Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Penyebab Komedo di Hidung dan Cara Mengatasinya, Mudah dan Efektif!

Sensatia Botanicals

Komedo yang muncul di bagian wajah, terutama hidung, kadang sering membuat kesal. Sebab, kemunculannya sering membuat wajah terlihat kotor. Penyebab komedo di hidung bervariasi tergantung jenisnya. Komedo yang muncul di hidung biasanya berupa komedo putih (whiteheads) dan komedo hitam (blackhead).

Kamu bisa melakukan pencegahan dengan menghindari beberapa hal yang menyebabkan terbentuknya komedo. Selain itu, ada juga beberapa cara untuk mengatasi komedo, lalu mencegahnya agar tak muncul lagi dengan mudah dan efektif.

Seperti apa caranya? Simak sampai habis penjelasan tentang jenis komedo, penyebab komedo, cara mengatasi, hingga cara untuk mencegahnya di sini.


Jenis Komedo di Hidung dan Penyebabnya

Penyebab komedo di hidung adalah tersumbatnya folikel rambut karena akumulasi sel kulit mati yang bercampur dengan minyak. Begitu pori-pori tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati, zat tersebut mengeras, membentuk tonjolan komedo terbuka atau tertutup. Namun, komedo bersifat non-inflamasi. Artinya, lesi komedo biasanya tidak mengandung bakteri atau nanah yang dapat memicu jerawat.

Komedo Putih

Komedo putih atau yang disebut dengan komedo tertutup. Komedo ini terbentuk akibat tersumbatnya folikel rambut oleh adanya penumpukan sel kulit mati, sebum berlebih, dan bakteri di pori-pori wajah. 

Penyebab Komedo Putih

Faktor penyebab komedo putih muncul adalah jenis kulit berminyak, kurang bersih memberihkan sisa make up, dan sering memencet jerawat yang meninggalkan bekas lubang pori-pori di wajah.

Komedo Hitam

Komedo hitam atau dikenal dengan komedo terbuka karena tonjolan komedo muncul keluar, sehingga terlihat. Komedo hitam atau blackhead muncul akibat penumpukan sel kulit mati dan sebum berlebih di pori-pori kulit. Warnanya akan berubah menjadi cokelat atau kehitaman akibat paparan udara.

Penyebab Komedo Hitam

Faktor penyebab komedo hitam muncul di hidung adalah produksi keringat yang berlebih, gangguan kesehatan seperti stress, PCOS, dan PMS.


Cara Mengatasi Komedo Putih dan Hitam

Setelah mengetahui jenis komedo dan penyebab komedo di hidung, berikut beberapa cara mengatasi komedo putih dan hitam yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Hasilnya memang tidak instan seperti ekstraksi komedo yang dilakukan oleh dokter kecantikan. Namun, bisa perlahan mengurangi komedo di wajah.

Penguapan Wajah

Metode steaming atau uap bisa membantu untuk membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran di dalamnya. Proses uap ini dapat melonggarkan pori-pori yang tersumbat kulit mati atau sebum, sehingga komedo perlahan bisa dihilangkan.

Caranya cukup mudah. Siapkan air panas di dalam wadah. Condongkan wajah ke dalam wadah hingga uap air terasa melewati wajah. Tutup bagian belakang kepala dengan handuk agar uap tetap mengalir di sekitar wajah.

Pemakaian Masker Clay

Selanjutnya bisa memakai masker clay atau tanah liat. Masker ini bekerja dengan cara melembutkan pori-pori yang tersumbat. Setelah itu, membersihkan pori secara mendalam dari kotoran, minyak, dan sel kulit mati.

Penggunaan masker clay yang dianjurkan adalah seminggu dua kali. Komedo akan berkurang secara bertahap jika rutin melakukan ini.

Melakukan Eksfoliasi dengan Scrub

Selain penggunaan masker, eksfoliasi wajah dengan scrub juga bisa mengatasi komedo putih dan hitam. Bisa menggunakan scrub alami seperti campuran oat dan yoghurt.

Caranya cukup oleskan ke wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Tunggu 2-3 menit, lalu pijat area wajah secara perlahan. Setelah itu, kembali bersihkan sisa scrub di wajah dengan air hangat.


Skincare untuk Cegah Komedo Datang Lagi

Meskipun sudah dilakukan berbagai cara untuk mengatasi komedo putih dan hitam, kulit wajah tetap perlu skincare rutin untuk cegah komedo datang lagi. Kamu bisa menggunakan rangkaian skincare dari Sensatia Botanicals seperti Coconut & Vanilla Facial Scrub, Tea Tree & Lemon Facial Cleanser, Indian Fig Finishing Dream Cream, dan Tea Tree & Lemon Facial Mask.

Kandungan bahan alami dalam produk Sensatia Botanicals seperti Tea tree, lemon, vanila, kaolin  clay, dan lain-lain dipercaya bisa mencegah komedo terbentuk. Selain itu, bahan alami juga lebih aman untuk wajah karena mengandung kebaikan alam. Jadi, gunakan step skincare rutin seperti facial scrub, facial cleanser, krim, dan facial mask dari Sensatia Botanicals untuk mencegah komedo datang lagi. 


Penutup

Penyebab komedo putih dan hitam pada intinya adalah penyumbatan pori wajah oleh kotoran, sel kulit mati, dan sebum yang berlebihan. Cara mengatasinya bisa dengan menggunakan penguapan, masker, eksfoliasi, dan skincare rutin untuk mencegah komedo datang lagi.


Referensi

https://www.sensatia.com/id/blog/penyebab-komedo-putih-dan-hitam/

Posting Komentar

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi