Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

5 Makanan untuk Kesehatan Jantung Hingga Lansia

Kapan hari aku pernah menuliskan kekhawatiranku tentang kesehatan jantung setelah mendengarkan kabar kematian suami artis BCL yang sangat mendadak akibat serangan jantung. Sejak saat itu aku sangat menjaga pola makan keluarga dengan menyajikan menu makanan untuk kesehatan jantung.

Berbalik dengan cerita suami BCL, kakek dari Ibuku atau aku memanggilnya “Mbah Nang”, masyaAllah memiliki umur yang panjang dan bebas dari riwayat penyakit jantung. Bahkan, saat ini kira-kira umurnya sudah 100 tahun lebih.

Mbah Nang hidup di sebuah desa di Kertosono. Dari dulu Mbah Nang ini pola makannya nggak aneh-aneh seperti manusia zaman sekarang. Pokok ada karbohidrat berupa nasi atau umbi-umbian, sayur, dan lauk seadanya. Mungkin itu, ya, rahasia umur panjang Mbah Nang selain tentu saja umur panjang itu berasal dari rahmat Sang Pencipta.

Nah, pola makan sehat Mbah Nang serta jenis makanan itulah yang bisa jadi investasi kesehatan jantung hingga usia lansia. Selain itu, ada beberapa makanan yang sering dikonsumsi Mbah Nang untuk kesehatan jantung. Makanan apa saja kah itu? Yuk, kumpul untuk bahas mulai dari risiko penyakit jantung lansia, pola makan sehat, sampai tips makanan untuk kesehatan jantung

Ensure Gold

Penyakit Jantung dan Risiko Terhadap Lansia

Berdasarkan data survei Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tahun 2019, prevalensi penyakit jantung di Indonesia memiliki angka tinggi di kelompok usia 55-64 tahun, 65-74 tahun, dan tertinggi di kelompok usia 75 tahun ke atas. Artinya, lansia memiliki risiko lebih tinggi untuk terserang penyakit jantung.

Saat ini penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia dan Indonesia. Pola hidup yang kurang sehat, makanan, hingga kurang olahraga jadi salah satu faktor penyebab munculnya penyakit jantung.

Hampir semua penyakit jantung sangat berbahaya karena tingkat fatalitas yang tinggi. Maka, menjaga kesehatan jantung sangat penting dilakukan, terutama sejak usia muda agar saat lansia tidak terserang penyakit jantung.

Salah satu cara untuk menjaga jantung tetap sehat adalah menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga jenis makanan yang dikonsumsi. Utamakan konsumsi makanan untuk kesehatan jantung selain menu utama sehari-hari.


Pola Makan Sehat Anjuran Kemenkes, Dukung Jantung Sehat Keluarga

Pola makan sehat yang fokus untuk kesehatan jantung meliputi menu makanan buah dan sayur, biji-bijian, tinggi protein, rendah garam dan lemak saturasi, hingga dari segi pengolahannya lebih baik direbus atau dikukus. Prinsip pola makan untuk jantung sehat tersebut sejalan dengan anjuran pola makan sehat dari Kemenkes sebagai berikut.

Menu Gizi Seimbang dalam Satu Piring Makan

Dalam satu piring sajian makan, sebaiknya diisi dengan asupan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral seimbang. Kemenkes menyarankan porsi separuh bagian piring adalah sayur-sayuran dan buah-buahan. Sementara itu, separuh bagian piring lainnya diisi dengan karbohidrat dan protein.

Batasi Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak

Berdasarkan anjuran Kemenkes, batas konsumsi gula, garam, dan lemak yang disarankan per orang per hari dengan rumus G4 G1 L5 :

  • Gula tidak lebih dari 50 gr (4 sendok makan)
  • Garam tidak melebihi 2000 mg natrium/sodium atau 5 gr (1 sendok teh),
  • Lemak hanya 67 gr (5 sendok makan minyak)

Minum Air Putih yang Cukup

Konsumsi air putih menurutku juga sangat vital untuk tubuh manusia. Sebab hampir 70% bagian tubuh manusia berupa cairan. Usahakan minum 8 gelas air putih setiap hari untuk menjaga hidrasi tubuh.

Mengolah Sumber Pangan Segar dengan Direbus atau Dikukus

Makanan yang direbus atau dikukus cenderung rendah lemak, dibandingkan makanan yang digoreng. Bisa juga dipanggang jika bosan dikukus atau direbus.


5 Makanan untuk Kesehatan Jantung

Selama menerapkan pola makan sehat, ada beberapa jenis makanan yang punya kandungan baik untuk kesehatan jantung. Seperti sayur dan buah, biji-bijian, alpukat, edamame,dna teh hijau.

1. Sayur dan Buah

Sayuran segar berwarna merah, kuning, dan oranye mengandung berbagai nutrisi yang membantu menjaga jantung tetap sehat. Sementara itu, sayuran hijau mengandung nitrat yang berfungsi untik mengurangi tekanan darah, mengurangi kekakuan arteri, dan meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah.

Beberapa buah-buahan yang bisa membuat jantung sehat adalah buah yang kaya dengan beta-karoten, kalium, magnesium, serat, dan fitonutrien. Contohnya jeruk, melon, dan keluarga berry.

2. Biji-Bijian

Konsumsi biji-bijian seperti biji rami, gandum, biji chia, dan lain-lain dapat memberikan manfaat yang baik bagi jantung. Biji-bijian tersebut kaya lemak tak jenuh yang bisa mencegah penyakit kardiovaskular.

3. Alpukat

Buah yang dikira banyak lemaknya ini, ternyata justru sumber lemak tak jenuh tunggal yang bisa menyehatkan jantung. Lemak tak jenuh tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol dan risiko seseorang terkena penyakit jantung.

4. Edamame

Edamame mengandung sejenis flavonoid yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, edamame juga mengandung serat makanan dan antioksidan yang bisa memberikan nutrisi untuk jantung.

5. Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan katekin dan polifenol sebagai antioksidan untuk melindungi jantung dengan mencegah kerusakan sel dan mengurangi peradangan. Katekin dalam teh hijau juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).


Suplemen Tambahan untuk Jantung Sehat Hingga Lansia: Ensure Gold

Sudah menerapkan pola makan sehat dan konsumsi makanan untuk kesehatan jantung, ada baiknya menambahkan suplemen makanan yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang. Contohnya seperti Ensure Gold yang sering dibawakan Ibu untuk Mbah Nang.

Ensure Gold berbagai vitamin dan mineral untuk memelihara fungsi jantung seperti omega 3, omega 6, vitamin D, vitamin C, zinc, selenium, dan kalsium. Selain itu juga mengandung triple protein yang mudah dicerna dan bertahan lama di dalam tubuh sehingga meningkatkan sintesis protein.

Ibu dan Mbah Nang suka dengan varian rasa gandum yang mengandung 100 persen minyak nabati yang tentunya juga baik untuk jantung seperti MUFA, PUFA, minyak bunga matahari, canola, dan kedelai.


Makanan Sehat dan Ensure Gold Adalah Investasi Tepat untuk Jantung Lansia

Jantung adalah bagian organ tubuh manusia yang berperan penting sebagai tanda kehidupan. Jika tidak menjaganya dengan baik, penyakit jantung akan mudah datang untuk menggerogoti kerja jantung.

Pola makan sehat disertai makanan untuk kesehatan jantung bisa jadi salah satu cara untuk menjaga jantung agar tetap sehat di usia senja. Apalagi jika ditambah suplemen makanan seperti Ensure Gold sebagai ikhtiar tambahan agar jantung semakin sehat seperti Mbah Nang.


Referensi

  • https://ensure.co.id/artikel/nutrisi/makanan-untuk-kesehatan-jantung
  • https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20171026/4423501/sehat-berawal-piring-makanku/
  • https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/18/di-umur-berapa-penderita-penyakit-jantung-tertinggi-di-indonesia


16 komentar

16 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Zeneth Thobarony
    Zeneth Thobarony
    2 Februari 2023 pukul 21.46
    Secara makin bertambah umur maka makin berkurang daya tahan tubuh, menjaga pola makan itu penting banget untuk memaksimalkan daya tahan tubuh yang tersisa ya
    Reply
  • lendyagassi
    lendyagassi
    1 Februari 2023 pukul 12.03
    Susu yang sering ibuku konsumsi.. Ensure Gold.
    Karena merasakan sekali manfaatnya tepat setelah mengonsumsi Ensure Gold tuh Ibu langsung penuh semangat. Apalagi kalau pas Ramadan, wajib banget diminum pas sahur sehingga gak lemes...
    Reply
  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah
    1 Februari 2023 pukul 10.32
    MasyaAllah terima kasih artikel kesehatannya mba Anggi, penting banget untuk tahu dan masyarakat melek untuk hati-hati dalam menjaga pola hidup ya. Semoga kita semua sehat selalu.
    Reply
  • Ulfah Wahyu
    Ulfah Wahyu
    1 Februari 2023 pukul 10.31
    Belum ada seminggu ini mbak, saya dapat kabar seorang teman yang masih usia 45 an meninggal, dan kabarnya kena serangan jantung. Penyakit yang diam2 menjadi faktor penyebab kematian paling banyak. Sekarang juga jadi lebih hatu2 dalam konsumsi makanan, kamibusahakan seimbang dalam pemenuhan gizinya, sebagai ikhtiar sehat.

    Reply
  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani
    1 Februari 2023 pukul 09.47
    Salut saya ama mbahnya yang usianya udah 100 tahun. Ini pola makannya pasti masih terjaga. Pola makan sehat memang bisa menjaga kesehatan termasuk kesehatan kantung. Batasi gula garam, dan lemak itu noted banget Mba. Ngasih nutrisi seperti Ensure Gold juga rekomended nih
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    1 Februari 2023 pukul 09.46
    Kacang kacangan ini sehat ya buat jantung. Tapi ternyata bisa menimbulkan kekambuhan untuk asam urat. Ibu saya jadi serba salah makannya.
    Itulah sejak dini, sejak saat ini kita harus bisa jaga pola makan supaya tua nanti tetap sehat ya
    Reply
  • Susi Yanti Nuraini
    Susi Yanti Nuraini
    1 Februari 2023 pukul 09.22
    Wah, setuju banget nih sama info makanan untuk kesehatan jantung. Ini harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar bisa memiliki pola makan sehat.
    Memiliki kebiasaan pola makan sehat bisa menjadi investasi masa depan untuk keluarga sehat dan bahagia. Semoga kita semua bisa menerapkan ini ya, mba.
    Reply
  • Listiorini Ajeng Purvashti
    Listiorini Ajeng Purvashti
    31 Januari 2023 pukul 23.42
    Memang makanan tuh paling berpengaruh dengan kondisi kesehatan kita. Sekali makan ga bener, efeknya ga langsung kerasa sih tapi numpuk buat di masa tua. Sayur dan buah sih sama air putih itu bagus buat badan ya
    Reply
  • Wiwid Wadmira
    Wiwid Wadmira
    31 Januari 2023 pukul 22.07
    Ya ampun, aku baru tahu rumus sakti G4 G1 L5 nya. Makasih ya mbak. Ternyata konsumsiku banyak bangeeet... Gak heran tubuh jadi gak karuan ya.
    Reply
  • Allamandawi
    Allamandawi
    31 Januari 2023 pukul 20.52
    Alhamdulillah sekarang lebih prefer ke makanan sehat, daripada ngemil ciki, aku alokasikan dana ngemil ku ke buah. Moga konsisten kedepannya, terus berkah dan sehat hidupku dan keluarga
    Reply
  • Shafira Adlina
    Shafira Adlina
    31 Januari 2023 pukul 18.06
    jadi inget kata ustad zaidul akbar kan, kita adalah apa yang kita makan. kita hari ini adalah apa yang kita makan 10 tahun yang lalu. wah kebayang kan kalau setiap hari kita makan fas food gmn jantung kita, duh. mari kita biasakan makan makanan yang halal dan toyib serta sehaat
    Reply
  • Lintang
    Lintang
    30 Januari 2023 pukul 19.23
    Nah bener, apalagi sekarang serangan jantung ngga menyerang lansia aja. Tapi anak2 muda juga. Aku juga lagi menjaga pola makan juga, anak2 juga. Harus mulai dibiasakan sejak dini jangan makan fast food mulu tapi makan real food. Semangat sehat!
    Reply
  • Auliya Nurrahman
    Auliya Nurrahman
    30 Januari 2023 pukul 12.37
    Ada dua jenis makanan, makanan yang mengenyangkan dan makanan yang menyenangkan. Nah, kita (atau mungkin saya aja wkwkwk) kebiasaan banget kalau makan tuh yang menyenangkan, pokoknya enak mau instan atau masak sendiri hihihi. Tapi, makin berkurang usia jadi makin sadar diri kalau yang menyenangkan harus segera dibatasi dan perbanyak makan yang mengenyangkan (kaya nutrisi sehat). Semoga kita konsisten menjaga pola makan sehat, aamiin.
    Reply
  • Widyaningsih
    Widyaningsih
    30 Januari 2023 pukul 11.17
    Terima kasih sudah berbagi. Saya punya teman masih muda, tapi sudah pernah kena serangan jantung karena keturunan dari ibu bapaknya. Tulisan Mbak bisa saya rekomendasikan ke beliau
    Reply
  • Nurul bukanbocahbiasa
    Nurul bukanbocahbiasa
    30 Januari 2023 pukul 06.40
    Memilih makanan tuh super duper pentiiingg yaah.
    Sayangnya , yg banyak seliweran d timeline justru menu2 junk food hiks

    Baiklaa aku mau atur pola makan jugaaa
    mau sehat kan ya
    • Nurul bukanbocahbiasa
      Juwita
      1 Februari 2023 pukul 10.06
      Sebenarnya kita harus mengedukasi diri kita dan juga keluarga dengan makanan-makanan ini. Meski kadang susah berdamai dengan nafsu.. hihi
    Reply