√Basic Skincare untuk Usia 30 Tahun ke Atas - ANGGITA RAMANI | Personal Lifestyle Blog

Basic Skincare untuk Usia 30 Tahun ke Atas

18 komentar
Konten [Tampil]

Mulai usia 30 tahun, kulit wajah wanita akan mulai mengalami tanda awal penuaan kulit seperti kusam, kering, sensitif, dan flek hitam. Akan tetapi, melakukan skincare untuk usia 30 tahun ke atas bisa memperlambat munculnya tanda penuaan kulit dan menyamarkan garis halus kerutan di wajah. Sebelum mengenal dasar skincare untuk usia 30 tahun ke atas, penting untuk memahami permasalahan kulit wajah wanita di usia 30 tahun beserta penyebabnya.

Skincare anti aging


Masalah Utama Kulit Wajah Usia 30 Tahun

Kondisi kulit wajah wanita di usia 20 tahun dan 30 tahun tentu saja berbeda. Saat usia 20 tahun kulit sedang berada di kondisi paling prima. Produksi kolagen, elastin, dan hyaluronic acid alami masih berlangsung normal, sehingga kulit masih terasa lembab, kenyal, dan kencang. Biasanya masalah utama kulit wajah usia 20 tahun adalah jerawat.

Memasuki usia 30 tahun, produksi kolagen, elastin, dan hyaluronic acid akan menurun. Hal tersebut akan memunculkan berbagai masalah kulit seperti kering, kusam, bahkan kulit sensitif.

Selain itu, paparan sinar UV dan radiasi blue-light pada gadget bisa menyebabkan kualitas kolagen dan elastin menurun. Akibatnya, muncul garis halus, kerutan, dan flek hitam pada kulit. Dengan demikian, jenis skincare untuk usia 30 tahun ke atas akan berbeda dengan usia 20 tahun.


Faktor Penyebab Masalah Kulit di Usia 30 Tahun

Beberapa masalah kulit wajah pada wanita mulai usia 30 tahun bisa disebabkan oleh berbagai faktor sebagai berikut.

Stres

Kondisi stres dapat membuat kulit menjadi dehidrasi, sehingga kulit tidak bisa memperbaiki sendiri kerusakan sel. Dengan kata lain, kekebalan sel kulit menurun. DiIansir dari Media Indonesia, berdasarkan penelitian Unilever Research and Development Center stres bisa membuat kulit wajah 2,5 tahun lebih tua dan melemahkan kolagen kulit hingga 70%.

Penundaan Skincare

Kulit yang jarang mendapat perawatan akan cenderung cepat mengalami penuaan dini. Bayangkan saja saat usia 30 tahun, dimana kualitas kulit menurun, tak ada asupan bahan aktif yang bisa membantu kulit tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Tentu saja proses penuaan dini akan berlangsung makin cepat dibandingkan kulit yang tetap mendapat asupan nutrisi dari skincare.

Dengan demikian, sangat penting memulai skincare sedini mungkin. Terlebih lagi saat memasuki usia 30 tahun. Kandungan bahan aktif dalam skincare bisa memperlambat proses penuaan, sehingga kulit bisa sehat lebih lama. 

Jarang Menggunakan Sunscreen

Banyak yang berpikir bahwa sunscreen hanya digunakan saat beraktivitas di luar rumah. Ternyata sunscreen juga wajib dipakai setiap hari meskipun tidak beraktivitas di luar rumah.

Selain sinar UV, paparan radiasi panas saat memasak, dan radiasi blue-light dari smartphone atau laptop juga bisa menyerang lapisan kulit. Penggunaan sunscreen yang jarang diduga juga jadi penyebab utama flek hitam kulit.


Basic Skincare untuk Usia Mulai 30 Tahun

Setelah mengetahui masalah yang baisanya muncul pada kulit wajah wanita di usia 30 tahun disertai penyebabnya, penting sekali untuk segera memulai skincare untuk usia 30 tahun ke atas. Buat yang masih bingung urutannya, berikut basic skincare untuk usia 30 tahun ke atas beserta kandungan bahan aktif yang fokus untuk anti-aging.

Skincare untuk usia 30 tahun ke atas

Facial Wash

Pertama, bersihkan wajah terlebih dahulu dengan facial wash. Pilih facial wash yang mengandung bahan aktif vitamin C atau arbu. Bagi pemilik kulit sensitif, pilih facial wash yang ada kata-kata "gentle" atau "mild" pada kemasan produknya.

Arbutin berfungsi untuk mengatasi hiperpigmentasi kulit. Biasanya digunakan untuk mencerahkan atau menyamarkan flek hitam. Vitamin C punya segudang manfaat untuk wajah seperti meratakan warna kulit, mencerahkan wajah, mencegah keriput, mengurangi hiperpigmentasi wajah, dan lain-lain.

Toner

Setelah membersihkan wajah dengan facial wash, keringkan wajah secara lembut dengan handuk bersih atau handuk khusus wajah. Oleskan toner ke wajah dan leher. Pilih toner yang khusus anti-aging atau toner yang mengandung retinol, vitamin C, AHA, atau peptide.

Retinol berfungsi untuk mempercepat regenerasi sel kulit dan merangsang produksi kolagen dalam kulit. AHA berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, sedangkan peptide berfungsi untuk merangsang pembentukan kolagen.

Essence

Setelah memakai toner, langkah selanjutnya adalah menggunakan essence. Fungsi essence dalam rangkaian skincare adalah memberikan kelembapan ekstra pada kulit dan mempersiapkan kulit untuk menerima rangkaian skincare berikutnya, yaitu serum. Kandungan yang disarankan ada hampir sama dengan toner, yaitu vitamin C, peptide, atau gold.

Serum

Serum yang cocok dalam rangkaian skincare untuk usia 30 tahun ke atas adalah serum yang mengandung gold, arbutin, AHA/BHA, hyaluronic acid, atau vitamin C. Hyaluronic acid berfungsi untuk menghidrasi kulit sekaligus menjaga kelembapan di atas kulit. 

Pelembab

Gunakan pelembab sesuai jenis wajah. Pelembab untuk wajah kering tentu berbeda dengan pelembab untuk wajha sensitif. Fungsi pelembab untuk mengunci kelembaban wajah agar wajah tidak kusam dan kering.

Sunscreen

Tahap terakhir dalam basic skincare untuk usia 30 tahun ke atas adalah pemakakan sunscreen. Gunakan sunscreen yang mengandung vitamin C untuk menjaga wajah dari radikal bebas dan radiasi sinar UV, panas kompor, atau blue-light.

Sheet Mask

Selain memakai tahapan skincare, disarankan juga untuk menggunakam sheet mask tiga kali seminggu. Sheet mask mengandung bahan aktif yang dapat menghidrasi, serta melembapkan kulit wajah secara instan. Jangan lupa memakai pelembab setelah memakai sheet mask untuk mengunci kelembaban kulit secara maksimal.


Investasi Skincare untuk Kulit Awet Muda di Usia 30 Tahun ke Atas

Skincare atau perawatan kulit punya manfaat yang beragam tergantung kandungan bahan aktif di dalamnya. Meskipun hasilnya tidak terlihat secara instan, tetapi akan dirasakan manfaatnya saat usia 30 tahun ke atas.

Jangan tergiur dengan hasil instan, tapi ternyata kulit wajah harus jadi korban kandungan berbahaya dalam skincare seperti merkuri. Lebih baik mulai rawat wajah secara bertahap sejak sekarang. 

Investasi wajah juga penting untuk kulit wajah di masa depan agar tampak awet muda dan makin disayang suami. Oleh karena itu, penting untuk segera memulai skincare untuk usia 30 tahun ke atas bagi yang sudah memasuki usia awal 30 tahun.


Referensi

https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/5-tips-perawatan-wajah-usia-30-tahun-ke-atas

https://mediaindonesia.com/humaniora/92196/stres-percepat-penuaan-kulit

https://www.sehatq.com/review/toner-anti-aging/amp





Related Posts

18 komentar

  1. Saya nih ... dulu jarang banget sunscreen-an huhuhu ... sekarang usia kepala 4++ jadi kelabakan sendiri ... nah, sekarang essence yang tidak saya punyai. Makasih, Mbak ... kudu nyari essence yang tepat.

    BalasHapus
  2. Saya yang tidak pernah melakukan perawatan apapun, selain bedak tabur bayi untuk di wajah (serius) merasa sedih jika ternyata sebelum usia 30 seharusnya perawatan dimaksimalkan. Tapi saya tidak kecil hati, mungkin yang tidak mampu perawatan seperti saya bisa saja dialami perempuan lain ..
    Sekedar memberikan ketenangan buat diri sendiri, secara memang di usia lewat 40 ini kulit saya tidak sehat

    BalasHapus
  3. Saya banget nih dulu di bawah 30an, malas pake skincare, merasa ribet, masalah kulit juga belum banyak kali ya, jadinya abai.
    Apalagi liat harga skincare kan auto sedih :D

    Setelah 35+ dong baru saya rajin banget, alhasil kulit udah ibarat setengah rusak, baru dirawat hehehehe

    BalasHapus
  4. Aku jadi inget, minggu ini harusnya beli stok sheetmask.
    Awalnya aku santuy banget kalau urusan kulit, sampai ingat kalau usia kian menanjak, perawatan juga kudu kian ketat.
    Daily skincare yang harus dilakukan banget ini tuh..

    BalasHapus
  5. Memang bener sih, skin care di usia 30 itu penting banget. Aku merasa terlambat karena baru mulai pas usia udah 30

    BalasHapus
  6. Benerr bangett ini Mba
    Kulit muka kudu dirawat secara konsisten ya.
    Nanti akan tampak kok hasilnya.
    kulit jadi glowing paripurna

    BalasHapus
  7. Sudah tau kegunaan dan manfaat skincare tapi masih belum lengkap juga nih skincare yg dipunyai.. Yg paling penting harus rajin dan rutin untuk menggunakan skincarenya itu ya mba :D

    BalasHapus
  8. Skincare memang penting untuk usia di atas 30 ya Mbak. Terasa sekali bedanya, dulu waktu usia 20an mau cuek seperti apapun, kerutan dan flek-flek ogah datang. Tapi sekarang, sepertinya wajah sudah minta perhatian lebih. Pelembab plus sunscreen pun jadi kebutuhan harian..

    BalasHapus
  9. Wah iya, aku juga sudah mulai rutin melakukan basic skincare itu
    Yang belum rutin sih pakai sheet mas 3x seminggu

    BalasHapus
  10. Aku baru tahu kalau pelembab itu penting. Kalau toner, serum ada aku punya. Terimakasih sharingnya, Mbak.

    BalasHapus
  11. Wah makasih Mbak. Aku sebagian besar umur 30 skip skincare dan wajah kusam sekali. Kini jelang 40 malah rajin dan Alhamdulillah lebih kinclong. Baru tahu sunscreen wajib pakai terus mungkin 2 tahunan ini

    BalasHapus
  12. Beneran setelah mengenal dokter kulit, baru saya ngerti betapa pentingnya sunscreen.

    BalasHapus
  13. Wah saya banget ini 30 tahun ke atas. Makin kesini makin gagal paham dengan banyaknya produk yang ada

    BalasHapus
  14. skin care-an harus rutin dan tepat waktu ya ... biar terasa manfaatnya.

    BalasHapus
  15. Setahun pandemi saya skip skip skincare karena saya pikir cuma di rumah doang. Enggak tahunya, kesehatan kulit wajah malah bermasalah. Kulit jadi kering. Woah, sekarang balik lagi skincare-an.

    BalasHapus
  16. Saya termasuk yang jarang pakai sunscreen nih Padahal sunscreen itu penting banget.. Sekarang mau merajinkan diri untuk pakai sunscreen jg ahh.. Wah makasih ilmunya

    BalasHapus
  17. Usia 30 tahunan udah mulai tanda-tanda mengalami masalah kulit, harus dirawat banget memang untuk mengatasi penuaan dini. Kondisi emosi kita juga peru dijaga ya mbak supaya gak stres karena ini bisa mempengaruhi kesehatn kulit juga. Smenagat untuk tetap sehat kulitnya

    BalasHapus
  18. sepakat kak, investasi kulit wajah menurut saya juga penting, bukan karena ingin cantik atau gimana ya, tapi sebagai bentuk syukur atas karunia yang sudah diberikan jadi harus dirawat

    BalasHapus

Posting Komentar