Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Mengenal PAFI Simeulue, Wadah Tenaga Ahli Farmasi di Aceh

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

Halo teman online! Ada yang pernah mendengar tentang perkumpulan ahli farmasi di Indonesia atau disingkat PAFI? Kalau belum, aku akan membahas tentang kiprah PAFI Simeulue yang merupakan cabang PAFI di Aceh.

Kiprah PAFI sangat erat kaitannya dengan pilar penting dalam sektor kesehatan dan farmasi di Indonesia. Langsung saja, yuk, mari kita kumpul untuk mengenal PAFI Simeulue!


Mengenal PAFI Simeulue

Sebelum mengenal PAFI Simeulue, ada baiknya mengenal PAFI alias Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Para ahli farmasi di Indonesia mendirikan PAFI di Hotel Merdeka, Yogyakarta Pada tanggal 13 Februari 1946. Jadi, apa itu PAFI?

Apa itu PAFI?

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia PAFI Simeulue
Sumber: PAFI Pusat

Apa yang dimaksud dengan PAFI?

Organisasi PAFI dulu merupakan kumpulan komunitas Asisten Apoteker. Namun, saat ini PAFI telah melakukan evolusi dengan tampil sebagai organisasi profesi farmasi berbasis:

  • Tenaga Teknis Kefarmasian (Sarjana Farmasi, Ahli Madya Farmasi dan Ahli Madya Analis Farmasi)
  • Asisten Tenaga Kefarmasian (Lulusan SMK Keahlian Farmasi dan AA)

Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 51 Tahun 2009, serta Undang-Undang No 36 Tahun 2014. PAFI yang memiliki dasar keilmuan farmasi merangkum seluruh pekerjaan teknis kefarmasian.

Tenaga Teknis Kefarmasian dan Asisten Tenaga Kefarmasian dalam wadah PAFI lebih fokus untuk mengikuti perkembangan ilmu kefarmasian terkini dan pemutakhiran informasi sesuai dengan regulasi yang berlaku secara nasional maupun global.

PAFI Simeulue

Dalam mengembangkan organisasi hingga ke seluruh Indonesia, PAFI pusat telah membentuk Pengurus Daerah di tingkat Propinsi, serta Pengurus Cabang di tingkat kabupaten atau kota melalui mekanisme musyawarah lima tahunan.

Cabang PAFI Sendiri sudah ada di hampir seluruh wilayah Indonesia. Salah satunya ada di Suka Karya, Kec. Simeulue, Kabupaten Simelue, Aceh atau yang lebih dikenal dengan sebutan PAFI Simeulue.

Hadirnya PAFI Simeulue di Aceh akan memberikan manfaat di bidang kesehatan untuk masyarakat Simeulue, Aceh. Mulai dari memberikan informasi tentang obat-obatan,kesehatan, serta melakukan berbagai program di bidang pendidikan dan sosial.


Tujuan dan Program PAFI Simeulue

PAFI Simeulue

Secara umum, tujuan utama PAFI Simeulue memiliki dasar yang sama dalam visi dan misi PAFI pusat, yaitu:

  • Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur: PAFI memiliki Pancasila dan UUD 1945, serta memiliki tekad untuk. Ikut kontribusi dalam menciptakan masyarakat yang adil dan makmur.
  • Meningkatkan Derajat Kesehatan: PAFI memiliki komitmen tinggi untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal bagi seluruh masyarakat Indonesia melalui bidang farmasi dan kesehatan.
  • Mengembangkan Pembangunan Farmasi: PAFI memiliki upaya untuk mengembangkan sektor farmasi di Indonesia, memastikan bahwa praktik farmasi berjalan dengan standar yang tinggi. Hal ini merupakan bagian dari pembangunan nasional.
  • Meningkatkan Kesejahteraan Anggota: PAFI juga fokus untuk meningkatkan kesejahteraan para anggotanya, memberikan dukungan, serta sumber daya yang dibutuhkan untuk profesional farmasi di Indonesia.

Sementara itu, PAFI Simeulue memiliki program untuk masyarakat Simeulue, Aceh sebagai berikut:

1. Membantu Masyarakat Simeulue Aceh untuk Hidup Sehat

PAFI Simeulue akan memberikan informasi tentang kesehatan dan obat-obatan bagi masyarakat Simeulue. Selain itu, PAFI Simeulue juga melakukan berbagai program di bidang pendidikan dan sosial untuk kesejahteraan masyarakat.

2. Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Penggunaan Obat yang Tepat dan Aman

Di era digital dengan derasnya arus informasi mengenai kesehatan serta obat-obatan sangat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi lewat internet. Namun, nyatanya tidak semua sumber dari internet tersebut dapat dipercaya dan bisa dipertanggungjawabkan.

Oleh karena itu, anggota PAFI Simeulue memiliki komitmen untuk menyediakan informasi mengenai kesehatan dan obat-obatan yang akurat dan terpercaya kepada masyarakat. Jadi, masyarakat Simeulue cukup cek lewat laman Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Simeulue.

3. Menyediakan Program Edukasi

PAFI Simeulue juga memiliki program edukasi untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat sekitar Simeulue tentang penyakit secara umum. Selain itu, mereka juga memberikan edukasi tentang cara pencegahan dan cara pengobatannya.

Anggota PAFI Simeulue akan memberikan penjelasan tentang efek samping suatu obat atau interaksi antara beberapa jenis obat. Dengan demikian, masyarakat Simeulue bisa lebih bijak dalam memilih dan menggunakan obat-obatan.


Aktivitas PAFI Simeulue di Aceh

PAFI Simeulue telah melakukan berbagai aktivitas sesuai dengan visi misi PAFI, serta tujuan hadirnya PAFI di Simeulue. Beberapa aktivitas yang sudah dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Pembagian Vitamin dan Obat-obatan

Melakukan pembagian vitamin kepada anak-anak sekolah dan bantuan obat-obatan kepada kelompok rentan di Simeulue.

2. Penanganan Gizi Buruk

Gizi buruk masih menjadi masalah serius di Simeulue, Aceh. Maka, para ahli farmasi dalam Persatuan Ahli Farmasi Seluruh Indonesia (PAFI) Simeulue melakukan sosialisasi mengenai pentingnya nutrisi, serta gizi baik dan seimbang untuk mencegah gizi buruk.

3. Sosialisasi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)

Melalui program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), PAFI Simeulue menyediakan pemeriksaan rutin bagi ibu hamil, vaksinasi lengkap bayi, dan edukasi tentang nutrisi seimbang selama masa kehamilan hingga menyusui. Selain itu, ahli farmasi dalam wadah PAFI di Simeulue juga memberikan dukungan psikologis bagi para ibu hamil dalam menghadapi perubahan yang bersifat hormonal dan emosional.

4. Sosialisasi Vaksin Polio

Selain memberikan vaksin bayi dalam program KIA, PAFI Simeulue juga memberikan sosialisasi tentang pentingnya vaksin polio. Mereka menyampaikan manfaat, serta fakta-fakta terkait penyakit polio yang bisa berbahaya.

5. Sosialisasi Neonatal

Sosialisasi neonatal merupakan upaya yang dilakukan PAFI Simeulue untuk memberikan pemahaman kepada orang tua baru di Simeulue tentang pentingnya perawatan bayi pada periode neonatal atau masa 28 hari pertama setelah kelahiran. Salah satu metode yang digunakan dalam sosialisasi ini adalah penyampaian informasi melalui seminar atau lokakarya.


Gimana teman online? Sudah sedikit mengenal tentang PAFI Simeulue dan kiprah mereka di masyarakat Aceh? Ternyata ahli farmasi tak melulu berhubungan dengan obat. Mereka juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat sekitar di bidang kesehatan dan farmasi.

Kalau masih penasaran, teman online bisa mengunjungi laman Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Simeulue. Di sana terdapat berbagai informasi tentang kegiatan PAFI Simeulue, serta berbagai berita atau program yang sedang mereka jalankan.


Referensi

https://pafi.or.id/

Posting Komentar

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi