Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Resep Olahan Tepung Jagung untuk Es Krim Rumahan, Enak!

Tepung jagung Maizenaku

Siapa yang suka makan es krim? Kudapan manis nan dingin ini memang jadi favorit segala usia. Selain membeli es krim, kita juga bisa membuat sendiri es krim rumahan dengan resep olahan tepung jagung.

Hah, tepung jagung? Emang bisa untuk membuat es krim rumahan?

Yap! Salah satu rahasia es krim homemade bisa lembut ada di penggunaan jenis tepung jagung seperti tepung maizena. Bagaimana memanfaatkan tepung jagung dalam resep es krim lembut ala rumahan yang bebas pengawet, pewarna, dan perasa? Yuk, kenalan dulu dengan tepung jagung. Nanti aku spill juga resep es krim ala rumahan yang super lembut dan creamy.


Mengenal Jenis Tepung Jagung

Awalnya aku mengira kalau tepung jagung itu, ya, tepung maizena. Ternyata keduanya cukup berbeda, meskipun sama-sama terbuat dari jagung.

Nah, biar nggak salah paham lagi, ada baiknya mengenal dulu jenis tepung jagung, manfaat untuk kesehatan, dan jenis tepung jagung apa yang digunakan untuk membuat es krim rumahan.

Perbedaan Tepung Jagung dan Tepung Maizena

Secara umum ada dua jenis tepung jagung berdasarkan bagian jagung yang digunakan, yaitu tepung jagung dari biji jagung utuh dan tepung jagung dari pati jagung alias tepung maizena. Berikut penjelasan mengenai perbedaan tepung jagung dan tepung maizena.

Tepung Jagung dari Biji Jagung

Tepung jagung jenis ini terbuat dari biji jagung utuh. Teksturnya cenderung sedikit kasar dan berwarna sesuai dengan jenis jagung yang digunakan. Ada yang berwarna kuning, putih, hingga biru.

Tepung jagung yang berasal dari biji jagung utuh memiliki kandungan gizi yang hampir sama dengan jagung utuh, yaitu karbohidrat, pati, kalsium, protein, mineral, dan vitamin. Biasanya tepung jagung jenis ini digunakan sebagai pengganti tepung terigu untuk muffin, pancake, biskuit, dll. karena lebih rendah gula.

Tepung Maizena

Tepung maizena berasal dari endosperma biji jagung atau pati jagung. Warnanya putih, serta teksturnya jauh lebih halus dibandingkan tepung jagung. Kandungan gizi cenderung lebih sedikit dari tepung jagung.

Berbeda dengan tepung jagung dari biji jagung, tepung maizena biasanya digunakan sebagai pengental, pelembut tekstur adonan cair, atau menambah tekstur renyah pada gorengan.

Resep es krim rumahan

Manfaat Tepung Jagung

Tepung jagung memiliki banyak manfaat dalam olahan makanan, hingga kesehatan. Apa saja, sih, manfaat tepung jagung?

  1. Bebas gluten, sehingga bisa menggantikan penggunaan tepung terigu bagi yang sedang diet atau memiliki intoleransi gluten.
  2. Mengandung berbagai zat gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral, hingga antioksidan.
  3. Mengendalikan hipoglikemia.
  4. Meningkatkan kesehatan jantung.
  5. Mencegah penyakit divertikular atau peradangan pada saluran pencernaan.
  6. Tepung maizena yang memiliki lebih sedikit nilai gizi dan nutrisi lebih sering digunakan sebagai bahan masakan untuk mengentalkan, menambah tekstur masakan atau adonan, dan lain sebagainya.

Penggunaan Tepung Maizena untuk Es Krim

Dari penjelasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa jenis tepung jagung yang digunakan untuk membuat es krim adalah tepung maizena. Hal ini karena fungsi tepung maizena yang bisa mengentalkan adonan, mencegah gumpalan, serta melembutkan.

Selain itu, tepung maizena juga tidak memiliki rasa jagung karena terbuat dari pati jagung. Sehingga lebih cocok digunakan dalam pembuatan es krim rumahan karena tidak mengganggu rasa bahan utama es krim.


Rahasia Resep Es Krim Lembut dan Creamy

Saat mencoba beberapa resep olahan tepung jagung untuk es krim ala rumahan, pastinya ada yang gagal dan berhasil. Dari beberapa kegagalan yang pernah aku lalui, ada 3 rahasia bahan yang membuat es krim rumahan bisa jadi selembut es krim komersial. Apa sajakah itu?

Mengenal tepung jagung

1. Emulsifier

Rahasia pertama ada di emulsifier atau zat pengemulsi. Fungsinya untuk membuat adonan es krim bisa lebih menyatu dan stabil. Adonan es krim ala rumahan pun nantinya bisa lembut dan mengembang.

Ada beberapa jenis emulsifier seperti TBM, ovalet, dan SP. Kebanyakan resep es krim rumahan menggunakan SP sebagai emulsifier.

Penggunaan emulsifier seperti SP dalam adonan es krim hanya sedikit saja. Sebab, terlalu banyak SP akan menyebabkan tekstur es krim terlalu ringan saat beku karena terlalu mengembang.

2. Susu Cair

Beberapa resep es krim menggunakan campuran air-susu bubuk, susu cair, atau minuman instan-kental manis. Pilih susu cair sebagai dasar adonan es krim agar lebih creamy.

Aku pernah menggunakan campuran air dan susu bubuk, hasilnya adonan terlalu padat seperti es lilin. Mungkin karena terlalu banyak kandungan air. Jadi lebih baik gunakan susu cair saja.

3. Tepung Jagung

Terakhir, rahasia resep es krim rumahan bisa kental dan lembut adalah tepung jagung jenis maizena. Tepung maizena dalam pembuatan es krim rumahan berfungsi untuk mengentalkan adonan susu pada proses pembekuan pertama.

Aku pernah mencoba membuat es krim rumahan tanpa tepung maizena, hasilnya adonan cenderung keras seperti tekstur es lilin. Jadi, penggunaan tepung jagung seperti tepung maizena sangat penting dalam membuat es krim rumahan agar bisa lembut.


Resep Olahan Tepung Jagung: Es Krim Alpukat Favorit Si Kecil, Lembut dan Creamy

Gimana? Sudah paham, kan, apa aja rahasia supaya es krim buatan sendiri di rumah bisa lembut dan creamy? Terutama jenis tepung jagung yang digunakan untuk adonan es krim, yaitu tepung maizena.

Nah, kali ini aku bakal share resep es krim alpukat yang biasa aku buat untuk camilan si kecil. Es krim alpukat lembut nan creamy favorit si kecil tersebut menggunakan resep olahan tepung jagung. 

Mengenal resep olahan tepung jagung

Alat dan Bahan

Membuat es krim susu dengan bahan buah alpukat ini agak sedikit tricky. Sebab kalau salah mengolah alpukat, es krim malah menjadi pahit.

Kesalahan yang sering dilakukan adalah memasak alpukat bersama susu sampai mendidih. Nah, cara ini yang menyebabkan alpukat bisa berubah menjadi pahit. Oleh karena itu, ikuti langkah dalam resep es krim ini sama persis.

Alat

  • Mixer, blender, atau hand mixer
  • Wadah
  • Panci
  • Sendok

Bahan A

  • 2 buah alpukat mentega (kurang lebih 300 gr)
  • 3 sdm gula pasir
  • 100 ml susu cair

Bahan B

  • 400 ml susu cair full cream uht
  • 5 sdm gula pasir
  • 3 sdm maizena, dilarutkan dengan 50 ml air putih

Bahan C

  • ½ - 1 sdm SP

Cara Membuat

  1. Campur bahan A, blender hingga halus, lalu tiriskan.
  2. Campur bahan B, kecuali maizena. Panaskan dengan api kecil hingga tercampur rata. Setelah itu, masukkan maizena, dan aduk kembali sampai rata.
  3. Tunggu hingga adonan mengental, matikan kompor, dan dinginkan adonan sebentar.
  4. Masukkan campuran bahan A ke dalam campuran bahan B, lalu aduk rata dengan mixer sebentar.
  5. Masukkan ke dalam freezer. Tunggu hingga 4-6 jam atau sampai beku.
  6. Setelah beku, keluarkan adonan dari freezer, lalu mulai hancurkan dengan mixer.
  7. Tambahkan Sp sesuai selera. Kalau aku cukup ½ sdm saja agar adonan nantinya tidak terlalu ringan. Lalu, aduk adonan sampai rata, terlihat teksturnya halus, dan mengembang.
  8. Masukkan adonan ke kulkas. Tunggu hingga semalaman atau beku.
  9. Sajikan es krim alpukat.


Tepung Maizena Andalanku untuk Resep Es Krim Rumahan

Omong-omong tentang tepung jagung maizena, aku sering menggunakan merk Maizenaku dari Egafood. Termasuk saat membuat es krim rumahan favorit si kecil.

Kenapa aku pilih Maizenaku dari Egafood?

Tepung Maizenaku dari Egafood

Pertama, tentunya karena Maizenaku terbuat dari jagung pilihan berkualitas dengan mutu no. 1. Teksturnya pun lebih halus, berwarna putih, dan tidak berbau.

Maizenaku juga dapat mengentalkan tekstur adonan atau makanan 2x lebih kuat dibandingkan dengan merk tepung maizena lainnya. Soal halal, jangan khawatir karena Maizenaku sudah memiliki sertifikat halal MUI. Maizenaku juga memiliki sertifikat TOP BRAND.

Tak hanya itu, Maizenaku ini juga non GMO (Genetically Modified Organism) alias tidak menggunakan organisme yang gen-gennya diubah. Jika terdapat pengubahan gen, suatu saat bisa terjadi mutasi gen. Wah, ngeri ya!

Nah, karena alasan-alasan tersebut aku lebih suka pakai Maizenaku untuk memasak segala macam olahan tepung jagung seperti es krim rumahan, bakwan, puding, dll. Kamu juga bisa coba pakai Maizenaku dan recook resep es krim rumahan yang sudah aku bagi!


Referensi

https://egafood.co.id/tepung-jagung/

https://egafood.co.id/5-resep-es-krim-dengan-tepung-maizena-dan-pop-ice-anti-gagal/

42 komentar

42 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Lailatul Istiqomah, S.M
    Lailatul Istiqomah, S.M
    4 Desember 2023 pukul 16.03
    Kirain tepung jagung buat kue dan roti aja. Ternyata bisa buat ice cream. Bakal segera recook ice cream buatan sendiri deh
    Reply
  • Han
    Han
    30 November 2023 pukul 22.42
    Baru tahu banget loh aku kalau tepung jagung juga bisaaaa dibikin es krim kek gini, keereeen sekalii! Kapan2 tulis resepnya dong mbaaa hihi
    Reply
  • Witri Prasetyo Aji
    Witri Prasetyo Aji
    30 November 2023 pukul 20.59
    Membuat es krim sendiri selain bisa memilih rasa sesuai selera, juga lebih sehat. Jadi pengen bikin juga. Tapi beli dulu tepung maizenanya.
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    30 November 2023 pukul 17.50
    Saya dulu kia tepung jagung dan tepung maizena sama, Mbak. ternyata berbeda ya. malah dulu saat saya kecil, tepung maizena digunakan untuk melicinkan saat main karambol hehehe.
    Nah, lalu saya tahu tepung maizena untuk buat kue juga. eh ternyata untuk bahan es krim juga ya.
    Reply
  • Dyah Kusumastuti Utari
    Dyah Kusumastuti Utari
    30 November 2023 pukul 11.11
    Terima kasih resepnya Kak, mau cobain ah, mumpung di rumah ada alpukat, tepung maizena dan susu, tinggal beli SPnya aja, aku belum pernah coba nih resepnya, jadi penasaran dengan hasilnya
    Reply
  • M. Rizki Riswandi, S.Kom
    M. Rizki Riswandi, S.Kom
    24 November 2023 pukul 14.02
    Wah, gak nyangka tepung jagung punya segudang manfaat ya! Selain bisa jadi alternatif bagi yang gak bisa makan gluten, ternyata juga kaya zat gizi dan bisa bantu kesehatan jantung. Jadi, gak cuma buat ngentalkan masakan aja, tapi ada benefit kesehatannya juga. Nice! 👍
    • M. Rizki Riswandi, S.Kom
      Didik Purwanto
      30 November 2023 pukul 20.45
      Aku jg kaget ternyata tepung jagung malah bisa utk seabrek jenis makanan. Apalagi kaya gizi. Padahal ada yg bilang kurangin makanan yang tepung2an dan goreng2an. Ternyata Tepung Maizrnaku malah lbh sehat dan bernuttisi.
    Reply
  • Fera Marentika
    Fera Marentika
    24 November 2023 pukul 02.54
    waah penasaran pengen coba buat es krim sendiri jadinya xD di rumah juga pakai tempung maizena yang ini nih, masih ada stoknya. tinggal milih waktu deh kapan siap eksekusi bahan2nya bersama anak ^^
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    23 November 2023 pukul 23.49
    Aku pernah banget donk.. bikin es krim.
    Di bayanganku semudah itu, gitu yaa.. Ternyata engga.
    Ada hidden way yang kudu diikutin supaya bisa jadi es krim lembut kaya di toko es krim yang mahal itu..
    Reply
  • Han
    Han
    23 November 2023 pukul 23.35
    ya Allaah kenapa yaaa aku kok ngga ngeeh kalau tepung jagung itu bisa bikin eskrim, btw untuk corn starch itu aku baru tahu akhir2 ini pas nontonin mastercheff hihi, thankyou kak Anggia jadi tahuu gimana detail bedanyaa makin nancep kalo baca
    • Han
      Kyndaerim
      30 November 2023 pukul 18.59
      Sama lagi, wkwk.. aku malah baru tau ini si corn starch itu, wkwk.. Jadi pinisirin.
    Reply
  • Happy
    Happy
    23 November 2023 pukul 22.37
    ya allah bikin es krim tub ternyata pakai tepung ya 🤣 jadi penasaran aku pengin bikin juga. biasanya mamaku juga suka stok Maizenaku
    Reply
  • Monica Anggen
    Monica Anggen
    23 November 2023 pukul 20.38
    Akhirnya paham beda tepung jagung dan tepung maizena. Tapi daripada pusing udahlah sedia Maizenaku saja di rumah. Ini memang jadi bahan buat masak juga kalo di rumah. Btw, thanks buat resep es krimnya. Mudah diimplementasi nih. Besok mau coba bikin ah
    • Monica Anggen
      Yonal Regen
      30 November 2023 pukul 11.23
      Sepakat kak Mon. Abis baca artikel ini jadi paham perbedaan keduanya. next tinggal eksekusi bikin es krim nya, ya
    • Monica Anggen
      Ayah Ugi
      30 November 2023 pukul 16.42
      Maizenaku memang enak dibuat olahan, apalagi es krim, tinggal tambah rasa-rasa sesuai selera, jadilah es krim yang disenangi banyak orang. Terus ga perlu ribet, selain itu bisa disesuaikan dengan selera,
    Reply
  • Tukang jalan jajan
    Tukang jalan jajan
    23 November 2023 pukul 20.00
    ternyata tepung jagung bisa diolah menjadi cemilan yang menyenangkan banget. Dengan ditambah bahan lain dan dibuat sepenuh hati maka jadilah cemilan yang menyenangkan semua orang. Aku bakalan suka banget nih
    Reply
  • Luluk Sobari
    Luluk Sobari
    23 November 2023 pukul 15.49
    Sama Mbak, saya kira tepung jagung itu ya tepung maizena. Ternyata berbeda ya Kak. Tapi kalau tepung maizena, saya juga sering pakai Maizenaku dari Egafood.
    Reply
  • Indra DP
    Indra DP
    22 November 2023 pukul 23.32
    loh baru tau aku kalo Tepung maizena bisa buat es krim. hmm gimana ya rasanya?? jadi penasaran pengen bikin sendiri juga
    Reply
  • Alfida Husna
    Alfida Husna
    22 November 2023 pukul 22.08
    Wah aku kira sama mbak tepung meizena dan jagung. Anakku suka banget makan es krim, boleh nih aku coba ternyata gampang banget ya. Aku juga suka pakai tepung meizenaku untuk mengentalkan makanan. Gak nyangka bikin es krim juga bisa pakai tepung meizenaku ya.
    • Alfida Husna
      rejekingalir.com
      30 November 2023 pukul 13.46
      Daku juga mikirnya demikian kak, sama gitu, ternyata beda ya.
      Dan asiknya bisa nih praktekkan resep bikin es krimnya hehe
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    22 November 2023 pukul 20.23
    Lembutnya emang lumer lumer kalau bikin es krim pakai tepung maizena itu. Saya pernah jualan es krim rumahan sebelum muncul es krim murah yang sempat heboh karena diberitakan menelantarkan pegawainya.
    Beneran lembut dan enak
    • Okti Li
      Happy
      30 November 2023 pukul 23.14
      wah, pengalaman banget ya Mbak Okti karena jualan es krim. aku juga jadi pengen nyoba bikin es krim pakai Maizenaku
    Reply
  • Raff
    Raff
    22 November 2023 pukul 17.02
    keren nih idenya
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    22 November 2023 pukul 00.33
    Ah, iyayaa.. jadi paham sekarang bedanya tepung jagung dan Tepung maizena.
    Dan aku sedia juga nih.. Maizenaku. Karena anakku yang kedua hobi masak.
    Jadi kalo lagi pingin bikin makanan, suka ngide apaa gitu.

    Nanti aku kasih ide bikin es krim dari Maizenaku.
    Es krim bisa jadi cemilan sehat dan bisa jadi banyak plus puas kalau bikin sendiri begini.
    • lendyagasshi
      HendraDigital
      23 November 2023 pukul 07.50
      Wah enak nih kalo hobi masak, berbekal ide dan tepung dari Maizenaku, udah bisa kreasi membuat kue. Bisa kenyang camil mulu yak, hehehehe
    Reply
  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    21 November 2023 pukul 22.11
    Eh kebtulan nih ada Maizena di rumah. Dapat hadiah dari RT waktu itu lomba dan sepertinya lebih baik bikin es krim saja seperti di atas, yeay!
    • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
      Didik Purwanto
      23 November 2023 pukul 19.48
      Waaah asyik bgt nih kak. Dpt gratisan tepung Maizenaku gara2 menang lomba. Aku hrs beli nih soalnya ga ada yg ngasih hehe. Smg nyokap ntr suka dan bikin kudapan enak dr Tepung Maizenaku.
    Reply
  • Kyndaerim
    Kyndaerim
    21 November 2023 pukul 20.06
    Ish, aku malah baru tau tepung jagung bisa buat es krim, hehe.. Kalo manfaatnya aja oke, gpp kali ya makan es sering², xixixi.. save dulu ah resepnya, kebetulan punya Maizenaku nih buat bikin kue kemaren.
    • Kyndaerim
      Fenni Bungsu
      23 November 2023 pukul 18.33
      Gak apa-apa kak, kan bikin sendiri esnya. Palingan sih lebihin gitu buat dikirimin kepadaku, buat daku coba, eh wkwkwk
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    21 November 2023 pukul 19.19
    wah saya jadi tahu secara detail mengenai perbedaan tepung jagung dan maizena, ternyata sama-sama dari jagung hanya beda sumbernya aja, yang satu dari jagung utuh satu lagi dari patinya. Btw tips untuk buat es krimnya bisa saya coba di rumah niy mba ANggita, kebetulan keponakan suka banget dengan es krim bisa nyobain buat sendiri, bahannya mudah dicari dan juga cara buatnya mudah banget
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    21 November 2023 pukul 19.17
    Baru tahu nih kalo es krim bs dibuat dari tepung jagung. Berhubung ini pake Tepung Maizenaku, teksturnya bakal halus bgt ya kak. Soalnya udh sering nih nyokap di rumah pake tepung jagung ini buat kudapan. Aku mau coba resepnya ah buat es krim ini. Si kecil pasti suka nih ama es krim.
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    21 November 2023 pukul 16.35
    Daku ada maizena, cuma belum pernah buat bikin es krim huhu. Untung ada resepnya kak Anggi bisa nih di noted dulu, buat dipraktekkan kemudian
    • Fenni Bungsu
      Bunda Saladin
      23 November 2023 pukul 12.00
      Hayukk kak kita praktek bareng. Pas anakku lagi suka eskrim apalagi cuaca panas gini. Tinggal beli tepung maizena dan bahan2 lain.
    Reply
  • Deeva Collection
    Deeva Collection
    21 November 2023 pukul 16.11
    Wah, ada resep baru yang bisa dicoba untuk keluarga nih. Apalagi bahan-bahannya simpel, dna mudha didapat. Langsung eksekusi ah, baking buat es krim
    • Deeva Collection
      Indra DP
      29 November 2023 pukul 22.58
      wih gimana mas, udah berhasil bikin es krimnya? bahannya simple dan mudah didapat di toko2 kelontong hehehe
    Reply
  • Yonal Regen
    Yonal Regen
    21 November 2023 pukul 09.04
    Baru paham banget perbedaan antara tepung jagung dan tepung maizena, dikira awalnya semua tepung dari jagung disebut tepung maizena, ternyata berbeda, ya. Baru tahu juga kalau tepung jagung bisa dijadikan sebagai bahan tambahan untuk membuat es krim yang lembut dan creamy. Harus dicoba nih
    Reply
  • Adriana Dian
    Adriana Dian
    21 November 2023 pukul 08.03
    wah iyaaaa, kupikir tepung jaung itu tepung maizena loh.. ternyata beda ya? bisa bermanfaat buat emulsifier juga? ih jadi pengen bikin es krim pake tepung jagung juga niiiih
    • Adriana Dian
      Daeng
      22 November 2023 pukul 22.18
      bikin yang banyak kak tar tingal di jual pasti laris banget apalagi kalo diskon 99% hehehee
    Reply
  • Daeng
    Daeng
    20 November 2023 pukul 21.38
    thanks kak udah berbagi ilmu lewat resep cara membuat ice cream bisa jadi bahan tuk jualan tuh
    Reply
  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin
    20 November 2023 pukul 18.29
    Ooh ternyata tepung jagung beda ama maizena ya. Daku biasa bikin tortilla sih ya pake maizena. Ternyata bisa buat bahan eskrim juga. Makasih resepnya, kapan2 coba ahh.
    • Bunda Saladin
      Kyndaerim
      24 November 2023 pukul 01.17
      Dulu kukira juga sama , hihihi.. Tapi keduanya bisa bikin camilan makin enak.
    Reply
  • HendraDigital
    HendraDigital
    20 November 2023 pukul 09.01
    Baru tau perbedaan tepung jagung dengan tepung maizena. Meski sama-sama diolah dari jagung 🌽, tetapi punya fungsi yang berbeda ya. BTW, es krim alpukat 🥑 ini suka banget. Pasti bakalan langsung habis dalam sekejap hehehe
    Reply