Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

7 Alasan Digital Agency Bisa Bantu UMKM dan UKM Sukses Go Digital

Redcomm Digital agency jakarta

Teman online-ku ada yang sedang menjalankan bisnis UMKM atau UKM? Sudah Go Digital Belum? Kalau belum atau masih bingung harus memulai dari mana, teman online bisa baca dulu nih salah satu cara paling mudah agar UMKM dan UKM sukses Go Digital dengan bantuan digital agency Indonesia.


Kenapa UMKM dan UKM Harus Go Digital?

Di era digital saat ini, apalagi setelah pandemi, tren belanja masyarakat cenderung berubah dari offline ke online. Oleh sebab itu, banyak pelaku bisnis mulai beralih dari pemasaran secara konvensional ke pemasaran secara digital.

Di sisi lain, UMKM dan UKM memiliki kontribusi sampai 61,1% terhadap perekonomian nasional (PDB). Daya serap tenaga kerja UMKM dan UKM juga mencapai hampir 97% dari total daya serap tenaga kerja dunia usaha.

Melihat potensi UMKM dan UKM dalam menciptakan lapangan kerja, serta memperkuat ekonomi, pemerintah mendorong para pelaku UMKM dan UKM agar segera Go Digital. Sebab, dengan Go Digital para UMKM atau UKM bisa mendapatkan benefit utama sebagai berikut.

Digital agency Indonesia terpercaya

Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Para pelaku UMKM maupun UKM bisa menjangkau secara luas konsumen di luar wilayah kota domisili karena saat ini pengguna internet di Indonesia telah mencapai 215,63 juta orang pada periode 2022-2023. Dari jumlah tersebut tingkat penetrasi dan kontribusi internet di seluruh Indonesia hampir menjangkau seluruh wilayah Indonesia mulai dari pulau Kalimantan, Sumatera, Jawa, Maluku, Bali, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara (APJII, 2023).

Meningkatkan Value Bisnis

Salah satu tantangan dalam bisnis adalah adanya pesaing mulai dari segi harga, kualitas, inovasi, dan kreativitas. Laju UMKM atau UKM di era digital saat ini bergerak cepat dan dinamis. Otomatis, para pelaku UMKM atau UKM harus meningkatkan nilai (value) bisnis dengan melakukan transformasi bisnis secara digital, mengikuti perkembangan zaman.

Mudah Mengenali Tren dan Pasar

Kemajuan teknologi yang semakin berkembang menyebabkan tren di dunia bisnis juga menjadi semakin bervariasi. Nah, penggunaan media online dalam strategi digital marketing untuk bisnis UMKM atau UKM akan semakin memudahkan dalam mengenali tren dan pasar lokal, bahkan dunia.


Alasan Kenapa Digital Agency Bisa Bantu UMKM dan UKM Go Digital

Tahap untuk menjadikan UMKM dan UKM Go Digital dimulai dari membuat website, toko online, serta digital marketing. Nah, agar teman online yang punya UMKM atau UKM bisa lebih fokus dalam mengemas value produk atau branding bisnis, bisa gunakan digital agency Indonesia terpercaya.

Jadi, teman online tidak usah pusing harus menguasai digital marketing. Cukup pelajari konsep dasar, lalu serahkan ke digital agency untuk membantu pemasaran produk secara digital.

Selain itu, ada 7 alasan biar teman online makin yakin kenapa jasa agensi digital di Indonesia bisa membantu bisnis UMKM atau UKM sukses Go Digital. Apa saja itu?

Agensi digital Indonesia

1. Membantu Pemasaran Secara Digital

Pertama, sudah pasti agensi digital membantu pemasaran produkmu secara digital. Mulai dari website, media sosial, iklan, dan lain-lain.

Sebagai pemilik bisnis, kamu cukup duduk cantik, memikirkan value produk, dan inovasi agar bisa bersaing dengan bisnis lainnya. Sebab perkembangan UMKM dan UKM di Indonesia cukup dinamis.

2. Efektif, Efisien, dan Fleksibel

Selanjutnya, adalah benefit dalam waktu yang efektif, efisien, dan fleksibel. Bekerja sama dengan digital agency akan lebih menghemat waktu pemilik usaha karena perihal membuat UMKM atau UKM Go Digital sudah didelegasikan kepada orang lain. Ibaratnya seperti berbagi tugas. Waktu yang kamu miliki pun bisa digunakan untuk fokus merancang strategi bisnis.

3. Dilakukan oleh Ahli yang Berpengalaman

Orang-orang dalam suatu jasa digital agency tentunya sudah ahli sekaligus berpengalaman dalam bidang pemasaran digital. Sebagai pemilik bisnis, teman online tak perlu repot-repot melakukan analisis pasar, memahami target audiens, serta hal-hal lainnya yang diperlukan untuk digitalisasi usaha.

4. Hemat Biaya Pemasaran

Dulu perusahaan tempat suami bekerja masih menggunakan pemasaran secara konvensional melalui media cetak yang biayanya sangat mahal. Namun, hasilnya tak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

Setelah melalui rapat panjang, akhirnya mereka memutuskan untuk memulai pemasaran secara digital. Biaya yang dikeluarkan cenderung lebih hemat dibandingkan saat menggunakan pemasaran konvensional. Hasilnya pun lebih bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Hal ini karena digital agency sudah memiliki formula iklan di platform digital untuk menjangkau pasar sekaligus memahami target market. Jadi pemilik bisnis sudah tidak perlu lagi trial dan error untuk menentukan formula iklan yang tepat, cukup gunakan jasa digital agency sehingga menghemat biaya.

5. Mengetahui Target Audiens yang Tepat

Melalui digital marketing agency, personalisasi calon konsumen yang merupakan audiens internet bisa dibuat spesifik sesuai bisnis yang dijalankan UMKM dan UKM. Mereka mampu mempelajari perilaku online konsumen potensial untuk membentuk persona yang pas dalam bentuk konten atau iklan sesuai dengan audiens target pasarnya. Artinya, UMKM dan UKM bisa menawarkan produknya langsung kepada konsumen yang tepat, sehingga penjualan bisa berlangsung dalam jangka panjang.

6. Bantu UMKM dan UKM Bersaing dengan Kompetitor

Digital agency membantu para pemilik UMKM dan UKM dalam memanfaatkan pasar digital dengan cara melibatkan analisis dan pemahaman produk sendiri. Hal ini menyebabkan bisnis UMKM dan UKM bisa bersaing secara kompetitif karena punya strategi pemasaran digital yang lebih mendalam, serta kreatif.

7. Branding Profesional untuk UMKM dan UKM

Digital marketing merupakan teknik pemasaran secara digital yang cukup kompleks. Kalau teman online awam terhadap hal ini, lebih baik gunakan jasa agensi digital agar lebih terlihat profesional. Sesekali pelajari saja digital marketing secara umum agar paham konsepnya.


UMKM dan UKM Sukses Go Digital dengan Digital Agency Redcomm Indonesia

Digital agency memiliki peran penting untuk membantu pelaku UMKM dan UKM agar sukses Go Digital. Namun, perlu dipertimbangkan juga untuk memilih digital agency yang tepat.

Teman online pemilik UMKM atau UKM bisa lakukan riset sederhana kepada calon digital agency pilihan lewat penghargaan yang diterima dan portofolio klien yang sudah sukses ditangani. Salah satu digital agency Jakarta yang sudah terbukti memiliki banyak penghargaan, serta portfolio klien yang oke adalah Redcomm Indonesia.

Berlokasi di Jakarta, Redcomm Indonesia sebagai jasa digital agency Jakarta telah mendapatkan berbagai macam penghargaan. Salah satu yang paling prestisius adalah Redcomm sebagai Campaign Asia Agency of the Year 5 tahun berturut-turut.

Penghargaan Campaign Asia Agency of the Year yang didapatkan oleh Redcomm Indonesia sebagai agensi digital di Jakarta merupakan ajang penghargaan bagi agensi digital terbaik di Asia Tenggara dalam berbagai bidang. Mulai dari media, kreatif, digital, dan PR.

Redcomm Indonesia sebagai agensi digital Jakarta juga memiliki portofolio klien dari berbagai industri besar seperti Danone, Indomie, XL, Samsung, dan masih banyak lagi. Pastinya sangat terpercaya dan terjamin kualitasnya bagi para UMKM dan UKM yang ingin segera Go Digital.

Teman online pemilik UMKM dan UKM tertarik untuk menggunakan jasa digital agency? Yuk, buruan segera Go Digital biar bisnismu makin berkembang.


Referensi

  • Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2023 dalam https://survei.apjii.or.id/
  • https://redcomm.co.id/knowledges/seberapa-penting-digital-marketing-untuk-ukm

66 komentar

66 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah
    19 September 2023 pukul 14.38
    setujusih soal go digital untuk UMKM menjadi penting kalau nggak bakalan ketinggalan pun kalau nggak sempet bisa diserahkan ke jasa berpengalaman seperti redcomm
    Reply
  • Linda Puspita
    Linda Puspita
    14 September 2023 pukul 00.27
    Bener banget kak, apa apa serba digital kalau gak ikutan go digital maka akan ketinggalan, untungnya ada Redcomm Indonesia sebagai agensi digital yang terpercaya sehingga UMKM terbantu banget memasarkan produknya
    Reply
  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    11 September 2023 pukul 06.33
    Kalau tidak Go Digital maka sulit bersaing di era sekarang
    Harus banyak skill yang dikuasai atau percayakan pada ahlinya
    Reply
  • Allamandawi
    Allamandawi
    6 September 2023 pukul 16.14
    Digital agency sepertinya sangat membantu ya, pasalnya udah ada tim profesional di dalamnya buat bantu ngemabngin bisni kita
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    6 September 2023 pukul 10.09
    Digital Agency membantu UMKM untuk bisa Go Digital
    Sehingga bisnisnya bisa berkembang pesat di era digitalisasi seperti saat ini ya mbak
    Reply
  • Jejak Pena Oemy Ikbar
    Jejak Pena Oemy Ikbar
    6 September 2023 pukul 09.23
    Redcomm benar-benar sahabat UMKM Indonesia, karena dengan digital agency seperti Redcomm UMKM usahanya menjadi lebih berkembang menjangkau lebih banyak konsumen
    Reply
  • Rella Sha
    Rella Sha
    5 September 2023 pukul 21.37
    Aku senang karena UKM dan UMKM saat ini jadi primadona perhatian banyak pihak. Termasuk mengedukasi mereka untuk go digital. Redcomm mah udah ngga usah diragukan deh ya, sepak terjangnya di dunia digital udah terbukti sukses dan bisa membawa para kliennya maju.
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    5 September 2023 pukul 11.26
    Zaman yang sudah serba digital, jadi semua dituntut untuk berubah.
    Belajar digital marketing dan UMKM dan UKM juga harus Go Digital bersama Digital Agency terpercaya, Redcomm Indonesia. Pengalamannya di bidang Digital Agency uda 2 dekade, keren banget.
    Reply
  • Ella Fitria
    Ella Fitria
    5 September 2023 pukul 09.06
    Memang saat ini UKM dan UMKM harus go digital kalau mau bersaing dan memperluas pemasaran ya. Untungnya pemilik UKM dan UMKM nggak perlu pusing jika ada agensi digital seperti Redcomm Indonesia ini.
    Reply
  • Farida Pane
    Farida Pane
    4 September 2023 pukul 04.26
    Penting banget memang UKM dan UMKM untuk go digital. Ini akan sangat membantu pemasaran yang lebih luas
    Reply
  • Nuri Rie
    Nuri Rie
    3 September 2023 pukul 23.24
    Zaman sekarang pengusaha ukm harus melek digital ya. Bisa ketinggalan jika hanya mengikuti cara lama.
    Reply
  • Rani Sulaeman Ummu Ahmad
    Rani Sulaeman Ummu Ahmad
    3 September 2023 pukul 20.37
    Menarik nih & harus dipelajari lebih lanjut. Terutama untuk saya sebagai pelaku UKMM yang masih terus belajar. Thanks for sharing
    Reply
  • Goresan hati
    Goresan hati
    31 Agustus 2023 pukul 23.50
    Digital agency memang beneran bisa bantu UMKM bangkit dan go digital. Ngebantu banget mereka
    Reply
  • Nita
    Nita
    30 Agustus 2023 pukul 10.21
    UMKM dan UKM kota memang harus go digital ya, mba, karena masyarakat sudah Gandrung pada belanja online, mau ga mau ya produsen harus menyediakan platform online juga. Redcomm Indonwsia pas dijadikan partnernya.
    Reply
  • Shalikah
    Shalikah
    30 Agustus 2023 pukul 06.47
    Digital Agency memang jadi solusi yang praktis bagi para umkm yang ingin meluaskan jangkauannya di era digital ini. Gak perlu repot memikirkan strategi dan implementasi, cukup serahkan ke ahlinya ya.
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    29 Agustus 2023 pukul 22.55
    Sekarang zaman sudah sangat kolaboratif ya..
    Selain UMKM kudu menjangkau lebih luas melalui Go Digital, alasan lainnya dari segi biaya dan pengalaman, Redcomm sudah sangat ahli dan terpercaya.
    • lendyagasshi
      SHalikah
      5 September 2023 pukul 11.55
      Betul Kak. Sekarang eranya kolaborasi ya. Bagi UMKM menggunakan jasa Digital Agency seperti Redcomm ini sudah jadi pilihan yang pas. Kita gak perlu lagi terlalu repot dengan urusan marketing dan teknisnya. Serahkan saja pada yang ahli.
    Reply
  • Deeva Collection
    Deeva Collection
    29 Agustus 2023 pukul 22.19
    Digital agency bisa menjadi sahabag bagi pelaku usaha UMKM dan UKM. Khususnya dalam hal menjangkau pasar yang lebih luas sehingga bisa membuka peluang pasar dan peluang mendapatkan omset lebih besar.
    Reply
  • Juwita
    Juwita
    29 Agustus 2023 pukul 21.38
    Apalagi saat ini semua sudah serba digital..jadi UMKM juga perlu mempersiapkan diri
    Reply
  • Siti Mustiani
    Siti Mustiani
    29 Agustus 2023 pukul 21.33
    Adanya Digital Agency kayak gini benar-benar membantu banget khususnya UMKM agar produknya dikenal dunia, seneng deh banyak program kolaborasi seperti ini semoga ekonomi Indonesia bisa terus membaik ya
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    29 Agustus 2023 pukul 21.14
    Setuju bgt kak. Dgn bantuan digital agency kayak Redcomm ini, jangkauan bisnis UMKM akan lbh luas. Soalnya pemasaran dan marketingnya diurus detail. Bisnis UMKM lbh cpt berkembang tuh. Kita ga prly repot ngurusin sendiri.
    Reply
  • Ranggi's Travel Story
    Ranggi's Travel Story
    29 Agustus 2023 pukul 21.13
    Digital marketing agency sangat membantu pemilik usaha seperti umkm memperluas jaringan tentang usahanya.

    Produk umkm itu unik jadi perlu dikenalkan di jaringan yg lebih luas. (Gusti yeni)
    Reply
  • Han
    Han
    29 Agustus 2023 pukul 19.43
    Kerenn RedComm ini, suatu saat pengen deh collab sama digital agency kek gini, hihi siapa tahu ya kaan bisnis tahun depan jadi lebih besar dan butuh penanganan Redcomm biar lebih melesat, aamiin.
    Reply
  • hani
    hani
    29 Agustus 2023 pukul 19.13
    Pandemi kemarin membuktikan ya kalau UMKM justru bertahan dibandingkan perusahaan besar. Untunglah ada Redcomm sebagai digital agency supaya UMKM makin maju dan go digital...
    Reply
  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati
    29 Agustus 2023 pukul 17.54
    Perkembangan digital yg kian melesat, harus dimanfaatkan sebaiknya agar penghasilan pun meroket. Tak terkecuali pelaku UMKM pun bisa go digital dengan hadirnya digital marketing agency.
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    29 Agustus 2023 pukul 15.44
    Di era digital seperti sekarang ini, emang umkm harus go digital juga ya mbak
    Bisa minta bantuan digital agency
    • Dee_Arif
      Han
      8 September 2023 pukul 05.23
      bener banget, drpd mikirin gimana marketingnya, lebih baik serahkan ke ahlinya, kita fokus ke peningkatan kualitas produk
    Reply
  • Han
    Han
    29 Agustus 2023 pukul 15.24
    Tahu Redcomm tahun lalu, terus berharap suatu saat bisa collab bareng sama jeyjingga, eaa. aamiin! Ngelihat kesuksesan brand2 lain karena bantuan Redcomm siapa tahu bisa nular ye kaaan
    Reply
  • deamerina
    deamerina
    29 Agustus 2023 pukul 14.34
    beneer. perihal digital marketing emang lebih nyaman efektif diserahin ke ahlinya aja di digital agency. biar kita bisa fokus ke hal yang lainnya. adanya digital agency gini pasti membantu UMKM banget ya. apalagi yang baru melek digital.
    Reply
  • Lintang
    Lintang
    29 Agustus 2023 pukul 13.39
    Penting banget nih yang lagi bisnis terutama para UMKM bisa banget menggunakan jasa digital agency buat promo produk go digital. Apalagi tren Masyarakat kan lebih sering online pasca pandemi. Pilih Redcomm aja yang uda pro dan banyak awardnya.
    Reply
  • Meimoodaema
    Meimoodaema
    29 Agustus 2023 pukul 13.27
    Redcomm ini keren ya kliennya sudah perusahaan kelas kelas atas artinya secara kualitas memang sudah tidak diragukan lagi apalagi pengalamannya sudah puluhan tahun, semoga dapat membantu para pelaku UMKM makin berkembang
    Reply
  • Rizka Amita Ridwan
    Rizka Amita Ridwan
    29 Agustus 2023 pukul 11.17
    Sekarang semua harus mau go digital ya. Sedang zamannya. Yang tidak adaptasi akan tertinggal.
    Reply
  • Luluk Sobari
    Luluk Sobari
    29 Agustus 2023 pukul 10.47
    Yuk semangat para pelaku UMKM, perlu banget buat mulai memikirkan pemasaran digital. Karena memang zamannya sekarang sudah serba digital, biar gak ketinggalan. Dan memang betul, sekarang itu kalau branding digitalnya keren bisa meningkatkan kepercayaan konsumen karean dianggap lebih profesional.
    Reply
  • Jejak Pena Oemy Ikbar
    Jejak Pena Oemy Ikbar
    29 Agustus 2023 pukul 10.41
    Dizaman yang serba digital seperti sekarang ini, para pelaku UMKM jangan gaptek harus ngerti digital agar bisnisnya lebih berkembang.
    Reply
  • Putu Felisia
    Putu Felisia
    29 Agustus 2023 pukul 10.16
    Di Bali ini sekarang pengusaha UMKM sudah mulai melek digital. Kemarin-kemarin masih ragu. Untung juga ada digital agency.
    Reply
  • Taumy
    Taumy
    29 Agustus 2023 pukul 08.30
    Sekarang sama-sama saling menguntungkan ya. UMKM membutuhkan digital marketing agency, TERUS AGENSI DAPAT PROJECT DARI UMKM. Tapi emang bener sih harus milih yang sesuai agar targetnya pun juga sesuai.
    Reply
  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro
    29 Agustus 2023 pukul 05.16
    Benar juga sih. Kalau kita dibantu sama Digital Marketing Agency, kita jadi lebih fokus untuk pengembangan produk. Apalagi Redcomm udah terpercaya dan terbaiklah menurutku.
    Reply
  • Antung apriana
    Antung apriana
    28 Agustus 2023 pukul 12.57
    sekarang pengusaha umkm pun harus melek digital marketing ya agar penjualan mereka bisa terdongkrak. untung deh sekarang sudah ada digital agency yang bisa membantu dalam digital marketing ini
    Reply
  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina
    28 Agustus 2023 pukul 11.32
    Membantu para pelaku UKM dan UMKM ini biar lebih fokus ke branding bisnis..serahkan saja ke digital agency untuk membantu pemasaran produk secara digital.
    • Dian Restu Agustina
      Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
      30 Agustus 2023 pukul 11.16
      Betul sekali
      Saya sangat setuju UMKM Go Digital
      Semoga bisa makin menambah kemajuan ekonomi bangsa
    Reply
  • Kanianingsih
    Kanianingsih
    28 Agustus 2023 pukul 08.08
    steuju banget UMKM harus memanfaatkan era digital ini untuk terus maju , menggunakan jasa digital agency bis ajadi solusi
    Reply
  • Harianeko.com
    Harianeko.com
    27 Agustus 2023 pukul 23.51
    Peran dri Redcomm sngat membantu kinerja ayah untuk memaksimkan foto dihalaman untuk mmbantu umkm berkembang dalam dunia teknologi.
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    27 Agustus 2023 pukul 23.39
    Penting sekali untuk mengenal Go Digital kepada pelaku usaha UMKM karena kebutuhan kini semua melalui digitalisasi. Dan bersama Redcomm, pengenalan menjadi lebih mudah dan dibantu lembaga profesional.
    • lendyagasshi
      Fenni Bungsu
      29 Agustus 2023 pukul 15.34
      Nah iya Teh,
      Jadinya urusan memasarkan produk bisa lebih tepat sasaran ya dengan digital agensi ini
    Reply
  • Shinta Shyntako
    Shinta Shyntako
    27 Agustus 2023 pukul 23.36
    zaman now umkm kudu naik kelas kalo g mau ketinggalan ya, plus umkm juga hrs fokus jg sm kualitas yg sebanding sm harganya, gak heran skrg byk digital agency yg concern utk membantu umkm gini ya
    Reply
  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    27 Agustus 2023 pukul 22.57
    Kalau semua bisa tertangani begini tentu UMKM dan UKM akan maju di Indonesia
    Semua orang akan berlomba-lomba menjalankan bisnis tanpa harus bingung lapangan kerja
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    27 Agustus 2023 pukul 22.12
    setelah baca artikel ini auto pengen menggunakan jasa digital agency deh biar usaha yang dijalankan bareng suami makin melesat di dunia yang udah serba digital ini. karena meski paham dikit, tetep aja kami gak paham soal seluk beluk bisnis berbasis digitalisasi
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    27 Agustus 2023 pukul 22.11
    setelah baca artikel ini auto pengen menggunakan jasa digital agency deh biar usaha yang dijalankan bareng suami makin melesat di dunia yang udah serba digital ini. karena meski paham dikit, tetep aja kami gak paham soal seluk belum bisnis berbasis digitalisasi
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    27 Agustus 2023 pukul 22.11
    setelah baca artikel ini auto pengen menggunakan jasa digital agency deh biar usaha yang dijalankan bareng suami makin melesat di dunia yang udah serba digital ini. karena meski paham dikit, tetep aja kami gak paham soal seluk belum bisnis berbasis digitalisasi
    Reply
  • R Palupi
    R Palupi
    27 Agustus 2023 pukul 21.05
    Jaman sekarang kalau nggak go digital bakal susah nyari pasarnya ya mbak. Beruntung sekali sekarang sudah ada tim digital agency.
    Reply
  • Kyndaerim
    Kyndaerim
    27 Agustus 2023 pukul 20.28
    Ininih yang bikin UMKM dan UKM makin semangat berdagang, karena memang udah ada jasa digital agency yang bisa maksimalin aktivitas Go Digital mereka. Manfaatnya juga udah jelas banget kan buat kesenjangan para pelaku usaha ini.
    Reply
  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati
    27 Agustus 2023 pukul 19.23
    UMKM kini bisa bersaing ke kancah nasional bahkan internasional. Hadirnya digital marketing agency membuat produk mereka lebih dikenal oleh masyarakat luas.
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    27 Agustus 2023 pukul 17.50
    UMKM emg hrs melek digital sih biar bisnisnya berkembang. Salah satu caranya emg menggandeng jasa layanan digital marketing kyk Redcomm ini. Udh berkualitas, klien lokal dan international, UMKM kita akan terbantu biar berdaya saing global.
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    27 Agustus 2023 pukul 17.04
    No wonder Redcomm sangat terpercaya. Secara udah menjuarai Campaign Asia Agency of the Year 5 tahun berturut-turut. Wuih, emang gak kaleng kaleng kan kalau begitu
    Reply
  • Nita
    Nita
    27 Agustus 2023 pukul 16.44
    Digital agency Redcomm Indonesia diharapkan bisa merangkul parapelaku bisnis UMzkM dan UKM dalam memasarkan dan memperbaiki managemen usahanya. Senang makin banyak solusi yg diberikan oleh banyak pihak dalam memajukan perekonomian rakyat.
    Reply
  • YSalma
    YSalma
    27 Agustus 2023 pukul 13.43
    Senang banget ada agency yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM untuk Go Digital.
    Secara akan menjangkau pasar yang lebih luas, bukan saja skala nasional tapi bisa manca negara ya.
    Reply
  • hani
    hani
    27 Agustus 2023 pukul 13.26
    Sering baca, kalau UMKM selalu macetnya di pemasaran dan penjualan. Kalau soal bikin-bikin, udah jago sih UMKM. Untung sekarang ada Redcomm Indonesia yah. Semoga UMKM semakin maju deh...
    Reply
  • Yustrini
    Yustrini
    27 Agustus 2023 pukul 11.47
    Wah semakin besar peluang bisnis saat bisa go digital ya. Tak perlu bingung melakukan pemasaran melalui digital karena sudah ada redcomm. Pelaku bisnis tinggal fokus sama produksi dan jaga kualitas.
    • Yustrini
      Kyndaerim
      28 Agustus 2023 pukul 19.53
      Sepakat! Bisa fokus plus omset makin meningkat, bikin UMKM dan UKM makin berkembang deh ya.
    Reply
  • Tukang jalan jajan
    Tukang jalan jajan
    27 Agustus 2023 pukul 11.13
    Teknologi digital terus berkembang didunia marketing dan tak bisa dihindari, Butuh expert untuk bisa menunjang kerja supaya lebih fokus dan terarah. Digital agency salah satu jawaban untuk permasalah ini ya
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    27 Agustus 2023 pukul 10.46
    Memang harus memanfaatkan go digital ini biar bisa berkembang makin maju. Karena kalau gak dimanfaatkan alias gak mengikuti perkembangan jaman maka bisnisnya jadi jalan di tempat ya
    • Fenni Bungsu
      YSalma
      29 Agustus 2023 pukul 17.32
      Bener banget kak Fenni, apalagi sekarang serba digital, orang apa-apa lebih suka belanja online, karena lebih praktis dan hemat waktu. Pelaku UMKM kudu Go Digital.
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    26 Agustus 2023 pukul 10.03
    UKM dan UMKM Indonesia itu sangat banyak, beragam, dan bagus-bagus ya, Mbak. Hanya memang banyak yang tersebar di daerah. Bahkan ada yang jauh dari pusat kota. Padahal potensinya sangat bagus.
    Makanya digital ini sangat membantu perkembangan UMKM dan UMK Indonesia. harus Go digital, biar promo semakin meluas, dan penjualan juga semakin meningkat.
    Reply
  • Farida Pane
    Farida Pane
    25 Agustus 2023 pukul 14.29
    Banyak banget ya manfaat digital agency untuk UMKM dan UKM. Semoga makin dimudahkan untuk mengakses fasilitas ini ya. Biar perekonomian berjalan lancar
    • Farida Pane
      Bambang Irwanto
      28 Agustus 2023 pukul 10.03
      Kehadiran Digital Marketing Agency ini sangat membantu ya, Mbak. Jadi UMK dan UMKM Indonesia semakin dikenal lebih luas. penjualan pun semakin meningkat.
    • Farida Pane
      Dian Restu Agustina
      6 September 2023 pukul 09.41
      Nah, benar ini, sehingga ga perlu kemana-mana karena UMKM sudah go digital saya jadi bisa beli produknya dengan mudah dari rumah
    Reply