Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Manfaat Memiliki Online Cloud Storage

IndiHome

Di zaman sekarang, kebanyakan orang memilih untuk menyimpan file berupa foto, dokumen, video, dan sebagainya secara online. Cloud storage adalah salah satu layanan penyimpanan data online yang semakin populer di kalangan pengguna internet. Layanan ini memudahkan pengguna untuk menyimpan dan mengakses file dari mana saja dan kapan saja tanpa harus menggunakan perangkat penyimpanan fisik seperti flashdisk atau hard disk eksternal.

Kelebihan cloud storage tersebut mengakibatkan banyak orang beralih dari penyimpanan fisik ke penyimpanan online. Lantas, apa saja manfaat memiliki online cloud storage? Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan cloud storage.


Manfaat Memiliki Online Cloud Storage

Tak hanya sekadar berfungsi sebagai media penyimpanan data secara online, manfaat memiliki online cloud storage tentu saja banyak. Terlebih lagi di era digitalisasi yang memaksa segala sesuatu beralih dari offline ke online demi efisiensi dan fleksibilitas. Beberapa manfaat online cloud storage adalah sebagai berikut.

1. Akses Data dari Mana Saja

Saat menggunakan cloud storage, pengguna dapat dengan mudah mengakses data mereka dari mana saja dan kapan saja. Selama terhubung dengan internet, pengguna dapat membuka dan mengedit file mereka di mana saja tanpa harus membawa perangkat penyimpanan fisik. Maka, cloud storage sangat fleksibel di era digital saat ini.

2. Hemat Ruang Penyimpanan

Menggunakan layanan cloud storage juga dapat membantu menghemat ruang penyimpanan di perangkat kamu. Ketika menyimpan file di cloud storage, kamu tidak perlu lagi khawatir tentang kehabisan ruang penyimpanan di perangkat. Hal ini akan sangat berguna jika kamu  hanya memiliki perangkat dengan kapasitas penyimpanan yang terbatas.

3. Kolaborasi Lebih Mudah

Layanan cloud storage juga memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi secara online dengan pengguna lainnya. Kamu dapat membagikan file dengan rekan kerja atau temanmu dan bekerja dalam satu dokumen secara bersama-sama. Ini sangat berguna jika kamu sering berkolaborasi dengan orang lain dalam pekerjaan atau proyek.

4. Keamanan Data yang Lebih Tinggi

Layanan cloud storage umumnya memiliki sistem keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan perangkat penyimpanan fisik. Data yang disimpan di cloud storage dilindungi oleh enkripsi dan back-up otomatis. Hal ini akan menjaga keamanan data, jika terjadi sesuatu yang tidak terduga pada perangkat kamu.

5. Hemat Biaya

Menggunakan layanan cloud storage juga dapat membantu menghemat biaya. Kamu tidak perlu lagi membeli perangkat penyimpanan fisik seperti hard disk eksternal atau flashdisk yang bisa menjadi mahal. Sebagai gantinya, kamu dapat menggunakan layanan cloud storage dengan biaya yang relatif murah.


Cara Menggunakan Cloud Storage Indihome

Indihome dari Telkom Indonesia merupakan salah satu penyedia jasa internet di Indonesia, menawarkan layanan cloud storage bagi penggunanya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengakses, dan berbagi file secara online tanpa harus menggunakan perangkat penyimpanan fisik seperti hard disk eksternal atau flashdisk. 

Cara untuk dapat menggunakan cloud storage Indihome adalah dengan mengikuti langkah berikut ini. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar akun Indihome. Jika kamu sudah memiliki akun Indihome, silakan masuk ke dalam akun. 

Namun, jika belum memiliki akun, buatlah akun terlebih dahulu agar bisa mendapatkan akses ke layanan cloud storage Indihome, lalu lanjut ke langkah berikutnya, yaitu:

1. Memilih Paket Layanan

Setelah berhasil masuk ke dalam akun IndiHome, klik menu “Cloud Storage” pada halaman utama. Di sana Anda akan menemukan informasi tentang layanan cloud storage IndiHome dan paket-paket yang tersedia. Pilihlah paket yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

2. Membuat Nama Pengguna dan Kata Sandi

Setelah memilih paket layanan, Anda akan diminta untuk membuat nama pengguna dan kata sandi. Pastikan bahwa nama pengguna dan kata sandi yang Anda buat mudah diingat namun tetap aman sehingga tidak mudah ditebak oleh orang lain.

3. Upload File ke Cloud Storage Indihome

Setelah akun Anda siap digunakan, Anda dapat mulai mengupload file ke cloud storage Indihome. Klik tombol “Upload” pada halaman utama dan pilih file yang ingin kamu upload dari komputer. Tunggu hingga proses upload selesai dan pastikan koneksi internet juga menggunakan IndiHome yang terkenal stabil agar proses upload tidak terputus.

4. Mengakses File dari Mana Saja

Setelah file berhasil diupload, kamu dapat mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja melalui internet. Caranya adalah dengan masuk ke dalam akun Indihome dan klik ikon file yang ingin kamu akses. File tersebut akan terbuka di browser dan kamu dapat mengaksesnya dengan mudah.

5. Mendownload dan Mengedit File

Selain mengakses file, kamu juga dapat mendownload file dari cloud storage Indihome ke komputer. Caranya adalah dengan klik ikon file yang ingin kamu download dan file tersebut akan otomatis terunduh ke komputer. Selain itu, kamu juga dapat mengedit file secara online melalui aplikasi editing yang tersedia di cloud storage Indihome.

6. Membagikan File dengan Orang Lain

Kamu dapat membagikan file dengan orang lain melalui email atau tautan yang dibagikan. Caranya adalah dengan klik tombol “Bagikan” yang terdapat pada halaman file dan salin tautan yang muncul untuk dibagikan kepada orang yang ingin kamu berikan akses ke file tersebut.


Penutup

Begitulah manfaat menggunakan cloud storage. Jika mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat memaksimalkan penggunaan cloud storage milikmu sekaligus menjaga keamanan data. Cukup mudah dan praktis, bukan?

39 komentar

39 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Witri Prasetyo Aji
    Witri Prasetyo Aji
    22 Maret 2023 pukul 11.23
    Aku baru tahu sih tentang cloud storage IndiHome ini, dan menyimpan di cloud storage emang lebih praktis dan aman sih ya.
    Reply
  • Arai Amelya
    Arai Amelya
    21 Maret 2023 pukul 09.31

    Bertahun-tahun jadi pengguna IndiHome, baru tahu kalau mereka ada ada layanan cloud storage HAHAA! Bisa nih dipertimbangkan kalau hdd eksternal udah engap
    Reply
  • Monica Anggen
    Monica Anggen
    20 Maret 2023 pukul 03.04
    Di zaman digital seperti sekarang, lebih praktis sih menyimpan data menggunakan cloud storage. Kita bisa pake perangkat gadget apa pun untuk mengakses data tersebut.
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    19 Maret 2023 pukul 23.47
    Justru sekarang segala file dan data lebih mudah dan aman tersimpan di Layanan cloud storage sih ya.. Jadi gak perlu worry adanya rusak atau terkena virus. Dan kagum banget sama IndiHome yang memikirkan sampai ke pelayanan se-detil ini.
    Reply
  • Deeva Collection
    Deeva Collection
    19 Maret 2023 pukul 23.19
    Seiring kemajuan zama, proses kerja kita makin mudah ya. kak. Bernekal akses internet cepat sepeeti IndiHome bisa.mudah akses data kita dengan mudah. Apalagi ada Cloud Storage for IndiHome. Simpan data makin gampang pula
    Reply
  • Happy
    Happy
    19 Maret 2023 pukul 23.01
    bisa hemat biaya ya pakai ini. cus langsung pulang ada bikin kayaknya
    Reply
  • Nurul Fitri Fatkhani
    Nurul Fitri Fatkhani
    19 Maret 2023 pukul 22.28
    Memang lebih aman menyimpan data di cloud storage, ya. Data kita juga bisa lebih mudah diakses kapan saja dan di mana saja.
    Reply
  • Hamimeha
    Hamimeha
    19 Maret 2023 pukul 22.11
    Jadi inget hardisk di rumah dan bebrapa flashdisk yang memang jadi jarang dipakai hahaha. Mantap dah IndiHome ada lahayanan gini makin terbantu banget
    Reply
  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh
    19 Maret 2023 pukul 22.09
    lumayan sih kalau ada penyimpanan data digital nih, Makin mudah aja nih menyimpan file atau foto yang kapasitasnya gede. Selain itu aksesnya mudah.
    Reply
  • Karunia Sylviany Sambas
    Karunia Sylviany Sambas
    19 Maret 2023 pukul 22.03
    Keamanan data memang yang utama. Beriluntung udah ada cloud storage dari IndiHome.
    Reply
  • M. Rizki Riswandi, S.Kom
    M. Rizki Riswandi, S.Kom
    19 Maret 2023 pukul 21.45
    Layanan cloud storage ini sangat bermanfaat untuk mencegah hilangnya data-data penting. Saya pribadi sudah menggunakan layanan ini dari lama untuk ngebackup file-file penting seperti tulisan, skripsi, dan album-album penting. Hati jadi lebih tentram karena gak takut data hilang kalau device yang dipakai rusak.
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    19 Maret 2023 pukul 21.35
    Keamanan data yang terjamin, pasti jadi pilihan banyak pengguna. Apalagi hemat biaya dan ruang, senang dong. Sebagai pengguna Indihome rasanya beneran dimanjakan
    Reply
  • Aldhi Fajar
    Aldhi Fajar
    19 Maret 2023 pukul 21.26
    Yang pasti sekarang nyimpan daya d cloud storage lebih aman. Selain itu bisa diakses kapan aja. Pokonnya praktis banget. IndiHome memang selalu mengerti pelanggannya
    Reply
  • Diaz Bela
    Diaz Bela
    19 Maret 2023 pukul 21.17
    Aku masih belum pakai cloud storage nih tapi sudah mulai mempertimbangkan karena lebih praktis dan aman tentunya
    Reply
  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati
    19 Maret 2023 pukul 20.55
    Produk IndiHome makin banyak, atau saya yang kurang tahu nih. Udah ada cloud storage dari IndiHome. Makin mudah aja nih menyimpan file atau foto yang kapasitasnya gede. Selain itu aksesnya mudah.
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    19 Maret 2023 pukul 20.02
    Persaingan layanan cloud di Indonesia makin sengit nih. Kalo lihat paket harga cloudnya, IndiHome ini punya penawaran menarik yg layak dicoba nih. Ntar ga usah beli storage gadget gede2 deh. Tinggal alihkan ke layanan storage, kita bs bebas simpan di sana. Aman lagi.
    Reply
  • Akarui Cha
    Akarui Cha
    19 Maret 2023 pukul 19.59
    Bisa gampang diakses dimana saja dan nggak perlu repot bawa bawa storage dalam rupa harddisk de el el sih yang menggoda banget buat ambil layanan dari cloud storage tuuu.
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    19 Maret 2023 pukul 19.28
    Layanan online cloud storage dari IndiHome ini sangat membantu pelanggan dalam menyimpan data ya mbak
    Reply
  • deamerina
    deamerina
    19 Maret 2023 pukul 17.52
    Aku gegara laptop kena virus karna nancep HD jd kapok pake external buat penyimpanan. Dan sejak saat itu milih upload ke cloud segala file. Karna jd lebih praktis juga bs akses di mana aja kalo butuh hehe
    Reply
  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin
    19 Maret 2023 pukul 14.15
    Iya kak lebih aman saving data di cloud storagenya, dan gak khawatir data kena virus atau hilang kalau gadgetnya bermaasalah. Sebagai pekerja di dunia digital kita emang butuh banget cloud storage yg terpercaya, yg disediakan oleh Indihome.
    Reply
  • Yustrini
    Yustrini
    19 Maret 2023 pukul 11.35
    Cukup mudah dan praktis ya menggunakan layanan cloud dari IndiHome ini.
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    19 Maret 2023 pukul 10.18
    Keren juga ini IndiHome, gak hanya sebagai penyedia jasa internet aja tetapi juga penyimpanan cloud ya. Jadi praktis sih
    Reply
  • Antung apriana
    Antung apriana
    18 Maret 2023 pukul 20.34
    aku sekarang pakai cloud storage terus kalau buat nulis draft novel atau blog gitu soalnya bisa diakses di mana aja dan nggak perlu bawa-bawa flashdisk lagi
    Reply
  • Yonal Regen
    Yonal Regen
    18 Maret 2023 pukul 15.06
    Makin hari layanan IndiHome makin keren dengan adanya layanan Online Cloud Storage. Jadi ga was-was kena virus lagi dah data-data kita kalau di simpan di Cloud storage
    Reply
  • Listiorini Ajeng Purvashti
    Listiorini Ajeng Purvashti
    18 Maret 2023 pukul 10.55
    Awal pake indihome cuma internet, lama kelamaan melebar sampe cloud storage. Keren ya perkembangan bisnis indihome ini
    Reply
  • Naqiibatin Nadliriyah
    Naqiibatin Nadliriyah
    18 Maret 2023 pukul 10.51
    Memiliki layanan penyimpanan digital begini emang lebih nyamna sih ya, Mbak. Daripada menuh-menuhin harddisk dan yang bikin nyesek pas filenya di sana ternyata rusak atau hilang :((
    Reply
  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani
    18 Maret 2023 pukul 10.46
    Bener banget ya Mba kalau punya online cloud storage penyimpanan lebih aman dan praktis juga. Lebih enak aja nggak ngabisin memori. Inget dulu nyimpen data di flashdisk or disket. Sekarang udah canggih pakai cloud storage
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    18 Maret 2023 pukul 09.57
    Dengan menggunakan Online Cloud Storage dari IndiHome, uda gak perlu pusing lagi dengan penyimpanan eksternal dengan segala resikonya yang mungkin terjadi seperti hilang atau terkena virus. Seneng banget karena layanan Online Cloud Storage dari IndiHome Telkom Indonesia.
    Reply
  • Han
    Han
    18 Maret 2023 pukul 08.28
    Setuju sih.. sejak kejadian hard disku ngga kebacaaa ya Allaah nyesekkk bangett karena kalo disimpan di hard disk tuh risiko kena banting atau salah bawanya ajaa yaa udahh wassalam
    Reply
  • Aisyah Dian
    Aisyah Dian
    18 Maret 2023 pukul 08.02
    online cloud store memamng menjadi sangat praktis karena bisa diakses dimana saja ya kak, dan juga pastinya sangat hemat biaya ya. suka banget deh dengan online cloud storage ini
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    18 Maret 2023 pukul 08.01
    Sekarang urusan penyimpanan juga semakin dimudahkan ya, Mbak. Dulu, ribet juga menyimpan di flashdisk atau hardisk. Sekarang pakai cloud storage lebih banyak keuntungannya. Termasuk bisa diakses dari mana saja dan kapan saja.
    Reply
  • Juwita
    Juwita
    18 Maret 2023 pukul 04.17
    Saya baru tahu dengan cloud storage ini
    .sangat bermanfaat sekali jika ini jadi alternatif penyimpanan tanpa takut data hilang
    Reply
  • Farida Pane
    Farida Pane
    18 Maret 2023 pukul 04.05
    penting banget sih cloud storage ini biar kita bisa berkarya di mana pun berada.
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    18 Maret 2023 pukul 00.46
    pelanggan indiHome beruntung banget ya, selain mendapat jaringan internet stabil dan cepat juga dapat layanan vloud storage. maknyuss banget!!
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    18 Maret 2023 pukul 00.46
    pelanggan indiHome beruntung banget ya, selain mendapat jaringan internet stabil dan cepat juga dapat layanan vloud storage. maknyuss banget!!
    Reply
  • Rizka Amita Ridwan
    Rizka Amita Ridwan
    17 Maret 2023 pukul 21.54
    Wah aku baru tahu ada fasilitas cloud storage dari Indihome. Padahal aku pelanggan lama, lho. Terimakasih sharingnya, Mbak.
    Reply
  • Nita
    Nita
    17 Maret 2023 pukul 16.59
    Wah lagi-lagi IndiHome dari Telkom Indonesia meluncurkan layanan baru yang semakin memanjakan para customernya....masyaallahu.
    Reply
  • Friska Julia
    Friska Julia
    17 Maret 2023 pukul 10.59
    Layanan cloud storage dari IndiHome membantu sekali dalam menyimpan data yang aman, sekaligus hemat biaya. Yang terpenting, kita bisa mengedit data kapan dan dimana saja selama tersambung internet.
    Reply
  • Mugniar
    Mugniar
    16 Maret 2023 pukul 22.01
    Ah iya, benar banget. Dengan layanan cloud storage kita dapat menghemat biaya karena tidak perlu lagi membeli hard disk eksternal atau flashdisk. Jadi sebenarnya menguntungkan ya.
    Reply