Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Tips Traveling ke Jepang Saat Musim Panas, Banyak Festival Seru!

Tips traveling ke Jepang saat musim panas

Musim panas di Jepang membawa pesona tropis dengan cuaca hangat dan festival-festival meriah. Seperti yang kita ketahui, Jepang merupakan salah satu negara dengan 4 musim, dan salah satunya adalah musim panas.

Jika teman online tertarik untuk traveling ke Jepang saat musim panas, bisa memesan tiket melalui Traveloka. Ada banyak pilihan maskapai ke Jepang, salah satunya adalah Japan Airlines.


Punya Rencana Traveling ke Jepang Saat Musim Panas? Simak Tips Berikut!

Dari pemandangan alam yang memukau hingga perayaan budaya yang unik, Jepang selalu memiliki daya tarik tersendiri di mata para traveler. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu teman online untuk merencanakan perjalanan tak terlupakan ke Jepang saat musim panas!

1. Siapkan Pakaian yang Tepat

Musim panas di Jepang biasanya membuat udara sangat panas dan lembap. Pastikan membawa pakaian yang nyaman dan ringan. Misalnya baju kaos berbahan katun, celana pendek, dan sandal yang nyaman untuk berjalan-jalan.

Jangan lupa bawa juga pakaian renang jika teman online berencana untuk berenang di pantai atau kolam renang. Hindari membawa baju hangat seperti sweater atau jaket karena musim panas di Jepang akan berlangsung cukup lama serta konsisten.

2. Nikmati Festival Matsuri

Musim panas di Jepang merupakan saat yang sempurna untuk menghadiri festival-festival tradisional Jepang yang dikenal sebagai "matsuri". Yap! Musim panas di Jepang sangat identik dengan berbagai macam festival yang seru.

Festival ini sering diadakan di kuil-kuil dan kuil kecil seluruh negeri. Kamu dapat menikmati tarian, karnaval, kembang api, dan makanan lezat selama festival-festival ini. Selain itu juga bisa menyewa pakaian tradisional Jepang untuk meramaikan festival, lho!

3. Menyaksikan Pertunjukan Kembang Api

Festival kembang api Jepang

Selain festival, pertunjukkan kembang api (hanabi) adalah bagian penting dari musim panas di Jepang. Kembang api spektakuler dipentaskan di seluruh negeri, menciptakan pemandangan malam yang indah dan memukau. Nah, pastinya bakal memorable banget untuk menikmati keindahan cahaya dan warna kembang api yang memukau saat Hanabi.

4. Berkunjung ke Pantai dan Pulau-Pulau Tropis

Selain Indonesia, Jepang juga memiliki pantai-pantai yang menakjubkan dan pulau-pulau tropis yang cocok untuk liburan musim panas. Teman online bisa berjemur di pasir putih, berenang, menyelam, atau bahkan mencoba berbagai olahraga air seperti selancar atau snorkeling. Cobain, deh! Pemandangan indah pantai di Jepang tidak akan membuatmu menyesal untuk datang.

5. Jelajahi Pegunungan dan Taman Nasional

Selain pantai, Jepang juga memiliki keindahan alam lainnya, seperti pegunungan dan taman nasional. Meskipun cuaca panas, pegunungan di Jepang menawarkan udara yang lebih sejuk dan pemandangan yang menakjubkan. Kamu bisa merencanakan pendakian gunung atau berjalan-jalan di taman nasional untuk menikmati alam yang mempesona.

Traveling ke Jepang saat musim panas

6. Manfaatkan Air Terjun dan Sungai

Saat musim panas, air terjun dan sungai di Jepang menjadi tempat bersantai yang populer dari panasnya cuaca. Keindahan alam Jepang bisa dinikmati sambil berendam di air terjun atau sungai yang sejuk dan segar.

Teman online juga bisa lho mencoba mandi atau sekedar bermain air sebentar di air terjun atau sungai indah di Jepang. Airnya jernih dan juga dingin!

7. Cicipi Kuliner Musim Panas

Musim panas adalah waktu yang tepat untuk mencicipi hidangan-hidangan musim panas Jepang yang segar dan lezat. Cobalah hidangan kuliner kakigōri, yaitu es serut Jepang yang disajikan dengan sirup buah-buahan. Bisa juga coba hidangan berbasis ikan dan sayuran segar yang khas musim panas.

8. Pertimbangkan Cuaca dan Keramaian

Meskipun musim panas adalah waktu yang indah untuk mengunjungi Jepang, cuaca panas, lembab, serta liburan musim panas sekolah bisa menyebabkan tempat-tempat wisata populer menjadi lebih ramai. Pertimbangkan untuk memesan tiket dan akomodasi lebih awal, serta periksa jam operasional tempat-tempat wisata.


Daftar Festival Musim panas di Jepang

Matsuri di Jepang saat musim panas
Festival Tanabata (sumber: Canva Pro)

Masih bingung untuk menyusun itinerary traveling ke Jepang saat musim panas? Catat dulu, nih, festival musim panas yang ada di Jepang.

Festival Tanabata

Festival Tanabata diadakan pada tanggal 7 Juli di seluruh Jepang. Festival ini merayakan kisah romantis antara dua bintang, Vega dan Altair, yang bertemu sekali dalam setahun. Orang-orang menulis harapan atau doa mereka di kertas berwarna dan menggantungnya di pohon-pohon bambu.

Festival Gion

Salah satu festival terbesar dan paling terkenal di Jepang, Gion Matsuri diadakan di Kyoto pada bulan Juli. Festival ini mencakup parade yang mengesankan dengan berbagai hiasan terbuat dari kertas dan kayu, serta atraksi budaya tradisional.

Kanto Matsuri

Festival Kanto Matsuri diadakan di Akita pada bulan Agustus. Peserta dalam festival ini menggendong rangkaian lampu yang ditaruh di atas bahu mereka, menciptakan pemandangan yang menakjubkan di malam hari.

Tenjin Matsuri

Festival Tenjin Matsuri diadakan di Osaka pada tanggal 24-25 Juli. Ini merupakan salah satu festival terbesar di Jepang dan mencakup parade perahu berhias dengan lampu-lampu dan kembang api.

Awa Odori

Diadakan di kota Tokushima pada bulan Agustus, Awa Odori adalah festival tari tradisional yang mengundang partisipan dari warga setempat dan pengunjung. Tarian ini diiringi oleh alat musik tradisional seperti shamisen dan taiko.


Penutup

Musim panas adalah waktu yang mempesona untuk menjelajahi kekayaan budaya dan alam Jepang. Dengan persiapan yang tepat, teman online-ku akan dapat menikmati festival-festival, pemandangan alam, dan kuliner yang membuat traveling ke Jepang saat musim panas menjadi tak terlupakan. Yuk, ke Jepang saat musim panas!


Referensi

  • https://www.japan.travel/id/id/keseruan-festival-musim-panas/
  • https://tripjepang.co.id/festival-musim-panas-di-jepang.html
10 komentar

10 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    24 Agustus 2023 pukul 21.32
    Enggak kebayang rasanya aku kalau beneran bisa ke Jepang meski sehari haha
    Soalnya dapat kartu pos aja dari sana udah girang banget
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    24 Agustus 2023 pukul 20.20
    Musim panassss..
    Waktunya bersenang-senang dengan baju yang warna warni. Bahkan kimono musim panas juga terlihat cantiikk yaah..
    Dan ini pas banget ada di bulan Agustus.
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    24 Agustus 2023 pukul 18.42
    Sebenarnya enak bgt loh ke Jepang saat musim panas hingga semi. Kita bs melihat keindahan kota serta beberapa festival spt yg dijelaskan di atas. Jd ingat dulu lihat Bon Odori aja udh seneng bgt.

    Tp temenku ini hny mau diajak brg ke Jepang pas musim salju. Jd ksna emg mau lihat salju. Pdhl aku tuh kalo dingin malah sering sakit.

    Tp katanya dinginnya Jepang tuh beda bgt ama kondisi di Indonesia. Di sana udaranya bgs. Jd ga bakal ada polusi dsb.
    Reply
  • Dyah Kusuma
    Dyah Kusuma
    24 Agustus 2023 pukul 15.42
    Seru ya liburan musim panas di Jepang, selain cuacanya enak untuk jalan-jalan banyak festival juga
    semoga ada kesempatan untuk ke Jepang
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    24 Agustus 2023 pukul 15.36
    Pas musim panas sesuatu banget berarti ya di Jepang, wah bisa diagendakan nih buat ke sana apalagi banyak festivalnya yang menarik minat buat dikunjungi. Semoga bisa kesampaian daku traveling ke sana
    Reply
  • YSalma
    YSalma
    24 Agustus 2023 pukul 13.32
    Traveling ke Jepanga saat musim panas kudu dipersiapkan dengan teliti ya, agar traveling berjalan sesuai dengan ekspektasi. Soale banyak banget festival yang gak boleh dilewatkan untuk disaksikan.
    Reply
  • Putu Felisia
    Putu Felisia
    24 Agustus 2023 pukul 09.04
    Pernah lihat di Waku Waku kalau festival musim panas itu meriah banget dan terasa vibe budaya yang kental. Jadi ngebayangin jalan-jalan di sana pakai yukata, wah ... Pasti asyik banget.
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    24 Agustus 2023 pukul 08.19
    Musim panas bisa bebas eksplorasi semua lokasi wisata di Jepang ya. Meski musim dingin juga tak kalah menarik sih dengan adanya daya tarik salju, bukan?
    Tapi emang musim panas kita gak terlalu ribet jadinya
    Reply
  • Kyndaerim
    Kyndaerim
    23 Agustus 2023 pukul 20.31
    Aaww.. Jepang! Udah ga heran sih ya kalo Jepang nih memang terkenal sama budayanya yg unik. Apalagi waktu musim panas gitu, banyak ternyata festival yg bisa dikunjungi. Udh pasti memorable bingits sih. Catet dulu ah tipsnya, siapa tau kan tiba² terbang ke Jepang, xixixi..
    Reply
  • Farida Pane
    Farida Pane
    23 Agustus 2023 pukul 20.13
    Ada keseruan di setiap musim di Jepang, ya. Kalau musim panas gini yang bikin aku penasaran adalah camilan, teh, dan yukatanya
    Reply