√Tempat Wisata Populer Di Solo yang Tidak Boleh Dilewatkan - ANGGITA RAMANI | Personal Lifestyle Blog

Tempat Wisata Populer Di Solo yang Tidak Boleh Dilewatkan

12 komentar
Konten [Tampil]

Punya rencana jalan-jalan dan liburan ke Solo dalam waktu dekat? Jika iya, tidak ada salahnya mempertimbangkan mengunjungi sejumlah tempat wisata populer di Solo ini. Beberapa tempat wusata tersebut dijamin akan memberikan wawasan baru mengenai destinasi wisata keren dan memiliki tema tersendiri.

Traveling ke Solo

Solo merupakan salah satu kota populer di Jawa Tengah. Kota ini juga relatif mudah dijangkau karena lokasinya yang strategis. Karena alasan tersebut, banyak pilihan transportasi umum untuk sampai ke kota ini. Mulai dari pesawat terbang, kereta api hingga bus.

Bagi yang berada di Jakarta dan tertarik melakukan perjalanan darat, kamu bisa beli tiket bus ke Solo di Traveloka. Selain mudah dan fleksibel, ada banyak pilihan perusahaan otobus untuk mengantar ke tujuan. Metode pembayaran yang ditawarkan juga memiliki ragam yang luas, dari cash hingga menggunakan Traveloka PayLater.

Nah, jika sudah tahu bagaimana menuju ke Solo, langkah selanjutnya adalah menentukan destinasi wisata mana yang bisa kamu kunjungi. Di bawah ini adalah beberapa destinasi wisata menarik di Solo. Simak, yuk!


Keraton Surakarta dan Pura Mangkunegaran untuk Wisata Budaya

Bila kamu tertarik dengan tema wisata budaya dan sejarah, mengunjungi Keraton Surakarta menjadi destinasi yang wajib dituju. Di sini, kamu akan melihat banyak peninggalan menarik dari keluarga keraton, silsilah keluarga keraton dan mengenal perkembangan budaya di Solo.

Wisata Solo populer
Sumber gambar: Sistem Nasional Cagar Budaya

Selain Keraton Surakarta, Pura Mangkunegaran juga bisa menjadi destinasi yang tepat jika melakukan wisata bertema sejarah dan budaya. Pura Mangkunegaran sendiri jaraknya tak bisa dibilang jauh dari Keraton Surakarta. Namun, koleksi barang-barang di dalamnya sayang untuk dilewatkan. Banyak cerita menarik yang bisa didapatkan dari pemandu wisata di sini.


De Tjolomadoe Pabrik Gula yang Instagramable

De Tjolomadoe sebelumnya merupakan pabrik gula yang beroperasi sejak beberapa dekade lalu. Namun, kini sudah dialihfungsikan sebagai tempat wisata populer di Solo, yang menawarkan banyak hal menarik.

Wisata Solo populer
Sumber gambar: instagram @detjolomadoe_official

Salah satu hal yang tak boleh dilewatkan di De Tjolomadoe adalah banyaknya alat-alat produksi gula yang tertata rapi dan dipertahankan, seperti ketel uap, mesin giling hingga wadah penyaringan sari tebu. Arsitektur bangunan De Tjolomadoe dengan gaya art deco tentunya tak bisa diabaikan begitu saja. Kesan vintage dan kuno juga begitu terasa, tentunya dengan tambahan sentuhan artistik di sana-sini, yang menjadikan tempat wisata populer di Solo ini begitu instagramable.

De Tjolomadoe juga memiliki ruang pertunjukan. Alhasil, banyak acara dan event digelar di sini. Mulai dari konser musik, pertunjukan teater dan tari, serta masih banyak lagi lainnya.


Galabo Solo untuk Wisata Kuliner

Ingin menikmati kuliner khas Solo yang terkenal tanpa harus berkeliling kota? Well, bisa banget langsung meluncur ke Kawasan Kuliner Galabo Solo. Galabo sendiri merupakan kependekan dari Kladag Langen Bogan yang berada di Kecamatan Pasar Kliwon di tengah Kota Solo. Kawasan ini ditata sedemikian rupa untuk membuat pengunjung merasa betah.

Daya tarik utama dari Galabo Solo tentunya adalah banyaknya kuliner khas Solo yang dijajakan di sini. Beberapa di antaranya seperti Tengkleng Klewer Bu Edi yang populer sejak 1971, Sate Kere yu Rebi yang digemari Presiden Joko Widodo, Rawon Penjara yang sudah buka sejak 1970 dan masih banyak lagi lainnya. Dijamin lidah akan bergoyang dan perut bakal kenyang menikmati semua makanan di sini.


Pasar Triwindu Solo untuk Pencinta Barang Vintage

Suka berburu barang-barang klasik? Pasar Triwindi Solo bisa menjadi jujukan yang asyik. Di sini banyak barang antik bernuansa vintage dengan harga yang relatif terjangkau. 

Wisata Solo populer
Sumber gambar: solocity.travel

Pasar Triwindu Solo juga menjadi tempat wisata populer di Solo untuk mendapatkan background berfoto yang instagramable. Tak sedikit juga pasangan yang menjadikan kawasan ini sebagai lokasi foto pre-wedding, yang pastinya menghasilkan karya foto yang mengesankan dan bernuansa vintage.


Taman Satwa Taru Jurug untuk Pencinta Fauna

Bosan dengan pemandangan kota dan ingin bertemu dengan hewan liar yang jinak? Bisa mengunjungi Taman Satwa Taru Jurug. Taman yang berdiri sejak 1970-an ini menjadi lokasi wisata yang cukup menarik karena banyak koleksi hewan yang bisa dilihat. 

Daya tarik utama dari Taman Satwa taru Jurug adalah banyaknya wahana berfoto yang menarik, terutama di malam hari, seperti Taman Pelangi Seribu Lampu yang penuh dengan lampion dengan bentuk menarik dan penuh warna. Ada juga Kolam Keceh yang luas.


Wisata Belanja di Pasar Klewer dan Pasar Laweyan

Pasar Klewer bisa menjadi tujuan utama jika ingin berbelanja oleh-oleh, terutama kain batik. Destinasi belanja batik lainnya di Solo adalah Pasar Laweyan. Di sini, kamu bisa menemukan produk batik dengan kualitas terbaik dan harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Selain berbelanja batik, kamu juga bisa menikmati kuliner terkenal di kawasan Pasar Klewer dan Laweyan.


The Heritage Palace untuk Tempat Wisata Populer dan Hits di Solo

The Heritage Palace Solo termasuk destinasi wisata terbaru yang ada di Solo. Ada setidaknya sembilan spot keren yang bisa dinikmati di sini, yang pastinya instagramable. Sebelumnya, tempat wisata populer di Solo ini merupakan pabrik gula di era kolonial Belanda sebelum akhirnya dialih fungsi menjadi seperti sekarang ini.

Wisata Solo populer
Sumber gambar: instagram @theheritagepalace

Apa saja yang menarik di sini? Banyak bangunan megah khas Eropa, mobil-mobil kuno keren, museum 3D yang mengecoh mata, dan masih banyak lagi spot Instagramable lainnya. Di sini juga ada wisata kuliner dengan harga tiket yang relatif terjangkau.


Wisata Asyik ke Solo? Siapa Takut!

Banyak tempat wisata populer di Solo yang menarik untuk dikunjungi, bukan? Berbagai tempat wisata dengan tema tertentu seperti kuliner, wisata alam, heritage, sejarah, dan lain-lain tersedia di Solo.

Buat kamu yang hobi berpetualang, lebih asyik kalau ke Solo naik bus. Jangan lupa beli tiket bus ke solo di Traveloka. Dijamin, liburanmu akan lebih terasa sensasi petualangannya.


Referensi 

  • solocity.travel
  • instagram @detjolomadoe_official
  • instagram @theheritagepalace
  • traveloka.com

Related Posts

12 komentar

  1. Wah kayaknya seru ya Mbak jln2 ke Solo. Apalagi klo memesan tiketnya di aplikasi Traveloka. Pasti mudah deh.

    BalasHapus
  2. dari semua list di atas aku cuma pernah ke Pasar Triwidu jaman ikutan kelas Inspirasi ehhe waktu itu mau ke Keraton tapi udah tutup hiks sedih banget padal udah sampe dan baru aja ditutup 😭

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah dapat rekomendasi tempat-tempat wisata di kota Solo. Semoga bisa menikmati keindahan tempat-tempat wisata di sana.

    Sekarang lebih mudah dengan Traveloka ya Kak? Semoga diberikan kemudahan.

    Terima Kasih Kak.

    BalasHapus
  4. Taman Balekambang juga asyik buat piknik dan ngobrol, aku pengen ke D'tjolomadoe, sama museum art itu apa ya namanya belum kesampaian ke sana karena pengunjung tiap hari dibatasi dan harus mendaftar sebelumnya

    BalasHapus
  5. wiiih, pernah ke solo tepatnya ke pasar klewer, mirip dengan pasar malioboroyang ada di Jogja. Orang-orang Solo juga terkenal ramah-ramah

    BalasHapus
  6. Ternyata banyak banget tempat wisata di Solo ya, apalagi pakai Traveloka jadi nyaman dan lengkap traveling nya .. mau juga niih..

    BalasHapus
  7. nah tulisan begini nih yang saya suka. jadi banyak yang bisa diriviw. sebegitu banyak spot lokasi wisata bisa jadi alternatif yang sudah bosan berwisata ke Jogja.

    BalasHapus
  8. Pernah ke Solo tapi cuma lewat doank Buat beli batik di surakarta. Banyak tempat Indah yang belum dijelajahi sama sekali di Solo. Jadi wish list aku berikutnya nie Solo. Makasih Referensi nya Kak.

    BalasHapus
  9. sering banget lihat ulasan tentang kota Solo jadi kepingin mampir...sepertinya banyak obyek wisata sejarah dan budaya ya

    BalasHapus
  10. kalo ke tempat-tempat baru kayak solo misalnya, saya lebih suka wisata kuliner. soalnya pasti enak-enak banget makanan disana.

    BalasHapus
  11. Belum pernah jelajah tempat-tempat di Solo, cuma numpang lewat aja. Banyak wisata bersejarah menarik yang bisa dikunjungi setelah baca tulisan Mbak Anggita. Semoga ada kesempatan untuk ke sana

    Makasih referensinya yaa

    BalasHapus
  12. Solo tuh emang asyik jadi destinasi wisata, aku suka ke solo ngeliat kotanya yang bersih, rapi, jalannya besar2 lebar. Aduh aku penasaran pengen ke kraton sama pabrik gula

    BalasHapus

Posting Komentar