√Ikut Ngebut di Mandalika, IndiHome Dukung Pariwisata dengan Internet Super Cepat - ANGGITA RAMANI | Personal Lifestyle Blog

Ikut Ngebut di Mandalika, IndiHome Dukung Pariwisata dengan Internet Super Cepat

17 komentar
Konten [Tampil]

Seorang perempuan memakai helm proyek berwarna kuning sedang berjalan di tengah hujan deras yang mengguyur Mandalika. Dari balik layar TV Interaktif yang didukung dengan kecepatan internet fiber, aku bisa melihat mulutnya komat-kamit sambil membaca sesuatu. Tak lama kemudian dipukulnya mangkuk antik yang sudah ia bawa. Bunyi khas mirip lonceng pun menggema di sirkuit Mandalika.

Internetnya Indonesia

Antara percaya dan tak percaya, hujan berangsur-angsur mereda setelah kejadian itu. Semua orang bersorak sorai. Perhelatan akbar pembalap seluruh dunia yang dikenal dengan MotoGP itu akhirnya bisa dilanjutkan kembali.

Aku pun turut heran aksi yang dipercaya masyarakat Jawa sebagai "aksi pawang hujan" yang dilakukan oleh Mbak Rara tersebut bisa menghentikan hujan deras yang terjadi di sirkuit Mandalika. Momen langka dan unik tersebut untungnya bisa aku saksikan meskipun tidak berada langsung di Mandalika berkat manfaat internet tak terbatas dari Internetnya Indonesia.

Berkat layanan internet fiber dan TV interaktif yang disediakan oleh IndiHome, aku bisa menyaksikan perhelatan akbar MotoGP 2022. Sebenarnya, acara MotoGP 2022 juga ditayangkan di TV analog, tapi tidak selengkap yang ditayangkan di TV Interaktif IndiHome.

Usut punya usut, ternyata IndiHome juga merupakan Venue Partner Resmi dari MotoGP 2022. Selain itu, IndiHome juga memanjakan para wisatawan yang datang ke sirkuit Mandalika dengan jaringan internet fiber yang cepat, stabil, andal, dan canggih. Lebih jauh lagi, IndiHome juga angkat brand image Mandalika GP Series yang diharapkan bisa membantu pariwisata di Mandalika.


Mandalika Lokasi MotoGP 2022, Curi Perhatian Dunia Berkat Aksi Rara

Kecepatan netizen Indonesia didukung jaringan internet cepat dalam menyebarkan berita di media sosial, membuat aksi “pawang hujan” Rara sukses mencuri perhatian dunia terhadap Mandalika. Terlebih lagi, tayangan MotoGP 2022 juga bisa diakses lewat tayangan TV analog, maupun tayangan TV Interaktif besutan IndiHome. Otomatis Mandalika langsung viral secara nasional, bahkan internasional.

Hal ini tentunya berdampak positif bagi sektor pariwisata di Mandalika. Aksi viral Rara yang mencuri perhatian Internasional, membuat banyak orang penasaran, dan mulai mencari informasi tentang Mandalika sekaligus tempat wisata di sekitarnya. Tengok saja keberadaan wisata Bukit Merese, Bukit Seger, Pantai Kuta, Pantai Mandalika, Desa Wisata Sade dan Ende, dan masih banyak lagi yang menawarkan keindahan alam NTB.

IndiHome

Dikutip dari Tempo.co, dampak MotoGP Mandalika diprediksi dongkrak pendapatan sektor wisata NTB hingga 500 Miliar. Potensi dari sektor pariwisata untuk membangkitkan ekonomi Indonesia ini tentunya butuh dukungan jaringan internet cepat tanpa batas untuk memudahkan wisatawan akses informasi seperti:

  • Mencari alternatif tempat wisata beserta lokasi persisnya
  • Menemukan akomodasi
  • Menemukan tempat penginapan
  • Menemukan money changer
  • dan lain-lain.

Lebih jauh lagi, keberadaan internet di era industri digital 4.0 adalah suatu hal wajib dalam kegiatan manusia sehari-hari. Hampir semua kegiatan manusia tak jauh dari internet dalam genggaman jari. Manfaat internet benar-benar tak terbatas untuk berbagai hal positif dalam kegiatan manusia. Oleh karena itu, keberadaan internet cepat sangat diperlukan untuk mendukung sektor pariwisata suatu daerah.


IndiHome Venue Partner Resmi MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika

Berangkat dari komitmen Telkom Group untuk mempercepat digitalisasi di berbagai bidang demi akselerasi terwujudnya mimpi anak bangsa, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, (Telkom) turut berkontribusi dalam perhelatan akbar MotoGP 2022 di Mandalika. Hadirnya Telkom Indonesia sebagai sponsor resmi MotoGP 2022 juga diumumkan oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grandprix Association (MGPA).

IndiHome yang identik dengan sebutan internetnya Indonesia dan bagian dari Telkom Indonesia, turut serta sebagai venue partner resmi MotoGP 2022 di Mandalika. Banyak hal yang dihadirkan IndiHome sebagai bentuk dukungan terhadap acara MotoGP di Mandalika sekaligus mendongkrak pariwisata di Mandalika seperti membangun jaringan fiber optik, menyediakan internet super cepat, hingga menyediakan tayangan eksklusif MotoGP Mandalika lewat mini channel di layanan TV Interaktif IndiHome.

Kenalan dengan IndiHome Si Internet Cepat

IndiHome atau Indonesia Digital HOME merupakan layanan fixed broadband unggulan milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, (Telkom) yang menawarkan layanan 3 in 1 atau triple play mulai dari internet fiber (internet cepat), telepon rumah (fixed phone), dan TV Interaktif (Indihome TV) yang sudah aku sebutkan di atas. Akan tetapi, IndiHome juga menawarkan paket dual play (2 in 1) sesuai kebutuhan antara internet fiber dan telepon rumah atau internet fiber dan TV Interaktif. Aku pribadi menggunakan layanan dual play internet fiber dan TV Interaktif.

Layanan dual play IndiHome
Layanan dual play Internet Fiber dan IndiHome TV (sumber: dokumen pribadi)

Pada tahun 2022, IndiHome sudah menginjak usia hampir 7 tahun dalam menemani kebutuhan internet Indonesia. Oh, iya, internet fiber yang dihadirkan IndiHome sudah menggunakan teknologi fiber optik dengan segala kecepatan dan kecanggihannya. Jaringan internet fiber IndiHome juga sudah tersebar di 496 ibu kota Indonesia. Kalian juga bisa cek IndiHome.co.id untuk mengetahui ketersediaan layanan IndiHome di masing-masing wilayah.

Bangun Jaringan Fiber Optik di Mandalika 

Tanpa banyak basa-basi, IndiHome kirimkan 16 orang tim bantuan teknis (bantek) ke Mandalika untuk instalasi jaringan fiber optik mulai dari Sentral Telepon Otomat (STO) hingga end to end ke pelanggan di Mandalika. Teknologi fiber optik ini merupakan bagian dari internet fiber IndiHome yang terkenal cepat, stabil, andal, dan canggih. Kecepatannya bisa mencapai 100 Mbps, jaringan stabil, tahan banting di segala cuaca dan kondisi, serta lebih canggih dari kabel koaksial atau kabel tembaga.

Gandeng SPOTV untuk Tayangkan MotoGP Eksklusif Lewat Layanan TV Interaktif

Bagi penggemar MotoGP, tapi belum punya kesempatan untuk terbang ke Mandalika sepertiku, tetap tenang karena IndiHome punya kejutan. IndiHome telah menggandeng SPOTV pada layanan TV Interaktif IndiHome untuk tayangan eksklusif MotoGP mulai dari sesi latihan hingga racing.

IndiHome sponsor MotoGP Mandalika

Harga untuk berlangganan SPOTV selama satu bulan cukup terjangkau, jauh di bawah tiket pesawat dari Surabaya ke NTB. Cukup menambah Rp30.000 saja selain tagihan bulanan sudah bisa menonton tayangan eksklusif MotoGP di Mandalika. Menarik, bukan? Manfaat tak terbatas dari internetnya Indonesia bisa menghadirkan euforia event kelas dunia dalam rumah.


IndiHome Dukung Kebangkitan Pariwisata Mandalika GP Series: Brand Image Mandalika dengan Konsep Sport and Entertainment Tourism Destination

ITDC telah mengumumkan brand image Mandalika dengan sebutan Mandalika GP Series. Hal ini untuk memperkuat Mandalika sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dengan konsep Sport and Entertainment Tourism Destination kelas dunia. Tentunya IndiHome turut mendukung kebangkitan pariwisata Mandalika GP Series melalui penyediaan jaringan internet cepat kelas dunia.

IndiHome

Beberapa langkah yang dilakukan IndiHome untuk mendukung kebangkitan pariwisata di Mandalika GP Series adalah memanjakan wisatawan dengan free WiFi di merchant tertentu yang sudah bekerja sama dengan IndiHome dan membangun exclusive lounge di dekat sirkuit Mandalika.

1.  Manjakan Wisatawan dengan Traktiran Internet Cepat Lewat Aplikasi myIndiHome 

IndiHome memberikan gebrakan dalam pariwisata di Mandalika GP Series dengan traktiran WiFi gratis berkecepatan tinggi bagi pelanggan maupun penonton di lokasi. Pelanggan IndiHome atau penonton MotoGP Mandalika cukup menukarkan satu poin dari aplikasi myIndiHome di 14 merchant resmi food and beverage, serta souvenir di Lombok.

IndiHome

Aplikasi myIndiHome merupakan bagian dari IndiHome yang bisa digunakan untuk melihat tagihan bulanan, lapor gangguan, aktivasi OTT Video Streaming, add on, cek atau tukar poin myIndiHome, info pemakaian, dan berbagai informasi menarik tentang layanan. Hal ini dilakukan oleh IndiHome untuk menyediakan kemudahan akses informasi dan komunikasi dengan internet super cepat sekaligus mempromosikan berbagai merchant di Mandalika. 

2. Exclusive Lounge Bale Telkom Group di Bukit 360 Sirkuit Mandalika

IndiHome dengan Telkomsel hadirkan Exclusive Lounge Bale Telkom Group di Bukit 360 yang berada di tikungan 10 Pertamina Mandalika International Street Sircuit. Exclusive lounge tersebut menawarkan konsep pemandangan alam di sekitar sirkuit secara 360 derajat dari berbagai sudut. Area sirkuit, hamparan rumput, dan pemandangan samudera Indonesia tampak jelas dari deck bukit 360.

IndiHome dukung Mandalika
Exclusive Lounge Bale TelkomGroup di Mandalika (sumber: telkom.co.id)

Exclusive Lounge Bale TelkomGroup dibangun dengan konsep modern open space house yang memberikan aksen elegan, serta kenyamanan bagi wisatawan. Soal jaringan internet, jangan khawatir karena IndiHome sudah menyediakan koneksi internet super cepat lewat Telkom 5G Experience Center.

3. Dongkrak Wisata di Sekitar Mandalika dalam Satu Sentuhan Jari

Biasanya jika berkunjung ke suatu destinasi wisata, aku akan selalu mencari informasi kemungkinan wisata di sekitarnya yang menarik juga untuk dikunjungi. Nah, kemudahan akses internet cepat yang diberikan oleh IndiHome membuat wisatawan mudah mengakses segala jenis informasi tentang wisata di sekitar Mandalika. Hal ini tentu bisa mendongkrak wisata di sekitar Mandalika hanya dengan satu sentuhan jari di smartphone.

4. Kenalkan Budaya dan Tradisi Asli Indonesia ke Dunia

Aku pernah sekali berkunjung ke NTB beberapa tahun lalu. Di sini banyak sekali budaya serta tradisi asli Indonesia yang unik. Sebut saja budaya menculik pengantin wanita sebelum dinikahi pada penduduk desa Sade atau tradisi menenun bagi wanita di desa Sasak. Keanekaragaman budaya dan tradisi di Indonesia bisa menjadi nilai jual pariwisata yang tinggi disamping brand image Mandalika GP Series.

Hadirnya internet cepat dari IndiHome bisa membantu sektor pariwisata dalam mempromosikan secara daring budaya dan tradisi Indonesia. Di era digitalisasi saat ini, informasi yang disebarkan ke media sosial lebih cepat diakses, bahkan disebarkan oleh sebagian besar penduduk Indonesia.

IndiHome internetnya Indonesia


Wisata Asyik Mandalika GP Series dengan Manfaat Tanpa Batas Internetnya Indonesia

Dulu saat traveling orang hanya berpatokan pada peta pariwisata atau GPS (Gunakan Penduduk Setempat). Sekarang tak perlu ribet membolak-balik peta pariwisata atau bertanya pada penduduk setempat yang seringkali berujung nyasar, ada internet cepat yang memberikan manfaat tanpa batas. Hanya dengan sentuhan ujung jari sudah bisa membawa orang kemana pun tanpa takut kelaparan di tengah jalan atau kehabisan uang tunai karena kemudahan transaksi pembayaran daring."

Manfaat internet tanpa batas dari Internetnya Indonesia terasa dari Mandalika hingga ke rumah. Meskipun aku tidak berada di Mandalika, secara tidak langsung juga bisa merasakan euforia di Mandalika GP Series berkat layanan TV Interaktif Indihome. Tayangannya juga eksklusif, berasa jadi tamu VIP dari jarak jauh.

Di Mandalika GP Series, hadirnya IndiHome sebagai bagian dari Telkom Indonesia telah memberikan warna tersendiri bagi sektor pariwisata. Kemudahan akses informasi jadi kunci utama kenyamanan wisatawan di era digital. Sekali sentuh smartphone dengan ujung jari langsung tahu mau kemana saja, lokasi wisata, akomodasi, penginapan, hingga kuliner.

IndiHome sebagai internetnya Indonesia telah memberikan manfaat internet tak terbatas bagi sektor pariwisata di Mandalika. Dedikasi IndiHome untuk mencapai komitmen Telkom Indonesia dalam mempercepat digitalisasi di Indonesia telah membawa Mandalika selangkah lebih maju sebagai tujuan wisata kelas dunia.


Referensi

IndiHome. 2020. Mengenal Teknologi Fiber Optik, Internet Broadband dan Rekomendasi Paket Terbaik. https://indihome.co.id/ Diakses 14 Juli 2022

Telkom. 2022. Resmi Jadi Venue Partner, IndiHome Ikut Gaspol Internet di Mandalika.  https://telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/news/resmi-jadi-venue-partner,-indihome-ikut-gaspol-internet-di-mandalika-1607 Diakses 14 Juli 2022

Tempo. 2022. Dampak MotoGP Mandalika untuk Wisata dan Ekonomi Diprediksi Capai Rp 500 Miliar. https://travel.tempo.co/dampak-motogp-mandalika-untuk-wisata-dan-ekonomi-diprediksi-capai-rp-500-miliar Diakses 15 Juli 2022

Related Posts

17 komentar

  1. bener banget nih mbak,waktu GP kemarin di Lombok, stand IndiHome rame diserbu pelanggan. Bagi-bagi souvenir yang bagus-bagus
    sekarang mau nonton via streaming juga gampang ya berkat internet yang mumpuni dari IndiHome, kerennn

    BalasHapus
  2. Salut memang dengan indihome yang sukses menyediakan akses internet cepat di Mandalika. Bahkan saya sempat baca berita bahwa para tim media luar pun terkaget-kaget dengan kualitas internet di sana.. Saya yang sudah 3 tahun ini menggunakan layanannya pun turut senang, Indihome ternyata memang semakin Oke..

    BalasHapus
  3. Meski enggak sreg sama aksi Mbak Rara, karena bikin viral, Mandalika jadi terkenal...Itulah ya , manfaat internet bikin dunia dalam genggaman. Event di Mandalika beritanya di waktu yang sama ada di depan mata. Senangnya dampak MotoGP Mandalika diprediksi dongkrak pendapatan sektor wisata NTB hingga 500 Miliar.

    BalasHapus
  4. Dengan adanya jaringan internet yang lancar, akan memberikan kenyamanan bagi kita tentunya ya, untuk bisa menikmati semua layanan yang di sediakan. Apalagi bisa mengikuti berita terkini tentang Mandalika GP Series. Tidak perlu jauh-jauh ke sana, kita sudah bisa mengaksws beritanya dengan lengkap. Thanks to IndiHome.

    BalasHapus
  5. Indihome memang terbaik. Jaringan tersebar di mana-mana. Fiber optiknya jd bikin internetan cepet dan nyaman banget.

    BalasHapus
  6. Jadi inget betapa bombastisnya acara GP Mandalika beberapa bulan lalu. Ga lepas dari koneksi internet yang bagus yang memudahkan berbagai belah pihak

    BalasHapus
  7. Ck ck keren IndiHome menayangkan MotoGP lebih lengkap ya dari tv biasa. Semoga makin banyak yang menikmati layanan IndiHome

    BalasHapus
  8. Manfaat internet jadi bisa liat keindahan mandalika meski belum pernah kesana. Btw bener banget, sekarang dengan adanya internet kalo lagi traveling cukup buka gmaps aja gak repot nanya-nanya lagi

    BalasHapus
  9. Iya lho, sempet rame banget tuh aksi mba Rara, pro kontranya. Tapi berkat IndiHome pun aku bisa menyaksikan sirkuit Mandalika cukup duduk manis dari rumah.

    BalasHapus
  10. IndiHome ini emang dahlah top banget kalau soal jangkauan yaa mba, jadi inget pas itu suami ada baksos ke daerah terpencil manaa gitu di ujung Malang, rumah2 penduduknya yaa deket jurang gitu yang turunn banget jalannya, amazingnya mereka pasang indiHome di situ untuk anak2 belajar online. Jurang lho ini, dan IndiHome bisa menjangkau itu

    BalasHapus
  11. IndiHome ini andalan kok, jangkauan luas dan kecepatannya itu loh. pas saya tugas ke pacitan juga banyak terbantu dengan IndiHome, update pekerjaan tetap lancar

    BalasHapus
  12. penasaran dengan indihome, tapi dah terlanjur beli orbit huhu, lihat reviewnya memang lebih stabil ya mbak

    BalasHapus
  13. uwaaah berarti kemarin yang support wifi di mandalika itu indihome ya?
    wuah keren ya, melayani kebutuhan para penonton yang pengen langsung update

    BalasHapus
  14. Aku lagi seneng banget dengan wisata Lombok yang semakin maju dan menghidupkan sektor wisata lainnya sehingga kebutuhan akan internet cepat tentu juga akan memudahkan para wisatawan untuk berbagi keindahan dan menarik perhatian wisatawan lainnya untuk ikut menikmati keindahan alam di Lombok.

    BalasHapus
  15. IndiHome layanannya makin bagus ya sampai berkolaborasi untuk event sebesar MotoGP 2022 Mandalika. Sehingga pada bisa ikut menikmati lewat streaming atau media sosial.

    BalasHapus
  16. Indihome ini menjangkau semua daerah di nusantara, kalau sudah jadi sponsor besar gini bukti indi home nggak main main ingin menunjukkan pada dunia kecepatannya melayani indonesia

    BalasHapus

Posting Komentar