Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Cara Asyik Atasi Krisis Iklim: Pekerjaan Hijau Green Jobs melalui greenjobs.id

Green Jobs
Ilustrasi mencari pekerjaan/olah grafis dengan Canva Pro

Halo teman online! Pada sadar nggak, sih kalau beberapa tahun belakangan ini sebenarnya kita sering mengalami berbagai keluhan iklim?

Misalnya, sadar atau tidak, banyak orang sering mengeluhkan kepanasan karena suhu udara sekitar naik. Selain itu, berbagai penyakit mulai mengancam kehidupan hingga hujan ekstrem dengan intensitas tinggi di berbagai wilayah, bahkan menimbulkan bencana alam.

Anomali cuaca juga kian kita rasakan. Biasanya di bulan tertentu sudah masuk musim hujan, tapi ternyata masih kemarau dan berkepanjangan. Terkadang, kita tidak menyadari bahwa keluhan-keluhan tersebut sebenarnya merupakan dampak krisis iklim yang kita rasakan sehari-hari.


Krisis Iklim vs Keberlangsungan Hidup

Green Jobs
Infografis fakta perubahan iklim/instagram @infobmkg

Krisis iklim ini sangat berkaitan dengan keberlangsungan hidup kita sekarang dan anak cucu nanti. Seperti yang kita tahu bahwa kelestarian hutan, kebersihan laut, pengendalian polusi udara dan sampah, harus menjadi fokus kita bersama sekarang ini demi menindaklanjuti krisis iklim. 

Misalnya, keadaan hutan yang terus mengalami deforestasi tentu bisa mengakibatkan emisi karbon semakin banyak di atmosfer. Akibatnya, terjadi peningkatan suhu global (global warming).

Masalah lingkungan lain yang harus kita perhatikan adalah produksi sampah yang sangat besar, namun pengolahannya belum baik dan benar. Terutama terhadap mikroplastik. Bahkan hanya sedikit limbah yang bisa didaur ulang dan selebihnya hanya mencemari lingkungan.

Permasalahan berikutnya adalah kian tingginya polusi udara yang membuat kualitas udara menjadi sangat tidak sehat. Kadar polutan di udara menjadi lebih tinggi dari batasan normal WHO. Tentu ini menyebabkan banyak masalah, terutama aspek kesehatan.

Krisis iklim ini tentu bisa semakin parah di masa mendatang. Menjadi tantangan tersendiri bagi kita dan para generasi muda agar terus bisa beradaptasi terhadap kondisi lingkungan yang kian memburuk kualitasnya dan terbatas sumber dayanya.

Bayangkan saja jika akses air bersih semakin susah, kualitas udara semakin menurun, cuaca ekstrem kian meningkat, belum lagi ancaman wabah penyakit yang beragam. Kehidupan layak seperti apa yang bisa kita wariskan untuk anak cucu kita?


Urgensi Transisi Energi secara Positif

Pekerjaan hijau
Ilustrasi perbedaan lingkungan akibat penggunaan energi/Canva Pro

Transisi energi merupakan suatu proses perubahan dalam sistem energi. Di masa sekarang, transisi energi merupakan transformasi dari energi berbasis fosil dan tinggi karbon menuju energi rendah karbon.

Dulu, manusia lebih banyak menggunakan sumber-sumber energi tradisional untuk beraktivitas seperti menggunakan kayu bakar, arang, tenaga manusia, bahkan dengan tenaga hewan.

Namun, industri semakin berkembang pesat dan tuntutan sumber-sumber energi menjadi lebih besar. Akhirnya, penggunaan energi fosil seperti batu bara digunakan untuk menggantikan sumber energi tradisional.

Ada beberapa alasan adanya transisi energi. Mulai dari perkembangan inovasi teknologi, tingkat upah pekerja, ketersediaan sumber energi, harga, serta kemudahan mendapatkannya.

Di Indonesia, kita pernah mengalami transisi energi. Masih pada ingat? Kita pernah mengalami transisi energi dari minyak tanah ke LPG (Liquid Petroleum Gas). 

Transisi energi disusun dan dikembangkan agar kita memiliki sumber energi terbarukan yang melimpah, tersebar merata, dan dapat dikembangkan dalam skala kecil hingga sedang. Selain itu, jumlah penduduk yang sangat besar memiliki potensi sumber daya manusia dan peluang pasar yang besar. 

Potensi sumber daya alam dan manusia yang melimpah di Indonesia bisa jadi senjata untuk mengendalikan krisis iklim. Salah satunya dengan memanfaatkan Green Jobs alias pekerjaan hijau. 


Apa itu Green Jobs?

Green Jobs
Potensi pekerjaan hijau/instagram @iesr.id

Green Jobs mendukung akselerasi transisi energi. Green Jobs sendiri berfokus pada pelestarian lingkungan, meminimalisasi sampah dan polusi, serta melestarikan ekosistem yang berkaitan dengan krisis iklim, kemudian menelaah efisiensi energi terbarukan.

Statistik Pemuda Indonesia,2019 menyatakan bahwa Indonesia dapat mencapai bonus demografi. Bonus demografi adalah kondisi ketika penduduk usia produktif lebih banyak (70%) dari total populasi di tahun 2020—2045. 

Fenomena ini bisa dikendalikan sehingga tidak terjerumus dalam beban demografi, yaitu dengan memberikan akses pendidikan lebih tinggi dan meningkatkan keunggulan kompetitif pada tingkat regional, nasional, hingga global melalui peluang kerja yang berkualitas.

Pembangunan Rendah Karbon (PRK) Bappenas menyatakan bahwa skenario Net Zero Emission (NZE) bisa membuat Indonesia menuju negara berkelanjutan dan memiliki kemampuan untuk mengurangi dampak perubahan iklim. Bahkan bisa menciptakan 15 juta lapangan kerja, mencegah hilangnya 16 juta hektar lahan hutan, peningkatan kualitas udara, dan masih banyak lagi.

Tahun 2022, Koaksi Indonesia juga mengeluarkan studi potensi Green Jobs dalam transisi energi. Indonesia bisa mewujudkan PRK dan mencapai NZE pada tahun 2060 (bahkan lebih cepat) melalui percepatan transisi energi dari energi fosil ke energi terbarukan, serta peta jalan pengembangan Green Jobs di Indonesia secara matang dan terstruktur hingga tahun 2045.

Semua itu bisa terealisasi dengan cara meningkatkan sosialisasi peluang penciptaan lapangan kerja baru dan Green Jobs. Terutama untuk generasi muda, pemerintah, sektor swasta, serta sektor pendidikan. 

Apalagi dengan semakin banyaknya sektor swasta dan industri yang memiliki visi berkelanjutan yang menargetkan penurunan emisi dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG). Tentu ini akan memperbanyak peluang Green Jobs.

Profesi hijau yang merupakan respons dari berbagai persoalan lingkungan dan pelestarian alam perlu memiliki wawasan dasar yang cukup sebagai bekal. Termasuk di dalamnya wawasan kebangsaan.

Wawasan dasar ini penting untuk mengembangkan dinamika ke depan dari berbagai profesi hijau dengan konteks persoalan yang beragam.

Jadi, Indonesia memiliki peluang besar untuk memperbanyak Green Jobs dari berbagai sektor, seperti pelaku usaha dari sektor energi, transportasi, pangan, industri, serta sektor limbah. Green Jobs tidak hanya berpotensi di kota besar, tapi bisa untuk setiap individu di seluruh Indonesia.


Mewujudkan Green Jobs Impian Melalui greenjobs.id

Greenjobs.id
Laman greenjobs.id/Tangkapan layar platform greenjobs.id

Telah hadir sebuah platform sumber informasi Green Jobs yang andal, lengkap/komprehensif, serta mudah diakses oleh publik. Koaksi Indonesia mengembangkan platform berbasis web yang akan memperkuat kebutuhan informasi dasar mengenai Green Jobs.

Tidak hanya berisi informasi, greenjobs.id menyediakan publikasi serta sebagai sarana peningkatan kapasitas yang dibutuhkan untuk terjun ke Green Jobs atau menciptakan Green Jobs.

Selain itu, platform ini akan menjadi wadah yang mempertemukan sumber daya manusia (SDM) dengan penyedia Green Jobs, dari sektor pendidikan, swasta/industri, serta pemangku kepentingan terkait, untuk pengembangan ekosistem Green Jobs.

Pengembangan platform greenjobs.id berisi:

  1. Referensi atau publikasi
  2. Informasi dasar/FAQ (Green Jobs for Dummies)
  3. Informasi tentang lembaga yang mendukung ekosistem Green Jobs: pendidikan, kursus luring atau Massive Open Online Courses (MOOC), sertifikasi, inkubasi/akselerasi start-up
  4. Panduan Green Jobs berupa video
  5. Materi komunikasi yang bisa diunduh
  6. Forum Matchmaking untuk pekerjaan dan karier: lowongan pekerjaan, pemberi pekerjaan, investor, hingga start-up
  7. Cerita sukses Green Jobs 
  8. Komunitas Green Jobs: pemangku kepentingan yang turut mendukung inovasi, visi, serta aksi perubahan yang memiliki perspektif keberlanjutan, meliputi Lembaga/Institusi Publik, Akademisi/Lembaga Pendidikan, Sektor Swasta/Industri, Organisasi Masyarakat Sipil, hingga Media Massa.

Gimana, teman online? Tertarik untuk mengenal Green Jobs lebih jauh? Silakan kunjungi greenjobs.id dan temukan informasi mengenai potensi diri dalam #GoGREENJOBS untuk masa depan yang lebih baik.

21 komentar

21 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Yonal Regen
    Yonal Regen
    24 Maret 2024 pukul 22.42
    Ko seneng ya dengan hadirnya greenjobs.id ini, karena keberadaannya tidak hanya menjadi informasi bagi para job hunter, tetapi lebih dari itu, ini bisa jadi sosialisasi dan bahkan edukasi tentang pentingnya memperhatikan masalah lingkungan, bahkan dalam hal pekerjaan pun
    Reply
  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh
    24 Maret 2024 pukul 22.19
    memang mulai terasa bgt ya perubahan iklim ini. dan siapa lagi yg harus bergerak buat selamatin lingkungan tinggal kita kalau bukan kita sendiri ya
    Reply
  • Ria Nugros
    Ria Nugros
    24 Maret 2024 pukul 19.11
    Baru tau nih tentang green jobs ini, bagus yaa programnya semoga bisa membuat bumi tetap hijau dan nyaman selalu di tinggali
    Reply
  • Goresan hati
    Goresan hati
    24 Maret 2024 pukul 17.37
    Bagus nih sekarang udah ada platform greenjob untuk menjaga lingkungan ya. Aksi nyatanya makin terlihat jelas. Tinggal kitanya yang harus terus bergerak agar aksi nyata ini tidak berhenti di offline. Tapi juga online
    Reply
  • Happy
    Happy
    6 Maret 2024 pukul 07.30
    pelestarian lingkungan emang harus dimulai dari diri sendiri. platform greenjobs ini bisa jadi tempat untuk mengekspresikan diri ya buat pecinta lingkungan
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    6 Maret 2024 pukul 04.23
    Impian banget bisa memiliki pekerjaan yang layak dan ramah lingkungan, Green Jobs seperti ini. Karena selain memikirkan jenis lapangan pekerjaannya juga memikirkan bagaimana kondisi alam yang berkelanjutan.
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    5 Maret 2024 pukul 23.43
    Dengan adanya pekerjaan yang ramah lingkungan setidaknya bakal meminimalisir perubahan iklim yang saat ini kian memburuk, semoga dengan banyak pekerjaan hijau ini secara perlahan dan dilakukan dengan jangka panjang bakal berefek baik pada bumi kita
    Reply
  • M. Rizki Riswandi, S.Kom
    M. Rizki Riswandi, S.Kom
    5 Maret 2024 pukul 23.28
    Wah, keren banget inisiatifnya! Platform greenjobs.id bener-bener jadi solusi buat kita yang pengen tahu lebih banyak tentang Green Jobs dan berkontribusi dalam mengatasi krisis iklim. Semoga dengan adanya platform ini, makin banyak generasi muda yang terinspirasi untuk ikut serta dalam membangun masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan. Ayo, kita #GoGREENJOBS! 🌱💼
    Reply
  • Wiwid Nurwidayati
    Wiwid Nurwidayati
    5 Maret 2024 pukul 22.32
    Kita memang harus turut sadar akan pentingnya menjaga lingkungan ini. Seperinya greenjobs ini bagus banget untuk mendukung kelestarian lingkungan. Tapi saya masih penasaran dengan geenjobs ini, cus masuk ke websitenya
    Reply
  • GE MAULANI
    GE MAULANI
    5 Maret 2024 pukul 22.08
    Iya lagi aku sering ngeluh soal anomali cuaca. Apalagi sekarang tinggal di Karawang. Rasa panasnya membara banget tiap hari huhu. Lha iya ya kak, potensi sumber daya alam dan manusia yang melimpah di Indonesia bisa turut mengendalikan krisis ikli kalau dimanfaatkan dengan benar. Salah satunya dengan ikutan Green Jobs
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    5 Maret 2024 pukul 22.07
    emang beneran cara asyik atasi krisis Iklim ya kak. auto kllik situsnya nih karen akepo ada apa aja. ternyata banyak banget seperti yang kakak sebutin di atas, aku klik juga tentang cari pekerjaan tapi infonya masih terbatas ya? aku ketemunya flyer aja dan itupun kecil sizenya, hiks. akhirnya aku klik menu di bawahnya deh, eeeeh iya ada banget banget informasi lowongan, hahahaha. auto kepo kepo lagi nanti.
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    5 Maret 2024 pukul 22.07
    emang beneran cara asyik atasi krisis Iklim ya kak. auto kllik situsnya nih karen akepo ada apa aja. ternyata banyak banget seperti yang kakak sebutin di atas, aku klik juga tentang cari pekerjaan tapi infonya masih terbatas ya? aku ketemunya flyer aja dan itupun kecil sizenya, hiks. akhirnya aku klik menu di bawahnya deh, eeeeh iya ada banget banget informasi lowongan, hahahaha. auto kepo kepo lagi nanti.
    Reply
  • Luluk Sobari
    Luluk Sobari
    5 Maret 2024 pukul 19.32
    Sudah waktunya nih, untuk pemuda-pemudi Indonesia agar mulai mendalami pekerjaan hijau atau green jobs ini. Sebagai bentuk partisipasi dalam mengatasi perubahan iklim yang sangat nyata.
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    5 Maret 2024 pukul 17.35
    kalau bisa memanfaatkan peluang green jobs ini menjadi langkah strategis dalam mendukung lingkungan agar tetap lestari. semoga makin terbuka lagi green jobs ini di berbagai sektor
    Reply
  • Deeva Collection
    Deeva Collection
    5 Maret 2024 pukul 16.06
    Semoga keberadaan greenjobs ini bisa diikuti juga kesadaran setiap orang untuk menjaga lingkungan yang bisa berdampak pada iklim. Sayang sekali juga, saat ini daerah hijau semakin kurang akibat banyaknya lahan yang digunakan untuk membangun perumahan.
    Generasi muda harus diinformasikan kondisi negeri kita dahulu, dan saat ini, bedanya seperti apa, agar mereka bisa produktif namun tetap kontribusi dalam menjaga iklim
    Reply
  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro
    5 Maret 2024 pukul 13.26
    Aku merasakan banget gimana Madura semakin panas. Seharian nggak bisa matikan kipas. Bahkan di malam hari juga.

    Yang paling kerasa adalah bibir pantai yang makin habis.

    Pasti akan lebih asyik bisa mengenal Green Jobs lebih jauh.
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    5 Maret 2024 pukul 13.17
    Saya setuju sekali dengan Green Jobs ini. Tidak hanya membuka lapangan pekerja, tapi juga mengajak generasi muda untuk peduli pada lingkungan dan justru ikut membuka lapangan kerja hijau.
    Reply
  • Dyah Kusumastuti Utari
    Dyah Kusumastuti Utari
    5 Maret 2024 pukul 11.26
    menarik, baru tahu istilah green job ini, menyenangkan ya jika bekerja dan ternayta memberi dampak positif untuk bumi
    Reply
  • Lintang
    Lintang
    4 Maret 2024 pukul 21.46
    Udah lama sih aku ngerasain keluhan iklim ini, dari yang panas banget eh mendadak hujan. Belum lagi polusi udara yang ngga terkendali. Jadi penting banget kalau mulai menggalakkan transisi energi. Bisa banget ya memanfaatkan Green Jobs untuk meminimalkan sampah dan polusi.
    Reply
  • Nurul Mutiara R.A
    Nurul Mutiara R.A
    4 Maret 2024 pukul 21.19
    Melihat semakin parahnya krisis iklim, berbagai pekerjaaan yang relate dengan green jobs ini semakin disukai dan meluas. Aku dukung banget sih kalau lebih banyak anak muda memilih pekerjaan hijau
    Reply
  • Putu Felisia
    Putu Felisia
    4 Maret 2024 pukul 20.15
    Semua lengkap ya di greenjobs.id. Emang penting banget jaga lingkungan sih. Denpasar sekarang udah puanas pol.
    Reply