Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Serunya Main ke Kafe Kucing Neko Kepo Surabaya

Anak kucing meong-meong, ibu kucing meong-meong, bapak kucing meong-meong…"

Lagu Kucing Meong-Meong

Akhir-akhir ini si kecil suka sekali menyanyikan lagu anak ciptaan YouTube channel Ari n Aga. Pada dasarnya si kecil sudah suka kucing, lalu ada lagu yang sempat viral di Tik Tok tersebut muncul, auto menyanyi lagu “Kucing Meong-Meong” jika ada kucing lewat.

Jujur sebagai ibu aku senang dengan kemunculan lagu-lagu anak yang sudah jarang sekali ditemukan di era sekarang. Apalagi bisa mengajarkan si kecil untuk menyayangi hewan ciptaan Allah SWT. 

Namun, aku tidak setuju jika si kecil memelihara kucing karena aku pasti tidak sanggup merawatnya. Aku sangat geli dengan bulu kucing dan bakal jingkrak-jingkrak jika harus memegang kucing.

Sebenarnya kasihan jika melihat si kecil selalu ingin mencari kucing, tapi mau bagaimana lagi. Daripada aku harus menanggung dosa karena tidak bisa merawat kucing dengan baik, lebih baik tidak usah memelihara mereka. Biarkan mereka hidup bebas di alam.

Untungnya beberapa waktu yang lalu sempat viral juga di Surabaya ada sebuah kafe kucing yang menawarkan konsep kafe homey dengan kucing yang bertebaran di sekitar kafe. Wah, oke, nih, bisa ajak si kecil ke sini.

Hitung-hitung bisa memuaskan rasa sayang si kecil terhadap kucing, tapi tak bisa memeliharanya karena Bunda yang anti memegang kucing wkwk. Nama kafe kucing yang ternyata baru aja pindah lokasi ini namanya Neko Kepo.

Kafe di Surabaya

Kafe Kucing Neko Kepo

Kafe kucing ini bisa jadi pilihan jalan-jalan bersama si kecil di akhir tahun yang lebih santai, pastinya menyenangkan buat si kecil yang suka kucing, dan nggak banyak merogoh kocek. Di sini juga bisa jadi ajang si kecil mengenal binatang secara real, mengajari anak untuk sayang binatang lewat area grooming kucing yang bisa disaksikan lewat kaca.

Asal Mula Nama Unik Kafe

Nama kafe kucing ini unik sekali karena mudah diingat sekaligus membuat otak bingung secara bersamaan. Kalau aku pasti sering kebolak-balik dalam menyebut namanya, entah Kepo Neko, Neko Kope, atau paling parah Nope Kope.

Padahal setelah aku tanya ke owner, mudah sekali untuk menancapkan nama 'Neko Kepo' ke memori otak. Kata 'Neko' berasal dari bahasa Jepang yang artinya kucing, sedangkan 'Kepo' berasal dari istilah rasa ingin tahu berlebihan. Jadi artinya kurang lebih kucing yang selalu ingin tahu alias kepo. 

Lokasi

Kafe kucing Neko Kepo ini berada di Jalan Manyar Rejo X no. 1, Surabaya. Lokasinya berada di dalam perumahan area Manyar. Jadi area sekitar lumayan sepi.

Kalau masih bingung, bisa ambil patokan Puskesmas Menur dan Gereja Manyar yang berada di seberang kafe Neko Kepo. Letak kafe juga berada di ujung belokan gang.

Dekorasi Klasik-Modern dengan Nuansa Kucing

Di lokasi yang baru ini, kafe Neko Kepo memiliki dekorasi gabungan klasik dan modern. Saat memasuki kafe, disambut pintu kaca modern dan beberapa pernak-pernik klasik seperti jam vintage, vas bunga, lampu, dan lain-lain.

Kafe di Surabaya

Dekorasi khas kucing pun juga terpampang di lantai, ada mainan kucing, dan rumput sintetis. Beberapa kucing kecil tampak asyik bermain di sekitar rumput sintetis saat kami datang.

Suasana Homey dengan Suara Kucing

Berada di kafe Neko Kepo rasanya seperti berada di rumah sendiri (homey) dengan suara kucing yang kadang suka lewat. Mungkin karena lokasinya yang berada di sekitar perumahan. Jadinya lebih terbawa suasana homey.

Kafe kucing Surabaya
Anak kucing sedang bermain 

Ditambah lagi adanya printilan beberapa dekorasi vintage seperti jam dinding, vas bunga, lampu, sepeda, dan lain-lain membuat suasana kafe makin tampak homey. Si kecil juga betah sekali di sini. Mungkin kalau tidak diajak pulang bakal betah camping di kafe ini.

Menu dan Harga

Menu yang ada di kafe Neko Kepo pada dasarnya hanya camilan, es krim gelato, atau minuman. Ada juga menu kucing yang bisa dibeli untuk sekadar memberi makan kucing. Harganya mulai 15k saja, cukup murah, dan masuk akal di kantong.

Kafe kucing Surabaya

Kafe ini bisa dibilang mengikuti tren teknologi karena pesan dan bayar makanan atau minuman dilakukan mandiri lewat scan barcode. Tinggal cekrek, pilih menu, sat set bayar online, tunggu sebentar, dan pesanan bakal langsung diantar tanpa harus berjalan ke meja kasir. 

Ada Berbagai Jenis Kucing

Di Neko Kepo Surabaya ini katanya ada kucing persia, domestik, scottish fold, bengal, dan lain-lain. Begitu kata owner, tapi aku juga nggak tahu kucing jenis ini yang mana aja wujudnya wkwkwk. Asal manggut-manggut aja saat dikasih tahu.

Pokoknya semua kucingnya punya bulu yang lembut, bersih, dan wangi. Ada satu kucing cantik yang menarik perhatianku sih, sayang susah banget difoto.

Kafe kucing Surabaya
Jenis kucing di kafe Neko Kepo, sebelah kanan si kucing cantik belang telon.

Warna bulunya mirip kucing telon tapi lebih bagus perpaduan warnanya. Kucingnya juga cantik, elegan, gitu. Entah itu kucing jenis apa hehehe. Kalau tahu boleh komen di kolom komentar, ya!

Ada Grooming dan Hotel Kucing

Di sini juga ada tempat grooming kucing dan hotel kucing yang terpisah dari ruangan kafe. Ada satu ruangan tertutup khusus grooming dan area hotel kucing di dekat kasir.

Pengunjung juga bisa melihat proses grooming kucing kalau memang waktunya, dari balik jendela kaca. Kebetulan waktu kami datang ada satu atau dua kucing yang sedang proses grooming.

Kafe kucing Surabaya
Ruangan grooming dan hotel kucing.

Si kecil pun antusias melihat proses grooming kucing dari balik kaca. Aku juga bisa sedikit mengajarkan bahwa hewan juga harus disayang dengan dirawat yang baik.


Tips dan Saran Saat Membawa Anak

Saat membawa anak ke kafe kucing Neko Kepo, ada beberapa tips atau saran dariku agar si kecil tetap slay, nyaman, dan terjaga. 

Sedia Sanitizing Water

Kafe ini menggunakan AC dan ada beberapa blower untuk menjaga sirkulasi udara tetap bagus. Meskipun begitu, tetap membawa produk sanitizing water untuk lebih menjaga kehigienisan area sekitar anak.

Aku pribadi pakai all purpose sanitizing water dari Motherlove. InsyaAllah udah BPOM, halal, dan aman untuk anak. Bisa disemprot ke udara, mainan, atau apa pun di sekitar anak yang sekiranya rentan terkontaminasi kuman dan teman-temannya. Bisa juga bawa merk apa pun asal aman untuk anak.

Di kafe Kepo Neko juga tersedia wastafel beserta sabun, jadi sering-sering cuci tangan juga setiap anak selesai bermain dengan kucing. Setelah itu, semprot-semprot baju anak dengan sanitizing water. Jangan lupa semprot juga meja dan kursi sekitar sebelum makan.

Usahakan Anak sudah Kenyang

Kalau ajak ke Kafe Neko Kepo, usahakan anak sudah kenyang atau sudah makan. Di sini cuma ada snack, es krim, dan minuman. Cocoknya buat snacking time si kecil saja.

Jadi, misal anak sudah makan dari rumah, di kafe Neko Kepo tinggal ngemil aja. Bisa juga anak belum makan, ngemil di Neko Kepo, lalu segera cari makan di luar saat anak mulai lapar.

Kesempatan Belajar Sambil Bermain

Kafe kucing Surabaya
Mengenal hewan ciptaan Allah SWT: kucing dan landak.

Selain kucing dengan beragam jenis, di Kafe Neko Kepo juga ada landak putih kecil yang ditaruh di akuarium kaca. Manfaatkan momen ini untuk mengenal hewan ciptaan Allah SWT secara langsung, sekaligus merekatkan bonding antara si kecil, ayah, dan bunda.

Bisa dimulai dengan bermain ci luk ba dengan kucing, menyanyi lagu kucing, menghitung jumlah kucing atau landak, mengajarjan adab makan, kebersihan, dan masih banyak lagi. Jangan cuma terkungkung dengan mindset belajar itu di rumah. Di mana pun anak bisa belajar, asalkan dikemas secara kreatif.


Ajak Anak Bermain Sambil Belajar di Kafe Kucing Neko Kepo

Kafe kucing Neko Kepo merupakan salah satu kafe unik yang ada di Surabaya. Pecinta kucing wajib main ke sini. Kalau tidak salah boleh ajak kucingnya main je sini juga.

Namun, nggak cuma pecinta kucing aja yang boleh kesini. Semuanya boleh kesini asal mematuhi aturan kafe, ya.

Kalau mengajak si kecil ke sini, insyaAllah bakal jadi pengalaman menarik untuk si kecil. Terutama pengalaman mengenal hewan ciptaan Allah SWT, adab makan, dan kebersihan.


Referensi

Instagram @neko.kepo

25 komentar

25 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen
    12 Januari 2023 pukul 16.09
    Aku dan anak2ku pecinta kucing banget mbaa 😄. Di rumah aja kami plihara 4 ekor. Semuanya udh kayak anak sendiri.

    Di JKT untung nya banyak kafe kucing gini. Dan tiap kesana mereka seneeeeng banget. Cuma kekurangannya masih mahal sih. Trakhir kesana, kami ber4 ngabisin 400k hanya utk liat kucing sejam dan minum teh 🤣🤣. JD kayaknya ga mungkin aku sering2 DTG. Tp memang kucing2nya cantiiiik terawat. Duuuh gemeees.

    Kafe yg berkaitan dengan binatang gini makin banyak Yaa. Ada juga dog cafe. Malah di Jepang ada snake cafe hahahahah. Aku sempet niat tuh mau DTG pas lagi di Jepang kemarin, tapi ditolak Ama suamiku 🤣🤣. Selalu penasaran aja Ama kafe2 binatang gini
    Reply
  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah
    2 Januari 2023 pukul 03.37
    Aku suka banget ama kucing, jadi pengen dolan ke sini mba. Seru kafenya luas ya dan estetik gitu
    Reply
  • lylamanzila
    lylamanzila
    1 Januari 2023 pukul 17.29
    Alhamdulillah sayang hewan, btw itu kucingnya diletakkam di dalam aquarium? Jadi pajangan? Kenapa nggak dibiarin interaksi aja kucingnya?
    • lylamanzila
      ANGGITA RAMANI
      2 Januari 2023 pukul 15.20
      Kalo yang di akuarium itu landaknya, kak. Kucingnya dilepas, kecuali yang lagi di groominh
    Reply
  • https://www.rumahami.com
    https://www.rumahami.com
    31 Desember 2022 pukul 15.14
    Aku juga dulu anti banget sama kucing, Mbak. Sampai akhirnya punya 1 kucing beranak pinak, dari anti menjadi cinta. Gemesin kucingnya, xixixi.
    Reply
  • KenniApril
    KenniApril
    31 Desember 2022 pukul 11.45
    Ini yang udah sering muncul di tv bukan sih? Iya beneran kebalik-balik dan terngiang-ngiang namanya
    Reply
  • Deris Afriani
    Deris Afriani
    31 Desember 2022 pukul 11.22
    Wuih menarik banget kafenya. Anak-anak pasti suka kalau diajak ke sini. Betul bisa sambil belajar. Mereka juga pengen melihara kucing, tapi akunya yang belum sanggup 🤭.
    Reply
  • Dyah Kusuma
    Dyah Kusuma
    31 Desember 2022 pukul 11.07
    keren nih konsepnya kok bisa ya ada ide begini, nyaman juga ya kafenya, anakku mesti suka nihmanyar rejo daerah yang nyaman untuk tinggal
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    31 Desember 2022 pukul 10.03
    unik namanya sayangnya saya belum pernah ke sana, kalau ke SUrabaya lagi bisa saya cobain niy, tempatnya juga look cozy ya
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    31 Desember 2022 pukul 08.45
    Wah iya seru ya ajak anak anak ke Neko Kepo ini
    Di Surabaya ya ternyata
    Next time aku mau ajak anak anakku kesana
    Reply
  • Mutia Erlisa Karamoy
    Mutia Erlisa Karamoy
    31 Desember 2022 pukul 07.19
    Wah baru tahu kalau ada kafe kucing, anak-anakku bakalan seneng banget kalau ada kafe kayak gini soalnya tiga-tiganya pecinta kucing. Sayangnya ngak bisa pelihara kucing di rumah, akunya alergi bulu kucing.
    Reply
  • lendyagassi
    lendyagassi
    31 Desember 2022 pukul 04.26
    Senengnya bisa main dan makan di Kafe Neko Kepo.
    Di Bandung juga ada cafe sejenis ini, bisa makan sekaligus main sama kucing.

    Kalau uda sama kucing tuh bawaannya memang jadi pingin elus-elus dan ngajak ngobrol (meski beda bahasa, ehheeh)
    Reply
  • Juwita
    Juwita
    31 Desember 2022 pukul 03.45
    Wah ada.aja ya inovasi sampai kafe kucing segala
    Reply
  • Era Wijaya Sapamama
    Era Wijaya Sapamama
    31 Desember 2022 pukul 02.11
    Di kotaku juga ada kafe kucing. Sayangnya sih bukanya nanggung, siang. Kalau lebih pagi bakal asyik bawa anak ke sana.
    Reply
  • Atik Setyowati
    Atik Setyowati
    30 Desember 2022 pukul 19.05
    Kreatif banget konsep kafenya. Bagi pecinta kucing tentu akan sangat puas bisa nyemil dg ditemani kucing-kucing unik.
    Reply
  • SHalikah
    SHalikah
    30 Desember 2022 pukul 11.41
    Duh, menggemaskan kafenya. Sebagai penyuka kucing (walau tidak pelihara di rumah), saya dan anak bungsu selalu gemas dengan hewan satu ini. Bisa ketemu cafe sambil main sama mereka bakalan seru rasanya. Asalkan urusan makan dan minum sudah selesai, anak-anak bisa puas eksplorasi di sini.
    • SHalikah
      ANGGITA RAMANI
      30 Desember 2022 pukul 18.48
      Kucingnya lucu-lucu di sini, banyak jenisnya pula
    Reply
  • Novri Yanti
    Novri Yanti
    30 Desember 2022 pukul 07.19
    Saya pernah ke Neko Kepo tapi beda lokasi sepertinya mba Anggi, apakah sudah pindah atau ini cabang baru kurang tahu juga..
    Tapi yang dulu itu lokasi nya di lantai 2, sirkulasi udara kurang bagus. Begitu masuk aroma kucing nya tercium kurang enak.. ( tapi lama-lama hilang juga, hehe .. )
    Untuk makanan masih sama, cuma snacking aja.. setuju banget, harus udah kenyang sebelum kesana biar gak pada rewel dan puas mainnya . Kalau dari foto-foto yg ini terlihat lebih homey^^ insyaAllah diagendakan ke Neko Kepo lagi, anak-anak sudah minta kesana juga..
    • Novri Yanti
      ANGGITA RAMANI
      30 Desember 2022 pukul 18.45
      Iya mba ini kalo info dari akun Asli Suroboyo ini pindahan dari lokasi sebelumnya. Jadi baru aja pindah ke sini. Makanya aku juga sedia kayak desinfektan ramah anak buat jaga2 kalo bau
    Reply
  • Nita
    Nita
    30 Desember 2022 pukul 04.54
    Ya ampuun samaan mba, aku juga bakal terbirit-birit KLO dideketin kucing. Duh cafe neko kepo, konsepnya unik Yaa, kepikiraaan aj berkreasi bikin cafe edukatif Kya gini. Pas bnget memang u anak2 yg suka sama kucing.
    • Nita
      ANGGITA RAMANI
      30 Desember 2022 pukul 18.47
      Samaa mba ta tapi gara2 bocil aku akhirnya harus memberanikan diri 😆
    Reply
  • Susi Yanti Nuraini
    Susi Yanti Nuraini
    30 Desember 2022 pukul 02.29
    Wah, unik sekali mulai dari nama cafe hingga bersahabat dengan kucing, kreatif.
    Tempatnya santai dan instagramable. Menunya juga selera anak muda banget. Seru pastinya!
    • Susi Yanti Nuraini
      ANGGITA RAMANI
      30 Desember 2022 pukul 18.46
      Yups betuls mba
    Reply
  • Ulfah Wahyu
    Ulfah Wahyu
    29 Desember 2022 pukul 16.44
    Wah iden cafenya keren, cafe yang ada kucingnya berkeliaran. Ini kalau anaku diajak ke sana pasti seneng banget, karena dia sangat suka kucing. Apalagi kucingnya cantik2 dan terawat. Benar2 bisa jadi inspirasi mengisi liburan. Mengunjungi cafe, menikmati hidangan, sekaligus mengenal berbagai jenis kucing.
    • Ulfah Wahyu
      ANGGITA RAMANI
      30 Desember 2022 pukul 18.46
      Betul mba anak2 hepi banget ketemu kucing
    Reply