Nonton Film Ziarah yang Viral di Tiktok, Ending Nyesek dengan Plot Twist

Daftar isi [Tampil]

Beberapa hari yang lalu aku iseng nonton film Ziarah yang viral di Tiktok. Sebenarnya di Tiktok sudah terpampang nyata spoiler ending dari film tersebut yang membuat kebanyakan wanita pasti menangis. Akan tetapi, ada satu hal yang membuatku penasaran apakah ending yang bisa dibilang nyesek itu ada penjelasannya di film secara lengkap. Sebab, menurutku kalau cuma dilihat dari satu sisi aja rasanya nggak adil dan kurang greget.

"Memangnya apa sih hal yang membuatku masih penasaran? Apakah sudah terjawab dengan menonton film Ziarah secara lengkap?"

Film Ziarah
Sumber: imdb

Spoiler alert! Bagi yang tidak suka mendapatkan spoiler boleh skip membaca walaupun sebenarnya di Tiktok sudah ada banyak spoiler baik ending atau potongan cerita. Di sini aku akan membahas film Ziarah dari sudut pandangku yang mungkin akan menunjukkan beberapa cerita adegan film.


Ending Nyesek yang Viral di Tiktok

Bermula dari cuplikan ending disertai kutipan pesan terakhir seorang suami kepada istri yang hendak pergi perang dalam platform Tiktok, film berjudul Ziarah yang sebenarnya sudah ada sejak tahun 2016 ini kembali viral. Dalam cuplikan ending tersebut, diceritakan akhir perjuangan seorang nenek dalam mencari makam suaminya yang dulu berangkat perang dan tak kembali.

Aku akan bergerilya. Jika aku tidak kembali, berarti aku sudah bersatu dengan tanah yang aku bela." (Pesan terakhir Mbah Pawiro kepada Mbah Sri)

Ketika sang istri yang sudah berusia senja akhirnya menemukan makam suaminya, ada makam wanita lain yang berada di samping makam suaminya. Gimana nggak hancur dan pecah hati ini saat nonton cuplikan ending tersebut. Puluhan tahun sang istri mengira suaminya udah tewas dan dimakamkan entah dimana. Saat makamnya ketemu, eh, sudah ada makam istri yang lain di samping makamnya.

Akan tetapi ada satu hal yang mengganjal di hati ketika nonton cuplikan ending tersebut. Menurutku pasti ada penjelasan yang menyebabkan sang suami menikah lagi. Kenapa saya sampai berpikiran begitu? Sebab, di zaman perang akses informasi sangat susah. Bahkan pernah ada cerita di desa nenekku kalau ada seorang pejuang yang baru kembali ke desa untuk mencari keluarganya setelah bertahun-tahun terdampar di Suriname. Saat pulang, beliau bingung karena menurutnya sudah banyak sekali yang berubah dan dia kesulitan mencari keluarganya. Apakah masih ada yang hidup atau sudah meninggal semua.


Mbah Sri yang Mencari Jawaban dan Mbah Pawiro yang Meninggalkan Tanya

Karena begitu penasaran, aku akhirnya nonton film Ziarah lewat aplikasi Bioskop Online. Cukup membayar sekitar 5000 saja(belum termasuk pajak), sudah bisa menonton film Ziarah secara legal. Buat kalian yang juga ingin menonton secara legal bisa banget pakai cara ini saja.

Opening Film

Jujur awalnya aku agak parno keliru mengetik judul film karena opening film sedikit horor menurutku. Penonton seperti dibawa untuk merasakan rasanya berada dekat dengan kematian lewat cuplikan prosesi pemakaman yang disertai latar suara semacam tembang jawa. Setelah aku cari lewat internet, ternyata itu adalah semacam tembang yang memiliki pesan inti ‘sangkan paraning dumadi’. Pesan inti tersebut merupakan filosofi jawa yang memiliki arti manusia itu harus tahu dari mana dia berasal, tujuan hidup, serta saat berpulang nanti akan kembali ke asalnya.

Tokoh Cerita

Tokoh cerita utama adalah Mbah Sri yang diperankan oleh nenek berusia 95 tahun yang berasal dari Gunung Kidul bernama Ponco Sutiyem. Ada tokoh cucu Mbah Sri bernama Prapto yang diperankan oleh Rukman Rosadi. Prapto dalam cerita ini nantinya berperan dalam menggali cerita tentang kakeknya atau Mbah Pawiro saat menyusul Mbah Sri yang pergi sendiri mencari makam suaminya. Selain itu ada banyak tokoh yang diperankan oleh aktor lokal yang tidak terkenal, tapi menurutku sudah tepat dalam memerankan masyarakat pedesaan yang cenderung polos.

Alur Cerita

Film Ziarah menggunakan alur cerita maju dengan minim dialog disertai suguhan sinematografi yang apik. Tak hanya menceritakan tentang perjalanan Mbah Sri dalam mencari jawaban akan tanya yang ditinggalkan suaminya, film ini juga menceritakan cucu Mbah Sri yang juga melakukan perjalanan untuk menyusul neneknya.

Bagi sebagian orang mungkin alur cerita terasa membosankan karena minim dialog, tapi aku sungguh penasaran apakah ada penjelasan terkait ending yang sudah aku ketahui di awal. Dinamika cerita baru terlihat saat di tengah cerita Mbah Sri mendapati makam suaminya berada di tengah sungai yang dulunya sebuah desa. Namun, ternyata itu bukan Pawiro Sahid yang ia cari, tapi Pawiro yang lain.

Sesaat sebelum mendekati cuplikan ending film Ziarah yang viral di TikTok, Mbah Sri sebenarnya sudah menyerah dan hendak pulang. Akan tetapi, terdapat plot twist menyesakkan dada yang dilakukan oleh orang yang sebenarnya sudah tahu keberadaan makam Mbah Pawiro. Orang tersebut memilih tidak memberi tahu Mbah Sri yang sebenarnya untuk menjaga hati nenek yang sudah berusia senja tersebut.

Film Ziarah yang viral di Tiktok
Pusara Mbah Pawiro dan istri keduanya (sumber: tangkapan layar Bioskop Online)

Jawaban yang Aku Cari, Makin Nyesek Nonton Endingnya

Tak perlu menanti hingga di ujung cerita untuk mencari jawaban atas rasa penasaranku terhadap ending film Ziarah yang viral di Tiktok. Pasti ada pertanyaan juga kenapa makamnya nggak dicari dari awal. Sebelum lanjut, sebenarnya Mbah Sri dari awal mengira kalau makam suaminya ada di Taman Makam Pahlawan dengan nisan Tanpa Nama. Akan tetapi, di ujung usianya, Mbah Sri pernah bermimpi ada seseorang yang mengatakan bahwa makam suaminya bukan di situ.

Akhirnya Mbah Sri pun memulai perjalanannya dalam menemukan makam sang suami. Nah, sekitar 10 menitan di awal film, ada adegan Mbah Sri sedang berdialog dengan seseorang yang mengaku teman suaminya. Beliau pun kaget karena ternyata Mbah Sri masih hidup.

Jadi, ternyata Mbah Pawiro mengira istrinya sudah meninggal saat Agresi Militer Belanda II karena yang ia tahu rumahnya sudah penuh dengan bekas tembakan Belanda yang membabi buta. Padahal, saat itu Mbah Sri bersembunyi di dalam bunker dan berhasil lolos dari serangan Belanda. Kemungkinan besar gara-gara itu akhirnya Mbah Pawiro menikah lagi.

Makin potek hati ini karena aku sudah tahu ending film Ziarah yang viral di Tiktok ini. Namun, ending di Tiktok terkesan sepihak. Setelah aku menemukan jawabannya, ternyata selalu ada alasan dibalik peristiwa. Sang suami mengira istrinya sudah meninggal sehingga menikah lagi, sementara itu sang istri pun mengira suaminya sudah meninggal karena tak kembali seperti pesan terakhirnya. Sedih yang tidak bisa aku ungkapkan lagi dengan kata-kata. Kran air mataku langsung bocor.


Kearifan Lokal yang Diangkat: Keris Pusaka

Terlepas dari ending serta plot twist yang membuat dada ini sesak, ada satu hal menarik yang diangkat oleh film Ziarah. Di dalam cerita, Mbah Sri mempunyai suatu keris pusaka kecil yang merupakan keris pasangan dari milik Mbah Pawiro.

Di zaman perang, kata simbahku dulu, kebanyakan para pahlawan biasanya punya 'pegangan'. Entah keris pusaka atau semacam mustika. Nah, keris pusaka milik Mbah Sri ini nantinya jadi kunci saat Mbah Sri menemukan keris milik suaminya.

Film Ziarah yang viral di Tiktok
Keris pusaka milik Mbah Sri (sumber: tangkapan layar Bioskop Online)

Aku jadi ingat almarhum simbah kakung dulu juga punya banyak keris di kamarnya. Saat simbah meninggal dunia, semua keris diberikan ke orang yang bisa merawat keris tersebut. Ada satu keris kecil yang tiba-tiba kembali sendiri ke rumah simbah kakung. Kata orang itu, sebenarnya keris tersebut ada pasangannya. Mungkin masih tertinggal di rumah simbah kakung. Ternyata memang benar, keris pasangannya ada di kamar tanteku.


Penghargaan Film Ziarah: Mulai Nasional Hingga Internasional

Film berdurasi 1 jam 24 menit ini ternyata sudah meraih berbagai penghargaan mulai dari nasional hingga internasional. Mulai dari masuk nominasi Piala Citra untuk kategori Penulis Skenario Asli Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2016, Skenario Terbaik Pilihan majalah Tempo 2016, Special Jury Award dan Best Screenplay dalam ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA) 2017.

Aku bersyukur film ini viral kembali. Aku jadi bisa menikmati film berkelas karya asli anak Indonesia. Tema perang memang jarang diangkat. Namun, film Ziarah ini mampu mengangkat tema perang dengan luwes dan menarik. Salut untuk sutradara B. W. Purbanegara!


Film Ziarah: Ajarkan Arti Kesetiaan dan Cinta Sejati

Film Ziarah mengajarkan banyak hal seperti pengingat adanya kematian, sejarah kemerdekaan Indonesia, dan yang paling penting adalah mahalnya arti kesetiaan dan cinta sejati. Kisah Mbah Sri mengajarkan kepada generasi muda tentang kesetiaan seorang istri kepada suami. Cinta Mbah Sri begitu tulus kepada Mbah Pawiro dan Indonesia karena merelakan suaminya ikut berperang.

Sementara itu, Mbah Pawiro yang pada akhirnya menikah lagi karena beliau salah paham mengira Mbah Sri sudah meninggal. Banyak yang berkata bahwa laki-laki paling tidak kuat kalau hidup sendirian tanpa pendamping.

Meskipun film ziarah diadaptasi dari kisah nyata, akting natural dari Mbah Sri membuat banyak netizen salah paham kalau kisah ini adalah kisah nyata Mbah Ponco Sutiyem. Padahal Mbah Ponco Sutiyem hanya memerankan saja. Pantas saja kalau Mbah Ponco Sutiyem juga mendapatkan penghargaan internasional atas aktingnya.

Masih penasaran dengan filmnya cuss tonton langsung dari Bioskop Online. Siapkan sapu tangan untuk berjaga-jaga kalau kran air matanya bocor sepertiku. Film Ziarah yang viral di Tiktok ini menurutku wajib ditonton bersama pasangan. Anak muda juga wajib nonton agar paham kalau ikatan pernikahan itu gak main-main layaknya pacaran.

Share:

Earth Rewind: Putar Ulang Masa Lalu, Kurangi Dampak Perubahan Iklim

Daftar isi [Tampil]

Dampak perubahan iklim kian hari kian nyata menyapa. Cuaca ekstrem, bencana alam, hingga kelangkaan air makin menjadi di berbagai wilayah Indonesia. Sudah saatnya manusia menunjukkan aksi nyata daripada slogan belaka untuk kurangi dampak perubahan iklim yang sebenarnya sudah dimulai sejak lama.

Kurangi dampak perubahan iklim

Aku masih ingat pada tahun 2008 silam, cuaca Surabaya saat itu benar-benar panas dan terasa menyengat kulit. Saat itu, aku sedang latihan display drum band di halaman Balai Kota Surabaya untuk persiapan lomba drum band tingkat SMP. Latihan berjalan agak lama hingga melewati waktu dhuhur. Tak ada yang aneh saat itu. Aku hanya merasakan badanku sangat lelah dan kehausan.

Malam harinya, tiba-tiba badanku sangat panas. Ibuku berkata bahwa cuaca panas Surabaya saat itu ternyata mencapai angka 40⁰C. Kemungkinan besar aku dehidrasi karena berada di bawah terik matahari terlalu lama. Di masa itu, seluruh warga Surabaya heboh karena tingginya suhu kota yang mencapai angka 40⁰C.

Menurut Rofik Isa, Prakirawan BMG Juanda Surabaya saat itu (2008), penyebab utama panas menyengat kota Surabaya saat itu karena proses perjalanan matahari ke selatan saat musim pancaroba. Dilansir dari BBC News (2008), naiknya suhu panas secara ekstrem tersebut juga berkaitan dengan pemanasan global akibat emisi gas CO2 sebagai pemicu perubahan iklim dunia.


Panas Surabaya Saat Ini

14 tahun telah berlalu sejak kehebohan derajat panas kota Surabaya saat itu. Aku masih ingat sekali bagaimana rasanya sengatan panas yang seperti menusuk kulit. Sakit yang tak bisa aku deskripsikan dengan kata-kata. Kulitku juga langsung terlihat belang instan pada bagian kulit yang tertutup. Padahal, sebelumnya belang di kulitku hanya terlihat samar. Sudah ada gambaran, kan, bagaimana rasanya disambar panas 40⁰C. Kalau kondisi badan kecapaian atau sedang tidak fit, bisa tumbang sepertiku.

"Lalu, bagaimana dengan panas Surabaya saat ini?"

Menurutku pribadi rasanya Surabaya semakin panas dari tahun ke tahun. Beberapa waktu belakangan ini suhu kota Surabaya masih berada di kisaran 35⁰C, tspi memang suhu maksimal yang dirasakan seperti 43⁰C dilansir dari BMKG (2022). Nah, panas yang dirasakan Surabaya ini ternyata sebagian dampak dari perubahan iklim yang terjadi secara global.

Berdasarkan data Proyek Keeling pada pengamatan di Mauna Loa sejak setengah abad yang lalu, konsentrasi CO2 sebagai pemicu pemanasan global serta perubahan iklim terus meningkat dari 315 partikel per juta (ppm) di 1958 menjadi 380 ppm di 2008. Jika tren kenaikan emisi gas CO2 terus naik, maka bisa diprediksi untuk skenario terburuk pada tahun 2100 rata-rata kenaikan suhu dunia antara 2,4° C dan 6,4° C berdasarkan Panel Antar Pemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) dalam Laporan Penilaian Keempat (2007).

Padahal ambang batas kenaikan suhu rata-rata bumi sebesar 1,5 derajat untuk kurangi dampak perubahan iklim. Artinya saat suhu bumi naik antara 2,4°C- 6,4°C, dampak dahsyat perubahan iklim akan dialami manusia, satwa, dan ekosistem lingkungan. Bahkan, sudah ada prediksi terbaru berdasarkan Strait Times (2021) bahwa pada tahun 2030 suhu bumi akan melampaui batas aman 1,5 derajat jika tak diimbangi dengan pengurangan emisi gas karbon dioksida (CO2 ) sebagai pemicu utama efek perubahan iklim.


Perubahan Iklim yang Aku Rasakan di Surabaya

"Memang, apa sih perubahan iklim itu? Kok jadi heboh banget ngomonginnya? Kenapa harus mulai aksi nyata untuk kurangi dampak perubahan iklim?"

Nggak salah sih kalau ada yang masih berpikir seperti itu. Mungkin karena belum teredukasi tentang perubahan iklim beserta dampaknya. Bisa juga sebenarnya mereka sudah merasakan dampaknya, tapi tak paham kalau itu dampak dari perubahan iklim dunia.

Kurangi dampak perubahan iklim

Perubahan iklim menurut The United Nations mengacu pada perubahan jangka panjang terhadap suhu dan pola cuaca. Sebenarnya bumi secara alami memang mengalami perubahan iklim, tapi sejak tahun 1800, aktivitas manusia jadi agen percepatan perubahan iklim akibat pembakaran bahan bakar fosil seperti minyak, batu bara, dan gas. Pembakaran bahan bakar fosil akan menghasilkan emisi gas rumah kaca yang bertindak seperti selimut yang membungkus bumi, menjebak panas matahari, dan menaikkan suhu bumi.

Sebagai contoh nyata adalah perubahan iklim yang aku rasakan di Surabaya. Selain suhu panas yang semakin tinggi di Surabaya, serta pergeseran waktu antara musim kemarau dan hujan yang semakin tak menentu, banyak sinyal alam tanda perubahan iklim yang masih jarang diketahui orang awam. Beberapa fenomena langka tanda perubahan iklim yang lebih sering terjadi di Surabaya adalah angin puting beliung, waterspout, dan hujan es.

Angin Puting Beliung

"Brak! Brak! Krek! Bang!"

Suara keras disertai angin kencang selama beberapa detik sontak membangunkanku dari tidur siang. Bersamaan dengan itu, terdengar suara Ibuku berteriak untuk menyuruhku keluar. Aku langsung melompat dari kasur dengan jantung yang berdebar kencang, menuju pintu depan, dan langsung keluar. Betapa terkejutnya aku karena suasana luar rumah sudah porak poranda dengan beberapa pohon tumbang. Paling parah adalah kanopi milik tetanggaku sampai hilang tak bersisa diterjang angin yang ternyata adalah angin puting beliung.

Kejadian angin puting beliung itu terjadi beberapa tahun silam saat aku masih kuliah. Baru-baru ini, di bulan Februari 2022, angin puting beliung kembali menyapa kota Surabaya. Namun, kali ini bukan daerahku yang terdampak. Menurut berita dari tvonenews.com, angin puting beliung menerjang kawasan Surabaya timur. Beberapa tahun ke belakang pun angin puting beliung lebih sering hadir di Surabaya. Yap! Hal itu akibat perubahan cuaca ekstrem yang terjadi sebagai dampak perubahan iklim.

Fenomena Waterspout

Masih ingat dengan fenomena waterspout yang sering disalahartikan sebagai angin puting beliung di dekat Jembatan Suroboyo tahun 2020 lalu? Tentu saja saat itu warga Surabaya heboh, panik, dan takut kalau waterspout yang dikira angin puting beliung ini akan bergerak ke arah daratan.

Sumber: tangkapan layar video di @asliareksuroboyo

Ternyata, waterspout adalah fenomena alam langka akibat dari cuaca ekstrem yang identik dengan fenomena puting beliung tetapi terjadi di atas permukaan air yang luas. Fenomena waterspout terbentuk dari sistem awan cumulonimbus yang tergantung pada kondisi labilitas atmosfer.

Hujan Es

Berbeda dengan salju yang identik dengan butiran es lembut turun ke bumi, hujan es menghadirkan bongkahan es batu dengan ukuran tak beraturan. Baru-baru ini pada bulan Februari lalu, Surabaya kembali digemparkan dengan fenomena hujan es disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Surabaya barat.

Kurangi dampak perubahan iklim
Bongkahan es dari hujan es (sumber: tangkapan layar video warga di @asliareksuroboyo)

Hujan es memang pernah terjadi di titik tertentu wilayah Surabaya pada tahun-tahun sebelumnya. Akan tetapi, pada tahun ini, titik wilayah terjadinya hujan es makin meluas. Peneliti senior dari Pusat Penelitian Mitigasi Kebencanaan dan Perubahan Iklim (Puslit MKPI) ITS, Dr Ir Amien Widodo MSi, memaparkan bahwa efek dari perubahan iklim dunia adalah kondisi permukaan bumi yang semakin ekstrem seperti terjadinya angin puting beliung dan puncaknya adalah hujan es yang sebelumnya sangat jarang terjadi di Indonesia.


Bumi Sedang Tidak Baik-baik Saja, Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Kasur yang nyaman, bebas gerah karena AC atau kipas angin, bebas banjir, makanan selalu tersedia, dan segala bentuk kenyamanan yang masih bisa dirasakan adalah bentuk semu dari bumi yang terlihat baik-baik saja. Rasa syukur kepada Sang Pencipta tentunya hadir karena semua rasa nyaman tersebut masih bisa dirasakan.

Akan tetapi, di luar kenyamanan yang masih bisa dirasakan itu, ada banyak petani dari berbagai daerah yang menjerit karena gagal panen lebih sering dari biasanya. Dilansir dari Knowledge Center Perubahan Iklim yang dikelola oleh Kementrian Lingkungan Hidup, petani dari Jawa Tengah, Riau, Bengkulu harus menderita kerugian akibat cuaca ekstrem, siklus hama yang berubah, serta kekeringan akibat perubahan iklim. Cuaca ekstrem tersebut juga membuat nelayan di Surabaya sulit melaut. Sumber makanan jadi sulit didapat dan ancaman kelaparan pun mulai menyapa.

"Jadi cuma bencana kelaparan aja, nih?"

Oh, tentu tidak. Tengok saja kutub es di Arktik yang mulai mencair, menyebabkan permukaan laut sedikit naik, dan sering banjir. Bahkan, skenario terburuknya adalah daratan bakal tenggelam. Pernah juga kan dengar isu bahwa Jakarta akan tenggelam di tahun 2030?

Sadarkah kita, bahwa dibalik kenyamanan yang masih bisa kita rasakan, ada ancaman perubahan iklim yang mengintai. Ada bumi yang sedang tidak baik-baik saja. Haruskah menunggu dampak perubahan iklim tersebut hadir di depan mata kepala seperti yang sudah aku rasakan, barulah kebakaran jenggot untuk temukan solusi kurangi dampak perubahan iklim tersebut?

Kita bisa mulai aksi nyata untuk kurangi dampak perubahan iklim dimulai dari diri sendiri. Aku pribadi sadar bahwa aksi untuk kurangi dampak perubahan iklim tak bisa dilakukan secara ideal 100% dalam waktu singkat. Tak perlu harus aksi nyata dalam skala besar, tapi cukup dimulai dari diri sendiri dalam skala kecil. Siapa tahu bisa jadi inspirasi orang lain untuk bergerak bersama atau #TeamUpForImpact untuk kurangi dampak perubahan iklim secara masal. Seperti rangkuman langkah kecil yang sedang aku lakukan untuk kurangi dampak perubahan iklim dalam kampanye Earth Rewind versiku #UntukmuBumiku.


Earth Rewind: Memutar Kembali Kehidupan Masa Lampau untuk Kurangi Dampak Perubahan Iklim

Aksi nyata kurangi dampak perubahan iklim

Menurutku pribadi, beberapa cara yang sedang aku lakukan untuk kurangi dampak perubahan iklim rasanya seperti memutar kembali kehidupan penduduk bumi di masa lampau. Misalnya saja mematikan semua lampu saat tidur atau mengurangi penggunaan bahan bakar kendaraan dengan berjalan kaki. Sama seperti orang zaman dahulu yang masih minim listrik, maka saat malam hari hanya menggunakan penerangan seadanya, bahkan cenderung gelap. Orang zaman dahulu pun juga sering berjalan kaki atau menggunakan sepeda untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain.

Oleh karena itu, aku mengambil filosofi memutar kembali (rewind) kehidupan penduduk bumi di masa lalu saat sebagian besar aktivitas mereka jarang menghasilkan emisi gas karbondioksida. Kampanye Earth Rewind versiku ini berisi 7 langkah kecil untuk kurangi dampak perubahan iklim yang bisa dilakukan hampir semua orang.


1. Cabut Kabel dari Stop Kontak

Mari mulai langkah pertama kurangi dampak perubahan iklim dengan sederhana, yaitu cabut kabel dari stop kontak jika selesai digunakan. Membiarkan kabel peralatan listrik tertancap di stop kontak tanpa digunakan hanya akan membuang daya listrik secara percuma. Daya listrik tetap akan mengalir ke kabel listrik yang tertancap stop kontak meskipun tidak digunakan.

Aksi nyata kurangi dampak perubahan iklim

"Waw! Terbayang kan berapa banyak batu bara yang terbuang sia-sia untuk mengalirkan listrik ke peralatan elektronik yang ternyata tidak digunakan? Bertambah pula emisi gas CO2 yang terbuang ke atmosfer dan menyebabkan bumi makin panas, panas, dan panas."

Aku pribadi biasanya melakukan pengecekan di dalam rumah tiap siang dan malam. Kalau menemukan kabel peralatan elektronik yang masih menancap di stop kontak padahal tidak digunakan, aku akan segera mencabutnya.


2. Jalan Kaki atau Gunakan Kendaraan tanpa BBM

Sepertinya sudah bukan rahasia umum lagi ya, kalau kendaraan dengan bahan bakar minyak (BBM) penyumbang terbesar polusi udara serta emisi gas karbon dioksida. Di era modern seperti ini dengan mobilitas yang cukup tinggi, hal paling efektif untuk menekan angka polusi udara beserta emisi gas karbon dioksida sebenarnya adalah pengalihan dari bahan bakar minyak ke bahan bakar nabati.

Akan tetapi, implementasinya butuh proses yang agak panjang dan butuh dukungan penuh dari pemerintah untuk pengalihan energi tersebut. Hal sederhana yang bisa dilakukan sambil menunggu kebijakan tersebut terealisasi adalah dengan mengadaptasi cara hidup orang zaman dulu, yaitu berjalan kaki atau menggunakan kendaraan tanpa BBM. Tak perlu setiap hari, gunakan waktu secara berkala dan konsisten seperti setiap hari Minggu selama satu hari penuh jalan kaki atau menggunakan sepeda saat beraktivitas.


3. Buang Air Bekas Cucian Beras ke Tanaman

Pernah nggak sih dulu waktu SMP atau SMA melihat video ilustrasi sebuah surat dari penduduk bumi di tahun 2050 yang mengalami krisis air dan oksigen? Aku lupa judul tepatnya apa, tapi video yang berisi narasi surat dari tahun 2050 itu menceritakan tentang bagaimana pohon punah, perebutan oksigen, serta kelangkaan air yang sangat parah akibat perubahan iklim.

Belasan tahun berlalu dan aku makin sadar kalau tiap detik, bumi sedang berjalan menuju prediksi surat dari penduduk bumi di tahun 2050. Bahkan, saat ini sudah ada beberapa wilayah di Indonesia yang menderita kekeringan air seperti di NTT, Papua, dan lainnya. Maka, sangat penting untuk berperilaku bijak dalam mengolah air bersih, maupun air yang sudah terpakai.

Aksi kurangi dampak perubahan iklim
Membuang sisa air cucian beras ke tanaman (sumber: Canva)

Nah, salah satu cara paling sederhana di kehidupan sehari-hari agar air yang sudah digunakan tak terbuang sia-sia adalah memberikan air cucian beras ke tanaman. Setidaknya air tidak terbuang percuma ke saluran air yang hanya akan berakhir jadi kumpulan air kotor. Jadi, air bekas cucian beras bisa bermanfaat sebagai nutrisi untuk tanaman. Gampang banget, kan?


4. Belanja dengan Tas Kain

Biasanya kalau sedang belanja ke minimarket, aku selalu lupa membawa tas belanja. Akhirnya aku terpaksa harus membawa pulang kantong plastik dengan catatan wajib didaur ulang. Baru-baru ini saat berbelanja ke sebuah minimarket, aku dibuat terkejut sekaligus senang karena kantong plastik sudah benar-benar dilarang untuk digunakan.

Jadi pilihannya hanya beli tas belanja kain yang sudah disediakan seharga 4000-6000 atau silakan bawa sendiri barang belanjaannya dengan tas belanja yang sudah dibawa dari rumah. Setelah ngobrol dengan kasir, ternyata kebijakan baru ini berlaku setiap hari.

Hal ini jadi tantangan banget bagiku yang pelupa sekaligus angin segar bagi penduduk Surabaya yang peduli lingkungan. Teman-teman juga bisa lo, memulai kebiasaan baik tanpa kantong plastik dengan membawa tas belanja jika ingin belanja ke minimarket.

Aku jadi ingat ketika dulu nenekku selalu membawa tas belanja yang terbuat dari anyaman bambu atau daun kelapa tiap belanja ke pasar. Nah, di zaman modern ini ternyata kebiasaan membawa sendiri tas belanja kembali digalakkan untuk kurangi dampak perubahan iklim akibat sampah plastik.


5. Hapus Sampah Digital

Mungkin bagi sebagian besar orang masih bingung, bagaimana bisa internet yang sehari-hari digunakan bisa menghasilkan karbon dioksida? Lalu, apa hubungannya membersihkan sampah digital dengan kontribusinya untuk kurangi dampak perubahan iklim?

Data center yang merupakan tempat penyimpanan data tiap pengguna internet berisi hampir jutaan ruang penyimpanan yang membutuhkan energi untuk terus hidup selama 24 jam dalam seminggu, bahkan hampir selamanya. Ada begitu banyak energi yang dipakai disini seperti listrik yang masih menggunakan energi fosil, cooling system untuk menjaga suhu data center, dan sumber energi pendukung lainnya.

Earth rewind
Membersihkan sampah digital di ponsel

Email, fail, aplikasi, duplikat foto dan video yang tidak perlu adalah sampah digital yang terus menghabiskan energi dalam data center. Menurut sebuah laman website Digital Clean Up Day, tiap tahun internet dan seluruh sistem pendukungnya menghasilkan 900 juta ton CO2 .

Penghapusan sampah digital otomatis akan mengurangi beban data center dalam menyerap energi. Oleh karena itu, menghapus sampah digital yang ada di ponsel, laptop, dan gadget lainnya adalah salah satu langkah paling mudah untuk kurangi dampak perubahan iklim. Cukup luangkan waktu minimal 1 kali dalam seminggu untuk membersihkan sampah digital.


6. 2/7 Tanpa Listrik

Sedikit naik tingkat kesulitan dari langkah 1-5, aku sedang membiasakan untuk meminimalisir penggunaan listrik 2 jam dalam sehari selama seminggu secara berturut-turut. Kalau bisa lebih bagus tanpa listrik sama sekali.

Menurutku pribadi nggak perlu gengsi atau malu untuk hidup tanpa listrik atau malu untuk hidup seperti orang zaman dulu yang masih minim listrik. Kalau bukan kita yang memulai, siapa lagi? Generasi masa depan juga punya hak untuk menikmati keindahan bumi. Kita tidak boleh egois hanya memikirkan kebahagiaan diri sendiri.

Nah, berikut ini langkah yang aku lakukan untuk meminimalisir penggunaan listrik selama 2 jam, serta dilakukan 7 hari berturut-turut:

  • Aktivitas di luar rumah bersama si kecil selama 2 jam
  • Mematikan semua lampu, kecuali kamar mandi sebelum tidur
  • Mematikan peralatan elektronik dengan daya besar seperti kulkas, pompa air, dan lain-lain selama 2 jam.


7. Jadi Konsumen Bijak, Olah Sampah Plastikmu Sendiri

Jadi konsumen bijak dalam konteks usaha untuk kurangi dampak perubahan iklim itu gampang-gampang susah. Saat membeli suatu produk, sebagai konsumen bijak juga harus memikirkan bagaimana memperlakukan sampah dari produk. Jangan hanya bermindset beli-buang. Coba sisipkan prinsip beli-olah-buang.

Jadi saat beli produk, aku pribadi akan selalu memilahnya, lalu mengolahnya jika masih bisa didaur ulang atau dipakai kembali, dan membuangnya untuk jenis sampah yang masuk B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun). Misalnya saja contoh paling mudah adalah sampah kantong plastik. Daripada dibuang begitu saja, aku coba daur ulang jadi pouch kosmetik atau pouch ponsel. Ada juga beberapa produk bayi berbasis plastik yang aku jadikan pot bunga atau mainan edukatif untuk anakku.

Kurangi dampak perubahan iklim
Beberapa sampah plastik, karton, minya jelantah, dan sampah organik yang berhasil aku olah sendiri.

Mengolah sendiri beberapa sampah yang aku hasilkan adalah salah satu bentuk tanggung jawab kecilku untuk bumi. Saat ini aku masih berhasil mengolah sekitar 30% sampah yang aku hasilkan tiap hari. Namun, aku yakin kalau semua keluarga menerapkan ini akan bisa mengurangi dampak perubahan iklim yang salah satu penyebabnya adalah sampah plastik.


Yuk, Ikuti Earth Rewind #UntukmuBumiku!

Satu semut mungkin hanya bisa memberikan gigitan dengan efek samping gatal pada manusia. Namun, ribuan atau jutaan semut mungkin bisa berikan dampak keracunan senyawa asam format yang lebih masif pada tubuh manusia.

Begitu juga dengan aksi nyata untuk kurangi dampak perubahan iklim. Satu orang sepertiku mungkin tak akan mampu kurangi dampak perubahan iklim secara signifikan. Akan tetapi, jika apa yang aku lakukan bisa menginspirasi sesama untuk melakukan hal yang sama, dampak perubahan iklim bisa saja jadi berkurang.

Siapa pun bisa jadi agen perubahan untuk tebarkan kebiasaan baik untuk selamatkan bumi. Bahkan, kaum rebahan sepertiku juga bisa lo selamatkan bumi lewat aksi Earth Rewind. Cukup lakukan 7 langkah kecil yang berkaca dari kehidupan zaman dahulu untuk mengurangi emisi gas CO2 sebagai pemicu utama perubahan iklim.

Jangan tunggu dampak perubahan iklim makin menjadi. Yuk, kita #TeamUpForImpact lakukan Earth Rewind untuk kurangi dampak perubahan iklim. Mari ciptakan bersama bumi yang lebih baik untukmu, untukku, dan untuk generasi mendatang.


Referensi

BBC News Indonesia. 2009. Sejarah Perubahan Iklim. https://www.bbc.com/indonesia/laporan_khusus/2009/11/091123_sejarahperubahan.amp Diakses 10 April 2022

Ditjen PPI Kementerian Lingkungan Hidup. 2017. Knowledge Centre Perubahan Iklim. http://ditjenppi.menlhk.go.id/kcpi/index.php/info-iklim/dampak-fenomena-perubahan-iklim Diakses tanggal 10 April 2022

Martin Parry, dkk. 2007. Climate Change 2007: Impacts, Adaptation and Vulnerability. Contribution of Working Group II to the Fourth Assessment Report of the Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC)

Setya Budi. 2013. Perhitungan Faktor Emisi CO PLTU Batubara dan PLTN. Jurnal Pengembangan Energi Nuklir. Vol. 15 (1). Batan

RZN. 2021. IPCC: Kenaikan Suhu Bumi Lampaui Batas Aman Pada 2030. https://amp.dw.com/id/kenaikan-suhu-bumi-lampaui-batas-aman-pada-2030/a-58809535 Diakses tanggal 12 April 2022

Republika. 2008. Suhu Surabaya Mencapai 40 Derajat. https://m.republika.co.id/amp/8950

https://www.un.org/en/climatechange/what-is-climate-change Diakses tanggal 11 April 2022

Tim Detik Jatim. 2022. Perubahan Iklim Turut Pengaruhi Banyaknya Fenomena Hujan Es di Surabaya. https://www.google.com/amp/s/www.detik.com/jatim/berita/d-5958613/perubahan-iklim-turut-pengaruhi-banyaknya-fenomena-hujan-es-di-surabaya/amp Diakses tanggal 11 April 2022

Sandi Irwanto. 2022. Angin Puting Beliung Terjang Surabaya, Terbangkan Pohon dan Benda-Benda. https://www.tvonenews.com/daerah/jatim/28521-angin-puting-beliung-terjang-surabaya-terbangkan-pohon-dan-benda-benda Diakses Tanggal 11 April 2022

Share:

Staycation di Hotel Surabaya dengan Kolam Renang Anak

Daftar isi [Tampil]

Long weekend kemarin, aku dan keluarga kecilku coba staycation di hotel Surabaya dengan kolam renang anak. Ekspektasiku sih bisa staycation cantik, santai, dan damai. Ternyata realitanya malah rusuh, penuh kehebohan, tapi seru juga sih gara-gara si kecil yang super aktif dan rasa ingin tahunya tinggi. Pengalaman baru buatku yang dulu sering staycation saat single, sekarang staycation bareng suami dan anak. Liburan pun jadi terasa manis, asem, asin, ramai rasanya!

Hotel Gunawangsa MERR

Pertimbangan Memilih Hotel

Sebelum staycation ada beberapa pertimbangan antara aku dan suami dalam memilih hotel. Kalau hanya aku dan suami sih nggak perlu pusing-pusing untuk memikirkan jarak, fasilitas, ramah anak atau tidak, dan lainnya. Masalahnya aku dan suami membawa anak yang tingkahnya super duper aktif disertai rasa ingin tahu yang kuat. Beberapa hal yang aku dan suami pikirkan saat memilih hotel dimulai dari hotel Surabaya dengan kolam renang anak dan hal lain lainnya sebagai berikut.

1. Kolam renang anak

Hal pertama yang kami pertimbangkan adalah adanya kolam renang anak. Si kecil sangat suka eksplorasi, terutama hal yang berhubungan dengan air. Aku pikir mengenalkannya dengan kolam renang bisa jadi sarana bermain sambil stimulasi tumbuh kembang. Selain itu juga mengajarkan anak untuk berani mencoba hal baru.

2. Jarak

Cuaca panas Surabaya yang sedang terik-teriknya membuat aku dan suami memilih hotel yang cenderung dekat dengan rumah saja. Apalagi kami membawa balita yang rawan rewel saat perjalanan jauh dan panas. Maklum, kami masih menggunakan sepeda motor untuk transportasi.

3. Kemudahan akses kuliner

Aku, suami, dan anak termasuk hobi kulineran dan ngemil. Hotel yang dekat dengan berbagai akses kuliner jadi pertimbangan juga agar saat mau dine in, take away, atau delivery bisa lebih mudah juga hemat.

4. Fasilitas Buka dan Sahur

Hotel yang menyediakan paket buka dan sahur juga jadi pertimbangan untuk berjaga-jaga jika tak sempat membeli makan di luar hotel. Selain itu, makanan hotel menurutku lebih aman untuk balita daripada makanan dari luar dari segi higienis dan kebersihan.

5. View sekitar

Biar staycation nggak cuma dapat pemandangan kamar saja, perlu juga mencari hotel dengan view alam sekitar yang bisa dinikmati. Apalagi anakku suka sekali eksplorasi tempat baru. Kalau monoton, nanti dia cepat bosan dan bakalan rewel.

6. Harga dan Promo

Pertimbangan terakhir adalah harga dan promo yang sesuai budget ala emak-emak. Kalau aku pribadi nggak perlu yang mewah banget, asalkan sesuai budget keluarga. Salah satu cara yang aku gunakan adalah memesan lewat aplikasi yang lagi ada diskon MENGINAPSBY itu lo. Lumayan banget diskonnya, bisa saving untuk makan.


Staycation di Hotel Gunawangsa MERR

Hotel Surabaya dengan kolam renang anak
Hotel Gunawangsa MERR (sumber: traveloka)

Setelah pertimbangan yang cukup lama, akhirnya aku dan suami memutuskan untuk staycation di Hotel Gunawangsa Merr. Hotel tersebut memenuhi semua kriteria pertimbangan dalam memilih hotel yang kami buat, terutama adanya kolam renang anak.

Hotel Gunawangsa MERR berlokasi di ring road sisi timur Surabaya atau di Jl. Raya Kedung Baruk No.96, Kedung Baruk, Kec. Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur 60298. Hotel ini hanya berjarak 25 menit dari Juanda dan 30 menit dari Gubeng. Selain itu juga ada Mall terdekat, yaitu TransMart Rungkut.

Di sekitar Hotel tersebut juga banyak terdapat restoran, kafe, hingga street culinary yang berada di area Kedung Baruk. Kisaran harga yang ditawarkan pun bervariasi dari mahal sampai murah merakyat. Mau dine in, take away, atau delivery bisa pilih bebas.


Fasilitas Hotel Gunawangsa MERR

Selama bermalam di Hotel Gunawangsa MERR, banyak sekali fasilitas yang bisa diakses sebagai tamu hotel. Meskipun termasuk hotel bintang 3, tapi menurutku pribadi fasilitas yang ditawarkan sudah cukup "wah". 

Lobby Hotel dengan Kesan Homey

Awal masuk ke lobby hotel untuk check in, aku merasakan kesan homey dan hangat. Rasanya seperti berkunjung ke rumah saudara yang punya rumah besar. Ada banyak hiasan gantung beserta dekorasi menyambut ramadan.

Hotel Surabaya dengan kolam renang
Lobby bagian receptionist

Beberapa sofa empuk disediakan dengan meja kaca yang menimbulkan kesan futuristik. Gemericik suara air dari kolam ikan di samping lobby, menambah kesan ramah dan menenangkan. Staf receptionis yang menangani check in pun sangat ramah.

Hotel Surabaya dengan kolam renang anak

Si kecil ternyata suka sekali explore lobby hotel karena banyak hal baru seperti dekorasi lampu kelap-kelip, kolam ikan di samping lobby, meja kaca, hiasan gantung di langit-langit, bedug yang ada di photoboot ramadan, dan masih banyak lagi. Ada juga semacam ice cream corner merk gl*co wings favoritku. Di lobby juga ada ATM corner kalau ingin tarik tunai.

Deluxe Room dengan View Kota

Kamar yang aku pilih adalah jenis Deluxe Room dengan view kota. Kamarnya tidak terlalu kecil, juga tidak terlalu besar. Jadi pas untuk kami bertiga. Pemandangan jendela kaca langsung mengarah ke tower apartemen sebelah, sungai, dan jembatan MERR.

Hotel Gunawangsa MERR

Hotel Surabaya dengan kolam renang anak

Di dalamnya terdapat televisi LED dengan channel multibahasa, meja dan kursi, pemanas listrik, AC individu, dan kamar mandi beserta paket lengkap peralatan mandi seperti handuk, sikat dan pasta gigi, shower cap, gelas, tisu, sabun, dan shampo.

Paket Berbuka dan Sahur

Hotel Gunawangsa MERR menyediakan paket berbuka Sunset Iftar dengan view kolam renang yang menghadap senja seharga 99K nett per orang. Selain itu, juga ada paket berbuka yang bisa diantar ke kamar mulai dari 30K nett per orang. Cukup terjangkau untuk bugdet kami.

Hotel Surabaya dengan kolam renang anak

Di sini juga ada menu yang dipesan untuk sahur. Tinggal hubungi room service lewat telepon atau WhatsApp, makanan pun diantar ke kamar. Menu favorit yang sempat aku beli untuk sarapan si kecil adalah Soto Ayam MERR. Jujur aku belum sempat incip karena puasa, tapi si kecil makan dengan lahap. Kalau dilihat dari baunya sih cukup menggoda. Nasinya juga wangi.

Kolam Renang Luas dan View Kota

Dulu aku cuma sering lihat foto orang lain di kolam renang Gunawangsa MERR. Ternyata memang sebagus itu view kota Surabaya dilihat dari kolam renang. Langit yang biru serta hamparan pemandangan kota dari lantai 5, membuat betah siapa pun yang renang di sini.

Hotel Surabaya dengan kolam renang anak

Hotel Surabaya dengan kolam renang anak

Hotel Gunawangsa MERR juga termasuk salah satu hotel Surabaya dengan kolam renang anak. Meskipun terlihat menyambung, tapi di bagian kiri ada kolam renang anak dengan kedalaman 50 cm yang dipisah oleh sekat dinding. Di Sekitar kolam renang juga terdapat batu refleksi untuk kesehatan, pepohonan hijau, serta bunga-bunga yang menambah kesan segar. 

Ruang Fitness

Di dekat kolam renang juga ada tempat untuk fitness. Sayangnya aku dan suami belum sempat masuk ke situ. Maklum, puasa membuat kami mager, dan lebih banyak ngadem di kamar. Namun, kalau dilihat sepintas dari luar, cukup lengkap alat fitnessnya.

Wi-Fi Cepat

Wi-Fi dari kamar hotel bisa dipakai hingga ke lobby tanpa perlu mengganti password. Kecepatannya lumayan tokcer karena aku hanya memakai di ponsel saja. Kalau untuk gadget lainnya aku kurang tahu apakah tetap bisa secepat di ponsel.

Tempat Parkir Luas dan Free Parking untuk Tamu Hotel

Tempat parkir mobil maupun motor cukup luas sekali. Bahkan, pihak hotel juga menyediakan fasilitas free parking untuk tamu hotel yang menginap. Caranya dengan memberikan stempel khusus lada karcis parkir yang didapatkan saat masuk. Setiap kendaraan keluar masuk hotel, jangan lupa meminta stempel ke bagian receptionis. Kalau lupa, nanti saat keluar bisa dikenakan biaya per jam.


Kesan Staycation 3 Hari 2 Malam di Hotel Gunawangsa MERR

Kesanku setelah staycation 3 hari 2 malam di Hotel Gunawangsa MERR bersama suami dan si kecil adalah capek luar biasa, tapi senang sekali. Jujur, membawa si kecil dengan barang bawaan seabrek cukup menyita energiku. Apalagi si kecil aktif eksplorasi tempat baru tanpa henti.

Untung saja, fasilitas di Hotel Gunawangsa MERR cukup membantuku untuk menghibur si kecil saat dia bosan seperti lobby, kolam ikan, kolam renang, dan pepohonan sekitar kolam renang. AC kamar juga cukup dingin untuk membuat si kecil "anteng" saat tidur.

Hotel Gunawangsa MERR
Kenangan sebelum meninggalkan hotel

Liburan paling berkesan saat Ramadan, meskipun hanya di dalam kota, ya di Hotel Gunawangsa MERR ini. Banyak sekali pengalaman baru dalam mengasuh anak yang aku dapatkan di sini. Di hari pertama sempat ingin pulang saja karena menyerah dengan tingkah laku si kecil. Namun, berkat mandi air hangat, me time di kolam renang, serta istirahat cantik di tempat tidur dengan view kota, mood-ku pun kembali normal dan ceria seperti sedia kala.

Begitulah pengalaman singkatku merasakan staycation di hotel Surabaya dengan kolam renang anak, yaitu Gunawangsa MERR. Semoga pihak Gunawangsa MERR bisa meningkatkan pelayanan lebih baik lagi dan menyediakan hotel yang nyaman untuk staycation.


Share:

Cari Kran Air Modern, Canggih dan Terbaik? Ini Rekomendasinya!

Daftar isi [Tampil]

Kelihatannya sepele, tapi item kecil seperti kran air kamar mandi itu sangat penting dalam mendukung kelancaran kegiatan sehari-hari ibu rumah tangga sepertiku. Tak hanya berfungsi untuk mengalirkan air saja, tapi juga untuk berbagai kegiatan lain seperti mencuci, mandi, menyiram tanaman, dan lain sebagainya.

Kran air Kohler

Oleh karena itu, perlu untuk memilih kran air yang tepat untuk diaplikasikan di dalam rumah. Jangan sampai masalah kran air jadi salah satu hal sepele yang justru memberikan masalah besar lainnya. Contohnya saja, saat kran air kamar mandiku pernah jebol padahal baru 3 bulan digunakan.

Kali ini, aku akan membahas tentang kran air kamar mandi yang bagi sebagian besar orang masih hal biasa. Pada zaman modern ini, semakin banyak pilihan kran air kamar mandi yang canggih dengan berbagai fitur yang menarik serta memudahkan. Jenis kran air kamar mandi pun juga bervariasi sesuai dengan kualitas dan keperluan. Lantas, seperti apa jenis kran air yang dikatakan terbaik?


Tips Memilih Kran Air

Sebelum membahas mengenai rekomendasi kran air terbaik, tidak ada salahnya untuk membaca terlebih dahulu tips untuk memilih kran air dengan beberapa cara seperti berikut ini:

1. Jenis

Pastikan Anda mengenal jenis kran dan bisa menentukan seperti apa yang paling tepat untuk kebutuhan kamar mandi. Sebab, saat ini semakin banyak pilihan kran air sesuai selera. 

2. Bahan

Perhatikan mengenai bahan yang digunakan, ini penting untuk melihat kualitas dari kran yang akan digunakan dengan masa pakainya.

3. Ukuran

Perhatikan mengenai ukuran dari kran, jangan sampai yang tidak diperhitungkan dengan baik akan memberikan kesan kamar mandi yang tidak sesuai dengan harapan.

4. Harga

Perhatikan mengenai harga kran air kamar mandi yang ada dipasaran, ini harus disesuaikan dengan kualitas serta fitur yang melengkapi item tersebut.

5. Merek

Perhatikan mengenai merek yang ditawarkan, umumnya jika sudah terkenal akan memiliki kualitas yang cukup baik sehingga tidak perlu diragukan.


Kohler, Rekomendasi Kran Air Modern dan Canggih

Ada banyak rekomendasi kran air yang terbaik bagi kamar mandi. Namun, ada baiknya untuk mengetahui konsepnya dahulu sebelum memilih. Jika memang ingin menggunakan kran air modern, bisa coba menggunakan jenis kran air dari Kohler.

Manufacture Kohler khusus menciptakan berbagai item untuk perintilan rumah tangga dari kamar mandi ataupun yang lainnya. Selain modern, produk yang ditawarkan memiliki nilai jual yang tinggi karena dilengkapi dengan fitur yang terbaik dikelasnya premium. Maka, jika ingin model kamar mandi modern layaknya hotel berbintang, kran air dari Kohler bisa menjadi salah satu pilihan merk yang tepat.

Kran air kamar mandi
Kran bak mandi Deck-Mount Avid™ (sumber:Kohler)
Kran air kamar mandi
Kran shower Wall-Mount dari Avid™ (sumber: Kohler)

Tengok saja kran bak mandi Deck-Mount Avid™ dari Kohler dengan desain kontemporer modern yang memberikan kehangatan dan daya tarik ke setiap kamar mandi. Lengkungannya memiliki presisi geometri yang sudah dirancang pas untuk disentuh.

Bisa juga cek kran shower Wall-Mount dari Avid™ kalau ingin model kamar mandi bak hotel berbintang 5 yang menimbulkan kesan elegan dan sederhana. Aku pribadi suka dengan kran shower Wall-Mount karena simple dan elegan untuk kamar mandi impianku.

Selain kedua model yang sudah aku bahas, banyak juga model kran air kamar mandi modern lain di Kohler. Pilihannya banyak dan rata-rata desainnya elegan. Selain itu, di Kohler juga menyediakan printilan kamar mandi lainnya biar lebih matching lagi. Tunggu apalagi, yuk, cek ke Kohler sekarang! Sudah pasti kualitasnya premium dan tidak mudah rusak.


Share:

Kertas Ramah Lingkungan dari Alga Merah

Daftar isi [Tampil]

Tahu nggak sih? Dibalik panasnya polemik kertas sebagai penyebab pemanasan global, banyak peneliti yang sedang mengembangkan kertas ramah lingkungan. Para peneliti tersebut sadar bahwa ada jutaan pohon serta lahan hutan yang jadi korban dalam industri pulp dan paper. Tidak hanya itu saja, industri pulp dan kertas jadi salah satu penyumbang terbesar emisi gas CO2 sebagai pemicu pemanasan global.

Industri pulp dan paper

Aku jadi ingat salah satu dosenku yang peduli sekali terhadap lingkungan sampai di titik ujian atau tugas dari beliau selalu paperless. Suatu ketika beliau pernah berkata saat jadi dosen penguji naskah tesisku, "revisinya lewat email aja, ya. Bisa juga kamu print pakai kertas bekas, jadi dibaliknya gitu. Kasihan banyak pohon sudah jadi korban tesismu."

Mak jleb! Tertohok sekali rasanya saat beliau mengatakan kenyataan yang sesungguhnya. Revisi saat ujian selalu rawan menghabiskan banyak kertas. Akhirnya, karena merasa berdosa terhadap pohon-pohon itu, aku mendaur ulang kertas revisi tersebut jadi kertas daur ulang. Sebagian lagi aku jual ke pengepul barang bekas karena jujur aku belum sanggup untuk mendaur ulang semua kertas itu.


Kertas dan Pemanasan Global

Sampai detik ini, kertas merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia yang semakin maju dan berkembang. Meskipun tren penggunaan media sosial dan paperless sedang gencar-gencarnya, permintaan kertas lokal maupun internasional justru makin meningkat pula. Hal ini disebabkan industri kertas sangat terkait dengan industri lainnya seperti percetakan, packaging, makanan, minuman, serta administrasi dalam pendidikan, perkantoran, dan sebagainya.

Apalagi sekarang kertas dianggap sebagai pengganti packaging plastik yang lebih ramah lingkungan. Padahal, menurut Kemenperin (2019), industri pulp dan kertas termasuk penyumbang terbesar gas rumah kaca, serta lahap energi karena mengonsumsi energi lebih dari 6.000 TOE. Selain itu, banyaknya konsumsi kertas juga akan mempengaruhi tingkat penebangan pohon.

Menurut  Manurung dan Sukaria (2000), banyak perusahaan industri skala besar yang berupaya memperoleh bahan baku dari pasar gelap (illegal logging) yang berasal dari hutan alam. Hal itu disebabkan karena rencana pemerintah untuk mengembangkan Hutan Tanaman Industri (HTI) untuk menyediakan bahan baku industri kertas belum dapat mengatasi kelangkaan bahan baku. Adanya illegal logging sangat berpotensi untuk merusak hutan, lingkungan sekitar, dan pemicu pemanasan global.

Industri pulp dan paper
Industri pulp dan kertas salah satu penyebab pemanasan global (sumber: Canva)


Upaya Mengurangi Penggunaan Kertas

Banyak upaya yang dilakukan untuk mengurangi penggunaan kertas seperti:

1. Daur ulang kertas bekas

Meskipun hasilnya belum signifikan untuk menekan angka penggunaan kertas bekas, tapi daur ulang kertas bisa jadi sarana untuk mengurangi sampah kertas.

2. Paperless

Sama seperti dosenku, di era digital saat ini sudah banyak industri seperti buku yang menerbitkan buku digital. Selain itu juga banyak pelaku industri kreatif undangan yang mengalihkan undangan dalam bentuk digital.

3. Bahan baku alternatif

Alga adalah salah satu tanaman laut yang saat ini banyak diteliti dapat gantikan kayu sebagai bahan baku kertas. Salah satu penelitian menggunakan alga merah sebagai bahan baku pembuatan kertas. Pulp kertas yang dihasilkan jauh lebih bagus dibandingkan kayu. Prosesnya pun lebih mudah dan ramah lingkungan.


Alga Merah Sebagai Bahan Baku Kertas Ramah Lingkungan

Rumput laut selain digunakan sebagai bahan makanan dan kosmetik, ternyata ada jenis rumput laut tertentu yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku kertas. Salah satunya adalah alga merah atau Gelidium sp. Teknik ini pertama kali dikembangkan oleh peneliti Korea pada tahun 2004. Prosesnya lebih sederhana, membutuhkan sedikit energi dan proses pemutihan kertas lebih ramah lingkungan.

You (2008) melakukan penelitian dengan Gelidium amansii sebagai bahan baku pulp untuk kertas. Pada proses pembuatan pulp tersebut, limbah berupa ekstrak agar dapat dimanfaatkan lagi untuk industri makanan atau dijadikan bioetanol melalui proses fermentasi. Jadi seluruh prosesnya hampir minim limbah, sehingga lebih aman untuk lingkungan.

Bahan Baku Alga Merah

Jika pohon memerlukan waktu 10 tahun untuk tumbuh, alga merah hanya memerlukan waktu sekitar 3 bulan. Hal ini tentunya sangat dibutuhkan oleh industri pulp dan kertas yang mengejar target pemenuhan kebutuhan kertas secara global. Terlebih lagi, pertumbuhan alga merah tidak membutuhkan lahan daratan, dan pengambilan alga merah tidak sampai merusak lingkungan (Ik kyo Chung, 2010).

Komposisi kimia dari alga merah terdiri dari polisakarida, sedikit protein, lipid/lemak dan material anorganik. Sedangkan komponen fisik terdiri dari mucilaginous (material seperti agar atau karaginan) yang dengan mudah diekstrak dengan air panas dan sejumlah kecil endofiber atau material padat (Yun, dkk., 2009).

Alga merah jenis Gelidium amansii berpotensi untuk menghasilkan kertas berkualitas karena mempunyai karakteristik endofiber yang cocok untuk pulp berkualitas tinggi dan memiliki ketebalan yang sama. Oleh karena itu, saat ini Indonesia sedang bekerja sama denga  peneliti Kore untuk mengembangkan Gelidium amansii sebagai bahan baku pembuatan kertas.

Industri pulp dan kertas
sumber gambar: Canva

Proses Pembuatan

Setelah alga merah dicuci dan dibersihkan, proses selanjutnya adalah ekstraksi dan pemutihan. Bagi yang masih awam, contoh ekstraksi yang paling mudah adalah saat menyeduh teh. Teh merupakan campuran dari pelarut yaitu air dengan daun teh kering. Larutan teh adalah hasil ekstraksi air terhadap zat kafein yang terkandung dalam daun teh kering.

Pada proses pembuatan pulp dari alga merah, air panas sekitar 120⁰C-140⁰C dituang ke dalam alga merah kering dengan perbandingan 1:10. Setelah itu, akan didapatkan ekstrak agar. Setelah itu dilakukan pemutihan dua tahap dengan bahan kimia Klorin Dioksida (ClO2 ) dan Hidrogen Peroksida (H2O2) (Yung dkk., 2009 dan You, 2010).


Potensi Alga Merah di Indonesia untuk Industri Kertas

Gelidium amansii yang dikembangkan di Indonesia merupakan kerjasama antara Pegasus International Korea, Universitas Sam Ratulangi Manado, dan Pusat Pengembangan Budidaya Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan di Lombok pada tahun 2011. Meskipun untuk budidaya awalnya Gelidium amansii dibawa dari Korea, ternyata tanaman tersebut dapat berkembang dengan baik di Indonesia.

Tentu saja hal ini jadi kabar baik untuk Indonesia beserta industri pulp dan kertas agar lebih ramah lingkungan dan mengurangi dampak pemanasan global. Dilansir dari IPOT News (2011),

Saat ini di Indonesia terdapat 14 industri pulp dari kayu dengan kapasitas 7,9 juta ton dan 79 industri kertas dengan kapasitas 12,7 juta ton. Jumlah tersebut berpotensi membuat lahan gundul apabila bahan baku tidak segera dialihkan dari kayu ke alga.

Dengan demikian, perlu dukungan pemerintah beserta stakeholder terkait untuk mendukung pembudidayaan alga merah, sosialisasi, dan komitmen dari pelaku industri pulp dan kertas. Penegakan hukum terkait penggunaan kayu berlebih yang mengakibatkan pemanasan global juga harus segera digalakkan. Sebab, hal ini terkait dengan dampak perubahan iklim yang semakin nyata terlihat bagi kehidupan umat manusia.

"Haruskah menunggu sampai hutan habis, baru kelabakan mencari solusi?"


Referensi

Ik Kyo Chung. 2010. Seaweed for Reducing Global Warming. Resume Seaweed International Business Forum and Exhibition (SEABFEX III)Surabaya. Pusan National University Korea - Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta

IPOT News. 2011. “Sekarang Momentum Kebangkitan Industri Pulp dan Kertas RI”, IPOT News. Journalism Database & Technology. Jakarta

You, Churl Hack. 2008. Partnership Opportunity in Developing Pulp & Paper Industry. Presented in Seaweed International Business Forum and Exhibition II-Makassar. Departemen Kelautan dan Perikanan. Jakarta.

You, Churl Hack. 2010. Practical Application of the Red Algae Pulp. Resume Seaweed International Business Forum and Exhibition (SEABFEXIII) III-Surabaya. Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta

Yung, Bum, Seo dkk., 2009. Red Algae and Their use in Papermaking., Bioresource Technology. Diakses dari www.elsevier.com/locate/biortech.

Share:

Ini Dia Rekomendasi Tempat Jual Online Sepatu Vans Ori 100%

Daftar isi [Tampil]

Lebaran sebentar lagi, nih! Jelang hari yang pastinya penuh dengan kebahagiaan, aku ingin memberikan hadiah sepatu untuk suami sebagai bentuk rasa syukur. Sepatu Vans ori adalah sepatu idaman yang ingin aku hadiahkan kepadanya. Sebenarnya sepatu Vans Ori ini banyak tersedia di pasaran kalau teliti saat membelinya. Terlebih ketika membelinya di toko offline, maka akan lebih mudah untuk mendapatkan produk sepatu Vans yang sudah pasti asli. Tips yang bisa diterapkan untuk membeli produk sepatu Vans yang asli bisa dilihat dari sol sepatu, kode barcode, logo sepatu, jahitan, ujung sepatu, berat sepatu, dan juga kode yang ada di dasar sepatunya.

ZALORA

Akan tetapi, beberapa tips tersebut tidak bisa digunakan ketika membeli sepatu Vans ori secara online. Padahal ada banyak sekali keunggulan membeli produk sepatu Vans secara online baik dari harga yang lebih terjangkau karena banyak promo, bisa memilih lebih banyak model sehingga mendapatkan model sepatu yang diinginkan, dan bisa lebih hemat tenaga serta waktu untuk membelinya. Oleh karena itu, cara membeli secara online bisa menjadi pilihan ketika ingin memiliki sepatu Vans. Namun, jangan khawatir, bagi yang ingin membeli sepatu Vans asli secara online juga ada beberapa tips yang bisa digunakan sehingga mendapatkan jaminan produk 100% asli. Adapun beberapa cara tersebut adalah:

1. Jangan tergiur harga miring

Hal pertama untuk membeli sepatu Vans dan produk bermerek lainnya adalah harus mengetahui harga yang ada di pasaran. Sehingga harga tersebut bisa menjadi patokan saat akan membeli sepatu yang diinginkan tersebut. Harga produk yang asli tentunya tidak akan terlalu jauh berbeda dengan harga di pasaran tersebut. Berbeda dengan produk Vans palsu atau KW yang tentunya akan ditawarkan jauh di bawah harga pasaran. Hindari untuk membeli produk sepatu Vans yang mempunyai harga sangat murah dengan embel-embel diskon besar atau cuci gudang. Harga tersebut akan bisa memberikan keamanan ketika membeli produk bermerek seperti sepatu Vans secara online, sehingga akan tetap mendapatkan produk yang asli.

2. Pilih toko official

Langkah mudah selanjutnya untuk mendapatkan produk sepatu merek Vans yang ori adalah dengan memilih tempat membelinya yang tepat. Pastikan untuk membelinya di toko official yang sangat membantu mendapatkan sepatu Vans yang asli. Selain itu pastikan membelinya di toko yang sudah mempunyai reputasi bagus, mempunyai review yang bagus dan juga dipercaya oleh banyak konsumen untuk membeli produk yang asli, dan toko yang mempunyai toko offline untuk memudahkan mendapatkan produk sepatu Vans yang asli. Sekali lagi, pastikan untuk tidak tergoda dengan harga miring dan membelinya di tempat yang terpercaya untuk mendapatkan sepatu Vans asli.

3. Garansi

Tips terakhir untuk membeli produk sepatu Vans secara online agar tetap mendapatkan produk yang asli adalah dengan memilih tempat dengan garansi. Apabila sudah menerima sepatu Vans tersebut, maka bisa langsung mengeceknya dengan tips yang sudah diketahui untuk membedakan sepatu Vans yang asli dan KW. Toko aman dan terpercaya tentunya akan memberikan garansi untuk produk tersebut, sehingga akan lebih mudah untuk menerima komplain dari konsumennya. Pastikan membeli sepatu Vans yang diinginkan dari toko dengan garansi.


Salah satu rekomendasi tempat belanja online terbaik untuk membeli sepatu Vans yang 100% asli adalah di ZALORA. Tempat ini menawarkan keunggulan garansi yang diberikan dengan pengembalian selama 30 hari sejak penerimaan barang. Selain itu, ZALORA juga mempunyai jaminan produk sepatu Vans yang akan diterima pembeli adalah 100% asli, sehingga aman untuk membelinya walaupun secara online. Di tempat ini juga tersedia banyak promo dan diskon yang bisa didapatkan yang sangat membantu mendapatkan potongan harga untuk sepatu Vans asli yang diinginkan.

Share:

Glow Up Ruang Tamu dengan Nippon Satin Glo: Tampilkan Kesan Bersih nan Elegan Sambut Ramadan

Daftar isi [Tampil]

Sejak kecil, aku selalu memberi ruang si kecil untuk bebas berekspresi. Mulai dari memberikan stimulasi sensorik dengan memperkenalkan berbagai macam tekstur yang bisa dirasakan oleh tangan, kaki, dan lidah, hingga stimulasi motorik dengan memperkenalkan spidol, crayon, dan cat air. Si kecil senang sekali dengan berbagai hal baru yang aku kenalkan kepadanya sejak dini.

Bahkan ketika tiba di masa ia sudah bisa memegang kendali terhadap alat mewarnai, dinding ruang tamu pun turut jadi saksi betapa kreatifnya coretan tangan si kecil. Awalnya hanya sebagian kecil dinding ruang tamu yang jadi ruang ekspresi karya tangan si kecil. Lama-kelamaan hampir seluruh dinding utama ruang tamu tertutup hasil coretan tangan si kecil.

Nippon Paint


Ruang Tamu Tampak Kusam dan Penuh Coretan Anak

Sebenarnya, aku tak masalah dengan hal tersebut. Akan tetapi, belakangan ini aku perhatikan ruang tamu jadi tampak kusam dan terasa tak bercahaya. Kesannya seperti rumah tak terawat. Padahal, aku hanya ingin anakku tetap bebas berkreasi.

Nippon Satin Glo
Ruangan bermain anak tampak kusam penuh coretan.

Aku pun berdiskusi dengan suami untuk mengecat ulang dinding tembok dengan resiko pasti dicorat-coret lagi atau membiarkannya saja. Maklum, kamu jarang sekali mengecat rumah kalau tidak ada urgensitas tinggi seperti cat mengelupas atau dinding mulai berjamur.

Setelah berdiskusi dengan suami, kami memutuskan untuk mengecat ulang dinding ruang tamu tersebut. Selain ingin menghilangkan kesan kusam dan tak terawat, momennya juga tepat sekali dengan kedatangan bulan ramadan. Kami ingin menyambut ramadan dengan suasana baru yang bersih, nyaman, menenangkan, dan elegan.


Sambut Ramadan dengan Suasana Bersih, tapi Tetap Elegan dengan Warna Putih

Ramadan kali ini cukup bermakna bagiku karena aku sudah bisa kembali berpuasa setelah tuntas menyusui. Tak terasa si kecil pun sudah tumbuh, serta berkembang dengan baik. Aku pribadi juga ingin menyambut ramadan dengan perubahan suasana rumah yang lebih bersih, tenang, dan syahdu agar pikiran kami yang lumayan sering stress juga bisa ikut terbawa suasana tersebut. Kata suami, warna putih sepertinya cocok untuk menggantikan warna krem dinding ruang tamu. Selain itu juga ada beberapa hal yang membuat pilihanku dan suami jatuh kepada warna putih.

Lambang Suci nan Fitri

Warna putih sering dikaitkan dengan lambang bersih dan suci, berkaitan erat dengan ramadan yang penuh dengan kesucian untuk menuju fitri saat lebaran nanti. Nah, menyambut bulan suci ramadan, aku juga ingin menghadirkan suasana kembali suci dan bersih setelah dinding ruang tamu kami kotor penuh coretan dan kotoran. Meskipun pada akhirnya akan dicorat-coret kembali, setidaknya saat pemilihan cat nanti perlu mencari cat yang tidak mudah kotor atau mudah dibersihkan.

Psikologi Warna Putih

Secara psikologis, warna putih memberikan suasana bersih, tenang, dan syahdu. Selain itu, warna putih juga bisa menciptakan kesan ruangan terlihat lebih besar, luas, sekaligus elegan. Dengan demikian, warna putih cocok diaplikasikan ke ruang tamu rumahku yang sempit agar terkesan lebih luas dan besar.

Konsep Minimalis tapi Elegan

Warna putih juga sering digunakan sebagai latar dalam berbagai fotografi minimalis karena nampak elegan meskipun tak dikombinasikan dengan warna lain. Desain interior minimalis yang menampilkan kesan elegan juga tak jauh-jauh dari warna putih sebagai warna utama. Selain itu, aku juga lebih mudah mengombinasika dengan warna furniture karena warna putih jadi netral dengan warna lainnya.

Background Ngonten

Pekerjaan sampinganku sebagai content creator terkadang membutuhkan backdrop foto atau video berwarna putih. Salah satu tujuanku dan suami memilih warna putih untuk dinding adalah agar bisa digunakan sebagai latar belakang saat ngonten.


Nippon Satin Glo Brilliant White Pilihanku

Setelah sepakat dengan warna putih untuk ruang tamu, aku dan suami pun langsung tancap gas mencari cat yang sesuai untuk kebutuhan kami, yaitu minimal mudah dibersihkan saat kotor atau dicorat-coret dan memberikan nuansa bersih sekaligus elegan. Mitra 10 jadi toko untuk mencari cat pilihan kami berdasarkan rekomendasi teman. Disitu jenis cat lebih lengkap dan ada SPG yang bisa merekomendasikan warna serta merk cat sesuai kebutuhan. Sesampainya di Mitra 10, kami langsung disambut oleh salah satu SPG di sana.

Nippon Paint

“Aku mau cari cat warna putih untuk suasana ramadan yang bersih trus elegan gitu, mbak,” kataku memulai obrolan ringan dengan mbak SPG, “kalau bisa catnya yang mudah dibersihkan saat kotor atau dicorat-coret anak gitu ada nggak ya?”

“Hmmm, putih tapi elegan gtu ya mbak? Kalau mau nuansa elegan bisa pake series Nippon Satin Glo, untuk warna putihnya bisa pake yang Nippon Satin Glo brilliant white 1001. Jadi ini warna putihnya paling putih di antara yang lain, trus finishing catnya mengkilap seperti satin. Trus ini catnya juga mudah dibersihkan kok kalau kotor.” Jawab mbak SPG yang sedang melayaniku sambil menunjukkan berbagai series dan tren warna Ramadan dari Nippon Paint.

“Nippon Satin Glo Brilliant White 1001. Yes! Akhirnya kami menemukan jodoh warna putih untuk sambut ramadan .”

Brilliant White 1001

Jadi, Nippon Paint saat ini menghadirkan tren warna ramadan bertema “Sucikan Hati, Jadi Versi Terbaik Diri” sebagai motivasi untuk membuka lembaran baru jadi versi terbaik diri menyambut ramadan. Warna brilliant white 1001 yang direkomendasikan kepadaku merupakan salah satu warna dalam tren warna ramadan monochrome.

Monochrome
Tren warna ramadan monochrome Nippon Paint (sumber: ig @colourscheme.id)

Selain monochrome, ada juga ada tren warna warm seperti pink muda, krem, dan coklat yang memberikan suasana hangat, nyaman, serta teduh. Bagi yang menyukai warna bold seperti hijau, biru, kuning untuk kesan ceria atau lebih kekeluargaan, ada juga tren warna tropical yang memberikan kesan menyegarkan dan ceria bersama keluarga.

Nippon Paint
Tren warna ramadan tropical Nippon Paint (sumber: ig @colourscheme.id)

Nippon Paint
Tren warna ramadan warm Nippon Paint (sumber: ig @colourscheme.id)

Setelah membeli cat Nippon Satin Glo Brilliant White 1001, SPG Nippon Paint langsung menambahkan tinta cat lewat alat tinting, kemudian dimasukkan ke dalam shaker agar tinta tercampur rata. Jujur, aku baru tahu proses ini saat di Mitra 10. Selama ini aku tahunya beli cat, ya langsung aja beli. Ternyata, tidak semua cat dibuat dan dikemas di pabrik. Di toko cat seperti Mitra10 atau toko khusus Nippon Paint punya mesin sendiri untuk mengkombinasikan warna.

Pantas saja warna yang ditawarkan padaku cukup banyak. Selain tema warna ramadan, Nippon Paint memiliki 10.000 warna pilihan lainnya. Garansi produk serta warna akurat saat diaplikasikan telah dijamin oleh Nippon Paint. Produk Nippon Paint juga telah didistribusikan di lebih dari 6000 toko CCM di seluruh Indonesia. Pantes aja saudaraku juga sering bilang, “dimana-mana pakai Nippon Paint”. Ternyata itu alasannya.


Keunggulan Nippon Satin Glo

Nippon Satin Glo yang aku pilih ternyata punya banyak keunggulan selain tidak mudah kotor dan menampilkan kesan kilap elegan. Beberapa keunggulan Nippon Satin glo yang aku gali dari SPG Nippon Paint adalah sebagai berikut.

Anti Jamur dan Lumut, Mudah Dibersihkan

Bagian dinding ruang tamu yang dekat dengan bagian luar rumah sedikit menjamur karena sering bersentuhan dengan genangan air saat hujan. Penting sekali untuk memperhatikan hal tersebut saat memilih cat. Untungnya Nippon Satin Glo ini anti jamur dan lumut. Jadinya aku nggak khawatir lagi deh tentang masa depan dinding rumah. Pasti bakalan awet dan tahan lama.

Ramah Lingkungan

Isu perubahan iklim membawaku jadi pribadi yang selektif terhadap produk apakah ramah lingkungan atau tidak. Kalau pun belum ramah lingkungan, kira-kira aku bisa nggak mengolah sampahnya agar tak jadi beban lingkungan. Alhamdulillahnya, Nippon Satin Glo ini ramah lingkungan dengan spesifikasi sebagai berikut:

  1. Memiliki Green Label Singapore
  2. Anti bau
  3. Rendah VOC (Volatile Organic Compound
  4. 100% bebas dari APEO (Alkylphenol Ethoxylate)
  5. 100% bebas dari logam berat
  6. 100% bebas formaldehida

Artinya, cat Nippon Satin Glo bebas bahan kimia berbahaya. Kabar baik banget buat aku yang sedang menjalankan aksi jaga bumi. Setidaknya kalau ada residu cat yang turut terbuang lingkungan, tidak menimbulkan pencemaran tanah atau air.

Ramah Anak karena Water-Based

Sudah ramah lingkungan, cat Nippon Satin Glo ini menurutku juga ramah anak karena water-based, emulsi berbasis 100% akrilik tanpa tambahan timbal. Aku benar-benar memikirkan sampai kandungan cat karena aku punya anak yang rasa ingin tahunya besar sekali. Prediksiku, si kecil bakal ikut memegang cat ketika tahu aku dan suami sedang mengecat. Oleh karena itu, penting bagiku mencari cat yang ramah anak.

Mudah Diaplikasikan dan Cepat Kering

Nippon Satin Glo ini termasuk cat yang mudah diaplikasikan karena water-based. Jadi cukup tambah air saja dan cat siap diaplikasikan. Cat juga cepat kering selama kurang lebih 20-30 menit untuk kering sentuh dan 1-2 jam untuk kering keras.

Finishing Mengkilap Seperti Satin Sutra

Terakhir, untuk mengabulkan keinginanku menampilkan kesan putih bersih dan elegan, finishing Nippon Satin Glo ini seperti kain satin sutra. Jadi mengkilap, tapi mengkilapnya bukan mengkilap yang ngejreng. Mengkilapnya lembut seperti kain satin sutra, tetap kalem dan elegan.


Pengalaman Mengecat Bertiga, Kuatkan Bonding Keluarga

Jujur ini pengalaman pertamaku mengecat dengan suami dan anak. Seperti prediksiku sebelumnya, si kecil pasti ikutan nimbrung karena rasa penasarannya yang tinggi. Meskipun sudah kami titipkan sementara ke ibuku, tetap saja ia keluar dari kamar dan ikut meramaikan acara mengecat kami. Akhirnya kami biarkan saja dia ikut agar punya pengalaman practical life sesuai metode belajar Montessori yang sedang aku dalami untuk membersamai tumbuh kembangnya. Hanya saja tetap kami batasi untuk ikut mengecat di bagian tertentu saja.

1. Persiapan Ruangan

Sebelum dicat, kami bersihkan dahulu ruang tamu sambil meminggirkan barang-barang yang ada di situ. Tak lupa kami cek bagian dinding yang mungkin sudah terkelupas untuk diamplas dulu. Setelah itu bagian lantai kami beri alas dengan koran bekas agar ketika cat menetes tak langsung ke lantai.

Nippon Paint
Dinding dibersihkan dan lantai diberi alas koran 

Sebenarnya dinding harus diberi cat dasar dulu sebelum ganti warna. Namun, karena menurutku cat dinding kami masih bagus, tak ada bagian yang mengelupas atau rusak, langsung saja dieksekusi dengan Nippon Satin Glo. Ditambah lagi warna cat dinding sebelumnya cukup dekat dengan warna putih, yaitu krem 

2. Pencampuran Cat

Seperti saran SPG Nippon Paint untuk Nippon Satin Glo ini cukup dicampur dengan 5%-10% air sebelum digunakan. Aku membeli 1 kaleng cat 2,5 liter, jadi air yang dicampurkan sekitar 125 mL – 250 mL.

Nippon paint
Nippon Paint

Bahan yang harus disiapkan dalam mencampur cat adalah air, pengaduk. Selain itu, bahan untuk proses mengecat adalah wadah cat, kuas biasa, dan kuas roll.

3. Pengecatan Lapisan Pertama

Dag!Dig!Dug! Duer!

Rasanya tak karuan saat pertama kali memegang kuas roll untuk mengecat. Takut banget kalau catnya bakal menetes kemana-mana atau warnanya tidak rata. Mengecat warna di platform digital ternyata jauh berbeda dengan mengecat di dunia nyata. Setelah mengecat dari bagian atas dengan bantuan suami, ternyata nggak sesusah bayanganku.

Nippon Paint

Yap! Benar sekali seperti klaim bahwa Nippon Satin Glo mudah diaplikasikan, sekali tarik kuas roll, cat langsung melekat sempurna di dinding. Bekas coretan spidol dan crayon pun langsung tertutup meskipun belum sempurna.

4. Si Kecil Turut Mengecat, Rangsang Aspek Practical Life dalam Montessori

Selesai mengecat lapisan pertam, kami istirahat dulu selama 1-2 jam. Di waktu inilah si kecil mulai datang menghampiri. Tanpa banyak bicara, ia langsung meraih kuas roll yang tergeletak di bagian bawah. Untung saja, cat sudah kering sentuh. Aku dan suami pun menunjukkan si kecil cara mengecat, lalu membiarkannya untuk mencoba.

Nippon Paint

Menurutku pribadi, ini periode emas tumbuh-kembangnya yang tentu saja harus disalurkan secara tepat. Meskipun hanya perkara sepele seperti mengecat ruangan, anak akan paham kalau, “oh, ini pekerjaan rumah yang bisa aku lakukan ternyata”. Selain itu juga bisa membangun rasa percaya diri anak lewat kepercayaan yang kita berikan kepadanya.

“Nggak takut anaknya keracunan, nih?”

Seperti klaim tanpa bau, water-based, dan ramah lingkungan, cat ini benar-benar aman. Aku sama sekali tak mencium bau cat yang menyengat seperti orang-orang yang sedang mengecat bangunan sebelah. Setelah puas bermain, siaa cat yang menempel di tangan atau kaki si kecil pun mudah dibersihkan dengan sabun.

5. Pengecatan Lapisan Kedua

Setelah lapisan pertama kering, aku dan suami segera mengecat untuk lapisan kedua. Pengecatan kedua ini jauh lebih gampang, warna lebih mudah rata, dan waktu yang dibutuhkan lebih singkat dari pengecatan pertama.

Nippon Paint
Penampakan hasil akhir Nippon Satin Glo

Hasilnya sudah bisa dilihat setelah pengecatan kedua. Noda bekas corat-coret anak tertutup sempurna. Warna putihnya juga terlihat seperti sedikit menyala. Ruang tamu langsung tampak bersih dan bersinar.


Finishing Putih Satin Sutra, Ruang Tamu Sederhana Terasa Bersih dan Elegan

Aku suka sekali dengan finishing Nippon Satin Glo. Seperti klaim sebelumnya tentang finishing yang mengkilap seperti sutra atau kain satin sutra, ruang tamuku jadi glow up, tapi tetap terlihat sederhana, bersih, dan elegan.

Nippon Paint
Kiri (before) dan kanan (after)
Nippon Paint
Kiri (before) dan kanan (after)

Oh iya, Nippon Satin Glo ini bisa jadi cat papan tulis juga. Aku pun coba mencoret dinding dengan spidol kesayangan si kecil, kemudian coba membersihkan dengan tisu basah dan sikat. Voila! Emang semudah itu membersihkan hasil coretan tanganku sendiri. Hampir semua klaimnya terbukti, lo, nggak kaleng-kaleng! Kalau begini bisa nih next time coba ganti warna lagi kalau bosan pakai Nippon Satin Glo putih.

Nippon Paint
Coretan pada dinding mudah dibersihkan

Nah, jika teman-teman tertarik untuk mencoba produk Nippon Paint sepertiku atau yang lain, ternyata bisa menghubungi WhatsApp Care Nippon Paint terlebih dahulu untuk konsultasi tentang produk dan pengecatan. Bisa juga gunakan layanan Colour Scheme Service untuk mendapat rekomendasi warna dari colourist Nippon Paint. Semua servis tersebut GRATIS!

Caranya gampang banget:

1. Layanan WhatsApp Care:

Hubungi WhatsApp Care Nippon Paint: 0811-1283-028

2. Layanan Colour Scheme Service:

  • formulir online dengan lengkap di http://bit.ly/FormCS
  • Kirimkan foto ruangan yang ingin dicat, ukuran minimal 2 MB
  • Pihak Nippon Paint akan mengirimkan 3 alternatif kombinasi warna dengan 1 kali revisi apabila ada perubahan warna
  • Hasil visualisasi akan dikirim melalui email dalam waktu 5 hari kerja.

Alhamdulillah, aku bisa menyambut ramadan dengan versi terbaikku lewat suasana rumah yang lebih homey, bersih, tenang, tapi tetap terlihat elegan. Hebatnya Nippon Paint, Jadikan Harapan Ramadan Lebih Berwarna.


Share:

Anggita R. K. Wardani

read more

Recent Posts


Posts

Pengikut

Member of

Mama Daring Bloggerhub Indonesian Hijab Blogger Komunitas Emak Blogger Komunitas Blogger Perempuan 1 Minggu 1 Cerita Asli Arek Suroboyo