5 Pesona Alam Paling Indah di Malang

Daftar isi [Tampil]

Setelah hampir 2 tahun lamanya terkekang karena pandemi, liburan ke tempat wisata alam bisa jadi pilihan yang asyik untuk meningkatkan happiness vibes. Selain bisa melupakan sejenak kesibukan setiap hari, sejuknya udara di alam bisa menyegarkan pikiran. Kebetulan anakku lagi senang mengenal kendaraan umum seperti bus. Jadi, aku segera cek harga tiket bus hari ini dan memesan tiket untuk liburan bersama dengan semua anggota keluarga. Aku yakin ini bakal jadi petualangan seru naik bus untuk anakku yang jiwa eksplorasinya sudah tampak sejak kecil.

Wisata Alam Malang
Sumber gambar: Instagram @fitraiurniawank, @jm_adventour, @tamanlangitgunungbanyak, @pstravelid, @sonyindra.k

Nah, bagi warga Surabaya sepertiku yang kadang sudah terlalu lelah dengan hiruk pikuk keramaian kota, aku biasanya memilih kota terdekat seperti Malang. Selain cukup dekat dan bisa ditempuh selama 1,5 jam melalui jalan tol, kota tetangga Surabaya ini menyajikan banyak tempat wisata alam yang sangat menarik dan masih asri. Alam juga bisa memberikan banyak pelajaran serta stimulasi alami untuk si kecil. Rasanya nggak akan pernah ada habisnya menjelajah wisata alam kota Malang yang selalu penuh daya tarik dengan keluarga dan si kecil tentunya.


Liburan Berkesan di Malang yang Asri

Malang terletak di arah selatan kota Surabaya. Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat kota ini memiliki hawa sejuk yang selalu membuat candu para wisatawan untuk kembali lagi ke sini. Di kota ini juga menyajikan tempat wisata yang indah sekaligus menarik dengan suasana asri. Tak jarang banyak wisatawan dari luar kota yang tertarik dengan keindahan alam di kota Malang. 

Banyaknya pilihan wisata alam di kota Malang membuatku bingung untuk memilih tempat wisata mana yang akan dikunjungi. Setelah menggali informasi dari teman, aplikasi smartphone, dan internet, muncullah 5 nama tempat wisata yang ingin aku kunjungi bersama keluarga. Berbagai tempat wisata yang akan aku kunjungi selama berlibur bersama keluarga di Malang ada dalam daftar di bawah ini.

1. Omah Kayu

Omah Kayu Malang atau Rumah Pohon Paralayang terletak di kawasan Obyek Wisata Gunung Banyak, Desa Pandesari Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Dari tempat wisata alam ini, pengunjung bisa menikmati panorama kota Malang dari ketinggian. Ada rumah pohon yang bisa digunakan untuk menikmati pemandangan yang cantik dan udara yang sejuk. Akses ke Omah Kayu memang lumayan jauh, tapi penduduk lokal menyediakan akses mobil jeep untuk sampai ke atas. Selain itu, pemandangan dari atas Omah Kayu sangat indah, terutama saat malam hari.

Cek harga tiket bus
Omah Kayu Malang (sumber: ig @pstravelid)

Harga tiket masuk Omah Kayu Malang tanpa menginap pada tahun 2022 sebesar Rp10.000 untuk weekdays dan Rp15.000 untuk weekend. Jadi hanya untuk keliling atau berfoto ria saja. Jika ingin menginap, berikut budget yang perlu disiapkan tergantung weekdays/weekend dan berapa orang yang akan menginap:

  • Omah Kayu Mini WeekDays: Rp400.000 (maks. 2 orang)
  • Omah Kayu Mini WeekEnd: Rp500.000 (maks. 2 orang)
  • Omah Kayu Family WeekDays: Rp800.000 (maks. 6 orang)
  • Omah Kayu Family WeekEnd: Rp900.000 (maks. 6 orang)

2. Taman Langit Gunung Banyak

Selain lokasinya yang memang berada di tempat tinggi, nama tempat wisata Taman Langit juga sangat sesuai dengan berbagai ornamen yang digunakan. Gerbangnya berbentuk malaikat dan terbuat dari akar pohon. Ornamen lain adalah patung peri yang indah dan terbuat dari kayu rotan. Harga tiket masuk ke sini cukup murah mulai dari Rp10.000 saja belum termasuk parkir.

Travel Surabaya Malang
Spot foto di Taman Langit (sumber: ig @tamanlangitgunungbanyak)

Fasilitas yang terdapat di Taman Langit sangat lengkap. Ada gazebo yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan alam, serta penginapan untuk bermalam bersama keluarga. Di sini juga ada beberapa spot foto instagramable seperti ranjang alam, patung raksasa berlatarkan langit, dan rumah pohon.

3. Coban Putri

Air terjun yang masih asri ini berlokasi di Dusun Krajan, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Coban Putri juga berada tidak terlalu jauh dari Coban Rais dan Batu Flower Garden dengan jarak kurang dari 2 km. Kabarnya, air terjun Coban Putri pernah menjadi lokasi pemandian Ken Dedes, Putri Kerajaan Singasari. Air terjun ini mempunyai keindahan yang sangat menakjubkan.

Aplikasi Pegipegi
Coban Putri (sumber: ig @dinahumau)

Kalau ingin berkunjung ke sini, jangan lupa menyiapkan pakaian ganti karena pesona air terjun ini sangat sulit untuk diabaikan. Terlebih lagi, si kecil sangat suka bermain air. Harga tiket masuk ke Coban Putri hanya Rp8.000 belum termasuk parkir. Murah meriah kan, tapi harus ekstra hati-hati ya kalau bawa anak kecil.

4. Mata Air Sumber Sirah

Bagi yang suka berendam, mata air Sumber Sirah adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi saat liburan ke Malang. Telaga alamnya sangat jernih sehingga pengunjung bisa melihat ikan kecil serta tanaman hijau di dalamnya dengan sangat jelas.

Wisata Alam Malang
Mata Air Sumber Sirah (sumber: ig @sonyindra.k)

Wisata ini berlokasi di Jalan Sunan Kalijaga I RT.05/RW.02, Putuk Utara, Putukrejo, Kec. Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuk yang ditawarkan juga masih murah meriah cukup Rp10.000 saja. Kalau begini emak-emak seperti aku pastinya senang sekali bisa liburan budget murah tapi sudah bisa bikin pikiran waras kembali.

5. Pantai Tiga Warna

Anak pantai mana suaranya! Yap! Sesuai namanya, di pantai ini, ada tiga warna yang bisa ditemukan, yaitu putih kemerahan pada pasirnya, biru kehijauan, serta biru tua pada air lautnya. Kombinasi semua warna tersebut mampu mengundang wisatawan untuk datang dan berlama-lama disana.

Tiket bus surabaya Malang
Pantai 3 warna (sumber: ig @jm_adventour)

Pantai 3 Warna ini adalah satu-satunya spot snorkeling yang ada di Malang. Indahnya terumbu karang dan berbagai jenis ikan kecil bisa dilihat secara langsung. Dari pusat kota malang ke lokasi pantai 3 warna di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 jam.


Yuk Liburan ke Malang!

Gimana? Seru semua kan tempat yang aku pilih jadi liburan keluarga? Wisata alam ini tentunya juga cocok untuk menunjang tumbuh kembang anak dengan belajar langsung dari alam. Anak bisa mengenal banyak tumbuhan, merangsang sensorik lewat pasir pantai, dan masih banyak sekali manfaat belajar dari alam langsung. Belajar tak harus duduk diam di rumah, apalagi kalau si kecil super aktif seperti anakku yang cenderung memiliki tipe kecerdasan naturalis.

Semua tempat wisata alam yang aku pilih bisa jadi sarana liburan yang cocok untuk keluarga, terutama anak. Sebelum berangkat ke Malang, aku biasanya memesan tiket bus atau travel Surabaya Malang di aplikasi Pegipegi. Di aplikasi tersebut, aku selalu dapat harga tiket terbaik yang menyelamatkan isi dompetku. Jadi, jangan ragu untuk cek aplikasi Pegipegi dan dapatkan tiket dengan harga terbaik yang akan membawa keluargamu ke berbagai tempat wisata terbaik di seluruh penjuru Kota Malang.


Referensi

https://www.datawisata.com/taman-langit-malang-jawa-timur

https://wisatamalangbatu.com/rumah-pohon-omah-kayu-paralayang-batu-malang/

https://www.google.com/amp/s/amp.suara.com/lifestyle/2020/12/23/121850/pantai-3-warna-malang-lokasi-rute-hingga-tiket-masuk

Share:

20 komentar:

  1. Aku udah lamaaaa ngga main2 ke Malang.
    Kangen banget ihhh, apalagi sekarang ada tol SBy-Mlg jadinya waktu tempuh makin pendek ya.
    Penginn menjelajahi Malang-Batu dan sekitarnyaaaaa

    BalasHapus
  2. Seru bangets mba. Mudah2an bisa mampir je tempat wisata indah di Malang, saya baru sempat ke Paralayang saja. Thankyou for sharing, mba.

    BalasHapus
  3. Waaahhh... Bikin kangen malang nih tulisannya, next pengen cobain pantainya

    BalasHapus
  4. Ya ampyuuun, jadi pingin ke Malang 😩

    BalasHapus
  5. Yaoloh keren banget ya objek wisata di Malang.kapan deh bisa liburan ke sana

    BalasHapus
  6. Nah iya, Pantai Tiga Warna ini destinasi wisata yang menarik. Tapi auto lemes pas tahu jarak tempuh dan hanya bisa ditempuh menggunakan kekuatan diri sendiri, gak bisa pakai kendaraan.
    Wisata Malang ini luar biasa indah, karena lokasinya juga yang berada di daerah dataran tinggi.

    Adeemm~

    BalasHapus
  7. Udah lama banget nggak ke malang, pengen euy sekali-kali ke sana lagi. Pasti refreshing banget menjelajahi alam asri di sana ya..

    BalasHapus
  8. Liat ulasan tempat wisata gini jadi pengen jalan-jalan, apalagi Malang itu salah satu wishlist yang belum terpenuhi

    BalasHapus
  9. Ya Allah aku kemana aja yaa di Malang kok belum pernah kesini semua wkwkwk, bener2 dahh

    BalasHapus
  10. Pengen ke Malang deh kapan-kapan. Insya Alloh

    BalasHapus
  11. Wah, baru tau kalo ke Malang ada tempat asri kayak gini.. Tau nya kalau ke Malang cuma ke Batu aja nih.. Jatim Park 1,2,3 apa lagi yakk.. Hihii,,

    BalasHapus
  12. Ahhh, noted banget ulasannya! Aku belum pernah ke Malang dan Malang jadi salah satu destinasi liburan yang ingin kucapai. Doakan semoga kubisa mengunjungi tempat-tempat yang kakak ulas di sini yaa

    BalasHapus
  13. Aku bookmarked infonya semua, rencana ku mau ke Malang lebaran nanti setelah mudik dari Kediri. Wah, penasaran sama Omah Kayu. Bisa nih diinapi..pasti istimewa nginpe di tempat seperti ini

    BalasHapus
  14. mbak anggita, aku pengennya kalau ke tempat wisata tuh yang sekali jalan gitu. misalnya kalau dari hotel A ke pantai 3 warna lewatin apa aja gitu, jadi sekalian jalan. maklum aku lebih seneng family trip daripada slo trip. hehe

    BalasHapus
  15. pantai 3 warna indah banget yaaa :D

    BalasHapus
  16. iyes ga perlu jauh-jauh ya mbak, di malang aja sudah banyak spot bagus untuk refreshing, terjangaku pula, ada beberapa spot nih yang belum sy kunjungi, terima kasih referensinya ya

    BalasHapus
  17. hwaaaa T_T kenpa dari kesemua yang aku sebutkan belum pernah aku kunjungii hiks. duh mupengsama pantainya itubeneran 3 warna aku hanya pernah ke sendnagbiru

    BalasHapus
  18. Ah malang emang surganya wisata
    Nggak hanya wisata park saja, wisata alamnya juga banyak

    BalasHapus
  19. Yeay, alhamdulillah udah semua sampai ke situuu... Malang punya banyak banget wisata alam yang terjangkau.

    Aku paling suka view gunung, tapi anak-anak sukanya main air, hihi.

    BalasHapus
  20. mbaaak, aku jadi pengen segera ke malaaang

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Silakan tinggalkan komentar atau saran untuk membangun tulisan yang ala kadarnya ini.

Love,
Anggi

Anggita R. K. Wardani

read more

Recent Posts


Posts

Pengikut

Member of

Mama Daring Bloggerhub Indonesian Hijab Blogger Komunitas Emak Blogger Komunitas Blogger Perempuan 1 Minggu 1 Cerita Asli Arek Suroboyo