Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Wajah Cerah dengan RDL Sabun Papaya dan Facial Cleanser Papaya

RDL Sabun Papaya

Dulu saat saya masih kecil, ibu dan kakak sepupu perempuan rutin membeli sabun untuk wajah berwarna jingga dengan kemasan bergambar buah pepaya. Namanya RDL Sabun Papaya yang asalnya dari Filipina, tapi sudah didistribusikan secara resmi di Indonesia.

Saat itu, harga sabun pepaya yang cocok dipakai hampir semua keluarga saya lumayan pricey di zamannya. Jadi, ibu mengakali dengan memotong-motong sabun pepaya itu untuk dibagi ke seluruh anggota keluarga yang sudah remaja atau dewasa.

Setelah tumbuh menjadi remaja saya sempat memakainya, tapi tidak teratur. Nah, di usia yang mencapai 30 tahun ini, kulit wajah saya cenderung cepat kusam karena sering menemani si kecil aktivitas outdoor.

Atas saran Ibu, saya kembali menggunakan RDL Sabun Papaya yang mengandung bahan aktif untuk mencerahkan kulit. Terutama kandungan vitamin C yang berfungsi untuk mencerahkan wajah sekaligus mencegah penuaan dini.

Selain RDL Sabun Papaya, saya juga mencoba RDL Facial Cleanser agar khasiatnya lebih bagus lagi. Seperti apa hasil perpaduan kedua rangkaian skincare tersebut? Yuk, simak reviewnya di dalam artikel ini.


Sabun Wajah Favorit Turun-Temurun Keluarga, RDL Sabun Papaya

RDL Sabun Papaya ini sudah jadi sabun khusus wajah favorit secara turun-temurun di keluargaku. Kalau tidak salah sudah booming sejak tahun 90’an akhir di kalangan keluargaku. Kakak sepupuku yang pertama kali memakai dan membuktikan klaim brightening soap dari RDL Sabun Papaya di kulit wajahnya yang berjerawat.

Kulit wajah kakak sepupuku yang berjerawat, perlahan berkurang, dan wajahnya tampak cerah. Melihat perubahan itu, akhirnya beberapa anggota keluarga gas pol ikutan pakai produk ini. 

Sabun dengan Ekstrak Buah Pepaya

Seperti nama dan gambar ilustrasi pada kemasan sabun, sabun ini mengandung ekstrak pepaya. Ternyata ekstrak pepaya ini banyak manfaatnya seperti mencerahkan kulit wajah, mengangkat sel kulit mati, mencegah penuaan dini, dan menenangkan kulit wajah yang berjerawat.

Cocok di Hampir Semua Kulit Wajah

Mungkin karena formulasi dari RDL Sabun Papaya ini memang bagus, hampir semua anggota keluarga cocok memakai sabun ini. Bahkan, sepupuku yang kulitnya berjerawat parah juga cocok memakai sabun ini.

Sabun Legend di Keluarga

Manfaat ekstrak buah pepaya dan kandungan lain seperti vitamin A, C, dan E membuat sabun dengan ekstrak pepaya ini jadi sabun yang disukai secara turun-temurun di keluarga saya. Sekarang pun saya jadi rutin memakai RDL Sabun Papaya untuk wajah. Kadang juga saya pakai di badan karena rasanya juga lebih lembut dan melembabkan seluruh badan.


Review Pemakaian RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya

Bagi yang belum tahu, RDL ini produk asli Filipina di bawah produksi RDL Pharmaceutical Lab. Inc. Nah, RDL Pharmaceutical Lab. Inc ini menunjuk PT. RDL Distribusi Indonesia dalam hal pendistribusian produk di Indonesia. 

Selain mencoba RDL Sabun Papaya, saya juga coba rangkaian skincare RDL berupa RDL Babyface Facial Cleanser. Keduanya punya klaim mencerahkan wajah. Saya setuju dengan klaim tersebut daripada klaim memutihkan. Sebab, klaim mencerahkan wajah bagiku lebih masuk akal.

1. RDL Sabun Papaya, Brightening Soap

Review RDL Sabun Papaya

Pertama-tama saya akan review sabun ekstrak pepaya favorit keluarga, yaitu RDL Sabun Papaya. Entah kenapa, saya jadi suka memotong-motong sabun jadi lebih kecil untuk wajah, terbawa kebiasaan satu keluarga dulu. Selain itu juga bisa menghemat sabun 

Kemasan

Kemasan RDL Sabun Papaya berbentuk karton kotak dengan nuansa warna jingga yang menunjukkan warna khas daging buah pepaya matang. Sabun yang ada di dalam kemasan karton dibungkus lagi dengan plastik agar lebih higienis.

Di bagian kemasan terdapat logo halal dan barcode BPOM. Satu hal lagi yang saya suka dari kemasan RDL Sabun Papaya adalah ada tanda bisa didaur ulang di bagian belakang kemasan.

Tekstur dan Wangi

Tekstur sabunnya padat, tapi tidak keras seperti sabun mandi pada umumnya. Jadi lebih lunak dan busanya lembut di kulit. Wangi dari RDL Sabun Papaya ini mirip dengan buah pepaya asli tapi lebih mild dan soft. Dari dulu saya suka wangi RDL Sabun Papaya ini.

Review RDL Sabun Papaya

Kandungan dan Manfaat

RDL Sabun Papaya ini punya beberapa kandungan bahan aktif seperti ekstrak buah pepaya, vitamin A, C, dan E. Manfaatnya pun juga sangat beragam untuk kebutuhan kulit yang cerah dan sehat:

  • Ekstrak buah Pepaya, bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah, mengangkat sel kulit mati, mencegah penuaan dini, dan bisa mengatasi kulit wajah yang berjerawat
  • Vitamin A, bermanfaat untuk merawat luka bekas jerawat hingga hilang, mencegah jerawat muncul kembali, anti aging, dan menyamarkan kerutan di wajah.
  • Vitamin C, memiliki manfaat untuk mencerahkan wajah, mencegah munculnya kerutan di wajah, merangsang pembentukan kolagen, dan melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari
  • Vitamin E, punya manfaat untuk melembabkan serta mengenyalkan kulit wajah, menyamarkan bekas jerawat, dan mengatasi hiperpigmentasi pada wajah (flek).

Klaim

Klaim dari RDL Sabun Papaya ini adalah mencerahkan kulit wajah karena ada kata brightening soap di kemasan. Saya setuju dan telah merasakan klaim ini. Setelah pemakaian rutin dari RDL Sabun Papaya selama seminggu, memang kulit wajah saya yang awalnya kusam, menjadi lebih cerah dan terlihat sehat dan plumpy atau kenyal.

Harga

Harga untuk satu batang RDL Sabun Papaya ini adalah Rp30.000 untuk ukuran 135 gram sabun. Kalau kamu menemukan harga jauh di bawah ini, waspada produk palsu, ya. Produk yang asli harga officialnya Rp30.000.


2. RDL Babyface Facial Cleanser Papaya

Review RDL Facial Cleanser Papaya

Selanjutnya, saya juga coba produk RDL Facial Cleanser Papaya. Menurut saya ini mirip micellar water pembersih wajah, tapi kalau produk ini menggunakan sedikit alkohol. Bisa digunakan sebagai double cleansing sebelum mencuci wajah dengan RDL Sabun Papaya.

Kemasan

RDL Facial Cleanser Papaya ini menggunakan kemasan botol plastik transparan dengan tutup flip top berwarna jingga khas warna buah pepaya. Di sisi depan ada label produk dan di sisi belakang ada informasi halal dan barcode BPOM.

Botol plastik kemasan berisi 150 mL produk RDL Facial Cleanser Papaya. Warnanya jingga bening yang bisa dilihat karena botol plastik transparan. Produk ini juga cocok dibawa saat bepergian karena bentuk botol plastiknya lebar dan tipis, sehingga bisa masuk kantong make up.

Tekstur dan Wangi

Tekstur RDL Facial Cleanser Papaya adalah cairan bening berwarna jingga. Baunya mirip produk bayi, tetapi lebih kuat. Saat dipakai di wajah ada sensasi dingin dan cenderung membuat kulit wajah saya terasa kesat. Padahal kulit wajah saya termasuk kulit wajah berminyak.

Hasil pemakaian RDL Facial Cleanser Papaya

Kandungan dan Manfaat

Produk RDL Facial Cleanser Papaya mengandung ekstrak buah pepaya yang berfungsi untuk membersihkan wajah secara menyeluruh, mencerahkan wajah, mengangkat sel kulit mati, dan mencegah penuaan dini. Selain digunakan sebagai double cleansing dalam membersihkan wajah, bisa juga digunakan untuk membersihkan sisa make up.

Klaim

Sama seperti RDL Sabun Papaya, RDL Facial Cleanser Papaya ini juga memiliki klaim untuk mencerahkan wajah. Setelah pemakaian rutin dengan RDL Sabun Papaya, wajah saya terlihat lebih cerah dan minimal tidak kusam.

Harga

RDL Facial Cleanser Papaya 150 mL dibanderol dengan harga Rp30.000. Sangat terjangkau untuk pemakaian sehari-hari.

3. Hasil Pemakaian

Dua produk rangkaian skincare dari RDL, yaitu RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya bisa membuat wajah saya lebih cerah, kenyal, sehat, dan bercahaya (glowing). Dengan catatan, pemakaian harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Kedua produk dari RDL memang tidak bisa memutihkan secara instan, tapi mencerahkan wajah. Tahu sendiri kan? Kalau produk yang bisa memutihkan secara instan biasanya menggunakan merkuri. Nah, teman-teman tidak perlu khawatir karena produk RDL aman dari merkuri.

Review RDL Sabun Papaya


Produk Skincare RDL

Selain RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya, RDL juga punya banyak varian yang bisa disesuaikan dengan kondisi kulit wajah. Beberapa varian sabun dari RDL adalah RDL Sabun Cucumber, RDL Sabun Avocado, RDL Sabun Kalamansi, dan RDL Sabun Kojic.

Sementara itu, dari varian facial cleanser dari RDL adalah RDL Facial Cleanser Cucumber, RDL Facial Cleanser Avocado, RDL Facial Cleanser Kalamansi, dan RDL Facial Cleanser Plain. Selain itu juga ada rangkaian skincare dari RDL seperti RDL SureWhite Microexfoliant, RDL Cream with Moisturizer, dan RDL Sunblock Cream.

Review RDL Sabun Papaya


My Impression: Kulit Wajah jadi Cerah dan Lebih Sehat, Auto Repurchase!

Setelah rutin menggunakan RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya, kulit wajah saya jadi lebih cerah dan sehat. Paduan ekstrak pepaya dalam sabun dan facial cleanser bisa jadi kombo untuk membuat wajah hingga tampak cerah alami.

Manfaat dari RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya akan lebih bagus di wajah jika diimbangi dengan skincare lainnya dari RDL seperti RDL Sure White Microexfoliant, RDL Cream with Moisturizer, dan RDL Sunblock. Jadi, saya pasti akan repurchase RDL Sabun Papaya dan mencoba rangkaian produk lainnya.

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba RDL Sabun Papaya favorit keluarga saya atau ikutan mencoba paket skincare lengkap dari RDL bisa membeli produk resmi di e-commerce official RDL. Jangan sampai tergiur dengan harga lebih murah karena bisa jadi itu produk palsu. Pastikan selalu membeli di toko resmi RDL.


Referensi

Instagram Official RDL @oficcial.rdl


76 komentar

76 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Bayu Fitri
    Bayu Fitri
    1 Juni 2023 pukul 13.28
    Baru aja beli sabun RDL ini buat muka saya yang lagi tumbuh jerawat, jadi gak sabar pengenlihat hasilnya..semoga jerawatnya ga pernah ada lagi deh
    Reply
  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    31 Mei 2023 pukul 11.17
    Jadi fokus ke pepayanya yang besar. Pasti enak itu kalau dibuat es hehe. Saya sendiri suka pepaya dan pakai sabun ini juga di rumah.
    Reply
  • Dyah Kusumastuti Utari
    Dyah Kusumastuti Utari
    31 Mei 2023 pukul 10.40
    mbak, kok aku jadi pengen cobain juga ya, baru tahu lo kalau ada produk lain selain sabunnya, selama ini hanya tahu sabun papaya aja
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    31 Mei 2023 pukul 08.41
    Sabun dan cleanser RDL Papaya ini adalah duet maut yang membantu kita merawat kulit jadi lebih cerah ya mbak
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    31 Mei 2023 pukul 07.58
    Wajah cantik dan kulit cerah memang gak bisa didapatkan dengan begitu aja ya..
    Kudu banget dirawat dengan sepenuh hati menggunakan produk terpercaya, RDL Sabun Papaya dan Facial Cleanser Papaya.
    Reply
  • Jejak Pena Oemy Ikbar
    Jejak Pena Oemy Ikbar
    31 Mei 2023 pukul 07.16
    Ini kosmetik yang legend banget, baru tahu ada varian lain dari Papaya ini. Saya tahunya sabunnya aja, bahannya alami gitu ya mba harganyapun ramah dikantong
    Reply
  • SHalikah
    SHalikah
    31 Mei 2023 pukul 07.15
    Pepaya ini buah segala manfaat ya ternyata. Jujur saya baru kenal khasiat pepaya untuk perawatan kulit dengan dijadikan sabun dari sini Mbak. Sebermanfaat itu ya ternyata pepaya. Jadi ingin coba facial washnya juga. Siapa tahu membantu kulit kusam saya ini supaya bisa lebih cling hehehe.
    Reply
  • Juwita
    Juwita
    31 Mei 2023 pukul 04.55
    Dulu juga pernah pake sabun ini.. tapi sejak menikah belum pernah nyoba lagi... Waktu itu Dikampung.. jadi pingin nyoba lagi
    Reply
  • Wiwin Pratiwanggini
    Wiwin Pratiwanggini
    30 Mei 2023 pukul 18.18
    Kenal sabun papaya sudah lama banget. Dulu tiap kali teman dari Filipina mudik, pas balik ke Indonesia selalu mbawain sabun papaya. Sejak dia gak balik ke Indo lagi, jadinya beli sendiri 😅. Alhamdulillah ya sekarang mudah mendapatkannya.
    Reply
  • Lintang
    Lintang
    30 Mei 2023 pukul 17.45
    Aku juga udah pakai donggg. Dan emang enakeun banget sabunnya bikin keset tapi ngga kering yah. Facial Cleanser nya juga efektif banget ngangkat debu2, jadi berasa enteng habis bebersih. So far aku cocok sih dan bakal repurchase.
    Reply
  • Mutia Erlisa Karamoy
    Mutia Erlisa Karamoy
    30 Mei 2023 pukul 11.50
    Sejak dulu aku suka pakai sabun Papaya dan cocok banget tapi baru tahu kalau Papaya sekarang ada facial cleanser-nya, harus di coba nih soalnya sejak dulu buah pepaya dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan kulit wajah.
    Reply
  • Farida Pane
    Farida Pane
    29 Mei 2023 pukul 02.57
    Legend banget ya sabun ini. Aku juga pake dan hasilnya bagus di kulitku
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    7 Mei 2023 pukul 22.30
    beneran bisa bikin wajah kusam jadi bright ya? auto pengen pakai dong. apalagi tersedia nih di supermarket langganan saya. btw baru tahu nih ternyata RDL udah ada dari jaman dulu ya, waah produk lama juga ya dan masih ada sampai sekarang. berarti bagus ya mba.
    Reply
  • Shyntako
    Shyntako
    7 Mei 2023 pukul 21.41
    sabun papaya ini memang sejak dulu kala ya terkenal ampuh untuk membuat kulit wajah lebih cerah plus melembabkan kulit wajah juga deh
    Reply
  • Diaz Bela
    Diaz Bela
    7 Mei 2023 pukul 19.44
    Kebetulan aku juga pakai rangkaian ini nih kak, dan so far cocok dan enakeun banget sih, sesuai dengan khasiatnya!
    Reply
  • April Hatni
    April Hatni
    7 Mei 2023 pukul 18.02
    Aku kenal sabun RDL ini sewaktu kuliah. Kala itu kepo banget sama temen yang awalnya wajahnya sawo matang berubah menjadi putih dan glowing. Usut punya usut, ternyata doi pakai produk RDL. Nah, mulai dari situ aku akhirnya rajin juga pakai produk ini. Asli, kulitku jadi semakin glowing juga kayak temenku tadi, hehe...
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    7 Mei 2023 pukul 16.50
    Kesegaran sehabis mencuci wajah menggunakan Sabun dengan Ekstrak Buah Pepaya dari RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya. Seneng banget sama sensasi after membersihkan wajah.
    Reply
  • Ranggi's Travel Story
    Ranggi's Travel Story
    7 Mei 2023 pukul 15.10
    Sabun pepaya berasal dari buah kesayanganku pepaya emmm jd pengen mencobanyaa. Kebetulan muka lagi kusut kusem hbs mudik (gusti yeni)
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    7 Mei 2023 pukul 13.44
    Wajah cerah saat ini dambaan semua orang. Perawatan mahal belum tentu semua orang bisa menjangkau, perawatan sederhana dan lokal seperti menggunakan sabun RDL Papaya ini memang pas jadi pilihan ya . Saya pun pernah menggunakan sabun RDL Papaya ini lho
    Reply
  • ungayossy.com
    ungayossy.com
    7 Mei 2023 pukul 12.52
    Yang alami begini yang pas bnget direkomendasikan. Kebetuln emng lagi nyari sabun muka juga kak. Sibuk cari rivew sana sini. Pas dikantong juga sih
    Reply
  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati
    7 Mei 2023 pukul 11.49
    Kolaborasi yang cocok untuk membuat wajah cerah dan sehat. RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser. Bentuknya yang pas, dan harga masih bersahabat, cocok buat kita semua.
    Reply
  • Ayah Ugi
    Ayah Ugi
    7 Mei 2023 pukul 11.20
    Sangat penting untuk memperhatikan toko saat akan membeli produk RDL. Lebih aman belinya di toko resminya ya, Kak.
    Reply
  • Akarui Cha
    Akarui Cha
    7 Mei 2023 pukul 10.50
    Ternyata ada rangkaian Papaya series ya dari RDL. Selama ini aku hanya tahu soal si sabunnya saja sih, eh ternyata RDL banyak ngeluarin produk yang mengusung ekstrak Papaya buat melengkapi perawatan kulit kita.
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    7 Mei 2023 pukul 10.20
    Harganya sangat affordable ya mba untuk pemakaian sehari hari tapi hasilnya bagus banget ke kulit
    Reply
  • Kanianingsih
    Kanianingsih
    7 Mei 2023 pukul 08.40
    Dari dulu pdahal sering dengar sabun pepaya ini, namun belum coba. sekarang makin banyak variannya ya, jadi ingin coba terutama yang untuk mencerahkan wajah
    Reply
  • Goresan hati
    Goresan hati
    7 Mei 2023 pukul 08.10
    Wah ada yang palsu ya. Harus hati hati nih. Khasiat pepaya ternyata bagus juga ya buat skincare. Patut dicoba
    Reply
  • Antung apriana
    Antung apriana
    7 Mei 2023 pukul 07.38
    aku termasuk jarang sih pakai pembersih wajah dalam bentuk batangan begini tapi akhirnya nyoba juga nih RDL sabun papaya dan alhamdulillah cocok sama produknya
    Reply
  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani
    7 Mei 2023 pukul 06.24
    Aku juga tahu sabun ini sejak jecil loh, sampe sekarang masih eksis berarti emang produknya bener bener bagus yaa..
    • Retno Kusumawardani
      Antung apriana
      3 Juni 2023 pukul 06.08
      saya sudah lumayan tahu sih sama produk sabun pepaya ini tapi baru nyobain dan ternyata bagus juga yaa
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    6 Mei 2023 pukul 08.26
    Dari dulu sabun pepaya RDL memang bagus. kebetulan orang di rumah juga pakai. Bahkan sesekali saya juga pakai, bila habis naik motor jauh. Ternyata sekarang sudah ada pembersih wajahnya juga ya, Mbak. jadi membersihkan wajah semakin maksimal.
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    5 Mei 2023 pukul 14.00
    Di usia 30+ ini emang rentan males perawatan. Padahal kita harus tetap glowing di depan siapapun biar ga digosipin mulu di belakang. Haha.

    Aku mau kadoin sabun RDL Papaya ini buat istri ah biar dia makin glowing di atas usia 30an.
    Reply
  • Rella Sha
    Rella Sha
    3 Mei 2023 pukul 11.06
    sabun papaya ini banyak yang rekomendasikan ya, konon emang sekeren itu sih efek pepaya ke kulit... coba buat anak abege ku deh.
    Reply
  • Antung apriana
    Antung apriana
    3 Mei 2023 pukul 10.49
    aku juga pakai sabun RDL ini, mbak dan alhamdulillah cocok juga produknya bikin wajah terasa bersih
    Reply
  • Dyah Kusumastuti Utari
    Dyah Kusumastuti Utari
    3 Mei 2023 pukul 10.01
    Buah pepaya ini banyak banget ya manfaatnya, hasilnya tampak nyata di wajah, tampak lebih cerah, saya kira ini itu sabun badan aja lo, ternyata bisa untuk wajah juga
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    3 Mei 2023 pukul 08.41
    Ide cemerlag dengan memotong-motong sabun batang sehingga selain lebih hemat, bisa digunakan seluruh keluarga juga.. Review RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya ini menarik sekali, karena selain tujuannya membersihkan kulit wajah secara deep cleansing, juga memberikan efek mencerahkan secara alami seperti yang diharapkan.
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    3 Mei 2023 pukul 06.13
    Punya wajah cerah alami adalah dambaan setiap perempuan ya mbak
    Jadi jangan ragu lagi, kalau mau punya wajah cerah alami, pakai saja sabun dan Cleanser dari RDL PAPAYA ini ya
    Reply
  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    3 Mei 2023 pukul 03.11
    Barusan beli RDL karena remajaku ingin aku membelinya agar kulitnya tidak bruntusan karena keringat lagi katanya
    Reply
  • Happy
    Happy
    2 Mei 2023 pukul 23.15
    ternyata pepaya emang bisa bantu meredakan jerawat ya. aku lagi ada masalah jerawat nih, jadi pengen nyobain pakai rdl sabun papaya.
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    2 Mei 2023 pukul 22.32
    ternyata RDL cukup lengkap ya sebagai skincare dasar, auto mau nyobain deh apalagi harganya terjangkau
    Reply
  • Mutia Erlisa Karamoy
    Mutia Erlisa Karamoy
    2 Mei 2023 pukul 21.40
    Wah aku baru tahu kalau RDL Sabun Papaya dari Filipina, soalnya aku pakai ini sejak beberapa tahun lalu dan memang cocok banget tapi baru tahu kalau sekarang sudah ada cleanser-nya, harus dicobain nih
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    2 Mei 2023 pukul 20.19
    Wah kebetulan saudara ada yang pakai produk ini juga Kak, dan hasilnya kulit mukanya bagus banget setelah beberapa lama pakai ini
    Reply
  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina
    2 Mei 2023 pukul 20.14
    Ingat saya, ini memang sabun dari lama ya, praktis sekali ada manfaat dari ekstrak pepaya yang mencerahkan kulit wajah, mengangkat sel kulit mati, mencegah penuaan dini, dan menenangkan kulit wajah yang berjerawat. Pas dicoba lagi nih RDL sabun Papaya
    Reply
  • Ranggi's Travel Story
    Ranggi's Travel Story
    2 Mei 2023 pukul 18.44
    Pepaya buah yang kaya akan manfaat, banyak dijumpai dan harganya sangat terjangkau. Selain untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin jg bagus buat kulit. Sabun dr buah pepaya bagus (gusti yeni)
    Reply
  • Hallowulandari
    Hallowulandari
    2 Mei 2023 pukul 18.33
    setelah come back to RDL Sabun Papaya, bener loh, terasa banget kulit bisa bersih, cerah dan kesat, padahal biasanya mah oily pol
    Reply
  • Tukang Jalan Jajan
    Tukang Jalan Jajan
    2 Mei 2023 pukul 17.42
    Aku pernah lihat roduk sabun Papaya ini. Baru tahu kalo produk lainnya juga banyak dan bisa jadi rangkaian perawatan kulit. Beneran cakep sih ini kalau digunakan rutin ya
    • Tukang Jalan Jajan
      Yonal Regen
      5 Mei 2023 pukul 13.17
      Samaan Bang, saya juga familier dengan kemasan oren sabun Papaya ini dan memang ternyata variannya lumayan banyak, ya, ga hanya sabun papaya oren aja
    Reply
  • Nabilla DP
    Nabilla DP
    2 Mei 2023 pukul 17.20
    sabun RDL papaya ini ternyata banyak khasiatnya yaa.. saya sendiri sering lihat di supermarket tapi belum pernah cobain mba. kayaknya ada varian lain juga ya
    • Nabilla DP
      deamerina
      7 Mei 2023 pukul 15.32
      sama mbak aku juga sering lihat di minimarket dan kmrn akhirnya cobain hihi
    Reply
  • khairiah
    khairiah
    2 Mei 2023 pukul 17.19
    wah ternyata harganya terjangkau yaa dulu suka ada yang nawarin sabun ini, tapi nggak berani beli takut mahal, memang sabun legendaris ini hebat masih bertahan hingga kini pastinya karena kualitasnya
    • khairiah
      Nabilla DP
      7 Mei 2023 pukul 10.46
      betul mba, saya juga kaget ternyata harganya lumayan terjangkau untuk produk sebagus ini. mau coba juga kapan2 kalau pas mampir supermarket
    Reply
  • deamerina
    deamerina
    2 Mei 2023 pukul 16.56
    Aku juga pake iniiii. Setelah sekian lama liat di indomaret baru ini cobain hehe. Wangi sabunya aku suka seger gitu 🥰
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    2 Mei 2023 pukul 15.57
    Mantap banget..
    Dengan kandungan vitamin C, RDL Sabun Papaya terbukti bisa membersihkan kulit wajah secara sempurna dan membuat kulit menjadi lebih cerah, lembut dan mencegah penuaan dini.
    • lendyagasshi
      Witri Prasetyo Aji
      7 Mei 2023 pukul 19.18
      Bener Teh, aku juga pakai sabun dan facial cleanser RDL ini, emang beneran bagus banget...
    Reply
  • Harianeko.com
    Harianeko.com
    2 Mei 2023 pukul 15.48
    Istriku juga sama nih pake sabun pepaya,
    Cocok banget di wajah,.
    Reply
  • Witri Prasetyo Aji
    Witri Prasetyo Aji
    2 Mei 2023 pukul 15.25
    aku juga pakai RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya, hasilnya lumayan memuaskan. kusuka banget sama facial cleansernya, wajah juga berasa lebih segar.
    Reply
  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati
    2 Mei 2023 pukul 14.52
    Sabun RDL Papaya ini memang cocok banget di hampir setiap jenis kulit. Saya juga suka makainya. Selain pemakaian simple, kotoran di wajah, terangkat tuntas.
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    2 Mei 2023 pukul 10.14
    Unik juga cara bagiin sabun zaman dulu. Tapi emang bener sih. Aku dulu jg iris2 sesuai jumlah orang yang pakai sabun di rumah. Tapi sekarang karena harga sabunnya terjangkau, malah dibeliin deh satu rumah biar kulit wajah dan tubuh makin glowing fldan sehat.
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    2 Mei 2023 pukul 09.49
    Aku dulu saat SMA juga pakai sabun papaya ini
    Memang bikin wajah cerah alami
    Reply
  • Akarui Cha
    Akarui Cha
    2 Mei 2023 pukul 08.05
    Rupanya sabun Papaya ini sudah ada di era penghujung tahun 1990-an, sementara dulu aku eungeuh sama sabun Papaya milik RDL ini sekitar awal tahun 2000-an, walau belum pernah menggunakannya sampai hari ini. Pengen juga sih kapan-kapan ikut mencoba memakai produknya juga.
    Reply
  • Deeva Collection
    Deeva Collection
    2 Mei 2023 pukul 04.02
    Pakai Brigthening soap RDL Papaya pasti memebrikan sensasi tersndiri saat pemakaian karena teksturnya yang padat akan memudahkan dalam membersihkan wajah, dan memberikan pijitan lembut pada permukaan kulit dengan rata
    Reply
  • Yonal Regen
    Yonal Regen
    1 Mei 2023 pukul 22.40
    Saya juga sewaktu kecil ingat betul dengan kemasan sabun papaya ini, sampai sekarang ternyata ga banyak berubah, ya, packaging-nya. it's so legend nih sabun karena bertahan di pasaran sangat lama, indikasi sudah banyak dipercaya oleh masyarakat untuk dipakai
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    1 Mei 2023 pukul 22.02
    Produk legend ini secara saya ingat sabun Papaya saya pernah pakai waktu masih seragam putih abu. Hehehe. Saat itu belum banyak skincare muncul ya...
    Reply
  • YSalma
    YSalma
    1 Mei 2023 pukul 21.37
    Autopenasaran setelah membaca review RDL sabun papaya dan cleanser-nya.
    Before afternya memperlihatkan kulit bersih yang sehat. Meluncur beli ahh.
    • YSalma
      Fenni Bungsu
      7 Mei 2023 pukul 13.47
      setuju kak, apalagi ini asiknya tidak instan ya tetapi secara bertahap, sehingga lebih menenangkan untuk digunakan secara rutin
    Reply
  • Friska Julia
    Friska Julia
    1 Mei 2023 pukul 21.19
    RDL Cleanser Facial Papaya bisa dicoba supaya kulit wajah lebih bersih. Btw, unik juga pepaya yang biasa kita konsumsi ternyata bisa menjadi pembersih wajah.
    Reply
  • Desain Komunikasi Visual
    Desain Komunikasi Visual
    1 Mei 2023 pukul 20.12
    Setelah rutin menggunakan RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya, kulit wajah saya jadi lebih cerah dan sehat.
    visit link my websiteTel-U
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    1 Mei 2023 pukul 16.51
    Ada kandungan vitamin C nya juga ya, makanya bisa mbantu mencerahkan juga. Menyenangkan nih buat dirutinkan
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    1 Mei 2023 pukul 16.15
    Waktu sekolah dulu saya pernah menggunakan sabun ini. Wanginya itu kalem, ya seolah teringat sampai sekarang. Apalagi sekarang ada cleanser nya juga ya. Hasilnya pasti makin maksimal
    Reply
  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin
    1 Mei 2023 pukul 15.31
    Kirain sabun Papaya cuma buat badan ternyata bisa buat wajah juga ya. Beneran bisa ngilangin kulit kusam. Jadi pengen coba juga, pas kemarin liat2 ada sabun ini di minimarket langganan. Makasih rekomendasinya kak.
    Reply
  • Andina
    Andina
    1 Mei 2023 pukul 15.17
    Wah aku baru tahu mbak ada sabun ini. Khasiatnya berarti bagus ya ke wajah. Terbiasa lihat cleanser berupa gel dan di dalam tube jadinya ngga nyangka ada sabun wajah berbentuk batang
    Reply
  • Auliya Nurrahman
    Auliya Nurrahman
    1 Mei 2023 pukul 15.03
    Pemakaian skincare dan bodycare memang harus dilakukan secara rutin ya Mba agar hasilnya maksimal.
    • Auliya Nurrahman
      nurul rahma
      30 Mei 2023 pukul 06.15
      assoyyyy nih.

      bs utk perawataan diri secara Ok ya

      harga affordable pulaakkk

      mantullll
    Reply
  • cucum.my.id
    cucum.my.id
    1 Mei 2023 pukul 10.34
    Wah ternyata ada banyak manfaat dari pepaya. Dulu, tahunya bagus untuk kesehatan pencernaan. Sekarang ada beragam produk kecantikannya lagi. Jadi pengen nyoba juga biar kulit lebih sehat dan cerah.
    Reply
  • Shanty febrianti
    Shanty febrianti
    30 April 2023 pukul 19.39
    Wah... Bagus ya kedua produk tsb jadi pengen juga beli deh setelah liat hasil yg memuaskan
    Reply
  • nurul rahma
    nurul rahma
    30 April 2023 pukul 13.38
    skincare RDL baguuss bgt ya.
    banyak yg rekomen
    aku jd tertarik jg buat cobaaaa
    • nurul rahma
      Okti Li
      29 Mei 2023 pukul 09.42
      Terakhir saya pakai masih jaman sekolah. Yang terbaru ini saya juga penasaran belom pakai soalnya
    Reply