Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Keunikan Pulau Bidadari yang Indah di Jakarta

Pulau Bidadari merupakan salah satu pulau unik di Kepulauan Seribu, Jakarta. Obyek wisata satu ini menjadi salah satu tempat wisata favorit yang sering dikunjungi oleh masyarakat. Suasana wisata di Jakarta yang berbeda bisa didapat dengan wisata ke pulau Bidadari. Letaknya tidak jauh dari pelabuhan Marina Ancol atau Muara Angke, sehingga mudah dijangkau.

PegiPegi
Sumber gambar: jakarta.go.id, diedit menggunakan Canva

Biasanya Pulau ini ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan atau saat hari liburan. Pulau Bidadari memiliki luas daratan sekitar 6 hektar mudah dicapai, yaitu cukup dengan menaiki boat melalui Pelabuhan Marina Ancol atau juga bisa menaiki perahu dari Muara Angke.

Bagi mantan anak pantai yang sekarang sering duduk manis membersamai anak, tentunya aku juga butuh recharge vitamin sea untuk mata dan pikiran. Bayangkan saja laut berwarna biru kehijauan dengan latar langit berwarna biru cerah ditambah dengan beberapa keunikan Pulau Bidadari seperti pohon rezeki, reruntuhan benteng, dan pohon jodoh. Pastinya jadi wisata pantai yang unik sekaligus eksotis. Jadi makin tertantang untuk berlibur ke Pulau Bidadari, nih!


Uniknya Pulau Bidadari, Bikin Liburanmu Makin Seru

Pergi wisata ke Pulau Bidadari juga tidak membutuhkan biaya yang besar. Kalau sedang berkunjung ke Jakarta, tak ada salahnya mencoba bermain di pulau ini. Sebab, pulau satu ini memiliki keindahan pantai yang mampu menghilangkan penat.

Selain panorama alamnya yang indah juga terdapat keunikan lainnya menjadi daya tarik tersendiri. Berikut ini keunikan Pulau Bidadari yang membuat wisatawan terpikat.

1. Pohon Rezeki

Di Pulau ini terdapat mitos tentang pohon rezeki. Pohon ini terletak di tepian pantai bagian kiri resepsionis Echo Resort Pulau Bidadari. Pohon ini tinggi besar dan telah berumur puluhan tahun. Saat berkunjung kesini tak lupa para wisatawan berfoto di bawah pohon ini. 

Ada juga rombongan wisatawan yang saling bergandengan tangan memeluk pohon ini. Saat sedang ramai bahkan banyak wisatawan yang rela antri untuk berfoto.

2. Reruntuhan Benteng Martello

Selanjutnya ada reruntuhan benteng Martello, yang merupakan sebuah reruntuhan bangunan benteng peninggalan zaman Belanda. Benteng Martello adalah benteng yang digunakan sebagai tempat pertahanan Belanda dari serangan musuh yang menyerang Batavia (Sebutan Jakarta pada zaman Hindia-Belanda) melalui jalur laut pada abad 18. 

Pulau Bidadari Jakarta
Reruntuhan benteng Martello di Pulau Bidadari (sumber: instagram @pulaubidadari.official)

Hingga saat ini masih banyak peninggalan sejarah di reruntuhan benteng ini, misalnya ada meriam-meriam yang digunakan pada zaman Hindia-Belanda. Dalam sejarah, [ada abad ke-17 Pulau Bidadari merupakan salah satu pulau yang dijadikan VOC sebagai benteng pertahanan. Pulau lainnya yang juga digunakan untuk pertahanan adalah Pulau Kelor dan Pulau Cipir.

Ada beberapa ruang bawah tanah yang memiliki fungsi untuk tempat penyimpanan amunisi. Bangunan benteng dengan diameter 23 meter memiliki sejumlah jendela di sekelilingnya. Jendela tersebut berfungsi agar senjata atau meriam yang digunakan dapat bermanuver 360 derajat. Benteng ini hancur akibat serangan bertubi-tubi dari tentara Inggris dan empasan gelombang tidal akibat aktivitas Gunung Karakatau tahun 1883.

3. Pohon Jodoh di Pulau Bidadari

Selanjutnya yang menjadi keunikan di pulau ini ada Pohon Sejuta Cinta atau Pohon Jodoh. Awalnya pohon ini adalah pohon biasa, tetapi sekelompok orang berikrar untuk menjomlo atau tidak menikah seumur hidup. Namun justru sebaliknya, orang yang berikrah malah satu per satu menemukan jodoh mereka. Dari sanalah bermula kepercayaan tentang pohon jodoh memiliki keajaiban.


Recharge Vitamin Sea di Pulau Bidadari

Beli Tiket Pesawat online
Pulau Bidadari Jakarta (sumber: instagram @pulaubidadari.official)

Warga Surabaya yang ingin recharge vitamin sea dengan berlibur ke Pulau Bidadari, bisa datang ke kota Jakarta dengan beli tiket pesawat Surabaya - Jakarta di Pegipegi. Di aplikasi tersebut bisa beli tiket pesawat online lewat aplikasi dan website Pegipegi sesuai tanggal keberangkatan yang diinginkan. Tersedia berbagai pilihan pembayaran sehingga sangat mudah bertransaksi.

Selain itu juga ada layanan pelanggan yang akan selalu siap membantu kamu jika menemui kesulitan saat memesan tiket. Pegipegi bisa menjadi solusi traveling kemanapun kamu pergi. Tunggu apalagi, pantai dan segala keindahan Pulau Bidadari melambai-lambai di Jakarta.

Yuk, recharge vitamin sea di Pulau Bidadari! Teman-teman yang punya pengalaman di Pulau Bidadari juga boleh sharing di kolom komentar, siapa tahu pengalaman serunya bisa menginspirasi.


Referensi:

https://pulauseribu.co.id/inilah-5-keunikan-pulau-bidadari-yang-harus-anda-kunjungi/

1 komentar

1 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen
    11 November 2022 pukul 11.17
    Belasan tahun di Jakarta, aku blm pernah main ke salah satu pulau di kep seribu 😅. Udh masuk list, tapi waktunya ini ga sempet2. Sbnrnya pulau yg jadi incaran ku itu pulau macan mba, ada resortnya yg terbuka tanpa pintu dan LGS ke air, jadi kayaknya seru aja kalo bangun2 LGS masuk air 😄. Sayangnya resort mereka msh blm buka selama pnademi ini.

    Mungkin ntr kalo ada waktu, sembari nunggu pulau macan buka lagi, bisa main ke pulau bidadari ini. Penasaran juga liat pohonnya yg legend itu 😄
    Reply