Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Bisnis Dari Rumah Ala Ibu Rumah Tangga

Setelah menjadi ibu rumah tangga dan resign dari pekerjaan lama sebagai pengajar di universitas swasta, aku memutuskan untuk memulai bisnis dari rumah. Bukan karena uang bulanan dari suami kurang, tapi aku butuh kegiatan untuk aktualisasi diri.

Segala jenis bisnis aku coba untuk menemukan bisnis yang cocok untukku. Mulai dari bisnis kuliner, baju, hingga akhirnya jatuh cinta dengan bisnis digital, buku, dan reseller skincare.


Memilih Bisnis yang Cocok

Kata orang skincare itu cocok-cocokkan. Cocok di orang lain belum tentu cocok di aku. Begitu pula dengan bisnis, sukses di orang lain belum tentu sukses di aku.

Contohnya saat dulu aku coba bisnis kuliner yang katanya paling mudah balik modal. Nyatanya aku kurang sabar dan telaten menghadapi pasang surut hasil harian. Alhasil bisnis kuliner yang aku mulai bersama suami pun mangkrak.

Kami pun coba berjualan barang lain seperti baju, kopi, dan lain-lain. Namun, tak ada yang berhasil. Sampai akhirnya rezeki kami cocok di bisnis digital, buku, dan reseller skincare.

J&T Cargo
Bisnis rumahan ala ibu rumah tangga (sumber:dokpri)

Modal yang Dipakai

Dibandingkan bisnis kuliner, modal untuk bisnis digital, buku, dan reseller skincare cenderung lebih terjangkau. Masa pakainya juga lebih lama dibandingkan makanan.

Meskipun balik modalnya tidak instan seperti kuliner, tapi pasti balik modal dalam kurun waktu tertentu. Aku pun juga hobi menulis dan review skincare, jadi ya seperti hobi yang dibayar. Lebih enjoy kerjanya. 

Dukungan Suami dan Orang Terdekat

Dukungan suami dan orang terdekat juga sangat penting dalam menjalankan bisnis dari rumah. Rasanya jadi nggak berjuang sendirian kalau ada yang mendukung. Menjalankan bisnis dari rumah pun jadi makin happy, senang, dan tidak terasa stres.

Memilih Ekspedisi yang Pas untuk Pengiriman Paket

Pernah nggak sih, kesal karena paket tidak kunjung sampai di rumah karena ekspedisi pengiriman yang dipilih nggak sat set wat wet? Aku pernah kesal dan bete karena paket nggak kunjung sampai padahal pengiriman di satu kota.

Nah, aku tidak mau apa yang aku rasakan juga dirasakan oleh pelangganku. Oleh karena itu, sangat penting memilih ekspedisi yang pas untuk pengiriman paket dalam bisnis kita.

Urusan perusahaan logistik, saya pilih J&T Cargo untuk pilihan pengiriman paket besar minimal 5kg. Sangat membantu pelaku bisnis sepertiku ketika ada pesanan paket dari para sultan di luar pulau Jawa yang beratnya bisa sampai 5-11kg ke atas.


Keunggulan Kirim Paket Besar Lebih Murah, Cepat, dan Tepat Waktu dengan J&T Cargo

Counter J&T Cargo di dekat rumahku yang bahkan bisa dicapai dengan jalan kaki. Tentunya sangat memudahkanku untuk akses mengirim paket besar.

Hal itu disebabkan J&T Cargo memiliki komitmen untuk menciptakan pengalaman logistik terbaik melalui pemesanan yang mudah dan full tracking. J&T Cargo juga terus meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan biaya logistik.

Lantas, apa saja sih keunggulan saat kirim paket besar dengan J&T Cargo dibandingkan Express? 

J&T Cargo
Counter J&T Cargo Kenjeran (sumber: dokpri)

Lebih Murah

Pertama-tama adalah ongkos kirim lebih murah untuk paket besar dibandingkan menggunakan Express. Apalagi kalau paketnya di atas 10 kg.

Harga pengiriman paket ke Aceh dari Surabaya dengan berat 5kg dan 11kg. Pada paket antara 5-10kg terdapat perbedaan harga lebih murah hingga 50% jika menggunakan J&T Cargo dibandingkan Express 

Jangkauan Area Luas

J&T Cargo memiliki jangkauan pengiriman area sebesar 98% di Indonesia. Jangkauan area yang luas ini tentu saja akan mempercepat proses pengiriman dan meningkatkan efisiensi bisnis dari segi pengiriman barang. Contohnya saja saat mengirim paket besar ke luar kota seperti Sidoarjo atau Malang hanya butuh waktu 1-2 hari saja.

Tepat Waktu

Layanan dalam J&T Cargo memiliki klaim pengiriman tepat waktu antar kota dengan SLA (Service Level Agreement) terjamin. SLA merupakan kontrak yang berisi sekumpulan kewajiban kepada pihak lain seperti customer. Biasanya SLA sudah disetujui sebelum dikirim kepada customer.

J&T Cargo
Paket besar pesanan skincare (sumber: dokpri)

Gratis Jemput Paket

Satu lagi yang aku suka dari J&T Cargo karena amat sangat membantu kaum mager sepertiku adalah fasilitas gratis pick up atau jemput paket. Benar-benar gratis tanpa biaya tambahan.

Kalau aku pribadi biasanya pakai aplikasi J&T Cargo. Tinggal isi data, siapkan paket, tunggu dijemput, dan tinggal bayar.

EzTrack untuk Lacak Paket dengan Akurat

Di dalam J&T Cargo juga ada Layanan EzTrack, yaitu layanan kargo khusus klien E-commerce. Ketika menggunakan layanan tersebut, klien bisa melakukan pemesanan, melihat ongkos pengiriman, serta memeriksa status pengiriman yang terintegrasi dengan sistem koneksi API.

Jadi, sangat membantu para pelaku bisnis sepertiku yang kadang juga memajang produk di E-commerce. Apalagi bisa cek posisi paket secara akurat saat proses distribusi.


Teman Baik Pengiriman Bisnis: Paket Besar, Cari J&T Cargo!

Salah satu kendala dalam bisnis rumahan adalah ketika mendapat pesanan dalam jumlah besar. Selain tantangan dalam proses packing aman, juga memilih jasa ekspedisi yang aman, cepat, tepat waktu, dan terpercaya.

Dari semua pilihan ekspedisi kargo, J&T Cargo jadi teman baik bisnisku dalam hal pengiriman paket besar ke pelanggan. Selain prosesnya mudah, biaya yang lebih efisien, jaminan pengiriman tepat waktu, dan jangkauan luas ke seluruh Indonesia jadi nilai lebih J&T Cargo.

11 komentar

11 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Ria Kiyandra | Beauty, Life Style Blogger kiyandra.com
    Ria Kiyandra | Beauty, Life Style Blogger kiyandra.com
    23 Maret 2023 pukul 09.36
    Aku dulu jg pernah jualan online tapi ga terlalu rame semua skrg sdh stop 🤣.. dlu juga pake j&t si krn terpercaya dan respon cs nya klo ada keluhan bagus banget. Klo j&t cargo belum pernah pakai si
    Reply
  • April Fatmasari
    April Fatmasari
    21 Maret 2023 pukul 07.07
    Alhamdulillah ya, Mbak. Bisnis rumahan bisa mengisi hari ibu-ibu rumah tangga. Saya dulu juga sering pakai ini untuk pick up paketan, apalagi pas pandemi.

    Semoga sekarang bisa mulai jualan online lagi, apalagi momen Ramadan dan lebaran
    Reply
  • momtraveler
    momtraveler
    20 Maret 2023 pukul 11.16
    alhamdhulilah sekarang banyak peluang usaha yang bisa dikerjakan dari rumah ya mbak. paling senneg kalo nemu ekspedisi yang amanah dan sat set kaya JnT ya
    Reply
  • deamerina
    deamerina
    20 Maret 2023 pukul 10.42
    Uwww, keren. Seneng nih kalo liat perempuan yg bisa tetap berdaya meski udh menikah 🤍 nemu ekspedisi yg cocok emg susah. Maklum yak, namanya org jualan kan kudu bs jawan tiap cust tanya barangnya udh sampe mana. Untung skrg udh bs tracking 😁
    Reply
  • Dewi Rieka
    Dewi Rieka
    20 Maret 2023 pukul 08.04
    Sejak nikah dan pindah ke desa, aku berjualan buku dan terbantu banget dengan ekspedisi yang terpercaya, sekarang jadi pengen memulai lagi deh usaha online, tapi masih mencari-cari produk apa yang laku dijual
    Reply
  • opiardiani
    opiardiani
    19 Maret 2023 pukul 21.24
    wah ini sangat membantu bisnis rumahan ya... bisa jadi referensi nih buat ibu ibu yang sedang mencoba mengembangkan bisnis dari rumah dan butuh kirim kirim ya. cuzzzz
    Reply
  • Dinimulya
    Dinimulya
    19 Maret 2023 pukul 08.56
    Memang betul mb, setelah perjuangan memilih bisnis yang cocok dengan kita, selanjutnya kita harus hati-hati dengan memilih ekspedisi pengiriman.

    Karena setelah kita sukses memasarkan produk dan banyak yang beli, selanjutnya kita harus memastikan produk kita sampai ke tangan pembeli.

    Nice info mb, bisa dicoba nih J&T Cargo untuk pengiriman 5kg keatas 👍🏻
    Reply
  • Shinta
    Shinta
    19 Maret 2023 pukul 00.37
    punya bisnis di rumah itu enaknya waktu fleksibel dan bisa manjemen waktu sendiri, tapi kendalanya ada di ekspedisi, kalau kurang tepat bisa bisa memengaruhi penjualan. J&t cargo ini memudahkan banget sih, terutama produk" yg ukurannya besar tapi jaraknya jauh
    Reply
  • Bening Pertiwi
    Bening Pertiwi
    18 Maret 2023 pukul 19.50
    bisnis rumahan, sekilas memang enak banget, karena fleksibel waktu dan tempatnya. tapi ternyata, tetap butuh konsistensi, buat aku sih begitu. hehe. terima kasih tipsnya
    Reply
  • radiani
    radiani
    18 Maret 2023 pukul 11.22
    bisnis dari rumah lebih fleksibel ya Mba. kita bisa atur waktu sendiri, tapi repotnya kalo brainstorming suka pusing karena mikir sendiri hahaha. oya untuk ekspedisi juga aku suka pakai jnt soalnya bisa jemput paket, kita ga perlu keluar rumah antar paketan
    Reply
  • Nurul Sufitri
    Nurul Sufitri
    17 Maret 2023 pukul 15.13
    Bisnis ala rumahan buat ibu rumah tangga memang banyak sekali jenisnya, terutama yang menjadi minat atau hobi. Untuk pengiriman barang ternyata semakin dimudahkan dengan hadirnya J&T Cargo ya mbak. Produk2 besar dan banyak bisa tiba di tujuan tepat waktu dan biayanya terjangkau juga.
    Reply