Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

7 Skill Pengusaha UMKM yang Harus Dikuasai di Era Digital

Aku sekarang lebih suka belanja online aja. Selain lebih murah, nggak perlu capek keliling mall atau toko."

Skill pengusaha UMKM di era digital

Begitu kira-kira tanggapan teman saya saat diajak belanja ke mall. Transformasi perilaku belanja dari offline ke online membuat pengusaha UMKM punya kesempatan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Skill pengusaha UMKM di bidang digital pun harus segera ditingkatkan untuk memenuhi permintaan konsumen dalam belanja online.

Apa saja skill yang harus dikuasai pengusaha UMKM di era digital agar bisa bersaing dengan toko besar lainnya? Buat kamu para pengusaha UMKM wajib baca artikel ini.


Daftar Skill Pengusaha UMKM yang Wajib Dikuasai untuk Menjalankan Usaha di Era Digital

Ketika pengusaha UMKM menjalankan usaha melalui platform e-commerce, diperlukan strategi yang tepat karena harus menjual produk secara online. Pengusaha UMKM di era digital wajib memiliki skill yang mampu mendukung strategi pemasaran secara online.

Agar dapat bersaing di era digital, berikut sederet skill pengusaha UMKM yang harus dikuasai dan ditingkatkan.

1. Kepemimpinan Dasar

Skill pertama yang harus dikuasai pengusaha UMKM adalah kepemimpinan atau leadership. Sebab, dibutuhkan kemampuan khusus untuk memimpin serta mengatur suatu bentuk usaha.

Pengusaha dengan skill kepemimpinan yang baik akan mampu mengembangkan usahanya lebih cepat. Terutama ketika usaha kecil UMKM mulai bisa membuka lapangan kerja untuk orang lain.

2. Dasar Mengelola Bisnis

Pengusaha UMKM juga harus paham dasar dalam mengelola bisnis. Mulai dari model bisnis, tren produk, pemasaran, keuangan, dan memaksimalkan peran teknologi di era digital.

Menjalankan bisnis UMKM tanpa paham dasar untuk mengelola bisnis hanya akan membawa usaha menuju kebangkrutan. Jadi, pelajari dulu tentang dasar mengelola bisnis sebelum membuka usaha UMKM.

3. Penguasaan Teknologi

Pengusaha UMKM di era digital wajib memiliki pengetahuan dasar terhadap teknologi. Mulai dari penggunaan gadget, penguasaan fitur marketplace, memanfaatkan program promo marketplace, dan menambah fitur pembayaran cashless.

Disamping itu, pengusaha UMKM juga harus bisa menentukan platform digital yang sesuai dengan persona konsumen. Hal ini dilakukan agar lebih mudah menentukan strategi pemasaran produk yang tepat. 

7 Skill Pengusaha UMKM di era digital

4. Digital Marketing

Seiring dengan penggunaan internet yang makin meningkat selama 5 tahun terakhir, hingga mencapai 212,9 juta pengguna di tahun 2003 (per Januari), strategi pemasaran produk juga perlahan mengalami transformasi menjadi digital (digital marketing). Seperti namanya, strategi pemasaran produk dilakukan secara online lewat website atau media sosial.

Harga yang harus dibayar pun cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan memasang iklan lewat media elektronik seperti televisi atau radio. Digital marketing juga lebih fleksibel, bisa menjangkau lebih banyak konsumen, dan lebih disukai generasi milenial dan z.

5. Literasi Keuangan

Skill penting lain yang harus dikuasai pengusaha UMKM adalah paham mengenai literasi keuangan. Belajar mengelola keuangan adalah salah satu langkah penting yang wajib dilakukan seorang pengusaha, meskipun hanya UMKM kecil sekalipun.

Literasi keuangan dasar yang wajib dipahami seperti cash flow, dasar-dasar pembukuan, perencanaan keuangan, investasi, dan lain-lain. Jangan sampai keuangan amburadul karena tidak paham literasi keuangan, berujung usaha bangkrut.

6. Story Telling

Satu skill di era digital yang kelihatannya sepele, tapi ternyata sangat berpengaruh dalam strategi digital marketing adalah story telling. Kemampuan story telling berperan penting dalam menarik konsumen.

Cara ini dilakukan dengan melakukan promosi melalui cerita yang relevan dengan permasalahan kebanyakan konsumen, lalu ditutup dengan solusi dari produk yang ditawarkan. Konsumen pun akan melihat produk UMKM yang ditawarkan sebagai solusi terhadap permasalahannya. Cara ini dinilai lebih efektif dibandingkan hanya memberikan diskon atau edukasi produk.

7. Kreativitas

Kreativitas tanpa henti adalah salah satu skill pengusaha UMKM yang harus terus diasah agar terus bertahan di era digital. Sebab, sudah banyak produk lokal, nasional, maupun internasional yang terus melakukan inovasi secara kreatif untuk memenuhi permintaan pasar. Jadi, jangan sampai produk tidak dilirik karena kalah kreatif dengan pesaing.


Kesimpulan

Berbagai skill pengusaha UMKM yang harus dikuasai di era digital bisa membantu pelaku UMKM agar bisa berkembang sekaligus menjangkau lebih banyak konsumen online. Sebab, di era digital ini perilaku belanja juga telah berubah dari offline ke online. Peluang ini tentunya harus dimanfaatkan oleh pengusaha mikro seperti UMKM.


Referensi

  • Hootsuite-We are Social: Indonesian Digital Report 2023
  • https://arsjadrasjid.com/skill-pengusaha/
  • https://money.kompas.com/read/2021/06/19/173341626/asah-6-skill-berikut-agar-pelaku-umkm-mampu-bersaing-di-ranah-digital?page=all#page2

32 komentar

32 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Bundamami Devi
    Bundamami Devi
    23 Mei 2023 pukul 16.02
    Memang di era digital sekarang ini, skill penguasaan teknologi dan literasi keuangan ini penting banget ya Mbak. Dan harus mulai diasah sejak dini.
    Reply
  • Wahyu Eko C
    Wahyu Eko C
    22 Mei 2023 pukul 06.05
    Nah setuju banget, semua skill tsb sangat dibutuh oleh seorang pengusaha, apalagi buat yg baru mulai membangun bisnisnya dari nol
    Reply
  • Naqiibatin Nadliriyah
    Naqiibatin Nadliriyah
    21 Mei 2023 pukul 21.27
    Story telling ini yang tak kalah penting sih ya, Kak. Keknya sekarang dah banyak banget yang butuh skill ini
    Reply
  • Witri Prasetyo Aji
    Witri Prasetyo Aji
    21 Mei 2023 pukul 20.10
    Story' telling ini penting banget loh untuk promosi, dan emang sih zaman sekarang pelaku UMKM harus melek teknologi dan mengikuti perkembangan zaman.
    Reply
  • Antung apriana
    Antung apriana
    21 Mei 2023 pukul 18.56
    sekarang memang eranya digital marketing ya, mbak karena itulah para pelaku umkm juga wajib menguasai dasar-dasar digital marketing
    Reply
  • Harianeko.com
    Harianeko.com
    21 Mei 2023 pukul 18.53
    Info yg padat bgt kak, jadi sy juga ikut bljr menguasai cara bebisnis di umkm.
    Reply
  • Harianeko.com
    Harianeko.com
    21 Mei 2023 pukul 18.53
    Info yg padat bgt kak, jadi sy juga ikut bljr menguasai cara bebisnis di umkm.
    Reply
  • Kanianingsih
    Kanianingsih
    21 Mei 2023 pukul 18.28
    Betul jd pengusaha ga mudah bnyk skill tg harus dikuasai
    Reply
  • Kanianingsih
    Kanianingsih
    21 Mei 2023 pukul 18.27
    Betul banget, jd pengusaha tak mudah kare
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    21 Mei 2023 pukul 17.22
    Wah iya, bener banget ini
    Pengusaha umkm harus punya berbagai skill yang mendukung, agar bisa bersaing di era ini
    Salah satunya adalah skill digital marketing ya mbak
    Reply
  • Tria TR
    Tria TR
    21 Mei 2023 pukul 15.26
    Meskipun penulis, aku masih harus belajar banyak soal story telling untuk penjualan produk. Untungnya ada banyak jalan buat belajar.
    Reply
  • April Hatni
    April Hatni
    21 Mei 2023 pukul 13.42
    Memang benar. Di era digital saat ini animo masyarakat terhadap online shop semakin meningkat, maka pelaku bisnis online pun harus menguasai beberapa skill yang diperlukan. Agar sukses dalam menjalankan bisnisnya.
    Reply
  • Nurhilmiyah
    Nurhilmiyah
    21 Mei 2023 pukul 10.20
    skill story-telling emang dibutuhin banget di era sekarang ini. Kadang ada barang/jasa yang diinginkan tapi story-tellingnya bikin kita ragu atau jadi ngerasa kurang cocok sama barang/jasa yang yang disediakan
    Reply
  • Nurul Fitri Fatkhani
    Nurul Fitri Fatkhani
    21 Mei 2023 pukul 08.53
    Agar dapat bersaing di era digital, pengusaha UMKM memang harus meng-upgrade skillnya ya. Terutama menguasai pemasaran online
    Reply
  • Leyla Hana
    Leyla Hana
    21 Mei 2023 pukul 08.31
    Makasih infonya. Penting diketahui para pengusaha UMKM nih. Barangkali juga nanti akan bermanfaat buatku kalau mau buka usaha. Ternyata butuh kemampuan story telling juga ya.
    Reply
  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati
    21 Mei 2023 pukul 08.18
    Untuk menjadi UMKM harus memiliki kemampuan itu, ya. Biar bisnis berjalan lancar, dan pelanggan akan datang terus. Kudu konsisten dan banyak belajar lagi nih saya.
    Reply
  • khairiah
    khairiah
    20 Mei 2023 pukul 14.54
    UMKM sekarang wajib melek digital, memiliki pengetahuan dasar terhadap teknologi. Mulai dari penggunaan gadget, penguasaan fitur marketplace, memanfaatkan program promo marketplace, dan menambah fitur pembayaran cashless.
    Reply
  • Deeva Collection
    Deeva Collection
    20 Mei 2023 pukul 10.44
    Mau menjalankan usaha mikro kecil menengah harus siap ya, Kak. Siap untuk berkembang dan terus mengupgrade diri. Syukur-syukur kalau sebelum mulai usaha sudah memiliki skill di atas
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    20 Mei 2023 pukul 10.23
    Terasa sekali pola hidup masyarakat terlah beradaptasi dengan pesat sejak adanya perkembangan teknologi, sehingga membuat masyarakat menjadi lebih nyaman dalam berbelanja. Dan bagi pelaku bisnis pun menyesuaikan keadaan dengan belajar lebih banyak dan mendalami digital marketing yang kini menjangkau lebih luas pangsa pasar yang diinginkan.
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    20 Mei 2023 pukul 10.23
    Banyak banget yang harus dipersiapkan utk jadi pebisnis ya kak. Ga cmn urusan barang aja bahkan hingga sampai keuangan, marketing, leadership hingga kreativitas. Jadi masukan banget nih buat UMKM
    Reply
  • Putu Felisia
    Putu Felisia
    20 Mei 2023 pukul 10.14
    Emang tantangan banget ya kak jadi pengusaha UMKM di era digital ini. Selain upgrade skill juga perlu ilmu marketing yang mumpuni. Makasih infonya kak.
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    20 Mei 2023 pukul 08.32
    Di era digital ini dengan dukungan internet, membuka kesempatan pelaku UMKM semakin maju dan berkembang ya, Mbak. Misalnya produk suatu daerah, bisa dinikmati oleh seluruh masyarat, tanpa harus mengunjungi daerah asal produknya. Pastinya harus terus meningkatkan skill juga, agar langkah-langkah yang diambil tepat.
    Reply
  • deamerina
    deamerina
    20 Mei 2023 pukul 08.30
    pebisnis jaman sekarang dituntut serba bisa ya. termasuk skala UMKM. ini bagus juga sih karena kita jadi bisa belajar mengelola bisnis yang bener sejak dini. jadi kalo ntar bisnisnya udah gede nggak bakal dibohongin karyawan hihi
    Reply
  • Yonal Regen
    Yonal Regen
    20 Mei 2023 pukul 06.13
    Dengan terbukanya kesempatan luas bagi teman-teman pelaku UMKM di era digital seperti sekarang memang harus dibarengi banget dengan kemampuan dalam mengelola usaha agar dapat bertahan di tengah kompetisi yang tak bisa dielakkan
    Reply
  • Diaz Bela
    Diaz Bela
    20 Mei 2023 pukul 05.21
    Wah setuju sekali, pebisnis UMKM tidak hanya perlu terampil secara hardskill ya, tapi harus juga membangun potensi softskill mereka!
    Reply
  • Han
    Han
    19 Mei 2023 pukul 19.14
    Bener banget, kalo UMKM nggamau bergerak untuk belajar digitalisasi dan diaplikasikan ke bisnisnya bakal tergerus zaman, yakin deeh. Tenggelam dengan sendirinya huhu
    Reply
  • HendraDigital
    HendraDigital
    19 Mei 2023 pukul 18.51
    Pengusaha UMKM juga wajib upgrade skill dan pengetahuan teknologi internet, biar mampu bersaing secara luas. Kalau nggak punya skill atau gaptek, ya pasti bakalan tertinggal, apalagi di era modern seperti sekarang ini dituntut untuk upgrade skill di bidang tekno internet.
    Reply
  • Deeva Collection
    Deeva Collection
    19 Mei 2023 pukul 16.58
    Kepemimpinan dan manajemen wajib dimiliki oleh pelaku usaha agar bisa menjalankan dan mengembangkan usahan dengan baik dan profesional. Kalau tidak punya kepemimpinan cukup sulit untuk bisa mengelola dan mengarahkan SDM dikemudian hari
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    19 Mei 2023 pukul 16.17
    Banyak skill apik ya yang mesti dikuasai oleh pelaku usaha, dan dari keterampilan tersebut dapat bermanfaat untuk pengembangan bisnis juga
    Reply
  • Yustrini
    Yustrini
    19 Mei 2023 pukul 12.45
    Banyak juga ya kemampuan yang harus dipelajari oleh pelaku bisnis umkm. Ya, kemajuan teknologi udah sedemikian pesatnya, kalo ga upgrade nanti bakal tertinggal.
    Reply
  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro
    19 Mei 2023 pukul 09.28
    Emang kudu banget punya skill kalau mau jadi pengusaha UMKM tuh... Terlebih digital marketing. Kayak wajib gitu bagiku...
    Reply
  • Alley Hardhiani
    Alley Hardhiani
    19 Mei 2023 pukul 09.20
    Di era teknologi saat ini, keberadaan internet semakin membuka peluang bagi pelaku usaha UMKM untuk mengembangkan bisnisnya. Namun tentunya harus disertai kemauan untuk terus belajar biar nggak kalah saing,karena semakin banyak pula pesaingnya.
    Reply