Corona dan Jungkir Balik Kehidupan Normal


Halo, New Normal!

Tahun 2020 diawali dengan teror tak kasat mata dari keluarga besar virus Corona jenis baru bernama COVID-19. Berawal dari kota Wuhan di China, saat ini wabah COVID-19 telah menyebar luas hingga ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Virus yang cukup mematikan ini dapat menginfeksi siapa saja. Akan tetapi, bayi dan anak kecil, serta orang dengan kekebalan tubuh lemah jauh lebih rentan terhadap serangan virus ini.

Tak hanya bersifat mematikan, kehadiran virus ini mampu menjungkir balikkan tatanan kehidupan normal seluruh masyarakat Indonesia hingga menghadapi era yang disebut "New Normal" atau tatanan hidup normal yang baru. Masker, hand sanitizer, bahkan face shield menjadi item baru yang wajib dibawa saat keluar rumah. Kehidupan sosial jadi bersifat terbatas dan masih berada di bayang-bayang ancaman kematian oleh virus Corona.

New Normal starter pack (sumber : dokumentasi pribadi)

Tak heran kondisi ini mengakibatkan sebagian orang masih parno untuk keluar rumah. Bahkan, untuk urusan pergi ke fasilitas publik seperti puskesmas atau rumah sakit menjadi momok tersendiri bagi sebagian orang. Padahal, kesehatan juga sangat penting untuk dijaga di masa pandemi saat ini. Ditambah lagi, banyak protokol kesehatan di beberapa sektor yang mengharuskan kita untuk melakukan rapid test, seperti saat bepergian dengan kereta atau pesawat, persiapan persalinan, tes penerimaan mahasiswa baru atau kerja, dan masih banyak lagi.

Nah, di zaman teknologi yang sudah sangat canggih ini, telah hadir aplikasi Halodoc yang bisa menghubungkan pasien dan tenaga medis hanya dengan sentuhan di layar ponsel. Melalui aplikasi ini, kita dapat dengan mudah memesan obat, tanya dokter, cek lab, buat janji dengan Rumah Sakit, bahkan sampai ada akses drive thru untuk rapid test atau homecare rapid test.

Sehat Lebih Tenang di Masa Pandemi dengan Aplikasi Halodoc

Aplikasi Halodoc merupakan aplikasi yang menyediakan fitur untuk membantu penggunanya mendapatkan layanan medis secara cepat, aman, akurat, dan terpercaya. Apalagi di masa pandemi yang mengharuskan kita untuk mengurangi interaksi secara langsung dengan memutus rantai penyebaran COVID-19. Melalui aplikasi Halodoc, kita dapat melakukan chat, panggilan suara atau panggilan video dengan dokter yang tersedia 24 jam tanpa harus pergi ke rumah sakit atau klinik.

Halaman muka aplikasi Halodoc (sumber : dokumentasi pribadi)

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur directory agar pengguna bisa menemukan informasi seperti dokter, rumah sakit, dan klinik terdekat. Selain itu, Halodoc juga terintegrasi dengan toko kesehatan sekaligus jasa layanan antar yang memungkinkan kita untuk memesan obat secara praktis, tanpa antri, pasti ada, dan diantar sampai ke rumah. Sangat memudahkan sekali untuk membeli obat tanpa harus cek satu per satu ke apotek, terutama di masa pandemi.

Fitur rapid test COVID-19 di aplikasi Halodoc (sumber : dokumentasi pribadi)

Di masa pandemi ini, sebagai upaya membantu pemerintah dalam penekanan laju kasus COVID-19, ada fitur tambahan di aplikasi Halodoc untuk tes COVID-19. Layanan tersebut berupa rapid test yang berlokasi di Jabodetabek. Layanan rapid test  via Halodoc bekerja sama dengan berbagai mitra rumah sakit. Pemeriksaan rapid test ini menggunakan sampel darah untuk diuji. Darah yang diambil akan digunakan untuk mendeteksi imunoglobulin, yakni antibodi yang terbentuk saat tubuh mengalami infeksi. Dengan begini, pasien pada tahap awal infeksi dapat diidentifikasi lebih cepat.
HaloDoc juga memiliki fitur Directory dimana pengguna bisa menemukan informasi lengkap mengenai dokter, rumah sakit dan klinik terdekat

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Aplikasi HaloDoc: Solusi Layanan Kesehatan Masyarakat Indonesia", https://biz.kompas.com/read/2016/04/27/080000628/Aplikasi.HaloDoc.Solusi.Layanan.Kesehatan.Masyarakat.Indonesia.
HaloDoc juga memiliki fitur Directory dimana pengguna bisa menemukan informasi lengkap mengenai dokter, rumah sakit dan klinik terdekat

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Aplikasi HaloDoc: Solusi Layanan Kesehatan Masyarakat Indonesia", https://biz.kompas.com/read/2016/04/27/080000628/Aplikasi.HaloDoc.Solusi.Layanan.Kesehatan.Masyarakat.Indonesia.

Drive Thru Rapid Test COVID-19 Via Halodoc

Selain layanan berupa rapid test, Halodoc lagi-lagi menggandeng beberapa rumah sakit untuk menambahkan fitur layanan rapid test secara drive thru, sehingga lebih jauh lebih aman. Salah satu rumah sakit di Jabodetabek yang terintegrasi dengan layanan drive thru rapid test  COVID-19  adalah RS OMNI Cikarang.

Cara melakukan drive thru rapid test melalui Halodoc sangat mudah sekali, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini :

Sumber : halodoc.com

Buka aplikasi Halodoc dan klik tombol "COVID-19 Test" kemudian klik tombol search dan ketikkan "Drive Thru Rapid Test". Setelah itu akan muncul beberapa nama rumah sakit yang menyediakan fasilitas drive thru rapid test beserta harga. Pilih tempat untuk melakukan drive thru rapid test ini, misalnya di RS OMNI Cikarang dan tekan tombol "Buat Janji", lalu pilih waktu untuk tes. Di rumah sakit ini juga menyediakan Paket Screening COVID-19, selain drive thru rapid test.

Unggah foto/scan informasi diri (KTP untuk orang dewasa, dan Kartu Keluarga untuk anak di bawah umur) . Jika sudah diunggah, lanjut ke tahap pembayaran. Biaya akan bergantung kepada biaya jasa tenaga medis dan penyediaan alat yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Setelah berhasil, akan ada SMS konfirmasi tentang jadwal tes dan detail pesanan. SMS tersebut harus ditunjukkan kepada petugas medis saat melakukan pemeriksaan. Setelah itu, tak perlu menunggu hasil tes, karena hasilnya akan dikirimkan melalui SMS atau notifikasi Halodoc di smartphone.

Semudah dan senyaman itu penggunaan aplikasi Halodoc selama masa pandemi ini, sehingga membuat kita bisa sehat lebih tenang, semuanya ada dalam genggaman tangan. Tinggal klik, kita sudah bisa chat dengan dokter, membeli obat tanpa antri, dan buat janji dengan rumah sakit.
Share:

2 comments:

  1. yaampun, ternyata drive thru rapid test via halodoc mudah banget ya mba. makasi banyak infonya :)

    stay safe and stay healthy ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Kak, stay healthy juga ya. Semoga pandemi ini segera berlalu :')

      Delete

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Silakan tinggalkan komentar atau saran untuk membangun tulisan yang ala kadarnya ini.

Love,
Anggi

About Me

read more

Recent Posts


Posts

My Instagram Gallery

My Community


ID Corners
Kumpulan Emak2 BloggerBlogger Perempuanindonesian hijab blogger