu banget sih
    Reply
  • Erin Herlina
    Erin Herlina
    4 Juni 2023 pukul 22.51
    Anakku yang pertama nih, sudah mulai bertanya darimana adiknya lahir. Sebelum lahir ada dimana. Pokonya pertanyaan yang memang bikin salting sih. Ketika dijawab memang tidak boleh jawaban bohong.
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    4 Juni 2023 pukul 21.54
    Aku juga suka buku-buku kak Watiek Ideo.
    Rasanya apa ya.. simple dan penuh ilustrasi sehingga mudah dipahami. Untuk pengaplikasiannya bisa dimodifikasi sesuai dengan karakter masing-masing anak. Rasanya kebantu banget ada buku-buku edukasi parenting begini.
    Reply
  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani
    4 Juni 2023 pukul 21.30
    Wah bukunya sangat membantu orang tua yang kebingungan. Memang jadi orang tua itu ga boleh bosan bosan belajar ya..
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    4 Juni 2023 pukul 20.39
    Wah, buku ini recommended banget
    Sangat membantu saat anak bertanya dari mana bayi berasal ya mbak
    Kalau pakai buku ini sepertinya akan mudah menjawab
    Reply
  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    4 Juni 2023 pukul 19.36
    Saya juga penggemar hasil karya beliau
    Bahkan saya sendiri tidak sabar nunggu buku terbarunya
    Meski dulu ikut kesal sama orang yang bajak bukunya hiks
    Reply
  • Alley Hardhiani
    Alley Hardhiani
    4 Juni 2023 pukul 18.29
    Kadang pertanyaan anak itu ajaib dan sering bikin bingung orangtua gimana cara jawab yg tepat. Jadi penasaran juga nih sama bukunya. Bisa nih kayaknya buat dijadiin kado anak.
    Reply
  • Alley Hardhiani
    Alley Hardhiani
    4 Juni 2023 pukul 18.29
    Kadang pertanyaan anak itu ajaib dan sering bikin bingung orangtua gimana cara jawab yg tepat. Jadi penasaran juga nih sama bukunya. Bisa nih kayaknya buat dijadiin kado anak.
    Reply
  • Ria Nugros
    Ria Nugros
    4 Juni 2023 pukul 17.42
    Buku yang bagus nih untuk para calon orang tua, memang pertanyaan anak itu kritis banget. Saya juga pernah ditanya seperti itu, awalnya bingung hihi tapi Alhamdulillah bisa jelasinnya
    Reply
  • Nabilla DP
    Nabilla DP
    4 Juni 2023 pukul 17.17
    buku yang menarik mba, kayaknya aku juga perlu punya deh karena anakku pun juga sudah mulai punya pertanyaan serupa. lebih enak ngasih edukasi melalui buku yaa
    Reply
  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati
    4 Juni 2023 pukul 17.01
    Waktu bacanya sebentar banget hanya 10 - 15 menit saja. Cocok buat saya yg perlu waktu singkat.

    Buku ini cocok banget dibaca oleh orang tua untuk tambah pengetahuan tentsng seputar pertanyaan seksualitas.
    Reply
  • Ranggi's Travel Story
    Ranggi's Travel Story
    4 Juni 2023 pukul 16.33
    Bun aku koleksi buku watik ideo dan sangat membantu dengan pertanyaan adik bayi berasal dari mana? Masih banyak yang lainnya lagi di tulis dengan bahasa ringan mudah di cerna oleh anak anak yaa...(gustiyenifamrrip)
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    4 Juni 2023 pukul 15.27
    Memang ya kalau anak bertanya soal darimana kita berasa, rasanya bingung mau jelasinnya. Hehehe... Butuh bahasa yg beneran bisa dicerna anak dan pastinya tidak bikin salah paham juga
    Adanya buku ini sangat membantu ya
    Reply
  • Hallowulandari
    Hallowulandari
    4 Juni 2023 pukul 14.00
    nahhh, mungkin Karena ke banyak keluarga Indonesia emg ga memasukan pendidikan seksual usia dini ya, Dan tabu banget buat dibahas, kita jadi kelabakan sekarang buat jelasin hal2 seputar edukasi seks ke anak jaman sekarang, lumayan banget klo ada buku komik begin buat panduan ngobrol Dan edukasi Sama anak
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    4 Juni 2023 pukul 10.56
    Harus punya jawaban tepat dengan bahasa yang mudah dimengerti ya. Dan bisa terbantu juga lewat buku tersebut, sehingga gak salting saat menjawab
    Reply
  • Kanianingsih
    Kanianingsih
    4 Juni 2023 pukul 07.19
    buku yg harsu dimiliki semua orangtua yg punya anak kecil nih, noted kak, harus punya!karena saya juga masih ada anak balita nih yg lagi seneng2nya nanya sesuautu yg bikin ortu puyeng
    Reply
  • ungayossy.com
    ungayossy.com
    4 Juni 2023 pukul 06.49
    Wah. Buku yang wajib dipunyai para orang tua ini . Jadi nggak perlu bingung lagi jawab pertanyaan anak
    Reply
  • Diah Alsa
    Diah Alsa
    4 Juni 2023 pukul 01.31
    jadi penasaran nih dengan isi buku Dari Mana Adik Bayi Berasal?
    Biar bisa jawab dengan benar juga dong ya jika anak-anak bertanya pada kita ini, gak perlu salting apalagi harus berbohong segala ya.
    Reply
  • Shyntako
    Shyntako
    3 Juni 2023 pukul 22.36
    buku ini bisa jadi rekomendasi buku buat orang tua menjelaskan ke anak nih kalo ada muncul pertanyaan tentang biologi yg umumnya tabu buat dibahas oleh masyarakat kita
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    3 Juni 2023 pukul 20.22
    Bagus sekali nih buat calon orangtua yang belum paham tentang seksualitas meski sebenarnya kalo udah dewasa sih udah pada ngerti soal gituan sih. Tp hal2 di luar itu tuh yg blm banyak calon pasangan ini blm ngerti. Perlu diperbanyak tuh. Kalo perlu dikasih buat calin pasangan yg mau nikah.
    Reply
  • Han
    Han
    3 Juni 2023 pukul 20.14
    Eh ini mirip bangett sama buku bacaanku soal "hal-hal yang sering ditanyakan anak" karya Samanta Elsener Psikolog. hihi.. jadi kepo kalo versi buku ini gimana jawabannya.. masuk wishlist dlu deh
    Reply
  • Ayu Natih Widhiarini - natih.net
    Ayu Natih Widhiarini - natih.net
    3 Juni 2023 pukul 19.13
    wahh metode edukasi yang bagus banget nih mba, apalagi kalau bukunya dikemas dengan menarik. Karena biasanya kalau kita nanya kayak gitu, orang tua dulu selalu bilang "masih kecil gak perlu tau soal itu" dan bikin makin bingung jadinya
    Reply
  • Akarui Cha
    Akarui Cha
    3 Juni 2023 pukul 18.11
    Jadi turut penasaran juga nih sama buku berjudul Dari Mana Adik Bayi Berasal? ini. Sesuatu yang akan selalu menjadi pertanyaan anak-anak dan rupanya nggak bisa dijelaskan secara "imajinatif" lalala lililii melainkan sesuai fakta yang disesuaikan juga sama usia si kecil nih.
    Reply
  • Lintang
    Lintang
    3 Juni 2023 pukul 16.33
    Oh bukunya mba Watiek Ideo yaa, cucok banget buat bacaan ortu yang ingin menjelaskan sex edukasi pada anak dengan gamblang, ringan, namun mudah dipahami. Aku sendiri udah biasa menjelaskan menggunakan istilah aslinya sii mba, "penis" bukan "burung" atau "titit".
    Reply
  • Yonal Regen
    Yonal Regen
    3 Juni 2023 pukul 08.44
    Anak-anak memang selalu bikin surprise, termasuk pertanyaan-pertanyaannya yang kadang bikin kita sebagai orang tua harus berpikir keras memilih diksi yang tepat agar dapat dicerna dengan pemikiran umur si buah hati.
    Kehadiran buku seperti 'dari mana adik bayi berasal' akan sangat membantu para orang tua yang kadang dibikin kebingungan untuk menjawab secara tepat pertanyaan-pertanyaan ajaib si kecil
    Reply
  • Yustrini
    Yustrini
    2 Juni 2023 pukul 22.45
    Pertanyaan yang sulit dijawab memang oleh para orang tua. Dulu pun orang tua saya nggak bisa menjelaskan hal itu.
    Reply
  • Tukang Jalan Jajan
    Tukang Jalan Jajan
    2 Juni 2023 pukul 19.44
    salah satu cara untuk orang tua menjawab pertanyaan anak yang rumit. Paling tidak buku ini bisa jadi panduan orang tua dan calon orang tua. Boleh dibilang pendidikan seksual untuk anak dengan cara yang tepat
    Reply
  • hani
    hani
    2 Juni 2023 pukul 19.27
    Buku bagus nih. Zaman dulu engga pernah diberi tahu orang tua, akibatnya ke anak sendiri juga bingung jelasinnya. Kalau melalui buku kan, bisa sambil baca bersama yah...
    Reply
  • Farida Pane
    Farida Pane
    2 Juni 2023 pukul 14.13
    Membantu sekali nih buat jelasin ke anak, ya. Orang tua jadi enggak bingung lagi cara ngomongnya
    Reply
  • Deeva Collection
    Deeva Collection
    2 Juni 2023 pukul 13.48
    Pertanyaan tentang seksualitas memang pertanyaan berat bagi orang tua. Saya sempat ditanya si kakak yang usia hampir 7 dan 4 tahun, sat lihat adik cowoknya. Jadilah saya sampaikan dengan menyebut bagian-bagian tubuh,mulai tangan kepala dst hingga menyebutkan punya cowok penis cewek vagina, dan mengatakan tidak ada yang boleh menyentuhnya, dan bla bla bla. Termasuk bagian lain yang ga boleh disentuh dan dilihat orang lain.

    Nampaknya kudu beli ini komik biar tahu caranya seperti apa.
    Reply