Glow Up Ruang Tamu dengan Nippon Satin Glo: Tampilkan Kesan Bersih nan Elegan Sambut Ramadan

Daftar isi [Tampil]

Sejak kecil, aku selalu memberi ruang si kecil untuk bebas berekspresi. Mulai dari memberikan stimulasi sensorik dengan memperkenalkan berbagai macam tekstur yang bisa dirasakan oleh tangan, kaki, dan lidah, hingga stimulasi motorik dengan memperkenalkan spidol, crayon, dan cat air. Si kecil senang sekali dengan berbagai hal baru yang aku kenalkan kepadanya sejak dini.

Bahkan ketika tiba di masa ia sudah bisa memegang kendali terhadap alat mewarnai, dinding ruang tamu pun turut jadi saksi betapa kreatifnya coretan tangan si kecil. Awalnya hanya sebagian kecil dinding ruang tamu yang jadi ruang ekspresi karya tangan si kecil. Lama-kelamaan hampir seluruh dinding utama ruang tamu tertutup hasil coretan tangan si kecil.

Nippon Paint


Ruang Tamu Tampak Kusam dan Penuh Coretan Anak

Sebenarnya, aku tak masalah dengan hal tersebut. Akan tetapi, belakangan ini aku perhatikan ruang tamu jadi tampak kusam dan terasa tak bercahaya. Kesannya seperti rumah tak terawat. Padahal, aku hanya ingin anakku tetap bebas berkreasi.

Nippon Satin Glo
Ruangan bermain anak tampak kusam penuh coretan.

Aku pun berdiskusi dengan suami untuk mengecat ulang dinding tembok dengan resiko pasti dicorat-coret lagi atau membiarkannya saja. Maklum, kamu jarang sekali mengecat rumah kalau tidak ada urgensitas tinggi seperti cat mengelupas atau dinding mulai berjamur.

Setelah berdiskusi dengan suami, kami memutuskan untuk mengecat ulang dinding ruang tamu tersebut. Selain ingin menghilangkan kesan kusam dan tak terawat, momennya juga tepat sekali dengan kedatangan bulan ramadan. Kami ingin menyambut ramadan dengan suasana baru yang bersih, nyaman, menenangkan, dan elegan.


Sambut Ramadan dengan Suasana Bersih, tapi Tetap Elegan dengan Warna Putih

Ramadan kali ini cukup bermakna bagiku karena aku sudah bisa kembali berpuasa setelah tuntas menyusui. Tak terasa si kecil pun sudah tumbuh, serta berkembang dengan baik. Aku pribadi juga ingin menyambut ramadan dengan perubahan suasana rumah yang lebih bersih, tenang, dan syahdu agar pikiran kami yang lumayan sering stress juga bisa ikut terbawa suasana tersebut. Kata suami, warna putih sepertinya cocok untuk menggantikan warna krem dinding ruang tamu. Selain itu juga ada beberapa hal yang membuat pilihanku dan suami jatuh kepada warna putih.

Lambang Suci nan Fitri

Warna putih sering dikaitkan dengan lambang bersih dan suci, berkaitan erat dengan ramadan yang penuh dengan kesucian untuk menuju fitri saat lebaran nanti. Nah, menyambut bulan suci ramadan, aku juga ingin menghadirkan suasana kembali suci dan bersih setelah dinding ruang tamu kami kotor penuh coretan dan kotoran. Meskipun pada akhirnya akan dicorat-coret kembali, setidaknya saat pemilihan cat nanti perlu mencari cat yang tidak mudah kotor atau mudah dibersihkan.

Psikologi Warna Putih

Secara psikologis, warna putih memberikan suasana bersih, tenang, dan syahdu. Selain itu, warna putih juga bisa menciptakan kesan ruangan terlihat lebih besar, luas, sekaligus elegan. Dengan demikian, warna putih cocok diaplikasikan ke ruang tamu rumahku yang sempit agar terkesan lebih luas dan besar.

Konsep Minimalis tapi Elegan

Warna putih juga sering digunakan sebagai latar dalam berbagai fotografi minimalis karena nampak elegan meskipun tak dikombinasikan dengan warna lain. Desain interior minimalis yang menampilkan kesan elegan juga tak jauh-jauh dari warna putih sebagai warna utama. Selain itu, aku juga lebih mudah mengombinasika dengan warna furniture karena warna putih jadi netral dengan warna lainnya.

Background Ngonten

Pekerjaan sampinganku sebagai content creator terkadang membutuhkan backdrop foto atau video berwarna putih. Salah satu tujuanku dan suami memilih warna putih untuk dinding adalah agar bisa digunakan sebagai latar belakang saat ngonten.


Nippon Satin Glo Brilliant White Pilihanku

Setelah sepakat dengan warna putih untuk ruang tamu, aku dan suami pun langsung tancap gas mencari cat yang sesuai untuk kebutuhan kami, yaitu minimal mudah dibersihkan saat kotor atau dicorat-coret dan memberikan nuansa bersih sekaligus elegan. Mitra 10 jadi toko untuk mencari cat pilihan kami berdasarkan rekomendasi teman. Disitu jenis cat lebih lengkap dan ada SPG yang bisa merekomendasikan warna serta merk cat sesuai kebutuhan. Sesampainya di Mitra 10, kami langsung disambut oleh salah satu SPG di sana.

Nippon Paint

“Aku mau cari cat warna putih untuk suasana ramadan yang bersih trus elegan gitu, mbak,” kataku memulai obrolan ringan dengan mbak SPG, “kalau bisa catnya yang mudah dibersihkan saat kotor atau dicorat-coret anak gitu ada nggak ya?”

“Hmmm, putih tapi elegan gtu ya mbak? Kalau mau nuansa elegan bisa pake series Nippon Satin Glo, untuk warna putihnya bisa pake yang Nippon Satin Glo brilliant white 1001. Jadi ini warna putihnya paling putih di antara yang lain, trus finishing catnya mengkilap seperti satin. Trus ini catnya juga mudah dibersihkan kok kalau kotor.” Jawab mbak SPG yang sedang melayaniku sambil menunjukkan berbagai series dan tren warna Ramadan dari Nippon Paint.

“Nippon Satin Glo Brilliant White 1001. Yes! Akhirnya kami menemukan jodoh warna putih untuk sambut ramadan .”

Brilliant White 1001

Jadi, Nippon Paint saat ini menghadirkan tren warna ramadan bertema “Sucikan Hati, Jadi Versi Terbaik Diri” sebagai motivasi untuk membuka lembaran baru jadi versi terbaik diri menyambut ramadan. Warna brilliant white 1001 yang direkomendasikan kepadaku merupakan salah satu warna dalam tren warna ramadan monochrome.

Monochrome
Tren warna ramadan monochrome Nippon Paint (sumber: ig @colourscheme.id)

Selain monochrome, ada juga ada tren warna warm seperti pink muda, krem, dan coklat yang memberikan suasana hangat, nyaman, serta teduh. Bagi yang menyukai warna bold seperti hijau, biru, kuning untuk kesan ceria atau lebih kekeluargaan, ada juga tren warna tropical yang memberikan kesan menyegarkan dan ceria bersama keluarga.

Nippon Paint
Tren warna ramadan tropical Nippon Paint (sumber: ig @colourscheme.id)

Nippon Paint
Tren warna ramadan warm Nippon Paint (sumber: ig @colourscheme.id)

Setelah membeli cat Nippon Satin Glo Brilliant White 1001, SPG Nippon Paint langsung menambahkan tinta cat lewat alat tinting, kemudian dimasukkan ke dalam shaker agar tinta tercampur rata. Jujur, aku baru tahu proses ini saat di Mitra 10. Selama ini aku tahunya beli cat, ya langsung aja beli. Ternyata, tidak semua cat dibuat dan dikemas di pabrik. Di toko cat seperti Mitra10 atau toko khusus Nippon Paint punya mesin sendiri untuk mengkombinasikan warna.

Pantas saja warna yang ditawarkan padaku cukup banyak. Selain tema warna ramadan, Nippon Paint memiliki 10.000 warna pilihan lainnya. Garansi produk serta warna akurat saat diaplikasikan telah dijamin oleh Nippon Paint. Produk Nippon Paint juga telah didistribusikan di lebih dari 6000 toko CCM di seluruh Indonesia. Pantes aja saudaraku juga sering bilang, “dimana-mana pakai Nippon Paint”. Ternyata itu alasannya.


Keunggulan Nippon Satin Glo

Nippon Satin Glo yang aku pilih ternyata punya banyak keunggulan selain tidak mudah kotor dan menampilkan kesan kilap elegan. Beberapa keunggulan Nippon Satin glo yang aku gali dari SPG Nippon Paint adalah sebagai berikut.

Anti Jamur dan Lumut, Mudah Dibersihkan

Bagian dinding ruang tamu yang dekat dengan bagian luar rumah sedikit menjamur karena sering bersentuhan dengan genangan air saat hujan. Penting sekali untuk memperhatikan hal tersebut saat memilih cat. Untungnya Nippon Satin Glo ini anti jamur dan lumut. Jadinya aku nggak khawatir lagi deh tentang masa depan dinding rumah. Pasti bakalan awet dan tahan lama.

Ramah Lingkungan

Isu perubahan iklim membawaku jadi pribadi yang selektif terhadap produk apakah ramah lingkungan atau tidak. Kalau pun belum ramah lingkungan, kira-kira aku bisa nggak mengolah sampahnya agar tak jadi beban lingkungan. Alhamdulillahnya, Nippon Satin Glo ini ramah lingkungan dengan spesifikasi sebagai berikut:

  1. Memiliki Green Label Singapore
  2. Anti bau
  3. Rendah VOC (Volatile Organic Compound
  4. 100% bebas dari APEO (Alkylphenol Ethoxylate)
  5. 100% bebas dari logam berat
  6. 100% bebas formaldehida

Artinya, cat Nippon Satin Glo bebas bahan kimia berbahaya. Kabar baik banget buat aku yang sedang menjalankan aksi jaga bumi. Setidaknya kalau ada residu cat yang turut terbuang lingkungan, tidak menimbulkan pencemaran tanah atau air.

Ramah Anak karena Water-Based

Sudah ramah lingkungan, cat Nippon Satin Glo ini menurutku juga ramah anak karena water-based, emulsi berbasis 100% akrilik tanpa tambahan timbal. Aku benar-benar memikirkan sampai kandungan cat karena aku punya anak yang rasa ingin tahunya besar sekali. Prediksiku, si kecil bakal ikut memegang cat ketika tahu aku dan suami sedang mengecat. Oleh karena itu, penting bagiku mencari cat yang ramah anak.

Mudah Diaplikasikan dan Cepat Kering

Nippon Satin Glo ini termasuk cat yang mudah diaplikasikan karena water-based. Jadi cukup tambah air saja dan cat siap diaplikasikan. Cat juga cepat kering selama kurang lebih 20-30 menit untuk kering sentuh dan 1-2 jam untuk kering keras.

Finishing Mengkilap Seperti Satin Sutra

Terakhir, untuk mengabulkan keinginanku menampilkan kesan putih bersih dan elegan, finishing Nippon Satin Glo ini seperti kain satin sutra. Jadi mengkilap, tapi mengkilapnya bukan mengkilap yang ngejreng. Mengkilapnya lembut seperti kain satin sutra, tetap kalem dan elegan.


Pengalaman Mengecat Bertiga, Kuatkan Bonding Keluarga

Jujur ini pengalaman pertamaku mengecat dengan suami dan anak. Seperti prediksiku sebelumnya, si kecil pasti ikutan nimbrung karena rasa penasarannya yang tinggi. Meskipun sudah kami titipkan sementara ke ibuku, tetap saja ia keluar dari kamar dan ikut meramaikan acara mengecat kami. Akhirnya kami biarkan saja dia ikut agar punya pengalaman practical life sesuai metode belajar Montessori yang sedang aku dalami untuk membersamai tumbuh kembangnya. Hanya saja tetap kami batasi untuk ikut mengecat di bagian tertentu saja.

1. Persiapan Ruangan

Sebelum dicat, kami bersihkan dahulu ruang tamu sambil meminggirkan barang-barang yang ada di situ. Tak lupa kami cek bagian dinding yang mungkin sudah terkelupas untuk diamplas dulu. Setelah itu bagian lantai kami beri alas dengan koran bekas agar ketika cat menetes tak langsung ke lantai.

Nippon Paint
Dinding dibersihkan dan lantai diberi alas koran 

Sebenarnya dinding harus diberi cat dasar dulu sebelum ganti warna. Namun, karena menurutku cat dinding kami masih bagus, tak ada bagian yang mengelupas atau rusak, langsung saja dieksekusi dengan Nippon Satin Glo. Ditambah lagi warna cat dinding sebelumnya cukup dekat dengan warna putih, yaitu krem 

2. Pencampuran Cat

Seperti saran SPG Nippon Paint untuk Nippon Satin Glo ini cukup dicampur dengan 5%-10% air sebelum digunakan. Aku membeli 1 kaleng cat 2,5 liter, jadi air yang dicampurkan sekitar 125 mL – 250 mL.

Nippon paint
Nippon Paint

Bahan yang harus disiapkan dalam mencampur cat adalah air, pengaduk. Selain itu, bahan untuk proses mengecat adalah wadah cat, kuas biasa, dan kuas roll.

3. Pengecatan Lapisan Pertama

Dag!Dig!Dug! Duer!

Rasanya tak karuan saat pertama kali memegang kuas roll untuk mengecat. Takut banget kalau catnya bakal menetes kemana-mana atau warnanya tidak rata. Mengecat warna di platform digital ternyata jauh berbeda dengan mengecat di dunia nyata. Setelah mengecat dari bagian atas dengan bantuan suami, ternyata nggak sesusah bayanganku.

Nippon Paint

Yap! Benar sekali seperti klaim bahwa Nippon Satin Glo mudah diaplikasikan, sekali tarik kuas roll, cat langsung melekat sempurna di dinding. Bekas coretan spidol dan crayon pun langsung tertutup meskipun belum sempurna.

4. Si Kecil Turut Mengecat, Rangsang Aspek Practical Life dalam Montessori

Selesai mengecat lapisan pertam, kami istirahat dulu selama 1-2 jam. Di waktu inilah si kecil mulai datang menghampiri. Tanpa banyak bicara, ia langsung meraih kuas roll yang tergeletak di bagian bawah. Untung saja, cat sudah kering sentuh. Aku dan suami pun menunjukkan si kecil cara mengecat, lalu membiarkannya untuk mencoba.

Nippon Paint

Menurutku pribadi, ini periode emas tumbuh-kembangnya yang tentu saja harus disalurkan secara tepat. Meskipun hanya perkara sepele seperti mengecat ruangan, anak akan paham kalau, “oh, ini pekerjaan rumah yang bisa aku lakukan ternyata”. Selain itu juga bisa membangun rasa percaya diri anak lewat kepercayaan yang kita berikan kepadanya.

“Nggak takut anaknya keracunan, nih?”

Seperti klaim tanpa bau, water-based, dan ramah lingkungan, cat ini benar-benar aman. Aku sama sekali tak mencium bau cat yang menyengat seperti orang-orang yang sedang mengecat bangunan sebelah. Setelah puas bermain, siaa cat yang menempel di tangan atau kaki si kecil pun mudah dibersihkan dengan sabun.

5. Pengecatan Lapisan Kedua

Setelah lapisan pertama kering, aku dan suami segera mengecat untuk lapisan kedua. Pengecatan kedua ini jauh lebih gampang, warna lebih mudah rata, dan waktu yang dibutuhkan lebih singkat dari pengecatan pertama.

Nippon Paint
Penampakan hasil akhir Nippon Satin Glo

Hasilnya sudah bisa dilihat setelah pengecatan kedua. Noda bekas corat-coret anak tertutup sempurna. Warna putihnya juga terlihat seperti sedikit menyala. Ruang tamu langsung tampak bersih dan bersinar.


Finishing Putih Satin Sutra, Ruang Tamu Sederhana Terasa Bersih dan Elegan

Aku suka sekali dengan finishing Nippon Satin Glo. Seperti klaim sebelumnya tentang finishing yang mengkilap seperti sutra atau kain satin sutra, ruang tamuku jadi glow up, tapi tetap terlihat sederhana, bersih, dan elegan.

Nippon Paint
Kiri (before) dan kanan (after)
Nippon Paint
Kiri (before) dan kanan (after)

Oh iya, Nippon Satin Glo ini bisa jadi cat papan tulis juga. Aku pun coba mencoret dinding dengan spidol kesayangan si kecil, kemudian coba membersihkan dengan tisu basah dan sikat. Voila! Emang semudah itu membersihkan hasil coretan tanganku sendiri. Hampir semua klaimnya terbukti, lo, nggak kaleng-kaleng! Kalau begini bisa nih next time coba ganti warna lagi kalau bosan pakai Nippon Satin Glo putih.

Nippon Paint
Coretan pada dinding mudah dibersihkan

Nah, jika teman-teman tertarik untuk mencoba produk Nippon Paint sepertiku atau yang lain, ternyata bisa menghubungi WhatsApp Care Nippon Paint terlebih dahulu untuk konsultasi tentang produk dan pengecatan. Bisa juga gunakan layanan Colour Scheme Service untuk mendapat rekomendasi warna dari colourist Nippon Paint. Semua servis tersebut GRATIS!

Caranya gampang banget:

1. Layanan WhatsApp Care:

Hubungi WhatsApp Care Nippon Paint: 0811-1283-028

2. Layanan Colour Scheme Service:

  • formulir online dengan lengkap di http://bit.ly/FormCS
  • Kirimkan foto ruangan yang ingin dicat, ukuran minimal 2 MB
  • Pihak Nippon Paint akan mengirimkan 3 alternatif kombinasi warna dengan 1 kali revisi apabila ada perubahan warna
  • Hasil visualisasi akan dikirim melalui email dalam waktu 5 hari kerja.

Alhamdulillah, aku bisa menyambut ramadan dengan versi terbaikku lewat suasana rumah yang lebih homey, bersih, tenang, tapi tetap terlihat elegan. Hebatnya Nippon Paint, Jadikan Harapan Ramadan Lebih Berwarna.


Share:

11 komentar:

  1. waaaw, keliaatan banget bedanya ya mbak. jadi lebih kinclong ruangannya ✨
    btw setelah dicat gini kalo dicoret-coret si adek pasti jadi gampang dibersihinnya ya secara catnya water based jadi nggak perlu pusing lagiii 😁

    BalasHapus
  2. membaca ulasan mbak anggita tentang cat nippon paint ini berasa menjadi bagian dari tim produksi dan tim marketing nippon paint, lengkap dan nyaman cara mengulasnya.. nippon pain memang sangat layak menjadi cat terbaik

    BalasHapus
  3. Nippon memang terbaik ya dalam memberi warna baru untuk suasan baru. Aku juga pakai nih dan suka

    BalasHapus
  4. Wiih keren ulasannya kak..mengecat di kala ramadan pasti asik. Selain untuk mengusir kebosanan dan pastinya untuk mempercantik rumah dengan cat Nippon Paint, bisa digunakan juga untuk ajang bonding bareng anak..

    keren

    BalasHapus
  5. Warna putih catnya begitu menarik dan mengkilap Kak, bagus untuk interior dan memberikan kesan elegan.

    Belum lagi dengan banyak keunggulan dari Nippon Paint ini, memang terbaik sih, ramah anak dan mudah dibersihkan saja sudah jadi pertimbangan Teddy kalau mau beli Cat.

    Terima Kasih Kak.

    BalasHapus
  6. Wahh asyikk yahh ngecat sendirii sambil beberes bareng2, bonding time yang uhuy banget ini mah mbaa. Kapan2 mau nyobaa. btw ayahku juga selalu pakai nippon paint lho

    BalasHapus
  7. Kalau untuk menyambut hari nan Fitri saya juga lebih milih warna putih, supaya keliatan lebih bersih.
    Nippon Paint memang pilihan tepat kalau masih ada anak kecil, ya. Jadi mudah untuk dibersihkan.

    BalasHapus
  8. Seumur-umur belom pernah ngerasain yang namanya nge-cat apalagi bareng". bagus banget penulisannya berasa kayak tutorial nge-cat. Nambah ilmu deh.

    BalasHapus
  9. Nuansanya pas banget jelang lebaran gini karena orang2 pada mulai ngecat rumah. Nippon paint kualitasnya emang udah gak diragukan lagi. Banyak yg pake termasuk keluargaku.

    BalasHapus
  10. memang waktu yang pas buat menghias dinding rumah waktu ramadhan seperti sekarang ini, saya baru tahu ada cat yang dapat menghilangkan coretan di dinding dengan tisu, keren

    BalasHapus
  11. Waah ternyata nippon paint ini warnanya banyak dan bisa dipilih sesuai maunya kita yaaa 🥰 produknya juga water based dan mudah dibersihkan saat terkena kotoran hihi

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Silakan tinggalkan komentar atau saran untuk membangun tulisan yang ala kadarnya ini.

Love,
Anggi

Anggita R. K. Wardani

read more

Recent Posts


Posts

Pengikut

Member of

Mama Daring Bloggerhub Indonesian Hijab Blogger Komunitas Emak Blogger Komunitas Blogger Perempuan 1 Minggu 1 Cerita Asli Arek Suroboyo