√Tips Memilih Semen Instan untuk Membangun Kolam Ikan Hias - ANGGITA RAMANI | Personal Lifestyle Blog

Tips Memilih Semen Instan untuk Membangun Kolam Ikan Hias

14 komentar
Konten [Tampil]

Kolam ikan hias merupakan salah satu bagian dari interior atau eksterior rumah yang dipercaya bisa memberikan relaksasi di saat pikiran lelah. Dalam pembuatan kolam ikan hias, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Terutama pemilihan semen instan dan pelapis anti bocor untuk menghindari kebocoran pada kolam ikan. Oleh sebab itu, diperlukan pemahaman tentang masalah apa saja yang terjadi dalam pembuatan kolam ikan, serta persiapan material bangunan dengan kualitas bagus.

Semem Pro-X
Sumber gambar: pinterest 

Manfaat Kolam Ikan Hias di Rumah

Kolam ikan hias memiliki banyak manfaat mulai dari pemanis interior atau eksterior rumah, memberikan efek psikologis berupa ketenangan batin, hingga penghilang stress.

Mempercantik Rumah

Kolam ikan hias yang saat ini tersedia dalam berbagai desain unik bisa digunakan untuk mempercantik rumah, baik untuk indoor maupun outdoor.

Memberi Efek Psikologis Ketenangan

Menurut sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan sebagai berita dalam BBC, akuarium yang hanya berisi air dan berbagai hiasan berupa batu karang warna-warni saja sudah bisa memberikan efek tenang bagi yang melihatnya. Apalagi ketika ketika ikan hias ditambahkan ke dalam akuarium tersebut.

Simulasi Visual untuk Hilangkan Stres

Simulasi visual dari ikan hias dengan berbagai warna dan keunikan dapat memberikan efek terapeutik yang bisa mengalihkan stres dalam pikiran. Selain mengalihkan stres, melihat ikan hias yang berenang kesana-kemari di kolam juga bisa meningkatkan kreativitas dan fokus.


Inspirasi Desain Kolam Ikan Hias

Saat ini sudah tersedia berbagai inspirasi desain kolam ikan hias untuk indoor maupun outdoor. Pemilihan semen instan yang tepat jadi kunci utama untuk mewujudkan desain kolam ikan hias impian yang anti bocor. Berikut beberapa desain kolam ikan hias indoor dan outdoor sebagai referensi.

Kolam Ikan Indoor

Desain kolam ikan indoor bisa digunakan untuk rumah dengan lahan sempit, tetapi ingin menghadirkan kolam ikan di dalam rumah. Area yang bisa dimanfaatkan untuk kolam ikan adalah di bawah tangga, di ruang keluarga, atau dekat pintu belakang.

Semen instan Pro-X
Sumber: pinterest

Semen instan Pro-X
Sumber: pinterest

Beberapa desain di atas adalah inspirasi desain kolam ikan untuk di dalam ruangan. Simple, tetapi unik dan terlihat cantik untuk rumah. Cukup untuk membuat pikiran jadi rileks.

Kolam Ikan Outdoor

Bagi rumah yang memiliki lahan sisa di samping atau sekeliling rumah, bisa menggunakan desain kolam ikan outdoor. Kesan rumah luas dan asri akan langsung tampak terlihat saat ada kolam ikan hias di sekitar halaman rumah.

Semen instan Pro-X
Sumber gambar: pinterest

Semen instan Pro-X
Sumber gambar: pinterest

Jangan lupa untuk memilih semen instan yang anti bocor saat membangun kolam ikan hias di area outdoor. Hal ini untuk menghindari rembesan air kolam yang tentunya akan membuat genangan air di dekat rumah dan membuat sarang kuman, serta bakteri.


Kebocoran Kolam, Masalah yang Sering Terjadi dalam Pembuatan Kolam Ikan Hias

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu masalah utama yang sering terjadi saat membangun kolam ikan adalah kebocoran akibat pemilihan semen instan. Kebocoran tersebut bisa terjadi karena ketahanan semen instan terhadap air kurang dan material penyusunnya kurang berkualitas.

Saat akan membangun kolam ikan, setidaknya dibutuhkan semen kualitas bagus dan tambahan pelapis anti bocor.

Jangan sampai kolam ikan hias malah jadi sumber stress karena salah pemilihan semen instan dan terjadi kebocoran. Akan tetapi, penggunaan pelapis anti bocor bisa jadi sandungan di biaya karena harus mengeluarkan biaya double di semen dan pelapis anti bocor.

Untungnya, saat ini ada semen instan yang merangkap sebagai pelapis anti bocor dari Pro-X. Betul-betul solusi bagi pembangunan kolam ikan hias anti bocor dan ramah di anggaran biaya.


Inovasi Semen Instan Kuat Anti Bocor dari Pro-X untuk Membangun Kolam Ikan Hias

Inovasi adalah kunci suatu produk dapat bertahan untuk memuaskan konsumen. Hal tersebut dilakukan oleh dua brand cat dan semen instan besar di Indonesia untuk menghasilkan semen instan sekaligus pelapis anti bocor, yaitu semen Pro-X. Semen instan yang diklaim kuat dan anti bocor, sehingga bisa digunakan untuk membangun kolam ikan.

Semen instan
Sumber gambar: pro-xhome.com

Semen Pro-X, Hasil Kolaborasi 2 Brand Hebat

Semen Pro-X merupakan semen instan anti bocor hasil kolaborasi dua brand hebat, yaitu Avian Brands dan Mortar Utama. Teknologi yang diusung adalah No Drop dari Avian Brands dan semen instan dari Mortar Utama. Sebuah kolaborasi untuk solusi dua teknologi dalam satu produk.

Solusi Anti Ribet dan Hemat untuk Membangun Kolam Ikan Anti Bocor

Sekarang tak perlu ribet membeli semen dan pelapis anti bocor secara terpisah. Semen Pro-X menawarkan solusi anti ribet dan hemat untuk membangun kolam ikan hias anti bocor. Tak perlu lagi membeli pelapis anti bocor karena semen Pro-X sudah memiliki fungsi semen instan sekaligus pelapis anti bocor.

Keunggulan Semen Pro-X untuk Kolam Ikan Hias

Beberapa keunggulan semen Pro-X jika digunakan untuk membangun kolam hias adalah sebaga berikut:

Acrylic Copolimer Mix

Semen Pro-X mengandung acrylic copolimer kualitas tinggi yang menyebabkan dinding kolam ikan tahan terhadap cuaca ekstrim, sinar UV, kedap air, anti alkali dan jamur. Selain itu, daya rekat semen juga sangat tinggi.

2x Lebih Tahan Air

Adanya Acrylic Copolimer menyebabkan semen Pro-X lebih tahan air dua kali lipat dari semen biasa.

Easywork Technology

Berkat adanya easywork technology, semem Pro-X memiliki pengaplikasian yang lebih mudah hanya dengan dicampur dan diaduk.

Mudah Diaplikasikan

Cara penggunaan semen Pro-X cukup mudah sekali, bahkan perempuan seperti saya pun bisa melakukannya. Cukup campur cairan dan bubuk semen dengan perbandingan 1:4, semen pun siap digunakan.

Adukan Bisa Digunakan Kembali

Sisa adukan semen bisa digunakan kembali dalam jangka waktu maksimal 90 menit dengan kualitas dan kelecakan yang sama. Jadi kalau tiba-tiba ingin istirahat di tengah-tengah membangun kolam, adukan semen bisa ditinggal dulu untuk istirahat maksimal 90 menit.


Semen Pro-X, Semen Instan Kuat Solusi Kolam Ikan Hias Anti Bocor

Semen Pro-X yang merupakan kolaborasi teknologi dua perusahaan besar ini selain memberikan teknologi gabungan yang canggih, juga memberikan solusi yang dibutuhkan dalam pembuatan kolam ikan hias anti bocor.

Semen instan sekaligus jadi pelapis anti bocor tersebut cocok sekali digunakan untuk membangun kolam ikan anti bocor. Rumah tampak cantik, stress pun menghilang saat melihat ikan hias di kolam ikan yang dibangun dengan semen Pro-X.


Referensi

https://pro-xhome.com/

https://www.id.weber/en/waterproofing-technical/waterproofing/pro-x-207


Related Posts

14 komentar

  1. Di rumah orangtua ada Kolam ikan hias, tapi sudah beberapa waktu ini tidak diisi karena ada kebocoran
    Bisa diinfoin ke Ayah di rumah nih, agar pakai semen Pro-X, jadi kolamnya bisa difungsikan lagi

    BalasHapus
  2. Wah terima kasih untuk tipsnya. Kebetulan kami juga sedang berencana membuat kolam ikan di samping rumah.

    Terima kasih juga untuk rekomendasi semennya.

    BalasHapus
  3. Suka sekali lihat desain kolam ikannya. Inspiratif ini..jadi pengin bikin di rumah, pastinya pakai semen instan sekaligus pelapis anti bocor, yaitu semen Pro-X. Semen instan yang kuat dan anti bocor, sehingga bisa digunakan untuk membangun kolam ikan yang tahan lama.

    BalasHapus
  4. Ada keinginan untuk buat kolam ikan dirumah juga, tahu deh tergantung pak su ACC apa gak ya, Mbak. Hahaha

    Karena dirumah mertu itu ada kolam ikan juga didalam rumah, dengar gemericik air udah bikin tenang, apalagi lihat ikan berenang dikolamnya sambil dikasih makan, stress release sepertinya ya Mbak emang benar, lo!

    BalasHapus
  5. Baru tahu dengan produk ini. Beberapa tahun lalu pernah buat kolam ikan di kampung. Tapi terbengkalai karena bocor. Jadi bisa direkomendasikan nih

    BalasHapus
  6. desain kolam dan kolam ikan ini bikin teduh rumah ya mbak, *tim suka suara gemericik air, terima kasih infonya mbak, kalau mau bikin kolam in syaa ALlah auto langsung ke postingan mbak

    BalasHapus
  7. Wahiya nih, kalau kolam bocor harus segera ditangani agar tidak menjadi kerusakan yang lebih besar dan berdampak pada binatang peliharaan tersayang.
    Menggunakan Semen Pro-X dan ikan bisa kembali menghuni rumah mereka dengan cantiknya..

    BalasHapus
  8. Wah iya, kolam ikan di rumah itu bisa jadi stress realis ya
    Bisa nih aku infokan ke suami, pakai semen pro x buat bikin kolam ikan di rumah

    BalasHapus
  9. Tuh kannn jadi pengen bikin kolam ikan setelah lihat gambar2 kolam yang cantik di blog ini. Btw semen Pro X ini khusus buat kolam ikan ya mbak? Ga bs buat yang lain?

    BalasHapus
  10. Saya baru tahu kalau ada semen yg instan. Teknologi oh teknologi. Bagi perempun yg tidak paham perihal urusan bangunan macam saya ini info yang baru banget

    BalasHapus
  11. desain kolamnya bagus-bagus mbak, bikin adem mata.
    Ternyata semen juga ada klasifikasinya
    terima kasih referensinya untuk menggunakan Pro-X semen instan yang anti bocor

    BalasHapus
  12. Keren ya, aalagi bisa tahan bocor jd emng cocok buat kolam ikan, atau kek.y bisa dijadiin lapisn didinding atap deh biar nggak bocor jg

    BalasHapus
  13. Ah, iya saya juga punya kolam. Kadang terjadi kebocoran kolam, kayanya memang perlu milih semen yang rekomended kaya Pro X ini deh

    BalasHapus
  14. Di rumah ortu saya nih ada kolam ikan didalam rumah.. Tiba" air surut sendiri kasihan ikannya.. Pas dibenerin belum berhasil, alhasil gak kepake lg kolamnya.. Tau gini aku rekomendasikan semen ini ya biar dicoba jg..

    BalasHapus

Posting Komentar