Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Persiapan Raih Future Jobs Bergaji Tinggi dengan Kompetensi Global

Kompetensi global

Dulu, punya nilai akademis yang tinggi dan lulusan perguruan tinggi ternama adalah bekal utama yang harus disiapkan untuk dunia kerja. Sekarang, dua hal itu hanya jadi pengantar dalam seleksi berkas. Dunia kerja membutuhkan orang yang tak hanya pintar secara akademis, tapi juga punya skill yang mumpuni untuk bersaing secara global.

Terlebih lagi di era digital saat ini, banyak muncul jenis pekerjaan baru atau future jobs yang membutuhkan kompetensi global seperti enviromental engineer, data scientist, digital marketing, pekerjaan berbasis koding, dan lain-lain. Kompetensi global dinilai mampu menciptakan SDM yang lebih unggul secara lokal maupun internasional dan memenuhi kriteria skill dalam future jobs.

Di tengah gempuran arus era digitalisasi yang sangat kencang, tentunya memiliki persiapan yang tepat untuk terjun di dunia kerja menjadi sangat penting. Bagaimana persiapan untuk meraih future jobs dengan kompetensi global? Terutama untuk kamu yang masih duduk di bangku sekolah atau orang tua yang ingin anaknya mampu go international. Simak sampai akhir agar semakin percaya diri dalam meraih mimpi future jobs bergaji tinggi.


Kompetensi Global untuk Meraih Future Jobs

Mengutip materi yang dibawakan Baswedan (2011) dalam penyambutan mahasiswa baru di Universitas Paramadina, kompetensi global mencakup 4 aspek:

  1. Ketrampilan kelas dunia (world class skills)
  2. Memiliki akar ke-Indonesia-an yang kuat (strong Indonesian roots)
  3. Menghargai keberagaman (respect diversity)
  4. Ketrampilan komunikasi/bahasa (communication/language skills)

Poin nomor 2 merupakan penyesuaian dengan karakter bangsa Indonesia yang harus menjadi akar untuk mempertahankan karakter bangsa Indonesia. Keempat aspek tersebut harus ada dalam pendidikan agar SDM mampu bersaing secara global untuk meraih future jobs.

Future Jobs dengan Gaji Tinggi

Kompetensi global

Dahulu pekerjaan yang dianggap paling 'wah' dan prestigious adalah PNS. Seiring perkembangan zaman di era digital, muncul berbagai pekerjaan baru di masa depan atau sering disebut future jobs dengan gaji yang berlipat-lipat dari gaji PNS. Beberapa future jobs yang akan memiliki gaji tinggi dan sangat diperlukan secara global adalah sebagai berikut.

Green Jobs

Berbalut proses perubahan iklim yang saat ini sedang panas dibahas dalam dunia internasional, green jobs atau pekerjaan yang punya kontribusi terhadap kelestarian alam jadi primadona baru. Bahkan, dilansir dari Coaction Indonesia, Presiden Amerika Serikat telah menciptakan jutaan pekerjaan bergaji tinggi untuk menekan dampak perubahan iklim.

Coding Career Jobs

Keahlian dalam coding adalah salah satu skill yang paling dicari untuk perusahaan teknologi atau peneliti di belahan dunia mana pun. Beberapa pekerjaan seperti software developer, programmer, dll. memiliki gaji fantastis.

Data Scientist

Keahlian dalam mengolah data yang saat ini menjadi pekerjaan baru seperti data scientist atau data analyst juga memiliki gaji yang sangat tinggi. Skill mengolah data secara tepat nan akurat ini juga dibutuhkan secara global.

Digital Marketing Specialist

Meroketnya sektor pemasaran digital saat pandemi juga jadi asal muasal munculnya pekerjaan sebagai digital marketing. Gajinya juga sangat tinggi, berbanding lurus dengan kompetensi bekerja yang harus dikuasai.


Tips Persiapan Menghadapi Dunia Kerja dengan Kompetensi Global

Munculnya future jobs yang digadang-gadang bakal memiliki gaji tinggi, secara tidak langsung menuntut generasi zaman now untuk memiliki skill maupun kompetensi yang bakal dibutuhkan di masa depan. Persiapan yang tepat sejak dini akan sangat membantu dalam meraih pekerjaan di masa depan dengan kompetensi global.

Pilih Sekolah dengan Kurikulum Internasional dan Standar Pengajar Internasional

Pertama, sedini mungkin pilih sekolah yang menggunakan kurikulum internasional. Pilih juga perguruan tinggi yang menggunakan kurikulum internasional dengan standar pengajar internasional. 

Kembangkan Skill Bahasa

Sesuai salah satu aspek kompetensi global dari Baswedan (2011) bahasa internasional seperti bahasa inggris tentu wajib dikuasai. Minimal bisa percakapan sehari-hari.

Kuasai Skill Tambahan yang Diperlukan dalam Future Jobs

Kadang ada skill dalam future jobs yang tidak diajarkan dalam sekolah atau perguruan tinggi. Misalnya saja skill komunikasi secara online atau skill bahasa. Mengasah skill tersebut di luar sekolah atau perguruan tinggi bisa jadi bekal untuk menghadapi perebutan tempat di future jobs.


Inovasi Sampoerna University dan Keunggulannya dalam Mengasah Kompetensi Global

Salah satu perguruan tinggi yang punya inovasi dan impact besar bagi kompetensi bekerja anak bangsa adalah Sampoerna University. Universitas yang berlokasi di Indonesia ini merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang menerapkan kurikulum Amerika dalam kegiatan belajar mengajar.

Kurikulum dari negeri Paman Sam tersebut juga jadi salah satu kurikulum terbaik di dunia dengan lulusan yang memiliki kompetensi global. Pendidikan internasional yang ada di Sampoerna University punya beberapa keunggulan sebagai berikut.

Kompetensi Global

Lulusan Bekerja di Luar Negeri

Salah satu alumni Sampoerna University, Nadiyah, berhasil meraih salah satu future jobs di perusahaan ternama di luar negeri, Inshorts dalam waktu 3 bulan. Posisi yang dipegang Nadiyah adalah Marketing Executive sebagai perwakilan dari Indonesia yang bekerja secara remote. Hal ini tentu menjadi bukti bahwa Sampoerna University berhasil membentuk lulusan berdaya saing global

Menggunakan Kurikulum Internasional Amerika

Sampoerna University menggunakan kurikulum internasional dari negara Amerika Serikat. Ciri khas kurikulum Amerika ada pada integrasi STEM (Science, Technology, Engineer, Math) dalam perkuliahan. Mahasiswa pun akan dibentuk dengan skill problem solving dan critical thinking. Pembelajarannya pun lebih cenderung project based daripada theory-based.

Kerja Sama dengan University of Arizona: Double Degree dan Beasiswa

Kerja sama internasional antara Sampoerna University dengan University of Arizona membuat lulusan memiliki gelar double degree dari Sampoerna Unversity dan University of Arizona. Selain itu juga ada beasiswa transfer kuliah langsung ke Amerika Serikat.

Pendidikan Standar Internasional

Meskipun berlokasi di Indonesia saja, dosen memiliki standar internasional. Tak berhenti sampai di situ, media pembelajaran di Sampoerna University sangat canggih, serta lengkap. Hal ini untuk mendukung kesuksesan pendidikan internasional di kampus tersebut.


Penutup

Persaingan di dunia kerja masa depan atau future jobs sudah dimulai sejak masa sekolah. Pemilihan sekolah atau perguruan tinggi dengan kurikulum internasional jadi persiapan penting sebelum terjun di dunia kerja. Sebab, kompetensi global yang otomatis sudah masuk dalam kurikulum internasional sangat dibutuhkan oleh berbagai future jobs dengan gaji tinggi.

Sampoerna University merupakan salah satu perguruan tinggi dengan kurikulum internasional. Lulusan Sampoerna University akan memiliki kompetensi global yang cukup untuk meraih future jobs.


Referensi

  • Baswedan, A. (2011). Materi Pembekalan Mahasiswa Baru dalam Graha Mahardika Paramadina 2011. Presentation slides. Jakarta: Universitas Paramadina.
  • https://coaction.id/green-job-akan-makin-marak-di-masa-mendatang/

14 komentar

14 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah
    3 Maret 2023 pukul 01.52
    banyak yang ngulas sampoerna university ini ya mbak, asli rekomendasi ya karena sudah teruji dan tingkat kurikulumnya bagus
    Reply
  • lylamanzila
    lylamanzila
    1 Maret 2023 pukul 12.19
    MasyaAllah lulusannya bekerja diluar negeri. Emang pendidikan di sampoerna nggak pernah membina anak didiknya. Pasti biayanya sebanding dengan effort para guru gurunya
    Reply
  • Hamimeha
    Hamimeha
    1 Maret 2023 pukul 11.50
    Wah iti future job menggiurkan lho...secara penghasilan maupun kompetensi yang harus dimiliki ..wah mantap inovasinya samperna university
    Reply
  • Allamandawi
    Allamandawi
    1 Maret 2023 pukul 11.27
    Akhir-akhir ini ngerasa kalai green job itu uke banget apalagi kalai pendidikannya lewat kurikulum international, masyaa Allah mantep banget deh
    Reply
  • Naqiibatin Nadliriyah
    Naqiibatin Nadliriyah
    1 Maret 2023 pukul 11.11
    Sampoerna University emang menjadi pilihan yang utama melihat banyak fasilitas untuk menunjang kompetensi bekerja di global ya, Kak
    Reply
  • KenniApril
    KenniApril
    1 Maret 2023 pukul 09.23
    Keren sekali ya. Benar-benar harus dipersiapkan secara matang nih untuk pendidikan di masa depan. Pas sudah seumur saya begini setelah melihat ke banyak refenrensi begini jadi mikir kok dulu wawasanku kurnag banget terkait karir dan pilihan pendidika
    Reply
  • Jejak Pena Oemy Ikbar
    Jejak Pena Oemy Ikbar
    1 Maret 2023 pukul 09.13
    Walaupun mempunyai kemampuan akdemis tingkat global tetap keindonesiaan jangan dilupakan ya mba
    Reply
  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani
    1 Maret 2023 pukul 09.07
    Bagus juga ya peluang kerja lulusan Sampoerna University ini. Melalui kurikulum Internasional memungkinkan lulusannya bisa bersaing secara global
    Reply
  • lendyagassi
    lendyagassi
    1 Maret 2023 pukul 08.24
    Zaman sekarang banyak jenis pekerjaan yang bisa dibilang lebih spesifik yaa..
    Jadi kudu banget meningkatkan skills yang dibutuhkan di dunia kerja dengan kompetensi global.
    Reply
  • Juwita
    Juwita
    1 Maret 2023 pukul 04.39
    Green Job Peluang kerja menjanjikan yang sangat bagus buat masa depan
    Reply
  • Julia Pasca
    Julia Pasca
    28 Februari 2023 pukul 08.19
    Tidak perlu jauh-jauh untuk kuliah ke luar negeri kan ya, Mbak? Di Indonesia pun ada Sampoerna University dengan kurikulum yang tak kalah dengan kurikulum internasional yang ada di Amerika
    Reply
  • Ella Fitria
    Ella Fitria
    28 Februari 2023 pukul 00.54
    Sepakat banget dg tips di atas. Untuk bersaing di dunia global perlu menguasai berbagai hal. Salah satu upaya yg bisa dilakukan adalah memilih tempat belajar dg kurikulum internasional
    Reply
  • Friska Julia
    Friska Julia
    27 Februari 2023 pukul 19.21
    Dulu anak-anak ingin jadi dokter, insinyur, ASN, dan sejenisnya. Sekarang pekerjaan favorit menunjuk pada green job dan digital marketing. Amerika Serikat merupakan pusat dari penanganan perubahan iklim dan komputerisasi. Wajar saja kalau kurikulum mereka berdampak pada pendidikan generasi muda sekarang. Sampoerna University sudah mempersiapkan mahasiswanya dengan pendidikan berbasis Amrik untuk kesuksesan di dunia kerja nanti.
    Reply
  • Laily
    Laily
    27 Februari 2023 pukul 14.46
    Sekarang persyaratan mendapatkan job dan dapat bersaing di dunia global itu nggak mudah ya Mbak? pendidikan berstandar internasional ini penting banget agar para lulusan punya kompetensi yang diminta.
    Reply