Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

9 Tips Wajah Cerah dan Glowing Ala Eonnie Korea

Fenomena "Korean Wave" yang saat ini sudah bisa diterima oleh hampir sebagian besar penduduk Indonesia, membuat tren segala sesuatu yang berbau Korea Selatan mudah viral di Indonesia. Mulai dari film, drama, kuliner, hingga tips wajah cerah dan glowing ala eonni Korea (eonnie: panggilan untuk kakak perempuan di Korea).

Skincare agar wajah glowing

Tipikal kulit wajah eonnie Korea yang kebanyakan putih, mulus, sehat, dan glowing paripurna jadi kulit wajah impian kebanyakan wanita Indonesia. Tak jarang banyak skincare dengan kandungan merkuri dipilih wanita Indonesia agar bisa memiliki kulit putih dengan cepat. Padahal, kulit natural wanita Indonesia rata-rata berwarna kuning langsat hingga sawo matang. Berbeda dengan kulit eonnie Korea yang rata-rata sudah berwarna putih.

Pemilik kulit wajah kuning langsat atau sawo matang juga bisa memiliki wajah cerah dan glowing asalkan paham kuncinya. Nah, aku akan berbagi tips wajah cerah dan glowing ala eonnie Korea yang sudah diterapkan sehari-hari.


Definisi Kulit Cerah dan Kulit Glowing, Serupa Tapi Tak Sama

Dilansir dari Kompas.com, menurut penjelasan dr. Calvin Santosa, M. Biomed, SpKK, sebutan kulit glowing sebenarnya tidak ada di dalam istilah kedokteran. Istilah kulit glowing muncul dalam bahasa media sosial untuk mendefinisikan tekstur dan kondisi kulit yang baik, seolah-olah bisa memantulkan cahaya (glowing). Jadi, kulit glowing bisa dimiliki oleh pemilik kulit wajah dengan warna apa pun, tidak harus putih.

Sementara itu, kulit wajah cerah bukan berarti kulit wajahnya berwarna putih. Kulit wajah cerah itu artinya bebas dari sel kulit mati, tidak kusam, dan tampak berseri. Artinya kulit wajah cerah bisa didapatkan dari warna kulit asli, tidak harus putih.


Kunci Wajah Cerah dan Glowing Ala Eonnie Korea

Para eonnie Korea sebenarnya juga menempuh jalan yang cukup panjang untuk mendapatkan wajah cerah, sehat, dan glowing. Mereka rutin menggunakan skincare 10 tahap tiap pagi dan malam. Mulai dari melakukan double cleansing wajah, memakai toner, essence, serum, pelembab, sunscreen, masker, dan lain-lain. Kunci wajah cerah dan glowing ala eonnie Korea sudah aku rangkum menjadi empat poin penting berikut ini.

1. Paham Jenis Kulit

Jenis kulit akan memengaruhi pemilihan skincare yang lebih tepat untuk kulit wajah. Pemilihan skincare untuk kulit wajah berminyak sepertiku tentunya berbeda dengan skincare untuk kulit sensitif. Jadi, jangan asal menggunakan skincare yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah.

2. Konsisten Memakai Skincare Sesuai Urutan

Konsisten memakai skincare sesuai urutan adalah kunci. Sebagus dan semahal apa pun skincare, kalau tidak digunakan secara konsisten akan percuma. Selain itu, jangan memakai skincare berlebihan agar efeknya lebih cepat terlihat. Kulit wajahmu justru bisa rusak akibat penggunaan skincare yang berlebihan.

3. Skin Barrier Kuat

Skin barrier yang kuat membuat kulit wajah lebih mudah menerima kandungan skincare, sehingga lebih cepat meresap dan menutrisi kulit. Ciri skin barrier wajah kita sehat adalah kulit terasa halus, kencang, dan kenyal. Jika menemukan kulit wajah terasa gatal, kemerahan, terasa kering, dan muncul jerawat, segera fokus untuk memperbaiki skin barrier. Setelah skin barrier kembali kuat, barulah lakukan berbagai tips wajah cerah dan glowing.

4. Rutin Eksfoliasi Sesuai Jenis Kulit 

Eksfoliasi atau menghempaskan berbagai sel kulit mati harus rutin dilakukan secara teratur dan tidak berlebihan. Biasanya 2-3 kali seminggu untuk kulit berminyak sepertiku atau 1x seminggu untuk kulit sensitif.


Tips Wajah Cerah dan Glowing

Setelah mengetahui definisi, serta kunci utama agar kulit wajah cerah dan glowing, kini saatnya membagikan tips wajah cerah dan glowing yang sudah aku terapkan. Hasilnya bisa dilihat pada foto perbandingan di bawah ini setelah kurang lebih 2-3 bulan perawatan.

Tips wajah cerah dan glowing

Foto sebelah kiri adalah kondisi wajahku dengan skin barrier yang kurang kuat. Terlihat dari struktur wajah yang kusam, agak beruntusan, dan kurang halus. Foto sebelah kanan adalah kondisi wajah setelah memperbaiki skin barrier dan menerapkan tips wajah cerah dan glowing. Kelihatan kan, perbedaannya. Nah, begini cara yang aku lakukan agar wajah cerah dan glowing.

1. Gunakan Teknik Double Cleansing untuk Wajah

Teknik double cleansing adalah teknik membersihkan wajah dua tahap dengan bahan skincare yang berbeda. Tahap pertama bisa menggunakan pembersih wajah berbahan dasar susu (milk cleanser), minyak (cleansing oil), atau micellar water. Aku pribadi menggunakan micellar water pada untuk membersihkan wajah tahap pertama.

Pada tahap kedua, barulah menggunakan sabun pembersih wajah sesuai jenis kulit dan usia. Seperti yang sudah aku jelaskan di skincare untuk usia 30 tahun ke atas, usia dan jenis kulit juga membutuhkan pembersih wajah yang tepat.

2. Pilih Toner yang Sekaligus Bisa Eksfoliasi Wajah Secara Ringan

Setelah wajah benar-benar bersih dan kering, aplikasikan toner ke seluruh wajah. Pilih toner yang bisa sekaligus digunakan untuk eksfoliasi ringan (exfoliating toner). Biasanya mengandung bahan AHA-BHA-PHA dalam konsentrasi yang lebih encer dari larutan peeling untuk eksfoliasi.

3. Eksfoliasi 2x Seminggu

Rutin lakukan eksfoliasi baik secara fisik (scrub) atau kimia (masker, larutan peeling) dalam 2x seminggu jika kulitmu tipe kulit berminyak. Sementara itu, pemilik kulit sensitif atau kering cukup lakukan 1x seminggu.

4. Pakai Essence sebelum Serum

Pemakaian essence ini sebenarnya boleh di skip jika sudah menggunakan serum. Akan tetapi, penggunaan essence ini dianjurkan karena bisa melembabkan dan menghaluskan kulit wajah. Selain itu, juga bisa meningkatkan kinerja serum yang diaplikasikan ke wajah setelahnya.

5. Pilih Serum Sesuai Kebutuhan Kulit Wajah

Pilih serum sesuai kebutuhan kulit wajah. Misalnya saja ibu-ibu yang akan memasuki usia 30 tahun sepertiku lebih memilih serum anti-aging dibandingkan serum untuk mencerahkan kulit wajah. Sebab, kulit wajah cerah sudah bisa didapatkan dari double cleansing dan eksfoliasi.

6. Pakai Pelembab Sesuai Jenis Kulit

Masih ingat, kan, kalau kulit wajah lembab adalah ciri skin barrier yang sehat. Jangan lupa pakai pelembab untuk mengunci kinerja serum di wajah. Selain itu, pilih pelembab sesuai jenis kulit agar tak membuat masalah kulit lainnya.

7. Wajib Pakai Sunscreen Pagi-Siang

Selain wajib untuk usia wanita yang memasuki usia 30 tahun, sunscreen juga wajib dalam rangkaian tips wajah cerah dan glowing. Sunscreen bisa melindungi wajah dari kerusakan yang diakibatkan sinar matahari, terutama sinar ultraviolet.

8. Minum Air Putih yang Banyak

Para eonnie Korea ternyata rajin minum air putih yang banyak untuk menghidrasi kulit. Kekurangan air putih dapat mengakibatkan kulit wajah tampak kering dan kusam. 

9. Jaga Pola Makan dan Rutin Olahraga

Makanan dan olahraga ringan juga faktor yang mendukung kulit wajah cerah dan glowing dari dalam. Hindari makanan berminyak dan junk food untuk kulit wajah yang lebih sehat alami.


Jangan Tergiur Hasil Instan! Yuk, Terapkan Tips Wajah Cerah dan Glowing Ala Eonnie Korea

Proses untuk membuat wajah cerah dan glowing bukanlah proses instan yang bisa dilakukan dalam hitungan hari. Butuh minimal 1 bulan untuk melihat hasil yang maksimal dengan catatan konsisten dan rutin melakukan tips wajah cerah dan glowing.

Jangan tergiur hasil instan, tapi ada masa depan kulit yang dikorbankan demi kesenangan sesaat. Merkuri memang bisa memutihkan wajah secara cepat. Namun, efek jangka panjang yang ditimbulkan juga ngeri-ngeri sedap. Lebih baik rutin lakukan tips wajah cerah dan glowing dariku untuk investasi kulit sehat hingga hari tua nanti.


Referensi

  • Kompas.com
  • Parapuan.com


1 komentar

1 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen
    19 Agustus 2022 pukul 15.16
    Aku udah terbiasa pake skincare dengan 10 steps mba. Malah jadi ngerasa kulit memang lebih sehat. Awalnya pasti ngerasa ribet. Tapi setelah biasa, malah jadi ga enak kalo ada yg diskip.

    Utk skincare pun, aku LBH cocok Korea punya. Pernah coba yg lokal, walopun ga bikin breakout, tapi hasilnya juga biasa aja. Beda Ama yg Korea. Atau bisa jadi kulitku udh terbiasa Ama skincare Korea ini kali yaaa.

    Naaah, kulit yg sehat dan glowing memang ga bisa didapat kalo pemakaiannya aja ga konsisten. Aku dilatih supaya disiplin merawat kulit sejak SMP Ama mama. Makanya di usia udah kepala 4, kulitku masih ga ada keriput dibanding temen2 sekolah ku yg sebaya. Kalipun ada masalah kulit, itu dark spot sih. Krn aku telat membiasakan pakai sunscreen. Dulu kan zaman aku sekolah sunscreen memang blm terlalu hype seperti skr. Makanya fokusku juga ngurangin dark spot dan tetep pakai yg anti aging, secara umur udh mature 😄
    Reply