Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Cara Tepat Memilih Layanan Keuangan Fintech yang Terpercaya

Layanan keuangan fintech

Halo teman online! Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, mengakses layanan keuangan semakin mudah hanya dengan sentuhan jari. Selain bank konvensional, kini hadir banyak layanan keuangan berbasis teknologi atau fintech yang bisa kamu andalkan. Tidak hanya untuk pengelolaan keuangan pribadi, layanan ini juga dapat memberi manfaat bagi keperluan manajemen keuangan perusahaan atau bisnis. 


Mengapa Butuh Layanan Keuangan Fintech?

Teman online pastinya sudah mengenal dengan baik layanan perbankan konvensional, kan? Bisa dibilang bank pada umumnya tempat kita menabung.

Nah, di tengah perkembangan era digital saat ini, bank konvensional bukanlah satu-satunya layanan yang bisa digunakan untuk mengelola keuangan. Saat ini telah hadir layanan berupa fintech atau financial technology yang memiliki akses jauh lebih canggih dan fleksibel. 

Fintech merupakan sebuah inovasi di industri jasa keuangan yang menggunakan teknologi. Melalui layanan ini teman online bisa mengelola dana, melakukan transaksi, bahkan mengajukan pinjaman dengan lebih mudah. Layanan yang diberikan pun praktis untuk diakses, jauh lebih fleksibel karena tersedia dalam bentuk digital, serta bisa dijangkau secara online. 

Kehadiran fintech saat ini tidak hanya bermanfaat bagi individu namun juga perusahaan atau bisnis. Layanan keuangan ini akan mempermudah transaksi dan membuat pencatatan keuangan jadi lebih efektif.

Namun, tentu saja sebagai generasi millenial dan gen z harus pintar memilih layanan yang tepat. Hal ini agar pengelolaan dana lebih aman dan semua transaksi berjalan lancar. Seperti apa cara memilih layanan fintech yang tepat?


Tips Memilih Layanan Fintech

Saat ini ada banyak sekali pilihan layanan fintech yang bisa teman online akses. Namun, tidak semuanya bisa dipercaya, serta menawarkan fitur yang aman untuk pengelolaan dana. Berikut adalah beberapa tips yang perlu dilakukan dalam memilih layanan fintech terbaik dan bisa diandalkan:

Layanan keuangan fintech

1. Pastikan Legalitasnya

Pertama, lakukan pemeriksaan legalitas dari layanan tersebut. Hal ini merupakan jenis layanan yang tidak bisa dianggap sepele karena berurusan langsung dengan uang. Apalagi jika akan menggunakan layanan ini untuk keperluan bisnis, serta mengelola uang yang jumlahnya cukup besar. 

Pastikan dulu layanan tersebut legal untuk diakses dan sudah diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Ini sangat penting agar semua dana yang tersimpan dan ditransaksikan lewat layanan tersebut terjamin keamanannya. Jangan mudah percaya pada fintech yang menawarkan banyak keuntungan kurang rasional, tapi tidak punya izin operasional resmi. 

2. Cek Kemudahan Akses

Selanjutnya teman online juga perlu mengecek kemudahan akses. Salah satu keunggulan pemakaian fintech adalah mudah untuk diakses dari mana saja secara online.

Jadi pastikan bahwa layanan tersebut memang praktis, sekaligus memiliki fitur yang user friendly. Bagian ini akan mempermudah semua layanan yang tersedia mulai dari transaksi maupun kepentingan lainnya. 

Kemudahan akses ini memang jadi kelebihan yang pasti akan ditonjolkan oleh sebuah layanan fintech. Jadi kamu bisa dengan mudah mengetahui apa saja keunggulannya, lalu mempertimbangkan apakah memang layanan tersebut layak digunakan atau tidak. Jika dirasa terlalu ribet cara aksesnya dalam memenuhi kebutuhan keuangan, maka pilihlah layanan lainnya. 

3. Lihat Detail Layanan dan Fitur

Pastikan teman online memeriksa semua detail layanan dan fitur yang tersedia. Tentunya setiap layanan fintech akan menawarkan fitur yang berbeda-beda. Jenis layanan yang mereka sediakan juga bisa saja berbeda.

Jadi usahakan untuk melihat satu per satu semua fitur dalam layanan fintech. Selain itu, periksa juga apakah sudah sesuai dengan kebutuhan atau ekspektasi. 

Setiap orang pastinya akan memiliki kebutuhan, serta ekspektasi yang berbeda-beda terhadap layanan fintech. Jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan pemakaian, baik itu untuk pengelolaan dana pribadi maupun perusahaan. 

4. Cari Tahu Biaya Operasionalnya

Jangan lupa cari tahu juga mengenai biaya operasional yang akan dibebankan kepada pengguna. Hal ini tidak kalah penting karena biaya operasional akan berpengaruh pada keuangan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, pastikan bahwa layanan tersebut memberlakukan biaya operasional yang masih rasional dan tidak merugikan keuangan. 

5. Pilih yang Menawarkan Banyak Keuntungan

Siapa, sih, yang nggak suka mendapat untung? Sudah pasti teman online lebih memilih layanan fintech yang menawarkan lebih banyak keuntungan.

Jika bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan, pasti lebih merasa lebih nyaman saat memakai layanan tersebut. Misalnya saja kemudahan dalam transaksi, biaya operasional yang ringan, pencatatan transaksi yang detail, dan lain sebagainya. 

Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan faktor suku bunga yang ditawarkan. Jika layanan tersebut menawarkan suku bunga yang cukup tinggi, berarti nilai keuntungan pun juga lebih besar. Tentu ini bisa jadi pertimbangan penting dalam memilih layanan fintech yang tepat. 


Gunakan Layanan Keuangan Digital dari Fazz 

Layanan keuangan fintech
Layanan fintech Fazz (sumber: fazz.com)

Nah, biar tidak bingung memilih, teman online bisa mempercayakan pengelolaan keuangan kepada layanan fintech dari Fazz. Layanan keuangan digital dari Fazz dirancang secara khusus untuk pebisnis agar bisa merasakan kenyamanan, serta kemudahan dalam mengelola keuangan.

Biaya operasional yang ditawarkan Fazz juga terbilang rendah. Mereka juga memberi penawaran suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan bank konvensional. 

Lebih dari itu, Fazz juga terjamin aman karena sudah terdaftar OJK, sehingga beroperasi secara legal. Transaksi pun lebih mudah dilakukan, serta manajemen keuangan akan jauh lebih efektif.

Layanan keuangan digital dari Fazz ini bisa teman online andalkan kapan saja. Selain itu juga mudah diakses secara fleksibel dimanapun posisimu. Gimana, teman online tertarik untuk mencoba layanan Fazz?


Referensi 

https://news.bsi.ac.id/2021/10/18/tips-memilih-fintech-terpercaya/

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10468

5 komentar

5 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Aldhi Fajar
    Aldhi Fajar
    5 November 2023 pukul 22.55
    Fintech memang terkadang membantu sih. Semua pengeluaran jadi lebih tertata
    Reply
  • Nabilla DP
    Nabilla DP
    5 November 2023 pukul 21.30
    saya sendiri kurang lebih sama sih kak, pertama tentu cek legalitasnya.. kemudian cek juga layanannya apakah sudah sesuai dengan kebutuhan finansial kita. itu yang terpenting
    Reply
  • April Hatni
    April Hatni
    4 November 2023 pukul 21.09
    Fintech ini mempermudah transaksi dan membuat pencatatan keuangan jadi lebih efektif. Namun perlu jeli dalsm memilih juga sih.
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    4 November 2023 pukul 20.34
    Yg penting udh terdaftar resmi di OJK ya kak. Jd aman. Kdg ada yg udh terdaftar aja ada yg msh menipu.

    Mknya kita jg hrs pinter2 ngecek soal fintech ini. Hrs cek semua dr segala sisi. Tp kalo Fazz ini udh terbukto bener sih layanannya. Aku jg ufh pakr. Bener2 bermanfaat bgt buat investasi dan bayar membayar.
    Reply
  • sari widiarti
    sari widiarti
    3 November 2023 pukul 20.43
    Keberadaan fintech nih sebenarnya bisa jadi solusi pendanaan bagi usaha atau umkm untuk mengembangkan bisnisnya, tapi harus teliti untuk dapat dana dari fintech
    Reply